Ciri Kucing Yang Demam | Drh. Fira Sovica

"Dok, kenapa ya telinga kucing saya terasa panas?"

, demikian tanya salahsatu pengunjung blog ini yang bertanya mengenai ciri kucing yang sedang demam. Iya, salahsatu tanda kucing yang sakit (dalam hal ini, demam) adalah telinga kucing terasa panas atau hangat. Namun andapun jangan keburu panik. Artikel tentang memelihara kucing lainnya yang ada di blog ini antara lain cara memelihara kucing hutan dan cara memandikan kucing.


Ciri Kucing Yang Demam
Image taken from healthtap.com
  • Balik lagi ke pembahasan kita, yaitu kenapa telinga kucing terasa panas saat kucing sedang sakit. Kucing yang sedang demam memang daun telinganya akan terasa panas. Sama halnya seperti dahi/jidat manusia yang akan terasa lebih panas jika sedang demam.
  • Namun anda sendiri jangan khawatir jika telinga kucing terasa panas tanpa diikuti gejala kucing sakit lainnya berupa kucing terlihat lesu, banyak tidur, nafsu makan menurun, dan terlihat perubahan pada fesesnya. Secara alami, kucing mampu menaikkan suhu tubuhnya jika dia merasa kedinginan, misalnya habis dimandikan.
  • Jika kuping kucing terasa panas disertai dengan gejala kucing terlihat lemah, lesu, enggan bergerak, dan bentuk feses yang berubah, maka sebaiknya anda segera membawa kucing tersebut ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Demikian adalah artikel tentang

tanda kucing yang demam

, sekaligus membahas tentang kenapa telinga kucing terasa panas. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu para cat lover semua dalam memelihara kucing. Terima kasih. (FS)

38 Responses to "Ciri Kucing Yang Demam"

  1. Dok maaf numpang tanya saya punya sg joey dia bulunya ada yg kasar dok tra ada yg kyk klo kain dibakar jd kasar kaku gitu dok,trs juga maunya makan bubur aja saya kasih jus sama air ga dimakan/diminum dok.itu knp ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba airnya kasih sari kurma biar terasa manis.
      bulunya kaku kayak gimana? dan kalau boleh tau karena apa? :)

      saya tunggu kabarnya..

      Delete
  2. Maaf dok,saya mau tanya lg,kucing q yg jantan idungnya rada mampet kaya kena pilek,tapi makan sama pupnya normal.
    Solusi sembuhin kucing yang pilek gimana yah dok,makasih

    ReplyDelete
  3. mending kalau pagi2 ada matahari, mas jemur aja. kalau dalam 3 hari belum mendingan juga, bawa ke dokter hewan buat checkup... maaf baru balas, saya sedang sakit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dok,nanti mulai tak jemur,makasih sarannya dok

      Delete
  4. Dok.. kucing saya umur 3 bulan.. abis suntik scabies tiba2 demam.. g mau mkn n lesu.. sya hrs gmn y dok?trs klau bole tau apa demam itu bs dkrenkn krna suntik itu y dok??trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, emang kadang ada kasus kayak gitu. wajar kok.
      atau mas bisa telp dokter yang kemaren suntik scabiesnya. minta obat anti demam... :)

      Delete
  5. Dok mau tanya jika kucing lemas sering tidur, tidak nafsu makan, tetapi fesesnya sepertinya normal, kenapa ya dok? Selama ini dikasih antibiotik sm obat flu krn setiap dikasih obat flu dia lgsg agak aktif. Kalau demam, saya sudah pegang kupingnya suhunya normal sama spt kucing saya yg sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek, apakah dia keliatan susah bernafas?
      kalau saya sarankan sih mending cek aja ke dokter hewan terdekat. apakah mbak yakin fesesnya samasekali gak ada perubahan? mungkin dari bau?

      cuaca emang lagi gak bagus buat hewan, termasuk buat kucing... jaga agar kucingnya tetap hangat... :)

      kabari saya terus...

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Dok saya mau tanya 3 hari yang lalu kucing saya baru saya mandikan lalu sekarang dia badannya demam, kadang tiduran aja tapi makan tetap dan fesesnya yang terakhir masih agak keras,apakah itu demam biasa karena habis dimandikan dok? Lalu penanganannya seperti apa ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah 3 hari dan belum menunjukkan tanda2 baikan, lebih baik bawa ke dokter hewan aja, mbak... :)
      yang terpenting sebenernya jaga jangan sampe kedinginan, itu aja dulu... :)

      Delete
  8. Dok tanyak ni.. ada kucing yg setiap habis kawin(kimpoy) beraknya berdarah itu knp ? solusinya gimana Dok ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa penyebab, diantara dia sebenernya belum siap untuk kawin. jadi si betina ini belum siap dibuahi oleh pejantannya.
      penyebab lainnya adalah penyakit saluran kemih bagian bawah.
      untuk lebih jelasnya sih saya sarankan mas bawa ke dokter hewan aja biar dapat ditangani secara langsung... :)

      Delete
    2. di sini Dokter Hewan jauh.. jd tnyak dulu.

      makasih buat sarannya Dok.

