3 Langkah Mudah Menjinakkan Garangan | Drh. Fira Sovica

Menjinakkan garangan

bisa dilakukan dengan cara tertentu. Sebagai hewan karnivora, di habitat aslinya garangan biasa memakan daging namun juga kadang mereka memakan daun dan buah manis. Selebihnya, anda bisa membaca cara memelihara garangan di blog ini. Cara membedakan garangan jantan dengan garangan betina bisa anda baca di artikel bedanya garangan jantan dengan betina.

3 Langkah Mudah Menjinakkan Garangan
Image taken from unikonservasifauna.org
Cara menjinakkan garangan bisa anda terapkan melalui cara-cara berikut ini:
  1. Interaksi adalah hal utama dalam menjinakkan garangan. Makin sering anda berinteraksi dengan garangan peliharaan anda, maka akan lebih cepat garangan peliharaan anda jinak.
  2. Sama seperti hewan nocturnal lainnya seperti musang dan sugar glider, garangan sangat mudah dalam membaca pikiran manusia atau ownernya. Hal ini berguna saat anda menjinakkan garangan. Jangan pernah sok berani atau menunjukkan rasa takut saat berhadapan dengan garangan. Bersikaplah biasa saja, jangan merasa terlalu berani atau jangan tunjukkan rasa takut. Garangan akan mengintimidasi anda, baik jika anda takut atau anda berani. Cukup posisikan diri anda sebagai orang yang menyayangi dia.
  3. Saya berpendapat bahwa garangan usia apapun bisa jinak. Ya, bahkan garangan berusia tua pun masih bisa jinak asalkan anda sabar dalam menjinakkannya. 

Demikian adalah

cara menjinakkan garangan

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat diatas bisa menjadi acuan anda dalam memelihara garangan. Saran dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. (FS)

10 Responses to "3 Langkah Mudah Menjinakkan Garangan"

  1. Dokter... saya punya baby garangan nth umur brp... bulu merahny baru kluar... dy udh jinak dok cuman dy msh takut jk aku ambil di dlm kandang atau saat aku free room dy mesti ketakutan saat mau aku pegang tp setelh aku pegang dy mnj bngt seolah" dy udh bnr" jitot... gmn cara ngilangin ketakutany saat mau aku pegang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 ajak main terus mas. mas baru pelihara dia ya?kalo baru pelihara, wajar kok kayak gitu. karena dia belum kenal sama mas.

      mas merokok? kalau nggak merokok, taro aja kaos bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya. biar dia inget bau tubuh masnya...

      kalo merokok, jangan.

      Delete
  2. DOK SAYA JAGA PUNYA NIH . KALO DI DLAM KANDANG SAYA PEGANG PEGANG BIASA . TPI KADANG DIANYA GIGIT . YA GAK SAKIT SIH CUMA BIKIN KAGET . TU GIGITNYA NGEJAK BECANDA ATAU EMANG MAU NGLAWAN SAYA & GIMANA CARA MENGATASINYA . TLONG DIJAWAB YA DOK . SYA BUTUH JWBAN ANDA , TRIMAKASIH

    ReplyDelete
  3. dok cara agar garangan saya tidak brigas dok gimana jawab dok tlong?

    ReplyDelete
  4. Dok cara agar garangan saya anteng?

    ReplyDelete
  5. Dok cara agar garangan saya anteng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya relatif sama dengan yang saya tlis di artikel cara agar musang anteng...

      Delete
  6. Dokter,garangan saya udh gamau gigit klo dikandang aman bgt pokoknya. Tapi giliran dikeluarkan dan diangkat dia langsung teriak dan kadang2 bisa ngigit dan lari ngacir trs klo dilantai... gmna cara dia agar anteng bisa maenin diluar kandang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih sering diajak main lagi. biar dia lebih kenal sama mas. nggak apa2, awal2 emang ngacir, tapi lanjut aja... :)

      masnya merokok? kalau nggak merokok, taro kaos bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya dia... biar dia kenal bau masnya...

      Delete
  7. Garangan saya lemas kurang nafsu makan saya baru beli kemarin bagaimana mengatasi nya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.