Cara Memelihara Kucing Sphynx | Drh. Fira Sovica

Meski tidak memiliki bulu,

cara memelihara kucing sphynx

sebenarnya sama saja dengan memelihara kucing biasa. Dan meski tidak memiliki bulu, kucing sphynx berasal dari kanada ini tetap bisa menularkan penyakit toksoplasma kepada manusia. Selengkapnya tentang penularan toksoplasma, bisa dibaca di artikel semua tentang toksoplasma.
Nah, kembali ke topik. Sama halnya dengan memelihara kucing lain, memelihara kucing sphynx membutuhkan perawatan dan kebersihan kandang seperti kucing lain. Hal yang harus diperhatikan dalam memelihara kucing sphynx adalah sebagai berikut:
Cara Memelihara Kucing Sphinx

Image taken from http://nocoatkitty.com/
  1. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam
memelihara kucing sphynx adalah menjaga kebersihan kandang dan tubuh kucing. Meski tidak memiliki bulu, kucing sphynx harus dimandikan dan diberikan treatment layaknya kucing pada umumnya. Kucing sphynx juga tidak tahan terhadap suhu udara, baik itu suhu rendah ataupun suhu dingin. Dan saat kepanasan, kulit kucing sphynx akan mengeluarkan banyak minyak sehingga minyak tersebut bisa menumpuk di kulitnya dan bercampur dengan debu menjadi daki. Mandikan kucing sphynx minimal satu minggu sekali. Sebaiknya kucing sphynx tidak dibiarkan berkeliaran di luar rumah.

  • Hal kedua yang harus diperhatikan dalam merawat kucing sphynx adalah pemberian pakan yang sesuai dengan usianya.



  • Kucing sphynx hendaknya diberi makan sesuai dengan usianya agar pertumbuhan tubuh dan kesehatan kucing sphynx tetap terjaga. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memutuskan untuk memelihara kucing sphynx.

  • Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam memelihara kucing sphynx selalu siap untuk membawa kucing sphynx peliharaan anda ke dokter hewan terdekat jika ada hal yang janggal, baik itu dari segi fisik maupun dari segi psikis kucing sphynx anda.


  • Hal ketiga dalam tips memelihara kucing sphynx tersebut sebenarnya tidak hanya berlaku untuk kucing sphynx saja, namun untuk jenis kucing dan hewan lainnya saja. Hewan termasuk makhluk hidup, dan memutuskan untuk memelihara hewan berarti siap untuk memberikan pelayanan kepada hewan tersebut. Demikian adalah tips

    cara memelihara kucing sphynx

    yang bisa menjadi acuan anda dalam memelihara kucing sphynx. Segala macam komentar, kritik, dan saran bisa dituliskan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

    3 Responses to "Cara Memelihara Kucing Sphynx"

    1. Dokter,,
      bolehkah saya bertanya??
      Kemarin saya menemukan seekor kucing sphynx di pinggir jalan ang baru saja di buang oleh pemiliknya karna ada kecacatan pada matanya,saya ingin tahu bagaimana cara memeliharanya dan apa makanannya.

      Terimakasih,dokter.

      ReplyDelete
      Replies
      1. kucing puluhan juta ditelantarkan, itu enggak mungkin,..
        dan yg perlihara sphinx pasti cat lover, bukan pecinta abal2,..

        Delete
      2. cara memelihara kucing sphinx ada di artikel di atas. :D

        Delete

    Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
    Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.