Mengobati Kura-kura Yang Bengkak Leher | Drh. Fira Sovica

Adakalanya, kura-kura lehernya bengkak. Ada banyak penyebab kenapa leher kura-kura bengkak, biasanya karena keracunan ataupun infeksi. Maka penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi sebab leher kura-kura bengkak, sebelum mengambil tindakan pengobatannya. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya sebelumnya tentang cara mengobati kura-kura mogok makan.


Mengobati Kura-kura Yang Bengkak Leher
Seperti saya katakan sebelumnya, biasanya ada 2 penyebab kenapa kura-kura lehernya bengkak. Yaitu keracunan dan infeksi. Mari saya jabarkan kedua penyebab leher kura-kura bengkak tersebut:
  1. Leher kura-kura bengkak akibat keracunan.
    • Ciri kura-kura yang lehernya bengkak karena keracunan.
    • Kura-kura yang lehernya bengkak akibat keracunan lebih banyak terjadi pada kura-kura anakan dan lebih sering dialami oleh kura-kura darat seperti sulcata dan pardalis. Kura-kura yang lehernya bengkak akibat keracunan biasanya memiliki feses (tahi) yang mencret, kura-kura menjadi lemas, nafsu makan menurun (tidak hilang samasekali), dan kura-kura terlihat lemas dan tidak aktif bergerak. Perlu penanganan yang cepat dan serius untuk mengobati kura-kura lehernya bengkak karena keracunan.
    • Penyebab kura-kura yang lehernya bengkak akibat keracunan.
    • Penyebab kura-kura keracunan biasanya karena tidak sengaja memakan bedding (alas kandang). Kura-kura yang kandangnya diberi alas kandang berupa koran bekas biasanya mudah dirobek-robek oleh kura-kura menggunakan cakarnya, kemudian dimakan. Hal tersebut bisa menyebabkan kura-kura keracunan.
    • Cara mengobati kura-kura yang lehernya bengkak akibat keracunan.
    • Cara mengobati kura-kura yang keracunan makanan adalah dengan memberi minum air kelapa muda setiap pagi dan sore. Lakukan juga langkah pencegahan dengan mengganti bedding dengan yang aman. Anda juga bisa memberikan suplemen reptile booster yang sudah saya review di artikel cara agar reptil tetap sehat. Jika memang dalam waktu 4 hingga 7 hari kura-kura belum menunjukkan tanda-tanda penyembuhan, saya sangat menyarankan agar anda membawa kura-kura yang bengkak leher ke dokter hewan terdekat.
  2. Kura-kura leher bengkak akibat infeksi.
    • Gejala kura-kura yang lehernya bengkak karena infeksi.
    • Berbeda dengan kura-kura yang lehernya bengkak akibat keracunan, kura-kura yang lehernya bengkak karena infeksi biasanya akan berhenti makan samasekali karena merasa kesakitan. Adakalanya, feses kura-kura yang leher bengkak akibat infeksi berbentuk mencret, namun memiliki bau yang tidak sebusuk kura-kura yang bengkak leher akibat keracunan. Dalam tingkatan infeksi parah, bahkan kura-kura akan kesulitan mengeluarkan fesesnya. Kura-kura yang lehernya bengkak akibat infeksi juga kadang berhenti bergerak samasekali.
    • Sebab kenapa kura-kura lehernya bengkak akibat infeksi.
    • Infeksi pada leher kura-kura biasanya terjadi saat daya tahan tubuh kura-kura sedang lemah. Saat daya tahan tubuh kura-kura melemah, bakteri akan mudah masuk dan menyebabkan infeksi dan menimbulkan bengkak pada leher kura-kura. Hal ini tidak akan terjadi jika daya tahan tubuh kura-kura dalam keadaan yang prima.
    • Langkah pengobatan kura-kura yang lehernya bengkak akibat infeksi.
    • Cara mengobati kura-kura yang lehernya bengkak akibat infeksi adalah menggunakan suplemen reptile booster. Anda bisa membeli product reptile booster melalui langkah yang saya tulis di artikel cara agar reptile tetap sehat. Cara kedua adalah menggunakan antibiotik. Saya sendiri tidak menyarankan langkah kedua ini, kecuali atas saran dan petunjuk dokter.
Demikian adalah cara mengobati kura-kura yang lehernya bengkak. Semoga artikel singkat ini bisa berguna bagi anda sekalian. Ada yang masih ingin ditanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Mengobati Kura-kura Yang Bengkak Leher"

  1. Dok, sy punya kura2 siebenrocki, di bagian leher sm kaki nya banyak bintil2 kecil gitu, itu penyakit apa ya? Skrg kura nya uda mogok makan n kebanyakan merem

    ReplyDelete
  2. dok, di bawah telinga kura" saya terjadi pembengkakan tiba". dia juga males bergerak dan gamau makan. itu kira" dia kenapa ya dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.