Ciri Kura-kura Brazil Yang Sakit | Drh. Fira Sovica

Kura-kura brazil yang sakit

biasanya bisa diketahui dengan beberapa poin. Artikel singkat berikut ini akan membahas mengenai cara mengenali kura-kura brazil yang sakit. Artikel ini terkait dengan artikel cara mengobati pilek pada kura-kura.
Ciri Kura-kura Brazil Yang Sakit
Image taken from animalspot.net
Gimana cara membedakan kura-kura brazil yang sehat dengan yang sakit? Berikut adalah beberapa poin mengenali kura-kura brazil yang sedang sakit:


  1. Kura-kura yang sehat berenang dengan normal. Lurus. Tidak miring-miring. Saat sedang tidak berenang pun, posisi badannya lurus. Tidak miring. Kura-kura yang berenangnya miring-miring adalah tanda pneumonia pada kura-kura. Apa itu pneumonia pada kura-kura? Anda bisa membaca artikel saya cara mengobati pneumonia pada kura-kura.
  2. Kura-kura brazil yang sehat tidak mengeluarkan ingus dari lubang hidungnya. Bagaimana cara mengetahui ada ingus atau tidak dari lubang hidung kura-kura brazil? Angkat kura-kura brazil anda dari air, lap lubang hidungnya dengan tisu atau kain bersih, lalu perhatikan. Apabila ada gelembung atau cairan yang keluar dari lubang hidungnya, kemungkinan itu adalah ingus, dan bisa jadi itu adalah gejala pilek pada kura-kura. Selebihnya, anda bisa membaca artikel cara menangani kura-kura yang pilek yang linknya sudah ada di atas.
  3. Kura-kura brazil yang sehat memiliki nafsu makan yang bagus. Rakus. Sebaliknya, kura-kura brazil yang sakit biasanya tidak mau makan.
  4. Kura-kura brazil yang sehat matanya terbuka lebar, tidak merem. Kura-kura brazil yang sakit sebaliknya, yaitu matanya sering terpejam.
  5. Kura-kura brazil yang sehat juga berenang dengan aktif. Berbeda dengan kura-kura yang sakit, yang biasanya cenderung diam dan tidak aktif.
Nah lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kura-kura brazil?
Mudah. Hal utama untuk menjaga kesehatan kura-kura adalah kestabilan suhu. Jaga agar suhu air selalu stabil, tidak naik turun. Taruh akuarium atau wadah tempat memelihara kura-kura brazil di dalam rumah atau ruangan, jangan di luar rumah, agar kestabilan suhu air terjaga.
Dan lagi, kura-kura brazil yang masih bayi atau anakan sangat rentan sakit. Beda dengan kura-kura brazil yang sudah agak besar, biasanya daya tahan tubuhnya lebih kuat, tidak mudah sakit, serta lebih tahan perubahan suhu.
Demikian adalah

cara mengetahui kura-kura brazil yang sakit

dengan yang sehat. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda semua. Terima kasih. (FS)

139 Responses to "Ciri Kura-kura Brazil Yang Sakit"

  1. Dok saya mau tanya,
    Kura2 saya ga menunjukkan ciri2 sakit kaya di atas..
    Sore menjelang malem sebelumnya saya kasih makan dia masih mau makan lahap, berenangnya masih lihai, matanya melek dan ga ada bercak2 atau lendir di badannya
    Tapi tiba2 waktu pagi2 dia udah mati, badannya kaku ga bergerak..
    Kira2 kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak sebab. dia baru dipindahkan ke akuariumnya? seberapa besar kura2 dan akuariumnya?

      kura2nya masih anakan dan akuariumnya besar, betul?
      kemungkinan sih keracunan amonia. ini cuma tebakan saya aja loh ya... :)

      kabari lagi ya mas.

      Delete
    2. Kura2nya masih anakan. Kira2 sudah beberapa bulan di akuariumnya. Ukuran kira2 lebarnya 3x badan kura2 dan tingginya 4x badan kura2. Keracunan amonia itu sebabnya apa ya?

      Delete
    3. seberapa sering airnya diganti?
      dan sebelum ditemukan mati, apakah airnya abis diganti?

      kedalaman airnya berapa?
      oh ya, jenis kura-kuranya apa mbak? kura2 brazil?

      kalau emang kura2 brazil, sebenernya airnya gak usah terlalu tinggi. kalau toh misalnya airnya agak banyak (lebih tinggi dari tinggi kura2nya), setidaknya kasih daratan biar kura2nya bisa 'mendarat' di situ. bagusnya sih ketinggian airnya gak lebih tinggi dari kura-kuramnya, sehingga kura2nya bisa 'menyembul' ke permukaan air dengan mudah.... :)

      buat pelajaran aja ke depannya, mbak..

      Delete
  2. Halo dok, mau tanya nih. Kura-kura saya cangkangnya ada putih-putih, padahal waktu pertama dapat cangkangnya bersih.
    Apa mungkin karena jamur? semeentara ini saya tetesi methylene blue pada daerah yang terdapat putih-putihnya dan saya jemur setiap pagi. Apa sudah benar yang saya lakukan?
    Kalau saya campur dengan kura-kura lain apa tidak masalah dok?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dicampur dengan kura-kura lain.
      kura-kuranya jenis apa?
      dan umur kura-kuranya berapa?

      bisa kirimin saya gambarnya? foto, terus upload di postimage.org, terus linknya taro di sini....

      kalau emang bener jamur, penanganan mas udah cukup bagus. cuma pas jemur, jangan terlalu lama. takutnya malah stress nanti karena kepanasan...

      Delete
    2. kura-kura brazil dok, untuk umurnya saya kurang tau tapi kira-kira ukurannya 4x5 cm dok.

      https://postimg.org/image/ingvqeuq7/

      Apa itu jamur?