      Delete
    3. nafsu makannya gimana? masih mau makan?
      fesesnya gimana?

      kalo dari nafsu makan dia masih mau, dan fesesnya kayaknya normal aja (gak mencret, baunya juga normal, gak terlalu bau busuk), saya kira dia masih sehat...

      Delete
  9. Dok mau tanya..
    Kucing saya kemarin sekitar jam 12 siang muntah (nasi), setelah itu badannya lemas, gak mau ngapa-ngapain, tidur + tiduran seharian. Dikasih makanan juga cuma diendus. Malamnya saya kasih air kelapa (saran dari temen). Pas tengah malam kucingnya pipis + poop (padat, tidak banyak). Pagi ini kucingnya pipis lagi tapi tetep dikasih makan gak mau dan langsung tidur lagi. Kucingnya sakit apa ya dok? Ada solusi untuk pertolongan pertama sebelum dibawa ke klinik dokter hewan?
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa?
      mas ganti ya makanannya?
      karena kalo kucing diganti makanannya kadang suka gitu, karena dia belum terbiasa dengan makanannya yang baru. kasih aja makanannya yang lama, yang baru stop dulu. kalo mau ganti makanan, jangan mendadak, sedikit2 dicampur ke makanannya yang lama....

      tetep kasih air kelapa 2x sehari, dan ganti makanannya... :)

      Delete
    2. Makanannya tetep sama dok. Nasi dicampur ikan rebus/kukus, gak pernah ganti. Sesekali saya kasih snack karna kalo nasi cuma dimakan sedikit, dan baru kemarin kucingnya pertama kali muntah. Pagi ini saya kasih air kelapa lagi dan sudah mau makan sedikit (ikan kukus), tapi nasi/snack/dry food belum mau. Sekarang balik tidur lagi :(
      Kalo gejalanya gini kucing bisa recovery sendiri gak dok? (cuma dibantu air kelapa)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. sore dok, saya baru adopsi anak kucing lagi (kucing lokal biasa). usia saya kurang yakin sih. mungkin sekitar 6-8bulanan.
    dia lagi diare uda sekitar 3hari. poop nya encer warna coklat.
    tapi nafsu makan maupun minumnya stabil aja dok. hanya poopnya aja encer.
    sudah saya kasih nutriplus 1x sehari tapi belum membaik.
    ada pengobatan tambahan yg perlu dilakukan ga dok ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, apakabar mas? sinyo gimana? :D
      kucing lokal biasa? mas dapetnya darimana? nemu atau beli?
      karena kalau beli, kemungkinan karena makanannya gak cocok/beda sama makanan yang biasa dikasih....

      kalau nemu, mending observasi selama seminggu dulu...

      makanannya mas kasih makan apa?

      Delete
  11. baik dok. sinyo juga alhamdulillah sehat dok. masih saya beri superN tiap pagi.
    leo sama mao kucing nemu dok. berkeliaran di dpn kantor adik saya, sama temen" kantornya mau dibuang di pinggir tol. lalu adik saya minta bawa pulang.
    makanannya saya beri Me-o kitten dok.
    untuj jenisnya, yg satu (leo) kayaknya kucing lokal biasa cm bulunya tebal banget. yg satunya (mao) kayaknya campuran ras sama lokal tp saya ga tau jenisnya apa. bulunya panjang.
    nanti akan saya lampirkan foto pup dan foto kucingnya dok.

    ReplyDelete
  12. https://postimg.org/image/jcvfxkxwv/

    https://postimg.org/image/7ouv8cvvr/

    https://postimg.org/image/wo0so97ex/

    https://postimg.org/image/al76wcm15/

    oh iya, saya juga beri susu growssy milk dok. soalnya selama saya kasih dryfood me-o, mao ga terlalu minum air putih. waktu diberi susu baru minumnya lahap.
    untuk 1hari bisa 3sachet susu yg habis diminum mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari fesesnya sih lumayan sehat.
      kemungkinan dia peliharaan orang, tapi dibuang, mas...

      so far so good. gak ada keluhan kesehatan apa2? :)

      Delete
  13. ga ada sih dok.
    mereka tetep aktif, makannya lahap, minum susu lahap juga.
    cm fesesnya aja cair begitu. soalnya miiu kan fesesnya padat jadi saya kira diare dok.
    krn khawatir juga jadi makanannya saya ganti ke royal canin kitten seperti saran di postingan dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. gak masalah kok.
      sekarang gimana keadaan kucingnya, mas? :)

