Cara Melatih Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa tahap atau tahapan dalam

cara melatih burung hantu

Burung hantu adalah jenis burung pemburu (bird of prey, BOP) yang aktif di malam hari (nocturnal). Burung ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung hantu karena unik dan memiliki bentuk tubuh yang beraneka.
Setelah mengetahui cara memelihara burung hantu, cara berikutnya adalah mengetahui cara melatih burung hantu. Cara melatih burung hantu harus diketahui oleh para pecinta burung hantu agar burung hantu miliknya tidak manja dan melatih insting berburunya agar tidak hilang. Dan berikut adalah cara training burung hantu.
  • Sebaiknya, perkenalkan diri anda ke burung hantu yang akan dilatih. Perkenalan dengan burung hantu dilakukan dengan FOF alias "feed on fist".
  • melatih burung hantu FOF atau feed on fist
    Melatih burung hantu FOF atau feed on fist
    Image taken from sciencedaily.com
    Training FOF atau "feed on fist" bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan dengan tangan (handsfeed). Taruh burung hantu yang dilatih di tangan anda, kemudian sodorkan makanan ke arahnya sampai ia menyambar pakan tersebut. Lakukan training terus menerus sambil menatap mata burung hantu anda dan mengajaknya ngobrol hingga burung hantu tidak lagi ketakutan dengan diri anda saat diberi makan atau tidak lagi sungkan saat ditenggerkan di lengan anda.
  • Cara melatih burung hantu yang kedua adalah JTTF alias "jump to the fist".
  • Melatih burung hantu JTTF atau jump to the fist
    Melatih burung hantu JTTF atau jump to the fist
    Image taken from jpjweblog.blogspot.com 
    Langkah ini bisa dilakukan dengan menaruh burung hantu di tempat yang agak tinggi seperti diatas meja atau di senderan kursi, kemudian anda menaruh pakan di tangan anda atau di lengan anda. Biarkan hingga si burung hantu melompat ke tangan anda, dan ulangi langi lagi hingga latihan JTTF ini benar-benar dikuasai burung hantu anda. Jika langkah kedua dalam melatih burung hantu ini sudah berhasil dan burung hantu tidak lagi sungkan untuk menghampiri pakannya, anda bisa lanjutkan ke cara melatih burung hantu yang ketiga.
  • Cara melatih burung hantu yang kedua adalah FTTF alias "fly to the fist".
  • Setelah langkah kedua dalam melatih burung hantu berhasil dilakukan dan burung hantu tidak lagi sungkan atau takut untuk melompat dan memakan makanannya, langkah ketiga untuk melatih burung hantu adalah FTTF atau "fly to the fist".
    Melatih burung hantu FTTF atau jump to the fist
    Melatih burung hantu FTTF atau jump to the fist
    Image taken from hawk-conservancy.org 
    Taruh atau tenggerkan burung hantu anda di tempat yang agak tinggi seperti senderan kursi atau meja, lalu buat jarak kira-kira satu setengah meter dari tempat burung hantu tersebut. Taruh makanan burung hantu di telapak tangan anda dan tunjukkan kepada burung hantu tersebut, tunggu hingga burung hantu tersebut terbang ke arah anda, hinggap di tangan anda, dan menyambar makanan di tangan anda. Lakukan hal tersebut terus menerus hingga burung hantu tersebut terbiasa. Kemudian ulangi hal diatas dengan jarak yang lebih jauh, 2,5 meter atau 3,5 meter, dan lakukan terus hingga burung hantu tersebut tidak sungkan dan tidak takut lagi. Ulangi langkah tersebut terus menerus dengan jarak yang terus bertambah hingga akhirnya burung hantu anda bisa nyaman dan percaya dengan anda.
  • Langkah keempat atau langkah terakhir dalam melatih burung hantu adalah FF atau "free flight".
  • Melatih burung hantu FF atau free flight
    Melatih burung hantu FF atau free flight
    Image taken from talon-falconry.co.uk 
    Burung hantu yang dilatih free flight haruslah benar-benar telah melewati 2 latihan burung hantu sebelumnya dan sudah sangat percaya pada ownernya. Burung hantu yang dilatih free flight sudah menganggap pemiliknya sebagai sahabat, sebagai partner, bukan sebagai pemilik, bukan sebagai owner. Latihan free flight bisa dilakukan di lapangan luas. Anda bisa mengajak teman untuk latihan ini. Caranya latihan free flight untuk burung hantu adalah dengan menempatkan burung hantu di ujung lapangan dan anda berdiri di ujung lain dalam jarak kira-kira 30 meter. Panggil burung hantu anda dengan menggunakan peluit atau dipanggil namanya, bisa juga dipancing dengan makanan kesukaan. Jika burung hantu anda terbang menghampiri anda, berarti latihan free flight ini berhasil dilakukan. Sekilas, latihan free flight memang mirip latihan burung hantu yang sebelumnya, yaitu flight to the fist. Bedanya latihan free flight dan latihan fly to the fist pada burung hantu adalah jarak dan tingkat kepatuhan burung hantu tersebut. Makanya, penting untuk melakukan latihan fly to the fist dulu sebelum latihan free flight dilakukan.
Demikian adalah jenis-jenis

cara melatih burung hantu

Inti dari empat poin cara melatih burung hantu tersebut adalah membuat burung hantu anda percaya sepenuhnya kepada anda sebagai partner, sebagai teman, bukan sebagai pemilik ataupun ancaman. Saran, kritik, serta komentar bisa anda ajukan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

485 Responses to "Cara Melatih Burung Hantu"

  1. di artikel di atas di sebutkan burung hantu bisa di latih free fligth pasti ada ciri nya ,tapi nanti kalo sampe di lapang gimana kalo owl nya kabur jadi mohon jawab ciri nya buruung hantu bisa di latih free fligth

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel diatas ditulis "Burung hantu yang dilatih free flight haruslah benar-benar telah melewati 2 latihan burung hantu sebelumnya dan sudah sangat percaya pada ownernya. Burung hantu yang dilatih free flight sudah menganggap pemiliknya sebagai sahabat, sebagai partner, bukan sebagai pemilik, bukan sebagai owner."
      jika sudah melewati tahap seperti disebutkan dalam kalimat di atas, owl tidak akan kabur. seperti si errol, burung hantu saya. si errol saya lepaskan tiap malam untuk berburu sendiri di luar, dan dia akan pulang sndiri ke perch-nya tiap adzan subuh....

      jangan sekali2 melatih free light jika 2 tahap pelatihan sebelumnya belum benar-benar mahir.... salah2 nantinya bisa kabur... :)

      Delete
  2. Latihan klo siang/sore hari bs ga?

    ReplyDelete
  3. Nama owl saya jack. Umur jack baru 6 bulan. Bisa di latih sampai tahap ff ga dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. saya juga dulu dapet si errol waktu dia sudah tua, toh sekarang dia sudah bisa saya lepas di luar kalau malam dan dia pulang sendiri sewaktu adzan subuh ke rumah, berburu sendiri di luar....

