Cara Melatih Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa tahap atau tahapan dalam

cara melatih burung hantu

Burung hantu adalah jenis burung pemburu (bird of prey, BOP) yang aktif di malam hari (nocturnal). Burung ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung hantu karena unik dan memiliki bentuk tubuh yang beraneka.
Setelah mengetahui cara memelihara burung hantu, cara berikutnya adalah mengetahui cara melatih burung hantu. Cara melatih burung hantu harus diketahui oleh para pecinta burung hantu agar burung hantu miliknya tidak manja dan melatih insting berburunya agar tidak hilang. Dan berikut adalah cara training burung hantu.
  • Sebaiknya, perkenalkan diri anda ke burung hantu yang akan dilatih. Perkenalan dengan burung hantu dilakukan dengan FOF alias "feed on fist".
  • melatih burung hantu FOF atau feed on fist
    Melatih burung hantu FOF atau feed on fist
    Image taken from sciencedaily.com
    Training FOF atau "feed on fist" bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan dengan tangan (handsfeed). Taruh burung hantu yang dilatih di tangan anda, kemudian sodorkan makanan ke arahnya sampai ia menyambar pakan tersebut. Lakukan training terus menerus sambil menatap mata burung hantu anda dan mengajaknya ngobrol hingga burung hantu tidak lagi ketakutan dengan diri anda saat diberi makan atau tidak lagi sungkan saat ditenggerkan di lengan anda.
  • Cara melatih burung hantu yang kedua adalah JTTF alias "jump to the fist".
  • Melatih burung hantu JTTF atau jump to the fist
    Melatih burung hantu JTTF atau jump to the fist
    Image taken from jpjweblog.blogspot.com 
    Langkah ini bisa dilakukan dengan menaruh burung hantu di tempat yang agak tinggi seperti diatas meja atau di senderan kursi, kemudian anda menaruh pakan di tangan anda atau di lengan anda. Biarkan hingga si burung hantu melompat ke tangan anda, dan ulangi langi lagi hingga latihan JTTF ini benar-benar dikuasai burung hantu anda. Jika langkah kedua dalam melatih burung hantu ini sudah berhasil dan burung hantu tidak lagi sungkan untuk menghampiri pakannya, anda bisa lanjutkan ke cara melatih burung hantu yang ketiga.
  • Cara melatih burung hantu yang kedua adalah FTTF alias "fly to the fist".
  • Setelah langkah kedua dalam melatih burung hantu berhasil dilakukan dan burung hantu tidak lagi sungkan atau takut untuk melompat dan memakan makanannya, langkah ketiga untuk melatih burung hantu adalah FTTF atau "fly to the fist".
    Melatih burung hantu FTTF atau jump to the fist
    Melatih burung hantu FTTF atau jump to the fist
    Image taken from hawk-conservancy.org 
    Taruh atau tenggerkan burung hantu anda di tempat yang agak tinggi seperti senderan kursi atau meja, lalu buat jarak kira-kira satu setengah meter dari tempat burung hantu tersebut. Taruh makanan burung hantu di telapak tangan anda dan tunjukkan kepada burung hantu tersebut, tunggu hingga burung hantu tersebut terbang ke arah anda, hinggap di tangan anda, dan menyambar makanan di tangan anda. Lakukan hal tersebut terus menerus hingga burung hantu tersebut terbiasa. Kemudian ulangi hal diatas dengan jarak yang lebih jauh, 2,5 meter atau 3,5 meter, dan lakukan terus hingga burung hantu tersebut tidak sungkan dan tidak takut lagi. Ulangi langkah tersebut terus menerus dengan jarak yang terus bertambah hingga akhirnya burung hantu anda bisa nyaman dan percaya dengan anda.
  • Langkah keempat atau langkah terakhir dalam melatih burung hantu adalah FF atau "free flight".
  • Melatih burung hantu FF atau free flight
    Melatih burung hantu FF atau free flight
    Image taken from talon-falconry.co.uk 
    Burung hantu yang dilatih free flight haruslah benar-benar telah melewati 2 latihan burung hantu sebelumnya dan sudah sangat percaya pada ownernya. Burung hantu yang dilatih free flight sudah menganggap pemiliknya sebagai sahabat, sebagai partner, bukan sebagai pemilik, bukan sebagai owner. Latihan free flight bisa dilakukan di lapangan luas. Anda bisa mengajak teman untuk latihan ini. Caranya latihan free flight untuk burung hantu adalah dengan menempatkan burung hantu di ujung lapangan dan anda berdiri di ujung lain dalam jarak kira-kira 30 meter. Panggil burung hantu anda dengan menggunakan peluit atau dipanggil namanya, bisa juga dipancing dengan makanan kesukaan. Jika burung hantu anda terbang menghampiri anda, berarti latihan free flight ini berhasil dilakukan. Sekilas, latihan free flight memang mirip latihan burung hantu yang sebelumnya, yaitu flight to the fist. Bedanya latihan free flight dan latihan fly to the fist pada burung hantu adalah jarak dan tingkat kepatuhan burung hantu tersebut. Makanya, penting untuk melakukan latihan fly to the fist dulu sebelum latihan free flight dilakukan.
Demikian adalah jenis-jenis

cara melatih burung hantu

Inti dari empat poin cara melatih burung hantu tersebut adalah membuat burung hantu anda percaya sepenuhnya kepada anda sebagai partner, sebagai teman, bukan sebagai pemilik ataupun ancaman. Saran, kritik, serta komentar bisa anda ajukan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

485 Responses to "Cara Melatih Burung Hantu"

  1. Malam drh fira,, saya baru saja adopt barn owl 3 hari lalu,, beli sepasang, buk2 dan alay, agar tidak jomblo ketika besar nnti,, hehehhe,, sebenernya agar tidak stress karrna saya pemula, tp sbelum mulai adopt saya baca2 dlu kok artikel drh fira., tp saya blm praktekan sexing seperti artikel di blog ini,, kita masuk ke masalah utama,, si buk2 nampaknya sudah sekitar 3 bulan karena bulu batang tengahnya agak keras dan alay nampaknya masih 2 bulan lah,, si buk2 seperti pelupa ya,, terkadang jinak kadang mode defense,, si alay masih blm jinak,, masih mode defense mulu,, klo saya satukan mereka si buk2 seakan melindungi alay,, tp sebenernya saya tau, si buk2 itu sudah tidak terlalu khawatir sama keberadaan saya,, nah klo daya mendekat nampaknya akibat pengaruh alay si buk2 ikut2an mendesis,, pertanyaannya apakah saya harus memisahkan mereka? Klo di pisahkan saya takut si alay atau buk2 stress,, sekedar info,, mereka sangat pintar,, saya pisahkan mereka, si alay di dalam kamar mandi tidak terpakai,, tapi suhu dan sirkulasi dan cahaya matahari saya jamin lah,, aman,, si buk2 di depan pintu kamar mandi,, eeehhh si buk2 bukain pintu kmr mandi,, dan si alay kluar,, kren menurut saya,, tp si buk2 jd lupa mulu sama saya,, help dok.. Thx
    Makan lancar,, minum blm tau lancar atau tidak
    Kondisi fit, dan bawel di malam hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih bukbuk dan alay udah saling imprit. itu malah bagus. :)
      kalau menurut saya sih gak usah dipisahkan... biarkan aja... :)
      selain itu kayaknya sehat. salam nih dari padma dan errol....

      silakan baca2 artikel mengenai owl di blog ini.... :D

      Delete
  2. dok kalau burung hantu barn owl brancher emang sering lompat turun dari perch ya ? cara agar bisa anteng diperchnya gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kayak bayi manusia yang masih balita, owl yang berusia brancher sedang kepo dengan lingkungannya mas. makin tua biasanya owl makin kalem, makin sedikit gerak. kalau masih brancher emang lagi pecicilannya.... :D
      biarin aja dia mau turun dari perchnya kek, mau gimana kek, asalkan gak ngebahayain dianya, gak apa2. cukup diawasi aja kali ya. oh ya, sering2 diajak main mas. soalnya dia lagi cepet ngenalin masternya. kasih makan pakai tangan, jaga kebersihan dia... :)
      cara agar dia anteng di perchnya? kayaknya susah. kalaupun bisa, saya takutnya malah bikin dia stress. :)

      Delete
  3. Dok si koko (celepuk) bisa ga berburu sendiri trus balik lg kayak si errol ? gimana ngelatih biar dia bisa tau rumah dok ?

    ReplyDelete
  4. Dok..burhan sya slm ini sudh mkan diatas glove.tp ketika sy mncoba ke tahap JTTF,dgn jarak berkisar 30-60cm,knp cm dilihatin sja ya dok?
    sudh sy panggil nama,mnggunakan pluit tp tidk ada respon.
    mohon solusinya dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lansung jarak 30 senti. 10 cm aja dlu. dan lakukan saat dia sedang lapar. jangan udah kenyang. :)
      lakukan terus jttf dalam jarak 10 senti selama 1 atau 2 minggu, setelah itu tambah jaraknya 10 senti lagi (jadi 20 cm). lakukan lagi selama 1 minggu... gitu terus.. :)

      Delete
  5. dok saya mau tny celepuk saya klo saya kasih djari saya trz aku elus" kpala ny dy biasa ny bunyi 1 sampai 3 kali ,, itu knapa ya dok??

    ReplyDelete
  6. Dok saya mau nanya, 2 hari belakangan ini responnya Conan kok menurun ya :( kalo dipanggil namanya sering gak fokus. Mau fttf asal ada umpannya, padahal sebelumnya gak ada-pun dia mau, itu karena faktor apa ya dok? terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas agak kurang berinteraksi ya sama dia? kadang kalau kurang manning kayak gitu. perlu sering diajak main lagi dianya.... manning lagi...

      tebakan saya, mas gak sering ajak ngobrol dia ya? bener? :)

      Delete
  7. Aku sering ajak Conan ngobrol dok, tiap malem aku sempatin kasih dia makan sambil ajak main Conan (skill udah ff) , habis makan & latihan saya sempatin juga manning time sama dia, aku ajak ngobrol aku elus2, apa gara2 dia sering di isengin ya dok? soalnya temen2 saya sering iseng manggil2 Conan, dia juga awal2 ramah sama semua orang. dan sekarang selain sama aku, Conan pasang mode deffens. Itu gimana ngatasinnya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. ngerti sekarang saya. mungkin conan emang udah imprint sama mas. silakan baca artikel saya imprint pada burung hantu....

      kalau dilatih terus, bisa kayak errol nanti mas. awalnya dulu dia yang jaga kamar saya, kalau ada orang lain yang masuk, diserang ama dia, heheheh. tapi itu dulu, awal2 dia imprint... :)

      mungkin nanti conan jg kayak gitu.

      Delete
  8. Salam dok.
    Saya baru pelihara barn owl dok. Baru saya beri nama oscar.oscar yg saya beli hasil tangkapan liar udah juve dok. Udah seminggu nyampe ruma dok.Tp dia udah gak batting sma sya dok.
    Cuma kendala yg saya alami. Si oscar susah makan dok. Yg saya lakuin nyuapin potongan daging bayi tikus putih. Itu pun saya paksa untuk buka paruhnya dok. Maap dok. Karna saya kasian dia gak makan. Awal nya saya pancing dlu tetesin air keparuhnya kalo oscar jilatin air mnumnya baru saya kasih makanannya dok. Oscar sudah saya kasih equipt dan dia sudah tenang kalo di crench nya tp kalo dia saya tarok dilantai dia berusaha terbang jauh dok. Terkadang saya kasian dok. Cuma saya gak mau dia stress jadi terkadang dia juga saya bawa outdoor.

    Yg jadi pertanyaan saya:
    - apakah mgkin oscar sakit atou krna stress atou mgkin dia kena penyakit dok?
    - apakah perlakuan saya ini wajar dok. ?
    - jenis makanan apa yg buat nafsu makannya normal lagi dok?
    Terima kasih mohon jawabannya ya dok. Salam dri oscar

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum dan salam persahabatan dari malaysia buat doctor dan semua warga indonesia. saya ada barn owl berumur satu bulan lebih. saya nak tanya doc adakah elok jika si Albab ini terlalu manja sampai daging perlu di potong halus baru dia mahu makan. characternya agak pemalu tapi tidak takut orang. makan berselera tapi tak mahu berdiri di perch. mintak pandangan doc.