      Baik dok, saya jemur sekitar 30 menit dan saya kasih daratan dan bagian teduh sedikit juga dok.

      Delete
    3. itu yang biru, kena obat mas?
      coba aja pake obat yang mas pakai sekarang. jangan disatuin dulu sama kura2 lain.

      mas bisa kasih garam ikan juga di airnya, dikit aja. sekira gak merubah rasa airnya....

      Delete
    4. iya dok, kena methylene bluenye. gak bisa hilang2, apa tidak apa2 dok?

      Delete
    5. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan kura2nya, mas?

      saya tunggu kabarnya. sekali lagi, maaf karena baru balas. saya abis keluar kota kemaren...

      Delete
    6. Puji Tuhan nggak bertambah lagi dok tapi juga belum terlihat berkurang, segitu-gitu aja yang terkena. Tiap hari saya jemur, sikat, dan kasih methylene blue terus+garam ikan. Tapi cangkangnya jadi kebiru-biruan dok haha.
      Oh ya dok, untuk menambah nafsu makannya bisa dikasih apa ya dok?

      Terima Kasih dok

      Delete
    7. oh, syukurlah. :D
      saya tebak sih itu noda biasa. tapi buat jaga2, mending tetep lakukan treatmentnya sampe 2 minggu ke depan.

      dia masih mau makan? selama dia masih mau makan, cukup jaga kestabilan suhu airnya. namanya reptil kan dia hewan berdarah dingin, jadi suhu tubuhnya menyesuaikan sama suhu sekitarnya. kalau suhu sekitarnya naik turun, ya suhu tubuhnya dia juga naik turun. jadi sakit deh karena suhu tubuhnya gak stabil.... :)

      kabari terus

      Delete
    8. Kalau dikasih sayur tidak dimakan dok, saya kasih pelet ikan juga tidak dimakan sampai peletnya mengembang jadi tidak tahu dimakan atau hancur di airnya hehe.
      Selama ini di akuarium saya kasih tempat daratan, tapi tidak ada tambahan lampu penghangat dok, tidak apa kan dok?.

      Delete
    9. selama ini dia gak makan samasekali?
      sebelum sakit, dikasih makan apa?

      coba kasih makan makanan yang dia makan sebelum sakit, tapi dihancurkan dulu hingga mudah dicerna, dan kemudian masukkan ke mulutnya sedikit.....

      kalau bisa jangan ada sisa makanan di airnya, mas. takutnya malah jadi bakteri nantinya. tiap kali ada makanan yang gak dimakan, langsung angkat dan buang aja...

      Delete
    10. Baik dok, mungkin pelet ikannya saya haluskan dulu nanti.
      Iya dok, sisa mknan selalu saya bersihkan.

      Terima kasih dok.👍

      Delete
    11. Halo dok, kura-kura saya yang satu masih sehat-sehat, lincah, tapi tetap tidak ada yang dimakan makanannya. Saya jadi bingung haha.
      Yang satunya yang cangkangnya ada putih-putihnya sama sampai sekarang tidak mau makan, dan matanya merem terus dok, tidak lincah, jarang bergerak dan lebih sering di air terus. Gimana ya dok?
      Di air nya saya tambah sedikit vitamin B kompleks baru ini.
      Terima kasih dok, selamat tahun baru!

      Delete
    12. 2 kura-kura itu mas satuin? jangan disatuin ya mas.
      yang pasti sih cek suhu airnya. jaga agar ruangannya gak dingin. ruangan tempat memelihara kura2nya ber ac gak?

      Delete
    13. nggak dok, belum saya satuin. Saya nggak pernah cek suhunya, tapi saya pelihara di ruang tamu ga ber-AC dok. Ini lagi dijemur lumayan aktif dok.

      Delete
    14. sekarang gimana keadaannya?
      jujur aja agak susah sih kalau gak liat kura2nya langsung. mas bisa kirimin gambarnya lagi? kalau gak merepotkan itu juga.. :)

      Delete
    15. Maaf baru bisa ngabarin dok, masih ujian belum sempat buka internet.
      Keadaannya masih baik dok, cuma tetap lebih banyak di air terus dok dan masih merem terus. Kura-kuranya lumayan aktif waktu dijemur saja dok.
      Kura-kura yang 1 lagi sekarang kok belekan ya dok dan juga pasif?

      http://postimg.org/image/3v7ahb4qr/

      Delete
    16. iya, sementara ini jemur aja minimal seminggu sekali, sama jangan sampe kedinginan. usahakan tetep makan meski cuma sedikit....

      mas pernah liat fesesnya dia? kalau pernah, coba infoin mengenai fesesnya... :)

      Delete
    17. Iya dok, setiap hari saya jemur dok kalau nggak pagi ya sore saya jemur. Selalu saya sediakan makanan di tempatnya dok, kalau fesesnya saya belum pernah lihat dok selama ini karena tiap saya bersihkan tidak ada fesesnya. Saya juga lihat diblog lain dok apa benar bisa diberi daun sirih di akuariumnya untuk mengatasi mata yang nggak mau membuka?

      http://esti-ndut.blogspot.co.id/2010/03/penyakit-mata-pada-kura-kura.html

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dok , kura kura saya baru aja mati :'( saya temukan di akuarium sudah mengambang bau amis dan matanya tertutup. Itu sudah pasti mati kah dok ? Atau cuma sakit parah aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja cek dengan angkat kura-kuranya dari air. kalau dia masih hidup, pasti respon. :(

      Delete
  5. Dok , kura kura saya baru aja mati :'( saya temukan di akuarium sudah mengambang bau amis dan matanya tertutup. Itu sudah pasti mati kah dok ? Atau cuma sakit parah aja ?

    ReplyDelete
  6. Dok , kura kura saya baru aja mati :'( saya temukan di akuarium sudah mengambang bau amis dan matanya tertutup. Itu sudah pasti mati kah dok ? Atau cuma sakit parah aja ?