      Delete
  4. Si jack klo saya terapin jttf masih megar sayapnya. Brarti jack masih blm nyaman y sama saya?? Jangkrik jg ga langasung dmakan. Di paruh lama baru di telan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam dari errol buat jack.
      burung hantu merentangkan sayapnya dan kepalanya goyang2 itu berarti dia masih belum jinak sama mas... coba baca artikel cara menjinakkan burung hantu.

      Delete
  5. Si jack klo saya terapin jttf masih megar sayapnya. Brarti jack masih blm nyaman y sama saya?? Jangkrik jg ga langasung dmakan. Di paruh lama baru di telan dok

    ReplyDelete
  6. Dokter help. Mata si jjack ko yg hitam besar sebelah. Padahal smlm masiih normal. Help dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba nanti malam cek lagi.... :)
      kalau nafsu makannya masih normal saya kira tidak kenapa2... :)

      Delete
  7. Dokter. smlm makan lewat jttf masih lahap. Tapi selaput mata ko masih besar sebelah ya. Kasian saya liatnya. Padahal kmaren2 ukuran selaput mata yg hitam sama kanan kiri. Tp sekarang ko bs beda ya. Saya tkut dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak bisa memastikan itu apa karena memang tidak melihat langsung. mas bisa foto mata kanan dan mata kirinya? udah pernah dijemur di bawah sinar matahari? kalau sudah pernah dijemur, kemungkinan matanya kena sinar uvb dari sinar matahari terlalu banyak sehingga matanya agak berbayang putih.....saya tunggu kabarnya...

      Delete
  8. Jack blm pernah aq jemur doker. Saya jg ga bs upload foto ke blog ini. Saya kan liat pake hp. Dokter liat di fb saya aj dok. Tolong ya dok. Saya takut jack buta. Fb: farid daffa rizky

    ReplyDelete
    Replies
    1. share aja di G+ blog ini....
      gak buta, kemungkinan ada gangguan aja di matanya. mungkin karena kondisi ruangan yang terlalu kotor atau hal lain. coba sering2 bersihkan pinggir2 matanya dengan cotton bud yang dibasahi air matang. observasi selama seminggu dulu. kalau dalam seminggu belum sembuh, saya anjurkan segera bawa ke dokter hewan....

      Delete
    2. Dokter. Mata jack udah sembuh.mungkin berkat makan daging sapi kurban kmaren hehe.. tp skrng pinggiran mata jack di gigit nyamuk trs sampe tu nyamuk gendut bgt. Bahaya ga ya dok buat mata jack?

      Delete
    3. gak apa2. selama nafsu makannya masih bagus, berarti masih sehat. usahakan kandangnya bebas dari nyamuk ya mas. meski tidak ada pengaruhnya buat kesehatan burung hantu, tapi sedikit banyak agar si owl bisa lebih nyaman.... sehat terus jack... :)

      Delete
    4. gak apa2. selama nafsu makannya masih bagus, berarti masih sehat. usahakan kandangnya bebas dari nyamuk ya mas. meski tidak ada pengaruhnya buat kesehatan burung hantu, tapi sedikit banyak agar si owl bisa lebih nyaman.... sehat terus jack... :)

      Delete
    5. Dokter. Saya makin takut nh mata jack sblh kiri burem gt ya. Kya ada putih telor gt. Padahal yg kanan bening bgt. Di cileungsi ga ada dokter burung. Cuma cat n dog aj. Foto mata jack ada di blog saya.

      Delete
    6. coba mas beli obat tetes mata merk rohto atau sejenisnya, kemudian teteskan ke matanya sedikit, 2 kali sehari. namun saran saya tetap sama, bawa si jack ke dokter hewan. coba aja tanya ke dokter kucing dan anjing itu, barangkali bisa ngobatin....

      Delete
    7. Doker. Kata orang2 yg biasa miara burung kicau mata jack indikasi katarak. Tp blm sempet saya bawa ke dokter burung.

      Delete
    8. ya memang katarak mungkin iya, tapi bisa juga tidak. saya tidak bisa memastikan karena tidak melihat langsung. sepertinya terlalu dini juga memastikan itu memang katarak, bisa jadi hanya kelebihan protein.

      Delete
    9. Amin ya ALLAH. mudah2n ini bukan katarak. Mudah2n jack cepet sembuh. Amiin ya Rob

      Delete
    10. Dokter. Tadi jm 5 subuh alhamdulillah saya nemu burhan di pinggiir jln. Untung ga kelindes ama saya. Nanti saya taro kandang ama jack brantem ga ya? Jack kn warna kuning. Yg nemu td warna coklat. Ukuran sh sama kya jack. Mungkin baru 1th. Skrng yg nemu saya taro di kardus dl.

      Delete
    11. wah, keren.... dipelihara dengan baik ya... :)

      Delete
  9. ka gmna ni sy dah pny clepuk 2 jdi klo mu melatih harus satu satu dlu pa lngsung 2 sekaligus????

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu-satu saja. yang satu misalnya hari rabu, satu lagi kamis. :)
      cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel melatih burung hantu.

      Delete
  10. dok sy bru dpet bay owel, jdi hrus dikarantina pa langsung di taro di perch

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina sambil ditaro di perch aja.... dikarantinanya jangan diiket, lepas aja di ruangan kosong, taruh di perchnya... :)
      sehat selalu buat bay owlnya mas.... :)

      Delete
  11. trus di kasih empritny sehari berapa ekor

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jawab di artikel makanan burung hantu mas... :)

      Delete
  12. trus di kasih empritny sehari berapa ekor

    ReplyDelete
  13. g ad ketrangan berapa ekorny dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. sorry. :)
      sampe bay owlnya berenti menyambar daging emprit aja mas... sampe dia kenyang... :)

      Delete
  14. ok dok maksih ats sarany, jangan bosen y kasih pengetahuanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama2 mas... gak usah sungkan buat nanya2 mas... :)

      Delete
  15. dok bay owl ny klo ditungguin empritny g di mkan, tpi klo di tnggal sendri di makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu karena dia masih belom kenal ama mas.... biarin aja tinggal klo makan. nanti kelama-lamaan dia pasti mau makan di depan mas...
      kasih nama mas biar dia kenal kalo dipanggil... :)

      Delete
  16. oh gtu dok, kira kira brp hari dikarantinany

    ReplyDelete
  17. oh gtu dok, kira kira brp hari dikarantinany

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 hingga 3 hari. 12 jam sekali liat, tetep kasih makan dan minum... :)

      Delete
  18. dok si obi psng perhanan trs, sama bingung ksih mknny, pdahal dah 3 hari di karantina

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhanan apa ya mas??
      kalau kasih makan, langsung saja sodorin ke depa paruhnya. nanti juga dicaplok... :)
      kalo boleh tahu, jenis burungnya apa ya mas? biar saya bisa bantu mas yusuf... salam kenal..