    ReplyDelete
  10. Dokter dokter, ini kok si Tito (barn owl) kok saya ngeluarin kotorannya ada titik minyaknya gitu ya dok? Untuk warnanya sih putih ada hitamnya gitu dan agak encer seperti biasanya cuma qo ini ada titik2 minyaknya ya dok? Aduh ini kenapa ya si Tito? Urusan makannya sih masih rakus banget dok, masih brancher aja sekali makan 6 ekor DOQ dok,

    Dan 1 lagi dok soal cara trainingnya, si Tito kok bandel banget ya dok gamau naik ketangan saya mulu, padahal setiap makan saya pake metode FOF mulu, tapi naiknya ke glove harus diangkat kukunya sampe dia nyengkram trus saya angkat sampe dia naik, mohon responnya dong dokterdokter,

    ReplyDelete
  11. Dokter dokter tolong dong masukannya, Barn Owl saya a.k.a Tito qo kotorannya ada minyaknya dok? Untuk warnanya sih seperti biasanya dia buang kotoran dok putih ada hitamnya dan agak encer gitu, aduh ini kenapa ya dok? Saya kedokter hewan sekitar rumah saya pada ngga mau terima unggas, haduh makin panik nih saya dok,

    ReplyDelete
  12. Dok bay owl saya kok mati mendadak, padahal kemarin malam sehat-sehat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab.
      diantaranya, sekarang emang lagi pancaroba. banyak owl mati karena ini. perubahan suhu jadi biang kerok utamanya.

      mas yakin dia gak makan yang aneh2? gak ada tanda2 sebelumnya?

      Delete
  13. Dok bay owl saya kok mati mendadak, padahal kemarin malam sehat-sehat aja.

    ReplyDelete
  14. Dok saya mau nanya celepuk saya kehilangan insting berburunya dia cuman mau makan di suapin jadi ga bisa dilatih jttf gimana yah sarannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jangan disuapin.
      bagusnya, agar insting berburunya tajem, kasih bayi tikus putih (yang benar2 belum ada bulunya dan matanya masih merem) taruh aja deket kakinya, terus tinggalin (jangan diliatin)....

      Delete
  15. Halo dok, apa kabar?

    dokter, saya mau bertanya untuk bubo saya lagi..

    dok, di artikel atas FOF bisa disamakan dg handsfeed ya dok?
    sy sempet baca artikel lain katanya FOF adalah makan di glove..

    Yg ingin saya tanyakan dok,
    1. bubo sudah sering bgt dan mau naik ke tgn saya klo disodorin tgn saya, dan sdh mau makan disuapin dg tgn kanan saya ketika bertengger di tangan kiri saya, tetapi dia tidak pernah mau makan di glove (ada yg menyebutkan fof addalah bila, tibditsnya dijepit di glove lalu owlnya mau makan di glove)

    2. apakah dg kondisi no 1 di atas bubo sdh lulus FOF dan bisa naik tahap berikutnya Jttf? ( Suda beberapa kali saya coba tapi gagal trus…saya sempet mengurang porsi makannya sepertiga dr biasanya, tp diaa tetap adem ayem aja alias ga respon ketika mau dijttf. Tapi akibatnya ketika dikurangi porsinya dia agak2 jd galak, sbntar naik turun perch seruduk sana sini.

    3. bolehkah dok untuk spy dia makin bisa respon jttf, sya rubah dari yg biasa dia makan 2x jd 1x saja? dan 1x saya kurangi juga porsinya..?

    4. knp ya dok dia sll hobi gigitin tali leashnya? pdh dia sdh lama dg ankjes dan leash…kmrin baru putus 1…

    5. bahan apa baiknya talinya ya dok? kmrin putus dari bahan tali sepatu…dari bahan tali jemuran jg pernah putus

    mohon prtunjuknya yah dok

    tks sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. kabar baik. owlnya gimana?
      1. sebenernya, fof itu asalkan owlnya mau makan sambil berdiri diatas glove, menurut saya itu masih dikatakan fof. :)
      2. kalau si owl sudah sangat anteng saat makan sambil berdiri di atas glove, mas bisa agak jauhkan makanannya. usahakan agar dia mau mendekati tidbitsnya.
      emang, bagi owl yang instingnya agak kurang tajam, agak susah untuk mengajari opening JTTF ini. mungkin mas bisa kasih bayi tikus yang masih merah biar instingnya tumbuh. :)
      3. hmm, kalau emang gak membahayakan, mas bisa aja kurangi porsi makannya. tapi menurut pendapat saya sih gak ngaruh kalau instingnya gak mas asah. caranya tadi di poin 2. :)
      4. owl yang suka gigitin lease-nya biasanya karena masih gak biasa. emang perlu dibiasakan, tapi jangan dipaksakan juga... :)
      5. mending yang khusus buat bop aja, mas. ada kok yang jual. pake tali sepatu? bisa aja asalkan jangan yang terlalu tebal... :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Halo dok,
      1. saya sudah coba jauhkan potongan makanannnya (lele) tp dia cuma mengikuti dan melihat tibdits tsb sambil saya lihat paruhnya ngunyah2 sperti pengen tp dia diem aja ga ambil..

      oh ya klo pas dia lg tengger di glove, klo liat perchnya dia lgs lompat balik ke perchnya dok…

      trus saya lihat sih dia seperti masih ingin kabur ( tali leash digigitin, trus klo saya lihat tatapan matanya galak, bunyi pletok2 trus, trus kdg2 berusaha mundur2 atau berusaha matuk saya tp kadang aja….tapi klo dia uda dipegang kepalanya dia diem nurut mau dielus2 kdg2 bunyi "ekekekek (bunyinya manja gitu)"
      sy jd bingeing …oh ya dia masi bracher akhir dok.

      2.dok, klo kadang2 saya pake glove kadang gak itu ngaruh gak dok ke training and manning (soalnya ada yg bilang si owl bs terprogram, klo liat glove dipakai maka lama2 dia mengerti itu waktunya makan)?
      ( tanpa glove saya ga merasakan sakit , dan saya ga masalah)( apakah bila tanpa glove bisa mempercepat proses penjinakkan)

      saya setiap hari hampir menghabiskan waktu 2 jam dg bubo, klo sabtu malah bisa dari pagi jam 8 smp jam 1 siang.

      3. iya dok equip byk yg jual, tp yg jual hanya talinya saja saya blm menemukan dok, ..perlengkapan lain saya dah pakaikan dok termasuk bell

      4. dok klo di bandung mungkin dokter tahu yang menjual bayi pinkies tikus putih?

      tks dok,
      oh ya just info, bubo bersama saya baru 16 hari ( dia sdh dikarantina 2-3 hari pertama)

      terimakasih dokter

      Delete
    3. oh ya dok apakah klo owl yg jinak itu selalu anteng/ kalem diem di perchnya ? soalnya bubo selalu pengennya lompat sana lterbang sana sini seperti ga betah...

      Delete
    4. saya coba jawab ya mas. nama owlnya siapa? :)
      1. oh, mas kasih lele selama ini? pantes aja.
      coba kasih selain lele, bagusnya tikus putih atau bayi tikus putih. biar instingnya tajem lagi mas, kalo dikasih lele kan darahnya gak 'setajam' darah tikus.
      sebenernya sih dia udah mulai imprint dan mencoba 'connect' ke auranya mas, tapi mungkin auranya mas aja yang kurang tajam dan mungkin (sekali lagi cuma mungkin) kurang peka dalam menerima aura dari hewan. jangan khawatir, saya juga dulu gitu. dan kalo kata ayah, jangan terlalu keras kepala kalo menghadapi owl, hehehe. cobalah sedikit sabar juga.
      memelihara owl erat kaitannya dengan menghadapi sifat buruk sendiri, mas... :)

      2. kalau emang gak membahayakan tanpa glove, mending jangan pake glove aja mas. soal anggapan bahwa owl bisa mengenali ownernya pake glove sebagai 'waktunya makan', hmm, bisa iya bisa nggak sih. hehehe. :D
      soal lamanya interaksi, sebenernya yang penting adalah seringnya, mas. bukan lamanya. gak apa2 20 atau 30 menit tiap hari, tapi rutin. kalo saya dlu saya bawa kemana2, hehehe. ampe kuliah pun saya bawa si errol yang dulu belom jinak2 amat... :D

      3. perlengkapan apa aja yang mas udah pasang? dan gimana si owl kalo pake perlengkapannya? apakah terasa nyaman? :)

      4. kalau bandung, kayaknya banyak yang jual pinkies. cari aja di facebook. :D

      5. owl yang paling jinak (atau bahkan bonding) sekalipun gak bakalan bisa diam. errol juga gitu, suka lompat sana lompat sini. bahkan kalau dia lagi sebel ama saya, dia suka sengaja ngacak2 kamar (kami bertiga sama si padma emang sekamar). sebenernya balik lagi karakter owlnya, ada yang emang kalem, ada juga yang pecicilan. setau saya sih bubo termasuk jenis owl yang kalem kalau dia udah mulai nyaman dengan masternya.....

      gitu aja. jangan lupa kasih nama owlnya. :)

      kasih saya kabar lagi...

      Delete
    5. Hallo dok..
      tks balasannya dok
      Nama Bubo saya Zico usia bracher akhir

      1. Dok, kok dokter tahu zico sdh mulai imprint atau mencoba konek ke saya?
      iya nih dok saya emang agak2 kurang sugestif …

      2. oh ya dok klo dikasi tikus putih kan dilukai dulu ya dok? pake jarum atau paku gt ya dok saya tusuk? pas kasi makannya tetap disodorin dok? darah tiput aman ga dok kena saya?

      3. iya dok seumur2 dia makan ikan, baru kmrin dpt yg jual tiput..ehmm saya kaget juga dok tiput itu ternayata kanibal..jelas2 saya liaht mereka lg makan temennya sendiri…hoek…

      4. trus digigit tiput aman gak sih dok? takut rabies …


      tks yah dok

      Delete
    6. oh ya dok…soal seringnya interaksi…yg penting sering diajak main walau cm sebentar tp tiap hari rutin..gt ya dok?
      main itu maksdnya diajak ngomong, dielus..dipeluk…gt ya dok.?

      pengen sih dok saya bawa zico jalan2 speerti dok ke errol dulu, ehmm..tp bawanya gmn ya dok…? klo ditaroh di glove dibawa2 jalan zico masi sering celingak celinguk trus ga bs diem,,,malah seringnya jd naik ke kepala saya….saya malah takut dia terbang dok , walau ada tali leashnya tp kan kasian dia ketarik saaat berusaha terbang..



      terakhir dok…bubo itu dilindungi Undang2 gak sih dok…kuatir mau taruh di teras takut ntr ada yg liat cari2 gara2 ( seperti aparat atau pecinta hewan) soalnya bbrp hari lalu sempet baca berita ada yg demo pecinta hewan anti falconry.