    ReplyDelete
  7. Permisi dok.
    Kura-kura saya kena sakit flu. Apakah pemberian obat Apakah baik-baik saja dok? Masalahnya seyelah menjalani suntikan dianya jadi sering diam (nutup mata).

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah baca artikel saya cara mengobati kura-kura pilek?
      obatnya cukup diteteskan aja ke lubang hidungnya.... :)

      Delete
  8. selamat sore dok, apakah pengaruh kura kura yang masih kecil dan aquarium yang besar membuat kurany mati >

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mungkin kalo akuariumnya besar, pengaruhnya ke suhu air aja mas. dan ini fatal. karena suhu air adalah hal yang paling krusial dalam kesehatan reptil.

      sebaiknya ukuran akuarium disesuaikan dengan ukuran kura-kuranya, atau kalaupun mas mau pake akuarium yang agak besar, pastikan kalau suhu airnya stabil. mas bisa tambahin termometer air dan kasih lampu uvb di atas akuariumnya....

      cek artikel saya: daftar hewan peliharaan mudah mati

      Delete
  9. Dok mau tanya nih, kenapa ya kura2 brazil saya terkena bintik2 putih(whitespot) dicangkangnya?? padahal saya udh ikutin cara dokter yg kasih garam ikan 5gr/lt air setiap hari tp tetep gk mau ilang whitespotnya...
    Kura2nya masih kecil(6-7cm), saya taruh di toples(20x15cm) dengan keadaan kering, saya rendam di air cuma sekitar 4-5jam/ harinya (setiap hari airnya diganti terus), kadang2 saya suka juga jemur di matahari sekitar 15mnt/hari dengan keadaan toplesnya terisi air..
    Tapi kura2nya aktif2 saja, nafsu makannya jg tinggi (dgn pelet kura2).
    Atau apa ada kesalahan di pola hidpunya ya dok makanya bisa muncul whitespot begitu?
    Thanks atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mas naekkin belum suhu airnya?
      atau gini aja: airnya ganti pake air mineral. terus naekin suhunya beberapa derajat. bisa pake lampu bohlam biasa. setelah suhunya naek, baru mas taro kura2nya di dalam air..... inget, jangan terlalu panas. karena namanya kura2 umur segitu dia masih sangat mudah stress...

      kalo mau lebih mudah sebenernya pake termometer air aja, mas. jadi tahu suhu airnya. naekin maksimal 3 derajat dari suhu awalnya... :)

      dan kura2nya jangan disatuin sama yang lain. pisahin aja. itu juga kalo mas pelihara lebih dari 1 kura-kura.

      Delete
  10. Mbak mau nanya. Kalo kura2 brazil pas malem ditempatkan di kardus aja boleh gak ya? Nggak di taruh di air gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending kasih daratan aja di akuariumnya. mungkin dari batu atau semacamnya, yang sekira2 mudah dia panjat. taruh aja di situ. jadi kalau dia mau ke air, dia bisa terjun sendiri... :)

      Delete
  11. Dok mau tanya dong,kura2 saya yg satu pas d cek udh ngambang d air,kepala tangan kaki agak masuk d dalem
    Trus pas d angkat dan d semggol ga ada reapon,itu knp ya dok?
    Atau jgn2 udah mati? 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja cek... :(
      kalau bener2 gak ada respon samasekali, yaaaaaa..... nggak tahu... saya gak berani bilang dia mati, karena saya gak liat kura-kuranya langsung.... semoga aja nggak ;(

      Delete
  12. Dokk mau tanya, ciri kura2 mati itu gimana yaa? Saya prnh denger temen katanya kalau mati kepalanya masuk. Kura2 saya kepalanya keluar tapi udah lemes dan ga bergerak ga ada respon, pas diangkat juga... kukunya abis patah dan kluar banyak darah dok... Kira2 lemes saja atau sudah mati ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kura yang mati nggak selalu kepalanya masuk ke tempurungnya, mbak. ada juga yang menjujur keluar. dan setau saya, kalau udah mati biasanya gak ada darah lagi yang keluar. jadi kemungkinan masih hidup....

      mungkin dia kesakitan aja, makanya gak mau bergerak/respon...

      kenapa bisa sampe patah kukunya mbak? :(

      Delete
  13. Dok, ibu saya habis beli kurakura brazil sekitar satu minggu lah.. nah karena akuariumnya udh kepake sama ikan ikan lucu, akhirnya si kurakura ditaroh di ember lebar dan dikasih air sebatas tempurung bawahnya..
    Sebelumnya nggak pernah dijemur, nah barusan saya jemur langsung kena sinar matahari sebentar, terus saya biarin dia jalanjalan di lantai (disamping rumah yg posisinya terbuka).. eh pas dibawa masuk kerumah lagi kok dia malah keliatan lesu dan gamau makan kayak biasanya..
    Huhuhu :(

    Itu ciriciri sakit kah atau krn kaget sebelumnya ga pernah dijemur ya dok?
    Makasih dok. Tolong sarannya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. jemurnya berapa menit? jangan kelamaan.
      ukuran kura-kuranya berapa senti? masih bayi banget ya? bener?

      diamkan aja dulu di akuariumnya.... kabari terus...