      Delete
  19. pertahanan maksdny, ini yg kmrn brung bay owl, ea dok skrng mau mkan tpi jangkrik dok di ksih tiput sma emprit cuma di koyak2 doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. baru ngeh, hehehehe...
      coba kasih aja bayi tikus putih. dan gak apa2 meski cuma dikoyak-koyak doang. itu artinya memang dia masih mencicipi darah dari mangsanya.... bagus, dan gak usah takut burung hantu mas jadi galak setelah makan pakan hidup. mereka cerdas kok. si errol saja tiap malam kana tikus hidup tetep jinak sama saya....

      sehat terus obi. mas yusuf jangan sungkan buat cerita2 di sini... :)

      Delete
  20. dok si obi msih ga mau mkn emprit atow tipus, malah cuma di koyak2 aj,tp klo jangkrik doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diliatin. tinggal aja, diamkan selama 1 atau 2 jam. nanti juga abis sendiri mas... :)

      Delete
  21. si obi jenis bay owl bkan celepuk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama aja. semua jenis owl rata2 gak mau makan pakan hidup kalo diliatin... :)

      Delete
  22. ea supaya dapat di latih menjadi patner gitu dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. diatas sudah saya jelaskan sedetail2nya mas cara melatih burung hantu.....

      Delete
  23. hallo dok, mo nanya.. Sya punya 2 OBay owl, baru beli 3 hri yg llu.. Saya kasih makan ikan kecil aja, soalnya di daerah saya gak da yg jual tiput.. Ap gak pa" klo trus menerus saya kasih makan ikan kecil aja ? Tolong sarannya dok.. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada daging sapi yang masih segar (agak berdarah) sebenarnya lebih bagus, mas. kalau ikan takutnya nanti ada efek sampingnya.... sementara gak apa2 kasih ikan kecil. kalau bisa, seminggu sekali kasih bayi tikus putih...

      Delete
  24. Nah itu masalah nya dok, d'tempat saya gak da yg jual bayi tiput. :( tapi kmren saya kasih daging sapi, dia gak nelen, pas dikasih makan, dilempar dari mulut sambil geleng, ky na dia gak suka lengket" dimulut na itu dok.. Efek samping klo ikan trus, apa bs bkin dia sakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebenarnya tidak menyarankan daging ikan untuk barn owl. kalau mas masih tetep mau kasih ikan untuk barn owl, silakan, tapi do at your own risk ya, hehehehe..... kalau dia nolak dikasih daging, mungkin mas kasihnya kegedean. agak dicacah aja sampe kecil2.... siapa nama owlnya mas? :)

      Delete
    2. Heee bukan barn owl mba, tapi bay owl ( obay ). Heee klo barn owl saya dah baca dari tulisan mba fira, tingkat kesulitan memelihara nya agak susah. Tapi klo bay owl saya kan mba, perawatannya gak susah" amat kan..? Nm nya danny sama oliv mba. :D

      Delete
    3. oh. kalo bay owl kasih jangkrik aja. kalo daging2an cukup sekali dalam seminggu.....
      jangan lupa latih agar dia ngerti... cara melatih burung hantu bisa dibaca di training burung hantu.

      Delete
    4. Klo saya kasih jangkrik, malah gak dimakan mba, saya sodorin k'mulutnya, dia ambil, cuman dibuang gitu.. Klo ikan sih, dia nya langsung makan aj, saya tarik ikan nya dia nya gak mau lepas.. Geh mba sudah saya baca" artikel mba.. Mudah"n ntar danny sama oliv bisa saya lepas bebas ky owl na mba si errol. Heee

      Delete
    5. iya, salam buat danny dan olive. errol udah terbang nyari tikus pas adzan magrib tadi, eh barusan balik lagi pas saya panggil, di paruhnya ada anak tikus. emang suka pamer dia kalau ada saya, hahahaha....... ya udah mas kasih aja ikan, semoga sehat selalu... :D

      Delete
    6. Minta piala tu mba, mk nya suka pamer. Hahaha
      Mo nanya mba, kmren si oliv muntah, wrna ijo gitu. Skrg dia nya kurang gerak, merem aja.. Itu gejala sakit gak mba ? :|

      Delete
    7. hahahaha. iya juga, soalnya kalo saya gak nengok ke dia waktu dia mau nunjukkin makanan, saya diserang... :D

      coba cek artikel terbaru saya mas..... segera.... yang tentang penyakit burung hantu

      Delete
    8. Hahaha hati" aja mba, ntar d'sambar lg lo klo telat kasih piala nya. :D

      Oke mba, ni saya mau baca, makasih byk ya mba, ntar klo saya mau nanya" lagi, boleh ya ? :D

      Delete
    9. oh boleh2, saya malah senang kalo banyak yang nanya tentang kesehatan hewan di sini... :)

      Delete
    10. Oke mba, makasih byk klo gitu. Salam buat errol, moga sehat" aja, gak nakal lg sma mba. :)

      Delete
  25. waduh dok ad berita duka, si oby saya ad yg ngambil

    ReplyDelete
  26. lg di jmur dok, malah dah jinak dok, nyesek dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya dijaga mas... jangan ditinggal gitu aja...

      Delete
  27. ea tdny suka aman2 aj, ah untungny yg celepuk ga di ambil, oh y dok yg celepuk dah jinak, tpi klo mu ditraining fof masih susah terbang trus ke tenggeran

    ReplyDelete
    Replies
    1. training burung hantu harusnya dilakukan saat burung hantu sedang merasa lapar. kalau kenyang biasanya dia gak mau terbang atau melompat ke tidbits (umpan atau makanan yang digunakan sebagai media training burung hantu)...... sehat terus owlnya.... jangan ilang lagi mas... :D

      Delete
    2. training burung hantu harusnya dilakukan saat burung hantu sedang merasa lapar. kalau kenyang biasanya dia gak mau terbang atau melompat ke tidbits (umpan atau makanan yang digunakan sebagai media training burung hantu)...... sehat terus owlnya.... jangan ilang lagi mas... :D

      Delete
  28. y dok itu juga dilakukanny pas dia lpar, tpi dia trus balik ke perch nya, aminn dok jngn sampe deh ilang lg:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu berarti dia belum sepenuhnya percaya, mas. gak apa2, bertahap aja. emang harus dilatih terus sampai dia benar-benar tau mas sayang sama dia... :)
      sehat terus buat owlnya. ada salam dari errol... :)

      Delete
  29. Si errol punya dokter fitra kok bisa nurut gitu melatihnya mulai kapan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pelihara si errol sejak dia umur 9 atau 10 bulan. dulunya galak. mengenai cerita si errol, mas bisa baca menjinakkan burung hantu.

      Delete
    2. Burung hantu saya kalo saya kasi tali dia kayak gak suka gitu dok. Di pabrik" terus... gitu itu gak buat dia stres ta dok?

      Delete
  30. dok bantuin ku,,,celepuk ku ngak suka makan tikus putih...pertama kali ku bagi dia mau,..dia makan separuh badan tikus putih,...kemudian si celepuk ku ngan ingin lagi mkn tikus putih...meski telah ku taruh 2 ekor yg masih hidup dalam kandangan nya...ada ngak cara dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dilihatin kalau dia sedang makan tikus, biarkan saja di tempat sepi atau di dalam box/kardus yang agak besar, jangan dilihat selama 10 hingga 25 menit. nanti juga habis sendiri. tikus putih yang diberikan hendaknya yang masih bayi (pinkies)......

      Delete
  31. mba klo celepuk kaasih jangkrik aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanan sehari2 celepuk adalah jangkrik. tikus putih bisa diberikan hanya sebagai makan selingan seminggu sekali atau 2 minggu sekali...

