Umur Maksimal Tupai Kelapa | Drh. Fira Sovica

Artikel singkat tentang

umur maksimal tupai kelapa

ini saya publish berdasarkan pertanyaan dari salahsatu pengunjung blog ini yang bertanya, "dok, tupai kelapa bisa hidup sampai usia berapa?". Maka artikel singkat ini akan menjawab pertanyaan tentang usia maksimal tupai kelapa. Sebelumnya saya mohon maaf karena belum sempat menjawab pertanyaan konsultasi kesehatan hewan via Google+. Saya lebih menyarankan anda agar berkonsultasi via komentar di bawah postingan blog agar saya lebih cepat menjawabnya. Oh ya, artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara tupai kelapa.
Umur Maksimal Tupai Kelapa
Image taken from wikipedia.org


Tupai kelapa bisa hidup hingga lebih dari 9 tahun dalam penangkaran manusia. Tentu hal ini jika si manusia tersebut memelihara tupai kelapa dengan baik dan benar.
Berbeda halnya dengan tupai kelapa yang hidup di alam. Tupai kelapa yang hidup di alam biasanya memiliki umur yang lebih singkat. Umur tupai kelapa yang hidup di alam tidak lebih dari 5 tahun. Pendeknya usia tupai kelapa yang hidup di alam tersebut dikarenakan banyaknya perburuan, ancaman predator, pembabatan hutan, bencana alam, dan lain sebagainya. Usia rata-rata tupai kelapa yang hidup di alam adalah 3 tahun.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

tupai kelapa bisa hidup hingga usia berapa tahun

. Semoga artikel singkat ini bisa menjawab pertanyaan tentang usia maksimal tupai kelapa di alam dan di penangkaran manusia. Terima kasih. (FS)

68 Responses to "Umur Maksimal Tupai Kelapa"

  1. dok...kira2 tupai kelapa bisa di kawinkan dengan sugar glider gak?

    ReplyDelete
  2. Dok makanan yg baik untuk tupai kelapa APA saja? Dan dalam sehari sebaiknya diberikan berapa kali dan berapa macam? Terim kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan terbaik buat tupai kelapa adalah buah2an. pepaya, pisang. tapi mas juga bisa kasih dia bubur bayi promina. untuk airnya, air mineral, bisa tambah madu atau sari kurma di airnya.. :)

      Delete
  3. Selamat siang bu dokter, saya punya 1 tupai kelapa albino,cuma sy agak khawatir, perutnya besar, seperti buntung padahal jantan ya tidak ada alias jomblo, juga belakang hari kelihatan lesu, facesnya padattidak encer, biasa makannya pisang kepok kandangnya 1mx60x80, kata kawan kawan di putu buntinng anggur apa benar begitu ya, trus cr ngstadin perutnya yg besar bagaimana dokter Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa diberi makan apa? coba kasih makan pepaya matang.

      banyak diberi minum, dan coba kasih ramuan air kelapa campur sari kurma... kasih ke tupainya...

      makanan cukup dikasih pepaya matang aja. jangan yang lain... :)

      kabari saya terus..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Biasa diberi makan pisang kepok matang, doc. Kemarin bikin cemas karena pupnya berlendir. Saya ingat-ingat, perlakuan yg beda hanya menambahkan madu ke air minumnya. Apa karena itu ya.. Tapi alhamdulillah hari ini pupnya sudah padat meski masih sedikit berlendir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bisa jadi karena madu. mending ganti pake sari kurma aja...

      jujur soal perutnya, saya gak tahu karena gak bisa liat tupainya langsung. apa gak lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat aja mbak?

      maaf baru balas... saya sibuk sekali 3 hari ini. banyak hewan sakit...

      kabari lagi...

      Delete
  6. Biasa diberi makan pisang kepok matang, doc. Kemarin bikin cemas karena pupnya berlendir. Saya ingat-ingat, perlakuan yg beda hanya menambahkan madu ke air minumnya. Apa karena itu ya.. Tapi alhamdulillah hari ini pupnya sudah padat meski masih sedikit berlendir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini si puty alvin saya sdh sembuh rasanya makannya mulai lahap dan pupnya tidak berlendir lagi, dietnya diganti wortel pagi dan siang dikasih pepaya atau pisang kepok, semoga nanti ketemu jodohnya, Trimakasih bu Fira

      Delete
    2. syukurlah, saya senang dengernya. :D

      minimal seminggu sekali kasih buah, pisang atau pepaya. lebih dari seminggu sekali lebih bagus. selebihnya, bisa kasih bubur bayi promina... :D

      kabari lagi kalau ada apa2 ya mbak... :D

      oh ya. jangan sampe kedinginan. cuaca lagi kurang bagus buat hewan, makanya saya sibuk banget akhir2 ini....

