Cara Memelihara Burung Sikep Madu | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara sikep madu

beberapa kali ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Merawat elang sikep madu sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang masih pemula dalam memelihara burung pemburu. Bagi anda yang pemula, sebaiknya anda memilih BOP yang lebih mudah dipelihara terlebih dahulu seperti memelihara burung hantu celepuk atau memelihara burung hantu oriental bay owl.
Cara Memelihara Burung Sikep Madu
Image taken from wikipedia.id


Sebelum memutuskan merawat sikep madu sebagai hewan peliharaan, anda sebaiknya mengetahui resiko memelihara burung sikep madu. Menurut status IUCN, burung sikep madu memang belum termasuk dilindungi (LC), namun jujur saja, saya secara pribadi tidak mengetahui secara pasti apa status konservasi burung sikep madu menurut hukum konservasi indonesia. Bagi anda yang ingin tahu status konservasi burung sikep madu dan mau mencoba memelihara burung sikep madu dengan legal, anda bisa membuat surat izin merawat burung sikep madu di kantor BKSDA setempat. Anda bisa menghubungi kantor BKSDA yang alamatnya ada di artikel nomor telepon dan alamat kantor BKSDA seluruh indonesia.
Nah bagaimana cara memelihara sikep madu?
  1. Berikan makanan secara rutin, 2 hingga 3 kali dalam sehari. Makanan burung sikep madu adalah serangga (jangkrik, belalang, lebah, larva lebah), ulat hongkong, ulat daun pisang (cingcalung), kadal, dan anakan dari mamalia kecil (bayi tikus). Atur pola makan, dan jangan sampai lupa memberi makan.
  2. Tempatkan sikep madu di ruangan tempat memelihara dengan menggunakan perch (tangkringan). Ruangan yang digunakan sebagai tempat memelihara sikep madu sebaiknya tidak terlalu bising dan memiliki suhu yang tidak terlalu panas dan terlalu dingin.
  3. Anda bisa melatih burung sikep madu dengan cara yang sama seperti di artikel cara melatih BOP.
  4. Bagaimana dengan cara memandikan burung sikep madu? Caranya sama seperti di artikel cara memandikan burung hantu.
  5. Tingkat stress burung sikep madu bisa dibilang medium, itulah sebabnya saya tidak menyarankan burung sikep madu agar tidak dipelihara oleh pemula. Demikian pula jika anda sudah expert dalam memelihara BOP dan burung hantu. Karena dalam beberapa case yang pernah penulis temui, kadangkala orang yang sudah bertahun-tahun dalam memelihara BOP pun kadangkala akan 'kelimpungan' saat memelihara sikep madu. Ada hal yang samasekali berbeda dan tidak tertebak, mulai dari mendadak tidak mau makan, mendadak murung, belum lagi ancaman penyakit tetelo, dan lain sebagainya.
Namun sebenarnya, penyakit pada burung sikep madu bisa diidentifikasi dengan cara melihat warna fesesnya, atau yang biasa disebut poopology. Cara mengetahui penyakit pada sikep madu bisa anda baca caranya di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya karena secara prinsip sama.
Demikian adalah sekelumit tentang

cara memelihara burung sikep madu

. Semoga artikel tentang cara merawat sikep madu dengan baik dan benar ini bisa menambah wawasan anda dalam memelihara BOP umumnya. Terima kasih. (FS)

34 Responses to "Cara Memelihara Burung Sikep Madu"

  1. Benarkah sikep madu juga bisa di berikan makanan buah seperti pisang dan pepaya dok?

    ReplyDelete
  2. Dok ijin nanya..kalo stamina bop cpt lelah bagusnya di kasih vitamin apa ya..bru fttf 5 meteran udh ngos"an..kondisi feses fecal putih hitam padat..kondisi burung lg super kurus pas dpt dri owner lamanya..mungkin kah kurang gizi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kurang gizi, mas. selama ini dikasih makan apa? fesesnya gimana? cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya, secara prinsip sama kok. kalau mau, mas bisa kasih multivitamin yang merknya vitahawk. maaf baru balas ya mas... saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Bru seminggu sih dok ini bop dirmh saya..pakannya selama ini puyuh hidup 2x sehari pagi sore jdwlnya..
      Fesesnya hitam putih bening..tdi pagi brusan muntah lendir,trus kemrn memuntahkn kembali daging utuh yg di mkn