      Delete
  32. Dok merek vitamin yang bagus untuk BOP apa ya .yang mengandung semua vitamin dalam satu produk .dan belinya dimna .

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitamin untuk bop bermerk BIOPLUS PROBIOTIC bisa dibeli di toko perlengkapan falconry yang lengkap. bisa juga cari di toko2 online yang menjual perlengkapan falconry dan owlry... :)

      Delete
  33. Dok barn owl saya mati beberapa waktu lalu . Awalnya dia makan puyuh tidak di habiskan .biasanya makannya lahap .ke esokan paginya saya mandikan . Pas sore dia masih keliatan sehat malam harinya dia diem aja kaya sakit .saya beri potongan daging lalu di muntahkan .dan sorenya di mengeluarkan lendir dari mulut dan langsuk kejang kejang .kira kira sakit apa ya dok .saya mandikan dia mati atau dia kena penyakit(saya mandikan dengan mengelapnya dengan kain basah .

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang saya jelaskan di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memelihara burung hantu, barn owl memang jenis owl yang agak susah dipelihara dibandingkan jenis celepuk dan jenis lainnya. saya tidak tahu diagnosanya apa karena saya tidak melihar langsung, tapi sepertinya ada infeksi di sekitar mulut atau pencernaannya..... untuk kedepannya, jika melihat tanda2 yang tidak normal muncul pada burung hantu, sebaiknya langsung dibawa ke vet aja....

      Delete
  34. Dok punya saya jenisnya clepuk saya adopt dari usia juve saya liat perkembangannya udh bisa langsung balik ke perch,tapi apa bisa di latih yg lainnya??,terus di kasih makan jangkrik cuma disambar ga di telan tapi kadang kadang di makan tapi kalo di kasih makan ulet hongkong lahap banget itu gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi dok,punya saya clepuknya kakinya lecet habus dari owner sebelumnya caranya itu di gimanain dok biar sembuh??

      Delete
    2. bisa. asal sabar, pasti bisa dilatih. barn owl saya, si errol, saya dapatkan waktu dia berusia tua, tapi tetap bisa dilatih dan dia sekarang jinak total. barusan saya lepas agar dia cari makan sendiri, memang sudah tiap hari begitu. :)
      kalau untuk jenis celepuk, ulat hongkong bisa diberikan 3 hari sekali. jangkrik tetap makanan utamanya. terlalu banyak ulat hongkong kadang malah membuat bulu celepuk rontok.... :)

      salam dari errol untuk burung hantu mas... :)

      Delete
  35. Makasih dok,saya memberi ulat hongkong terlalu sering yudh mulai sekarang kasih ulat hongkong 3 kali aja ya dok? Tapi begitu dok tiap kali saya beri jangkrik hanya di patok doang??? Jadi gimana dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiasakan saja. coba kasih terus. kalau mau, potong kepala jangkriknya dulu lalu coba berikan. bisa juga dari bagian ekor jangkriknya. potong kakinya yang tajam, pegang kepala jangkrik, lalu sodorkan. biasanya kalau dia lapar juga dimakan.... :)

      Delete
  36. Dok, dia masih defend terus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok burhan saya kok bau ya? Gimana cara biar ga bau terus pake apa?

      Delete
    2. perlu waktu berbulan-bulan hingga si burung hantu akhirnya tidak defends lagi, mas. burung hantu saya, si errol, dulu bukan cuma sekedar defends, tapi dia nyerang saya. perlu waktu kira2 6 bulan hingga akhirnya dia percaya sama saya. silakan mas baca cara menjinakkan burung hantu, search di menu cari artikel. baca juga artikel jangan memelihara burung hantu jika..., search di atas....

      kalau bau, emang awalnya bau. sebaiknya jangan dimandikan dlu hingga dia benar2 sudah terbiasa dengan lingkungan barunya. tunggu 2 bulan lagi, baru semprot2 tipis dan lap pakai kain kering...

      Delete
  37. Mba dokter .. celepuk saya nama nya lemon.. umur 4 bulanan tp di pelihara saya baru 1 bulanan...awalnya di kandang karnablm beli.tenggeran.. nah skrg dah di tenggeran di iket pke tali iket lembut biar gk bikin luka dikaki.. kadang.saya kasi mkan pas lg bertengger di tangan saya. Tp masih matok / galak gitu mba.saya jg ngajak ngobrol mulu
    Itu emang lama ya biar dy gk galak gitu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara menjinakkan burung hantu bisa mas search di menu cari artikel diatas, mas... soal lama atau tidaknya, tergantung karakter dan sifat burung hantunya. tapi sekeras kepala apapun, semua burung hantu bisa dijinakkan asal sabar... :)

      Delete
    2. Hmm gtu mba dokter..hampir aj td diserang kucing mbaa.. tp si lemon nglawann... tp saya ngeri setres gara2 td..

      Delete
    3. ciri burung hantu stress bisa mas search di cari artikel....
      ciri utamanya nafsu makan hilang dan burung hantu terlihat murung

      Delete
    4. ciri burung hantu stress bisa mas search di cari artikel....
      ciri utamanya nafsu makan hilang dan burung hantu terlihat murung

      Delete
  38. Dokter burhan saya tiba tiba hilang keseimbangan gimana nih????
    Saya liat dia ga sariawan?
    Tapi kakinya kan saya pakein rante?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipakein rante. coba beli angklett jesse buat ikatan kakinya, cari di kaskus. sementara belum ada, bisa lepas rantenya dan taruh dia di ruangan sepi. tetap kasih makan.

      Delete
  39. Dok iya saya udah lepas rantenya tapi masih rada g seimbang,,,saya mau beli angklet sama jesse ga punya rekening bank,tapi saya sudah tempatkan di kardus kosong dan saya beri makan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih baik tempatkan di dus yang agak besar dlu untuk sementara. kalau tidak ada rekening, kan bisa cod (cash on delivery, ketemuan), bisa juga minta tolong temen yang punya rekening...

      Delete
  40. dok..kok burung hantu saya..saya latih jttf kok ngg bisa bisa ya..??apa solution'a.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JTTF bisa dilakukan kalau FOF sudah lancar dilakukan oleh burung hantu.
      itupun harus dilakukan dengan sabar mas, gak langsung bisa. lakukan saja FOF terlebih dahulu dengan jarak makanan yang makin jauh.
      misal, pertama lakukan FOF dengan jarak 5cm. kalau berhasil, lakukan lagi 10cm, kalau masih berhasil, lakukan lagi 15cm. begitu seterusnya. kalau sudah 50 atau 60 cm, baru lanjutkan dengan JTTF....

