Menjinakkan Burung Hantu Yang Sudah Dewasa | Drh. Fira Sovica

Inti dari artikel

menjinakkan burung hantu yang sudah dewasa

ini sebenarnya adalah menceritakan curhatan saya mengenai menjinakkan Errol dan Padma, burung hantu saya. Dan setelah menulis tentang curhatan saya tentang tukang copy paste artikel beberapa waktu lalu, sebenarnya saya agak males juga untuk curhat lagi. Tapi sebenernya ini bukan artikel yang sepenuhnya curhat. Di artikel ini saya akan men-share tentang pengalaman menjinakkan burung hantu, jadi bukan sekedar curhat. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat bagi anda. Sebelumnya saya mohon maaf karena belum mempublish lagi artikel karena kesibukan saya. Minggu ini saja saya singgah ke 6 propinsi ke 3 pulau berbeda. Bayangkan, pemirsa. Errol dan padma nyaris mencakar-cakar saya sambil menjerit-jerit saking senangnya melihat saya sore ini. Artikel ini ada kaitannya dengan artikel cara menjinakkan burung hantu.
Menjinakkan Burung Hantu Yang Sudah Dewasa
Image taken from gardenandgreen.co.uk


Cara menjinakkan burung hantu yang sudah tua adalah sebagai berikut:
  • Sabar.
  • Kunci utama dalam menjinakkan burung hantu dewasa adalah sabar. Sabar jelas harus dilakukan untuk menjinakkan burung hantu dewasa. Terlebih, burung hantu dewasa lebih keras kepala dan lebih susah untuk dijinakkan daripada burung hantu yang masih anak-anak.
  • Jangan memaksakan burung hantu anda agar 'mengikuti' apa mau anda.
  • Sebagai burung pemburu, burung hantu sangat tidak suka kalau dia harus mengikuti kehendak makhluk lain. Termasuk anda. Dia tidak menganggap anda sebagai 'tuan' yang harus dia patuhi, dia menganggap anda sebagai teman, sebagai partner. Dialah rajanya, anda hanya sebagai 'ajudan' yang tidak ada hak untuk mengaturnya. Maka dari itu, burung hantu kerap stress jika dia ditaruh di dalam sangkar karena itu tidak sesuai dengan jiwanya.
  • Lakukan pendekatan (manning) terus menerus, dan training terus menerus.
  • Jangan pernah lelah untuk terus melatih dan berinteraksi dengan burung hantu anda. Dan sesuai dengan poin kedua, jangan pernah mengharapkan burung hantu anda untuk nurut 100%. Cukup lakukan training dan manning terus menerus.Cara melatih burung hantu bisa anda baca di artikel tahap-tahap latihan burung hantu.
  • Shut up, and do it!
  • Jika 3 langkah dalam menjinakkan burung hantu tua di atas sudah anda lakukan, maka saya bisa menjamin burung hantu anda akan jinak kepada anda. Jangan bertanya 'sampe kapan, dok?' Karena memelihara burung hantu adalah kontrak hidup dan mati, secara lebay bisa saya katakan begitu. Hal ini tentu akan semakin menantang jika burung hantu yang anda pelihara adalah burung hantu berkarakter keras kepala dan galak, seperti Errol, burung hantu saya.
Demikian adalah

cara menjinakkan burung hantu yang sudah dewasa

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi pencerahan bagi anda yang sedang memelihara dan menjinakkan burung hantu. Terima kasih. (FS)

168 Responses to "Menjinakkan Burung Hantu Yang Sudah Dewasa"

  1. 'Shut up, and do it!"

    Nice remark, Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dok ditunggu artikel soal mabung nya ya

      Delete
    2. Trimakasih utk artikelnya dok. Hehe..

      Dan tetap semangat dalam menulis artikel... Jgn patah semangat wlw kayakny banyak yang sirik... Krn sejauh yg saya search , blog dokter fira slalu jadi rujukan utk dunia owl krn mmg masih sedikit artikel yg telaten dan rutin soal owl dalam bahasa Indonesia.
      Mungkin yang lebih berpengalaman banyak, tapi mereka tidak pernah menuangkan pengetahuannya dalam bentuk tulisan dengan rutin... Jadi percuma kalo menurut saya..

      Tetap semangat dok... Dan terus belajar dan belajar...

      Delete
    3. hihihi. makasih banyak atas semangatnya :D

      Delete
    4. Hari ini saya baru dari taman safari... Wah disana cukup banyak jenis bop dok.. Tp yg menarik perhatian saya strix seloputo .... Wah gagah nya... Dan cukup besar..

      Lalu barn owl disana sudah bnr2 jinak dengan pelatihnya... Barn owl jika sudah mature bagus bulunya... Saat masih chick sama sekali tidak menarik ya

      Delete
    5. emang, strix seleputo emang keliatan gagah karena dia burung hantu berukuran besar. level kesulitannya juga lumayan tinggi karena stressnya lebih tinggi juga.... :)

      hehehe, emang iya mas. nikmatin aja setiap prosesnya. nanti juga barn owl mas kayak gitu... :)

      Delete
    6. Punya saya bukan barn dok.. Tp celepuk.. Krn sblm dulu saya putusin mengasuh burung hantu saya baca2 artikel blog ini. Jd mulai dr celepuk dulu.. Kalo keinginan saya sebenernya: seloputoo .. Gagahnya.. Iya saya ikutin prosesnya dr celepuk dulu.. Dan burung hantu saya ud makin jinak wlw blm imprint ..

      Delete
    7. Oh iya di taman safari di bird of prey exhibitonnya, bop wlw ditaro di kandang yg sangat besar tp bbrp kali ttp suka nabrak2 kandangnya... Kasian jg kl liat begitu .. Mgkn kl dokter punya kenalan di sana, bs tlg disarankan spy bop ditaro di tmpt yg lbh luas

      Delete
  2. dok , saya baru beli bay owl juve awal galak banget , gak bisa di taruh di glove ,

    gimana cara penangan nya ?
    terus untuk jenis pakan apa aja ? selain pinkies dan emprit? makasih dok ,
    maaf kalo pertanyaan saya bnyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu. baca juga artikel2 saya yang lain.
      cara memelihara bay owl relatif sama dengan cara memelihara celepuk, termasuk makanannya. silakan mas baca artikel cara memelihara celepuk... :)

      saya malah seneng kalau ada yang bertanyan, mas... :)

      Delete
  3. Dok saya punya owl jenis buffy fish owl..
    Owl saya ko pup-ya encer dan mata ya suka di pejamkan 1..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara? selama ini dikasih makan apa?
      mas yakin pakannya bersih dan bebas bahan kimia?