      Delete
  7. Soal perut besar Puty, doc? Apa benar hamil anggur seperti kata pemilik sebelumnya?

    ReplyDelete
  8. Doc, si putu bk albino saya sdh sembuh sudah kelihatan pecicilan lagi, ndak lemas seperti sebelumnya, makannya bubur bayi diseling buah dan wortel, cuma kalau saya kasih makan pakai tangan suka cium2 tangan trus gigit atau nyasar, itu apa karena matanya yg tidak begitu jelas melihat atau karakternya yg galak, berbeda sama tupai belang saya yg mau makan handfiel dan di elus2 saat makan, gigi putu, tajrm banget sama seperti kukunya sekali kena langsung berdarah, jadi agak takut kasih makan pakai tangan,apa sebaiknya giginya di pangkur doc, biar ndak bgitu sakit klw gigit ?
    Trimakasih sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf banget karena baru bisa balas komentarnya hari ini.... sibuk sekali minggu2 kemarin. agak bersalah juga sih.... :(

      jangan dipangkur, kasian mbak. biarin aja. fokusnya sekarang penjinakkan aja dlu. kalau soal gigit, dia masih pengenalan. coba taruh aja kaus bekas pakai mbak (yang masih bau keringat) di atas kandangnya dia.... biar bau tubuh mbak bisa dia cium... :)

      soal gigit sebenernya dia gak bermaksud menyakiti. namanya juga anak2, gigitan mereka lebih berarti 'ini bisa dimakan nggak ya?'.... :)

      Delete
  9. Dokk usia berapa kira kira tupai bisa dimandikan?

    ReplyDelete
  10. Dok, pada awalnya saya punya sepasang tupai kelapa, kemudian yg jantan kabur. Efek yg saya lihay dr si betina dr yg baik sm saya jadi sedikit meliar, baiknya gimana yaa dok? Dan btw saya gatau umur tupai kelapa saya.. bagaimana yaa cara mencari taunya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi agak liar setelah pejantannya kabur, gitu maksudnya? emang kadang ada sih yang gitu. coba mas beli aja pejantan lain buat temennya dia... :)

      maaf baru balas, saya sibuk sekali kemaren2 ini... :)

      Delete
  11. Dok mohon pencerahannya dong,

    Mau tanya, parfum anjing or kucing bs dipake bwt bajing kelapa gk y? Kl gk, kira2 ad rujukan gk jenis parfum yg bs dipake bwt jenis mamalia kecil gt?

    Maksh seblmnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau jujur, saya nggak tahu, hehehe. tapi biasanya saya kasih miinyak kemiri kalau buat tupai kelapa. itu juga gak banyak2, dikit2 aja... jangan sampe basah banget bulunya....

      untuk parfum, sebenernya bisa pake parfum khusus kelinci. tapi saya belum pernah coba. :)

      Delete
    2. Thanks advicenya ya dok. Sy akn cr parfum kelinci. Coz kl minyak kemiri dh rutin sy pake sekali semgg sambil mandiin, tp msh krg.

      Btw, kl blh usup, bikin artilel soal siklus hidup sm breeding bajing 3 warna (prevost squirrel/ callosciurus prevostii) dong dok.

      Delete
    3. oke nanti saya susun artikelnya. makasih banyak sarannya... :D

      Delete
  12. Setuju usul pak Rifqi, sebab sy juga punya tupai tiga warna yg sdh sejodo, bingung nyari literatur soal breednya termasuk syarat kandangnya

    Trimakasih bu dokter cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke nanti saya susun artikelnya. makasih banyak sarannya... :D

      Delete
  13. Selamat siang dok. Tupai kelapa saya punya warna merah, obatnya apa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? dan biasanya mas kasih makan apa?
      aktifitasnya gimana? dia aktif bergerak?

      saya tunggu kabarnya ya mas

      Delete
  14. dok, tupai kelapa saya kalo nafas bunyi "klik" gitu, sebelumnya diaksi minum susu kucing, hidungnya kemasukan susu sedikit tiba-tiba langsung kaya flu hidungnya berair. cara mengatasinya gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. stop susunya.
      untuk hidungnya, coba sabtu minggu jemur dibawah sinar matahari pagi selama 10 menit, sebelum jam 8 pagi.