      Delete
  41. Assalamualaikum dok. Saya mau tanyak. Burung hantu celepuk saya udah bisa fof tapi kok gak mau lompat ke tangan ya dok? Padahal jaraknya udah deket banget,,,, Mmohon masukannya dok,, makasi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. fof harus dilakukan secara terus-menerus dengan jarak yang ditambah.
      misalnya, percobaan pertama FOF jaraknya 5cm. kalo dimakan, kasih lagi dengan jarak 10cm. kalau dia masih mau, kasih lagi dengan jarak 15cm. kalau dia tidak mau menyambar makanannya, jangan dikasih. biarkan dia selama 5 menit, lalu coba lagi fof-nya. intinya, kalau dia tidak mau menyambar makanannya, jangan dikasih makan. hal tersebut agar dia tidak manja....
      setelah bisa melakukan fof dari jarak 50 atau 60cm, baru lanjutkan ke tahap pelatihan selanjutnya... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah udah berhasil dok... :)
      Saya mau tanya lagi dok, burhan saya ada ada 2 jiu sama hog. Cara melatih mereka berdua seharusnya seharusnya di pisah apa di jadikan satu...??? Makasi dok info nya... :)

      Delete
    3. harusnya satu dulu aja mas, hehehe.
      tapi gak apa2, kalau memang mas kuat buat melatih keduanya, bisa berganti2an melatih burung hantunya. Hari ini si Jiu, besok Hog.
      Burung hantu sebenernya burung soliter, mereka tidak perlu temen. satu aja cukup.. :)

      Delete
  42. Untuk sementara hog gak sayalatih dok, masi baby soalnya, kalo si jiu masi juve jadi yang saya latih cuma jiu aja... hog nunggu kalo udah juve saya latih,,,, lagian jiu masi tahap fttf, biyar dia bisa konsentrasi kalo gak ada temannya...!!!! Makasi sarannya dok, ada salam dari 2 jagoan saya jiu sama hog buat errol... :) ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. seperti itu bagus. :)
      errol masih tidur jam segini... :)

      Delete
  43. Dok barn owl saya namanya pain.. Nah dia udh saya karantina dan makannya lahap banget.. Saya pindahin ke perch.. Nah sewaktu di perch dia ga mau makan dok.. Gmn solusinya ya? Bsa sms 085794639870

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang dia masih mogok makan, coba cek warna dan bentuk fesesnya.... saya tunggu... :)

      Delete
  44. Mencret putih dok.. Saya karantina dan dia mau makan.. Gmn ya caranya dia mau mkan di perchnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang dia gak mau makan pas ditangkringin ke perch, mungkin karena belum terbiasa, mas... coba berikan pakan hidup seperti bayi tikus putih. caranya taruh bayi tikus putih dengan burung hantunya di dalam box kardus yang agak besar. tutup kardusnya, dan biarkan si burung hantu memangsanya sendiri (jangan diliatin, tinggal saja selama 30 hingga 45 menit).... mungkin setelah diberi pakan hidup dia lebih bisa memangsa pakan di perchnya... :)

      Delete
  45. Dok kalo, ngelatih BO / barn owl itu.... Sebaiknya jam berapa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore hari yang hangat (ada matahari) outdoor, memakai perlengkapan burung hantu lengkap... :)

      Delete
  46. Berarti Kira2 jam 3-4an ?? & kalo dikasih makan 1minggu puyuh, 1minggu tiput... Itu nggak papa kan ?? Jdi nya di selingin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kira2 jam 3 hingga jam 5.
      makan selang seling gitu bagus. memang seharusnya kayak gitu. jadi owlnya gak jenuh... :)

      Delete
  47. mba dokter, saya punya owl namanya GALKO. dia jntan, bru 8 bulan, sy dpet dia di pohon pas baru netas,,
    kemarin dia mati gk tau kenapa..
    padahal sbelumnya dia sehat dan makannya bnyk jugaa....

    kalo saya mau cri owl lgi dimana yg bgus dan sehat bu dokter di daerah bandung..

    ReplyDelete
  48. Salam dok boleh email sya ngakk ada banyak soalan yang nak ditanya

    ReplyDelete
  49. dok saya baru adopt barn owl sepasang namanya owi & ami, kira" berapa lama penyesuaian diya ke saya.,
    dan makanan yang baik untuk BO itu apa saja ya..?
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya akan coba jawab.
      1. masa penyesuaian (atau mungkin pengenalan maksudnya) tergantung ke karakter owlnya. kalau yang mudah menerima manusia biasanya cepet, sekitar 2 hingg 7 hari. namun ada juga yang berbulan2 dia tetap tidak mau menuruti....
      2. soal makanan barn owl, silakan baca artikel cara memelihara barn owl.

      Delete
  50. mbak dokter.. mau nanya nih, juve itu apa ya ? klo mau beli falcon / alap alap itu yang masih juve atau baby sebaiknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. juve itu istilah berasal dari kata JUVENILE. artinya dewasa. silakan baca artikel istilah dalam memelihara BOP. search aja di bagian search. :)

      tergantung. yang penting tahu cara memeliharanya mas. cara memelihara alap2 ada kok di blog ini. search aja. kalo untuk pemula, sebaiknya pelajari dulu cara memeliharanya. jika sudah hafal betul apa yang harus dilakukan, cara melatih, cara merawat, dll, dst, mas bisa nyoba yang chick (bulu kapas).

      tapi ingat: harus tahu betul cara memeliharanya ya mas.. :)

      Delete
  51. Mau tanya dong. Saya mau adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya? Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi Escaping?

    ReplyDelete
  52. Mau tanya dong. Saya mau adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya? Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi Escaping?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah 12 jam, bisa ditaruh di perch (tenggeran), tapi sebaiknya jangan dipasangi equipt dulu. tunggu hingga 24 jam ke depan, baru bisa dicoba pakai equipt

      Delete
  53. Dok kalau melatih.FOF.JTTF.FTTF nya kaki masih dii kat gpp dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang dia sudah terbiasa dengan leasenya, gak apa2 masih dipasangi angklett.... kalau belum terbiasa, lebih baik lepas dulu... :)

      Delete
  54. Dok knapa ya, ko BOP sya klo d dalem jinak tp klo d keluarin jdi pendiam kya yg ktakutan gitu. Knapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu manning lagi. sering2 dikasih makan di luar. :)

      Delete
  55. dok hari ini saya beli BO , trus saya taro d kamarmandi ukuran 5x5m2 saya lepas tanpa ikatan , trus dia terbang2 terus , saya takut sayapnya rusak karna benturan , oh ia pada saat saya beli sayap kirinya bulunya rontok dok , d kasih makan burung emprit fresh or hidup cuman d liatin aja , trus aku bawa keluar lumah dia masih anteng ngeliatin saya , ngga lama dia liat langit , trus langsung kaya pengen terbang terus dok , karna kakinya saya kasih rantai kecil jadi masih d tangan saya deh , skrg saya taro d kandang kelinci ukuran 50x60 cm buat supaya dia ngga terbang2 dan lebih aman buat sayapnya menurutku , besok aku mau coba respon selanjutnya , ada saran dok ? oh ia dia d sentuh d gendong ngga marah juga ko dok , tlg sarannya ya dok , thanks banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. gak usah diliatin. nanti juga dia tenang sendiri. :)
      kalau mau kasih makan, jangan emprit hidup diberikan gitu aja. empritnya disiangi dulu, dan yang diberikan hanya dagingnya saja. kalau empritnya masih hidup, jelas aja gak dimakan... "D

      coba mas baca2 lagi cara memelihara owl di blog ini. soalnya kalau saya baca, banyak sekali kesalahannya mas. diantaranya, owl dimasukkan ke dalam kandang. itu jelas keliru.