      saya punya tebakan, tapi mungkin saya tunggu jawaban pertanyaan tadi agar saya bisa tahu apakah tebakan saya benar atau tidak. :)

      oh ya, silakan mas baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  4. Burung tikus putih jangkrik itu ja mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya buffy makan nya ikan2 kecil , soal nya nama nya buffy fish owl hehe,

      tapi gak tau menurut dokter gimana

      Delete
    2. saya sedang buat artikelnya.... nanti ada penjelasannya di artikel saya itu... :)

      Delete
    3. http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2015/08/cara-memelihara-buffy-fish-owl.html?m=1

      Delete
  5. bay owl saya nama nya obet ,

    tadi petang saya kasih tiput setelah perjuangan keras akhirnya di makan sama obet , tapi di telan langsung , gk di cabik2 dlu ,
    aman gak tuh dok untung pencernaan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. malah bagus.
      sekarang gimana kabarnya? saya tunggu kabar obet... :)

      Delete
    2. sekarang masih galak dok , anteng di glove bntar aja si obet terbang lagi , kalo mau di taruh ke glove defense lagi dia..

      mkanin jangkrik aja aman gak dok ?
      soal nya ada yg bilang jgn tiap hari di kasih jangkrik.. bisa mati kata nya

      kalo tiput trus takut dana saya yg terbatas hehe.

      tiput nya bukan yg pinkies dok yang di telan si obet

      Delete
    3. silakan lanjutkan langkah2 manning dan penjinakkannya. cara menjinakkan burung hantu sudah saya tulis artikelnya... :)

      kalau untuk oriental bay owl, aman kok dikasih jangkrik sebagai makanan sehari2nya. yah, sesekali kasih bayi tikus, minimal sebulan dua kali... gak mahal kok mas bayi tikus, seekor cuma 2rbuan... :)

      Delete
    4. gak ada pinkies mba yg jual , kcuali pesan

      hrga tiput disini 6rb-7rb , kalo sminggu masih sanggup , kalo tiap hari blm sanggup hehe..

      skrng obet di ajarin mkan smbil bediri di glove.

      Delete
    5. gak usah pakai tikus putih. mas cari aja bayi tikus rumah di atap. kalau toh gak ada, gak usah dipaksain juga. soalnya untuk oriental bay owl makanannya jangkrik....

      latih aja terus... jangan putus asa... :)

      Delete
  6. dok saya baru beli celepuk umur 6 bulan. Udah 2 hari ini dia gamau makan kenapa ya dok ? dan dia juga suka nyakar nyakarin dan matuk saya dok. ada saran dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas baru memelihara owl, sebaiknya pilih yang chick/anakan/bulu kapas, mas. jangan yang udah tua. kalau yang udah tua, emang kudu sabar. :)

      kemungkinan stress. cek aja deh fesesnya (tainya). warnanya apa? silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. cari di bagian cari artikel..

      Delete
    2. warna kuning hitam dok. Burhannya udah mati dok dari pagi saya cape2 nungguin sampe sekarang tetep aja gak mau makan. Sayang banget padahal :(

      Delete
    3. saya ikut sedih. kalau fesesnya kuning biasanya ada infeksi di saluran cernanya. atau bakteri...

      Delete
  7. Dok si marco itu suka banget terbang ke pundak aku meski udh tak taro di glove atau tangkringan dan dipundak saya suka cakar n gigit sambil jerit2 kaya erol diatas. Itu knpa yah dok? Usia marco juve awal dan sedang ganti bulu
    Thks dok

    ReplyDelete
  8. Dok si marco itu suka banget terbang ke pundak aku meski udh tak taro di glove atau tangkringan dan dipundak saya suka cakar n gigit sambil jerit2 kaya erol diatas. Itu knpa yah dok? Usia marco juve awal dan sedang ganti bulu
    Thks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel Cara Membaca Perilaku Burung Hantu... :)

      Delete
  9. Klo burhan yg buat pemula cocoknya jenis apa ya... truzz harganya nya brapa ya dokk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya jenis burung hantu yang cocok untuk pemula. cari di bagian search. :)
      harganya ada di artikel harga burung hantu. :)

      Delete
  10. o dok mau tanya saya punya barn owl udah juve awal udah bisa terbang2 tapi masih ada bulu kapasnya udah jinak.
    yang mau saya tanyakan, sayakan ngekos tp triak dia kenceng bgt trutama kalo ktemu sya(biasa abis pulang mungkin lapar) sampai2 di tegor warga tp badannya anteng. yg mau sya tanyakan apa kalo besar dia bisa ga crewet?
    saya udah sayang bgt soalnya. apa ada alternatif atau caranya dok?
    kalo tidak mungkin saya berniat menjualnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu si errol lebih cerewet dari barn owl milik mas. dia gak hanya teriak, tapi langsung terbang ke saya, minta makan. iya, burung hantu kalau berisik gitu minta makan. :D

      justru mas harus senang kalau dia berisik. kalau dia berisik, artinya dia sehat, mas. mungkin maksudnya tenang, gak lagi teriak2 meski sesekali menguik-nguik.... :)

      namanya siapa mas? kayaknya bisa aja bonding kayak errol dan padma.. :)

      Delete
    2. iya kalo ga pake equip dia lgsung nemplok ke bahu atau kepala saya.
      iya sayang seneng dok dia triak tp warganya yg ga seneng. makin manja misal 1 ruangan ama saya. tp skrg taro di depan kamar kos, ga terlalu crewet kaya taro di dalam.
      namanya lego nama panjangnya legolas, karna kalo bonding nama kepanjangan jadi seringan manggil lego aja hehe.
      jadi bisa berkurang ga dok triak2nya? trutama fase juve/mature, persepsi saya dia triak2 karna manja dan masih anak2. CMIIW
      padma & erol udah umur brp dok? kayanya namanya sudah terkenal di dunia owlry :)

      Delete
    3. bisa atau nggaknya, balik lagi ke karakter si lego, mas. :)
      kalau karakter si lego emang dasarnya pecicilan, aktif, ceria, bisa aja dibuat kalem namun gak sampe kalem banget. beda ama owl yang emang dasarnya kalem.
      kalau soal karakter pecicilan sih padma aja lebih pecicilan dari lego kok mas. tapi nurut kalau saya suruh diem. kalo dia lagi teriak2 seneng pas saya baru pulang (lego juga begini kan? hehehe) terus saya bilang, "padma, diem. ntar gak ibu kasih makan nih" dia langsung diem kok.... :)

      saya yakin lego nanti bisa juga kayak gitu...

