Mengobati Burung Hantu Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

penyakit yang menyebabkan burung hantu mogok makan

. Penyakit berikut juga bisa menyebabkan BOP mogok makan, atau bahkan bisa menyebabkan burung hantu mati. Cara mengobati burung hantu mogok makan diharapkan bisa diketahui dengan cara mengetahui penyakit penyebab burung hantu mogok makan berikut ini. Artikel ini terkait tentang cara memelihara BOP dan cara memelihara burung hantu barn owl atau cara memelihara burung hantu celepuk.
Mengobati Burung Hantu Mogok Makan
Image taken from barnowlboxes.com
Berikut adalah beberapa penyakit yang menyebabkan burung hantu mogok makan atau burung hantu kehilangan nafsu makan:


  • Penyakit Aspergillosis atau asper.
  • Penyakit pertama pada burung yang bisa menyebabkan burung hantu tidak mau makan adalah penyakit Aspergillosis . Penyakit ini disebabkan oleh jamur bernama aspergillus yang hidup pada sistem pernafasan burung hantu. Jamur penyebab penyakit aspergillosis bernama aspergillos ini bersifat patogen, artinya dapat menyebabkan penyakit karena jamur aspergillus sendiri menghasilkan beberapa racun yang bisa membuat burung hantu sakit. Ciri penyakit asper pada burung hantu biasanya diketahui dari burung hantu tidak mau makan, susah bernafas, nafas yang kelihatan cepat, diare, mata sering terpejam, dan perubahan pada suara (agak lebih serak). Penyakit asper pada burung hantu juga menyebabkan burung hantu tidak bisa berdiri atau lumpuh. Penyakit aspergillosis sebaiknya dihindari, bukan diobati. Karena meski burung hantu bisa sembuh dari penyakit aspergillos, namun kecil kemungkinan untuk sembuh secara total. Umumnya, aspergillosis atau penyakit asper menyebabkan kematian. Cara mencegah penyakit aspergillosis tentu dengan menjaga kebersihan kandang dan pakan, menjaga daya tahan tubuh burung hantu, dan memberikan treatment lain seperti pemberian multivitamin dan semacamnya. Anda juga diharapkan memiliki dokter hewan 'langganan' yang bisa dihubungi jika ada ciri dan tanda penyakit asper pada burung hantu anda.
  • Impaksi atau penyumbatan sistem pencernaan.
  • Sebenarnya, impaksi bukanlah penyakit. Impaksi bisa diartikan penumpukan makanan akibat sistem pencernaan yang tersumbat akibat salah makan atau pemberian makanan yang terlalu banyak. Secara prinsip sebenarnya burung hantu bisa memuntahkan kembali makanan yang 'nyangkut' di tenggorokan atau temboloknya, namun kadang burung hantu sendiri kesulitan dalam melakukan memuntahkan sesuatu yang mengganggu sistem pencernaannya. Pemberian minum kepada burung hantu yang mengalami impaksi kadang membantu burung untuk melancarkan kembali sistem pencernaannya. Impaksi bisa menyebabkan burung hantu mogok makan karena kesakitan yang ia derita. Juga, burung hantu yang mengalami impaksi kerap murung, matanya terpejam (merem), serta memiliki feses yang berwarna putih susu.
  • Penyakit asam tembolok (sour crop, biasa disebut juga crop stasis).
  • Agak mirip dengan impaksi, penyakit sour crop disebabkan oleh penumpukan makanan. Bedanya sour crop dengan impaction adalah bahwa penyakit impaction pada burung hantu bisa terjadi di seluruh bagian sistem pencernaan burung hantu. Beda halnya dengan penyakit sour crop. Selengkapnya mengenai penyakit crop stasis bisa anda baca di artikel cara mengobati burung hantu yang kena sour crop.
  • Penyakit akibat virus West Nile.
  • Singkat saja, penyakit karena virus West Nile menyebabkan oleh gigitan nyamuk pada burung hantu. Hanya saja, karena burung hantu sendiri aktif pada malam hari, sedikit sekali burung hantu yang terkena penyakit ini. Umumnya, burung hantu yang terjangkit virus West Nile adalah burung hantu yang ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara buruk. Penyakit akibat virus west nile menyebabkan burung hantu lemah, lesu, kejang dan tremor, burung hantu kehilangan berat badan, mata burung hantu sering tertutup (baik satu mata saja ataupun keduanya), perubahan pada suara burung hantu atau burung hantu hilang suara samasekali, burung hantu sering memiringkan kepalanya, burung hantu susah untuk fokus, dan burung hantu kehilangan keseimbangan. Penyakit karena virus West Nile juga biasanya menyebabkan kerusakan pada bulu, terutama pada burung yang sedang mabung (moulting). Untuk mengobati penyakit karena virus west nile diperlukan penanganan dari dokter hewan.
Demikian adalah beberapa

penyakit yang menyebabkan burung hantu tidak mau makan

. Sebaiknya, segera bawa burung hantu ke dokter hewan terdekat jika tanda atau ciri di atas terjadi pada burung hantu kesayangan anda. Terima kasih. (FS)

366 Responses to "Mengobati Burung Hantu Mogok Makan"

  1. selamat malam bu dokter, saya di kasih bracher Owl Strix seloputo dari kawan , sebelum saya rawat ( masih di rumah kawan ) makannnya lancar dan tdk ada keanehan. sehari di rumah saya makannya juga lancar, pada hari ke 2 ada tanda keanehan owlnya sering banyak tidur, nafsu makan menurun drastis shg saya harus memaksakan makanan unutk masuk ketenggorokannya. pada hari 3, saat owlnya memcoba membuka ata pada bagian mata kanannya terdapat selaput putih yg tebak spt katarak gt. nafsu makan terus menurun. dan lemas yg akhirnya mati. tanpa bisa apa yg harus saya perbuat. yg saya tanyakan apa penyebab selaput matanya bisa putih , knp dalam waktu 3 hari , bisa terkena penyakit spt itu. fesesnya berbau anyir sekali , berwarna putih kental. trm ksh penjelasannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya senang mas kasih tau saya bau dan warna fesesnya. diantara petunjuk yang lain, itu yang membantu saya banget. terima kasih sebelumnya.
      kemungkinan sih stress yang menyebabkan terganggunya sistem pencernaan.
      mas bawa owlnya dari rumah temen dengan cara gimana?
      pas sampe rumah mas, mas karantina nggak?
      makanannya, apakah mas yakin bersih?
      lalu dikasih makan sebagai makanannya?
      pernah mas kasih minum? soalnya ada indikasi dehidrasi juga.

      Delete
  2. Dok,
    Apakah owl yg "bernyanyi" merupakan salah satu tanda dia sehat?
    Apakah smua owl bersuara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semua owl bersuara. dan pendapat saya, owl yang sering bersuara aka bernyayi adalah ciri owl yang sehat... :)

      maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dinas...

