Cara Memandikan Kucing | Drh. Fira Sovica

Memandikan kucing

adalah hal yang wajib dilakukan dalam memelihara kucing, baik itu kucing ras atau bahkan kucing kampung sekalipun. Cara memandikan kucing yang baik dan benar juga bisa membuat kucing semakin sehat dan menarik. Kucing yang terawat akan terlihat lucu, meskipun kucing tersebut bukan kucing ras. Artikel mengenai cara memelihara kucing persia bisa anda baca di artikel cara merawat kucing persia.
Cara Memandikan Kucing
Image taken from vetstreet.com

Nah, dalam memandikan kucing, ada beberapa peralatan dan perlengkapan memandikan kucing. Dan inilah perlengkapan untuk memandikan kucing, langkah-langkah memandikan kucing, serta beberapa peraturan dalam memandikan kucing:
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan kucing:
    1. Sebelum memandikan kucing, pastikan bahwa kucing yang akan dimandikan benar-benar sehat. Jangan sekali-kali memandikan kucing yang sedang sakit karena bisa memperparah penyakit pada kucing.
    2. Sebaiknya, mandikan kucing pada pagi atau siang hari. Jangan memandikan kucing atas jam 3 sore.
    3. Jangan memandikan kucing di ruangan ber-ac.
    4. Jangan memandikan kucing saat cuaca sedang hujan.
    5. Kucing yang dimandikan hendaknya berusia diatas 4 bulan. Kucing dibawah usia 4 bulan bisa dimandikan dengan cara mengelapnya dengan kain yang dibasahi air hangat.
  • Peralatan memandikan kucing:
    1. Bak berisi air hangat-hangat kuku dan bak berisi air biasa (air bersuhu normal).
    2. Shampoo khusus kucing. Shampoo ini bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.
    3. Handuk.
    4. Sikat khusus kucing.
    5. Blower atau hair dryer untuk mengeringkan bulu kucing.
    6. Sisir kucing. Bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.
    7. Bedak khusus kucing. Jika tidak ada, bedak khusus kucing bisa diganti dengan bedak bayi.
    8. Cottonbuds.
    9. Baby oil.
    10. Nail Clipper atau gunting kuku kecil.
  • Cara memandikan kucing:
    1. Langkah pertama dalam memandikan kucing adalah membersihkan telinga kucing dengan cotton bud yang dibasahi dengan baby oil. Harap berhati-hati saat melakukan langkah ini, dan jangan terlalu dalam. Jangan sampai mengenai gendang telinga kucing.
    2. Langkah selanjutnya dalam memandikan kucing adalah memotong kuku kucing. Cukup potong bagian kuku kucing yang terlihat bening dan jangan mengenai bagian dalam kuku kucing. Cukup potong bagian yang tajam dari kuku kucing.
    3. Sebelum membasahi tubuh kucing dengan air, periksa bagian tubuh kucing dari tungau, jamur, dan lain sebagainya, pastikan bagian tersebut nantinya terkena air dan shampoo saat dimandikan nanti.
      Setelah seluruh bagian tubuh kucing diperiksa, tutup teling kucing dengan kapas agar tidak kemasukan air saat tubuh kucing disiram dengan air.
    4. Siapkan gayung kecil, kemudian siram tubuh kucing dengan air hangat secara perlahan dan sehati-hati mungkin. Siram bagian tengkuk terus memanjang ke bagian ekor dengan air yang sedikit, lalu ulangi menyiram tubuh kucing dengan air hangat lagi hingga seluruh bagian tubuh kucing dan semua bulu kucing basah. Jangan lupa juga untuk membasahi bagian tubuh yang terkena jamur atau kutu. Setelah bagian tubuh kucing basah, basahi bagian dagu, leher bagian atas, dan telinga kucing hingga merata.
    5. Tuangkan shampoo khusus kucing ke tangan anda, kemudian usap ke seluruh badan kucing hingga merata. Hati-hati saat menggosok bagian wajah kucing terutama sekitar mata, hidung, dan telinga bagian dalam. Gosok secara perlahan seluruh bagian tubuh kucing hingga berbusa, bersihkan telapak kaki kucing dengan sikat khusus secara perlahan, gosok bagian tubuh kucing yang terkena kutu dan tungau seperti scabies, lalu diamkan kucing selama 6 hingga 8 menit, lalu bilas tubuh kucing dengan air hangat hingga sisa busa dan sisa shampoo kucing benar-benar bersih.
    6. Angkat tubuh kucing ke meja yang sudah disiapkan, dan keringkan tubuh kucing dengan mengusapnya dengan handuk. Bila kucing tidak takut dengan hair dryer, anda bisa menggunakan hair dryer untuk membantu pengeringan bulu kucing. Jika kucing tidak menyukai hair dryer, jangan memaksanya. Cukup keringkan bulu kucing dengan handuk, lalu angin-anginkan kucing di tempat yang bersirkulasi udara bagus sambil disisir dengan sisir khusus kucing. Pastikan proses pengeringan sempurna, jangan sampai ada bagian kulit atau bulu yang masih basah karena dapat menyebabkan timbulnya jamur. Setelah bulu kucing sudah kering, periksa lagi bagian-bagian tubuh kucing sekali lagi dari kemungkinan adanya bagian tubuh kucing yang masih basah.
    7. Setelah anda benar-benar yakin semua bagian bulu dan kulit kucing sudah benar-benar kering, taburi bulu kucing dengan bedak khusus kucing atau bedak bayi. Penaburan bedak kucing ini harus dilakukan secara merata hingga ke seluruh bagian bulu dan tubuh kucing, kemudian sisir bulu kucing dengan sisir khusus kucing. Proses memandikan kucing selesai.
Demikian adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum memandikan kucing, peralatan memandikan kucing, dan