      Delete
  14. malam dok,
    mohon masukan.
    beberapa hari lalu baru beli 2 ekor kura-kura RES yang ternyata masih baby.
    kira2 panjang karapas 3.5 - 4cm.

    saat baru bawa pulang, memang tidak terlihat aktif sekali, mungkin karena takut pada lingkungan baru. saya letakkan di ember sementara dengan air dari tempat jual.

    besoknya saya masukkan ke container yang lebih besar dengan air keran yang sudah di endapkan semalaman, dengan tinggi air 1/2 karapas dan diberikan batu kali untuk tempat basking.

    tgl 25 Apr, sudah hari ke 5, kelihatan mereka belum mau makan dan hanya berdiam diatas batu, kadang saling stacking, tapi kebanyakan diam dan merem.

    kira-kira apa yang bisa saya lakukan? atau biarkan saja tanpa di ganggu? trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba kasih makan?
      coba aja masukkan ke air, terus kasih makan pellet kura-kura.

      kalau toh misalnya sakit, saya kira lebih ke penyakit bawaan dari penjualnya. ini perkiraan saya saja. karena dari cara yang mas udah lakukan, udah bagus...

      kura-kura umur segitu emang masih rentan banget sakit. tapi coba aja kasih pellet kura-kura... :)

      Delete
  15. Trims reply nya, dok.
    Sudah coba diberi makan tapi tetap tidak mau. Sempat kepikiran mau disuapi madu, tapi mulutnya ngatup terus.

    Jika rencana saya jemur tiap hari 5menitan dgn container basah, bolehkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih air jahe yang resepnya saya tulis di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA. Baca dulu artikelnya baik2, jangan sampe salah bikin air jahenya. karena kalau salah malah bahaya... :)

      jemur boleh aja. jangan sampe lebih dari 5 menit ya mas...

      setelah dikasih air jahe, kabari lagi

      Delete
    2. pagi Dok,
      kemarin malam sudah diberikan air jahe untuk yang satu, karena satunya keburu tewas (hiks).

      mulutnya tidak mau buka, maka saya berikan beberapa tetes di daerah mulut, dengan harapan ada sedikit yang masuk.
      saat mau diberikan kena tetesan pertama di daerah mulut - saya jaga betul agar jangan kena hidung atau mata - kura2 nya bereaksi dengan buka mata dan meronta mau lepas. saya tetap berikan sampai 3 tetes.

      pagi ini 27apr2017, kondisi kura2 nya merem dan tiduran seperti biasa, saya berikan lagi larutan jahe, kemudian saya jemur 5 menit. saat di jemur ini, dia melek dan kepala tegak. kemudian saya bawa lagi ke dalam, merem dan tiduran lagi.

      kemarin malam, saat berikan air jahe, sempat diperhatikan sepertinya satu lubang hidung tersumbat. apakah ini pilek?
      jika pilek, apakah perlu diberikan Terramycin?

      jika keliru diagnosa apakah Terramycin berakibat fatal bila diteteskan ke hidungya?

      maaf sebelumnya ada posting di sini: http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/10/mengobati-pilek-pada-kura-kura.html?commentPage=2 (page 2). trims

      Delete
  16. Dok saya mau tanya kura2 saya kok ditangannya ada putih2 gitu ya dok..
    Wkt saya pegang keras putih2nya..kenapa ya dok kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura2nya apa? dia kayak garuk2 bagian itu?
      bisa mbak kirim gambarnya kemari? caranya ada di bagian atas kolom tulis komentar (PERHATIAN).....

      biar saya analisa...

      Delete
  17. Ass, dok aaya mau tanya
    Kemarin saya baru membeli sepasang kura-kura brazil kecil masih bayi. pertama smpe rmh mereka aktif matanya kebuka
    Pas udah masuk tmpt tinggalnya smpe pagi matanya ketutup dan ga mau makan padahal udh di kasih, kura-kuranya kayak males gerak gitu dikit2 naik batu

    Bagaimana solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dia naik2 batu. biarin.
      mungkin air yang mas gunakan kedinginan, jadi dia naek ke situ. coba campur air hangat dikit. kalau mau, mas bisa pake heater.... water heater buat ikan...

      coba minumkan air rebusan daun sirih. cara lengkapnya, silakan baca artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

      Delete
  18. Dok, kura2 aku satunya kyk males gerak gitu trus matanya yg 1 kadang ketutup klo di buka juga kecil dan kelihatan agak bengkak. Itu gimana dok apa solusinya

    ReplyDelete
  19. Misi dok
    Mau nanya kura2 saya ada titik putih di batoknya trus di leherny ada kaya kulitnya ngelupas gitu.
    Saya baru beli sekitar 3 hari yang lalu dan jenisnya kura2 ambon

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena whitespot. udah ada artikelnya, cara mengobati kura-kura whitespot. mas bisa baca juga artikel penyakit pada kura-kura...

      Delete
  20. Dok saya mau tanya knp kura kura saya atas bagian mulut nya ada putih putih dan bibir sebelah nya pecah itu knp dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mas.
      pecah gimana mas? dia masih mau makan? usia kura-kuranya berapa mas?

      Delete
  21. Dok ciri2 kura2 mati gimana dok? Kura2 saya diem aja dok kepala,buntut, sama tangan nya keluar, tapi kakinya di dalem trus gak ada responnya

    ReplyDelete
  22. Dok ciri2 kura2 mati gimana dok? Kura2 saya diem aja dok kepala,buntut, sama tangan nya keluar, tapi kakinya di dalem trus gak ada responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo disentuh tangan atau kepalanya disentuh, biasanya masih respon. kalo gak ada respon, ada kemungkinan emang udah almarhum, mbak.... :(

      kura-kuranya masih anakan ya?

      Delete
  23. malam dok... seminggu yang lalu saya beli kura kura brazil... semua tampak normal d mulai dari membeli dari pedagang sampe ke rmh saya ... tapi baru kmaren kura kura yang jantan ko kulit nya kaya ada putih gtu.. seperti ngelupas gt? apa mungkin kura kura ganti kulit? hehe mohon info nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kura-kuranya berapa mas?
      mas yakin airnya bagus? maksudnya, bersih, bebas bahan kimia? mas pake air apa? jangan air pam, bagusnya sih air tanah murni...

      nafsu makan gimana? dan ukuran kura-kuranya seberapa?