      Delete
    2. terimakasih untuk balasannya dok. karena burung hantu saya sehat dan aktif, makan juga lahap dan fecesnya juga normal tapi tidak ada kicauannya. itu kenapa ya dok?

      sukses selalu untuk dokter dan tugas dinasnya

      Delete
  3. Dok, owl saya awalnya tidak mau makan sudah saya paksakan paling cuma makan satu jangkrik sekarang malah kyk stress gitu tambah gak mau makan. Mesti gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas? maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dinas...
      emang dari sejak beli seperti itu mas?? :(

      Delete
  4. Permisi dok, semeninggal nya owlee kmren saya masih ingin memelihara burung hantu, dan jadinya saya memutuskan untuk membeli bubo sumatranus, dan saya masih trauma dengan owlee yang tiba tiba mainggal kemaren karena terbang mau balik ke perch nabrak jendela dan 3 hari meninggal :( karena ga mau makan, untuk bubo ini, saya beberapa masalah dok, yang pertama nafsu makan yang berkurang hingga saat ini, dan saya khawatir dengan keadaan ini, padahal sebelum dari penjual nya kmren masih sehat kelihatanya, 2 hari berselang baru terjadi seperti ini, untuk bentuk feses bentuk nya cair agak kental dan berwarna agak coklat dan agak padat, kadang juga cair tapi kebanyakan coklat nya, untuk makan dia cuman makan 1 ekor dari 3 ekor anak ayam atau doc nya, boleh mnta saran nya dok biar bisa normal lagi, dan sering membuka mulut juga, kaya kehausan, tapi sudah dikasih minum,
    dijemur setiap pagi, umur nya brancher tengah ke akhir, badan gede dan hissing nya kecik, cuman krokokokok doang, sebelumnya baik2 aja dan hissing keras, tolong ya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? hadduuuh, maaf baru bales ya mbak. saya baru pulang dinas...
      harusnya memang jika untuk bubo, langsung dibawa ke dokter hewan aja agar lebih jelas. soalnya bubo sendiri cenderung lebih susah untuk dipelihara. saya sudah jelaskan di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memelihara burung hantu.

      Delete
  5. Dok rencana kan saya mau beli burhan celepuk kapas lah langkah awal setelah sampai rumah itu langsung ditaruh dalam gardus apa taruh ruangan sepi dengan bebas or ditangkringan, mohon pencerahannya thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebaskan di ruangan sepi. kasih makan pake tangan (disuapi).
      maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dinas... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Drh,, si bukbuk mogok bersuara,, tp g mogok makan,, penanggulangannya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat fesesnya. warna dan bentuk fesesnya apa. :)
      samakan dengan di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dinas...

      Delete
  8. Dok maaf melenceng dr tema nih dok saya mau nanya tentang landak mini dok.. saya bru beli landak mini.. usia 4bln female.. yg saya tanyakan koq landak saya cuma makan 1x sehari porsi cat food ukuran asbak .. 1 hr saya kasih pagi(full sampai penuh ke bibir tempat mknan nya ) bru abis nya bsk pagi nya dok. Apa itu wajar dok?? Landak mini nya aktif dok di pagi, malem klo di kepar dia lari larian.. tolong di bantu dok.. owh iya dok klo bisa buatin artikel tentang landak mini dok.. klo di sini penjelasaan nya jelas... tambahan dok saya kasih makan nya paki wishchas - control rasa tuna - chiken

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah buatkan artikel tentang cara memelihara landak mini di blog ini. pertanyaan mas sudah ada di artikel itu. silakan dibaca dulu.. :)

      maaf baru saya balas. sibuk banget akhir2 ini... :)

      Delete
  9. Halo dok.
    saya baru adopt celepuk kemarin bernama baelish. kemarin dia aktif tapi makannya agak susah, dan hanya makan 2 ekor jangkrik kmrn malam, tapi maaf feces berwarna hitam putih.
    dan hari ini (hari ke2 saya adopt) dia hanya merem terus, dan tidak mau makan, makanannya hanya dipatok2 saja. dan maaf feces terakhirnya berwarna putih dan saya berinisiatif karna tidak mau makan saya beri air saja, dan sembari memberinya jangkrik walapun tidak dimakan.
    saya sampai seharian browsing untuk mengetahui permasalah ini.
    sekarang dia hanya di tengger sambil merem.
    berhubung saya kos, saya biarkan dia tanpa di kandang atau dirantai. mohon pencerahannya
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas? maaf banget saya baru balas. sibuk sekali beberapa hari ini.
      kalau memang tanda2nya seperti itu, lebih baik dibawa ke dokter hewan aja mas. kemungkinan besar sakit. tapi musti diliat langsung juga oleh dokter hewan agar tahu penyakitnya apa... :(

      Delete
  10. Dok, q pny baby celepuk umur 5bln, awalnya dy mkn jangrik trus dan gak kenapa2, trus q ganti mknan nya sm ulet, awalny jg sehat biasa aja..
    Tp setelah 2 mggu kemudian dy muntahin ulet nya dlm keadaan utuh bny bgt, 3x muntah..
    Dan buang2 air jg, feses nya wrna hitam cair dan bau bgt dok..
    Obatnya apa ya dok, trus makanan apa aja yg bs burhan mkn selain jangkrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan terbaik untuk celepuk tetap jangkrik. kayaknya mbak kebanyakan kasih ulat ke owlnya. ulat hongkong boleh diberikan, tapi cukup sekali seminggu aja.

      sekarang gimana keadaannya? maaf baru saya balas. sibuk banget akhir2 ini... :(

      Delete
    2. maaf dok mau nanya dok .. kan si burhan saya lihat paruh hidung kaya luka gitu dok di sblh kirinya itu cara sembuhin nya gmn dok

      Delete
  11. assalamualaikum dok,setelah kemaren saya baru adopsi jack burung hantu saya yg jenisnya barn Owl,yang sekarang udah di curi orang.
    sekarang saya beralih adopsi tino,burung hantu jenis celepuk,saat pertama adop umurnya udah sekitar 3/4 bulanan dok,waktu pertama masa karantina nafsu makan nya masih lancar dok,tp setelah hari ke 2 nafsu makan nya sudah sedikit menurun,yang akhirnya harus saya sedikit paksa.
    nah sekarang yg jadi kendala juga dy sering sekali memejamkan mata sebelah kirinya ,tidak ada tanda2 yg menonjol dari mata kirinya itu,cuma saja dy sering menutup mata kiri nya saja dok,tolong masukan nya dok.trimakasi sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? maaf baru saya balas, sibuk banget akhir2 ini...

      fesesnya gimana? sebenernya lebih mudah jika langsung membawa owlnya ke dokter hewan terdekat....