      soal usianya, gak masalah. si padma juga hasil tangkapan liar tapi bisa nurut juga sama saya. yang penting caranya mas... :)

      salam buat lego.. :D

      Delete
    4. iya lego sangat hiperaktif. waktu ditinggal di luar kalo ga liat saya ya kerjaannya loncat2 bolak balik.
      kalo liat saya dikit lgsung triak2 pdhal abis makan.
      nah ngellatih biar bisa diem gmn ya?saya suka blg dia diem tp malah makin nyaut. jadi kaya adu mulut

      Delete
    5. lego makin mirip aja sama errol waktu masih belum jinak.. :D
      pendekatan terus mas, dimanning terus. jangan nyerah. kalau saya liat sih, lego dan errol sama wataknya... :D

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. gpp dok ? saya blakangan ini malah jarang main ama dia trutama kalo malam. karna kalo ketemu saya triak2 kalo ditinggal malah agak sepi.
      kalo makin di manning bukan tambah manja ya?
      saya baru 2 hari ini nambah porsi makan malam dia dr 2mencit jadi 1mencit+4doq.
      kirain saya, biasanya dia abis makan masih triak kirain laper. porsi ditambah ternyata ga ngaruh, masih tetep triak hehe
      saya pikir kaya manja gitu,biasa saya train ga jauh 10m stlah itu dia sempet escape 100m lebih 2x saat train dan untungnya kembali lg ke saya walaupun pndaratan g sempurna.

      Delete
    8. manning bukan berarti kita memanjakan dia, mas. emang agak rancu juga antara manning dengan memanjakan, tapi ada batasannya: kalau memanjakan artinya dia tidak melakukan usaha samasekali untuk makan, namun kalau manning sambil memberi makan artinya dia perlu usaha untuk makan. makanya dalam manning mending kasih pakan hidup kayak bayi tikus, taruh aja di dekat kakinya. lalu tinggalkan. jangan diliatin. nanti dia akan makan sendiri. itu yang namanya manning. manning juga bisa dilatih dengan cara melatih FOF, FTTF, JTTF, dan FF.

      kunci manning sebenernya ada pada ketajaman insting si burung hantu tapi juga harus mengenalkan bahwa kita ini masternya. itu yang susah mas. karena kadang kalau instingnya tajam saja tanpa dia mengenali kita sebagai masternya, yang ada kita malah diserang. menurut saya sih yang paling susah itu menjaga agar instingnya tetep tajam dan dia mengenali kita sebagai master... :)

      saya makin yakin kalau lego semakin mirip sama errol nantinya. tapi lebih mudah lego dilatihnya, kalau errol dulu keras kepala banget, mas. kayak saya. hahahaha. emang kata kakek sih sifat burung hantu tuh mirip (atau sama) dengan sifat masternya.... :)

      Delete
    9. dok tolong dok. lego mendadak sakit.
      lemas g bertenaga. susah berdiri g ada nafsu makan. knp ya? g bisa liat dr fecesnya. spertinya normal.

      Delete
    10. sekarang gimana keadaannya?
      kalau masih, mending bawa ke dokter hewan aja secepatnya mas. sebelumnya makan lancar kan? gak ada tanda2 sakit? makan gak terlambat?.....

      semoga lego bisa kembali sehat...

      Delete
  11. Dok mohon pencerahan...saya temukan burhan di hutan kondisi terluka pada sayap kiri tembus ke pinggang, sepertinya luka tembakan senapan angin.. setelah seharian googling sy dapat keterangan dari blog dokter Fira ini bahwa jenis nya bubo sumatranus. Saya temukan sehari sebelum idul adha nih dok, hari pertama saya beri pakan daging ayam potong, tp dimuntahkan,,hari kedua saya beri daging kurban :), sorenya saya beri ikan cenang (ikan kecil yg biasa hidup di bantaran sungai) soalnya pasar ikan tutup semua dok...mohon pencerahannya, bagaimana merawat burhan jenis ini, apalagi sudah dewasa, terluka, dan garang pula dok. Tangan saya sudah codet-codet dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas?
      coba mas ke apotik, beli obat yang namanya paracetamol. 1 tablet potong jadi 6 bagian sama besar, 1 bagian tumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan 4 sendok makan air. minumkan tiap pagi dan sore....

      paling bagus sih kasih bayi tikus, mas....

      Delete
    2. Aduuh mbak dok...si bro tutup usia selepas sy jumatan tadi. Tadi pagi saya berusaha cari makanan buat dia tapi ga dapat, akhirnya sy belikan ikan tongkol, baru disuapin jam 10. Cuma sedikit, soalnya sy juga ragu takut ga cocok sama ikan laut. Tapi daripada kelaparan terpaksa deh,,,
      Apa karena ikan tongkol ya dok si bro meninggal?
      Sy masih merasa berdosa ini...

      Delete
    3. sy sudah baca hampir semua artikel mbak dok soal burung hantu. Sepertinya saya jatuh cinta nih mbak...
      Sy berduka sampai detik ini, kemarin kami takbiran bareng di gudang belakang,,,persis seperti yg mbak dokter deskripsikan, seolah owl bisa memahami isi kepala kita, sensasinya menyenangkan hati.
      Mohon info, kalau sy beli owl usia branch misalnya, bisa dikirim ke bengkulu selatan ga ya?

      Delete
    4. saya turut berduka mas... :(
      di bengkulu banyak asap tidak? kalau menurut saya, tunggu aja sampai bencana asap ini berakhir. lalu mas bisa gbung ke grup jual beli burung hantu daerah bengkulu di facebook.

      semua hewan bisa membaca pikiran kita, mas. kalau burung hantu, malah dia suka menanggapi kalau kita ngomong ama dia. kadang errol suka ngedip kalau saya ngomong ama dia... :)

      Delete
    5. Alhamdulillah daerah bengkulu bebas bencana asap kok mbak dok.
      Saya blm tahu utk grup jual beli burhan di wilayah bengkulu, kalau ada sy minta link nya dong,,,. Sy agak ke selatan dari provinsi bengkulu, burung hantu dsini enggak dipelihara krn masyarakat mayoritas lebih suka burung kicau.

      Delete
    6. search aja di facebook, mas. :)
      owl sebaiknya sih gak dikirim jauh2, kalau toh mau dikirim, gunakan jasa pengiriman hewan antar pulau agar keselamatannya terjaga... :)

      Delete
    7. kalau untuk daerah bengkulu, gak ada link saya mas.. :)

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Halo dokter Fira,

    terimakasih artikelnya, trus maju dan berkarya dokter
    saya ijin bertanya,

    saya punya seekor celepuk sudah jinak..sudah bisa fly to the feed smp 6 meter..saya memang mengurusnya dr bracher.