      Delete
  24. Kenapa ya kura2 saya matax tertutup terus dan mulutnya terbuka tutup sambil kepala di angkat?? Kadang dia menggaruk2 muka dengan tangannya? Apa yg harus sya lakukan?

    ReplyDelete
  25. Dok,kmrn mlm kura2 ibu saya mati.. Smua badan kura2 membengkak,saya sedih melihatnya.. Apakah klo tll kepanasan bisa menyebabkan kematian?pdhl kura2nya ditutup karton diatas ember besar..lalu 1 hr sblm kura2nya ga mau makan.. Apakah kesalahan besar menaruh kura2 tll lama diluar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. pasti. kalo suhu airnya nggak stabil, biasanya kura-kuranya stress.
      kura-kuranya masih anakan ya mas?

      jenis kura-kuranya apa mas?

      Delete
  26. Dok mau tanya.. kura kura saya matanya bengkak. Dan mulutnya sering kali mangap kya susah nafas. Tapi hidungnya ga berlendir. Beberapa kali saya kasih rebuaan daun sirih, matanya membuka tapi masih bengkak. Tapi semakin hari malah semakin lemas dan matanya merem terus. Gimana ya dok

    ReplyDelete
  27. Dok mau tanya.. kura kura saya matanya bengkak. Dan mulutnya sering kali mangap kya susah nafas. Tapi hidungnya ga berlendir. Beberapa kali saya kasih rebuaan daun sirih, matanya membuka tapi masih bengkak. Tapi semakin hari malah semakin lemas dan matanya merem terus. Gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara taro do daratan dulu. jangan dikasih air.
      terus matanya, mas bisa beli obat tetes mata gentamicin. tetesin ke matanya sehari sekali...

      kasih air jahe, tapi jangan kepedesan. campur air dulu. minumkan pagi dan sore.

      tetep kasih makan dengan cara makanannya ditumbuk, kasih air dikit, terus masukkan aja ke paruhnya....

      Delete
  28. dok jamur di kura brazil sya kok blom ilang, pdahal dh dikasih garam ikan rutin trus jemur tiap hari. gmna ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yakin itu jamur? karena jujur agak susah sih, soalnya saya nggak liat kura-kuranya langsung....

      udah berapa lama??

      dan umur kura-kuranya berapa?

      saya butuh info itu dulu sebelum memutuskan gimana perawatan selanjutnya. jadi, mohon infokan lagi ya mas...

      Delete
  29. Dok kura kura saya gak mau makan dan diem aja terus 4 pangkal kakinya kayak yg bengkak jadi kayak gak bisa masuk ke cangkangnya,kira kira dia sakit apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mbak?

      kura-kura brazil?

      kalo kura-kuranya kura-kura brazil dan udah dewasa, taro di daratan aja dulu. jangan di air. terus yang bengkaknya kasih cairan dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh)... diamkan sampe kering....

      Delete
  30. Dok kura2 brazil saya msh anakan. Yg laki baru kmrn mati. Yg cewe msh idup tp kayanya mreka stres karna udh 2mingguan gamau makan dok.trs jg lemes. Kira2 knapa dok solusi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih mbak... agak susah...
      airnya kurangi aja, sekira dia masih bisa berdiri di dasar akuariumnya (air nggak melebihi atas kepalanya)...

      soal pemberian makanan, mbak bisa ambil beberapa butir pelletnya, ditumbuk sampe halus, kasih air dikit sampe jadi pasta, angkat kura-kuranya, masukkan sedikit pasta pelletnya ke mulut kura-kuranya...

      Delete
  31. Siang dok, kura2 saya kok diam aja ? Dulu dia rakus, skrg dia ga mau makan

    ReplyDelete
  32. Ini dok kura2nya, sy sudah pelihara dari baby smp skrg lebih dr 3 tahun. Pas diangkat cangkangnya, kepalanya nempel ke lantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mas?
      dan mas kasih makan apa?

      fesesnya gimana? mencret?

      coba mas kasih minum air kelapa aja mas. sementara taro di dalam ruangan. jangan di luar rumah...

      Delete
  33. Salam drh. Fira,
    Saya memelihara kura-kura Brazil total 9 ekor sejak 4 bulan lalu. Yang ukuran 3-4 cm ada 6 ekor, sisanya ukuran 7 cm. Namun lambat laun, satu per satu mati. Indikasinya beberapa hari sebelum mati, kura-kuranya menjadi pasif dan gak mau makan. Padahal sebelum2nya semuanya masih doyan makan. Kira-kira penyebabnya apa ya, Dok? Saya menempatkan kura-kura itu pada akuarium ukuran 40 x 60 cm, diletakkan di dalam rumah, dekat TV. Frekuensi pemberian pellet 2x sehari. Ganti air dan dijemur matahari pagi 1-2 hari sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada kura-kura yang kayaknya sakit, mending segera pisahkan ke kandang/akuarium/wadah sendiri. baru diobati di situ. biar yang lain nggak ketularan.....

      kalau nemu lagi kasus kayak gini, cek feses kura2 yang sakit. kalau feses/tahinya berwarna putih, ada kemungkinan infeksi bakteri.... kasih obat yang saya tulis di artikel obat alami untuk kura-kura

      Delete
  34. dok kura-kura saya tiba-tiba ga gerak, kepala kaki sama tangannya keluar, matanya merem terus.. udah saya gerak-gerakin gada respon. sebelumnya kura-kura saya susah makan, tidur terus, males gerak.. kenapa ya dok? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek apa kura-kuranya masih hidup atau tidak mas.... :(
      masih anakan ya kura-kuranya? cek artikel saya, obat alami untuk kura-kura