      silakan baca2 lagi artikel saya di blog ini... :)

      Delete
  56. Dok untuk celepuk fof nya di mulai dari umur berapa? Dari pertama kali adoptkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sedini mungkin. :)
      iya pertama kali adopt juga bisa. setelah masa karantina, mbak bisa langsung latih fof... :)

      salam dari padma dan errol.. :)

      Delete
    2. Salam juga dari owlee mbak :)
      Saya mungkin orang nya ga sabaran tpi saya udah baca artikel dokter yg ttg melatih burung hantu, yg saya tanyakan lagi dari fase fof ke jttf berapa lama ya dok dan gmna saya tau si owlee udah bisa jttf? Heheh
      Trus juga si owlee kalo telat dikasih makan lari dari perch nya ke depan pintu rumah. Tpi kalo di sodorin makan buat jttf dari perch nya malah diliatin aja.. Saran ya dok :)

      Gmna kabar errol dan padma?
      Padma jenis apa dok?

      Delete
  57. Dok burung hantu saya masih chick, dia pertama baik2 aja, tapi tiba2 dia ga mau makan, lemas ga bisa berdiri, terus setiap brp menit dia kaya kejang2 gtu, knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas cek fesesnya, warnanya apa. fesesnya agak berwarna hijau terang? bagian putih, bagian bening, dan bagian hitamnya kayak apa..... :)
      mas bisa cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  58. dok bagaimana cara menghadapi burung hantu yg keras kepala. padahal udah sering di kasih makan di glove saya tapi dia sepertinya masih belom mempercayai saya dok gimana ya dok cara nya biar dia percaya kepada saya. padahal dia sudah tinggal bersama saya 1 bulan saya beli dari umur 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua burung hantu (dan jenis BOP lain) dasarnya keras kepala mas. :)
      kami sekeluarga (saya dan semua keluarga saya pecinta bop dan kami memelihara banyak BOP, hanya saya saja yang memelihara owl) sudah paham betul dengan tabiat burung bop dan burung hantu. kalau hanya sebulan, masih kurang. adik saya sudah 8 bulan ini handle cg, tapi sampai sekarang dia masih diserang sama cg peliharaannya. pernah dijahit juga sudut matanya karena dicakar sampe robek, alhamdulillah masih selamat.....

      intinya cuma 1: sabar. jangan nyerah. silakan mas baca cara menjinakkan burung hantu. :)

      jangan nyerah mas... :)

      Delete
    2. dok apa guna priwitan pada pelatihan burung hantu

      Delete
    3. jujur saja, samai saat inipun saya kurang begitu tahu apa gunanya. hehehe. katanya , ada yang bilang kalo frekwensi priwitan bisa dikenali BOP dan burung hantu sebagai 'nada panggil', tapi gak juga tuh. kalau si BOP dan burung hantu tidak terbiasa dengan priwitan ya sama aja boong... gak dikenali juga... :)
      secara insting, BOP dan burung hantu biasanya mengenali suara partnernya meski tanpa priwitan (hanya dengan menggunakan panggilan seperti sini, ayo terbang, dan sebagainya...) si errol juga gitu...

      Delete
    4. dedanya kasih makan di tangan saya sama di tenggeran bedanya ada dok ?
      kan tips pertama ngelatih burung hantu kasih makan di tangan tapi di tenggeran boleh gak dok

      salam migle (celepuk)

      Delete
    5. kalau mas suapin, dia jadi lebih kenal mas.
      kalau sedang dilatih memang lebih baik di tenggeran, tapi untuk proses manning (penjinakkan) lebih baik disuapi.
      jangan lupa ajak ngobrol juga. silakan baca cara menjinakkan burung hantu... :)

      Delete
    6. dok burung hantu saya nurutnya sama tenggerannya bukan sama tangan saya kok bisa gitu dok.itu kenapa dok ada di lagi masa pengenalan
      karena dia nurut sama kandang saya lepas dari kejauhan 2 meter dia pulang eh tiba tiba dia seperti punya suara baru padahal umur dia masih 3 bulan suaranya kayak kuntilanak gitu dok itu kenapa lagi dok burung hantu saya

      Delete
    7. 1. burung hantu kadang tidak percaya kepada pemilik barunya. sebabnya bisa macam2. coba mas sering2 ajak ngobrol. selengkapnya, mas bisa baca artikel cara menjinakkan burung hantu...
      2. yah, memang banyak yang mengidentikkan burung hantu itu temennya kuntilanak, katanya. tapi itu sebenernya balik lagi ke kitanya. contohnya begini mas: kalau mas melihat suatu rumah yang mas tahu rumah itu gak ada hantunya, lalu mas bilang ke orang2 kalau rumah itu ada hantunya hingga banyak org percaya kalau rumah itu memang angker, maka pasti nantinya rumah itu beneran ada hantunya. :)
      nah, sekarang mas menganggap bahwa burung hantu itu 'ditemani' ama hantu gak? :)
      saya bertahun2 pelihara burung hantu, selama ini aman2. aja.... :)

      Delete
  59. Salam juga dari owlee mbak :)
    Saya mungkin orang nya ga sabaran tpi saya udah baca artikel dokter yg ttg melatih burung hantu, yg saya tanyakan lagi dari fase fof ke jttf berapa lama ya dok dan gmna saya tau si owlee udah bisa jttf? Heheh
    Trus juga si owlee kalo telat dikasih makan lari dari perch nya ke depan pintu rumah. Tpi kalo di sodorin makan buat jttf dari perch nya malah diliatin aja.. Saran ya dok :)

    Gmna kabar errol dan padma?
    Padma jenis apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau owlee udah bisa lancar FOF, bisa mulai JTTF dengan jarak yang terus ditambah.... misalnya pertama lakukan dalam jarak 5cm. kalau udah bisa dari jarak 5cmm, tambah jadi 10cm. terus menerus hingga dia bisa jttf dengan jarak 2 meter... harus sabar sih. yah, namanya juga burung hantu. hehehe...
      lari dari perchnya maksudnya? kabur gitu? :)
      lebih banyak interaksi dengan owlee lagi. ajak ngobrol karena sepertunya owlee masih belum percaya kepada mbak. yang penting sabar, itu kuncinya....
      alhamdulillah, 22nya sehat. kemarin ini errol sakit, padma nemenin dia sambil ngobrol berdua. padma sama seperti errol, barn owl.... sekarang keduanya lagi temenin saya di klinik sambil tidur di perchnya... :)

      Delete
  60. dok kan barn owl sebaiknya dikasih daging sapi yg masih segar, nah itu kalo di alam liar yg makan daging gimana, emangnya makanan alaminya daging sapi ?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya banyak menerima pertanyaan macam ini mas. hehehe.
      dan akan saya jawab (lagi)
      di alam, barn owl memang tidak memakan daging sapi. tapi secara struktur, daging sapi cocok dengan sistem pencernaan barn owl.
      yah, kalau mas sanggup membeli tikus putih tiap kali si barn owl mau makan, itu lebih bagus. saya juga kasih makan si errol ama padma dengan tikus putih. makanya saya menganggarkan lebih dari 3jt untuk makannya aja hanya untuk si errol. :)
      sudah jelas?