      Delete
  12. Dok kemarin malem saya nemuin buhan di atas genting rmh saya.. Kasian sayapnya nyangkut benang layang2 di atas rumah saya.. Akhirnya saya slametin.. Skrg saya pengen pelihara itu burhan.. Tp waktusaya taruh di kamar dia berusaha kabur terus.. Kadang saya belai kepalanya terus dia diem.. Pas waktu saya kasih makan dia gk mau makan dok.. Apa dia stres?? Tolong kasih satan dok.. Kasian burhanya klo gk makan dok.. Oh ya burannnya saya kasih nama Deka, nama panjangnya Merdeka dok.. Hehehe soalnya saya nemuain buruang itu tepat bulan agustus bulan saat2 indonesia merdeka dok.. Semoga dia sehat ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan deka mas? maaf baru balas, saya sibuk sekali :(
      kemungkinan stress. lebih baik diamkan di ruangan sepi (tanpa suara) sambil terus coba kasih makan...

      saya tunggu kabar deka ya mas... :)

      Delete
  13. Malam dok, aku mau tanya sblumnya maaf kluar dri kontek postingan dok.
    Aku punya 2 ekor muspan dok " minoz dan betty" yang mau aku tanyain
    S minoz ska jilatin kakinya smpe basah bnget dok dan kaya suka gigit2n kakinya bndanya kdng juga gruk2 knp ya dok apa krna ada kutu atau apa ya dok. Keadanan kandang selalu bersih dok tiap hri aku bershin dan mandi juga 1 minggu 1 x dok dicampur anti septik Dettol dok ..kra2 knp ya dok mohon pncrhnya mksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mbak? maaf baru saya balas, sibuk banget akhir2 ini.
      kemungkinan ada hal lain yang menyebabkan si musang sering garuk2. soalnya selain kutu, jamur juga menyebabkan musang sering garuk2... dan garuk2 pada musang pun sebenernya masih normal selama gak sering banget. kalau sering banget, kemungkinan ada masalah.
      sering dijemur juga musangnya? kalau tidak, coba sering dijemur, minimal seminggu 2x. kalau dalam 3 minggu masih sama, lebih baik bawa ke dokter hewan... :)

      Delete
    2. Trimksih dok sdh berknan memblz :)
      Alhmdllh dok skrng s minoz ud mendingan ga trlalu gruk2 aku cba mandiin sminggu 2 x dok pke detoll.. sma dijmur jga 2x sminggu..
      Maf dok mau tnya lg klo muspan siap untk di vaksin umur brapa dok? sma klo di pangkur gigi nya bahaya ga ya buat si minoz tkutnya stres dy dok.. maaf ya dokbnyak tanya :D.
      Mkasih dok :)

      Delete
    3. alhamdulillah kalau memang sudah baikan. :)
      musang divaksin saat usianya sudah menginjak 8 bulan. dan soal pangkur, kalau memangkurnya di dokter hewan kan sekalian dikasih obat ama dokternya. jadi kemungkinan stress lebih kecil... :)

      Delete
  14. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

      Delete
    2. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

      Delete
    3. pertanyaan ini sudah pernah saya balas deh mas. :)
      mas bisa terus kasih daging beku yang sudah didiamkan hingga tidak beku lagi namun saya tidak bisa menjamin keamanannya ya mas. saran saya sih mending kasih aja yang fresh, yang gak beku dari pasar. pastikan ayamnya bebas bahan kimia... :)

      Delete
    4. Tapi dok apakah makanannya harus yg hidup? Klo sperti pinkies dikasih hidup2 utuh boleh ga untuk bwk umur brancher awal?

      Delete
    5. boleh. malah bagus kasih pinkies buat bwk. yang ukuran kecil aja... :)
      jangan diliatin ya mas. tinggal aja... :)

      Delete
    6. Kira2 ngasihnya brapa dok? N brp kali sehari ngasihnya?

      Delete
    7. kalau untuk brancher, antara 3 hingga 5 kali sehari, mas. sekali makan seekor pinkies aja.... :)

      sekarang BWK-nya sehat? salam dari errol dan padma... :)

      Delete
  15. Dok saya kmren baru adop burhan celepuk, alhamdulillah owel burhan saya sehat karna ngikutin saran2 dari artikel disini, keluarga saya jadi ikut seneng sama owel , nah gara2 saya adop owel ayah saya jadi kepengen adop hewan bop lainnya kaya elang gitu, yg pengen saya tanya , apa merawat elang hampir sama dengan burhan?
    Apa aja yg perlu disiapin buat merawat burung elang ?
    Elang jenis apa yg cocok dipelihara oleh newbie ? Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. merawat elang bisa dibilang lebih ribet daripada celepuk. jauh lebih ribet. makanannya pun rata2 daging. kalau celepuk kan gampang, kasih jangkrik doang. bukan cuma soal makan aja, perawatannya pun lebih njelimet. :)

      saran saya mending celepuk aja dulu sampai kira2 6 bulan, lalu boleh mulai adopt alap-alap... :)

      maaf baru balas, saya sibuk sekali akhir2 ini.. :(

      Delete
  16. Deka masih belum mau makan dok.. Tp td saya suapin sambil di bantu masukin ke mulutnya dok... Deka juga uda saya masukin ke tempat yg sepi kok dok.. Di kamar atas... Tp tetep aja sulit makannya.. Kotorannya skrg cair warna kuning dok.. Apa dia sakit ya dok?? Kasian... Saya jd bingung dok.. Boleh minta solusinya dok.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari fesesnya kemungkinan stress atau ada bakteri di dalam sistem pencernaannya. jaga kebersihan kandang atau ruangan tempat deka ada ya mas. jaga juga kebersihan makanannya. kalau mau, mas ke apotik, beli amoxicillin, satu tablet mas potong jadi 4 bagian sama besar, satu bagian ditumbuk, kasih 4 sendok makan air mineral, lalu minumkan sekali sehari. saya tidak menjamin sembuh, namun semoga aja bisa lebih baik. saya sih menyarankan agar membawa deka ke dokter hewan terdekat aja...

      Delete
  17. Kira2 makanan apa yg bisa membantu biar deka gk stres lagi dok??

    ReplyDelete
  18. Pagi dok, dok sy punya bubo br adopt semingguan tp sy msh bngung nmany casper ini msuk umur brp ya,?. dia sih msh bulu kpas,, uda sminggu ini sy ksh pkan emprit yg uda sy kuliti,rkus mknnya, shari bs smpe 6x, sy bngungnya knp kok gk belajar terbang dok, ap emg blm wktunya.?
    Dn stu lg dok, knp kdang2 kplnya geleng2 ky tengleng gt dok klo di dlm ruangan, tp klo di outdor normal aj dok.
    Mksih dok, ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas/mbak baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu.
      tengkleng maksudnya miring2 gitu? gak apa2. selama makannya normal, kayaknya gak masalah. mungkin mbak/mas bisa kasih bubuk tulang sotong ke makanannya. beli aja tulang ikan sotong di tukang makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus kayak bedak, lalu taburkan satu sendok teh ke makanannya (emprit yang dikuliti). cukup diberikan 2 minggu sekali aja.... :)

      Delete
  19. Oh, iu dok mksh bnyk
    Salam kenal de casper buat errol dn padma :))

    ReplyDelete
  20. Yg difoto itu dok, casper umur brp ya,?

    ReplyDelete
  21. Td uda aku kasih emprit tp masih aja blm mau makan dok.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih empritnya dengan cara gimana? harus disiangi dulu.
      coba baca artikel saya emprit dan puyuh sebagai makanan bop dan burung hantu

      Delete
  22. Bu dokter punya rekomendasi teman atw kenalan sesama dokterr hewan di kota bandung? Saya ingin memeriksakan kestrel saya umur brancher. Sebetulnya baik2 saja tp untuk jaga2 atw pemberian vaksin tertentu sblm kestrel saya sakit. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dateng aja ke dokter hewan terdekat. rata2 dokter tahu penanganan burung.
      atau kalau tidak, mas bisa baca artikel daftar nomor telepon dokter hewan jawa barat :)

      Delete
    2. Dok kalo birung suka bersin2 itu knp ya?

