Bedanya Musang CB dan Musang WC | Drh. Fira Sovica

Istilah

musang cb dan musang wc

sama halnya dengan sugar glider. Perbedaan musang wc dengan musang cb adalah dari karakter dan sifat musangnya. Anda bisa juga mengikuti artikel saya yang lainnya yaitu cara memelihara musang akar.


Bedanya Musang CB dan Musang WC
Image taken from beritasatu.com
  • Arti musang cb dan musang wc terletak pada asal musang tersebut.
  • Musang cb (captive breed) adalah musang yang berasal dari penangkaran atau ternakan manusia. Musang jenis ini relatif lebih anteng dan kalem karena sudah terbiasa dengan lingkungan tempat hidup manusia. Musang cb juga lebih tahan stress dan relatif lebih sehat dibandingkan musang wc. Untuk menghasilkan musang cb, maka anda harus memulai ternak musang yang caranya bisa anda baca di artikel cara menternakkan musang.
  • Kekurangan musang cb dibanding musang wc tentu dari harganya yang lebih mahal. Hal ini tentu sebanding dengan kondisi musang yang lebih terawat, lebih minim stress, kebersihan yang terjaga, dan secara garis besar, musang cb relatif lebih baik dari musang wc.
  • Berbeda dengan musang cb, musang wc (wild caught) adalah musang yang berasal dari hasil tangkapan liar. Musang wc biasanya memiliki tabiat yang lebih kasar, galak, serta tak sungkan menyerang. Hal ini dikarenakan musang wc tidak terbiasa dengan kehadiran manusia. Musang wc juga lebih rentan stress karena tidak terbiasa di lingkungan manusia.
  • Kelebihan musang wc dibandingkan musang cb adalah harganya yang lebih murah, tentu dengan kondisi musang yang masih galak, kesehatan yang kurang terjamin, serta kemungkinan stress yang tinggi.
Demikian adalah

cara membedakan musang wc dengan musang cb

. Semoga artikel tersebut bisa menambah wawasan anda terutama anda yang memelihara musang. Saran, komentar, serta kritik dan saran bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

29 Responses to "Bedanya Musang CB dan Musang WC"

  1. Dok sebaiknya cg it d kasi makan dagng trus sesekali burung, apa burung trus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya benar. daging bisa, daging burung juga bisa. daging sebagai makanan pokok, burung sebagai selingan, oke. daging burung sebagai makanan pokok, daging sapi sebagai makanan selingan, oke juga... :)

      Delete
  2. Dok mohon maaf sebelumnya agak Out Of Topic nih, saya punya Muspan jantan usianya sekitar 7 bulanan, saya ada rencana mau di steril, kira kira hal ini akan baik atau tidak bagi Muspan saya & berapa kah usia ideal untuk muspan yang akan di steril tersebut, terimakasih atas jawabannya Dok.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur 7-8 bulan udah bisa disteril...
      soal baik atau nggaknya sih balik lagi ke ownernya. alasan mas sendiri mau mensteril musang apa? :)

      Delete
  3. Baik lah dok, alasan nya supaya si muspan ini gak jadi galak atau kabur saat memasuki masa berahinya, soalnya saya fikir musang jantan ini pasti juga mirip sama kucing / anjing jantan, kalo lagi berahi suka uring uringan dan maunya minggat terus, takut hilang...terimakasih atas infonya ya Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik... kalau ada yang mau ditanyakan lagi, bisa mampir kembali kemari... :)

      Delete
  4. Dok saya baru beli muspan umur kurleb 2 bln seminggu kemarin,tp smp saat ini makanya cuma mau sore smp malam aja,pdhl kata owner sebelumnya dia makanya pagi dan sore.....
    Kalo makanya sih tiap malam bisa abis satu kepala ayam rebus dan satu biji pisang.....gimana dok biar muspan saya mau makanya minimal 2x sehari siang dan malam?udah saya kasih tiap malam scott di campur k pisang tp tetap aja pagi/siang dia gak mau makan.....
    Minta saranya dok'.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang perlu mas ketahui adalah bahwa musang adalah hewan nocturnal (lebih aktif pada malam hari). jadi wajar kalau mereka lebih senang mengabiskan siang dengan tidur2an, malas2an. dll.
      itu yang pertama.
      yang keduanya, kalau toh memang musang mas sakit, mas bisa cek fesesnya. baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. baca juga artikel saya cara menambah nafsu makan musang.

      banyak artikel lain yang berkaitan dengan menambah nafsu makan musang di blog ini. silakan baca2 dulu... :)

      Delete
  5. Udah d baca semuanya dok,kan saya pembaca setia blog ini :D

    Bentuk fesesnya normal dok,sejak makanya d kasih scott nafsu makanya lumyan bertambah.....
    Apa harus kurangi jatah makan malamnya biar pagi dia mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah. biarin dia makan malam agak banyak. mungkin karena pengaruh cuaca juga mas... :)

      Delete
  6. Oh gt ya dok,,,,,dia mulai makanya sekitar jam 5 sore smp jam 1 malam,setelah jam" sgtu smp pagi/siang makanan akan tetap utuh.....


    Kadang setiap hari d bulu musang saya ada sisa atau bekas makanan yg nempel d bulunya,kalo saya bersihin pake lap basah lalu setelah agak kering d kasih babyhair lotion itu boleh tidak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah. biarin aja dia makan dari mulai jam 5 sore sampe jam 1 malam. setelahnya, cukup taruh makanan di kandangnya.... :)

      boleh. bersihin sisa makanan drai bulunya lalu dikasih hair lotion boleh2 aja....

      coba cek fesesnya mas.... kasih makan pepaya, lalu cek fesesnya... apakah warnanya sama kayak pepaya yang dimakan? kalau sama, masih sehat... :)

      Delete
  7. Tadi udah saya kasih pepaya dan buang air besarnya lebih cepat d banding waktu saya kasih pisang dan kepala ayam jam 2 malam baru buang air besarnya....

