Penyebab Mulut Musang Terbuka Terus | Drh. Fira Sovica

"Dok, musang saya mangap terus dan ngiler. Penyebab penyakit itu apa ya dok?" Demikian adalah pertanyaan yang muncul sore kemarin.

Mulut musang yang terbuka terus menerus

alias mangap-mangap. Maka artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini terkait dengan artikel cara merawat musang peliharaan.


Penyebab Mulut Musang Terbuka Terus
Image taken from indiawild.com
Ada beberapa sebab kenapa mulut musang terbuka terus dan kadang ngiler. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa mulut musang terbuka.
  1. Kepanasan atau gelisah/stress.
  2. Sama halnya seperti burung hantu, musang yang kepanasan biasanya akan membuka mulutnya. Musang yang stress juga kerap bernafas lewat mulut, hingga mulutnya sering terbuka. Musang yang mulutnya mangap karena kepanasan tidak disertai dengan air liur yang menetes (ngiler).
  3. Mual akibat salah makan dan sebagainya.
  4. Kemungkinan kedua yang menjadi alasan kenapa musang suka mangap adalah karena musang tersebut merasa mual. Musang yang merasa mual juga biasanya disertai dengan ngiler (air liur menetes keluar mulut), dan kadang muntah. Anda bisa memberikan ramuan kesehatan musang untuk mengobati musang yang mual. Silakan baca artikel saya, ramuan kesehatan musang.
  5. Gangguan pernafasan.
  6. Kemungkinan terakhir yang bisa saja menjadi penyebab mulut musang terbuka terus adalah gangguan pernafasan atau kesulitan bernafas. Gejala musang mangap akibat gangguan pernafasan biasanya disertai dengan nafas yang terengah-engah. Silakan cek lubang hidungnya, apakah kelihatan basah (ada ingusnya)? Jika iya, ada kemungkinan musang anda menderita pilek. Silakan baca artikel saya, cara mengobati musang yang pilek. Jika hidungnya kelihatan tidak basah, cek apakah dia ngiler? Jika iya, silakan baca poin nomor 2. Jika musangnya tidak ngiler, saya menyarankan agar anda membawa musang anda ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa.
Demikian adalah artikel mengenai sebab

musang suka mangap dan ngiler

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam memelihara musang. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Penyebab Mulut Musang Terbuka Terus "

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.