Kenapa Sugar Glider Saya Tidur Melulu? | Drh. Fira Sovica

"Dok, kenapa ya sugar glider saya kok tidur melulu?" demikian adalah pertanyaan yang diajukan salahsatu pengunjung ke saya. Pertanyaan tersebut akan saya bahas di artikel

penyebab sugar glider sering tidur

. Artikel ini berkenaan dengan artikel siklus hidup sugar glider.
Kenapa Sugar Glider Saya Tidur Melulu?
Image taken from sugargliderinfo.org
Ada beberapa poin penyebab kenapa sugar glider sering tidur, diantara adalah sebagai berikut:


  • Anakan sugar glider (joey) lebih banyak tidur daripada sugar glider yang sudah dewasa. Sama saja seperti bayi manusia, joey sugar glider lebih banyak tidur dibandingkan sugar glider yang sudah dewasa.
  • Sugar glider adalah hewan nocturnal (hewan yang artif pada malam hari). Maka sangat wajar jika sugar glider lebih banyak tidur atau malas-malasan saat siang hari.
  • Sugar glider adalah hewan sosial, mereka akan lebih aktif jika 'ada temennya'. Makanya, akan lebih baik jika anda memelihara lebih dari satu ekor. Biasanya, sugar glider akan lebih banyak tidur saat kesepian. Anda bisa sering-sering mengajaknya bermain jika anda hanya bisa membeli seekor sugar glider saja.
  • Hal terakhir yang bisa saja menjadi penyebab kenapa sugar glider tidur melulu adalah sakit. Silakan cek feses/tahi dan nafsu makannya, karena itulah parameter kesehatan sugar glider. Sugar glider yang sakit biasanya malas-malasan (tidur melulu), fesesnya beda (mencret atau baunya beda), dan nafsu makannya turun.
Demikian adalah

alasan kenapa sugar glider sering tidur

. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam memelihara sugar glider. Terima kasih banyak. (FS)

55 Responses to "Kenapa Sugar Glider Saya Tidur Melulu?"

  1. dok, kalo artikel tentang biaya merawat musang ga ada ya? oiya, saya tertarik pelihara musang, yang cocok untuk pemula itu musang jenis pandan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal biaya harian memelihara musang, murah kok. mungkin nanti saya susun artikelnya.

      iya, pilih musang pandan yang masih anakan tapi yang udah bisa makan sendiri. :)

      Delete
    2. seberapa murah dok? hehe soalnya saya anak kos.. hehe makasih dok, ditungu artikelnya..

      oke dok, oiya mau tanya kalo musang itu dari kecil udah berpotensi rabies ga dok?

      Delete
  2. Sekedar info saja saya memelihara sg jantan sdh 1 minggu umurnya sekitar 6bln dia jomblo (sendirian) saya kasih bubur sun rasa pisang. waktu pertama datang dirumah dia pup warna tahinya coklat tua lalu knp skrng berubah jd warna coklat muda tp tidak cair, itu partanda apa ya dok? Apakah sg saya sakit? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas. dia masih mau makan?

      kalau fesesnya masih berbentuk (nggak mencret) saya kira dia masih sehat. kalau soal warna fesesnya, saya kira normal karena mungkin dia baru ganti suasana... :)

      kabari lagi ya mbak...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dok mau nanya, udh 1 Minggu saya beli SG umur 1,5 bulan, sebelum saya beli SG ny pup nya coklat dan padat, nah pas udh 1 hari saya meliharanya, pup nya berubah jadi cair warna kuning, apakah SG ny sakit? Terimakasih sebelumnya nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa? bubur bayi? :)
      coba ganti bubur bayinya pake bubur bayi promina. dan jangan kebanyakan kasih madu. atau, cukup kasih bubur bayi aja. :)

      Delete
    2. Iy dok, saya kasih Sun rasa pisang, gk pernah pake madu

      Delete
  5. Kalau bubur cerelac rasa pisang susu bagus gk dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. :)
      kalau saya sih dulu pakenya promina rasa kacang ijo, mas... :)

      Delete
  6. Dok mau tanya lagi😁
    Kalau bubur promina rasa kacang ijo/beras merah d campur maju TJ bagus gk dok?

    ReplyDelete
  7. Dokkkk aku mau tanya,sg ku gemetar trs makan mau tapi g mau minum itu kenapa ya?trs gerakannya lambat gt itu kenapa y dok?mauuu tanya via wa/email bisa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgnya masih anakan ya? masih dibawah 3 bulan?
      kalau masih anakan, wajar kok...

      coba baca artikel di atas

      Delete
  8. Dok sg saya kok sekarang tidur terus ya, umurnya udah setahun kok dua"nya, makan mau. Tapi tidur terus. Cara agar gesit lagi gimana dok?