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum dok saya baru beli anak kan tupai sebelumnya saya beli itu lincah tapi tidak mw makan dok sampai seharian dan esoknya tidur terus hanya aktifitas sebentar, itu kenapa dok tupainya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      coba kasih makan bubur bayi promina.
      fesesnya/tahinya mencret ya?

      saran saya, kasih makan bubur bayi promina aj dulu mas.
      dan kandangnya jangan ditaro di luar. pokoknya jangan sampe tupainya kedinginan, apalagi kalo masih anakan...

      kabari lagi

      Delete
  17. Haloo dok, saya Solihin ingin bertanya kalau tupai bisa mandiri alaias makan sendiri itu umur berapa ?

    ReplyDelete
  18. Haloo dok, saya Solihin ingin bertanya kalau tupai bisa mandiri alaias makan sendiri itu umur berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa baca rtikel saya SIKLUS HIDUP TUPAI TERBANG, secara garis besar sama kok.... :)

      Delete
  19. Bagaimana menjinakkan tupai kelapa yg dewasa dan galak? Dulu dr kecil smp besar sm saya, ttp ditinggal pergi kira2 6 bulan, pas sy pegang jd galak..bisa jinak lagi nggak dok? Kalau bs, gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 ajak main aja mas. jadi jangan cuma kasih makan doang. ajak main juga.
      dielus2 aja di dalam kandangnya..

      masnya merokok? kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas di kandangnya. sementara gitu aja dulu, biar dia kenal bau tubuh mas. sambil coba elus2....

      oh ya, satu lagi: kasih makan pake tangan (disuapi)

      Delete
  20. dok,saya punya tupai kelapa anakan.belakangan ini suka lemas dan tidur melulu tp makan minum masih mau.sy kasih makan bubur milna minumnya susu dan air mineral.kira2 knapa kok masih lemas dan tidur melulu?mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      coba mas cek fesesnya/tahinya. mencret nggak. kalo mencret, kasih air kelapa muda, 2x sehari (pagi sore).

      kalo gak mencret, saya kira dia masih sehat....

      Delete
  21. dok minta alamat emailny dong dok...
    supaya lebih mudah bila ingin tanya jawab dok..
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hanya menerima konsultasi di blog ini, mas... :D

      Delete
  22. dok saya mau tanya 3hari yg lalu saya beli tupai kelapa usianya 2 bulan, kenapa yah dok tupai kelapa saya takut sekali sama manusia hingga sekarang kalo mau makan pasti nunggu hening dulu baru dia keluar dari persembunyiannya yg saya buat dari kaleng bekas saya kasih kain putih. yg saya kawatirkan kalo tupai saya stress akibat terpisah dengan temen2nya.
    boleh minta pencerahannya dok agar tupai/bajing kelapa saya tidak takut dengan manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih stress sama lingkungan barunya. wajar kok mas. taro aja kandangnya di ruangan yang sepi. sementara gitu aja dulu.

      terus mas kasih makan disuapi dengan sodorin pake ujung jari. pake bubur bayi promina.

      Delete
  23. Saya suapin dok bknya dengan bubur bayi cerelac gpp yah dok walaupun bukan promina...?
    Oh iya dok sekarang sudah mau main di tangan saya hingga dia buang air kecil di tangan saya lalu di jilati air seninya sendiri. Itu normal yah dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, sementara abisin aja dulu yang cerelac. nanti ganti sama promina kalo udah abis.

      normal kok.

      mas kasih makan apa?

      Delete
  24. Kalo makanan utamanya yah itu dok bubur bayi cerelac. Oh iya dok kan saya lepas di dalem kamar jadi agresif yah dok tingkahnya kalo di pegang gigit tapi pelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, itu karena dia masih belum kenal. bahkan kalau udah kenal pun, dia akan tetep gigit meski pelan2. karena emang sejinak apapun musang, dia pasti gigit...

      mau saya analisa kesehatannya? kirim aja foto fesesnya, tahinya, kemari mas....