      Delete
    3. oh pantes. kalau boleh saya sarankan, mending mas kasih bayi tikus yang masih merah (pinkies). kasih aja 1 atau 2 tiap hari. boleh aja kasih puyuh hidup, namun coba pilih yang masih anakan, yg tidak terlalu banyak bulunya, syukur2 kalau mas siangi dlu hingga tersisa dagingnya aja.... :)

      Delete
  3. Permisi dok saya punya chick CG kira2 3mingguan, kasih pakannya brapa kali dok 1 hari? Dan ngasihnya sampe dia udah gak mau mkan lagi atau gimana? Thank dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. porsi makan CG anakan biasanya 3 hingga 4 kali sehari. kasih makannya ini yang agak membingungkan, hehe. biasanya sih kakak2 kasihnya terus2an sampe dia gak mau makan lagi. keluarga saya semuanya pecinta bop, cuma saya aja maen burung hantu.... :)

      kasih saya kabar lagi ya mas. coba baca artikel2 saya lainnya mengenai BOP... :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok,saya punya CHE DM jumbo sdh jinak.bagusnya dikasih makan apa dok?kl kasih katak sawah boleh gak?dan bagaimana cara melatih skill dan instingnya? Terimakasih dok

    ReplyDelete
  6. Dok,saya punya CHE DM jumbo sdh jinak.bagusnya dikasih makan apa dok?kl kasih katak sawah boleh gak?sehari makan berapa kali dan jam brp?dan bagaimana cara melatih skill dan instingnya? Terimakasih dok
    PERHATIAN

    ReplyDelete
  7. Asalamualaikum dok.. sya dpt burung elang masi usia juve.. ciri2 nya berjambul.. sya cri tau jenis nya kyknya dia seperti elang sikep madu.. tpi blum pasti juga .. setiap hari sya kasih makan katak .. dan makanya lahap sekali.. kira2 dok dia besarnya seukurang elang apa yah ... bru makananya ngga' apa2 di kasih katak terus dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      nggak apa-apa sih, mbak. kasih katak aja. cuci dulu tapi. :)

      biar sehat, ntar mbak ke toko makanan burung, beli super-n. kasih setetes setiap hari. :)

      Delete
  8. Dok sy punya elng sikep madu aslinya makan apa sih. Ada yg bilang mkn buah. Sy kasih pisang hidup. Tp harus di suapin. Mau kasih serangga takut mati.

    ReplyDelete
  9. DOK knpa saya ngasih jangrik ngga di mkn sama sikep madu.a sama burung pipit cuma digigitin doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diliatin. pipit ditinggal aja deket kakinya. terus tinggal, jangan diliatin....

      Delete
  10. sikep madu punyaku kok makan tahu.tempe.telor dadar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibiasakan, mas... :(
      kasian...

      fesesnya selama ini gimana? mencret nggak?