      Delete
  35. mau tanya dok, kura2 saya RES umurnya sekitar 7 tahunan. selagi dibersihkan akuarium dia saya beri makan kangkung dan sedikit pisang dan dia makan dengan lahap. ketika saya pindahkan lagi ke akuarium yg sudah dibersihkan, dia seperti malas bergerak/berenang dok. saya perhatikan di keempat kakinya ada seperti gelembung udara di dalam tubuhnya. barusan dia pup seperti lengket gitu namun tetap berbentuk oval. apakah dia sakit dok ? kira2 apa penyebabnya, apakah karena air di akuarium terlalu tinggi ? thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah biasa dikasih makan kangkung dan buah atau baru kali itu aja?

      sekarang gimana keadaannya? masih sama?

      saya kira sih dia masih sehat.

      bisa fotoin kakinya yang kata mbak ada gelembungnya itu? upload di kilom upload foto di atas form komentar, terus linknya di paste di dalam kolom komentar....

      iya, harusnya sih ada 'daratan' biar dia bisa naik ke daratan itu... :)

      Delete
  36. cek dulu, apakah dia masih hidup atau sudah mas. biasanya kalau udah mati, kalau disentuh kepalanya dia nggak akan narik kepalanya ke dalam tempurung....

    mending kalau kura-kura sakit, jangan disatukan terus sama yang sehat. pisahkan ke wadah lain. jangan disatukan, karena biasanya akan nular ke yang lain.....

    kalau tempurung lembek, udah ada artikelnya...

    ReplyDelete
  37. ini dok fotonya kemarin malam https://i.imgur.com/38IvpkN.jpg

    udah biasa dok, justru dia suka sekali kangkung dan buah pisang. untuk makanan sehari2 seringnya kangkung, namun kadang saya beri ikan mas/jangkrik/pisang tapi itu jarang.

    tadi pagi saya lihat dia cukup aktif berenang dan bergerak dan ada kotoran, saya buru2 buang kotorannya agar air tidak keruh. hanya khawatir pada gelembung di pangkal kakinya itu. saya coba browse apakah kura2 saya terkena jamur dok ?

    kalau daratan sih ada saya beri undakan batu, tapi karena ukuran akuarium tidak begitu besar dan kura2 saya sukanya berendam terus jadi saya belum beli akuarium baru dok.

    terima kasih dok atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, normal itu. saya kira gelembung kayak gimana....
      emang kayak gitu kalo kura2 dewasa mbak... bukan jamur kok...


      nafsu makan oke? seminggu sekali coba kasih tulang ikan sotong. beli aja di toko makanan burung, terus taro aja di airnya. nanti dia gigitin sendiri. itu buat asupan kalsiumnya dia...

      Delete
  38. oh normal ya dok ? soalnya saya belum pernah lihat pangkal kakinya seperti itu..
    oke dok, saya setiap kurang lebih 2 minggu sekali sudah beri tulang sotong untuk kalsium dia..

    terima kasih dok atas jawaban dan sarannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. itu bagian dari perutnya. :D

      kabari terus... :D

      silakan baca2 artikel saya tentang kura2 di blog ini...

      Delete
  39. Dok bagaimana perbedaan kura kura perempuan dan laki laki.dan saya punya kurang nafsu makanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya... cari aja di bagian cari artikel di atas...

      Delete
  40. Dok.. kura2 ku jenis kura2 brazil.. nah uda beberapa minggu ini ga napsu makan... dan juga skrg kalo melek cuman sebelah dok :( yg sebelah lagi nutup.. itu kenapa ya dok ? Dan mesti diapain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? akuariumnya jangan terlalu besar.
      coba mbak kasih air jahe. tapi jangan sembarangan. cek aja dulu artikel saya, obat alami untuk kura-kura

      Delete
    2. Sudah hampir 3 mingguan gamau makan.. trus aku sadar dia melek sebelah baru 2 mingguan ini.. kandang nya juga ga terlalu besar kok dok, pake kontainer ukuruan 28×18.. oke dok nanti aku coba baca artikel nya

      Delete
    3. cek juga artikel hewan peliharaan gampang mati...

      Delete
  41. Dok, saya punya 2 kura2 brazil masih kecil. Waktu baru beli, kura2 nya aktif, setelah hari ketiga ko jd murung, saya ga tau dia makan atau ngga, dan sejak hari ketiga ga ada feses. Saya ganti air di wadah nya 2 sampe 3x sehari. Makanan saya kasih pelet. Tp kura2 nya merem terus dan lemas, itu knp ya? Apa sudah mau mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalo kura-kura anakan banget gampang mati. kalo mau beli kura-kura, yang agak gedean dikit.

      taro di akuarium kecil yang airnya dikit aja, terus kasih daratan dari batu biar kura2nya bisa naik ke situ.... airnya jangan sering diganti biar suhu airnya stabil... terus sisa makanan yang gak kemakan, mending angkat langsung...

      Delete
  42. Dok mau nanyaa. Kura2 aku sakit dia gamau makan jadinya trs tidur terus. Nah yang satu idungnya ngeluarin gelembung, yang satu lagi idungnya kesumbat gitu jadi dia nafas pake mulut. Kan obatnya ditetes ke hidung kalo hidungnya kesumbat gimana? Tetesin ke apa:(

    ReplyDelete
  43. Dok mau nanyaa. Kura2 aku sakit dia gamau makan jadinya trs tidur terus. Nah yang satu idungnya ngeluarin gelembung, yang satu lagi idungnya kesumbat gitu jadi dia nafas pake mulut. Kan obatnya ditetes ke hidung kalo hidungnya kesumbat gimana? Tetesin ke apa:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikel tentang cara mengobati kura-kura pilek...

      iya tetesin ke lubang hidungnya... gak apa2 kesumbat juga, nanti malah bisa ngelancarin kok... tetes aja...