      Delete
    7. makasih pertanyaannya. saya coba jawab:
      1. kebetulan dulu ada yang kasusnya sama dengan mas. dulu banget, salahsatu sahabat saya yang saya 'racuni' agar mau pelihara owl juga. hehehe. kasusnya sama dengan mas kayak gini. jadi saya nebak sih kayak gitu....
      maaf sebelumnya, mas agak kurang konsentrasi ya? mudah teralihkan? bener? maaf kalo saya sok tahu... :Dok
      2. kalau tikus putihnya udah dewasa, iya dilukai dlu. tapi saran saya sih pake bayi tikus aja mas, yang masih merah (pinkies). taruh aja deket owlnya, terus tinggal, jangan diliatin. nanti dia akan makan sendiri.
      3. iya, betul. biasanya tikus yang lagi stress kayak gitu mas. rata2 hewan juga kayak gitu.... :)
      4. selama tikusnya bersih, saya kira aman. cukup cuci tangan kalau abis pegang tiput dan cuci lukanya kalau emang luka...

      maksudnya sering diajak main, iya. gak apa2 sebentar, yang penting rutin. ajak ngobrol oke, tapi ya jangan dipeluk2 juga mas, hahahaha. biasa aja kayak mas maen ama kucing. elus2, taruh di pangkuan, ajak ngobrol. gitu. :D

      kalo owlnya belum ngerti betul, mending jangan diajak jalan jauh2 dlu. kenalin dlu aja sama keluarga yang lain. bagus kalau mereka ikut elus2. :)

      setau saya sih bubo nggak dilindungi. CMIIW.

      kasih kabar terus ya mas.... keep on eye on them aja... :)

      Delete
    8. Hahaha..iya dokter bener…hhehe..apa karena itu juga ngaruh ke lama penjinakkan zico?
      tp saya baru pelihara zico sejak 15 januari 2016 lalu, apa mgkn dia langusng meniru karakter saya?

      dok klo ajak main zico dengan taruh di pangkuan gmn caranya, dia klo dipegang sayapnya atau kakinya langsung mau matuk,,,,klo kepala dielus2 baru dia mau..

      Delete
    9. teorinya, kalau dia mau mas elus2, pasti dia juga mau naik ke tangan mas atau duduk dipangkuan. bertahap aja, awal2 elus2 aja dlu. sambil terus mas 'pdkt' sama dia.... yag penting dia sehat dulu.... sekarang gimana keadaannya? maaf baru balas, saya masih di perjalanan pulang kampung... :) kabari saya lagi, sampai tujuan pasti saya balas... :)

      Delete
    10. zico keadaannya baik dok, dia klo makan selalu lahap…cuma sll harus disuapi..pernah saya tinggalin kepala ayam dan lele lalu saya tinggalin 12 jam dia ga sentuh..
      kadang dia mau naik ke tangan kadang gak ( saya ga pake glove dok krn sy rasa biar lbh cepat proses pengenalan ke sayanya)

      dok, bgmn sih detil teknis melatih jttfnya( ada yg bilang dg pancing tibditsnya klo dia ga mau makan, kita tingggalin dulu lalu 15 menit coba lg, klo ga mau juga kurangi porsi makannya dst, atau ada cara lain ga dok?)

      2. klo dilatihnya pagi atau siang bisa ga sih dok ( ada yg bilang harus malam2, katanya klo kita latih siang atau pagi sama dg manusia disuru maen sepakbola tengah malam) krn owl mahluk nocturnal.

      3. trus untuk proses manning katanya baiknya diletakkan perchnya di tmp byk org? d rumah kami cuma berdua …trus rumahnya agak sepi…bgm ya dok?

      4. berapa tinggi pech ideal dr tanah dok? zico sdh saya buatkan perch tinggi sekitar 1 meter 20 cm, dia tp sll bertengger di tmp yg lbh tinggi..

      tks dok

      Delete
    11. iya, kayaknya si zico emang moody. kadang mau sama mas, kadang gak, hihihi. wajar kok, dlu juga errol gitu.
      1. langkah pertama dalam training owl sebenernya menajamkan instingnya dlu. karena kadang kalau insting berburunya tumpul atau gak tumbuh, dia agak susah buat ditraining. coba kasih pakan hidup yang lemah, kayak bayi tikus yang masih merah. taruh aja deket kakinya, terus tinggalin. jangan diliatin. kalau dimakan sama dia, baru mas bisa coba latih FoF, jadi jangan langsung jttf. Fof dlu lancarin, baru ke jttf. got it? :)
      2. saya kira waktunya sih gak masalah, dlu saya juga ngelatih errol pagi2. emang sih lebih bagus kalau malam, tapi sebenernya waktu apapun bisa. sore hari (magrib) dan malam hari idealnya.
      3. nggak. manning bukan berarti diletakkan yang banyak orang. manning berasal dari kata 'man' (manusia), jadi tujuannya membiasakan si owl agar terbiasa dengan kehadiran manusia. dan salah kalau mas langsung naro si owl di tempat yang banyak orang, karena salah2 malah stress owlnya. pertama2 mas sering2 ajak main aja berdua, lalu kalau dia udah terbiasa sama mas, coba mas suruh keluarga yang lain ajak main si zico. minimal biarin si zico lihat manusia lain selain mas. nah kalau udah terbiasa juga, baru dah mas ajak ke gathering komunitas bop dan burung hantu di kota mas misalnya....
      jadi ada tahapannya. gak langsung ditaruh di keramaian. :)
      4. tingginya sih gak masalah, tapi bagusnya se-dada kita aja. agar dia merasa kita 'sepadan' dan 'selevel'. :)

      zico jaga kesehatan ya. cuaca lagi gak bagus buat owl, jadi lebih baik pindahkan ke ruangan yang agak hangat. kabari saya terus...

      Delete
    12. Dok terimakasih balasannya…=)

      dokter, sekarang saya tahu kenapa zico suka susah klo diminta naik ke tangan saya..
      kemarin saya coba dengan menggunakan glove lancar jaya zico langsung mau naik ke tangan saya ..saya coba berkali2 langsung mau naik
      ( seperti yg sy cerita sama dokter sebelumnya sy selama ini tdk pernah pake glove).
      Mengapa bisa begitu yah dok? dia hanya mau naik ke tangan saya bila tangan saya mengenakan glove.

      Delete
    13. coba mas sering elus2 dia... mungkin belum familiar aja ama tangan mas. butuh pembiasaan. :)

      Delete
  16. Dok gmn cara menaikkan owl yg udh mature, owl saya buffy si lucky susah buat di latih naik ke glove? Padahal sdh saya gunakan tips yg ada d internet seperti mengelus hingga si lucky menaikkan satu kaki nya trus d angkat perlahan sampai mendorong bagian kaki blng nya tetap ngak mau naik dia
    Apa ada cara lain dok agar dapat melatih lucky supaya naik ke atas glove saya dok? Padahal udh saya iming2 pakai makanan tp tetap ga mau dok.
    sebelum nya makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa kali mas main sama dia? coba sering2 ajak main. terutama ajak ngobrol. mereka bisa tau apa yang kita omongkan, cuma gak bisa balas aja.

      si lucky kayaknya emang jenis buffy berkarakter keras kepala, tapi emang rata2 buffy kayak gitu. menurut saya sih yang penting dia sehat. kalau soal dia gak mau menclok di glove, bisa terus dilatih agar dia percaya sepenuhnya sama mas.... :)

      iyap, dia masih ragu sama mas... itu sebabnya... :)

      Delete
  17. Dok saya mau bertanya tentang kasus bop saya yang sudab terjadi sejak tadi malam, kemaren saya memasang angklet swivel dll kepada bop saya. Bop saya menggigiti ankletnya dan saya anggap normal namun pas malem hari saya mengecek bop saya dan yang saya lihat adalah bop telah memakan swivel dan castlock diujungnya dan sudah cukup panjang yang telah dimakan, saya mencoba menarik swivel itu keluar namun tidak tega karna seperti tersangkut di dalam perut dan tidak mau keluar. Saya tidak tega dok untuk mengambil tindakan:( tolong responya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jelas urgent, harusnya mas langsung membawa bop yang sakit ke dokter hewan, mas. dan saya menyesal baru balas karena saat inipun saya sedang sakit, baru mendingan sekarang.... saya harap bopnya baik2 saja karena bop cenderung memuntahkan benda yang dia gak bisa cerna.... saya harap si bop memuntahkan equiptnya sekarang.... kabari saya ya mas....

      Delete
  18. Assalammuallaikum dok
    saya mau nanya, cara ngebedain celepuk jantan dan betina gmana ya ? Mohon bimbingan'a. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Dok saya ingin nanya kenapa ya bop saya belakangan ini sekitar abis maghrib dia suka tidur padahal kan jam segitu jamnya bop lagi aktif, itu kenapa ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis BOP-nya, mas. kan bop gak semuanya nocturnal (aktif di malam hari), ada juga BOp yang diurnal (aktif pada siang hari). bop mas apa?

      toh kalau misalnya bop masnya jenis nocturnal (misalnya burung hantu), kalau habis magrib biasanya emang mereka masih suka tidur. aktifnya biasanya diatas jam 10 atau jam 9 malam... :)

      Delete
  20. Siang dok..mau tanya bupy masih brancher tengah..jarak dia bisa belajar terbang berapa bulan ya dok..selama ini masih jalan aja klo saya kasih makan jarak 5 meteran..
    Cara melatih awal klo mau belajar terbang gimana ya dok..mohon petunjuk makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sebenernya ke latihan dasar burung hantu, mas. kalau si buffy sudah lancar latihan dasar burung hantu, dia akan lebih mudah diajarkan terbang. dan saya kira bagusnya buffy mas diajarkan saja langkah-langkah di artikel saya cara melatih burung hantu....

      siapa nama buffy-nya? saya tunggu kabar selanjutnya ya mas... :)

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. dok owl sy suka kaget kalo dipegang kira2 kenapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang pendekatan... coba baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu... :)

      Delete
  23. salam dari vice (celepuk) saya mau tanya kok matanya sekarang suka mejem sebelah pas aku lihat di matanya seperti ada lapisan sedikit ke abu2 an itu kenapa dan gimana mengobatinya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kirim gambarnya via chat ya mas...
      sekalian, dia suka garuk2 bagian matanya gak? :)

      saya tunggu...

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. mata burung hantu saya habis di gigit nyamuk benkak dok...sampe sekarang belum kempes...padahal suadah ada 1 bulan yg lalu...kasih saranya dong dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba oles minyak tawon, mas....
      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  26. Dok si allfie sudah mulai saya training fof kan
    Tapi koq dia ga mau makan yaaa
    Padahal kalo dkasih pakan hidup dia mau nyamber

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu ditajamkan lagi. emang begitu.
      kalau dia gak mau nyamber pas latihan FOF, coba diamkan 10 menit, kemudian coba lagi. kalau masih gak mau juga, diamkan lagi 10 menit lagi, lalu coba lagi... terus seperti itu....

      maaf baru balas, mas. saya abis liburan keluar negeri... :D

      Delete
  27. dok,si Lovis,burung hantu saya dulu mau terbang ke tangan saya,pas saya ngambil jangkrik,eh tau taunya udah di samping saya,saya mau kasih jangkrik dia langsung terbang ke tangan saya,tapi kalau sekarang dideketin dia suka ngelebarin sayapnya sambil ngeluarin suara mendesis,kalau saya deketin suka diajak ngobrol sambil dielus elus,saya panggil dia selalu ngeluarin suara kayak kucing yang dielus elus,kalau saya tenggerin di tangan saya suka terbang lagi ke perch nya,nah pertanyaan saya Apakah si Lovis udah lumayan jinak ya,dok?saya sudah adopsi si Lovi 1 bulan lebih dok,tapi dia gak ada perubahan waktu dari 3 minggu sesudah saya adopsi,maaf panjang dok,makasih ya,dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. si lovis berusaha menjalin komunikasi dengan mbak, tapi mungkin mbaknya yang belum bisa menerima auranya dia. (Silakan baca artikel saya imprint pada burung hantu).

      saya tebak, mbak merupakan orang yang agak keras kepala? suka teralihkan, dan gak mudah konsen ya? betul? :D
      bisa dilatih kok, yang penting ajak ngobrol aja terus si lovisnya. sambil liat tatapannya. dan nanti kalau tiba2 ada 'bisikkan' pas mbak lagi ngobrol sama si lovis, jangan kaget dan jangan takut, heheheh.... sedikit lagi, tinggal penajaman aura mbak aja....

      mengenai bisikan yang saya maksud, mungkin nanti mbak ngerti sendiri, hehehe.

      maaf baru balas, saya abis liburan keluar... :D
      saya tunggu kabar lovis...

