Mengobati Bumblefoot Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Penyakit bengkak kaki atau benjolan pada kaki burung dan unggas biasa disebut penyakit bumblefoot.

Penyakit bengkak kaki pada burung

juga kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Artikel kali ini akan membahas tentang penyakit bumblefoot atau penyakit benjolan pada kaki burung hantu. Bagi anda yang ingin membaca lebih lanjut tentang jenis burung hantu, anda bisa membaca artikel saya jenis burung hantu.
Mengobati Bumblefoot Pada Burung Hantu
Image taken from libertywildlife.org
Penyakit benjolan pada kaki burung dan unggas biasa disebut bumblefoot. Berikut adalah penyebab bumblefoot pada burung dan unggas, cara mengobati penyakit bumblefoot pada burung, dan cara mencegah penyakit bengkak kaki pada burung hantu dan hewan unggas.
  • Penyebab Penyakit Bumblefoot.
  • Ada beberapa penyebab terjadinya bumblefoot pada unggas. Hal yang paling umum menjadi sebab penyakit bumblefoot pada burung hantu dan unggas lainnya adalah kondisi gizi yang tidak seimbang dan kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya. Penyebab muncul benjolan pada kaki burung juga terjadi bila burung mengalami obesitas dan kelebihan zat gizi tertentu, membuat zat gizi yang lain tidak terserap oleh tubuh. Hal-hal tersebut biasanya akan menimbulkan pembengkakan pada kaki burung dan unggas. 
    Pada awalnya, bumblefoot hanya membuat sisik pada kaki ayam, burung, dan unggas terlepas akibat dari adanya benjolan kecil. Akibat dari terlepasnya sisik pada kaki unggas ini, bakteri penyebab bumblefoot yang disebut Staphylococcus biasanya akan masuk ke dalam tubuh lewat sisik yang copot tadi, dan menyebabkan infeksi dan peradangan di dalam, membuat kaki burung dan unggas bengkak. 
    Jika tidak ditangani secara baik, biasanya bumblefoot akan menyebabkan hal yang lebih parah antara lain kelumpuhan atau bahkan kematian. Perlu penulis tegaskan bahwa penyakit bumblefoot sangat jarang terjadi di alam. Burung dan unggas yang hidup bebas di habitatnya biasanya bebas-bumblefoot. Burung yang terkena bumblefoot biasanya tidak bisa berdiri secara baik. Jika pun bisa berdiri, burung dan unggas yang kena bumblefoot biasanya burung tersebut terlihat timpang.
  • Cara Mencegah dan Mengobati Bumblefoot Pada Unggas, Ayam, dan Burung.
  • Sebagai dokter hewan, biasanya saya sendiri menyarankan agar burung dan unggas yang bengkak kakinya untuk diperbaiki pola makannya, perkandangannya, serta aturan pemberian gizinya. 
    Hindari perch (tenggeran) yang terlalu kasar, jaga kebersihan kandang dengan rutin menjemur kandang dan menyemprot kandang dengan desinfektan, serta menyarankan perubahan gizi agar asupan makanan pada burung dan unggas bisa lebih seimbang. 
    Pada kasus bumblefoot yang parah, saya biasanya akan memberikan obat berupa antibiotik salep miconazole dan beberapa vitamin. Bersihkan bagian kaki yang kena bumblefoot dengan cairan antiseptik dettol sebelum dioles salep miconazole. Pada kasus bumblefoot lain, yang lebih parah, biasanya saya akan melakukan operasi pada kaki burung yang kena bumblefoot.
Saya tetap menyarankan agar burung dan unggas yang kena bumblefoot atau terdapat benjolan pada kakinya agar dibawa ke dokter hewan secepatnya. Dengan cara itu,

mengobati bumblefoot pada burung hantu

, menyembuhkan unggas yang kena bumblefoot, dan mengobati burung yang kakinya terdapat benjolan akibat bumblefoot akan lebih mungkin sembuh daripada ditangani sendiri. Saran, pertanyaan, kritik, dan konsultasi masih saya buka di bawah ini. Terima kasih. (FS)

49 Responses to "Mengobati Bumblefoot Pada Burung Hantu"

  1. Hallo dok ..ini saya lagi ...jgn bosan y dok ...Dok owel skrg udah bisa jttf ...=)

    Dok ...klo gbr di pic di atas soal bumble foot ....yg mana sih yg disebut bumble foot ?
    Yg bag tengahnya atau di kaki yg mengarah ke cakar ?
    Soalnya saya perhatiin Di bagian kaki yg mengarah ke cakar nya owel , ada benjolan Di setiap kakinya tp bag tengahnya bersih ga bengkak ....
    Apa bumble seperti luka lecet atau ulkus ada mnusia dok ?