      Delete
  23. dok celepuk owl saya kenapa nafsu makan nya masih blm normal yah,di daerah saya gak ada dokter hewan dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur celepuknya berapa?
      biasanya dikasih makan apa?
      sebelum dia mogok makan mas kasih makan apa?

      Delete
  24. Halo dok.
    saya mewakilkan sodara saya. kmrn baru beli celepuk, dan dibiarkan terbang2 dikamar. tapi tidak mau makan dok pdahal saat beli di tes mau makan. dan skrg bila di kasih jangkrik lgsung posisi defense dan tidak mau makan.
    ada kiat2nya dok agar mau makan dan tidak posisi defense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur burung hantunya sudah tua ya mas? :)
      wajar kalau burung hantu yang berumur sudah tua dan baru diadopsi dia defense. diperlukan proses penjinakkan dulu. cara menjinakkan burung hantu sudah ada artikelnya di blog saya ini. cari di bagian cari artikel.

      sebelumnya saya mau tanya: burung hantunya sudah dikarantina? coba baca cara memelihara burung hantu dulu.

      terus kasih makan, coba disuapi. handsfeed. sodorkan jangkrik ke paruhnya. :)

      Delete
    2. celepuk dok. sudah bisa terbang.
      sedang dikarantina. tapi saya karantina di dalam dus, dan saya kasih beberapa jangkrik tp tidak dimakan.
      dr pagi saya coba handsfeed diparuhnya tidak mau makan.
      kalo boleh tau karantina itu benar2 taro dus besar dan tidak dibuka sama sekali ? sampai kapan ?

      maaf banyak bertanya, soalnya saya kmrn smpat beli celepuk dan wafat.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. kalau toh mau pakai dus karantina, pakai yang agak besar. bekas tv atau bekas kulkas. kalau ada ruangan seperti gudang, malah bagus. yang penting jangan ada suara2 mengagetkan saat di karantina. coba terus kasih makan dengan cara sodorkan jangkrik ke paruhnya. bagusnya sih kasih bayi tikus.

      kalau untuk pemula, lebih baik beli celepuk yang chick (bulu kapas), mas. jangan beli yang udah dewasa. kalau yang dewasa, sangat rentan stress. :)

      Delete
    6. sudah ditaro dus besar dok.
      untuk masa karantina sendiri brp lama kira2 ya? dan mengeceknya brp lama skali?
      dan seandainya saya mencoba mnggunakan bayi tikus itu dibiarkan saja di tempat karantina atau dibunuh lalu disodorkan?

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. cukup 6 jam saja. tiap 2 jam sekali cek (liat), dan 3 jam sekali kasih makan. kalau pakai bayi tikus, taruh aja deket kakinya hidup2. insting berburu owl biasanya akan muncul kalau mangsanya tidak berdaya dan lemah. :)

      Delete
    10. halo dok Alhamdulillah khalesi(celepuk) mau makan bayi tiput atas saran bu dokter, sya beri makan saat dikarantina tp saat sya handsfeed jangkrik tdk mau. tp dia masih batting tp kalo saya diamkan bbrp saat normal posisinya.
      - pertanyaannya kalo masih batting terus, apakah harus tetap dikarantina?
      - dan jika dia masih belum mau handsfeed apakah saya memberikan tiput ditinggal ber2 lagi? kalau seperti itu apa dia akan mngenal saya?
      - dan apakah boleh dikasih tiput diberikan terus yg notabennya bukan mknan utama celepuk ? dan langka di daerah saya. hehe CMIIW

      Delete
    11. This comment has been removed by the author.

      Delete
    12. This comment has been removed by the author.

      Delete
    13. gak, meski masih batting, karantina bisa dihentikan. mas lanjutkan dengan langkah penjinakkan aja. cara menjinakkan burung hantu sudah saya tulis di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel...

      kalau memang dia mau makan jangkrik, lebih baik kasih makan jangkrik aja. kalau memang belum bisa makan jangkrik, kasih bayi tikus, dia tetap mengenal mas kok...

      Delete
    14. menurut saya kalau emang mas bisa kasih bayi tikus terus, gak apa2 kasih aja. malah bagus. :)

      Delete
    15. karena taro diluar karantina dan tidak disarankan memakai sangkar, berarti menggunakan perch, nah apakah saat memakai perch juga tidak apa2 dipakaikan ankjess ?
      karna saat di dekati dia kabur, dan berpindah ketempat lain yang bisa ditenggerkan. atau ada solusi lain ?
      dan bagaimana meletekan mencit kalo dia belum mau makan jangkrik atau handsfeed saat posisi burung di perch?
      terimakasih

      Delete
    16. saran saya sih mending selama dia belum jinak, lebih baik taruh indoor aja dulu. kalau ada ruangan tidak terpakai seperti gudang dan semacamnya, bisa taruh di situ tanpa ankjess. alternatif lain, mas bisa bikin owlbox (kandang khusus burung hantu). kalau bikin owlbox gak bisa juga, bisa bikin dari kardus bekas yang besar, bekas kulkas atau bekas tv (JANGAN YANG KECIL!), kasih tangkringan di dalamnya.....

      jangan pakai mencit, mas. pakai bayi tikus aja. kalau mencit kegedean. kadang malah bisa melawan juga... :)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Dok, gmn cr ngelatih burhan yg msh usia brancher, casper blm bs bljar terbang atau memang blm saatnya?
    Agar bs melatih stimulasi pertumbuhan jg menumbuhkan instinc predatornya,
    Satu lg dok, casper msh susah diajarin pup tdk ngg smbrangan, saran dokter gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara melatih burung hantu usia brancher sama seperti melatih burung hantu umumnya. silakan cari artikel cara melatih burung hantu di bagian cari artikel.
      cara menajamkan instinc predator tentu dengan memberi pakan hidup. saya merekomendasikan bayi tikus.
      soal latihan pup, saya tanya: casper udah berapa lama sama mas? FYI, si errol baru bisa mengetahui kalau koran yang terbuka di lantai = tempat dia buang air setelah saya mengajarkannya selama 1 tahun 9 bulanan lebih. hampir 2 tahun kalau gak salah. kalau casper masih chick, bisa jadi lebih cepat, soalnya bisa dilatih (saya adopt errol waktu dia sudah tua dan galaknya ampun2an)...

      sabar aja mas. jalin aja ikatan dengan si casper. pasti bisa. :)

      Delete
  27. Salm dr casper bwt errol dok, kalau ke sby mampir :D
    Skrg casper bnyk tmn nih di komunitas :))

    ReplyDelete
  28. umurnya brancher akhir dok,dari awal saya adop emang udah saya kasik makan jangkrik,kadang puyuh,nah sekarang nafsu makan nya sudah agak normal dok,tinggal matanya masih sering tutup sebela,bahkan pas makan dy juga kayak gitu dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya, samakan dengan di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  29. Malam dok mau tanya, kalo nafsu makan celepuk menurun apakah normal?
    Fecesny normal , burungnya juga masih aktif namun utk makan biasanya 7-10 jangkrik , 2 hr ini cuma mau 4 jangkrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 hari ke depan coba diobservasi. matanya gak sering nutup? fesesnya gak berubah samasekali mas? masih ada 3 elemen di fesesnya? :)
      cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
    2. baik dokter saya observasi. Matanya biasa bundar. bahkan masih sering lompat dari dahan pohon ke bawah trus ke perch nya lagi. masi ada fecal, urine dan urate nya. apakah bosan makan jangkrik ya?