      Delete
    2. ok,dok gpp,kok dokter tau saya keras kepala??hebat deh dok(y)makasih ya sarannya :)

      Delete
    3. oh,iya,dok kalau training FOF itu pake equipment gak?makasih ya dok.. :)

      Delete
    4. saya udah berpengalaman pelihara owl, dari owl itu galaknya ampun2an sampe sekarang jadi bonding. :D

      gak usah pake equipt pas latihan. biar dia lebih percaya sama kita, ownernya... :)

      Delete
  28. Lovis maksudnya dok..hehe kurang S aja

    ReplyDelete
  29. Saya baru beli celepuk yang masih chick/bulu kapas , burung hantu ini emang suka bersuara?

    ReplyDelete
  30. Burung celepuk saya kok suka ngeluarin suara yaa?

    ReplyDelete
  31. Burung celepuk saya suka ngeluarin bunyi ,, ini gak papa?

    ReplyDelete
  32. dok si chikie (celepuk) sekarang udah di tahap ke 3 fttf dengan jarak 10 meter,yang mau saya tanyakan untuk ke tahap ff kalau udah jarak berapa meter ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan coba2 FF kalau fttf belum benar2 lancar... sebaiknya, lakukan terus fttf. atau mas bisa coba ff di dalam ruangan dlu. :)

      Delete
  33. dok mau tanya nh aku adop celepuk (chick) namanya aku adop dari dia blm bisa jalan sampai sekarang sudah bisa terbang , saya ga gunakan equipment tp dia juga ga kabur setiap malam kluyuran ke atap2 tetanga dan menjelang fajar dia kembali lg ke kandang (kandang hanya box tanpa pintu) setiap saya lati untuk terbang ke tangan dia gamau hinggap ,paling dia cuma nyamperin aja ga mau hinggap ke tangan , dan kl larut malam dan subuh dia selalu terbang ke kamar saya cuit2 di telinga saya pas saya beri makan baru diam , tp aneh nya dia gamau hinggap ke tangan dok , apa harus saya kurangi jatah makannya? karna dari awal adop blm bisa jalan loncat terbang selalu saya beri makan lebih hehe salam buat errol thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam buat aku dari errol dan padma.
      udah coba beri pakan pake bayi tikus? coba aja mas pancing pake bayi tikus. mas taro bayi tikus di telapak tangan mas, lalu taruh si aku di situ. di telapak tangan mas. biarin aja, liatin dia sampe dia makan anak tikusnya.... :)

      lakukan seminggu sekali selama beberapa minggu. dan usahakan bayi tikusnya yang ukuran kecil aja biar si aku lebih gampang makannya... :)

      Delete
  34. dok mau tanya saya baru adopt celepuk brancher awal:
    1.perlu di karantina gk? soalya tdk terlihat stress&batting(calm ditangan).
    2.klo siang lbh baik di dlm kardus ato diperch?
    3. klo jam tidur dan latihan lbh baik dari jam brp sampe jam brp ya dok?

    salam dari Chipper

    ReplyDelete
  35. Haloo dokter. Sekarang ollaf kalau saya kasih makan dari jarak 4-5 meter dy udh mau nyamperin saya dok tapi dia jalan gak terbang. Apa itu jg termasuk skill dia dok?
    Mau tanya lg dok, masih inget kan dok sama Luffy celepuk temen saya yang kepalanya kecil itu hehe? Dia skrg ogah makan dok klu dikasih jangkrik atau ayam mentah, pengennya telur rebus aja. Kasian dok temen saya ampe pusing jadinya. Luffy lincah dok malahan kemaren dia terbang tinggi ke pohon, saya sama temen saya sampe kewalahan nangkepnya -_- soalnya Luffy gak dipakein angjess. Kok bisa gitu ya dok luffy sama ollaf usia gak beda jauh malahan bulu sayap lebih banyak ollaf tapi kok ollaf blm bisa terbang sedangkan luffy yg susah makan terbangnya tinggi bgt jauh pula dok.

    ReplyDelete
  36. maaf dok mau tanya kalau untuk anjing kutuan obat nya apa ya?

    ReplyDelete
  37. Maaf ganggu lagi dok,saya mampir lagi hehe,makasih ya dok dulu sudah menjawab pertanyaan saya:),sekarang saya adopt lagi celepuk yang masih chick,jika di taruh di kandang tidak apa apa?makasih ya dok sudah membantu saya:)maaf kalau saya banyak tanya:)

    ReplyDelete
  38. Dok si Michi,burung hantu chick saya kayaknya sakit dok,fesess nya coklat semua tapi ada sedikit yang berwarna putihnya,terus dia pup lagi dan warnanya coklat semua,cair pula.itu tandanya sakit apa ya dok?dia garuk garuk terus kepalanya,pas sebelum pup dia ngeluarin pellets,tapi dia lincah dok tidak murung terus...mohon bantuannya dok,saya takut dia kayak obay saya yang dulu mati karna stress.

    ReplyDelete
  39. Dok,maaf banyak tanya hehe,si Michi matanya kalau kena sinar suka ada warnakebiru biruan di matanya,apa mata si michi masih normal?makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mbak latih atau mbak deketin, dia respon? maksudnya, dia kayak melihat?

      kalau iya, dia masih normal... :)

      Delete
  40. Dok,maaf banyak tanya hehe,si Michi matanya kalau kena sinar suka ada warnakebiru biruan di matanya,apa mata si michi masih normal?makasih dok

    ReplyDelete
  41. mbak mau tanya, apa burung hantu jenis celepuk bisa dilatih seperti tyto alba atau jenis burung besar hantu lainnya ?? seperti yang mbak tulis di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/04/cara-melatih-burung-hantu.html?commentPage=2

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis burung hantu bisa dilatih, termasuk celepuk... :)

      Delete
  42. Dok saya nemu burhan jenis celepuk depan rumah, gabisa terbang karna kehujanan, trs saya ambil aja buat di piara skrng udh bisa terbang lagi. Nah saya mau tanya dok, itu burhan bisa langsung di taro di perch ga? Takutnya udah di simpen di perch malah terbang2an trs jatoh karna ketahan tali. Mohon sarannya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya mending gini aja mas:
      taro di ruangan kosong, gudang yang ada barang2nya juga gak apa2. gak usah pakai tali (angklett). biarin aja di ruangan itu. karantina dulu di ruangan itu. selengkapnya silakan baca artikel cara karantina burung hantu...

      Delete
  43. Dok BO saya skillnya udah bisa 1 m lancar tapi kalo saya tambah jarah dia gak mau respon sama sekali .. Gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan latihannya. kalau bisa, pakai tidbits hidup kayak bayi tikus yang masih merah. biar instingnya muncul lagi... :)

      Delete
  44. Dok cara bedain umur juve sama mature kalo jenis barn owl gimana ya? Soalnya temen baru adopt BO tapi udah besar hasil wc. Dan kalo di tenggerin bareng ken (BO saya yang udah brancer) suka di patokin gitu dok BO yang baru adoptnya sama ken. Kira kira harus di pisahon atau gimana ya dok? Soalnya tinggal satu atap ken sama BO yang baru. Mohon saran ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara pisahin aja dulu, mas. agak susah juga buat mengetahui umur owlnya mas kalo gak liat owlnya langsung. gini aja. nanti siang (21 juli 2016) jam 1 saya online chat, kalo mau kirim aja gambarnya via chatting...

      saya tunggu

      Delete
  45. dok minta solusi dong kan saya liat di paruh hidung burhan saya seblh kiri nya samping paruh sblh kiri nya kaya ada benjolan luka dok itu ngaruh sama penciuman mangsa nya gk dok .. cara ngilangi benjol di paruh ny gmn dok
    maksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      agak susah sih kalau gak liat benjolannya langsung. ada isinya/nanahnya gitu gak benjolannya?

      mending saya sarankan sih bawa ke dokter hewan terdekat aja mas biar sekalian dicek...

      Delete
  46. engga ada nanah nya cmn benjol merah udh keras dok itu tpi klo di pegang juga di tidak apa" dok cmn benjol merah keras dok itu pengaruh insting dia tidak dok .. tpi dia klo di kasih jangkrik aku taro di lempar di di dpn dia 10cm dia terkam dok saya latuh gitu tpi klo jarak jauh dia gk bgitu liat klo di dektin dia pasti kuat insting klo cara tahap pakan di tngan saya dan burhan di perch dia gk mau nerkam dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengenai benjolannya, mending observasi aja dulu selama 3 hingga 5 hari sambil cari2 info mengenai dokter hewan terdekat....

      instingnya lumayan bagus, cuma belum terasah aja. coba asah lagi, dilatih... :)

      jaga agar owlnya gak kedinginan, mas. banyak banget owl sakit akhir2 ini...

      Delete
    2. benjoalan itu udh lama kaya nya dok pertama beli dokk .. dokter hewan terdekt kurng tau dok .. iyaa pasti di latih dok di latih pake equiment atau gmn dok baik nya .. allhamdulillah udh seminggu sehat dok fesse nya juga bagus

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  47. Salam, dok. Saya punya barn owl namanya Taru. Usianya kirakira hampir 2 bulan. Masih ada bulu kapas dan belum bisa terbang. Setiap hari saya taruh di kardus di kamar saya. Saya biasa kasih makan dari jarak 3-5 mtr dan dia langsung menghampiri.
    Sudah 2 hari ini tiap saya sampai kamar kost saya dia udah kabur kemanamana dari kardusnya. Apakah sudah boleh saya pasang lace pada ankletnya dan saya ikat di perch??
    Thanks before,dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena saya baru bisa balas komentarnya hari ini... sekarang gimana keadaan taru?

      kalau emang dia suka kabur kemana2, mending kalau mas pergi, tutup aja kardusnya. buka kalau mas lagi ada di rumah aja.... coba bikin owlbox sederhana dari kardus besar. yang besar ya mas, jangan yang kecil.... kayak bekas tv tabung yang bsar, kasih tangkringan di dalamnya...

      tv tabungnya dicoak di salahsatu sisinya, tempat keluar masuk owlnya. nah, tiap mas mau pergi, mas masukkin owlnya ke dalam kardus itu lewat coakan di salahsatu sisi itu.... kalau mas udah balik, mas keluarkan aja, ajak main... :)

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  48. Hallo dok,ini BO saya sudah 5 hari di rumah saya dok.dia mau makan di tangan saya,makannya juga cukup bnyk tiap hari nya.yg mau saya tanyakan,kpk dia tidak mau makan ya kalau saya kasih jarak?jadi dia mau makan tnp kaki nya melangkah maju apalagi terbang.pokoknya makanan di depan mulutnya baru mau makan.kira2 butuh waktu brp lama ya dok spy bisa di latih?kadang dia pingin kabur tp tdk bisa krn kaki nya kan ada tali pengikatnya.mohon di beri arahan dok.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena baru saya balas hari ini... :(

      mungkin mas bisa asah lagi insting berburunya. karena saya tebak dia agak kurang tajam insting berburunya. biasa dikasih makan apa? coba minimal seminggu sekali kasih pakan hidup kayak bayi tikus putih yang masih merah.... :)

      Delete
  49. Mau tanya dok, burung hantu saya, obay, namanya goel. Dia mau terbang ke tangan klo dlm keadaan laper aja, itupun cuma sekali. Kan sy kasih puyuh hidup sbgai umpannya, dia samber itu puyuh tp trs kyk mau dibawa terbang lg dari tangan saya. Kadang dia tak biarin terbang, kadang dia klo mau terbang tak tarik leashnya, jd nggk bisa terbang, akhirnya ya dihabiskan itu puyuh di tgn sy. Tp hbs itu dia nggk mau terbang ke tangan utk yg kedua kalinya ini. Tp besok nya mau lg, karena seharian stlh itu tak kurangi porsi makannya biar dia merasa laper terus. Itu gmn solusinya dok?