    ReplyDelete
  9. Dok kalo saya melihara sg cuma satu betinanya aja, apakah bakal cepet mati karna kesepian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas...
      asal mas sering ajak main dia, nggak kok

      Delete
  10. Dok maad mau nanya nih, baru dpt sg 5 bulan lah anakan, dia kalo dikandang tidur trus tapi kali dipegang atau taro luar aktif gitu, wajar ga dok, thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya, mas. mencret apa nggak.
      selebihnya, coba mas baca artikel di atas... :D

      Delete
  11. Dok... Sg saya kok geraknya lambat , kenapa ya.... Sering tidur baik siang atau malam jari... Terus Sering gemeteran juga kalo d ajak main... Tapi makannya lahap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih anakan ya mas?
      selama fesesnya gak mencret dan nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat...

      Delete
  12. Dok mau nanya. Ciri sg yg lg ada kutunya itu gmana. Soalnya sg saya kadang garuk2 waktutidur. Sg saya unur 2 blnan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal sg garuk-garuk, semua sg emang sering garuk2. sama aja kayak kucing, sugar glider juga menjilati bulunya biar bersih (grooming)...

      nah untuk memastikan apakah sgnya kutuan atau nggak, bisa diperiksan bagian kulit di dasar bulunya.... keliatan kok nanti ada kutu atau nggak...

      Delete
  13. Mau nanyaa , sg saya umurnya 1bulanan betina , saya belinya cuman satu gaada temennya. terus pertama kali sampe rumah, saya kasih makan dia gamau makan dan malah tidur terus , ini normal atau gimana ya ? Saya kasih makannya bubur sun

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. nggak usah dikasih susu.
      2. soal dia tidur terus, coba mas cek artikel di atas :D
      3. kalo bisa, jangan sun. saya rekomendasikan promina.
      4. soal crying, wajar kok... harusnya sih umur segitu jangan diadop sama manusia dulu, karena masih sangat tergantung sama orangtuanya....

      saya takutnya karena kurang nutrisi dari orangtuanya, dia malah sakit nantinya.....

      udah saya bahas di artikel JANGAN MEMBELI SUGAR GLIDER UMUR SATU BULAN.

      mas beli dimana? mohon kasih tau dia....

      Delete
    2. Untuk pemberian makan berapa kali sehari dok dan kapan saja ??

      Delete
    3. dia belum bisa makan sendiri?
      kalo udah, taro aja makanannya di kandang. bubur bayi promina. tiap 5 jam ganti yang baru. dikit aja.

      Delete
    4. masih harus di suapin dia , belum bisa makan sendiri

      Delete
    5. kalau emang dia belum bisa makan sendiri, coba aja mas kasih makan tiap 4 atau 5 jam sekali. :)

      Delete
  14. Dan apakah harus dikasih susu ? Kalau dikasih susu pakai susu apa ? Terimakasih mohon balasannyaa ya dok :)

    ReplyDelete
  15. Sama kadang2 dia suka crying , dibiarkan saja atau diapakan ya dok...

    ReplyDelete
  16. permisi dok , maaf mau tanya...sudah 2 hari ini SG sya tidur 24 jam dok ,mau bangun sih kalo pas aku cek tapi gak mau aktif dok , mau makan dan minum tapi gak rakus...intinya dia gak mau pindah dari tempat tidurnya dok, kenapa ya dok ? wajarkah? makasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pelihara satu aja?
      kalau cuma pelihara satu, kayaknya iya begitu...

      Delete
  17. maap dok mau nny ,sg jantan saya umur ny kira2 9 bulanan .terus dia tidur ny lama banget ,ampe malam klo gak di gangguin gak bangun2, itu kenapa ya dok ?? apa karna cuaca atau kebiasaan atau gmn ya ??

    makan bubur dy gak banyak kayak nya dok, awal ny SUN pisang, kirain dy bosan saya ganti promina kacang ijo, tp cemilan kayak UH atau sayur2an kyk jagung gitu dia jago dok

    dulu waktu sendirian dy tengah malam udah lincah aja ,sering nge-gonggong gitu, tp sekarang di kandang ada betinanya dok, gak sendirian dy malah banyak tidur. mohon jalan keluar nya dok .makasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya tambahan, posisi kandang SG ny sekarang 1 ruangan dengan kandang burung dok .ngaruh gak kyk gitu ??