    Kurang lebih 2 minggu lalu, saya memutuskan mengadopt celepuk baru..namun krn keteledoran saya, saya malah mengadopt celepuk dewasa ( saya pernah mendengar celepuk dewasa sulit dijinakan).. entah mengapa saat saya melihatnya saya kasihan jd saya adopt walau saya tahu dia sdh dewasa.

    Yg ingin saya minta petunjuk dr dr fira :
    1. Dokter, apakah dengan kebereadaan celepuk saya yg sdh jinak, bisa membantu mempercepat proses penjinakkan celepuk baru tsB? Sepintas saya perhatikan mrk seperti sdh akrab, bisa bertengger bersebelahan dan saling mematuk2 bulu satu sama lain

    2. Proses manning /pdkt yg dokter sebutkan di artikel di atas seperti apa dokter? apakah saya cukup mengajak ngobrol tanpa menyentuhnya atau hrs saya elus2 trus ? ( smp saat ini, celepuk baru tsb klo melihat saya dtang sll defence mengeluarkan bunyi hantu "huuuuuuu" ( smp org serumah merinding , katanya kayak suara kuntilanak nangis hahahah) dan dia blm mau disuapi….sll membentangkan sayap lebar dan mundur2 pdh blm saya sentuh sama sekali..akhirnya utk makan saya lepaskan emprit saja dan esok paginya saya lihat sisa2nya emprit tsb sudah habis dimakan. Klo saya pegang dia pasti mnggigit mematuk saya keras dan pernah mencakar saya smp berdarah..hehhe


    Mohon petunjuk dr dokter fira =)

    oyah, mereka berdua saya letakan di balkon lt 3 kurang lebih berukuran 4 meter x 2meter dan tinggi 3.2 meter

    sebenarnya hari ini saya baru kembali ke penjualnya utk menukarkannya dg celepuk lain, tp entah mengapa sy lihat wajah celepuk tsb sperti mengeluarkan air mata dan yg cukup mengherankan ketika saya pisahkan celepuk saya dg celepuk lama saya, celepuk lama saya seperti sedih mengeluarkan bunyi tdk biasa dan uring2an,
    akhirnya walau sdh smpai di tempat penjualnya saya memutuskan tdk jd menukarnya…kdg saya percaya jodoh itu ada shg sy dipertemukan dg celepuk "liar" tsb

    terimakasih dokter, sukses trus yah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. saya akan coba jawab.
      1. iya, bisa. kasus yang mas hadapi sama seperti kasus yang saya hadapi terhadap padma, burung hantu saya yang kedua.
      seperti yang saya tulis di artikel imprint pada burung hantu, imprint juga bisa terjadi antar burung hantu. kebetulan, si errol (burung hantu pertama saya) sudah imprint kepada padma kurang lebih 2 bulan setelah dipelihara, itulah yang membuat padma bisa cepat jinak.
      butuh waktu, dan gak bisa instan. namun proses penjinakkan yang mas lakukan terhadap burung hantu kedua akan dibantu oleh burung hantu yang pertama.
      2. kalau emang dia masih defends parah, gak apa2 selama beberapa minggu atau bulan ini, cukup kasih makan. sesekali mas diam dan duduk di depan dia. yang bagus sih sebenernya taruh di kamar, biarkan dia liat mas tidur. dengan cara itu si burung hantu akan yakin kalau mas nggak akan melukainya.
      sering2 liat matanya, lakukan kontak mata sesering mungkin. mereka bisa 'baca' pikiran kita. :)

      saya seneng mas punya gagasan mengenai 'ikatan' dan 'jodoh' dalam memelihara burung hantu. sedikit banyak mengingatkan saya terhadap almarhum kakek saya.
      kata kakek saya, semua burung hantu seperti itu. keluarga kami memang muslim, tapi kakek saya waktu kecil pernah menceritakan mitos kalau manusia memang mengalami life circle: saat kita mati, semua ingatan kita dihapus, dan kita lahir seperti semula lagi dari orangtua yang lain.
      namun burung hantu tidak begitu.
      saat seekor burung hantu mati, ingatannya tidak dihapus, dan somehow, dia bisa mengenali masternya meski masternya sudah 'ganti cangkang' (ganti tubuh). mungkin itu sebabnya kakek saya bisa memanggil burung hantu dari alam, meski dia belum pernah bertemu dengan si owl.
      Kakek saya bercerita, cuma ada 99 nyawa hewan di dunia ini. semuanya cuma berganti tubuh dengan memori yang terus terkoneksi sampai hari kiamat nanti.

      jangan terlalu dianggap serius cerita dari kakek saya itu, mas. karena bagi orang awam, agak susah untuk menerima benar atau tidaknya cerita itu. semuanya berada di area abu2 meski saya tahu pasti kakek saya tidak pernah berbohong. buat sebagai motivasi aja buat mencintai binatang... :)

      Delete
    2. selamat malam,
      terimakasih dokter untuk jawabannya…

      saya doakan sehat trus untuk dokter fira dan tentunya errol dan padma.. semoga errol dan padma segera berketurunan..=)


      terimakasih untuk petunjuk2 dari Dokter Fira.

      betul dok...saya setuju 100 persen apa yg kakek dokter katakan, dan saya sangat percaya life cycle, juga karma dan darma dalam kehidupan.

      Saya senang sekali bisa konsultasi dengan dokter yg cara berpikirnya sudah sgt moderate dan open =)


      maju terus dan sukses trus yah dokter fira
      =)

      Delete
    3. sama2. :)
      bisa ke blog ini kalau mau tanya2 hal lain atau ada problem.. :)

      Delete
  14. Dok,burung hantu saya kemarin sempat escape,mungkin karena angkletnya kelonggaran. Untung aja ga kemana mana masih bertengger di jemuran.Terus saya ikat pake tali,tetep lepas juga.kalo kakinya diiket pake ring sm rantai kaya kakatua gitu boleh ga dok?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, jangan pakai ring ama rantai, mas. saya mah gak tega owl dihold pake rantai. pake angklett aja, jangan dilonggarkan tapi...
      saran saya coba dilatih, mas. kalau dia escape tapi gak kemana2, kemungkinan emang dia udah nyaman di rumah mas....