      Delete
    3. lebih baik observasi aja dulu.
      ada kemungkinan juga bosan sih. mas bisa kasih bayi tikus. cara memberikannya dengan cara taruh si owl dan bayi tikus di dalam kardus yang agak besar. tutup kardusnya, biarkan selama 40 menit hingga 60 menit...

      Delete
    4. Sudah saya observasi dok.
      Jika malam masih sangat aktif lompat ke dahan ke perch. Makan jangkrik nya jg sebenarnya masih mau tp pelan2 dan seperti kesakitan saat menelan. Dan fecesny hr ini tampak mencret tanpa bagian hitam..

      Delete
    5. iya kasih bayi tikus aja.
      kaki belakang jangkriknya (yang digunakan buat melompat) mending gunting dulu, mas.... :)

      warna fesesnya hanya warna putih saja? gak ada warna kehitaman ama gak ada bagian seperti air? saya tunggu kabarnya

      Delete
    6. Iya hanya warna putih saja dan bagian seperti air...

      Delete
    7. Setelah saya amati lg.. Bagian hitam ada sedikit namun tertutup putih

      Delete
    8. untuk beberapa hari ini coba observasi dulu. lakukan yang sudah saya sarankan ya mas. jangan lupa makan dan minum teratur... :)

      Delete
    9. Baik dokter.. Sepanjang hr ini tidak terlalu aktif... Hanya berjalan dan melompat kecil... Jika sampai senin masi begini akan saya bawa ke dokter porindra saja krn jd kuatir

      Delete
    10. bagus. saya tunggu kabarnya. apapun diagnosa dokternya, boleh kasih tau saya agar saya tahu penyebabnya dan bisa memberikan obat tambahan bagi owlnya.. :)

      Delete
    11. Dok, hasil observasi 4 hari ini, mulai hr minggu sore nafsu makan ud mulai bagus dan skrng kamis ud bnr2 pulih.. Malah skrng dia ud mulai bs lompat ke tangan saya wkt mau disuapin jangkrik.
      Dan juga uda aktif kembali...
      Kmrn itu kira2 kenapa ya dok...

      Delete
    12. Oh iya dok tp knp ttp belum bersuara ya dok... Saya baca di komen artikel2 blog ini, owl nya pd brisik kalo malam

      Delete
    13. iya, betul kalau owl yang sehat itu ditandai dengan selalu bersuara (berisik) baik siang ataupun malam. tapi itu bukan variabel utama penentu kesehatan burung hantu. penentu kesehatan burung yang yang paling krusial adalah nafsu makan. kalau dia nafsu makannya menurun, besar kemungkinan sakit....

      dia udah mendingan sendiri kan? hehehe. itu juga sih tebakan saya: dia stress, entah apa yang ngebuat dia kayak gitu. rumah mas berisik gak? banyak suara2 gaduh? :)

      Delete
    14. Saya baca di owlpage.com katanya tidak semua owl bersuara.. Saya justru pingin bgt owl saya bersuara sepanjang mlm...
      Untuk makannya dia lahap sekali makan spt sebelum mogok itu.
      Rumah sepi dan tdk berisik dan owl saya itu saya taruh di taman belakang.
      Ngomong2 post dokter yg ini mencapai ratusan komen kho.. Ini paling banyak...

      Delete
    15. semua owl bersuara, meski mungkin suaranya berbeda-beda, ada yang pelan, ada yang sedang, dan ada yang kencang.... memang, ada beberapa spesies owl yang hidup di negara 4 musim yang hanya sedikit bersuara, namun tetap aja dia bersuara sesekali....

      iya, mas. hehehe. emang banyak banget komen yang ini. setiap hari saya harus jawab 100 komentar lebih.... :)

      Delete
  30. Dok, sy mau: tnya.
    Siklius hidup burung hantu di alam, umur burung hantu sebenarny bs bertahan sampai brp tahun dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya umur burung hantu :)
      baca juga artikel siklus hidup burung hantu.. :)

      Delete
  31. Dok saya bru dapet bido wc saya karantina 2 hari tp gak mau makan kenapa ya dok? Trus gmana solusinya?e

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan stress. fesesnya warna putih semua?
      diamkan dulu di ruangan kosong dan bebas suara gaduh. kasih pakan hidup seperti bayi tikus... :)

      kasih saya kabar ya mas...

      Delete
    2. Fesesnya nrmal dok dan alhamdulillah skarang udah mau makan tp kok dia kayak coba2 mau keluar trus ya dok

      Delete
    3. wajar, cuma kalau menurut saya, dia kurang manning deh mas. coba lebih sering diajak main.. :)
      latih juga. jangan lupa.. :)

      Delete
    4. Brusan saya keluarin cb2 trbng trus dok
      untungnya udah ada talinya
      Soalnya bukan dari seller tp nangkap sendiri hehehe

      Delete
    5. lebih bagus kalau nangke dari alam. tingkat stressnya lebih rendah daripada yang dijual di pasar hewan, mas.... :)

      kalau saya boleh saran sih mending jangan dibawa keluar dulu. taruh aja di ruangan, jangan diikat. atau mas bisa bikin owlbox. cara membuat owlbox atau kandang khusus burung hantu sudah saya buatkan artikelnya.. :)

      Delete
    6. Jadi malah lebih baik nangkep langsung ya dok?. Ini saya taruh d kardus kulkas gpp dok??

      Delete
    7. tergantung dari cara nangkepnya. namun secara garis besar, iya lebih baik langsung nangkep sendiri. seenggaknya kalau nangkep sendiri kan burung hantunya gak dikurung lama di sangkar (nunggu pembeli).

      gak apa2 ditaruh di kardus kulkas. kasih tangkringan di dalam kardusnya ya mas. makannya lancar? salam dari errol dan padma yang lagi tidur/... :)

      Delete
    8. Makan alhamdulilah lancar dok
      Salam blik dari Tobi (cg), Cimeng (bwk), Timi (che dm), dan Kenzo (cse)
      Sekarang tobi (CG) bnyak temenya dok dan udah jttf meski butuh wktu yang lama hehehe,,,

      Delete
    9. yang penting adalah sabar dan jangan lupa kasih makan dan jangan lupa dilatih, mas... :)
      untuk seminggu atau 2 minggu ini sebaiknya ditaruh di dalam ruangan aja mas. jangan di luar. biasa, lagi perrubahan cuaca. banyak bop dan owl yang sakit, termasuk punya 2 kakak saya... :)

      sehat terus buat tobi, cimeng, timi, dan kenzo.. :)

      Delete
  32. Dok saya baru beli barn owl bulu kapas.
    Mau nanya masa karantina berapa hari dok??
    Saya kasih makan kodok gmn dok??
    Sama kotoranya encer putih dok??
    Maaf bnyak nanya maklum new bie dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih bulu kapas, cukup 5 jam saja. pastikan ruangan tempat karantinanya bebas suara bising.

      selengkapnya silakan mas baca artikel cara memelihara barn owl bulu kapas...

      Delete
    2. Makanya saya kasih kodok boleh gak dok?

      Delete
    3. BO saya klo malam bunyi sampai pagi itu kenapa ya dok..?