      Delete
  61. Dok fira, sya punya bay owl, usianya 2 minggu. Namanya baby. Dia mau nanya ni.
    @baby: dok, kira2 saya bisa training di umur brpa ya??

    ReplyDelete
  62. Dok fira, sya punya bay owl, usianya 2 minggu. Namanya baby. Dia mau nanya ni.
    @baby: dok, kira2 saya bisa training di umur brpa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu masih umur 2 minggu, minta aja ownermu untuk handsfeed terus, ya baby.
      trainingnya nanti aja kalau bulu kapasmu sudah mulai tumbuh.... :D

      sehat selalu baby... :D

      Delete
  63. Klo handsfeed itu aku harus berdiri di atas tangan kiri partner sya trus di suap pake tangan kanan kyk feed on fist gitu, atau aku di dalam kardus aja ka?? Oy, partnerku minta alamat fb, tanpa mengurangi rasa hormat, klo boleh kaka Fira..

    Warm regards,
    baby Kiel

    ReplyDelete
  64. Klo handsfeed itu aku harus berdiri di atas tangan kiri partner sya trus di suap pake tangan kanan kyk feed on fist gitu, atau aku di dalam kardus aja ka?? Oy, partnerku minta alamat fb, tanpa mengurangi rasa hormat, klo boleh kaka Fira..

    Warm regards,
    baby Kiel

    ReplyDelete
    Replies
    1. handsfeed boleh di dlam kardusnya, di perch (tangkringan), atau di tangan.... mas bisa baca cara membuat perch di blog ini, silakan search di bagian cari artikel... :)

      Delete
  65. Mba saya punya celepuk umurnya kira-kira 3/4 bulan saya biasa panggil dia ol kalau nama aslinya LOL soalnya entah kenapa kalau di pegang bawaanya pingin ketawa mulu :D yang mau saya tanyakan itu kenapa si ol belakangan ini kalau di kasih jangkrik suka mundur2 gitu itu kira2 kenapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya dia gak begitu mas? :D
      owl tuh pintar baca pikiran kita tau mas. mereka bisa tahu apa yang kita rasain. si errol, burung hantu barn owl milik saya, kadang ngedip kalau saya lagi cerita ama dia. mereka lebih cerdas dari BOP jenis lain...

      mas kali diam-diam pengen dia nurut 100% ya? bener? soalnya dulu juga waktu si errol belum jinak, saya pengen banget dia jadi nurut 100%, akhirnya dia jadi mundur2 gitu. sama kayak si LOL. gak usah menuntut mereka untuk nurut 100%. mereka bukan kucing, hehehe.... jadiin aja mereka sebagai partner... :)

      Delete
    2. ohh gitu,jadi solusinya gimana? nafsu makannya juga agak berkurang apa gara2 saya kasih jangkrik terus tiap hari?

      Delete
    3. kalau celepuk memang makanannya jangkrik aja. tapi mas bisa coba kasih bayi tikus putih.... taruh aja si LOL ama bayi tikus putihnya di kardus yang agak besar, tutup, dan tinggalkan saja. nanti dimakan kok ama si LOL... :)
      Jangan diliatin...

      Delete
  66. dok.. saya punya barn owl.. waktu dikarantina sebaiknya tali dilepas atau dipasang? saya punya kamar kosong tapi gaada pintunya. apakah owl saya nanti kabur atau engga dok? trus kalo siang kamar kosong nya jadi terang kena sinar matahari. itu gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sih taruh di ruangan kosong yang ada pintunya, tidak usah diikat.
      kalau toh misalnya tidak ada, pake dus yang besar (bekas kulkas atau bekas tv) boleh aja di taruh di dalamnya, pasangin tangkringan di dalam kardusnya. taruh di ruangan sepi (jangan ada suara gaduh).... :)

      Delete
  67. dokter. klo melihara burung celepuk baiknya yg usia berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara memelihara celepuk. di sana ada jawabannya... :)

      Delete
  68. oh iya dok..
    b.o saya sudah saya karantina sampai 3 hari. trus saya taruh di perch sudah 2 hari. tpi knapa saya dekati masih defend ya? pdahal saya taruh di lengan ya anteng aja. pdahal makannya lahap. saya latih biar bisa kembali ke perch di sudah bisa, dngan jarak 2 meter. tpi knapa masih defend ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau didiamkan selama 3 hari itu hanya adaptasi saja mas. kalau masih defends, jelas masih defends soalnya kan dia belum dijinakkan. perlu penjinakkan lagi. silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu.... :)

      Delete
  69. dok, aku kan beli celepuk umur 1 bulan dua hari lalu dan sore td kan sepertinya tidur dan aku juga ikut tidur dok dan bngun jam 6 magrib dan adik ku datang dan di elusnya ga sampe 1 menit jatuh dia seperti kehilngan keseimbngn dan kesian rasanya kepalanya patah dan rasa kehilngan gitu dan, knp ya foktor penyebab tidak keseimbngn itu dia jatuh? Dan aku bingung nih dok baik beli yg berapa bulan burhannya takutnya gitu lgi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang burung hantu memang kayak gitu. mas bisa baca artikel saya cara mengobati burung hantu lumpuh.... cari di bagian cari artikel

      Delete
  70. Dok, saya ada sedikit problem dok. sepertinya saya salah strategi, jadinya si lyze kelewat manja, ga bisa makan sendiri tanpa di suapin. Pernah saya tinggal pergi seharian, sebelum pergi saya taruh jangkrik di lantai beberapa elpr. kakinya sudah saya lepas, jadi ga bisa kabur. sore saya pulang jangkriknya ga disentuh sama sekali.. gimana ya dok ngatasin problem ini?
    fyi, lyze udah jinak, dia mau loncat ke tangan saya kalau waktunya makan.

    as always, thank you so much dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gak apa2.... masih bisa diasah instingnya... dulu juga si errol sempet over-tamed kayak gitu, jadi gak bisa makan tanpa disuapi. cara menanganinya gampang: sering2 dikasih pakan hidup yang keliatannya gak berdaya dan lemah. misalnya bayi tikus.

      sudah insting burung hantu dan bop lain bahwa mereka ingin jadi yang terkuat di areanya. makanya burung hantu tuh gak bisa dilatih dengan cara kasar atau sering dibentak, malah jadinya stress nantinya. coba cari aja bayi tikus yang belum ada bulunya atau mas bisa juga beli bayi tikus putih. sediakan box/kardus yang agak besar, masukkan bayi tikus putihnya ke dalam box bersama si lyze, kemudian tutup. biarkan aja selama beberapa menit. boleh mas tungguin asalkan jangan berisik... nanti si lyze makan sendiri... :)

      sudah ada peningkatan kok si lyze kalau memang dia mau jump to the fist (loncat ke tangan)..... tinggal lanjutkan latihannya... :)

      Delete
    2. Dok, udah 4 jam lyze saya kurung dlm kardus sama tikus putih yg masih kecil, ga dimakan2 dok..lyze nya juga mode defense terus, ketakutan gitu :|

