Fakta Unik Musang | Drh. Fira Sovica

Banyak orang yang memelihara musang dan menjinakkan musang, namun sedikit orang yang tahu hal-hal berikut ini. Ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang musang dan beberapa

fakta unik musang

. Beberapa fakta unik musang ini pernah penulis singgung dalam artikel fakta dan mitos tentang musang.
Fakta Unik Musang
Image taken from http://animalsadda.com/
  • Musang memiliki aura yang lebih kuat dari hewan lain.
  • Karena itulah, musang kerap bersarang di tempat yang dikira "angker" (ada penunggu/hantunya) atau banyak aura negatif di tempat tersebut. Aura musang banyak berinteraksi dengan makhluk tersebut.
  • Musang hanya menggigit jari dan tangan manusia.
  • Musang galak hanya menyerang tangan manusia, tidak dengan anggota tubuh manusia yang lain. Dan sepengalaman saya, segalak apapun musang akan diam (anteng) jika sudah digendong di pundak. Saya tidak (atau belum) pernah menemui kasus dimana musang mengigit kuping orang yang menggendongnya. Musang akan menganggap orang yang menggendongkan sebagai "pohon besar" sehingga ia akan tenang di pundak, sebuas apapun musang itu. Namun patut diingat bahwa musang bisa membaca pikiran orang yang meng-handle-nya atau memelihara musang tersebut. Musang punya insting yang sangat kuat mengenai perasaan manusia terhadapnya. Semakin anda takut kepada si musang, maka akan semakin dominan pengaruh si musang terhadap diri anda. Artinya makin anda takut, maka akan semakin semena-mena si musang terhadap diri anda. Maka, hal pertama dalam langkah menjinakkan musang adalah HILANGKAN RASA TAKUT. Anda bisa membaca cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang. Atau bagi anda yang memiliki musang galak, anda bisa membaca cara memegang musang galak tanpa terluka di artikel cara memegang musang galak tanpa terluka.
  • Musang bisa membaca perasaan manusia yang memeliharanya hanya lewat tatapan mata.
  • Tak bisa dipungkiri bahwa hewan-hewan sebenarnya bisa membaca pikiran kita, manusia, terhadapnya. Kuda misalnya, dia bisa membaca pikiran penunggangnya hanya lewat sentuhan tangan si penunggangnya kepada dirinya. Sugar glider bisa membaca emosi dan pikiran lewat sentuhan pada bulu dan elusan tangan serta lewat tatapan mata. Musang lebih unik lagi. Musang bisa membaca pikiran manusia di sekelilingnya atau pikiran ownernya hanya lewat tatapan mata secara sekilas. Hal ini dikarenakan aura hewan musang yang begitu kuat. Musang akan menunjukkan dominasinya saat dijinakkan dengan cara hissing dan striking, dan tugas kita adalah menghilangkan dominasi musang terhadap diri kita dengan menghilangkan rasa takut saat menjinakkan musang.
Demikian adalah beberapa hal

fakta unik musang

. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan anda terhadap musang dan cara menjinakkan musang. Saran, komentar, dan kritik bisa disampaikan dibawah ini. (FS)

30 Responses to "Fakta Unik Musang"

  1. apakah musang WC yang kita taruh di pundak tidak akan pernah pup atau pee juga di pundak atao baju kita? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kemungkinan pee atau pup di pundak atau baju kita
      pasti ada aja.
      tapi musang bisa diajarkan untuk pup atau pee di tempat pee atau
      pup. bahkan ada beberapa teman saya yang mengajarkan
      musangnya agar pee dan pup di toilet. intinya membiasakan
      saja. setiap kali dia ingin pee atau pup, segera bawa si
      musang ke toilet, dan buang pup-nya ke toilet. salam.

      Delete
    2. kalau berkenan bisa gak buat 1 artikel tentang cara melatih musang pup & pee atau melatih yang lainnya (menuruti perintah owner). dan juga ciri-ciri musang akan pup dan pee itu yang saya belum tau.

      Delete
    3. saya baru saja posting post baru mengenai cara melatih musang
      buang air di toilet.

      Delete
  2. Musang saya dulu malah pernah gigit bokong orang yg lagi duduk wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin kasus khusus. ada beberapa kasus dimana musang
      lebih agresif. contohnya musang betina yang
      sedang hamil atau sedang datang bulan. atau musang jantan
      yang sedang masa birahi. biasanya mereka lebih agresif. salam. :)

      Delete
    2. @fira: musang bisa datang bulan juga? biasanya cirinya gmn dan umur brp waktunya musang datang bulan?

      Delete
    3. iya mas, musang betina biasanya mengalami siklus haid
      saat menginjak usia siap kawin, sekitar umur 8 atau 9 bulan.
      cirinya keluar bercak darah di kelaminnya. ini hal wajar dan tidak
      perlu dirisaukan, salam

      Delete
    4. Misi drh. Mau tanya ko musang saya vagina ya bernanah gitu ya itu knapa ya. Sebelum ya perna kena virus parvo drh.

      Delete
    5. kalau sampe vagina musangnya bernanah, mending dicek ke rumah sakit hewan terdekat, mas. apalagi ada riwayat kena parvo.

      selama ini nafsu makan musangnya gimana? bagus?