      Delete
    2. burung apa mas?
      dulu sebelum ada burung, dia aktif ya?

      setau saya sih sg emang bangunnya malem. tapi malemnya juga gak tentu. masing2 sg biasanya punya jam aktif sendiri. ada yang tengah malem, ada yang menjelang subuh. mereka itu unik.... :)

      jadi, selama nafsu makannya oke, dan fesesnya normal (gak mencret), saya kira dia masih sehat.....

      interaksi sama betinanya gimana?

      Delete
    3. burung ny banyak dok .cuma dominan ny lovebird .jd klo pagi2 kayak demo gitu dok berisik nya,,
      dulu aktif dok pas masih sendiri .begitu d cariin betina, sekalian kandang ny d pindahin dekat kandang burung, kayak nya mulai dr situ deh dy banyak tidur ,cuma gak tau krn ad betina apa kandang ny dekat kandang burung yg bikin dy jd begitu..

      klo feses ny normal dok .klo makan ny dy gak fokus diem gitu dok, mksd ny dy klo makan jilat sedikit terus kabur ,nt ngulang gitu lagi dok

      betina nya ada 2 dok, yg 1 umur ny msh 2 bulanan, yg 1 lg sekitar 6 bulanan, klo interaksi sama betina ny sih masih bagus dok .kadang2 dy jilatin badan betina nya ,cuman saya belum ada ngeliat mereka kawin dok .apa betina ny msh kemudaan gitu ya ???
      awal2 ada betina sih dy siaga dok ,pagi2 msh nangkring aja dy

      oiy klo makanan ny saya campur ama protein instan dok

      Delete
    4. harusnya sih nggak masalah ya. tapi emang kadang ada sg yang nggak suka keramaian. gini aja, sgnya sering2 mas ajak main. usahakan biar dia bonding dan kenal sama masnya... :)

      sementara observasi aja dulu keduanya. yang penting, buat mereka nyaman dulu. kalau mereka udah nyaman, nanti mereka akan kawin sendiri kok...

      Delete
  18. Dok. Saya baru beli sg 1.3bulan iya juga tidur terus dok. Kli gemeteran dia udh engga. Tapi tidurnya terus yang bikin khwatir. Kalau makan mau tapi harus pake tangan. Jrng mau turun makan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. dia tidur mulu karena emang masih bayi.

      sehat kok.. :)

      Delete
  19. Dok, saya kemarin ke toko SG lagi nyari makanan untuk SG, dan mendapati marshmallow mini sebagai snacknya SG, beda ga sih dok sama marshmallow manusia? mereka bikin itu drmn ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda. secara tekstur lebih mudah dicerna sama hewan, mas. :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Dok saya kan baru beli SG umur sekitar 1,5/1,10 blnan.. Memang sih ketika pindah tangan dari penjual, ke hari selanjutnya pasti ga lepas dengan suara crabbing karna ketakutan atau lingkungan baru, kira2 tips efektif seperti apakah agar sg saya ga crabbing lagi, trus proses bonding biar bisa di bawa main,.. Karena saya baru bisa beli 1 ekor,. Apakah harus beradaptasi lingkungan dlu, atau langsung beradaptasi dengan cara di pegang, handfeed, diajak main??

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja ajak main. mas.
      atau kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di kandangnya. biar dia inget bau tubuh mas... dan jangan lupa, kasih makan pake tangan... sodorin pake ujung jari...

      Delete
  22. Dok mau tanya, kenapa sg joey aku wakgu malam tidur ya dok padahal kan jam aktifnya pada saat malam hari dok .. Dan juga wajr gak sih klo sg nya lebih aktif di siang hari dok? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. kalo wajar sih kalo ada sg yang ikutin kebiasaan kita tuannya, apalagi kalau masih joey. masih normal. :)

      yang penting dia masih mau makan dan fesesnya gak mencret... :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. dok mau tnyak, kalo sg muntah itu knpa yaaa dokk

    ReplyDelete
  25. Dok kan di dalem kotak tidur sg saya, saya kasih kain, nah tiap malem saya liat dia kaya makanin tali dari kain itu yang semacam benang benang gitu dari si kainnya.. gimana ya dok? Takut bahaya..

    ReplyDelete
  26. Dok mau nanya klo sugar glider joey sy ini matanya kadang bisa putih penuh tp bisa balik hitam lg...knp ya kira2 dok? Terima kasih seblmnya
    ..

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.