      Delete
    3. terlalu besar kali tikusnya, mas. hihihihi...
      kalau mas lukai dulu tikusnya, tega gak? pakai pisau, agak dilukai sedikit hingga keluar darahnya, lalu taro di box. jangan diliatin. tingggal aja di lyze dengan tikusnya di dalam box, biarin 30 menit...

      atau mas bisa coba pakai bayi tikus yang benar2 masih kecil... :)

      Delete
    4. Masih ga berhasil dok, barusan saya kasih bayi tikus putih yg masih pink, keciil bgt, tetep aja kabur lyze nya --" *sigh*

      Delete
    5. didiamkan 30 menit di dalam box bareng ama bayi tikusnya?
      coba lagi ntar malem... :)

      jangan nyerah mas, dulu errol lebih penakut dari lyze kok... :)

      Delete
    6. Iya dok, saya taro kardus gede sama bayi tikusnya. Nanti malem saya coba lagi deh, khawatir saya anak tikusnya ga bertahan sampe malem, masih menyusui soalnya kan

      Delete
    7. coba lagi aja... :)
      kalau malam biasanya burung hantu lebih 'garang' :D

      Delete
  71. Dok biar owl g stres waktu dbwah kluar kota gmn ya crx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga agar selama perjalanan tidak terlalu panas (jangan ditaruh di bagasi)
      bisa ditaruh di dalam box yang agak besar
      hindari guncangan yang terlalu keras
      dan berikan makan dan minum secara teratur....

      kalau bisa, istirahat beberapa saat setelah beberapa lama berkendara.... misalnya, di tengah perjalanan istirahat dulu selama 45 menit - 1 jam.... :)

      Delete
  72. Dok,
    Waktu ngelakuin jttf dan fttf itu dilakukan di outdoor apa di indoor? Apa perlu di gunakan equipment saat training agar tdk kabur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih lebih seneng ngelakuinnya indoor, tanpa equipt, agar dia lebih percaya kepada kita... :)

      Delete
  73. Permisi dok, apa pd periode FOF hingga FTTF burung hantu msh perlu diikat? kmudian berapa lama masing" tahap tsb dilakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan diikat/dipasangi lease. agar tidak kabur, latihnya di ruangan tertutup aja.
      soalnya kalau diikat, dia malah gak percaya dengan mas... dengan tidak diikat, dia tahu ownernya percaya kepada dia, dan itu membuat si bop/burung hantu menjadi lebih mudah dilatih,,,

      Delete
    2. oh gtu.. lalu ap smua step diatas berlaku utk smua usia celepuk dok? soalny saya bru dpt udh dewasa..

      Delete
    3. iya, untuk semua usia....
      mas udah pernah pelihara celepuk sebelumnya? soalnya kalau udah dewasa, agak susah buat dijinakkan. bisa, tapi agak lama. yang penting, masnya gak patah semangat... :)

      Delete
    4. saya bru belajar dok hehe.. itu celepuk jg cmn dikasih :D lg seneng"nya FOF, tp msh pke equipment.. takut bgt kabur, rumah sy luas tanpa plafon.. jdi mski sy melatih di satu kamar ttep bisa terbang ke ruang lain lewat atas dinding :D

      Delete
    5. oh iya. lanjutkan saja latihannya mas. :)
      jangan lupa baca2 artikel saya mengenai owl di blog ini.

      bisa saya tau bentuk dan warna fesesnya? saya tunggu... :)

      Delete
    6. bentuk dan warna feses? sprtiny normal aja dok, gk ada tanda" dia sakit dsb.. msh lahap makan& hyperaktif :D ya smga dia bner" sehat

      Delete
    7. amiin. :)
      jaga kesehatannya ya mas. jangan lupa latih. :)

      hindari dari asap, asap apapun itu. salahsatu kenalan saya mati owlnya karena kena asap bakaran sampah... :(

      Delete
    8. aduh sayang bgt.. klo disini insyaallah aman dok, hehe.. cmn kadang kalo angin kencang debunya wuhh dahsyat

      Delete
  74. salam drh fira,
    saya mau tanya, penyebab kematian barn owl saya bulbul menurut dokter apa.
    bulbul saya pelihara dari umur 2 minggu sampai 2 bulan, sangat jinak. bulu kapasnya sudah hilang dan sudah mau terbang jarak 1.5m
    awal sakitnya tetangga sebelah bakar sampah sehingga asap nya mengganggu. itu sudah makan korban love bird pastel hijau saya jadi tewas.
    bulbul mau makan tikus putih jenis rat. tapi tidak dicerna seperti biasa, masih belum jadi pelet seperti biasa. itu makanan malam terakhir dia. pagi nya dia tidur doang. sore saya mau beri tikus putih dia ndak mau makan. badannya panas dan menggigil. saya beri tempra 0.25ml (saya beri tempra penurun panas anak karena beberapa hari sebelumnya kucing persia saya juga panas, saya beri obat itu sembuh, buat bulbul lebih sedikit daripada si kucing) lalu saya biarkan dia di kandang nya. kandang nya seperti rumah, dengan teras ada kayu tenggeran. tinggi rumahnya satu meter dari tanah.
    bukan partner lagi bulbul saya anggap anak. waktu dia menghembuskan nafas terakhir, di pelukan saya. sedih nya saya.
    hampir tengah malam saya cek kondisinya dan berniat memberi tikus putih, seperti biasa, dia makan sehari 3x pagi, sore, malam. saya ambil dia dari rumahnya, dia kejang. dia merentangkan sayap seakan mau terbang terus namun tenaganya kecil. saya beri seperempat vitamin b komplek ipi. selang beberapa menit saya beri cacahan daging ayam kampung, dia ndak mampu menelan. selang beberapa menit, dia mengeluarkan suara keras. dan itu berulang dua kali. kemudian detak nafasnya berhenti.
    kenapa ya dok?
    bulbul sangat jinak. saya selalu memperhatikan saat dia makan tikus putih. terakhir dia sudah bisa mencabik-cabik tikus putih dengan paruhnya makan bagian kaki demi kaki dan baru menelan keseluruhan tikus. bulu kapas sudah tinggal di leher. sangat membanggakan. beberapa teman dan saudara sudah foto bersama dengan bulbul di pundak mereka.
    saya sangat sedih. jujur. dan saya penasaran penyebabnya.
    bisa tolong dibantu penjelasannya dok?
    makasih sebelumnya.

    papa bulbul

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih. errol pernah juga ngalamin hal serupa, kena residu asap. dari ciri2 yang mas kasih, kayaknya iya. mirip waktu errol kena residu asap rokok dulu. sempet koma beberapa hari, namun alhamdulillah masih bisa terselamatkan.

      sebaiknya kandang/perch burung hantu ada di dalam ruangan, mas. indoor. kalau toh mau diajak main outdoor, sebaiknya cek dulu....

      saya ikut sedih.... :(

      Delete
    2. residu asap ya dok..
      errol pernah mengalami tho.. syukur selamat ya dok..

      makasih buat penjelasannya dan perhatiannya dok..

      Tadi pagi sudah dikubur si bulbul di pekarangan rumah.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.