Cara Menghilangkan Bau Musang | Drh. Fira Sovica

"Dok, musang saya bau banget. Gimana ya

cara mengurangi bau musang

?" Demikian pertanyaan yang beberapa hari lalu ditanyakan oleh salahsatu pengunjung klinik hewan saya. Saya tegaskan bahwa musang tidak perlu memakai pengharum badan lagi karena secara alami, musang pandan memiliki kelenjar bau sendiri. Namun ada kalanya sang owner tidak menyukai bau alami musangnya. Bahkan pernah ada owner musang yang ingin musangnya diangkat kelenjar baunya. Oh ya, artikel ini erat kaitannya dengan artikel resiko memelihara musang.
Cara Menghilangkan Bau Musang Pandan
Image taken from kaskus.co.id


Mencium bau musang, baik itu yang berasal dari kotorannya maupun tubuh alami musang, adalah salahsatu resiko dalam memelihara musang. Memang, ada beberapa cara untuk menghilangkan bau alami musang atau mengurangi bau musang diantaranya dengan mengangkat kelenjar bau atau 'menonaktifkan' kelenjar bau dengan cara-cara khusus.
Masalahnya adalah, "wani piro?"
Iya. Harga adalah salahsatu masalah utama dalam pengangkatan kelenjar bau pada hewan, atau dalam kasus ini, musang. Pengangkatan kelenjar pada suatu hewan harus dilakukan melalui operasi yang tentu harus dilakukan oleh dokter bedah hewan yang sudah berpengalaman.

  • Selain pengangkatan kelenjar, apalagi yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau musang?
  • Beberapa jenis makanan bisa mengurangi bau musang secara signifikan. Saya pernah membahas cara mengurangi bau musang biul di artikel cara mengurangi bau biul.
  • Ada cara lain untuk mengurangi bau musang? 
  • Ada. Anda bisa menggunakan beberapa parfum khusus bayi (baby body cologne) kepada musang anda. Sebaiknya, sebelum memakaikan parfum bayi ke seluruh tubuh musang, parfum bayi tersebut dites ke salahsatu bagian kulit musang agar anda tahu apakah musang anda alergi dengan body cologne tersebut atau tidak dengan cara menuangkannya sedikit ke bagian kulit. Diamkan selama 15 menit, lalu lihatlah apakah ada reaksi alergi di kulit musang atau tidak. Kalau tidak ada, anda bisa langsung memakaikan parfum bayi untuk musang anda. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya segera bersihkan bagian kulit musang tersebut dengan air hingga bersih.
Demikian adalah beberapa

cara menghilangkan bau musang pandan

dan jenis parfum yang bisa diberikan untuk musang. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara musang. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. (FS)

39 Responses to "Cara Menghilangkan Bau Musang"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dok musang akar saya umur nya 3 bulanan mulut nya bau amis cara supaya menghilangkan atau mengurangi nya gimana ya dok sehari" nya saya kasih makan pisang & satu lagi dok saya mau tanya apa wajar kalo musang saya ini lebih sering tidur sama malas" an apa ada masalah atau itu hal yg wajar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidur dan malas2an di siang hari, wajar. kan musang emang makhluk malam (nocturnal), dia lebih aktif di malam hari....
      coba mas lihat fesesnya, dan bandingkan dengan artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... cari di bagian cari artikel...

      Delete
  3. Dok biaya umum nya untuk pengangkatan kelenjar muspan brp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, mahal. dan saya juga tidak tahu biaya pastinya berapa.
      bisa mbak tanyakan langsung ke rumah sakit hewan yang terdekat... :)

      Delete
    2. Mbaa musang saya kaki depan nya ko ga bisa gerak yah itu karna apa mbaa sampe gabisa gerak gitu

      Delete
    3. umur musangnya berapa? mas kasih makan apa?
      coba kasih air kelapa campur sari kurma...