cara memandikan kucing

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu para cat lover dalam merawat kucing mereka. Saran, kritik, komentar, pertanyaan, serta konsultasi bisa ditulis di form dibawah ini. Terima kasih. (FS)

22 Responses to "Cara Memandikan Kucing"

  1. Dok, saya mau tanya. kucing saya umur 1th 8bln kok ada benjolan gitu ya dibelakang lehernya kalo dipencet sakit dia ngeong

    ReplyDelete
  2. dok artikel tentang kucing cuma sedikt ya dok.ada nya hanya cara memandikan nya aja kayakny.ada yg lain g dok

    ReplyDelete
  3. dok artikel tentang kucingnya cuma ini aja ya dok.ada yang lain g dok

    ReplyDelete
  4. pagi dok.
    pagi ini ada anak kucing liar yg datang kerumah. blm terlalu besar sih.
    adik saya mau melihara, padahal saya kan pelihara nuri dirumah.
    pertanyaan saya :
    1. bisakah melihara nuri sambil melihara kucing juga ?
    2. kucing ini bersin" dan ada kotoran / belek di matanya, bagaimana cara mengatasinya ?
    3. untuk makanannya dikasi apa ya dok ? apa bisa dikasi makanan kucing kalengan ?
    4. bagaimana cara mengetahui umur kucing supaya bisa dimandikan / tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bisa kok.
      2. dilap/dibersihkan aja matanya pake tisu/kapas.
      soal bersin2, apakah hidungnya basah? coba kasih multivitamin kucing yang merknya nutriplus gel. :)
      3. bisa kasih makanan kucing kalengan.
      4. umur kucing atau hewan lain biasanya bisa diliat dari jumlah giginya. kalo hanya dari tampilan, kita hanya bisa mengira2.


      fesesnya gimana, mas? mencret nggak? bisa kirimin saya foto fesesnya? biar saya analisa di sini.