      Delete
  15. Dok saya baru beli burhan celepuk tadi sore,di sana makan nya lahap dan sehat,setelah sampai rumah saya lepaskan burung nya,dan dia ga bisa diam dok,sampai2 mau escape ke ventilasi haha,akhir nya saya baca di blog sebelah,masa karantina 3 hari di tempat gelap dok,tapi kalo saya karantina di kardus bolehnga dok,buat meminimalisirkan tingkat ke stress an burham saya dok,nama nya keny,sayang banget pertama kali liat,tapi ketika dia sampai rumah,aku kasih makan,dia malah defensive,dan sayap nya udh agak tumbuh jadi bulu jadi dok,dan terbang nya masih rendah,mohon pencerahan nya tentang defensive dan masa karantina

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa karantina sebenernya gak perlu 3 hari, kelamaan mas. coba mas baca artikel saya cara karantina burung hantu.

      di box/kardus yang besar boleh. yang besar loh ya, bekas kulkas lebih bagus. jangan yang kecil. yang penting bebas suara2 mengagetkan...

      Delete
  16. dok , mo tanya nih . saya lagi proses penjinakan celepuk juve 2 ekor. nha yg satu ini sudah mulai2 jinak yg satunya lagi masih belum ada kemajuan sama sekali. yg saya mo tanyakan , mungkinkah yg sudah mulai jinak ini klo di bareng in sama yg belum mau jinak bisa terpengaruh kembali galak ? sekian dan terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. yang udah mau jinak akan tetep jinak kok meski disatuin sama yang belum jinak. malah, sepengalaman saya (saya punya 2 ekor barn owl) yang belum jinak nantinya bisa ikut jinak.

      dulu si errol (salahsatu burung hantu saya) juga gitu. :)

      Delete
    2. makasih dok atas jawaban nya , sekarang sudah jelas hehe :)

      Delete
    3. oke. kabari lagi kalau ada apa2... :)

      Delete
    4. oh iya dok , si duo O (oscar & otis) kok saya merasa tiap berganti hari mereka trust nya ke saya kaya reset gitu dok. semisal hari ini mereka saya manning sudah nggak defense . tapi esok hari nya saya manning lagi defense lagi . bahkan keseriusan nggigit nya itu kaya pertama baru kenalan . apa karna tiap malem saya taruh di ruang karantina nya ya dok ? saya lepas bebas di ruangan nggak saya iket . aktifnya minta ampun kalo udah malem , nggak betah di perch -_-

      Delete
    5. malah bagus itu, berarti proses penjinakkan dan manningnya berhasil. lanjutkan aja prosesnya. dulu si errol juga gitu... :)

      fesesnya gimana? normal? :)

      Delete
    6. oh gitu ya , makasih dok . soal feses normal putih susu cair,bening cair,hitam2 agak padat

      Delete
    7. kalau 3 warna gitu sehat,,, :)
      parameter kesehatan burung hantu lainnya gimana?

      coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
    8. - dua2 nya kalo dari mata terbuka semua dok
      - mereka bersuara nya klo udah lapar , ada sedikit beda suaranya . si otis nguuuuuk ngik , kalo si oscar cuma nguuuk dan gak sekeras otis.
      - kalo nafsu makan dari antusias lebih antusias si otis , asal liat tangan mesti mau matuk2 , kalo si oscar lapar pun gak se antusias otis , harus di tempel in ke paruh baru mau matuk2 dia
      - dari respon dua2 nya bagus dok , misal ada org lewat atau mendekat lgsg di pelototin xD

      Delete
    9. oh itu bagus kok. :)
      saya seneng dengernya. hmm, kalau mau, mas beli super-n di toko makanan burung, terus kasih ke owlnya satu tetes tiap 2 hari sekali... kasih makan jangan sampe lupa... :)

      Delete
  17. Dokter , saya baru adopt celepuk , namanya tata . Sudah dewasa . Masih liar . Kalau saya sentuh digigit dok . Itu tetep disentuh aja dan ngebiarin digigit atau gimana dok biar lebih cepet mau dijinakkan ? Makasih dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dok , gimana caranya ngelatih owl biar nggak buang air sembarangan dok ? Tata saya taruh di kamar dok , jadi fesesnya dimana-mana dok

      Delete
    2. dijinakkan aja dulu. kalau dia nyerang pas mau disentuh, gak apa2, tetep sentuh tapi pelan2. elus2. :)

      yang pasti, jangan takut. karena owl biasanya tahu kalau masternya takut.

      hmm, gimana kalo mbaknya bikin owlbox dari kardus yang besar? bisa pake kardus yang besar, bekas akua botol yang besar. kasih tangkringan di dalamnya, tutup bagian atasnya, dan coak di salahsatu sisinya..... jadi ngambilnya dari samping, dari sisinya yang dicoak.... mudah2an mbak ngerti maksudnya... :D

      opsi lain, taro di ruangan lain. bisa di gudang atau semacamnya...

      silakan baca2 lagi artikel tentang burung hantu di blog ini.

      Delete
    3. Oh iya saya coba buat owlboxnya , dokter . Itu buat ngelatih owlnya biar nggak buang air sembarangan kan , dok ?

      Ini sudah ada kemajuan , dok . Saya sudah baca2 lagi artikel2 dari dokter fira beserta coment2nya . Owlnya tetep saya sentuh pelan2 dan saya elus2 meskipun tangan saya berdarah-darah karena digigit tata . Tapi saya bahagia sekali dokter karena akhirnya tata mau saya elus2 , matanya merem2 gitu sambil gigit2 pelan . Tapi kalau di lain waktu elus2nya dia gigit keras lagi , dok . Padahal tadinya sudah nurut kalau dielus . Tapi kalau mulai dielus lagi di lain waktu dia kaya kembali buas gitu , dok . Tapi terimakasih , dokter . Artikel2nya sangat membantu . Terimakasih , dokter . Terimakasih :D

      Delete
    4. itu biar jaga biar kotorannya 'gak kemana2' aja. kalau cara biar dia gak pup sembarangan, nanti setelah dia bonding (nurut) dia akan tahu tempatnya pup dimana....