    Soalnya klo browse di google byknya keluar gbrnya lecet merah smp borok Di bag tengahnya alias pangkal kaki dok ....thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gak. saya malah seneng kalo temennya errol ada kabarnya di blog ini. hehehe. salam nih dari errol, dia sekarang punya pasangan... :D

      bumblefoot sebenernya gak usah dirisaukan kalau belum sampe infeksi. kalau unggas sudah mengangkat kakinya atau sering berjalan terpincang-pincang, mas bisa cek dibawah kakinya, apakah ada bumblefoot yang infeksi atau tidak.... :)

      owel pinter ya. salam nih dari errol dan padma... :D

      Delete
    2. Halo dok
      Errol dpt pasangan drmn ?dpt pas keluar sendiri cari makan ya dok ?pinterrr bgt ..sy sempet baca katanya burhan mkhluk setia ..1 utk selamnaya ...

      Dok owel uda bs fttf ..tp saya kuatir dia kabur soalnya sering terbang sana sini ...masalahnya owl kan saya tempatkan Di teras dak lantai 3..daknya panjangnya skitar 10 meter dipagari pagar kotakotakk tp seukuran owl sih bisa lolos ..
      Sy coba pasangin anklet terbuat dr kabel dan jessenya dr rantai seperti rantai bekas kue biscuit regal jamn dulu dok ...soalnya itu yg ada Di pasar burung Di bandung ...
      Owelnya bunyi trus Dan matuk terus .ke kabelnya ..sy ga tega saya lepas ...
      Baiknya gmn dok ..trus dia jd suka kepeleset injak talinya sendiri ....


      Delete
    3. awal april kemaren waktu saya ultah, alhamdulillah dapet hadiah owl betina dari kolega saya sesama dokter hewan.

      perlengkapan owl berupa ankjess bisa mas beli di kaskus. di forum jual beli hewan biasanya ada yang jual, daerah bandung juga... :)

      Delete
  2. Replies
    1. pagi sampai siang saya di daerah bogor. siang sampai malam saya ke salahsatu rumah sakit di jabodetabek... :)
      salam kenal mas... :)

      Delete
  3. Selamat y utk erol dah punya pasangan ...=)

    Dok saya dah beli ankjess di .aw falconry khusu u celepuk ...Td saya pasangin di kaki owel ..kasian bgt dia stress matuk2 ankjess terutaman ankletnya trus ...ampe dia ga mau makan ...puncaknya dia nangis ....sy ampe kaget dia keluar air mata ...hiks ....bener2 dia py perasaan ...
    Baiknya gmn dok ? Sy ga tega akhirnya semua sy lepas kecuali ankletnya.....oya bahannya kulit ....

    Oya dok ...klo owel sy ajak jalan2 .ke tempat beda dr tmp pemliharaannnya dia kaya stress ...ga mau makan ...trus kerasa mencengkeram tgn saya keras bgt beda kaya biasanya ...wajarkah dok ? Tdnya sy mau bawah dia jalan2 Di taman seminggu sekali kan Di bandung byk taman , tp sy jd kuatir .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau awal2 memang seperti itu. owl yang baru dipasangi ankjess emang seperti itu. sementara lepas dulu. besok coba pasang lagi.. kalau masih sama, lepas lagi... besoknya pasang lagi... terus seperti itu sampai dia terbiasa.... :)
      sebaiknya mas lebih banyak interaksi lagi dengan owel. agar dia lebih mengenal mas. kayaknya owel masih belum percaya sepebuhnya. jadi musti dilatih. :

      salam untuk owel. baik2 ya ama partnernya... :)

      Delete
  4. Btw happy belated day dok ...happy birthday sehat dan sukses selalu =)

    ReplyDelete
  5. dia udah berapa lama di mas? :)
    kalau masih baru emang seperti itu. harus manning lagi mas. pelan2 aja. untuk bumblefoot kalau memang tidak ada infeksi, saya kira tidak apa2. kecuali kalau bumblefootnya ada infeksi, baru deh bawa ke dokter hewan secepatnya....

    saya senin sampai kamis di daerah bogor, jumat dan sabtu di salahsatu rumah sakit hewan di jabodetabek... :)

    ReplyDelete
  6. gak. kalau bumblefoot paling ngaruh ke kesehatannya aja...
    kalau mau mas bisa ganti foto profil mas pake foto bumblefootnya. saya udah gak di bekasi lagi sekarang, dah lama gak di sana. sekarang di bogor biar deket rumah...

    kalau memang sayapnya juga luka, saya sarankan bawa ke dkter hewan aja agar bisa ditangani langsung... :)

    ReplyDelete
  7. hmm, kalau boleh saya kasih saran sebaiknya bawa ke klinik hewan terdekat. agak bengkak, jadi ada kemungkinan sudah ada bakteri masuk. nanti bisa diberi antibiotik ama dokternya. jaga agar perch atau kandangnya bersih ya mas....
    sering dibersihkan kakinya dengan air campu dettol agar kuman dan bakterinya mati, terutama di sekitar kaki....

