Badan Lobster Sering Terlentang, Kenapa? | Drh. Fira Sovica

Banyak pecinta lobster yang bertanya yang bertanya kepada saya

kenapa lobster peliharaan sering terbalik atau terlentang

. Saya bahkan pernah didatangi seorang pecinta lobster ke klinik saya dulu sebelum klinik saya tutup karena saya terlalu sibuk di luar (hiks!). Artikel singkat ini berkaitan dengan artikel saya yang lain yaitu cara memelihara lobster hias dan cara membedakan lobster jantan dan lobster betina.


Badan Lobster Sering Terlentang, Kenapa?
Image taken from kaskus.co,id
Kembali ke permasalahan kenapa lobster sering terbalik atau apa penyebab lobster sering terlentang? Apakah hal tersebut normal?
Secara umum, lobster sering terbalik atau sering terlihat terlentang bisa dikatakan tidak baik. Kasus badan lobster sering terbalik biasanya lebih sering terjadi pada lobster yang mengalami masalah saat ganti kulit (moulting).
Penjelasan kenapa lobster sering terlentang saat menjelang akan moulting adalah karena lobster membutuhkan zat iodine dan kalsium untuk membantu proses moulting (ganti kulit). Lobster menyerap kedua zat penting ini dari air akuarium tempat dia hidup saat memasuki masa moulting. Lobster yang tidak mendapatkan asupan kalsium dan iodine dari air biasanya akan menunjukkan perilaku aneh berupa membalikkan badan atau memutar badannya ke atas agar ia bisa menyerap kalsium dan iodine yang mungkin masih ada di dalam air. Inilah penyebab kenapa lobster sering terlentang atau terbalik.
Cara mengobati lobster yang terlentang atau sering terbalik adalah dengan menambahkan zat kalsium (khususnya kalsium clorida) dan iodine (khususnya potassium iodide) ke dalam air aquarium tempat memelihata lobster dengan cara membeli suplemen khusus penambah kadar iodine dan kalsium ke dalam air. Salahsatu produk yang saya rekomendasikan adalah Reef Iodine dan Reef Calcium yang diproduksi oleh Seachem. Anda bisa membeli produk Reef Iodine dan Reef Calcium dari Seachem di toko perlengkapan aquarium air laut terdekat, atau anda bisa gabung ke forum pecinta aquarium air laut di reefsforum.com.
Demikian adalah penjelasan singkat tentang bagaimana

cara mengobati lobster yang sering terbalik

. Semoga penjelasan singkat tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang lobster. Terima kasih banyak. (FS)

8 Responses to "Badan Lobster Sering Terlentang, Kenapa?"

  1. Dr.Fira..trimaksih dok atas pnjelasanya lwt artikel ini..tp sayanknya lobster saya ud kburu tewas dok..smaleman tdk berubah posisinya sy rasa si lobster tdk mampu balikin badanya keposisi smula spt kaku gt dok..yg sy mau tnyakan justru lobster sya ini abis moulting dok kr2 5 hari yg lalu dan bekascangkang sy biarkan spy dmakan si lobster spy dapat asupan calsium..tp anehnya tdk dsentuh sama skali dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. kemungkinan stress juga kalau emang begitu mas.
      mungkin karena dia tidak memakan cangkang itu dia jadi kekurangan kalsium....

      Delete
  2. Dok tolong sya , kenapa tiba2 ank kucing sya pincang dan badannya lemes bgt udh dua hari ni dan menular ke ank kucing lain.. Mohon bantuannya dok sya bingung harus gimana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih nebak mungkin kena distemper.
      kenapa dari awal gak dipisahin yang sakit dengan yang sehat?
      saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan secepatnya agar bisa mendapatkan pertolongan, mbak...

      Delete
  3. Sya kira cuma kejepit atau jatuh jadi gak dipisah mbak, penyebab kena distemper itu ap mbak dan bisa mnular kekucing dewasa gak. Sya udh ke petshop tp gk ada dokter hewan , gmn mbak ada cara lain gk utk nyembuhin kucing sya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara mengobati distemper pada musang. di sana ada tentang penyebab distemper.
      coba cari dokter hewan lain. alamat dokter hewan terdekat dengan rumah mbak ada di blog ini. cari di bagian cari artikel: alamat dokter hewan

      Delete
  4. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.