Friday, April 28, 2017

Penyebab dan Cara Mengobati Kura-kura Muntah | Drh. Fira Sovica

Sebelum

mengobati kura-kura yang muntah

sebaiknya diketahui dulu penyebab kenapa kura-kura muntah itu sendiri. Ada beberapa sebab kenapa kura-kura peliharaan kita muntah, dan artikel kali ini akan membahas mengenai sebab kenapa kura-kura muntah dan cara mengobati kura-kura yang muntah berdasarkan sebabnya. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara kura-kura emys dan artikel cara merawat kura-kura leher panjang.
Penyebab dan Cara Mengobati Kura-kura Muntah
Image taken from wikipedia.org
Apa saja penyebab kura-kura muntah? Berikut adalah sebab dan cara mengobati kura-kura muntah:
  • Memakan makanan yang terlalu besar, diberi makan terlalu banyak, atau makan terlalu cepat.
  • Sama halnya seperti manusia yang bisa 'keselek' jika makan makanan yang berukuran terlalu besar, demikian pula dengan kura-kura. Pun jika anda memberi makan kura-kura, sebaiknya makanannya dipotong-potong atau dicacah kecil-kecil agar kura-kura anda mudah untuk memakan makanan tersebut. Cara menangani kura-kura yang muntah akibat keselek adalah dengan mendiamkannnya selama beberapa menit, kemudian memberinya minum dengan air mineral.
  • Salah makan, makan sesuatu yang menurut dia 'aneh', atau memakan sesuatu yang bukan makanan.
  • Penyebab kedua dari sebab kenapa kura-kura muntah adalah memakan sesuatu yang bukan makanan seperti serpihan koran yang dijadikan alas kandangnya, atau memakan sesuatu yang tidak biasa. Saya pernah menemukan kasus kura-kura muntah karena memakan kumbang. Nah, cara menangani kura-kura yang muntah akibat salah makan adalah memastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang membuat dia muntah di mulutnya. Caranya, buka mulut kura-kura anda secara perlahan, lalu perhatikan bagian mulutnya. Jika masih ada serpihan benda di mulutnya, keluarkan dengan menggunakan pinset kecil. Sekali lagi, lakukan dengan sangat hati-hati. Saya sendiri lebih menyarankan agar anda membawa kura-kura yang muntah akibat salah makan ke dokter hewan terdekat.
  • Sakit.
  • Penyebab terakhir yang menjadi biang kerok kura-kura peliharaan muntah adalah karena sakit. Beberapa jenis obat kura-kura kadang bisa membuat kura-kura anda muntah. Maka, sebaiknya jangan memberikan obat kecuali dengan arahan dokter hewan.
Demikian adalah

cara mengobati kura-kura yang muntah

, saya saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pemahaman bagi anda semuanya. Saran, komentar, kritik, dan pertanyaan bisa anda tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih (FS)


Silakan upload gambar.