      Delete
  18. Dok klo boleh tnya kok celepuk gk bisa minum sendiri ya ? misal nih dok kita dapat celepuk liar yng udah dewasa itu kan dia di di liar minum ya gmn tu dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baru pelihara, rata-rata harus diberi minum sih. ada yang bisa minum sendiri, tapi gak semuanya.

      meski begitu, nanti kalau dia udah kenal sama ownernya, dia biasanya bisa minum sendiri. karena udah percaya sama ownernya. iya, dia gak mau minum sendiri karena burung hantu menganggap kita, manusia, adalah makhluk yang gak bisa dipercaya... :)

      Delete
    2. ok dok makasih akhirnya ke jawab juga hehe

      Delete
    3. pertanyaan yang masuk pasti saya jawab kok... :D

      Delete
  19. dr mo infonya dong..saya punya celepuk baru seminggu pemberian teman kerja yang dapat dri tempat kerja.
    kurang lebihnya saya belum tau usianya brapa bulan dr
    dan ini yang pertama memiliki celepuk sebelumnya tidak pernah atwpun mengetahui.
    pertama memiliki saya simpan di kardus selama 2 hari...dan selanjutnya pagi hingga sore saya tempatkan di tenggeran dan malamnya saya taruh kembali ke kardusnya..menurut dr itu bagaimana dr apakah sangat baik atw membuat celepuk bagaimana dr.mohon infonya dr.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam :)
      udah bagus kok. makanannya udah tahu kan? udah ada kok artikelnya, cara memelihara celepuk.

      yang pasti, ruangannya jangan terlalu berisik, dan jangan telat kasih makan.

      oh ya, baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu... :)

      Delete
  20. Dok, mau nanya, kalo celepuk dewasa di jadi satu sama umur brancher apakah tidak apa2? takutnya yang brancher dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan, mas. kalo toh misal mau digabung, mending sambil diawasi. :)
      burung hantu sendiri sebenernya adalah hewan soliter (penyendiri), mereka biasanya gabung kalo pas musim kawin aja... :)

      Delete
    2. jadi burung hantu itu lebih nyaman tinggal sendiri ya dok?

      makasih sebelumnya

      Delete
    3. makasih dok! :)
      salam buat errol & padma dari nocto & namu :D

      Delete
  21. Dok saya punya buffy fish owl usia juve awal hasil tangkapan liar
    Pas didekatin gak defens lagi dan kalo tangan didekatin udah mau naik ke tangannya
    Tapi dia masi cuek n nyari tempat nangkring yg lebih tinggi
    Apa bisa sampe bonding ?
    Dilatihnya pake umpan hidup atau mati baiknya dok ?

    ReplyDelete
  22. Dok saya mau tanya nih, apa burung hantu gk akan terbang bila dia berada di perch? Saya takutnya dia mencoba terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo burung hantunya masih anakan, biasanya sih anteng di perch. kalo burung hantunya mas dapetnya udah dewasa, biasanya untung2an. ada yang emang kalem sifatnya, jadi dia mau menclok di perch. ada juga yang gradakan, gak mau diem... kabur2an mulu... :)

      umur burung hantunya berapa?

      Delete
    2. Dari fisiknya sih seperti sudah umur 5 bulanan dok, tapi sekarang masih saya taruh di kandang, tiap malem slalu pengen kluar dia dok, gradak gruduk.
      Kalo seperti itu di taruh di perch bakal kabur2an gk dok?

      Delete
    3. coba aja taro di perch.... sebelum ditaro, mas elus2 dulu selama 5 atau 10 menit biar dia tenang, baru taro di perch... :)

      Delete
  23. Oke dok, sudah saya coba untuk berinteraksi sama dia, dia mau di elus2 sampai matanya terpejam, kalau seperti itu ciri2nya bakal bisa jinak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya optimis bisa. :)
      karena mau sebuas apapun BOP, dia pasti bisa jinak kok..... :)

      Delete
  24. Oke dok😁, terimakasih banyak dok.
    Maaf saya banyak nanya2😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu2 masnya, hehehe...

      kabari terus ya mas...

      Delete
  25. Dok, bulu sayap tyto saya ternyata ada yg patah 4 helai😥, dia bakal ganti bulu lagi gk dok?😥

    ReplyDelete
  26. Dok, tyto saya baru saya pindahkan ke perch kok malah jadi takut sama saya ya? Saya mendekat dia malah terbang"an, itu ada solusinya gk dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah bikin owlbox sederhana dari kardus?
      kalo belum, bikin aja. cari kardus yang agak besar (misalnya: bekas akua botol yang besar, tumpuk 2). kasih tangkringan dari kayu di dalamnya... taruh sementara owlnya di situ..... tapi sering2 dikeluarkan buat dilatih di situ....

      mas owlnya umur berapa? udah besar ya?

      kenapa gak pilih owl yang masih anakan biar lebih gampang jinak?

      Delete
  27. Gk tau umur brpa dok, bulu dadanya udah warna coklat, mungkin udah dewasa.
    Di kasi paman owlnya dok, paman gk sempet ngurus dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah, bikin aja owlbox dari kardus... :)
      tetep kasih makan. rutin kasih makan. biasa kasih makan apa?
      buat menjaga agar dia tetap sehat, mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      Delete
  28. Saya baru dapet burung hantu celepuk liar kayak nya udh dewasa...saya mau melatih nya tapi dia matuk tangan saya terus..gimana ya dok

    ReplyDelete
  29. Saya baru dapet burung hantu celepuk liar kayak nya udh dewasa...saya mau melatih nya tapi dia matuk tangan saya terus..gimana ya dok

    ReplyDelete
  30. Saya baru dapet burung hantu celepuk liar kayak nya udh dewasa...saya mau melatih nya tapi dia matuk tangan saya terus..gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dijinakkan dulu mas. jadi sementara ini focus ke penjinakkan aja, jangan langsung dilatih....

      artikel CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU ada kok di artikel ini

      Delete
  31. Dok imprint itu apa ya
    Xdxdxd ane masih belajar pelihara burung hantu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada arrtikelnya, imprint pada burung hantu...

      Delete
  32. Dok saya mau nanya ...
    Saya kan baru beli barn owl blm jinak bngt...
    Pas saya lepas dia terbang"an trs jg g mau mkn, saya kasih daging g di mkn ,mulutnya jg mangap" trs ...
    Klo kaya gitu kenapa y dok...
    Apa mungkin dia stres??
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      sekarang gimana owlnya?

      coba kasih daging emprit. kasih suplemen juga, suplemennya udah saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat....

      iya, ada kemungkinan stress....

      Delete
  33. Iy dok..
    Alhamdulillah sekarang dah mendingan..
    Udh mau mkn jg...
    Tp ko dia g mau mkn sendiri y dok,maunya di jejelin ke dlm mulutnya...
    Itu kenapa y dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih pakan hidup, mas.
      cek artikel cara agar burung hantu mau makan...

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Ooowh...
    Ok...
    Makasih y dok atas infonya...
    Sekarang si ekrol dah mau mkn ...

    ReplyDelete
  36. Dok sya mau nanya...
    Klo bulu sayapny BO patah bisa numbuh lg g dok...
    Makasih..

    ReplyDelete
  37. Pagi dok, mo tanya saya dapat burung hantu sudah 5 hari. Allhamdulillah sudah bisa dipegang tdk mencakar/mengigit tp masih kaget2tan jd biasa loncat2 ksna kemari klo didekati. Nah masalahnya dok dia susah makan sudah qu coba pakai doc (anak ayam) hidup dan sudah dipotong tp tidak direspon sama sekali jd makanya biasax sya loloh pake potongan daging saya paksa makanya.