      Delete
  5. fesesnya ga tau gimana dok, soalnya kalo pup dia keluar rumah.
    jadi ga pup di dlm rumah.
    hidungnya kering dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mas beli nutriplus gel buat suplemen kucingnya. :)

      untuk porsi makannya, sebenernya kucing akan berhenti makan sendiri kalau dia kira udah kenyang. coba aja kasih makan agak banyak. sebelum dikasih, ditimbang dulu berapa gram beratnya. setelah itu baru kasih. setelah kucingnya berenti makan, bekas makannya yang tadi ditimbang lagi. jadi ketauan berapa gram porsi makannya. :)

      Delete
  6. dok, bagaimana cara memberi makan kucing yg benar ? porsi untuk makanan wet food nya sama dry food nya ?

    ReplyDelete
  7. lalu, untuk pemberian makannya.
    dry food dan wet food nya, apakah dicampur jadi satu atau di pisah di 2 tempat ??
    saya agak bingung karena baru kali ini pelihara kucing.
    kata bbrp kawan saya, ada yg bilang di campur, ada yg bilang di pisah, ada yg bilang di selang seling pagi nya wet siang-malamnya dry..

    ReplyDelete
  8. dok, miiu saya sebelah matanya merah. terus tadi seharian dia kabur dari rumah pas saya ktemuin, matanya lebih merah trus kelopak mata bagian bawahnya bengkak, merah, dan matanya jg berair.
    itu kenapa ya dok ?? dan penanganannya bgmna ya ?

    ReplyDelete
  9. dok, kucing saya hidungnya tersumbat jd suka kyk batuk / bersin gitu. trus badannya panas bgd. saya ga tau pup nya gimana krn dr pagi dia ga pup.
    gimana penanganannya dok ?? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf banget karena baru balas... saya baru sampe indo tadi malam, ini juga lumayan masih jetlag...

      badannya panas karena ada inveksi bakteri atau virus yang masuk ke tubuhnya. kemungkinan karena flu itu. kalau emang kucingnya masih bertahan, mending bawa segera ke dokter hewan terdekat biar dapet antibiotik, mas.... sesegera mungkin bawa ke dokter hewan... :(

      sekali lagi, maaf karena saya baru bisa balas sekarang...

      Delete
  10. Dok kucing bisa gak dimandikan pakai sampo bayi kalo bisa sampo bayi
    apa yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih pake shampo khusus kucing. tapi pake shampo bayi juga gak kenapa2....

      apa aja. yang penting yang tidak pedih di mata...

      Delete
  11. Iya sih dok tapi permasalahannya petshop di daerah saya jauh bisa 1 jam perjalanan jadi saya mau coba pakai sampo bayi.tapi dok kalo dalam jangka panjang saya mandikan pakai shampoo bayi ada efek samping nya gak ya dok??? Ada lagi dok kucing saya kurang suka sama hairdryer jadi cuma saya usap pakai handuk trus di jemur Samapi kering gak papa kan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake shampo bayi juga gak apa2, mas...
      iya, lap aja sampe kering, tapi terus jangan dijemur. diangin2kan aja sampe kering... jadi di taro aja di dalam ruangan... ;)

      Delete
  12. Dok kucing saya sering saya outdoor sebernya kadang kadang juga indoor tapi kemarin habis jalan jalan ekor nya kena tanaman semacam bunga bunga kecil kering dengan jumlah cukup banyak udah saya ambil 1 persatu tapi ada juga yang berkelompok hingga menyebabkan gimbal sehingga mustahil di bersihkan penangan Pertaman gimana ya dok atau harus saya gunting di bagian yang menggimbal karena kena tanaman ???

    ReplyDelete
  13. Dok saya mau tanya kalau kucing yg sedang hamil boleh di mandikan atau tidak ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  14. dok mau tanya ini kucing klo pup disertai bunyi trus mencret tapi ngga encer bgt tuh gimana ya dok cara pengobatan sendiri dirumah? makan masih mau, trus dia juga kyk biasanya cenderung lincah bgt
    dia persia umurnya 3 bulanan cowok dok

    makasih dokter cantik mohon penjelasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikompres aja mas perutnya, pake botol bisi air hangat. selengkapnya, mas bisa baca artikel cara mengobati kucing kembung

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.