    ReplyDelete
  50. Mau tanya dok, burung hantu saya sdh 4 bulan sama saya, sdh skill jttf 4 meter tanpa tali, kalau saya lepas semaleman gitu kira2 bisa balik lg ke rumah gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini si goel? atau burung hantu yang lain? :)
      maaf karena baru balas. :)

      kalau mas yakin burung hantunya sudah sangat bonding sama mas, bisa ngikutin tanpa di-lease, dan bisa nyamperin kalau dipanggil, bisa dicoba freeflight di dalam ruangan dulu. kalau di dalam ruangan dia bisa lancar, mas bisa coba di luar ruangan dengan lease yang panjang sehingga dia bisa leluasa terbang.... kalau mas udah yakin banget, baru mas bisa freeflight di luar ruangan tanpa lease... setelah itu, baru bisa lepas di luar rumah kalau malam... :)

      jangan melepas owl yang belum bonding 100% kepada kita... :)

      salam buat goel dari errol dan padma... :)

      Delete
  51. dok saya mau nanya...
    saya punya BO udah gede..tapi masih takut-takutan...
    kalo makan maunya disuapin langsung ke mulutnya...
    nah bagaimana caranya biar dia mau nyari/tertarik dengan makanannya...??
    trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih pakan hidup. bisa kasih bayi tikus putih yang masih merah atau kasih anakan puyuh/anak ayam. taro aja deket dia, terus tinggalin. jangan diliatin. cek tiap satu jam.... :)

      Delete
  52. kmarin sudah saya kasi burung kecil dok,,kurang 1 jam udah abis dmakan,,sisa bulunya aja..trus gmana lagi dok??smpe brapa lama dkasi pakan hidup??
    satu lagi dok,,kalo dideketin owlnya takut dan waspada,,tapi kalo sudah di elus diem2 aja...mohon sarannya..trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, itu udah bagus kok. :)
      kasih aja terus pakan hidup, mas...

      wajar kok kalau dia dideketin defends tapi kalo udah dielus dia diem. emang biasanya kayak gitu. mas masih mending, dulu si errol burung hantu saya gak kayak gitu. dia nyerang saya, hihihi. tapi sekarang sih udah bonding sama saya... :)

      silakan baca2 dulu artikel saya di blog ini mengenai burung hantu... saya tunggu kabarnya... hmm, siapa nama burung hantu mas?

      Delete
  53. namanya cibo dok...
    wah ganas juga..haha..
    dok bisa share gak tentang foto ato video keseharian si errol..
    salam dari cibo buat errol.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto errol ada kok di salahsatu post, hihihi.... :D

      salam balik buat cibo...

      Delete
    2. dok gimana biar si cibo mau lompat ke tangan saya buat ambil makanannya...
      cibo cuma mau makan diperch aja..

      Delete
    3. awal2, coba masih biasakan dia makan pas dia lagi nangkring di pergelangan tangan aja. itu aja dulu. karena kalau dia udah lancar mau makan pas dia nangkring di tangan mas, lama-lama dia mau nyamber makanan di tangan masnya kok.. :)

      Delete
    4. dok,, saya kan tidak punya glove khusus ni,, apakah ada pengaruhnya penggunaan glove atau tidak..??

      Delete
    5. gak usah pake glove, gak apa2. saya juga dari awal pelihara burung hantu, gak pake glove... :)

      Delete
  54. Dok saya mau tanya, BO saya pilek ini gara gara apa ya? Hidungnya keluar kayak air terus bersin juga dianya, kira kira obatnya apa ya dok? mohon panduannya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat owl. kalau malam, jangan ditaruh di luar. :)
      makan gimana? masih mau makan? udah berapa lama?
      kalau pagi, coba dijemur barang 5 hingga 10 menit sebelum jam 9 pagi. jangan kelamaan. makannya dijaga, dan coba cek fesesnya. baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu..

      Delete
  55. Biasanya brp lama sudah ikut kita dok spy bisa free flight?ini burhan saya sudah bisa fly to fist dgn di pancing makanan dgn jarak sekitar 10 meter dan dia sudah tidak sungkan2 lagi untuk makan di tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja free flight di dalam ruangan dulu. pilih ruangan yang agak besar, misalnya di gor tertutup. awal2 diikat aja dulu pakai lease yang agak panjang. lakukan selama beberapa minggu hingga dia benar2 bisa nyamperin mas. kalau udah lancar, baru coba tanpa lease.... setelah itu, bisa dicoba diluar ruangan dengan lease, lakukan selama beberapa minggu. setelah lancar betul, baru lepas leasenya... :)

      Delete
  56. Mlm dok mau tnya lgi nih.. ni bo nya aku kasih nama tyto itu knp y dok kadang pas diliatin atau tatap"an gitu si tyto kepalanya sampe miring" gitu klo ngliatin aku ngajak dia ngomong.. itu tandany Apa ya apa dy dah nurut gitu.. emng sih mulai adopsi dari dy masih bulu kapas gitu smpai skrg bulu"nya dah hampir tumbuh sempurna..trs klo makan pun disuapin terus..jd intinya ciri" klo dy dah percaya sama kita tu gimana ya apa ada tanda"nya gitu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh... sama kayak si errol dulu pas awal2 saya pelihara... :)

      dia berusaha 'connect' ke mas, tapi mungkin chakra masnya yang belum bisa terima. hmm, agak susah jelasinnya, tapi mas bisa cek artikel saya imprint pada burung hantu...

      jangan dibiasakan makan disuapin, coba kasih makan pakan hidup.... taroh bayi tikus putih atau bayi hamster di deket owlnya, terus tinggal aja... jangan diliatin...

      Delete
  57. ass bu dokter
    dok, burung hantu saya si shadowfax kenapa susah ya di latih jttf nya, harusnya gimana tuh dok, waktu tadi saya simpen tidbits nya di tangan saya tapi dianya malah g mau loncat terus dok malah ngeliatin aja tidbits nya, bagaimana saran dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kasih makan dengan tidbits terus, gimana ya mas? :) apakah maksudnya dikasih makan dengan pakan hidup terus atau dikasih makan sendiri (dia makan sendiri, gak disuapi)? :) kalau maksudnya mas adalah salahsatu dari yang saya sebutkan, saya kira gak masalah. inti agar owl kita imprint sebenernya kedekatan emosi owl dengan kita sebagai masternya. lebih ke cara kita agar dia bisa senyaman mungkin, 100% percaya sama kita. yang penting adalah sering2 ajak main, sama ajak ngobrol sambil liat matanya. itu aja. dan jangan mengharapkan apa2 dari si owl, termasuk jangan menginginkan dia imprint. jujur, sampe sekarang kakak saya yang udah tahunan pelihara BOP (semua keluarga saya pelihara BOP) juga heran kenapa si errol bisa sampe giring kandang..... padahal dia yang udah tahunan pelihara BOP aja gak bisa kayak gitu.... :D padahal kesalahan dia cuma 1: dia pengen elangnya kayak errol. itu aja salahnya dia. saya yakin kalo dia nggak ada niat kayak gitu, si Belang bisa kayak errol

      Delete
  58. dok jadi maksud nya tuh gimana cara latih jttf nya. knp si shadowfax susah banget dilatih jttf nya. g nurut trs

    ReplyDelete
  59. siang dok...alhamdulillah skrng cibo masih sehat..
    dan sudah mau jttf jarak 2m..
    saya mau bertanya dok,, karna beberapa hari yang lalu cibo mengluarkan suaranya yang khas miliknya sebanyak 3x dan sangat keras,,dan saya memperhatikan kalo di luar rumah ada burung hantu lain yang juga mengeluarkan suara yg sama..sepertinya mereka berkomunikasi..dan saya sangat menyukai suaranya..
    kira2 bagaimana caranya memancing cibo mau bunyi lagi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, errol juga sering manggil temen2nya yang di alam buat ngobrol macem itu mas. kayaknya sih nggak bisa kalau nggak ada owl lain... :D

      syukur kalau cibo udah pintar. udara udah mulai mendingan sekarang, gak kayak kemaren2... :)

      tapi tetep jaga pola makannya.

      Delete
  60. Dok mau tanya owp saya (tyto alba) namanya dodo ko sekarang responya kurang ya dok trus skilnya menurun dulu ff sampai 50 meter sekarang ko cuma 30 meter dok itu pun terkadang gak mau lah pulang ke rumah dok cara ngatasinya gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      coba baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      mungkin dia bosan?
      mas udah berapa lama pelihara burung hantu? :)
      dan seberapa sering latihannya?

      errol juga sering kok kayak gitu. biasanya kalau errol lagi nggak mood gitu, ya saya ajak jalan2. entah ke mall atau ke taman (kalo di mall gak boleh masuk, hihihi)....

      Delete
  61. barn owl saya malah g mau d suapin dok.. tp klo dtinggalin mangsa hdp atau dlukai trus dtinggal dia mau makan.. jd agak susah mau fof.. oh ya dok klo fof dia ga ngrespon hrs gmn ya.. pernah sy cb mengangkatkan 1 kaki k tangan masih g respon.. akhirnya sy angkat 1 kaki lainya k tangan dg perlahan... nah pas dah d atas tangan dia tenang aja, bolehkah sprti itu dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. :)
      sementara kasih aja makannya. yang penting dia mau makan aja dlu mas.

      fesesnya oke? cek artikel parameter kesehatan burung hantu dan artikel cara menjaga daya tahan tubuh burung hantu...

      kabari terus. saya tunggu

      Delete
  62. dok, saya punya buffy fish namanya bobi. usianya brancher tengah. jinak banget dok. dielus elus diam aja. malah terkesan cuek. nah saya pernah baca di beberapa blog kalau usia paling telat untuk melatih skill burhan itu brancher awal. yg ingin saya tanyakan apakah bobi saya masih bisa dok untuk dilatih skill. dan lagian karakternya mungkin emang persis kaya saya juga. cuek. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      perlu saya tekankan bahwa tidak ada batasan untuk melatih owl. saya sendiri dapet si errol waktu dia udah tua kok, usia setahunan kalo gak salah. bukan tua lagi, udah tuia bangka, hehehe. tapi sekarang udah bonding sama saya...udah bisa cari makan sendiri malah. malam dia keluar, subuh biasanya udah di perchnya lagi....

      Delete
    2. o gitu ya dok. trik agar dia bisa cepet bonding gimana dok? soalnya kok kaya cuek gitu boby dok. makan mintanya disuapin terus. gak mau ngejar. tapi kalau dikasih pakan mati terus ditinggal sendirian baru mau makan dia

      Delete
    3. oh, wajar. mirip si errol dulu, kalau dikasih makan gak mau diliatin. emang burung hantu rata2 gitu, mas. mereka kan menganggap kita gak bisa dipercaya.

      nah, tugas kita sebagai masternya adalah ngebuat mereka percaya sama kita. nantinya mereka jadi bonding sama kita.

      kalau cepet bonding atau nggak, sebenernya balik lagi ke masnya sabar atau nggak. dan ke karakter burungnya. ada yang emang karakter burung hantunya yang susah bonding ada juga yang emang gampang....

      kalau sepengalaman saya sih, burung hantunya mas cenderung cepet bondingnya. tapi ya balik lagi, masnya juga harus berusaha dan sabar, hehehehe.... ::D

      kabari terus

      Delete
  63. Assalamualaikum dok, selamat malam, mau tanya dok ,, kalo bay owl itu boleh ga di kasih potongan daging ayam dok.. makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh,
      asalkan jangan terlalu besar2 potongannya. kecil2 aja. cacah2 dulu. dan jangan ada bahan kimianya. kalau bekuan, ya direndem dulu di air. biar gak beku dan gak dingin lagi... :)

      sebenernya sih bay owl itu makanannya jangkrik. kenapa mas gak ngasih makan jangkrik aja? kan lebih gampang kalau kasih makan jangkrik...

      Delete
  64. hai dok, ini saya, si pemilik shadow, muncul di komen sini. hehehe. sekarang lagi coba ngelatih shadow. saya liat ada video tentang melatih burung hamtu duduk di tangan. disitu dia mendorong pelan dada/perut burung hantunya biar mundur ke tangan dia. apakah boleh ngelatih shadow pake cara itu? nggak berbahaya gitu buat si owl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau si shadow udah kenal sama masnya, boleh aja sih. yang terpenting sebenernya dia kenal dulu sama masnya... jadi, manning aja terus... yah, sesekali bisa pake cara pushing at chest itu... :)

      fesesnya gimana? oke?