      Delete
    4. justru saya seneng kalau si errol ama padma berisik begitu. burung hantu yang sakit gak bakalan ngeluarin suara kayak gitu. burung hantu yang bersuara terus itu artinya dia sehat, mas... :)

      Delete
    5. klo sehabis makan minumnya saya kasih seduhan daun sirih terus apa gak ppa dok??

      Delete
    6. itu bagus.
      tapi sebaiknya jangan keseringan mas. cukup 2 hari sekali aja. selang seling, hari ini kasih, besok jangan, begitu. :)

      Delete
    7. Mau nanya dok BO saya og ngos-ngosan..
      Uda tak kasi minum beberapa menit ngos-ngosan lagi..
      Itu knp ya dok?

      Delete
    8. dia masih mau makan?
      coba ruangan tempat memelihara burung hantunya jangan terlalu panas. saya sih punya tebakan, tapi perlu memastikan burung hantunya masih mau makan atau tidak...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    9. Makannya lahap dok..
      Tadi pagi fasesnya hitam..
      Tpi sekarang uda normal lagi..
      Memang gudang saya klo siang rada panas soalnya atapnya cuman asbes dok..

      Delete
    10. bener berarti tebakan saya. kemungkinan kepanasan.
      namun sebaiknya mas observasi aja dulu selama seminggu ini. kabarin saya ya mas... :)

      Delete
    11. Klo siang saya masukin kardus tv dok boleh gak??
      Malamnya saya taruh luar rumah dok..
      Pas saya taruh luar ada burung hantu liar datang nyamperin apa gpp dok?
      Soalnya klo malam bunyinya kyak orang teriak maknya tak taruh luar..

      Delete
    12. boleh asalkan dusnya yang besar.
      kalau untuk sekarang, lebih baik jangan ditaruh di luar rumah sering2 mas. udara lagi gak bagus. sesekali aja taruh di luar rumah, terutama kalau lagi cerah cuacanya....

      gak apa2, si errol juga sering manggil temennya kalau saya taruh di luar... :)

      Delete
    13. BO saya waktu membuka paruhnya og kadang2 ada air liur yg menggumpal ya dok??
      Itu knapa ya.

      Delete
    14. cek artikel saya cara mengobati frounce pada burung hantu.. :)

      Delete
    15. Gumpalan air liurnya uda hilang dok tpi hari ini makanya cman dikit..
      Trus fesesnya putih susu sama kekuning2an..
      Suaranya juga pelan dok..
      Minta solusinya dok..

      Delete
    16. itu masih masa penyembuhan. sebaiknya lakukan terus perawatannya, mas.
      selama ini diobati dengan cara gimana? mas bisa kasih bayi tikus agar nafsu makannya naik... taruh aja bayi tikus di dekat kakinya, lalu tinggal. jangan diliatin... :)

      Delete
    17. Minumnya saya kasih super tetra dok..
      Nie makanya uda rakus lagi og trus suaranya keras lagi..
      Makasi atas solusinya dok..

      Delete
    18. hmm, dosis supertetranya mas kasih seberapa dan caranya gimana? :)
      saya sebenernya gak merekomendasikan pakai supertetra, namun jika mas siap dengan resikonya, hmmm, gak apa2 sih... :D

      Delete
    19. This comment has been removed by the author.

      Delete
    20. Dosisnya tak kasi 1/4 dok..
      Cara menghentikan pendarahan dikuku BOku pake apa ya dok??

      Delete
    21. ada luka gak? kalau ada luka, kasih totolin kapas yang dibasahi betadine aja mas... :D

      sehat selalu buat BO-nya.. :)

      Delete
    22. Ujungnya cuil dok..
      Ni saya kasi handsaplas..
      Soalnya darahe gak mau berhenti..
      Oke makasi dok

      Delete
    23. Tak kasih mencit og dibunuh trus gak dimakan dok..
      Minta solusinya dok??

      Delete
    24. mas liatin ya pas makan?
      jangan diliatin, mas. tinggal aja. kalau diliatin emang begitu, dia gak mau makan...

      Delete
    25. Iya sih dok..
      Tpi wktu msi bulu kapas tak kasi mencit langsung dimakan og dok..
      Skrng uda bisa terbang..
      Uda beberapa kali tergantung di angkringan dok..
      Sampai kukunya pernah patah..
      Soalnya tak taruh diluar..
      Kasian liatnya dok klo liat pagi2 tergantung..
      Minta sarannya lagi dok

      Delete
    26. iya. bener. kalau masih bulu kapas emang mereka lebih mudah dikasih makan ya. karena apa? makin besar, ego BOP dan burung hantu makin besar juga. makin gengsian. makin ingin dihormati. sifat dasar burung hantu ya gak mudah percaya sama kita. kalau kita kasih makan dia, apa yang ada di pikiran mereka pasti: ini manusia mau meracuniku. begitu mas. makanya kalau kasih makan tinggalin aja, biar dia gak merasa kita meracuni dia... :)

      saran saya mending taruh di dalam ruangan, mas. lepas aja. lebih bagus kalau dia ditaruh di kamar kita, bisa liat kita tidur, kadang ngaruh juga. kalau dia sering liat kita tidur, dia akan percaya kalau kita tidak akan menyakitinya... :)

      Delete
    27. Emang sih dok..
      Skrng tak suapin gak mau,bener kta dokter..
      Maunya pakan hidup trus..
      Klo malam saya taruh loteng dok..
      Siangnya tak tarung kardus..
      Soalnya kamar saya sempit dok..

      Delete
    28. sekarang gimana keadaannya mas? sehat? salam dari errol. :)

      Delete
    29. Uda rakus sekarang makanya dok..
      Ternyata kemarin ganti bulu dok..
      Iya dok salam balik..

      Delete
    30. Dok BO saya knp og suaranya cit cit aja..?
      Uda seminggu suaranya gitu..
      Tpi makanya lancar..
      Minta solusinya dok?

      Delete
    31. selama dia masih mau makan dan bersuara, masih bisa dikatakan normal.. :)

      Delete
    32. Mau nanya proses mabung burung hantu berapa lama dok?
      Nie BO saya padahal tadi pagi tak kasi 2 mencit dimakan..
      Malam ini tak kasih 1 mencit cman dimakan kepalanya saja dok..

      Delete
    33. coba mas baca artikel cara merawat burung hantu mabung....

      mencitnya usia berapa? coba kasih yang masih bayi....

      Delete
    34. Mencitnya usia jumper dok..
      Barusan tak kasi 2 ekor mencit di makan satu..
      Yg satunya dibunuh terus dtaruh di boxnya dok..

      Delete
    35. oh gitu. bagus sih. coba nanti kasih satu aja. yang penting abis... :)

      sekarang dia sehat? :)

      Delete
    36. Ok dok..
      Uda lancar dan sehat..

      Delete
    37. jangan sungkan kalau mau konsul lagi mas.. :)

      Delete
    38. Wah kumat lagi dok BO saya..
      Uda 2 hari ini cuman dimakan kepalanya saja mencitnya..
      Rencana klo stok mencitnya hbis mau saya release BOnya dok..
      Kasihan klo mati dok..

      Delete
    39. kasih pinkies, mas. bayi tikus. jangan mencit.

      iya, kalau emang mas gak mampu merawat, rilis aja. atau mas bisa hibahkan ke yang memelihara BO juga. silakan gabung ke grup pecinta burung hantu di facebook....

