Cara Memelihara Kancil | Drh. Fira Sovica

Cara merawat kancil

bisa dikatakan mudah, meski ada beberapa poin pemeliharaan kancil yang harus diperhatikan. Kancil, sering juga disebut pelanduk, adalah hewan yang kerap "dikambing-hitamkan" karena mencuri mentimun. Hewan yang memamah biak ini kerap hidung di hutan dan bisa berlari dengan sangat cepat untuk melarikan diri dari predator atau pemburu. Kancil serupa dengan rusa, dengan perbedaan kancil bertubuh jauh lebih kecil dari rusa. Kancil bersifat nocturnal (aktif pada malam hari) dan merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan).



Cara Memelihara Kancil
Image taken from nerjarob.com
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kancil sebenarnya bukan nama hewan. Kancil adalah sebutan bagi genus tragulus. Dalam bahasa Yunani, tragulus berarti kambing berukuran kecil. Ada banyak hewan dalam genus tragulus (bangsa kancil), diantaranya adalah java mouse-deer atau kancil jawa. Namun demikian, secara garis besar, cara memelihara kancil adalah sebagai berikut:
  • Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, pada dasarnya kancil adalah hewan herbivora. Namun, kancil yang dipelihara biasanya juga diberi makan serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong sebagai pelengkap makanannya. Makanan utama kancil adalah buah-buahan seperti pepaya, pisang, dan mangga. Untuk sayur-sayuran, kancil biasanya memakan kangkung layu, potongan wortel, dan bayam.
  • Kancil membutuhkan kandang yang luas. Jangan merawat kancil di dalam kandang sempit karena secara alami, kancil suka berlari ke sana kemari. Anda juga harus menyediakan hiding area di dalam kandangnya sebagai tempat kancil tidur dan bersembunyi.
  • Kancil, khususnya yang hasil tangkapan liar, sangat mudah stress karena suara keras atau mengagetkan. Pastikan lingkungan tempat memelihara kancil bebas suara bising dan mengagetkan agar kancil terhindar dari stress.
  • Meski terkesan pemalu dan penyendiri, kancil bisa dijinakkan. Kuncinya sama saja dengan hewan lain, yaitu interaksi (ajak main, elus-elus) dan handsfeed (beri makan disuapi pakai tangan). Harap perhatikan bahwa kancil sangat ahli dalam melarikan diri (kabur). Jadi, sebelum mengajak bermain kancil, pindahkan dulu kandangnya ke dalam kamar tertutup, lalu tutup pintu ruangan agar kancil tidak bisa melarikan diri keluar. Jika kancil sudah jinak dan sudah bonding kepada anda, anda bisa melatihnya di luar ruangan tertutup dengan syarat tidak ada suara-suara mengagetkan di sekitarnya.
Demikian adalah artikel tentang

cara memelihara kancil

yang saya tulis berdasarkan pengalaman studi. Semoga artikel singkat di atas bisa memberikan pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih banyak. (FS)

4 Responses to "Cara Memelihara Kancil"

  1. maaf dok mau tanya apa kancil termasuk hewan yang di lindungi, dan tidak boleh di perjual belikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih iya, mas.
      mungkin mas bisa tanya sama orang BKSDA. nomor telepon BKSDA sudah ada artikelnya...

      Delete
  2. dok, bagaimana cara mengobati kancil yang kepalanya terluka? disekitar matanya bengkak dan ada luka yang terbuka. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja.
      namun coba mbak baca artikel dosis amoxicillin untuk hewan. mbak bisa coba kasih amox itu, tapi tetep saran saya yang utama tentu bawa ke dokter hewan aja... lukanya kasih betadine...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.