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. dok mau tanya kura2 aku merem terus akhir2 ini trs dia jg gamau makan sama sekalu. jadi pasif bgt gitu dok. kenapa ya? kalau sakit obatnya apa? baru ini pelihara kura2 soalnya. makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura2 anakan? masih bayi?
      akuarium/tempat memeliharanya jangan terlalu banyak air. airnya dikit aja, dan pake wadah kecil aja. jangan terlalu gede biar suhu airnya stabil.
      airnya dikit aja.

      udah berapa lama? ada gejala lain, misalnya berenangnya miring2, matanya merem, dan sebagainya? coba lebih dijelaskan lagi...

      sementara kasih air jahe aja. TAPI JANGAN SEMBARANGAN. karena kalo kepedesan malah bikin dia sakit. campur air dulu biar air jahenya gak terlalu pedes.... minumkan...

      Delete
    2. bukan anakan dok. udh agak gedean. pasif bgt skrg dok. matanya selalu terpejam udh hampir semingguan. gamau makan sama skali juga. airnya udh aku kurangi dok. kalo dicampur air jahe takarannya gimana dok? bisa lebih detail lg? takut makin parah kasian:(

      Delete
    3. diminumkan. bukan air tempat peliharanya yang dikasih air jahe, tapi air jahenya diminumkan.

      saya juga masih sering kesulitan kalo pelihara kura2, apalagi kalo yang masih anakan.

      air tempat peliharanya udah dikurangi? coba sekarang kasih air jahe. pokoknya rasain aja dulu air jahenya. kalo masih kepedesan, bisa kasih air.

      Delete
  46. Malam dok, mau tanya.
    Obat alami untuk kura2 brazil yg sedang pilek pake apa ya? Soalnya hampir tiap lagi tidur ada gelembung terus di idungnya, katanya kalo kaya gitu lagi pilek ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. judulnya obat alami untuk kura-kura.
      baca aja dulu.

      oh ya, ada juga artikel mengobati pilek pada ular. bisa kok buat kura2 juga.

      cuaca emang lagi gak bagus buat reptil. :(

      Delete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Slmt sore dok: sy mau tanya kok baby kura2 brazil sy selalu di permukaan ya dok?, kyk terambang-ambang gt tdk seperti yg lainny bs berenang menyelam di bwh permukaan" it penyakit apa ya? Dan gmn dok cara nyembuhinnya? , btw si kura2 sih msh mau mkn dgn lahap"

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba airnya dikurangi, sekira kepalanya masih bisa nyembul...

      Delete
  49. Siang dok, kura" brazil punya sy msh kecil sih. 3-4 cm an. Trs tiba" gamau makan, bahkan cacing skalipun. Pelet jg gamau.trs brp hr berselang.saya angkat. Matanya merem mulu, kl buka pun dikit bgt.trus cangkang perutnya mencekung kdlm bgitu.Bgmn ya cr mengatasinya? Sdh sy ksh garam ikan jg sudah dijemur jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya kurangi. sekira dia masih bisa berdiri di dasar akuariumnya. biar suhunya stabil.

      terus coba baca artikel obat alami untuk kura-kura. di sana ada soal meminumkan air jahe untuk kura-kura. baca dulu artikelnya, buat air jahenya sesuai dengan artikel, terus minumkan...

      Delete
  50. Siang dok, kura kura saya barusan saya lihat sudah mati, seminggu sebelumnya habis bertelur tapi dimakan lg sama dia, kemarin pun masi lahap banget makannya, kira2 karena apa ya tiba2 mati? Klo dilihat dikakinya ada yg somplak dagingnya tp itu sudah lama dan dia masi gesit, umurnya dah 14 tahun, mohon infonya dok, terma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia bertelur tapi kemudian dia makan telurnya?
      kayaknya dia stress. atau ada kondisi yang menurut dia nggak seharusnya dia bertelur. entah karena makanannya kurang, atau kondisi kandang yang kurang, atau kondisi ruangan yang mungkin terlalu berisik, makanya dia memutuskan untuk memakan telurnya...

      harusnya sih begitu mas tahu dia makan telurnya, langsung buang aja telurnya. jangan dibiarin.

      mungkin dia mati karena makan telurnya? atau bisa jadi telurnya udah busuk? CMIIW....

      Delete
  51. Dok sy mau tnya, kura2 sy apa bener kena jamur, 3hr lalu itu tiba2 badan nya timbul putih2 spt selaput trus air jd cepat kotor kalau dia dlm air. Itu sy sdh kasi acriflavine hcl bpc di air, udh 2hr kmrn, dgn kondisi air sy ganti tiap pagi dan malam. Selaputnya berkurang tp badannya ttp ad bintik putih spt bekas luka. Mlm td sy cb ganti dgn garam ikan.
    Mohon sarannya dok, apa lg yg hrs sy lalukan spy dia lekas sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang putihnya? saya takutnya dia kena white spot sih. mending kurangi ianyr, sekira kepalanya masih bisa nyembul di atas air...

      agak susah juga karena saya tidak lihat kura-kuranya langsung. saya sih tebak mungkin karena parasit. setelah obat yang mbak kasih, sekarang gimana keadaannya?
      mendingan?
      saya bisa sarankan pake obat biru yang buat ikan, namun saya sih mending bawa ke dokter hewan aja mbak... :)

      Delete
  52. https://i.imgur.com/kA7r84v.jpg

    ReplyDelete
  53. mlm dok saya, punya kura2 platynota, ukuran 30cm atau 40 lah, g saya ukur, 2 bulan lalu dpt beli, kondisi ada bekas bor d krapasx buat tali kya'x - trus ekor putus stengah, warna kerapas kotor , hari ini matii_ hampir 3 hari g' mw mkn. saya jemur, tempatx jg d air bersih , d jemur jga se cukup x_yg jd pertanyaan slama saya melihara setiap d pegang kenapa selalu bab dok, klo makan x rakus-bab x kya' jd pertahanan dirix lahh klo d pegang...trus kondisi lemah lesu, dan akhirx mati, tanda2x ya lemes g nafsu makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan kondisi seperti itu, kenapa mas masih beli dia? :(
      kalau kura-kura lagi gak sehat kayak gitu, jangan malah dijemur. airnya juga jangan banyak2, sekira-kira kepalanya masih bisa nongol di permukaan air aja...

      mas gak bisa tahu kenapa dia mati? kenapa dia berhenti makan? karena banyak sekali kemungkinannya....