      Delete
    40. BO saya kalo pulang og mlh malam ya dok?
      Pdhal dulu kalo pulang subuh..
      Apa ini musim kawin..
      Minta solusinya dok?

      Delete
    41. maksudnya gimana mas? :)

      gak sih, si errol normal2 saja jam berburunya. kalau ujan aja biasanya dia pulang berburu agak cepat dari berburu...

      Delete
    42. Gini dok..
      BO saya pulangnya klo lapar aja dok..
      Itu mesti waktu jam 10 mlm..
      Hbis tak kasi makan pergi lagi dan kembali mlm berikutnya..
      Maksud saya gitu dok..
      Pdhl dulu subuh mesti pulang..

      Delete
  33. nuwun doc, maaf gnggu istrht dokter fira. mau nanya doc, sya punya barn owl, nah mau saya vaksin tetelo tpi kbnyakan dr hewan tmptku gk punya doc, adanya yg buat ayam doc, apa boleh doc, di suntik vaksin yg buat vaksin ayam???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa dulu vaksin itu ke dokter hewan, biar dilihat dulu komposisinya, lalu minta dokter tersebut untuk memberikannya. vaksin tidak bisa diberikan sembarangan oleh yang bukan dokter. fatal akibatnya. :)

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. dok, ada info gak seller owl yg bisa kirim ke kalimantam selatan ?? yg recomended dan harga terjangkau ?
    atau mungkin dokter tau seller dari kalimantan selatan ?

    terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, saya tidak tahu kalau seller owl kalimantan selatan. :)
      namun mas bisa gabung ke grup pecinta burung hantu di facebook, khususnya yang daerah kalimantan. kayaknya saya pernah liat... :)

      Delete
  36. Pagi dok.
    Mau tanya-tanya, saya baru plihara barn owl usia juve/remaja, kira-kira rekomendasi makanannya apa ya?
    kalau baru datang kerumah harus di karantina dulu ya?
    Terus cara memandikannya gimana ya? di semprot aja atau gimana.
    Selebihnya saya minta tipsnya saja yang sekiranya perlu saya lakukan. soalnya saya masih awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan yang bagus tetap raw flesh alias daging mentah. bagusnya yang masih ada darahnya. jangan yang bekuan.
      kalo makanan barn owl yang terbaik alias recomended sih pinkies (bayi tikus).

      iya karantina dulu.

      cara memandikan burung hantu sudah ada artikelnya di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel....

      selengkapnya, silakan baca di artikel cara memelihara barn owl...

      Delete
  37. halo dok saya mau tanya dan ingin menambah pengetahuan saja.
    mengapa bulu burung hantu saat kecil seperti kapas? apa ada arti tertentu ?
    dan berapa lama bulu kapas hilang? (contoh pada Barn Owl)
    dan apakah proses bulu kapas bisa dipercepat menjadi bulu utama dengan asupan atau prawatan tertentu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua aves (burung) sewaktu kecil emang seperti itu.
      gak ada arti apa2. emang 'dari sononya' kayak gitu. :D

      pergantian bulu dari bulu kapas ke bulu real bisa mas baca di artikel istilah dalam memelihara burung hantu...

      Delete
  38. Lagi sibuk banget ya dok? Jarang posting soal owl nih... Menunggu sangat padahal... Apalagi soal strix hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. lagi bencana asap, mas. jadi harus bolak balik kalimantan/sumatra, emang lagi ditugaskan di daerah... :(

      nanti saya postkan artikelnya.. :)

      Delete
  39. Wah okok..maaf menggangu jadinya. Jd pejuang mengatasi bencana juga ternyata dokter ini... Semangat dok... Semangat menyelamatkan satwa2

    ReplyDelete
  40. Dok sudah 2 hari ini clepuk saya seperti susah menelan makanan kenapa yah dok , padahal sebelumnya saya kasih liat jangkrik di tangan saya dia langsung terbang menyambar jangkriknya. Tapi sudah 2 hari ini tidak mau dok . Bahkan saya suapin pun dia seperti susah menelannya dok . Ada apa yah dok ? Tolong jawabannya yah dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. cari artikelnya di bagian search..

      bisa kasih bayi tikus juga buat owlnya. agar nafsu makannya naik.

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Dok saya kan punya bop che dm brancher awal ,bbrp hari ini dia gk mau makan ,awalnya dikasih makan ikan sma lemak kulit plus daging ayam ,stlh itu dia mogok makan ,tapi masih sehat aja dia ,apa dehidrasi atau kekurangan makanan yg berdarah ya

      Delete
    3. cek fesesnya. tahinya.
      kayaknya sih sistem pencernaannya terganggu akibat lemak...

      sebelumnya gak pernah dikasih makanan yang mas sebutkan?

      Delete
  41. Permisi dok saya baru pelihara BO dan saya sudah karantina 1 malam tapi gak mau makan dok, pas mlm saya kasih mencit pas paginya saya liat masih jalan2 ajah tuh mencitnya apakah klw baru pindah ke tempat baru begitu dok karna masih stres? Thank dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana??

      maaf baru balas.

      mas kasihnya mencit yang udah berbulu? coba kasih bayi tikus.

      sebelum pelihara si BO, udah pelihara owl jenis lain?
      sebenernya, BO agak kurang cocok buat pemula...

      Delete
  42. Dok,saya punya burung hantu bubo sumatranus,dlu suka nyuara sekarang jarang sm makan nya harus di paksa/cangar,saya suka kasih makan kepala ayam,semenjak harus di paksa,sekarang saya ganti burung pipit,masih aja ttp ngga mau makan sendiri,feses nya biasa sm masih mau ngeluarin pellet gmna ya cara ngobatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udara emang lagi gak bagus buat manusia dan hewan akhir2 ini mas. jadi sebaiknya jaga betul2 daya tahan tubuh owlnya. mas bisa kasih vitamin burung yang namanya vitahawk. pindahkan juga owlnya ke ruangan yang agak hangat....

      dan kalau dalam 7 hari atau kurang belum mendingan juga, mending bawa ke dokter hewan terdekat. mulai sekarang, cari2 info soal dokter hewan yang bisa handle burung hantu.... kalau daerah jakarta, mas bisa dateng ke rumah sakit hewan daerah ragunan, kalau masnya di surabaya, mas bisa ke fakultas kedokteran hewan unair... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. dok celepuk saya susah makan kalo pagi dan siang tpi kalo malam masih mau.trus suaranya agak serak dan sering pejam terus matanya gimana ngobatinya dok.saya sudah kasih minyak ikan dok.sama ni kaya berat bawa kepalanya.gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu sering dikasih minyak ikan. silakan baca artikel saya dosis minyak ikan pada burung hantu....

      silakan cek artikel saya juga, cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya....

      dia masih mau makan? kalau masih mau makan, jaga betul2 pola makannya. jangan sampe telat kasih makan... :)

      kasih saya kabar lagi ya mas...