      Delete
  14. dok, miiu jatuh dr lt.2 kebanting dengan bunyi cukup keras.
    begitu bangun langsung lari dan ngumpet dibawah sofa. setelah dikeluarkan lari ngumpet ke kolong tempat tidur. pas di angkat dinaikan ke atas kasur lgsg keluar pipis di atas kasurnya.
    mau saya bawa ke klinik hewan, kata adik saya ga perlu krn cuma syok aja.
    tolong dibimbing dok yg sebaiknya dilakukan apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan miu, mas?
      emang ada kemungkinan shock aja sih. tapi observasi aja selama 2 atau 3 hari setelahnya. kalau masih sama, baru bawa ke dokter hewan...

      sekarang gimana keadaan miuu...?

      Delete
  15. sudah baik dok. sekarang sudah aktif main lagi. mungkin memang cuma syok aja.
    terima kasih sarannya dok.

    ReplyDelete
  16. selamat pagi dok, selamat menunaikan ibadah puasa.
    lgsg saja dok, kemarin mao dan leo main di depan rumah. siang hari saya ambil pulang untuk makan. hanya leo yg makan. mao tidak makan dan lgsg masuk kamar saya dan tidur dbawah kursi. setelah itu leo ikut menyusul tidur di atas tempat tidur.
    sekitar jam 3sore saya bangunkan dan saya gendong, taruh di depan piring makanannya. mao tidak mau makan. hanya di endus aja kemudian tiduran di lantai depan makanannya. waktu mau saya gendong di bangun, jalan ke bak pasirnya dengan agak terpincang". lalu pipis di pasirnya. setelah keluar dari pasir, lgsg duduk aja tanpa grooming. jd saya lap pantatnya dgn tissue basah bayi. kemudian saya taruh di atas tempat tidur dan dia hanya tiduran saja dok.
    setelah saya gendong, saya baru sadar badannya panas sekali. saya jg sudah memastikan mengecek suhu tubuh mao dgn cara di atas.
    saya searching di google, cara menurunkan demam kucing salah satunya diberi bantalan es. jd saya kasi bantalan es. tp panasnya tidak kunjung turun.
    dia sejak siang tidak makan sama sekali sampai skrg (skrg jam 03.26 a.m).
    saya hanya bisa beri dia minum itu pun melalui botol susu kucing dgn dot tp minumnya jg dia ga terlalu banyak.
    pertolongan apa yg bsa d lakukan dok mengingat klinik hewan jauh dr rumah saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      agak susah sih mas. yang pasti ada infeksi, entah bakteri atau virus. dia demam karena tubuhnya sedang melawan bakteri itu. sama aja kayak manusia.

      cek, apakah fesesnya mencret dan hidungnya kayak ingusan nggak.

      terus kalo fesesnya mencret, untuk obatnya, mas bisa kasih amoxicillin. mas bisa beli amoxicillin cair di apotik, dosisnya mas bisa baca artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN.

      Delete
  17. kurang tau dok untuk fesesnya sepertinya pipis gitu tp cm sedikit sekali mungkin sekitar 1 atau 2sensok makan jd saya ga tau itu pipis atau mencret.
    hidungnya kering sekali dok. ga berair. dia jg ga mau minun.llm. kalo saya kasi susu boleh ga dok ? soalnya dr kemarin ga makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan, bahaya. mas bisa kasih wetfood (makanan kucing yang basah) sedikit. yang penting dia mau makan. atau kalau mau kasih susu, kasih susu khusus kucing...

      langsung aja kasih amoxicillin, mas.

      Delete
  18. kalo untuk wetfoodnya, apakah saya pakai royal canin kitten yg wet food atau royal canin recovery dok ?? soalnya saya sudah beli yg recovery jg tapi tulisannya adult dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22nya boleh, mas. pake yang kitten oke, pake yang recovery juga oke. optimalnya sih yang kitten... :)
      tapi kalo udah terlanjur beli yang recovery, gak apa2 kasih aja..

      Delete
  19. dok mo tnya dong klo kucing ga mau makan tu Obatnya apa ya awalnya sblm g mau mkn smpet muntah2 trs kmrn dia pupnya kya mencret gtu tp baunya ga sprti biasa tu knp ya dok klau saya pegang punggung nya atau perutnya kya ga mau gtu apa sakit perut smpe hr ini blm mau mkn saya khawatir dok obat apa yg sebaiknya saya berikan agar kucing saya sehat lg ?makasih dokter fira

    ReplyDelete
  20. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.