    Pertnyaan saya
    1. Apa gg masalah kalo saya paksa makannya takutnya makin strees ??
    2. Gimana caranya agar dia mau makan sendiri dok, mohon infonya
    Makasih sebelumnya

    Ohya saya punya jenis Grass Owl

    ReplyDelete
  38. dok saya mau tanya burung saya jenis barn owl, udah aku urus sejak dia bayi, skarang dia udah besar dan udah nurut sama saya, tiba2 pas malem aku lepas talinya ehh dia mendadak kabur terbang, aku cariin ketemu ternyata dia terbang ke komplek, dan sesudah ketemu itu burung hantu saya tidak jinak lagi dok ngga nurut sama saya, di kasih ke patch/tenggeran tidak mau diem dok maunya terbang aja.

    itu pertanyaan nya gimana solusi nya dok supaya barn owl saya jinak lagi???

    ReplyDelete
  39. Punya saya kalu siang jinak tapi kalau malam galak knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada yang kayak gitu, mas. wajar kok...

      Delete
  40. Malem dok... Saya baru beli burhan jenis celepuk umur udah juve ..udah bisa terbang.. Dia suka matuk (tapi ga sakit) pikiran saya sih itu bercanda.. Tapi kalau di elus2 dia diem.. Sekarang saya taro di dus besar (lebih besar dari dus aqua) dan di buka atasnya.. Yang saya ingin tanya kan..
    1. Apakah saya udah benar untuk tempatnya atau harus di tangkringan?
    2. Masalah matuk nya itu gimana mengatasinya? dan suka membuka sayap nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas...
      1. bagusnya sih kalo burungnya udah juve, kasih tangkringan aja di dalam dusnya.
      2. nggak apa2, biarin aja. dia kayak gitu karena dia belum kenal sama mas.

      coba mas baca artikel cara agar burung hantu tetap sehat, kasih obat yang saya tulis di artikel itu. setetes setiap hari. itu suplemen biar burungnya tetep sehat....

      oh ya, cek juga artikel parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  41. Saya punya partner baru. Namanya moe, bubo sumatranus big size usia juve awal sudah bisa terbang.
    Moe aktif bgt kalau malam hari. Suka loncat kesana kesini. Kalau dia mau lompat pindah tempat tapi gak sampai jangkauan, dia suka berontak sampe bisa naik kesitu. Akibatnya sayapnya berdarah sisi pucuk kiri kanan. Saya obati, sudah sembuh tapi tiap hari selalu tingkah lagi berdarah lagi, tak pernah sembuh

    Kalau saya lepas tali angkletnya, pasti terbang kesana kesini. Semua barang pasti dinaikin trus dirobohin semua.
    Kalau saya tali kencang, pasti dia jatuh dari perch, kakinya di atas sayapnya dibawah dan itu bisa bikin dia tingkah dan berdarah lagi.
    Saya seminggu gak bisa tidur gara" tingkah moe yg pencilaan.

    Solusinya gimana dok untuk tingkahnya?
    Trus sama lukanya harus di hansaplast atau gmn biar gak berdarah lagi dan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah emang kalo bubo sumatranus pecicilan, karena sifat aslinya emang begitu. ada sih yang kalem, meski jarang. saran saya, siapkan ruangan kosong yang gak ada barang lain selain perchnya dia....

      itu satu2nya cara biar dia gak ngerubuhin barang dll.

      Delete
  42. Pagi dok....fira
    Mau burhan saya namanya arap...sayam untuk erol...
    Mau nanya kalw udah jibal n mau nglepasnya dibuatin kandang dulu atw di perch doc klw dilepas dirumh takutnya kotorannya dimana mna..dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara bikin owlbox aja pake kardus yang besar.
      kasih tangkringan di dalam kardusnya... biar dia bisa nangkring di situ.... :)

      kasih super-n setetes setiap hari, seperti yang saya tulis di artikel Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat

      Delete
  43. Dok burhanny dikaih mkan celurut ngk apa kan dok tapi tidak tiap hari

    ReplyDelete
  44. Dok burhanny dikaih mkan celurut ngk apa kan dok tapi tidak tiap hari

    ReplyDelete
  45. Selamat siang bu dokter. Saya baru beli burung hantu jenis oriental bay owl. Boleh dibilang saya beli di pasar jatinegara jakarta pusat. Setelah saya beli langsung saya bawa pulang ke rumah dan saya kandangi. Kandangannya juga tidak sempit kok masih berperikehewanan (hehehe) lega untuk mengembangkan sayapnga yg lebar

    Permasalahan saya adalah, burung hantu obay ini masih penakut setiap saya samperin dengan dekat dia akan mengembangkan sayapnya dan bersuara "sssshh,ssssh" begitu. Dia di elus juga belum mau dan masih menyerang. Pakan yang saya berikan adalah jangkrik. Bagaimana ya bu dokter biar dia bisa jinak? Apakah butuh waktu lama agar dia tidak penakut setiap saya samperin? Berhubung ini baru hr ke 2 saya setelah membelinya. Saya masih sangat awam dalam hal memelihara burung ini bu. Mohon jawabannya terima kasiiiih :)

    ReplyDelete
  46. Dok saya kmarin beli buffy owl kalo langsung disimpen di tenggeran ga knapa2 gitu ?apa harus digimanain dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kenapa2 kok. bagus malah. :)
      tapi sebelumnya mending karantina dulu. caranya baca di artikel CARA KARANTINA BURUNG HANTU

      Delete
  47. Dok, saya baru beli barn owl di pasar burung hasil tangkapan liar. Dari rabu pagi sampe hari ini dia belum mau makan, tapi udah ga terlalu nunjukin mode defensenya. Udah saya taro kardus saya taro tikus putihnya di dalem kardus itu juga tetep gamau makan dia dok.
    Umurannnya juve tengah dok, saya harus gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? 3 elemen? coba baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu....
      mas jangan diliatin pas kasih tikus putih, mas. tinggal aja. kalo diliatin kadang emang gak mau makan.
      kalo masih gak mau makan juga, saran saya: kasih daging emprit atau puyuh. cacah dulu kecil2.