      Delete
  4. Selamat siang dok... Musang saya sudah besar... Hasil,tangkapan liar... Terkena jerat... Salah satu kaki belakangnya tidak bisa digunakan jadi jalannya ngesot... Apakah musang itu bisa sembuh sendiri dok.. Mengingat disini ditrngah hutan ndak ada dokter hewan... Mohon batuannya...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak terlalu parah, bisa aja dia recovery sendiri. coba pegang kakinya yang kena jerat, sentuh bagian tulang yang kena jerat secara perlahan. kalau dia kesakitan, mungkin ada fracture (retak atau patah tulang).....observasi aja selama seminggu penuh sambil terus dikasih makan....

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  5. Musang saya musang biul bau ditubuh nya bagaimana cara menghilangkannya

    ReplyDelete
  6. Dear Drh. Fira,

    Saya ingin bertanya mengenai hal yang berkaitan dengan bau.
    Muspan saya betina umur sekitar 4-5 bulan, saya lihat di sekitar alat kelaminnya ada cairan kental berwarna kental/mungkin seperti darah dan baunya amis sekali.

    Kalau dipikir mungkin muspan saya sedang mens, tapi kenapa sudah hampir sebulan keluar terus ya?
    Dari gerak gerik dan nafsu makannya sih tidak menunjukkan dia sedang sakit, masih aktif dan makan banyak,

    sebenernya kenapa ya dok? apakah hanya mens saja?


    Regards,
    Eric

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tebak sih emang lagi mens. soal durasinya, mending mas observasi aja selama seminggu ini. kalau masih belum berhenti juga, lapor lagi ke saya ya mas...

      kemungkinan lain, itu adalah cairan kelenjar bau. tapi kecil kemungkinan sih.

      coba mas baca artikel saya menstruasi pada musang...

      Delete
  7. Permisi saya mau tanya musang pandan saya sudah tiga hari baunya itu beda baunya bukan bau pandan tapi bau sangit dan napsu makannya menurun drastis biasanya saya kasih pisang dan pepaya sudah 3 hari kayak gak mau makan. Saya mau tanya kenapa ia musang saya? Dan cara mengatasinya gimana?
    #mohon petunjuknya, makasih

    ReplyDelete
  8. Permisi saya mau tanya musang pandan saya sudah tiga hari baunya itu beda baunya bukan bau pandan tapi bau sangit dan napsu makannya menurun drastis biasanya saya kasih pisang dan pepaya sudah 3 hari kayak gak mau makan. Saya mau tanya kenapa ia musang saya? Dan cara mengatasinya gimana?
    #mohon petunjuknya, makasih

    ReplyDelete
  9. Permisi dok saya mau tanya saya punya musang pandan cowok umur sekitar 6-8bulanan, permasalahannya akhir" ini musang saya itu bau e beda kan biasanya musang pandan baunya kayak pandan akhir" ini baunya beda lebih bau tengik, dan napsu makannya menurun.

    Saya mau tanya kenapa ia musang saya dan cara mengatasinya gimana?

    #mohon bantuannya ia bu dokter

    ReplyDelete
  10. Permisi dok saya mau tanya saya punya musang pandan cowok umur sekitar 6-8bulanan, permasalahannya akhir" ini musang saya itu bau e beda kan biasanya musang pandan baunya kayak pandan akhir" ini baunya beda lebih bau tengik, dan napsu makannya menurun.

    Saya mau tanya kenapa ia musang saya dan cara mengatasinya gimana?

    #mohon bantuannya ia bu dokter

    ReplyDelete
  11. Dok musang saya bau pandannya mudar malahan jadi bau kandangnya memang sih saya jarang bersihkan :p itu bau pandannya bisa balik atau ngga trus cara ilangin bau busuk di musang saya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa? kalau kurang dari 7 atau 8 bulan, nanti juga kalau udah umur segitu bakalan muncul lagi bau pandannya kok...

      sebelumnya maaf karena baru balas... kabari lagi ya mas...

      Delete
  12. Dok musang saya bau pandannya mudar malahan jadi bau kandangnya memang sih saya jarang bersihkan :p itu bau pandannya bisa balik atau ngga trus cara ilangin bau busuk di musang saya gimana?