      Delete
  65. kayaknya sih udah dok, soalnya dia nggak pernah galakgalak lagi. well, daridulu sih dia emang nggak pernah defend sama siapasiapa dok hahaha. mungkin karena masih kecil? saya malah kepo liat dia defend. cuma sekali dia defend mode, pas saya jemur anduk di atas dia (dia lagi dijemur, jadi dalem kandang), dan dia defend sama handuknya wkwk. selain itu, gak pernah defend.
    oh ya dok, saya mau tanya.
    1. kalo saya mau latih dia sore hari, misalnya stengah empat. terus kan saya biasanya kasih dia makan jam 1 siang. boleh saya ilangin jadwal makannya yang siang biar dia lapar pas dilatih? nggak malah jadi sakitkah?
    2. pas saya terapin pushing at chest itu, dia malah lompat ke samping, bukan kebelakang -_- dan pas udah ditangan belum sedetik dia udah kabur lagi. gimana caranya ya biar dia anteng di tangan? apakah errol dulu pertama dilatih juga seperti itu?

    makasih dok mau jawab :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok jam makannya digeser jadi jam setengah 4, gak terlalu lama juga. :)
      dulu si errol lamanya pas di penjinakkan. awal saya dapet, dia galak banget soalnya. nyerang mulu. baru bisa dielus 6 bulan kemudian. cuma dielus doang. :D

      biar dia gak kabur, sebenernya ya dengan cara dilatih terus, ajak main terus. itu aja sih mbak. :D

      kalau cara biar dia bisa menclok di tangan mbaknya, coba aja angkat, dan taro di tangan. bisa nggak kalau begitu? :)

      Delete
    2. shadow paling anti kalo dipegang gitu dok wkwk. tapi saya sudah coba, saya bisa ambil dia pas dia lagi di perch, saya taruh tangan di deket kaki dia di perch, biar kakinya yang cengkeram perch jadi beralih cengkram saya. tapi masalahnya, dia kalo dilepas di kamar nggak pernah nongkrong di perch, tapi di tempattempat datar, jadi susah lagi deh ambilnya wkwk.

      oh ya dok, kalo saya rencana latih dia gini gimana:
      setiap pagi dia masuk kandang untuk dijemur, sama dengan malem, karena takutnya nabrak sanasini pas orang tidur kan. saya rencananya mau coba latih dia bertengger di tangan di dalem kandang dulu, baru ketika dia nggak kaburkaburan lagi saya latih bertengger di tangan saya di luar kandang. baru ngelatih dia nongkrong aja sih dok, belum fof. apakah dengan dilatih sambil dalam kandang itu bikin karakter dia lebih keras karena dikandangin dok?

      Delete
    3. mending jangan ditaro di kandang, mbak.
      kalo boleh saya saran, coba kalo mbaknya mau tidur, taro aja shadow di kamar. biar dia liat masternya tidur. biar dia lebih percaya sama mbaknya.

      dulu awal2 saya bikin si errol ngerti juga pake cara ini.

      shadow gimana sekarang? kirim dong gambarnya shadow kemari, mbak. upload aja di postimage.org, linknya taro di sini... :)

      Delete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. entah kenapa susah komen langsung reply di komen dokter sebelumnya. hehehe. jadi buat komen baru lagi.

    udah dok, tapi karena saya masih tinggal sama ortu, ortu nggak ngasih shadow dilepas malem hari -__-, jadi saya lepas siang hari dan dia kadang liat saya tidur siang. ini aja dia lagi gigit-gigitin laptop saya pas saya ngomen wkwkwk.
    oke deh dok, saya coba di luar kandang, tapi masih harus menemukan cara agar dia mau nangkring di tangan saya hehehe.

    sudah saya upload dok, ini linknya: https://postimg.org/image/p42pcn7mv/
    oh ya dok, kalo berdasarkan gambar itu, umur shadow berapa bulan ya? baru baru ini bulunya di bagian kepala tumbuh, hornnya juga belum sempurna hehehe.

    oh ya dok, 6 bulan si errol baru bisa dielus doang? wah, dokter sabar banget yak hahaha. saya pernah liat barn owl, cuma saya takut soalnya mereka besar wkwkwk. apalagi jadi dokter yak, yang diserang sama si erol hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih, lucu banget shadow! :D
      kalo secara visual sih kira2 3 bulanan itu.
      iya, dulu errol kan dapetnya dari alam. awal2 bukan defends doang, tapi sampe nyerang... :)

      Delete
    2. sori dok, gantiganti username terus (soalnya diatas upload pake laptop hehehe)

      nggak ngeri dok? dokter tidur, padahal tau ada errol yang masih liar gitu di dalam kamar hehehe. pernahkah dieein pas tidur? hehehe

      dok, ini saya masih bingung mengklasifikasikan si shadow. dia antara moluccan scops owl, sama burhan endemik pulau saya. jadi statusnya antara least concern atau near threatened. saya bandingkan sih suaranya lebih mirip ke moluccan scops owl. tapi kalo misalkan dia burhan endemik pulau saya yang near threatened, apakah saya harus lepas ke alam liar? seberapa parahkah near threatened itu dok? haruskah saya lepaskan ke alam liar?
      1. itu nggak berperi kemanusian (atau keburungan?) huhuhu, mengingat dia dari umur 2 bulan saya pelihara dan kebiasaan handfeed. mungkin terlalu tame buat berburu sendiri di alam.
      2. shadow masih kecil dok, bulu aja belum tumbuh semua, gimana bertahan hidupnya, belum lagi kalo terbang masih acakadut T.T

      Delete
    3. sampe sekarang, dia sering eek di muka saya kalo dia lagi kesel. misalnya, pas saya larang keluar rumah karena lagi hujan badai. saya tidur, pas bangun muka udah kayak pake masker. eek semua. dan bau. :D
      di pojokan si errol ngeliatin saya dengan tatapan seolah ngomong, "rasain lu...!" :D

      justru kalau kita menunjukkan sikap tidak berdaya kayak lagi tidur gitu, dia jadi percaya kalau kita gak berniat menyakiti dia. dengan begitu dia jadi lebih percaya sama dia. yah, dulu waktu dia masih belum jinak, sesekali paling gores tangan. pernah sih nyerang kelopak mata saya sampe robek, tapi itu juga waktu saya baru 2 hari saya errol. jadi masih liar banget.

      yah, intinya sih sebenernya sabar, sabar, dan sabar... :D

      kalau emang dia udah sama mbaknya dari kecil, dan udah bergantung sama mbak, kayaknya lebih baik mbak pelihara saja. argumennya jelas: kalau mbak lepas, belum tentu dia bisa bertahan di alam.

      kalau toh mau dilepas liarkan, misalnya karena mbak takut melanggar hukum, sebaiknya tunggu sampe dia dewasa, dan mbak sudah mengajarkan survival skill sama dia. tentu saja, sebelum melepasliarkan dia juga mbak harus liat keadaan alam di sekitar area pelepasan juga: apakah ada makanan alami burung hantu atau nggak di tempat itu. karena percuma, kalau dia punya survival skill tapi makanannnya gak tersedia di alam, ya akhirnya mati2 juga.... :)

      kayaknya sih si shadow termasuk common scops owl deh. CMIIW... :)

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. nah, nggak dimarahin ortu tuh dok? soalnya shadow dimasukin kandang pas malem karena ortu karena takut nggak sehat tidur sama burung, takut dieein, padahal saya sih pengen coba tidur malem ada shadow di kamar.

    itu dokter dirobekin kelopak matanya pas tidur? dong kaget dok, bangunbangun sudah perih dan penuh darah. wkwk.

    oh ya dok, ini si shadow kenapa ya, dari semalem dia ngambek makan. feses sehat, tibatiba aja jadi nggak mau disuapin. malah jangkrik yang jatuh dilantai yang mau dia makan. terus pagi ini dia cuma mau makan 1 jangkrik dok, itupun dia makan pas saya tinggal keluar kamar. panik banget saya dok, sampe saya beliin dia ulet hongkong pagipagi ke pasar burung. alhamdulillah dia mau makan. siang juga gitu, lumayan mau makan tapi gak mau disuapin. ditaruh dikakinya aja. baru magrib ini dia mau makan disuapin. shadow kenapa ya dok?

    terus tanya dok (sori kepanjangan hehege)
    1. bisakah super n ditetesi di jangkrik yang dimakan shadow? soalnya saya trauma, dulu pas saya mau kasih minum dia karena dia berontak, nggak sengaja kepencet dan yang keluar muncrat banyak banget. untung dia langsung muntahin dan sehatsehat aja abis insiden itu
    2. bolehkah memberi makan jangkrik yang sudah kena eek mereka? bersih nggak dok? soalnya tadi malam shadow nggak sengaja makan jangkrik yang udah kena eek dia -_-
    3. bisakah suara burung hantu berubah saat dia sudah dewasa. soalnya saya lumayan yakin juga dok shadow cuma celepuk biasa, karena celepuk endemik pulau saya suaramya beda sama shadow sekarang. tapi apakah besok besar dia mungkin berubah?

    hehehe sori banget kepanjangan dook. makasih sudah repot bales hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, orang yang laen juga sama. hihihi. sekeluarga kan pelihara BOP semua, bird of prey alias burung pemburu. cuma saya aja yang focus di owl...

      nggak. diserang mata saya beberapa hari setelah adopt. lumayan dulu 3 jahitan. masih ada bekasnya tipis di kelopak mata saya... :)

      kayaknya sih dia lagi males makan itu. bener trik mbaknya: ganti makanan sementara. bisa kasih ulet hongkong. atau taro aja makanannya di kandangnya. hati2 karena jangkrik ngundang semut dateng, dan burung hantu benci setengah mati sama semut. jadi disekitar kandangnya mending goresin kapur semut dulu kalo mau naro jangkrik di dalam kandang....

      hahahaha, saya malah seneng kok jawabnya, hihihi.... :D

      1. bisa aja, boleh ditetesin di makanannya dulu, terus makanannya langsung disodorin ke si shadow. pastikan tetesan super-n nya ikut kemakan sama shadow. :)
      2. mending jangan. pastikan jangkriknya bersih. kalau jangkriknya udah kena eek, mending buang atau cuci dulu sampe bersih.
      3. yang saya tahu emang suara burung hantu lebih 'berat' saat dia sudah dewasa. makin tua burung hantu, suaranya lebih berat. kalo masih anakan, biasanya cempreng.

      emang mbak tinggal dimana? di pulau apa? saya malah yang minta maaf karenaa baru balas... :)

      Delete
    2. wah beberapa hari belum mampir ke blog ini ternyata tampilannya makin bagus ya dok. keren banget :D

      saya tinggal di lombok dok, disini susah cari dokter hewan yang nangani bop, jadi saya waswas kalo shadow sakit soalnya musti bakalan rawat sendiri. belum tentu bener kan pengobatannya. alhamdulillah sekarang sih masih sehatsehat aja.

      oh ya dok, udah beberapa hari saya nggak nemuin pelet dari shadow. ini nggak papakah? soalnya pas awalawal saya melihara dia lumayan sering keluarin pelet dok. .

      oh ya lagi sekali. saya kan kkn bentar lagi dok. mau ndak mau saya harus tinggal shadow dirumah (maunya sih bawa ke posko hehehe, kangen nanti saya). kalo soal urusin dia dan kasih makan sih keluarga saya ada banyak dok yang bisa tolongin. tapi satu stengah bulan saya kkn itu dia bisa lupa ya sama saya dok? huhuhu. ntar dia malah nempel sama kk ato adek saya. kalo dia lupa sama saya ntar ngelatihnya ulang dari awalkah?

      Delete
    3. oh ya dok, lagi satu wkwk. kan di bawah perch shadow saya alasin koran. tapi dia hobi gigitin kertas dok-_- bahaya nggak? soalnya saya nggaktau dia telen apa nggak. tapi dia hobinya gigit dan robekin kertas dok. apakah harus dijauhin dari koran dan kertas dok?