      Delete
  48. dok mau tanya dok knapa ko kalo di kasih air minum pake sedotan c joy ko malah kaya yg mau muntah2 dok tolong dok bls chat saya ksian c joy.
    dan kenapa c joy hampir setiap hari dia tidur mulu jadi susah d ajak ngobrolnya.

    tolong bantu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. si joy tuh burung hantu?
      kasih minum pake sedotan jangan sampe masukkin sedotannya ke dalam mulut, mas. jadi cukup ditetesin aja di depan mulutnya...

      kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
  49. iya dok c joy itu burhan masa kucing😀😀😂 maaf gurau aja dok hehe.
    kalo tidur trus itu gak ppa dok ?
    makasih infonya dok

    ReplyDelete
  50. belom dok soalnya gak tau super-n buat burhan apa dok ?
    c joy kasian sampe selarang tidur mulu takut dia kenapa2 ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira udah dikasih.
      beli aja super-n di toko makanan burung...

      Delete
  51. Mau nanya dok, saya baru dapet celepuk dari tetangga yang nangkap di sekitaran rumah, saya kasih jangkrik kok g mau makan yah dok? Apa nunggu dulu sampai besok? Kalo fesesnya belum tau dok warnanya apa.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, boleh karantina dulu. cek artikel cara karantiina burung hantu. dan coba sekarang dikasih makan.

      sodorin jangkrik ke depan paruhnya, pake tangan, ntar dia samber kok...

      Delete
    2. Ok dok dicoba.. normal kah kalo gigit2 sama nyakar? Soalnya q pernah punya bubo g seganas ini dok

      Delete
    3. mas jangan sedih. kalo cuma dicakar, dulu mata saya pernah di cakar sama si errol, huehehehe. sampe kelopak mata saya sobek. untung nggak sampe kena bola mata.... :D

      jadi, nikmatin aja setiap prosesnya. :D

      gimana sekarang owlnya?

      Delete
  52. Dok mau tanya, saya bru dpet barn owl umur juve, udh 4 hari ini dia gak mau makan gmna ya dok solusi ny
    Semua jenis mkanan yg sesuai di artikel tetep gak mau mkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih cacahan daging puyuh, taro aja di kandangnya. terus tinggal. jangan diliatin.

      Delete
    2. Udh dok, tpi gak dimkan sma skli, tpi kmren sore saya kasih kodok sawah yg gede tdi pagi dliat udh gak ada

      Delete
  53. Dok saya kan beli barn owl juve, itu di karantina berapa lama dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 s/d 24 jam aja mas. :)
      kenapa pilih yang juve? udah jinak atau hasil tangkapan liar>?

      Delete
  54. Dok cara biar dia mau di glove gimana? Saya coba dia ga mau naik ke atas glove

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia langsung ditaro di glove aja (ditaruh pake tangan) gimana? dia mau?

      mungkin focusnya ke penjinakan aja dulu ya mas. nanti kalau dia udah jinak dan udah kenal sama masnya, saya kira dia bisa nyamperin mas sendiri.... :)

      Delete
  55. Dok mau tanya, klau mau ternak burhan enak ny melihara yg dri kecil apa yg umuran dewasa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternak atau pelihara, mas?
      sebenernya sama aja sih, mau ternak atau memelihara, bagusnya adalah yang anakan. bukan yang bayi banget. tapi yang udah berdiri, dan masih ada bulu kapas...

      sama cek dulu kesulitannya. karena masing2 burung hantu punya kelasnya sendiri2. ada yang gampang dipelihara, ada yang sedang, ada yang susah dipelihara... cek artikel saya, jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya

      Delete
  56. Assalamualaikum dok, saya mau tanya dok. saya beli burung hantu jenis celepuk tapi msh liar. Dikasih mkn msh galak karna ga punya ruang kosong dan anklet jadi saya masukin kandang stlh dikasih mkn selama seminggu sekarang udah jinak mau dielus dan ngga galak lagi tapi dia pengin terbang jadi saya keluarin dari kandang dan dipasangin angklet eh malah jadi takut trs waspada lagi. Jadi galak jadi saya masukin kandang lagi. Gmna ya dok cara nanganinnya? Mohon bantuannya n terimakasih dok ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara nggak apa2 masukkin kandang aja. tapi minimal 10 atau 15 menit sekali ajak main. keluarin dari kandang, taro di pergelangan tangan mbak, terus elus sambil kasih makan, biar dia ngerasa kerasan dan kenal kalau mbak adalah tuannya.... :)

      silakan baca2 lagi artikel2 saya mengenai burung hantu, diantaranya artikel parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  57. Bu dokter, saya izin bertanya..
    Saya punya barn owl namanya angelo..
    Saya ngkepp angelo dari bc akhir sampe sekarang juve awal..
    Saya rasa angelo masih blm sepenuhnya jinak karena terkadang saat saya deketin dia masih defence terkadang juga bisa saya elus-elus kepalanya walau terkadang dia gigit..
    Gimana ya dok biar angelo sepenuhnya faham bahwa saya tidak akan membahayakan dia ?
    Sebelumnya terimakasih tanggapan nya bu dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... :D

      bikin angelo percaya kalau masnya gak mau membahayakan dia. caranya, taro angelo di kamar saat masnya tidur. jadi angelo bisa liat masnya tidur.

      secara naluri, burung hantu suka sama mangsa yang keliatan lemah. nah, dengan membiarkan angelo melihat mas tidur, secara tidak langsung sebenernya mas bilang ke dia, "lihat, saya tidur di depanmu karena saya percaya kamu nggak bakal menyakiti saya. jadi, lakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan ini ya."

      kalau bisa, pas dimasukkin ke kamar, jangan diikat. biarkan dia bebas di kamar masnya. :)

      Delete
  58. Sebelumnya saya taro angelo dikamar, dia aktif bersuara saat saya gerak..
    Cuman dia sering buang feses d kasur dok 😅
    sekarang saya kasih tikus aja dia langsung nyamber ke tangan dok udh bisa terbang soalnya..
    Liat jempol kaki aja dia kira tikus dok udh defence mau nyamber..
    Oh iya saya kasih tikus 2 ekor 2x dlm sehari semalem dok..
    Sekarang angelo saya taro d ruang tengah dok lengkap dengan angkletnya.. gimana ya baik nya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, dulu errol juga gitu awal2 mas. :)
      emang perjuangannya kayak gitu kok mas... :D

      sekarang gimana mas kabar si angelo? :)

      Delete
  59. Mau tanya nih dok. Saya dapet owl (sebut saja marco) dapet dri rumah tetangga, dan udah dewasa. Gimana cara ngejinakkinnya dok? Klo di karantina di dlm kardus bagus gak sih? Soalnya liat youtube katanya begitu.mohon sarannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  60. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  61. Dok mau tanya saya baru adop buffy fish kalo dilihat ukurannya sih udah kisaran juve itu sayap kirinya jatuh knapa ya dok ??
    Mohon solusinya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.