    ReplyDelete
  8. dok ko burhan saya kakinya benkak dan di bagian paha nya ada putih putih nya

    gimana ngobatinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kaki yang bengkaknya sering2 dibersihkan dengan bettol cair antiseptik (yang cairannya mirip warna teh). pastikan kandangnya bersih. kalau dalam seminggu belum kempes juga bengkaknya, saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  9. Assalaualaikum Dok
    kalo kaki BOP terluka dalam kandang, dan banyak semut yg gerumutin itu knp yah?
    mungkinkah semut itu bahaya? lukanya digerumutin semut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semut bahaya mas... lebih baik pindahkan ke ruangan kosong, jangan di dalam kandang.
      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
    2. RIP Dok, tp sya masih bingung seolah pertanda buruk jika sudah digerumutin semut, makan lahap. memang kndangnya di lantai 2 ckup panas sih..

      Delete
    3. RIP Dok, tp sya masih bingung seolah pertanda buruk jika sudah digerumutin semut, makan lahap. memang kndangnya di lantai 2 ckup panas sih..

      Delete
    4. bisa saja karena kedua hal itu mas. panas, dan semut.
      sabar ya mas... :)

      Delete
  10. RIP Dok, tp sya masih bingung seolah pertanda buruk jika sudah digerumutin semut, makan lahap. memang kndangnya di lantai 2 ckup panas sih..

    ReplyDelete
  11. Malam dok, apa kabar?
    Perkenalkan partnerku namanya Night seekor falcon :D
    Mau tanya nih dok, kaki partner saya ada bengkak di ujung tiap jarinya dan saya takutnya itu bumblefoot tapi kata yg lain memang gitu dan aman aman saja
    Nah yg saya tanyakan gimana cara untuk mencegah bumblefoot ya? Kaki dibersihkan dengan air campur dettol? Baunya ganggu untuk partnerku gak ya? Terimakasih dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bau dettol gak mengganggu kok. :)
      kalau emang mas worried, mending bawa aja ke dokter terdekat, mas. biar tahu juga. murah kok biayanya, bilang aja mau check up...

      jaga kebersihan perch. itu saran saya.. :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kata yg lain sih gpp mbak, memang seperti itu tapi biar lebih sure aku sambil basuh pakai dettol campur air gpp ya?

      Sama maaf sebelomnya, kotoran/feses partner saya kadang coklat encer seperti di photo profile saya kadang juga putih + urin + hitam kecoklatan normal itu kenapa ya dokter?

      Maaf kalau saya banyak tanya dokter :D

      Delete
    4. Ini kotorannya si Night dokter http://imgur.com/2O2iz0W

      Dan ini apa ya, keluar dari mulut, apakah normal? http://imgur.com/qR9IEvT

      Delete
    5. iya, sering2 aja dicuci pakai air hangat campur dettol.
      dari fesesnya sih saya liat masih sehat. ada 3 bagian fesesnya kan mas? bening kyk air, putih kayak susu, dan hitam? bener....

      mas biasa kasih dia makan daging ya? itu sisa daging yang tidak tercerna. disebutnya pellets. silakan mas baca artikel saya kenapa burung hantu muntah.... :)

      night sekarang sehat? :)

      Delete
    6. Iya mbak makannya daging rats dan ikan ikanan, bicara soal feses kadang normal mbak, kadang juga coklat cair kehijauan gitu, apa gpp?

      Night sehat mbak, udah bisa lompat keluar kardus walau masih brancher :D

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Selamat malam dok saya mau tanya . knapa ko owl sya kurang bernafsu makan . klo pagi d suapi jangrik hanya d makan 8 dan malam sya suapi 3 sterusnya saya suapi lagi tdk mau dan ga ada suara nya hanya suara2 kecil jiga d usap kepalanyaa .... Apa dia stress mohon bantuanyaa .. Soalnya owl shabat saya malah lebih hyper dan amprinkk banget brisikk .. Kadang menutup matanya jika tdk d bawa bermainn . mohon dok beritahu sya ..

    ReplyDelete
  14. sayangnya mas gak ngasih tau umur owlnya berapa?
    sekarang gimana keadaannya mas? maaf saya baru balas, baru pulang tugas keluar kota...

    coba mas cek fesesnya. samakan dengan yang ada di artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. cari di bagian cari artikel...

    saya tunggu kabarnya ya mas.