      Delete
    4. kalau si shadow gak sering memuntahkan pellet, itu malah bagus. tandanya semua makanannya tercerna sempurna dan dia cukup fit untuk mencerna sisa makanan yang harusnya jadi pellet....

      gak kok mas. saya kira kalau 'cuma' 1 setengah bulan, dia masih inget sama masnya. apalagi dia kan masih di tempat yang sama, jadi sisa 'bau tubuh' mas masih ada di situ. saya juga kadang ninggalin errol dan padma lama kok kalau lagi tugas keluar kota... :)

      meski kecil kemungkinan potongan kertas menganggu sistem cernanya, mending usahakan aja biar dia gak gigitin korannya. mungkin mas bisa ganti pake lembaran plastik buat alasnya. plastik lembaran yang agak tebal.... biasanya dipakai buat alas meja....

      seminggu 2x dibersihkan plastiknya... :D


      iya nih, minggu2 ini tim saya emang lagi memperbaiki tampilan blog... :D

      Delete
    5. gitu ya dok, tapi gini, tadi pagi si shadow kayak mau muntahin pellet gitu dok, mangapmangap. tapi saya cek sampe siang nggak ada yang keluar. terus pas saya pegang di tangan saya, keluar air keruh dari mulutnya dok. itu kenapa ya dok? sebelum air itu keluar dia nggak bunyi dok, taoi brgitu keluar dia langsung cerewet.

      terus cara meriksa apa dikakinya ada bumblefeet gimana ya dok? soalnya kan kakinya dibawah terus hehehe

      Delete
    6. satu lagi dok. kan ada orang yg deketdeket burhannya dok, sampe dicium bulunya. itu bahaya nggak sih dok buat ownernya?

      Delete
    7. soal mangap-mangap, ada kemungkinan kepanasan? karena salahsatu ciri burung hantu kepanasan ya mangap2 itu.
      terus, fesesnya gimana? setelah di mengeluarkan air dari paruhnya, fesesnya berubah gak? saya kira sih masih sehat. mungkin buat jaga2, mbak bisa baca artikel saya cara menjaga kesehatan burung hantu... di sana ada obatnya...

      soal cek bumblefeet, coba aja baca artikelnya. di sana ada gambarnya kok.. :)

      selagi burung hantunya bersih dan sehat, aman-aman aja kok main sama owlnya. saya tiap hari si errol saya unyel2... :D

      Delete
    8. masih baik dok sampe sekarang. cuma ya itu air keluar mulutnya.
      iya dok, cuma saya bingung cara meriksanya aja, hehehe. soalnya kan kalo dia berdiri kakinya di perch ato di lante. jadinya susah liat telapak kakinya wkwkwk.

      oh ya dok, saya sudah beli kandang yang lebih besar untuk shadow, buat pas malem sama pas dijemur. kandangnya dua kali lebih luas dari yang awal , tapi agak pendekan dok. di internet saya baca kalo kandang yang lebih sempit bisa bikin stargazing dok (?) cmiiw. kalo kandang barunya lebih pendek tapi luasan apa shadow bakalan stress ya dok?

      Delete
    9. emang agak tricky sih buat ngecek bumblefood, kudu hati2 untuk membalikkan burung hantunya, hihihi... tapi menurut saya, kalau dia bisa melangkah dengan mudah dan berdiri dengan mudah, saya kira aman...
      untuk air yang keluar dari mulutnya, gini aja: nanti hari sabtu atau minggu, kalo pagi sebelum jam 8, mas jemur aja barang 5 atau 10 menit. jangan kelamaan. :)

      stargazing itu bukan disebabkan oleh kandang, itu setau saya. lebih ke masalah persoalan gizi.jadi bukan karena kandang.

      saya kira aman sih selagi owlnya gak sampe menunduk.... emang bagusnya sih yang agak tinggian, tapi selagi gak bikin kepala owlnya tertekan ke bawah, saya kira aman... :)

      Delete
    10. oh oke deh dok. kalo tinggi kandangnya sih 2.5 tinggi shadow. nggak kesempitan samsek, cuma lebih oendek aja dari kandangnya yang lama.
      oh ya dok, situasi daerah saya lagi berangin, boleh nggak shadow dijemur ato ditaruh diluar dalam kondisi berangin gini? nggak kedinginan kah? terus tandnya burung hantu gemetar kedinginan ada nggak ya dok? hehehe

      Delete
    11. oh ya dok, kandang yang saya beli kan bawahnya juga berjeruji. jadi kalo misalnya shadow mau jalan jalan di bawah dia harus jalan di jeruji. jadi jarijarinya kadang menggantung. apakah itu aman dok? ato sebaiknya saya alasi dengan plastik agar dia jalannya di tempat yang datar?
      oh ya dok, satu lagi. aman nggak ya masangin angjes ke shadow sekarang? saya trauma dulu burhan pertama saya, skipper mati. dan ibu saya bilang karena dipakein angjes huhuhu.

      Delete
    12. mending kalo cuaca lagi dingin kayak sekarang, pindahin ke dalam ruangan aja. jangan di luar. rentan sakit... kasih super-n setetes tiap hari.. :)

      aman kok, karena biasanya owl akan ngangkat kakinya dulu pas mau jalan sampe kakinya bebas jeruji, baru dia ngelangkah... :)

      maaf karena baru balas... kabari terus.. :)

      Delete
  70. Mlm dok, kl mau vaksin owl didokter hewan mn aja bs ya, dan berapa dok sekali vaksin gt biasanya thx sebelumny dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas di daerah mana? kalo mas di jakarta, mas bisa dateng ke rumah sakit hewan di daerah ragunan. kalo di surabaya, dateng aja ke rumah sakit hewan di deket unair. kalo di bogor, ada deket IPB.

      biayanya biasanya bervariasi, antara 150 hingga 300rbu.

      Delete
  71. hallo bu dokter, Saya baru bgt punya Burung hantu jenis Barn owl kayaknya udah remaja atau dewasa tapi dia jinak dan gak gigit makanya saya pilih, saya kasih dia daging aayam yg dicacah tpi dia gak mau makan , jadi saya niat ingin beli tikus putih, cara ngasih tikus putihnya gimana ya dok? langsung dimasukin ke kandangnya atau di bunuh dulu? makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya pilih tikus putih yang masih bayi.
      yang masih merem. cara kasihnya taro aja di kandangnya, terus tinggalin (jangan diliatin)...

      kalo mau kasih daging ayam juga bisa. tapi cara kasihnya jangan cuma ditaro di kandangnya doang. kalo makanan hidup kayak tikus dll, bisa ditaro di kandangnya aja. kalo makanan mati (potongan ayam dll), disodorkan langsung ke mulutnya....

      opsi lain: bisa pake anakan puyuh atau anakan emprit. anak ayam juga bisa. caranya sama kayak ngasih tikus hidup... :)

      Delete
  72. Asalamualaikum dok, saya mau tanya kok burung hantu saya kejam banget yah.padahal uda tiap hari saya elus kepalanya.kira" knapa yah dok

    ReplyDelete
  73. Dok, ko burung hantu saya ga mau makan yah malahan makanan di taruh di atas paruhnya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal burung hantu kejam, ya namanya juga hewan buas, mbak. udah resikonya pelihara burung hantu. saya juga dulu diserang si errol sampe robek kelopak mata saya...

      kalo mau yang agak jinak, pelihara yang burung hantu bulu kapas aja. yang anakan. lebih gampang dijinakkin. meski secara perawatan, agak repot kalau untuk pemula... :)

      coba baca2 aja dulu artikel saya di blog ini... :_)

      soal burung hantu gak mau makan, mbak kasih makannya pake apa? dan coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu, terutama bagian fesesnya...

      Delete
  74. dooook, mau tanya. sudah tiga hari ini shadow kok susah makan ya dok. hari pertama, dia memang susah handfeed pas pagi siang sore. tapi pas malam dia lahap dok. biarpun di handfeed. terus tadi malem berangsur dia nggak mau makan kalo di handfeed. akhirnya saya kasih makan dengan taruh di deket kakinya, ato pas dia lagi gigit gigit kaki ato jeruji kandangnya, tak deketin biar kemakan.
    terus pagi ini sama sekali nggak mau makan jangkrik dok. okelah, tak beri ulet hongkong . sapatau bosen kan. bener, dimakan. sudah lega nih, kiranya shadow cuma bosen makan aja. tapi pas siangnya, makan uletnya nggak selahap pagi, tapi bisa makan jangkrik 2 biji. terus pas magrib saya kasih makan lagi kan. sekarang saya coba kasih pake cara diguntingin kepalanya dan kasih cicip dia. 3 jangkrik pertama ditelen. tapi jangkrik ke 4 -6 saya harus taruh dikakinya lagi. kayak dia takut sama saya lho dok. saya mendeket aja dia langsung mundurmundur. padahal sebelumnya nggak gitu :( sekarang dia bahkan gak suka bertengger di tempet tenggernya yg biasa dok, malah diem di atas laptop saya. (berlumuran eek lah laptop itu hmm). tapi karena licin kan laptopnya dia suka jatuh sendiri dari pinggirnya. bisa stres nggak dok kalo gitu terus?

    nb.
    fesesnya normal, cuma berkurang jumlahnya. biasanya beberapa kali pup, hari ini cuma 2 kali.
    suara masih lumayan ribut. taoi yang biasanya ribut pagipagi minta dikasih makan jadi agak berkurang
    super n sudah dikasihkan dengan cara tetesin di paruh seperti memberi minum

    makasih dok. sori panjang. bingung soale :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat hewan. jangan sampe si shadow kedinginan. usahakan kasih makan, caranya ganti2 aja makanannya. hari ini jangkrik, besok ulhong. gitu2 aja.
      saya seneng mas kasih super-n. terus kasih aja. setetes tiap hari.

      perhatikan terus fesesnya...

      pantangannya cuma tadi: jangan sampe si shadow kedinginan... :)

      Delete
    2. oke dook, saya usahakan. tapi hari ini fesesnya aneh dok. yang bagian hitamnya berubah kecoklatan dan berbau busuk. beda banget sama bau feses yang biasa. ada apa ini dok?

      Delete
    3. maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan owlnya?
      rutin dikasih super-n gak?

      jaga aja kebersihan makanannya...

      Delete
    4. sudah dok. alhamdulillah shadow sudah berenti mengeluarkan feses kayak gitu. masih sehat. untuk pagi siang sore saya kasih makan 5-7 jangkrik. kalo malem 11-15. itu cukupkah dok? soalnya biasanya shadow berenti makan abis jangkrik ke 5

      Delete
    5. dok siang ini shadow sudah empat kali bersin. sudah saya kasih super n.
      idungnya sendiri nggak mengeluarkan cairan. kirakira knpa dok?