      Delete
  45. selamat malam dr. sovica. Iko (celepuk) kemaren habis perjalanan dari Bandung ke Madiun pake kereta dan dimasukkan tas tidbit (tas latih). setelah sampai madiun dia jadi ngak mau makan kalo nggak dipaksa. sebelumnya di bandung dia masih lahap makan. biasanya dikasih makan jangkrik. sampai saat ini dia di madiun sudah 3 hari. waarna feses normal tapi agak sedikit padat (biasanya cair). di langitlangit mulut juga kayaknya nggak ada masalah. kira2 dia kenapa ya dok? apa mungki dia stress dikasih anglet? soalnya selama di Bandung dia saya lepas. mohon diagnosanya dok, kasihan dia lemes terus -,- terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar karena stress perjalanan.
      sekarang gimana keadaannya, mas? chat aja kalau emang urgent....

      coba pindahkan ke ruangan yang sepi atau minim suara...

      Delete
  46. salam knal dok, saya pnya barn owl, usia brancher tengah. Td siang kliatannya kepleset kotorannya sndiri, trus gk bisa bngun, saya taunya, posisinya miring, sayap ama kaki kanan ketindihan. stlh itu gk mau mkn dok. Akirnya saya loloh daging ayam cincang. trus mata sering merem dok. Pdhl sblumnya sehat2 dan mknnya rakus bnget dok. Kotorannya coklat ama putih. Solusinya gmana dok. Thnx.

    ReplyDelete
  47. DOK saya mw nanya , burung BO saya gag mw makan , matanya juga sayu , tapi fesesnya sih bagus , kemungkinan sters , soal y burung saya takut sma satu orang dkt rumah saya , orang y sih jorok n kotor , waktu kemarin pas orang itu lewat burung saya langsung terbang n kaya ketakutan gtu . apa mungkin stres karna orang itu ! n gmne cara mengobati y dok qlo stres seperti itu ? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas karantina. baca artikel saya cara karantina burung hantu... :)

      Delete
    2. selagi di karantia , cara memberi makan y kita suapi apa kasih pakan hidup dok ? thanks .

      Delete
    3. 22-nya boleh. bisa kasih pakan hidup berupa bayi tikus yang masih merah, atau bisa juga disuapi... :)

      Delete
  48. maaf dok, saya punya burung hantu celepuk. masih tergolong kecil. memang karena saking senangnya punya peliharaan baru, saya jadi memberikan makanan berlebih. namun sekarang dia jadi malas bergerak, tidak mau makan, mata sering terpejam,jarang sekali bergerak. fesesnya berwarna putih susu ditengahnya berwarna hitam, dan disekitar bibirnya ada warna putih susu juga. jujur saya penasaran, burung hantu saya kenapa ya dok? tolong pencerahannya untuk cara pengobatan. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek bagian dalam mulutnya, ada kemungkian frounce? cek artikel saya cara mengobati frounce pada burung hantu....

      ngasih makannya pake jangkrik kan? jangan banyak2 kasih makannya. coba baca artikel saya porsi makan burung hantu

      Delete
  49. Dokter tolongin,
    si choky mogok makan karena telat ngasih makan, keliatan lemah, mata merem, saya suapin jangkrik cuma dijepit di paruh gak mau nelan, apa yg sebaiknya saya kasih supaya tenaganya pulih.
    fesesnya tidak normal dok, tidak ada warna hitamnya, tadi sudah saya kasih seduhan daun sirih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. kalau mas khawatir dia kenapa2 atau sakit, cek fesesnya. kalau telat makan, biasanya fesesnya cuma bening sama putih doang (gak ada bagian kehitaman atau kecoklatan), artinya dehidrasi dan kurang nutrisi.... jangan sesekali lagi telat kasih makan ya mas. :) kayaknya si choky cuma lemes aja. tetep kasih makan dengan jadwal sebelumnya...

      Delete
  50. Permisi dok ,mau tanya ,saya kan punya che dm brancher awal ,udah seminggu drmh ,3 hari pertama saya kasih makan ikan kulit ayam lemak ny sma daging ny ,nahh stlh 3 hari itu dia malah mogok makan ,dikasih daging puyuh segar gk mau ,udah 2 hari belum makan itu,tapi terlihat dia sehat" aja ,saya jadi kasian blm ada makan 2 harian ini ,mohon resep ny dok biar tambah nafsu makan ny che dm saya ?

    ReplyDelete
  51. Permisi dok ,mau tanya ,saya kan punya che dm brancher awal ,udah seminggu drmh ,3 hari pertama saya kasih makan ikan kulit ayam lemak ny sma daging ny ,nahh stlh 3 hari itu dia malah mogok makan ,dikasih daging puyuh segar gk mau ,udah 2 hari belum makan itu,tapi terlihat dia sehat" aja ,saya jadi kasian blm ada makan 2 harian ini ,mohon resep ny dok biar tambah nafsu makan ny che dm saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. tahinya.
      kayaknya sih sistem pencernaannya terganggu akibat lemak...

      sebelumnya gak pernah dikasih makanan yang mas sebutkan?

      Delete
  52. Dok saya punya burhan strix stelupo baru adop dok.. yg bikin saya bingung kenapa ini burung gak ada gairah yah... dipegang dia malah berpose seperti meninggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas baru kali ini pelihara burung hantu?
      matanya sering merem?
      fesesnya gimana mas? karena feses (tahi) burung hantu yang sehat biasanya terdiri dari 3 elemen: putih kayak susu, bening kayak air, dan kehitaman/kecoklatan. coba baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu.

      kalau strix seleputo emang cenderung burung hantu yang tingkat kesulitannya lumayan. kalau belum pernah pelihara owl, mending jangan langsung pelihara strix... :)

      Delete
  53. Sdikit crita dok sblum tanya, saya baru adop obay skitar 3 hari yang lalu dengan kondisi wc, dr pembeli di tempatkan di kardus, pas sampai rumah langsung saya taruh di kamar saya (sudah ada perch di dlm kamar), 2 hari yang lalu sempat escape (sore hari) tapi di keesokan harinya ditemukan lg, di tempat penjualnya masih mau makan, tapi pas sampai rmh sudah gak mau makan, untuk penghilang stres gmn ya dok caranya? Dimasukin kandang yg ditutup kain biar gelap atau dibiarkan saja dikamar saya? Soalnya tkt mati juga kalau gak mau makan, warna feses putih kental.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana aja boleh, di kamar mas atau di ruangan tertutup asalkan jangan banyak suara mengagetkan. bisa bikin owlnya makin ketakutan. iya, kayaknya sih dia masih stress dan butuh dikarantina dulu.

      tetep kasih makan pakai jangkrik, sedikit juga gak apa2, yang penting masih mau makan... dan coba mas beli super-n di toko makanan burung, kasih ke owlnya... :)

      Delete
  54. dok Bubo Sumatranus saya mata nya terpejam dok nafsu makan menurun kemarin dia muntah kuning dok...dan saya berikan tikus putih di makan pada malam hari lalu di muntahkan...pellet nya warna nya kuning cenderung besar dok....,lalu tadi pagi mau saya kasih makan lagi dia tidak mau..tapi masih bertengger di tenggeran nya bagaimana ya dok?apa harus saya paksakan makanan atau bagaimana mohon dok panduan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas taruh diluar rumah ya bubonya?
      cuaca emang lagi gak bagus buat burung hantu. coba mas beri super-n, beli di toko makanan burung....

      tetep usahakan kasih makan. cacah aja daging burung emprit buat makanannya dia. suapin...

      kabari lagi...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.