      Delete
  54. Assalammualaikum dok, saya punya kura kura masih bayi tapi lebih aktif di darat dari pada di air, kira kira itu sakit atau engga dok? saya bingung dok, takutnya sakit 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa? kura-kura brazil?
      kalau mau, kurangi aja airnya. selengkapnya, cek artikel saya Syarat Akuarium untuk Kura-kura Brazil...

      selama dia nafsu makannya bagus, saya kira dia masih sehat

      Delete
  55. dok, mau tanya, di salah satu kura-kura saya ada semacam gelembung gitu, itu kenapa ya? tetapi dia tetep lincah gitu, dan saya punya 2 kura-kura, tadinya di gabung, sekarang saya pisah karena kakak saya blg mereka berantem. tpi apakah gelembung itu penyakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener emang mending dipisah.
      kura-kuranya kura-kura brazil? yang di pipinya ada gurat warna merah?

      saran dari saya, mending airnya dikurangi. sekira kepalanya masih bisa nyembul di atas air. jadi, airnya jangan banyak2....

      saya takutnya sih dia kena flu akibat suhu air yang naik turun akibat air yang terlalu banyak atau akuarium yang terlalu besar. makanya saya sarankan airnya dikurangi agar suhu air terjaga...

      Delete
    2. airnya saya tidak taruh terlalu banyak kok dok, dia masih bisa kepalanya naik ke atas. iya, tipe kura2 brazil. gelembungnya itu ada di kepalanya dia dok, jadi kayak ada benjolan kecil di kepala, warnanya item gitu.

      Delete
  56. Dok, saya mau nanya kura-kura RES saya bagian dadanya ada garis merah gitu.. saya pikir berdarah tapi pas dibersihin gak hilang merahnya itu gimana ya dok? Kura-kura syaa kenapa ������

    ReplyDelete
  57. Assalamu'alaikum dokter
    Maaf mau tanya..

    Saya beli kura kura brazil 2 kemarin.. Pas ngasih makan malem.. Yang saya kirim foto tidak mau makan lahap kayak yang 1 nya... Tapi tetep mau makan.. Dan pagi ini juga dia mau makan.. Tadi malem dia rewel kaya suka di pinggiran kaya mau keluar aquarium..

    Pas saya jemur tadi pagi, ada benjolan putih seperti itu dok.. Apa itu tanda dia sakit dok? Kalau iya saya harus gimana dok? Makasih dok

    ReplyDelete
  58. Bu dokter saya mau tanya, saya punya kura2 brazil baby skitar ukuran 3-4 cm... kura2 ini kok maunya di darat terus ya? Sebagian besar waktunya cuma tidur di basking areanya.. kalau saya masukkan paksa ke air di berenang balik lagi ke darat... trus tidur mulu seharian tapi kalao saya buat bangun lincah dia kabur2annya.. ini sakit atau kenapa ya dok ? Oh iya kalau saya perhatikan di leher belakang bagian atasnya seperti ada benjolan/jerawat gtu dok

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Halo dok! Boleh minta kontak LINE atau WA nya ga ya? Biar komunikasi nya lebih gampang. Oh ya, saya newbie nih di blog nya dokter.

    ReplyDelete
  61. BANDAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    QQACE96 .COM
    Menawarkan Bonus di situs judi online kita
    Newmember Bonus 10.000
    Cashback Mixparlay 100%
    Poker Freechips 5000 setiap hari
    Bonus harian 20%
    WA +62823-6229-3153

    ReplyDelete
  62. Hallo dok kura kura Brazil saya merem terus dan kurang nafsu makan cara penanganan gimana dok

    ReplyDelete
  63. Halo dokter, sy ada 2 bayi res sdh dipelihara bbrp bulan... ini sy bingung apakah mereka sakit apa tidak, karena semua masih lincah & rakus sekali. Ini sy sedang dry dock karena tidak tahu apa kerapasnya luka atau tidak.

    ReplyDelete
  64. Yg satu kerapasnya agak berubah warna & berlapis, pinggirannya seperti terkelupas, apakah mau ganti scute atau jamur? Yg satu lagi 2 hari yg lalu jatuh dari atas meja, sekarang seperti ada luka bening abu-abu agak seperti masuk ke dalam (tapi tidak bolong) di kerapasnya. Sy mau upload gambar di sini tidak berhasil, apakah tidak ada yg bisa jawab via facebook? Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Ini gambar2nya... tolong dok, apakah tidak ada cara komunikasi yg lain, page ini agak susah dipakai malah salah click melulu...

    ReplyDelete
  67. Maaf udh coba berkali-kali tidak berhasil upload gambar... :'(
    Apa tidak ada cara komunikasi yg lain...

    ReplyDelete
  68. Dok, kalau mulut kura kura Brazil saya berdarah, bgmn cara mengobatinya ya?

    ReplyDelete
  69. Dok saya punya kura" 2 yg satu aktif bgt yg 1 lg gak aktif lebih pendiam,jarang gerak sekalinya gerak cuma sebentar itu tanda" apa ya dok, sakit apa? Kalau emang sakit obatnya apa?

    ReplyDelete
  70. Dok. Kalau kura-kuranya tidak mau keluar dari tempurungnya sama sekali itu kenapa ya

    ReplyDelete
  71. Dok mau tanya, jadi kura" saya abis bertelur baru 1 dan setelah itu saya pindah kan ke tempat media pasir untuk bertelur tp dia malah tidur terus dok seharian dan pas saya pindahin ke air dianya tetep diem dan tidur kira" knp ya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.