      Delete
  25. Dok si buffy tak nafsu mkn,mkn pun harus daging di cacak dan di paksakan masuk kemulutny,dan makun hari lemas tak mampu berdiri fasecnya encer putih susu hitamny aedikit
    Tetapiatany melotot terus
    Bagaimana cara senbuhkanny yah dok
    Mohon bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n aja mas. beli di toko makanan burung. 2 tetes sehari, pagi setetes, sore setetes.
      pokoknya meski lagi sehat, gak apa2 kasih super-n, setetes setiap hari. kalo lagi gak sakit, cukup setetes aja.

      makanannya kalo bisa sih ganti pake daging puyuh aja mas. atau daging emprit.

      Delete
  26. Dok, tupai kelapa saya berumur 2 bulan sejak kemarin minggu cukup sering mengeluarkan suara seperti sedang batuk dan bersin, apakah itu beneran batuk dan apakah itu tanda gejala radang paru2 pada tupai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu. bisa karena debu.

      nafsu makannya gimana?
      terus, apa dia jadi murung (diem aja)?

      bersihkan area dekat kandang. bisa jemur juga pagi-pagi, seminggu 2x. sebelum jam 9 pagi.

      Delete
    2. Makannya masih lahap dok, 1 hari abisin 1 buah pisa g, lebih banyak tidur sih tapi kalau di ajak main aktif geraknya, saya jemur tiap hari dok 15menit

      Delete
    3. coba mas kasih bubur bayi promina, mas... :)

      Delete
    4. Bu dok,saya kasih promina makannya belepotan semua, cara yg benar bagaimana ya dan porsi yg tepat seberapa banyak buburnya?
      Terima kasih

      Delete
    5. jangan terlalu banyak. secukupnya aja. satu sendok makan aja mungkin.

      mas juga bisa suapin ke tupainya. caranya, cuil bubur bayi sama ujung jari mas, sodorin ke mulut tupainya..... nanti dia jilatin...

      Delete
  27. Bu dok,tupai saya masih anak blm bisa berjalan dgn lancar. Jika saya mau sklh,saya taruh makanan nya di dalem kandang makanan nya Pisang Pepaya Jeruk. Dia bisa makan sendiri atau tidak ?? Sklh dari Jam 7 sampai jam 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya.
      coba kasih bubur bayi promina aja, mas.... dibuat agak encer....

      Delete
    2. Gk knph"kan klo,, tupai nya sendirian (JOMBLO)

      Delete
  28. Doc mau tanya ini kemarin saya dapet tupai pemburu , umurnya kira" 1bln . Untuk umur segitu apa masih malas" ya soalnya kalo saya pegang cumak tidur aja ditangan gk mau petakilan

    Sama makanan yg baik untuk umur segitu apa ya ini masih saya beri pisang kepok ,minumnya susu dancow

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diberi susu. stop susunya.
      untuk makanannya, bisa kasih bubur bayi promina. pisangnya bisa kasih 2 hari sekali aja... :)

      Delete
  29. Cari kasik makan bayi tupai gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia belum bisa makan sendiri? kalau belum bisa makan sendiri, coba aja tetesin pake sedotan akua yang kecil itu mas, ke mulutnya... nanti dia jilat2 sendiri.... pake bubur bayi aja makanannya....

      maaf karena baru balas, saya abis keluar kota kemaren... :(

      Delete
  30. Dok saya punya anakan tupai kelapa,tapi kenapa susah banget makannya.kepalanya selalu di selipin dibawah kakinya,pernah saya liat dia gigit ekornya sendiri.makannya saya kasih pisang & air gula campur garam.badannya lemes & tidur mulu.kira2 gimana ya dok ?

    ReplyDelete
  31. Dok... mohon saran dan sharing nya.
    Saya punya bajing kelapa yg saya rawat dari umur kira2 1 bulan hingga sekarang kira2 sdh berumur 1thn. Jika bajing kelapa tersebut saya lepas kembali ke alam bebas, apalah bajing kelapa saya tersebut bisa bertahan hidup dan bisakah bersosialisasi kembali dgn binatang sejenisnya? Mengingat selama ini saya memeliharanya dirumah. Mohon saran nya dok.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  32. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  33. Kalau untuk anakan bagus gk kalau diberi dancow

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.