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  3. saya ingin tahu kisaran biaya untuk vaksin rabies pada musang di dokter hewan berapa ya? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemberian vaksin rabies bisa dilakukan saat umur musang sudah
      berumur 8 bulan keatas. atau jika mau lebih tepat, mas dani bisa
      konsultasi dulu dengan dokter hewan sebelum vaksin diberikan.
      semoga membantu. :)

      Delete
    2. mas dani juga bisa membaca artikel tentang penyakit
      pada musang yang bisa menular ke manusia. http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/penyakit-pada-musang-yang-bisa-menyebar.html

      Delete
  4. lendir haid pada musang bau atau tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak sedikit berbau amis, memang, tapi tidak begitu kentara....

      Delete
  5. Musang saya masih suka gigit gt.. Knp yaa.. Kt teman2 emang gt.. Mau ngJak main.. Tp musang teman2 saya ga gt.. Udah gt cuma doyan pisang.. Di kasih yg lain ga mau makan.. Mohon solusinya dong.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja mas, musang emang dasarnya hewan buas. mau sejinak apapun ya pasti gigit. dulu musang saya juga gitu.
      digigit musang gak sakit kok, awalnya aja mungkin mas yang harus membiasakan diri digigit musang biar gak kaget. kalo udah biasa pasti gak kerasa lagi.... alternatifnya, pangkur aja taringnya biar pas digigit gak terlalu sakit... :)

      Delete
  6. Dok saya punya musang rase tapi dia suka ngegigit dok sampe kaget saya...., apakah tidak berbahaya/hilangkan rasa takut saya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya makhluk hidup buas, ya pasti gigit. rase sih cenderung gak berbahaya gigitannya, lebih bahaya musang bulan dan musang akar. menjinakkan musang itu erat kaitannya dengan berpikir positif dan yakin mas, soalnya si musang akan tahu kalau kita ragu2 atau takut. kalau dia tahu, biasanya dia akan makin susah jinak....

      silakan baca cara menjinakkan musang rase. cari di bagian cari artikel.. :)

      Delete
  7. Dokter mau tanya. Mungkin aga kurang nyambung. Saya punya musang pandan betina kira2 usia 6-7 bulanan. Setiap dia pup atau pee saya biasanya lap (maaf) vagina dan duburnya pakai tisu basah terus tisu kering sejak dy baby. Nah sekarang2 ini dok pas udah agak2 besar kok suka ada bau2 gitu. Terus di vaginanya suka kayak keputihan gitu dan kadang berwarna kehijauan. Kira2 kenapa ya dok? Terus mesti gimana? Pernah juga beberapa kali saya coba lap terus berdarah. Mohon infonya ya dok. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu menstruasi. (mens).
      iya mbak, musang betina juga mengalami menstruasi, sama seperti kita manusia. beberapa hewan mamalia lain juga sama kok....

      wajar. kalau udah 7 bulan emang iya, dia awal2 mengalami mens. kalau kemaluannya berdarah, dia suka aga sensi, bener? agresif? :)

      mungkin nanti saya buatkan artikelnya.. :)

      Delete
    2. Iya dok. Gigit2nya jd lebih sering dan sakit gak seperti biasanya. Itu biasanya berapa dok menstruasi begitu?

      Delete
    3. Maaf berapa lama maksudnya hehehe

      Delete
    4. artikelnya sudah saya publish.. :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dok mau tanya, denger2 dari orang katanya musang betina klau dalam waktu 1 tahun belum kawin/dikawinkan bisa mati. itu benar tidak? mohon pencerahannya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mas. saya juga baru denger dari mas mitos aneh itu, hihihi.

      nggak bener itu... :D

      maaf kalo baru bales. kabari lagi ya...

      Delete
  10. Selamat siang dokter,
    Berhubung ada yang nanya tentang vagina musang,saya mau nanya tentang vagina musang saya kok bengkak yah??
    Umur 2 tahun 2 bulan, dan anehnya akhir2 ini jadi suka dikejar2 anjing jantan saya, sampai musang betina saya marah sama anjing jantan saya. Saya jadi sering ngusir anjing jantan saya, berhubung gak punya anjing betina jadi gimana gitu dia, bahkan ama kucing betina juga pernah.
    Apa karena "diganggu" anjing jantan saya, atau meradang, atau karena berahi (soalnya saya baca musang betina berahi, vaginanya bengkak) ??

    Terima kasih bu dokter.
    Yogi
    Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tebakan saya sih kemungkinan karena diganggu sama anjing jantannya mas. mengenai birahi, bisa jadi sih, cuma perlu dicek dulu, apakah musangnya agak galak akhir2 ini? kalau emang dia agak agresif, bisa jadi juga karena birahi. tapi besar kemungkinan karena dia diganggu sama doggy... :)

      faktor lain, misalnya radang, perlu dicek, apakah musangnya sering menggaruk atau menjilati kemaluannya? karena kalau radang biasanya begitu... :)

      coba cek dulu, dan jangan lupa kabari lagi... :)

      Delete
  11. Dok mau tanya,,,saya kan membeli musang marteen,,,di owner pertama jinak banget,,,setelah pindah ke saya jadi buas,, gigitan nya lumayan lebih sakit dari gigitan musang pandan/bulan,,,gimana cara menjinakan kembali musang marteen yg skrg menjadi buas

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.