    ReplyDelete
  15. Dokter Fira Urgent dok burung bwk saya kakinya luka, lukanya kalo di anatomi manusia di tulang kering dok, ( diatas jari ) kayanya lecet kena anklet, trus dipacokin dok sampe agak coak.., pake salep atau diperban ya dok..? Trus juga kutunya yg saya semprotin pake detol gak ilang dok cuma berkurang aja.. Itu gpp dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdarah banyak gak lukanya??

      saran saya perban aja biar gak dicoak2.... kalau dalam 2 hari gak baikan, bawa ke dokter hewan sesegera mungkin...

      kalau pake dettol emang gak bisa cepet, tapi efektif kalau mas kombinasikan dengan sering2 jemur tiap pagi...

      Delete
  16. udah saya perban dok trus tadi baru saya buka perbannya udh kering dok alhamdulillah udh kaya Dr. Poll aja saya :P.. Tinggal kutunya nih dok keluar masih kelihatan ada aktivitasnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, saya ikut seneng..

      soal kutunya, kalau mau cepet, saran saya bawa ke dokter hewan aja, mas... atau beli semprotan khusus (spray) antikutu...

      Delete
  17. Dokter fira punya kenalan Drh di depok yg recomended..? merk nya apa tuh dok semprotan kutunya..? Kutunya sih bukan yg hisap darah itu dok gak tau nih kutu apa bentuk nya kalo di perbesar kaya kecoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dokter hewan spesialisasi BOP dan burung hantu? coba cek artikel saya alamat dan nomor telepon dokter hewan.

      kalau merknya, banyak. pokoknya, anti-tick. bilang aja gitu sama mbak2nya, hehehe...

      kayaknya sih cukup dimandikan dan dijemur, mas... CMIIW... :)

      Delete
  18. Dok sy dpt partner elang bido sktr 1-2 bln yg lalu,tp kaki nya kena bumblefoot udh dari owner sblm nya..kondisi nya udh membengkak.kalo sy kasih betadine boleh gk dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. separah apa bumblefootnya? apakah sampe membuat bido mas jadi pincang jalannya? apakah dia sulit berdiri?

      kalau emang udah parah banget, saran saya sih operasi aja di rumah sakit hewan terdekat. biayanya gak terlalu mahal kok... mas tinggal di daerah mana? kalau di jakarta, deket bonbin ragunan ada rumah sakit hewan. kalau di bogor, ada di deket kampus ipb. dan kalau di surabaya, ada di fakultas kedokteran hewan unair... :)

      Delete
  19. Sy jg punya partner che dm,cuma bulu nya mdh lepas/rontok..normal kah keadaan sprti itu dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      ada kemungkinan lagi mabung nggak mas? coba baca artikel saya cara merawat burung hantu mabung... :)

      Delete
  20. Halo dok. saya punya CG msih brancher terdapat benjolan pada bgian siku kaki.. bagaimana penyembuhan nya .. dan seberapa besar peluang sembuh nya dok. sekian terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      benjolan kayak gimana ya mas? apa kayak bumblefoot?

      sering2 dibersihkan aja pakai dettol cair (dettol antiseptik cair, yang warna airnya kayak teh itu). dilap pakai tisu... :)

      Delete
  21. Dokter fira, kaki celepuk saya berdarah..dia terbang bertengger di pajangan rumah yg ada bagian tajamnya, sampe kukunya lepas. Sedih liatnya...mau diperban susah copot terus, jadi saya mandiin kakinya pake betadine+air. Seharusnya diperban ya dok?

    ReplyDelete
  22. Salam Drh.Fira, Itu bumblefoot di kaki ibe sy msh bisa disembuhin dgn cara yg dokter paparkan diatas atau hrs di operasi dok?
    Saya sdh ke dokter hewan daerah jombang...tp kynya dokternya gk biasa nanganin bop jd cuma dikasih anti biotik enbatic sm salep thrombogel untuk bengkaknya...mohon pencerahan dok,kasian si paco....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum terlalu parah, masih bisa diobati dengan cara di atas kok... :)

      maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren ini... :(

      Delete
    2. Ohh lg sakit,tp udah sembuh kan dok?
      ...ya itu dok foto bumblefootnya di foto profil sy,setelah beberapa hari ini sering sy cuci pakai detol dan ksh antibiotik sekarang lukanya kering dan agak menghitam tp bengkaknya blm berkurang...itu gmn dok?
      Maaf sdh ganggu istirahat dokter ��

      Delete
    3. nggak apa2, mas. :)

      itu udah mendingan kok... lanjut lagi treatmentnya...

      Delete
  23. Dok pengen nanya!!dmna saya bisa beli salep itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di toko makanan burung yang agak lengkap biasanya ada mas. atau coba aja cari di kaskus. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.