Susu Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Di beberapa artikel, saya membolehkan memberikan susu non laktosa untuk musang. Merk susu untuk musang yang non laktosa antara lain susu merk sgm llm. Di artikel kali ini, kita akan sedikit membahas lebih lanjut dalam kondisi seperti apa musang boleh diberi susu.



Susu Untuk Musang
Artikel ini berkaitan dengan artikel saya yang lain, diantaranya cara memelihara musang zebra.
  1. Sebelum memberikan susu ke musang, ketahui dulu kondisi sistem pencernaan musang. Karena masing-masing musang punya kondisi sistem pencernaan yang berbeda pula.
  2. Ada musang yang memiliki sistem pencernaan yang kuat, relatif mudah menerima susu (baik susu yang mengandung laktosa maupun susu yang tidak mengandung laktosa), ada pula musang yang memiliki sistem pencernaan yang lemah, yaitu musang yang tidak mudah menerima susu.
  3. Prinsip dasarnya, kandungan laktosa pada susu akan membuat musang mencret, terutama musang yang memiliki pencernaan lemah. Musang yang pencernaannya kuat, biasanya tidak mencret meski diberikan susu yang mengandung laktosa sekalipun. Sebaliknya, musang yang pencernaannya sangat lemah, akan tetap mencret meski diberikan susu non laktosa.
  4. Coba berikan susu non laktosa seperti SGM LLM kepada musang peliharaan anda.
    • Jika kemudian dia mencret, lebih baik hentikan pemberian susu. Jangan diberi susu lagi, apapun jenis susunya.
    • Namun jika kemudian musang anda tidak mencret, anda bisa terus memberinya susu. Tentu yang non laktosa.
Demikian adalah artikel singkat mengenai aturan pemberian susu untuk musang. Semoga artikel singkat ini bisa berguna bagi anda, para pecinta musang. Masih ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

6 Responses to "Susu Untuk Musang"

  1. selamat sore dok, saya mau konsultasi baby musang pandan saya, usia 3 minggu selama ini saya kasih susu sgm ananda 0-6 bulan, tapi kenapa feses.nya gak padet dok, fesesnya seperti bubur warna kuning cerah.... saya minta saran dari dokter cara mengatasinya.. trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas stop dulu susunya, kasih makan pake bubur bayi aja.. buat agak encer....

      Delete
  2. selamat sore dok, saya mau konsultasi baby musang pandan saya, usia 3 minggu selama ini saya kasih susu sgm ananda 0-6 bulan, tapi kenapa feses.nya gak padet dok, fesesnya seperti bubur warna kuning cerah.... saya minta saran dari dokter cara mengatasinya.. trimakasih dok

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi dok,apakah baby musang boleh kalo dksih sun tanpa memberi susu, tolong jawab ya dok, maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. bahkan menurut sya, mending kasih bubur bayi aja, gak usah dikasih susu... karena kadang susu bisa bikin mencret kalau baby musangnya lemah...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.