Musang Rase Suka Makan Pisang, Kenapa? | Drh. Fira Sovica

Di artikel cara memelihara musang rase disebutkan bahwa rase adalah jenis musang karnivora. Namun
adakalanya,

musang rase suka makan pisang

. Artikel kenapa musang rase suka makan pisang ini akan
mengupas alasan kenapa musang rase peliharaan suka makan pisang. Bagi anda yang punya musang rase galak, anda bisa membaca cara menjinakkan musang rase dengan cepat.
Kenapa Musang Rase Suka Makan Pisang?
Image taken from kaskus.co.id


  • Sebenarnya, musang rase tidak sepenuhnya karnivora (setengah karnivora, half-carnivorous). Hal ini terbukti bahwa di alam, musang rase tidak selamanya memakan daging-dagingan. Di habitat asli musang rase, musang rase juga memakan buah-buahan (termasuk pisang), bunga, daun, dan akar pohon selain makanan pokoknya yaitu daging hewan, bangkai, dan serangga. Sesekali, musang rase juga menelan kerikil kecil untuk memperlancar sistem pencernaannya.
  • Sama halnya seperti kucing yang sesekali memakan rumput untuk memperbaiki saluran cernanya, salahsatu alasan kenapa musang rase suka makan buah, bunga, daun, dan akar pohon adalah untuk pengobatan. Musang rase biasanya akan memakan buah, bunga, akar, dan daun dari tumbuhan tertentu jika dia merasa 'sakit' atau 'tidak enak badan'. Namun tidak selamanya seperti itu. Musang rase yang sehat pun kadang memakan buah-buahan, bunga-bungaan, akar-akaran, dan daun-daunan meski dia sehat-sehat saja.
Demikian adalah artikel singkat alasan

kenapa musang rase suka makan pisang

. Semoga artikel tentang cara merawat musang rase ini bisa menambah wawasan anda para pecinta musang rase. Saran, komentar, kritik, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

27 Responses to "Musang Rase Suka Makan Pisang, Kenapa?"

  1. Dok sy punya rase 1.5 bulan makanannya setiap hari pisang krn sy handfeed catfood dia selali ga mau
    Maunya pisang aja
    Makan pisang gitu tiap hari gapapa dok?
    Apa ga bahaya bagi dia?

    ReplyDelete
  2. mau tanya dok
    saya punya rase usia sekitar 4 bulanan,tiap hari saya kasih makan pisang soalnya makanan yg lain gak dimakan
    tp kenapa rase saya cm dikit makannya, sehari cm habis satu buah pisang malah kadang gak habis
    apa ini berpengaruh sm kondisi rase saya?
    mohon solusi dari bu dokter

    ReplyDelete
  3. dokter saya mau tanya nih jika saya memelihara musang rase apakah setiap harinya saya harus memberi makan daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara alami, musang rase emang karnivora. artinya dia emang pemakan daging, tapi bukan berarti dia makan daging terus. bisa mas kasih pisang atau pepaya atau bubur bayi promina...

      Delete
    2. tapi dokter apakah perlu memberi daging setiap 1 minggu sekali

      Delete
    3. iya, minimal seminggu sekali kasih daging mentah yang sudah dicacah. bagusnya kasih daging puyuh.

      Delete
    4. bu dokter saya sudah beli musang rase umur 3 bulanan jinak tapi saya mau tanya susu apa yang cocok untuk musang saya

      Delete
    5. kalau mau dikasih susu, kasih susu non laktosa sgm llm.

      kalo saya sarankan mending jangan dikasih susu. ckup kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  4. dok mau tanya lagi kan saya tidak sempat memberi daging 1 minggu sekali dok
    jika saya kasih daging catfood itu bagus apa tidak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja mas... :)
      tapi kalau saya sarankan, jangan keseringan.

      Delete
  5. iya makasih banyak dok maaf ngrepotin soalnya juga pemula

    ReplyDelete
  6. Dok rase saya mencret darah, pagi ini(13-01_2018) awalnya sehat, tpi langsung ngosek2 gak jelas. Terus gak mau makan. Badannya lemes dok, obatnya apa ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu? jangan dikasih susu.
      stop susunya. kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  7. Replies
    1. nggak apa2, meski jarang minum juga.
      karena dia mengekstraksi air dari makanannya, apalagi kalau makanannya encer...

      fesesnya gimana? nggak mencret kayak air, kan?
      kabari terus.

      Delete
  8. Dok musang rase boleh dikasih ikan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. tapi cacah dulu mending mbak. dan mending pake filet, tanpa tulang

      Delete
  9. Dok,apa benar jenis kakatua alba (jambul putih) tdk termasuk jenis yg dilindungi?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.