Cara Memelihara Kura-kura Leher Panjang | Drh. Fira Sovica

Kura-kura leher panjang adalah jenis kura-kura eksotis yang banyak dipelihara oleh para pecinta kura-kura.

Memelihara kura-kura leher panjang

hendaknya dilakukan secara hati-hati karena beberapa spesies kura-kura leher panjang ada yang termasuk spesies dilindungi.
Cara Memelihara Kura-kura Leher Panjang

Image taken from tartaportal.it
Memelihara kura-kura leher panjang sebenarnya memiliki persyaratan yang sama dengan memelihara jenis kura-kura akuatik lain, yaitu kebersihan air tempat memelihara kura-kura leher panjang yang harus selalu diperhatikan. Air yang digunakan untuk memelihara kura-kura leher panjang dan semua jenis kura-kura akuatik lain adalah air tanah yang sudah diendapkan atau didiamkan selama 24 jam. Dan berikut adalah cara memelihara kura-kura leher panjang yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan:
  1. Anda dapat memelihara kura-kura leher panjang di akuarium yang dilengkapi filter air dan beberapa aksesoris.
  2. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, air yang digunakan untuk memelihara kura-kura leher panjang adalah air tanah yang sudah diendapkan selama 24 jam. Air pam tidak dapat digunakan sebagai media memelihara karena memiliki kadar bahan kimia yang justru dapat membahayakan hidup kura-kura leher panjang yang dipelihara. Kura-kura leher panjang adalah jenis kura-kura perenang. Maka dari itu, ketinggian air dalam akuarium bukan masalah.
  3. Makanan kura-kura leher panjang adalah ikan kecil atau pellet khusus kura-kura leher panjang yang bisa anda beli di toko perlengkapan memelihara kura-kura atau toko ikan hias.
  4. Jumlah makanan untuk kura-kura leher panjang sebaiknya pas, tidak kurang dan tidak lebih. Dalam memberi makan kura-kura, pada prinsipnya kura-kura yang selalu lapar lebih baik daripada kura-kura yang kekenyangan. Hal ini untuk mengetahui jika kura-kura sakit. Makanan untuk kura-kura leher panjang bisa diberikan setiap 2 hari sekali, setiap pagi dan sore. Angkat sisa makanan kura-kura dari dalam akuarium jika masih ada sisa makanan.
  5. Waspadai gejala tidak normal yang terjadi pada kura-kura leher panjang.
  6. Tidak seperti kerabatnya yang lain, jenis kura-kura leher panjang tidak bisa menarik lehernya ke dalam tempurung. Maka dari itu, penyakit pada kura-kura leher panjang umumnya terjadi akibat air yang digunakan untuk memelihara kura-kura leher panjang kurang terjaga kebersihannya. Penyakit yang umum terjadi pada kura-kura leher panjang adalah jamur dan pilek. Jenis penyakit pada kura-kura leher panjang dan cara menyembuhkan penyakit pada kura-kura leher panjang bisa dilihat pada artikel penyakit pada kura-kura leher panjang.
Demikian adalah artikel singkat yang mengulas tentang tata

cara memelihara kura-kura leher panjang

. Artikel singkat tersebut diharapkan bisa membantu anda dalam memelihara jenis kura-kura leher panjang. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

14 Responses to "Cara Memelihara Kura-kura Leher Panjang"

  1. Dok kura kura saya di masukin k dlm akuarium dan d dlm akuarium terdapan ikan sapu sapu.ikan sapu sapu itu selalu menempel d tempurung kura kura.apakah itu bahaya dok...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, mas. :)

      maafkan saya karena baru balas. kabari terus.

      Delete
  2. Siang bu dokter
    Mau tanya kura leher panjang saya gak mau makan, pdahal tidak ada white spot di bagian tubuhny, sekilas nampak sehat....

    Tapi setelah saya kasih lihat tampak foto dr depan dan belakang ke org yg biasa pelihara, dy melihat ada gelembung kata dy agak longgar di kakiny.

    Yg menjadi pertanyaan
    1. Penyakit apa yg membuat dy jadi tidak nafsu makan
    2. Solusi dr penyakit tersebut diberikan obat apa ya dok

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kura leher panjangnya masih anakan?
      langkah pertama, mending kurangi airnya. sekira kakinya bisa menjejak di dasar akuarium dan lehernya masih bisa nyembul dengan gampang di permukaan air. saya kira dia gak mau makan mungkin karena suhu airnya gak stabil. oh ya, kalau mau pake akuarium yang agak kecil juga. tujuannya agak suhu airnya stabil. :)

      kualitas airnya gimana mas? udah cek kualitas airnya?

      agak susah sebenernya kalau ditanya solusinya. karena saya tidak bisa lihat kura2nya secara langsung. tapi mungkin bisa dikasih suplemen merk Reptile Booster. Mas bisa cek artikel saya, cara agar reptil tetap sehat

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Halo Dokter Fira
    Sulcata saya sdh berumur sekitar 5 th . 2 hari belakangan ini kelaminya nyembul keluar. Kenapa ya dokter? Berbahaya tidak? saya kawatir sekali.
    Terimakasih Dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? dan selama ini mas kasih makan apa?
      saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja mas. saya takutnya kena prolapse.

      udah ada juga artikel mengenai prolapse pada musang. secara garis besar, sama aja penyebabnya.

      Delete
  5. Nafsu makannya masih bagus cuma dia tidak buang air besar keamaren dan hari ini. Saya sdh panggi vet tapi vet nya kurang mengerti reptile . Kira bahaya tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas?
      untuk jaga-jaga, mas kasih makan buah aja buat sementara.

      mas tinggal di kita mana? mungkin saya bisa rekomendasikan dokter hewan daerah situ yang ngerti reptil

      Delete
  6. Replies
    1. kalo di bali, ada rumah sakit hewan di sekitaran universitas udayana, mas.

      Delete
  7. Halo dokter
    kura2 siebenrocki saya baru beli tpi kura2nya gk mau makan knp ya dok pdhl sdh 2 hari di rumah sya, apakah msih adaptasi ? dan tanya dok gimana solusinya biar dia cepat mau makan lagi

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum dok, baby sieben saya cuman mau makan ulhong, apakah itu aman? .. dikasih yang lain gamau .. udah pelet, udang kering/kupas,cabek, casut, ikan cere, anakan lele.. semua didiemin .. gimana ya dok?

    ReplyDelete
  9. Dikasih ulat hongkong tiap hari apa tidak masalah dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.