      Delete
    6. sebelumnya maaf karena baru balas.
      kalau ada matahari pagi, jemur aja. selama fesesnya masih normal, dan nafsu makannya oke. saya kira dia sehat.

      terus kasih super-n. :)

      Delete
  75. Hai dok, saya dateng lagi nih.
    masih soal shadow, celepuk saya yang unyu banget.

    shadow sehat, makannya masih mau (meskipun cuma mau disuapin 4 kadang, sisanya harus ditaruh dikakinya). dan fesesnya, meskipun seringkali kecil, masih normal.

    saya ingin sekali memakaikan angjes pada shadow. tapi nggak tega karena pasti pas dia mau terbangterbang dia ketarik kakinya. apakah shadow bakal stress kalo seperti itu dok? saya gak mau kakinya patah kalo maksa terbang menjauh meski kaki ketahan angjes. ibu dan keluarga saya juga ngelarang karena takut dia mati garagara angjes. pendapat dokter gimana? adakah efek samping angjes pada shadow?
    oh ya, pun kalo mau dipakaikan,
    saya kan dulu punya celepuk lain dok, yang meninggal entah karena apa (suspect tetelo, tapi feses normal dan makan lahap, cuma kehilangan keseimbangan parah). dan angjes punya skipper ini masih ada. apakah sebaiknya saya beli baru ataukah boleh dipakaikan punya skipper yg lama dok?

    makasih jawabannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya sih agak riskan juga ya. saya mau bilang boleh, tapi nanti takut kenapa2. hmm, mungkin bisa aja dipakaikan angjessnya, tapi jangan diikat. cukup angklettnya aja yang dipasangkan di kaki, bagian lainnya jangan diikatkan ke benda lain. :D
      itu untuk membiasakan aja biar dia terbiasa pake angkjess... :)

      nggak apa2, pake aja yang punya skipper dulu...

      rutin kasih super-n buat shadow? :)

      Delete
    2. iya dok, cuma karena saya ngasihnya ditetesin di paruh, saya kurang yakin dosisnya yang ketelen bener setetes.
      oh ya dok. saya khawatir sekali.
      tadi saya kasih makan shadow kan dikamar, cuma karena dia nangkring di bagian atas rak buku saya, jadilah saya pake kursi. terus pas lagi ngasih makan, kursinya ilang keseimbangan (ini kenapa jadi curhat gini hehehe) dan ngebanting lante keras banget. saya sampe kaget juga. shadow yang lagi di samping saya juga langsung pasang mode waspada. saya takut banget dok dia stres. abis itu dia memang masih mau makan, cuma dia eek, fesesnya 3 kali ini isinya putih semua. stress takutnya dok.
      kalau begini apa yang harus lakuin dok? ini saya lagi taruh di kamar saya, saya gelapin kamarnya. biar dia tenang.
      kalau misalnya sampai besok masih putih fesesnya gimana dok? :(

      Delete
    3. oh iya, betul. taro aja di kamar yang agak sepi suara. super-n dan makan tetep dikasih ke shadow.
      saya kira cuma stress ringan aja itu... gak masalah kok... :)

      atau mbak bisa kirim saya fotonya? caranya kayak biasa, upload di postimage.org, linknya taro di sini

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. sudah dok, sekarang feses udah normal lagi. tapi makan masih ampunampunan susahnya :( bahkan pas waktu makannya dia nggak mau makan.
      saya bingung dok, apakah dia mabung atau tidak? memang banyak bulu yang rontok, cuma itu bulu halusnya. apakah mabung itu cuma buat bulu luar (ex: bulu sayap), ataukah rontoknya buku halus juga termasuk mabung? dia juga kayaknya jadi agak galak. dia kan langsung pasang mode waspada tiap liat sapu dok, terus pas tangan saya ada di atas kandangnya (lagi saya kandangin karena saya jauhin dari asep bakaran sampah) dia langsung mau nyerang tangan saya dok. sampe kepalanya kebentur kandang 2 kali dia nggak peduli. apakah mabung ya dok....

      Delete
    6. note: apakah bisa mabung dok? secara shadow baru 4bulanan (?)

      Delete
    7. kalo mabung emang awal2nya dari bulu halusnya dulu, setau saya sih gitu. jadi bertahan, sedikit demi sedikit.

      super-n rutin diberikan, kan?
      fesesnya gimana?

      kalo boleh, saya minta foto fesesnya. upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini...

      Delete
  76. dok.. saya baru beli owel (nama burhan saya) kmren. tp saya baru nemu blog dokter setelah saya beli si owel.. jadi, owel tdk melewati tahap karantina. klo di hari ke-2 ini baru saya lakukan karantina, apakah terlambat?
    lalu dlm masa karantina, apakah perlu ksh makan si owel? saya ksh makan dia jangkrik..
    tolong info nya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kok. :)
      saat masa karantina, kasih makan aja. sambil sesekali dielus. karantina itu bukan buat jinakin ya mas, tapi biar dia beradaptasi sama lingkungan barunya aja.
      jenis burung hantunya apa?

      cek artikel saya: parameter kesehatan burung hantu

      Delete
    2. dokter jahat.. masa aku dipanggil mas hiksss T_T
      jenis celepuk dok :D

      Delete
    3. oh, huehehehe. maaf, maaf mbak. :D

      Delete
  77. Baru nih dok 2017 ada yg komen lgi hehe saya mau tanya dok burhan saya dapet nemu deket rumah 2 ekor gatau usianya berpa pokonya masih banyak bulu kapasnya berdiri tegak di tenggeran aja belum bisa ,yg saya tanyain apa perlu saya kasih lampu bohlam yg kuning biar burhan ga kedinginan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah, mas.
      nanti malah jadi dehidrasi.

      cukup pastikan ruangan tempat memeliharanya gak dingin. tempatkan aja di kardus yang agak besar.

      Cek artikel saya, CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.
      kasih obat yang saya tulis di artikel itu. setetes setiap hari...

      makanannya mas bisa kasih cacahan daging emprit mentah atau daging puyuh mentah atau daging ayam mentah yang dicacah...

      Delete
  78. Dok mau tanya patner saya si dodo (tyto alba), kok fasesnya ada gelembung gelembung gelembung udara sama agak ada warna hijaunya apa itu indikasi sakit ?
    Bila indikasi sakit bagaimana cara menyembuhkannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasa kasih makan apa?
      di fesesnya lebih banyak warna putih susunya ya? bener?

      coba mas baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT

      Delete
  79. Kalau swaktu di karantina adanya filet daging sapi atau daging doq puyuh dok,ditaro aja di kardusnya? Gaperlu di fof dulu kan swaktu karantina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emang dia mau makan sendiri, gak apa-apa taro aja di kandangnya. Tapi biasanya sih dia gak mau makan kalo cuma ditaro, jadi taro aja dulu di kandangnya, tinggalkan selama 15 menit, kalo gak dimakan juga, baru sodorin ke paruhnya

      Delete
  80. Selamat pagi dok, maaf kalau ternyata pertanyaan nya ngulang. Saya punya celepuk dewasa. Dan sekarang bingung jinakinnya. Saya sudah baca artikel cara menjinakkan dari dokter, tapi terkendala tidak adanya ruang kosong yg bisa dipakai nglatih. Mohon pencerahannya dok. Terima kasih sebelumnya... 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      mas gak coba bikin owlbox sederhana? mas bisa bikin owlbox sederhana dari kardus yang didalamnya dikasih tangkringan, terus bagian atasnya ditutup, dan disalahsatu sisinya dicoak pake cutter sehingga bisa dibuka tutup kayak pintu. nah mas taro aja owlnya di situ....

      coba aja pake owlbox itu dulu.

      latihnya di ruangan yang ada aja. latih dasar2 dulu kayak FoF dan JTTF tahap 1 (short range)

      Delete
  81. Dok, mau nanya,, JTTF itu burungnya harus udah bisa terbang dulu? Kan kalo misalkan masi ada bulu kapas berarti masih belum bisa terbang buat mencegah diri dia jatoh, kasian juga kalo jatoh 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat JTTF, minimal sedang belajar terbang, udah bisa dilatih JTTF... :)

      kalo masih bulu kapas, mending latih FoF aja dulu mas. :)

      Delete
  82. permisi, apakah kita bisa menggunakan seekor burung hantu untuk melatih burung hantu lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur, saya pengen banget jawab BISA, mas. karena itulah sebenernya yang terjadi pada errol dan padma. tapi saya masih ragu2 apakah metode ini bisa terjadi juga di luaran atau nggak.

      tapi kalau masnya nanya saya secara pribadi, terlepas di luar itu bisa terjadi atau nggak, tapi saya pribadi jawab: bisa asalkan burung hantu yang lama sudah sangat bonding kepada mas... :)

      Delete
    2. saya punya 2 celepuk masing-masing baru bisa terbang.
      dan masing masing punya cara latih tersendiri.
      si piyip ramah sama manusia, kalau latihan makanan di taruh di tangan dia udh mau hinggap, tapi dia gmw makan n nyamperin makanan kalau makanan dia di lantai atau di bawah.
      nah, satunya pikok, dia mah kyk anti sama manusia, di pegang marah, dkit dkit kyk stress sebelumnya teknik latihanny ya fttf sama kyk piyip, yaitu di tangan. (klo di latih jttf mah gda yg mau).. nah suatu ketika ntah apa yang terjadi dia sedikit berubah padahal cara merawat n melatihnya sama seperti piyip.
      pikok ini lebih suka nyamperin makanan yang jatuh atau bebas, bukan di tangan n bner bner gsuka di pegang.

      apa ada saran dok untuk pikok.? atau harus nyoba bondingkan kepercayaan pikok dengan saya dan manusia lain.?

      Delete
    3. dulu juga si padma mirip dengan si pikok, mas. :)
      jadi menurut saya, biarin aja begitu. kalau dia emang bener2 gak mau dipegang sama kita, ikutin aja maunya dia. sifatnya si pikok itu childish, sama kayak si padma, burung hantu saya dulu. triknya, saya ikutin maunya dia. saya kasih makan dengan cara ditaro di lantai. mungkin sesekali towel dan elus pas dia lagi makan di lantai.

      intinya, buat dia senyaman mungkin sama kita.

      saya juga naro si padma di kamar saat saya sedang tidur, jadi dia bisa liat kita tidur di situ. dan itu lumayan bisa cepet membuat si padma akhirnya jadi bonding sama saya... :)

      mas bisa coba...

      saya tunggu kabar pikok dan piyip ya mas. salam dari errol dan padma.

      Delete
    4. si piyip yg sekarang susah di atur n gmw hinggap di tangan, kcuali bner bner ada makanan agak bsar dari jangkrik.(pinkies, anak pyuh,dll). mungkin kenak bisikan si pikok. xD

      langkah saya sekarang gimana?
      yaa dia biasa saya keluarkan rumah pukul 5 smpe 8 malam. slain itu masuk kandang besarnya. di kandang ada 3 owl sih, piyip,pikok, dan obay(orientalbay) 3 burung itu jg baru masuk juveline, jd baru bisa terbang.. kandangnya lumayan gede 1,45m tinggi, lebarnya 1m. panjang 1,15m.
      apa itu berpengaruh?

      Delete
    5. ada salam juga dari piyip,pikok dan obay. :D

      Delete
    6. kandangnya udah bagus itu mas.
      langkah selanjutnya kayaknya standar aja. ajak main. kasih super-n setetes setiap hari.

      si piyip coba kasih pingkies aja. biar instingnya lebih tajam lagi. :)

      Delete
  83. Nah saya mau naikin ke tangan dengan cara mendorong kakinya, malah di patok patok terus dia balik badan punggungin saya dok, saya greget sendiri padahal mau di ajarin FOF, saya ga mau gendong dia ke tangan saya, karena takut di paksa

    Apa saya harus sering sering dorong tangan saya ke kakinya dok? Biar dia kenal, terus mau naik ke tangan

    Btw, saya ga punya glove khusus burung, punyanya glove balap motor :p hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. sering2 dielus aja badannya dan kakinya.
      agar dia kenal tekstur kulit masnya...

      gak usah pake glove dulu. pertama2, usahakan dia kenal sentuhan tangan kita dulu. errol juga dulu gitu kok. :)

      maaf karena baru balas. dan kabari lagi. :)

      Delete
  84. Hallo dook. Ini saya, partnernya shadow yang duluu. Sori ya kemarinkemarin ilang dok. Sebelum saya sempet kirim foto feses shadow, saya sudah pelepasan kkn. Jadi udah lama nggak pulang.

    Jadi selama saya kkn keluarga saya yang jagain shadow. Hari ini saya balik ke rumah sebentar, dan saya lihat fesesnya normal. Tapi 1 kali sempet encer coklat muda, tapi balik lagi ke normal. Tapi sampe sekarang, dia masih susah sekali makan. Masih mau makan sih, cuma sekali makan 7 jangkrik, kadang gampang langsung dia mau makan, kadang susah juga.
    Apakah karena terlalu banyak jam makan dok? Sebelumnya saya kasih 4x sehari 6-8 jangkrik. Kalo dikurangi sampe 2x sehari dengan jumlah jangkrik yang sama, boleh dok? Sekarang sih masih berusaha kasih makan 4x sehari, cuma pas siang sore dia cuma mau makan 1-2 jangkrik.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.