      Delete
    2. fase nya hitam bu.. soalnya bingung bu mau kasih apa.. kasih ikan gk mau.. kalo telor goreng hobinya bu. kasih jangkrik mending mau tapi kadang di lepehin..burung udah jinak tapi kok gak bisa terbang ya

      Delete
    3. kasih makan makanan hidup. kayak tikus. bagusnya latih pake bayi tikus yang masih merah (pingkies)...

      usia burungnya gimana mas?

      saya khawatir sih sebenernya... :D

      Delete
  11. ya bu.. saya dapet dr tetangga.. kondisi jg memprihatinkan, kurus.. ..skrg lg doyan jangkrik bu..mungkin gak mau terbang karena kondisi badan gak ada tenaga pa ya bu.. akibat salah makan.. trus kalo kasih jangkrik harus pake tangan. gak mau ambil sendiri bu

    ReplyDelete
  12. kalo umur gak tau ya.. tp dah segede ayam jago

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jangkrik sebenernya gak masalah... :)
      kasih super-n, mas. sementara kita focus ke perbaikan makannya aja mungkin. mas bisa nyetok daging puyuh atau emprit di freezer. kalo mau makan, ambil sedikit, terus direndem di air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi, cacah, terus kasih ke burungnya...

      Delete
  13. terima kasih banyak bu dokter..akan saya ikuti saran bu dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam dokter setelah beberapa hari di kasih makan jangkrik dan mandi berjemur gerakannya mulai lincah. tp kenapa cuma sayap sebelah kanan yg bs di angkat ya,yg kiri gak mau angkat, aku coba ra gak ada luka dok..

      Delete
    2. kalau sayapnya yang turun mas angkat, dia kesakitan nggak?

      kalau nggak kesakitan, mungkin aja kurang kalsium. tapi gimana sekarang burungnya?

      coba ntar beli tulang ikan sotong di toko makanan burung. tumbuk sampe bener2 halus kayak bedak bayi. taburi ke jangkriknya. lalu berikan ke burungnya. cukup seminggu 2x aja.

      Delete
    3. terima kasih dok, gak kesakitan bu...untuk makan bagus nafsunya dok..malam ini langsung tek kasih tulang sotong dok.. terima kasih banyak dok

      Delete
  14. Assalamua,aikum dok, saya baru sjaa dikasih elang sikep madu (sesuai dengan ciri" yg djabarkan google karna si pemilik sblumnya kurang tau jenisnya apa), masih anakan gak tau umur berapa, udah bisa berdiri dn berjalan wlau agak tertatih. Saya kasih dia ikan kecil yg sudah mati gitu dalam porsi banyk dngan cra dsuapin, krn si anak elang gabisa makan sendiri, apakah tidak papa makan ikan kecil saja? Atau harus dikasih pakan lain seperti jangkrik, cacing, dsb sbgai pndukung? Smpe umur brpa anak elang disuapi makannya? Apakah ad vtamin khuss ntuk ksehatan anak elang? Trimakasih.


    Tri

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 dikasih makan ikan kecil. fesesnya gimana mbak? coba cek artikel parameter kesehatan burung hantu. secara prinsip sama.

      gak usah dikasih cacing. cukup ikan kecil atau jangkrik.

      untuk suplemen, mbak bisa kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. kasih setetes setiap hari

      Delete
  15. siang dok, udah lama ga curhat sama dokter. saya mau curhat lagi nih dok. tadi pagi saya rescue sikep madu di samping rumah. dari postur sama paruh kayaknya udah mature. tapi, masalahnya si burung cuma duduk aja di tanah. saya godain ga terbang2 cuma matok2. terus saya coba angkat, dia nya ga bisa jalan dok. ujungnya saya rescue aja ke dalam rumah berhubung tadi cuaca hujan. setelah 3 jam saya perhatiin dia ga pindah dari posisinya. cuma di tempat yg saya sediain aja. jangankan pindah, berdiri aja ga bisa dok. terus tadi saya lihat kayak muntah darah 3 tetes di handuk alas. saya musti gimana ini dok? di release dia ga bisa terbang, di biarin saya juga kasian nanti mati. atau ada rekomendasi ini burung musti di antar kemana. untuk makan saya tadi cobain jangkrik, ikan, daging ayam, tapi ga ada yang di hajar dok. gimana ini dooook

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, kalau tetelo kayaknya engga dok. soalnya kepalanya sigap kok ga kayak tetelo.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.