    ReplyDelete
  13. Dok cara ngurangi bau kotoran musang gmn ya

    ReplyDelete
  14. Dok musang saya usia 2bulan, dia kmrn di pukul sama org yg ga bertanggung jawab. Trs kakinya ga bisa digerakin dr psrut sampe ekor kayanya mati rasa, jalannya di seret. Malah perutnya bengkak. Dia ga ceria lg, ga makan banyak. Sy bawa k drh terdekat katanya sarafnya yg rusak. Ada Kemungkinan sembuh ga dok. Saya ga tega musang sy hrs lumpuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang yang mukul musang mas suruh tanggung jawab aja! :(
      kalo perlu, suruh biayain biaya pengobatannya. enak banget kalo gak tanggung jawab....

      untuk musangnya, mending bawa aja ke rumah sakit hewan terdekat, minta second opinion dari dokter di rsh. mas tinggal di mana? mungkin nanti saya bisa contact ke kenalan saya di rsh deket situ...

      Delete
  15. Musang saya jantan sekitar umur 4/5 bulanan itu ko gaada bau pandannya ya, itu kenapa? Atau emg umur segitu belum ada baunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya baunya akan muncul saat mencapai usia siap kawin, mas...kalo masih umur segitu, ada tapi belum terlalu kecium,,,

      Delete
  16. Kalo bau muspan tercium jelas itu kita selaku pemiliknya jadi malu atau sebaliknya jadi bangga dok???
    Tolong penjelasannya yaa dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangga. karena dia udah menandai kita sebagai tuannya... :)
      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  17. Permisi dok, saya mau bertanya
    Saya ada musang bulan umurnya udh hampir 2 tahun..
    Musangnya ini bau pesing dok, kayaknya berasal dari kencingnya, tapi bau ini menyengat sekali dok, bagaimana itu dok?
    Mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mas kasih makan dan minum apa?
      kayaknya ada masalah di makanannya. mungkin dikasih makanan mengandung kafein. :)

      fesesnya gimana? mencret?

      untuk pencegahan, coba kasih minum air kelapa muda. sehari sekali. terus observasi lagi.

      kabari lagi

      Delete
  18. Musang ngeluarin bau pandannya brp kali sebulan atau bgmn dok??pa terus2an baunya tiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus-terusan, mas. tapi biasanya lebih tajam baunya pas masuk musim kawin... :)

      Delete
  19. Dok mau tanyaa,,musangku usia 2 bulan lebih mungkin bntr lg 3 bulan nah ini sy kasih pisang ga mau gara2 sblmnya dikasih bubut bayi cerelac rasa ayam tim dan brokoli itu gpp???abis dikasih pisang ga mau trus,,dan mau tanya dok makanan musang yg bisa awet ditaruh dikandang itu apa ya??kalau bubut kuat brp jam??trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas.
      musang umur segitu emang nafsu makannya kadang naik turun.
      bubur bayi bisa tahan 4 jam, maksimal 5 jam di kandang. setelah itu buang.

      Delete
  20. sore dok mau tanya .. usia brp musang pandan kluarin bau pandan .. musang sy udh 8/9 bulan kok blm kluar bau pandan

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya jantan atau betina?
      kalau yang jantan, biasanya baunya lebih keluar dibandingkan yang betina. kalo yang jantan kan emang buat menandai daerah kekuasaannya dia. :)

      Delete
    2. kelamin jantan dok.. dok kl kuping musang perlu dibersihin ga ya.. kl iya gimana caranya ya dok.. kl mandi sm potong kuku udah rutin tiap minggu

      Delete
    3. kelamin jantan dok.. dok kl kuping musang perlu dibersihin ga ya.. kl iya gimana caranya ya dok.. kl mandi sm potong kuku udah rutin tiap minggu

      Delete
    4. nggak usah. biarin aja mas kupingnya. :)
      kecuali kalau mas sekalian grooming di petshop. :)

      Delete
  21. assalamualaikum doc,.
    saya mau menanyakan cara menghilangkan bau amis dari musang pandan betina yang mens, seperti apa?

    dan apakah klo musang betina tidak d kawinkan akan ada perubahan bau ?

    perkiraan usia muspan saya 1thn

    terimakasih sebelumnya 😸

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.