    Dari tiga kali buang air besar cuma yg kedua kotoranya seperti pepaya tp campur agak sedikit padat sperti kotoran wkt saya ksh kepala ayam.... Kalo yg pertama dan yg ketiga fesesnya sama sprti pepaya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus. lanjutkan lagi kasih pepaya, mas hingga benar2 kotorannya kayak pepaya. minimal lakukan 3 hari berturut2.... :)
      sehat selalu buat musangnya...

      Delete
  8. Udah tiga hari saya kasih pepaya tp bentuk kotoranya msh aja ada yg warnaya agak hitam tp lembek dan baunya sprti kotoran ayam(agak menyengat)....apa musangnya sehat dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih terus pepaya selama 1 minggu lagi.
      dan kasih air kelapa muda sebagai minumnya....

      cek artikel saya cara mengobati musang keracunan.. :)

      Delete
  9. Assalamu'allaikum.wr.wb ...
    dok saya punya beberapa pertanyaan ...
    saya punya musang WC,
    di elus-elus mau tapi di angkat malah berontak ...
    saya mau coba jinakin dia, tapi saya sendiri masih takut sama gigitannya ...

    yang mau saya tanyakan, ..
    1. gimana caranya supaya saya tidak takut sama gigitannya ?

    2. gimana caranya supaya dia gak muter muter terus di kandang ? soalnya musang saya kalo di liatin suka muter muter gak jelas di kandang dok ...

    3. salah gak dok kalo saya kasih makan putih telur campur nasi kecap tiap hari? soalnya dua minggu belakangan ini saya selalu kasih makan itu ...

    itu saja yang ingin saya tanyakan dok ...
    sekiranya dokter berkenan untuk menjawab pertanyaan saya ...
    maaf kalau saya banyak nanya,, karna saya masih newbie dalam merawat musang dok ...

    mohon bimbingannya dok ...
    terimakasih ...
    wassalamu'allaikum.wr.wb ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. masalahnya sebenernya bukan di musangnya, tapi di masnya. :)
      sering saya katakan berkali-kali, menghadapi musang yang buas itu sama kayak kita menghadapi ketakutan kita sendiri. kalau kita takut, si rasa takut itu malah semakin besar.

      musang juga gitu. musang (dan hewan lain) selalu tahu kalau kita takut. dan kalau kita takut, mereka malah makin berani. makin konfrontasi. yang paling baik sebenernya membiasakan diri digigit. kalau misalnya gigitannya membahayakan, mas bisa pangkur taringnya di dokter hewan. tapi ini opsi terakhir loh ya, opsi kalau memang gigitan musangnya udah parah banget. kalau hanya luka2 kecil saja, gak usah dipangkur... :)

      2. musang wc sudah terbiasa di alam bebas. dia tidak terbiasa dikurung di kandang meskipun kandangnya besar. jadi wajar kalau begitu dimasukkin ke dalam kandang, dia akan muter2 gitu..... nanti juga terbiasa... :)

      3. gak masalah sehari2 kasih menu itu. tapi usahakan seminggu sekali kasih buah (pepaya atau pisang). biar sistem pencernaannya bagus... :)

      silakan mas baca2 lagi artikel saya yang lain mengenai musang di blog ini.... dan jika ada yang ditanyakan, silakan ajukan pertanyaan di komentar... :)

      Delete
  10. oh begitu ya dok ... :)
    terimakasih banyak dok atas jawabannya ... :)
    amanat dokter akan segera saya terapkan ...

    ReplyDelete
  11. Kotoranya skrng udah sprt pepaya semua dok,,,apa skrng boleh d kasih pisang atau daging ayam?

    Dan untuk menggemukan musang,butuh berapa lama prosesnya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira udah cukup sehat sekarang... bisa kasih pepaya atau daging ayam....
      sekarang coba kasih air kelapa muda agar pencernaannya lebih sehat, mas... :)

      menggemukkan musang bisa dilakukan sampai badan musang keliatan ideal. gak terlalu gendut atau tidak terlalu kurus... silakan baca2 artikelnya... :)

      Delete
  12. Assalamualikum dok saya masih newbi saya mau melihara musang dan mau beli kira kira cara bedain muaang cb atau wc gimana ya ,trimakasih dok assalamualikum

    ReplyDelete
  13. Dok musang saya umur sekitar 2.5 bulan. D dekat matanya kok bulunya rontok kelihatan kulitnya dok. Sama jari kaki depannya juga begitu. Kira2 kenapa ya dok terus bulu itu bisa tumbuh gak dok. Terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Dok musang saya umur sekitar 2.5 bulan. D dekat matanya kok bulunya rontok kelihatan kulitnya dok. Sama jari kaki depannya juga begitu. Kira2 kenapa ya dok terus bulu itu bisa tumbuh gak dok. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebersihan musangnya di jaga?
      kemungkinan karena kebersihannya kurang terjaga atau tergesek2 jeruji kandang atau tergesek benda lain....

      chat aja mas biar lebih instens... :)

      Delete
  15. Dok kok musang saya klo saya pulang ngaji, malam waktu nya makan dya langsung bangun dari tidur nya, trus pas saya buatin makanan nya, pas saya lepas langsung gigit tangan saya dok, sdikit kenceng sih... Itu knpa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang emang kadang ada yang kayak gitu, lebih aktif saat malam hari. wajar kok karena musang emang hewan nocturnal (aktif pada malam hari)....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.