Apakah Kura-Kura Ganti Kulit? | Drh. Fira Sovica

Banyak pertanyaan yang diajukan kepada saya tentang

apakah kura-kura bisa ganti kulit

seperti halnya reptil lain. Artikel apakah kura-kura bisa ganti kulit kali ini akan menjawab pertanyaan bisakah kura-kura ganti kulit.
Kura-Kura Ganti Kulit
Image taken from turtleforum.com
  • Kura-kura masih sebangsa reptil, dan semua jenis reptil melakukan ganti kulit, termasuk kura-kura. Kura-kura ganti kulit saat tubuhnya bertambah besar. Bedanya shedding pada ular dan kadal dengan shedding pada kura-kura adalah shedding pada kura-kura terjadi secara bertahap selama berminggu-minggu. Kura-kura mengalami pergantian kulit untuk meregenerasi kulitnya, serta untuk memperbarui kulitnya dengan yang baru.
  • Perlu saya tegaskan bahwa ganti kulit pada kura-kura biasanya tidak terlihat secara kasat mata karena dibutuhkan waktu berminggu-minggu dalam melakukan keseluruhan prosesnya. Jika anda melihat kura-kura anda ganti kulit secara cepat, maka bisa jadi hal tersebut adalah problem kesehatan lain seperti kebanyakan pemberian pakan (overfeeding), kepanasan, dan lain sebagainya.
Demikian adalah jawaban atas pertanyaan

apakah kura-kura bisa ganti kulit

. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan anda para turtle lover dan tortoise lover. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

20 Responses to "Apakah Kura-Kura Ganti Kulit?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Dok,kalo turtle digabung sama tortoise di tempat outdoor yg sama boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung cuaca dam musim. kalau lagi pancaroba kayak sekarang, mending pindahkan ke indoor. :)

      sehat mas tutoisenya? lagi banyak reptil sakit karena pancaroba... :)

      Delete
  3. Malam dok saya punya kura2 brazil 2 ekor keduanya lg sheding. 1 ekor kura brazil saya karapasnya putih tebel banget sampe coraknya g keliatan jelas krn ketutupan sheddingnya yg ga bisa lepas dan keras banget. Apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja. sampe lepas sendiri.
      kura2nya mas taro di air?

      Delete
  4. Ya saya taruh di air dan saya beri tmpt buat berjemur dan lampu penghangat.

    ReplyDelete
  5. Apakah saat kura2 sedang melakukan shedding ada hal" yabg harus diperhatikan lebih mendalam seperti kadal dan ular yaitu:
    1.perubahan sifat kura
    2.kura2 lebih sensitive
    3.penanganan" ekstra lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mas. kalau untuk kura-kura kan shaddingnya di tempurungnya. jadi keping tempurungnya biasanya perlahan lahan terlepas. dan bisa dikatakan, keping tempurung itu nggak langsung nyambung ke pembuluh darah. jadi ketika lepas pun, si kura-kura nggak kesakitan....

      sepengalaman saya sih seperti itu... :)

      Delete
  6. Dok, kura emys saya di kaki dan atas kepalanya berwarna putih seperti kulit kering. Apa itu ganti kulit?
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. kalau emys, biasanya begitu. biarin aja. paling spray aja dia, pagi dan sore, pake semprotan burung... :)

      Delete
  7. Dok kura kura saya ada ngelupas kulitnya di bagian leher, sebelumnya ga pernah keliatan kalo ada yang ngelupas tapi tadi keliatan pas berenang di aquarium. Normal ga kalo begitu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kura-kuranya berapa mas? kadang gitu sih, itu bagian dari proses moulting/ganti kulit....

      kecuali kalau dia banyak garuk2 dan makannya berkurang/tidak mau makan samasekali...

      Delete
    2. Masih baby dok. Nafsu makan sih ga berubah, masih lahap kalo makan

      Delete
    3. sekarang gimana keadaan kura-kuranya mbak? :)
      jenisnya apa?

      bisa kirim gambarnya kesini? saya tunggu ya...

      Delete
    4. Baik dok, suka makan, gesit banget ngumpet dibalik baskingnya kalo ngeliat saya �� dan tadi di aquarium ada kaya kulit bawang kecil kecil banget dok, kayanya udah mulai lepas lepas kulitnya yang ngelupas itu

      Delete
    5. iya, kayaknya sih ganti kulit itu mbak... :)

      suhu airnya dijaga.
      saya udah bikin artikel jenis hewan peliharaan gampang mati, dan baby kura-kura termasuk di dalamnya. di artikel itu, udah saya jelaskan penyebabnya. mbak baca aja, biar bisa mencegah... :)

      Delete
    6. Oke dok, makasih info dan ilmunya ya

      Delete
  8. Halo dok..kura2 daun dentata saya benar yang dikatakan dokter gantikulit, tapi saya mau tanya kalo kura2 sulcata apakah deket sekitaran mulut ganti kulit juga kah??

    ReplyDelete
  9. ohh yaa sama di kura2 airnya kalo saya kuras aquariumnya suka kaya ada binatang kaya cacing tapi bukan cacing dok... apaakah itu bahaya untuk manusia dok bisa menularkan penyakit ngga binatang itu Dok??

    ReplyDelete
  10. Dokter, kura2 saya seperti ini sejak beli. Sama sekali tidak mau makan. Aku dah coba beri makanana pelet, cacing beku, udang kering. Sama aja gk mau makan. Dan kalo di perhatiin saat di air, keliatan ada kulit mati yang kelupas seperti di foto. Tmnnya sih gapapa. Ada jemur setiap hari. Airnya juga di ganti setiap hari

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.