3 Ciri Sugar Glider Yang Sehat | Drh. Fira Sovica

Tanda dan

ciri sugar glider yang sehat

bisa diketahui dengan beberapa tanda dan ciri. Artikel berikut akan membahas sedikit tentang cara mengetahui kesehatan sugar glider dilihat dari ciri sugar glider sehat. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara merawat sugar glider.


3 Ciri Sugar Glider Yang Sehat
Image taken from reddit.com
Inilah 3 ciri dan tanda sugar glider.
  • Sugar glider sehat memiliki nafsu makan yang bagus.
  • Sugar glider yang sehat memiliki bentuk feses yang padat, tidak mencret. Bentuk feses sugar glider yang sehat menyerupai feses cicak dengan ukuran yang lebih besar.
  • Sugar glider sehat aktif bergerak. Salahsatu ciri sugar glider yang sakit biasanya malas bergerak. Namun ada faktor lain kenapa sugar glider anda malas bergerak atau tidak aktif. Anda bisa membaca artikel saya, kenapa sugar glider tidak aktif (murung).
Demikian adalah tanda sugar glider yang sehat yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Segala saran, komentar, kritik, dan pertanyaan masih saya tunggu di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

50 Responses to "3 Ciri Sugar Glider Yang Sehat"

  1. Assalamualaikum dok.
    Saya punya bk umur sekitar -+ 2 bulanan, namanya Molly. Sehari-harinya saya kasih makan pisang ama bubur sun rasa pisang.
    Nah masalahnya setelah saya kasih bubur sun kok ada beberapa hairloss di beberapa tempat ya? Nggak kaya yg lain bulunya ada yg hairloss di sekitar mulut, yg paling banyak perut, kaki, tangan. Itu kenapa ya dok? Padahal kandang di bersihin terus. Minum air kasih madu dikit. Saya kasih air anget mulu badannya, trus saya jemur pas pagi 15 menitan. Saya mengerjakan menurut artikel yg dokter tulis. Terus cara balikin biar normal lagi gimana ya dok? Sedih banget, soalnya saya dapet dari pas spet 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. sisa makanan yang nempel di bulunya sering dibersihin, mas. terutama kalo abis makan. lap aja pakai tisu basah non alkohol...

      Delete
    2. Sudah dok. Tapi masih saja belum ada perubahan. Udah tak kasih air anget segala macem. Kadang juga si Molly lemes kadang sehat sendiri, lincah gitu. Itu kenapa ya dok?

      Delete
    3. kebersihan kadangnya gimana?
      bisa jadi karena fase pergantian bulu juga sih. tapi saya lebih condong ke kebersihan kandang sebenarnya. makanya silakan mas cek lagi.....

      fesesnya gimana? mencret nggak?
      jemurnya jangan kelamaan. malah stress nanti. oh ya, kandangnya mas taro dimana? luar rumah atau dalam rumah? di dalam rumah aja, tapi sirkulasi udaranya bagus. jangan pengap dan lembab.... :)

      Delete
    4. Kalo kandang 3-5 hari sekali di bersihkan dok. Alhamdulillah juga mulai ada perubahan tumbuh bulu-bulu halus dok.

      Kalo fesesnya sendiri sih padet warnanya kek pisang dok, dulu pas masih waktu spet sih rada berair tapi sekarang normal kok. Saya jemurnya 10 menitan lah dok, nggak ke matahari langsung, tak kasih tyssu biar gak langsung kena mata dok. Kalo kandang saya taroh di kamar dok, cuma kadang jendele kagak saya buka hehe.

      Delete
    5. iya, kayaknya sih itu fase pergantian bulu.
      dan so far, kalau saya baca dari tulisan mas, udah cukup bagus perawatannya.

      maaf karena baru balas. saya sibuk sekali kemaren2. :(

      Delete
    6. Ada kabar buruknya dok. Tupai saya mati mendadak :(
      Padahal cuma di kasih makan pisang aja, tiba-tiba sakaratul maut sendiri. Itu kenapa ya dok? Selama ini baru sekali liat sakaratul maut tupai saya di depan saya sendiri. Sedih dok :(

      Delete
  2. Dok...saya mau angkat musbul usia 2 bulan tangkapan liar tp ada titik putih di kedua matanya?? Apa erlamicetin bisa nyembuhin dok???

    Klo tangkapan liar buas ga sih dok?? Kira2 aapa masih bisa bonding??

    Trus apa bisa disteril??secara dia betina?? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas belum berpengalaman menjinakkan musbul, mending jangan adopt musbul tangkapan liar. pelihara aja anakan musang pandan yang udah bisa makan sendiri...

      kalau soal matanya, jujur aja saya nggak tahu karena gak bisa liat langsung separah apa bintik putih di matanya. dan saya pun gak tahu apa bintik putih itu. siapa tahu bukan katarak... :)

      Delete
    2. Dok sG saya biasanya malem jam 9 udah aktif main main di kandang manjat, ko skrng malah mojok truss dok?

      Biasanya mojok nya siang tapi ko skrng malem

      Delete
    3. nggak apa-apa kok mas.
      atleast, selama dia mau makan. dan fesesnya gak mencret.

      Delete
  3. dok, saya mau nanya.. maaf ya dok saya sering nanya... saya rencana mau breeding SG, nah kamar kosan saya itu lembab (dindingnya) dan kebetulan jadi lebih dingin dari kamar umumnya + di Bandung lagi dingin2nya. trus kondisi kamar saya sebelahan dengan gang yang pasti kendaraan lalu lalang + mesin air juga pasti nyala berkala..

    pertanyaannya:
    1. kira-kira beresiko bikin sg kutuan ga kalo kondisi lembab?
    2. sg kan rentan dingin,kandangnya kan besi tuh dok nanti kalo kamar dingin pasti kondisi kandang lebih dingin.. saya harus gimana?
    3. sg nya bakal stress ga ya dengan kondisi brisik yang saya sebutkan di atas? dan gimana penanggulangannya dok?

    maaf banyak dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya pertanyaan mas ini udah pernah saya jawab deh mas. :)
      emang mas gak ngeklik NOTIFY ME / INGATKAN SAYA ya kalo abis kirim pertanyaan?

      Delete
    2. belum dok.. saya pasti klik notify kok.. suer..

      Delete
    3. 1. emang seluruh permukaan dinding kamar mas lembab semua? coba tempatkan kandangnya di bagian sudut ruangan yang dindingnya gak lembab.
      2. sg rentan dingin? kalau masih joey, iya dia rentan dingin. kalau udah dewasa, dia kan bisa menyelusup ke dalam kain. taro aja kain atau pouch di dalam kandangnya.
      3. nah kalau soal suara berisik, iya. mending hindari kebisingan yang terlalu berisik, mas. mungkin mas bisa cari kosan lain.
      bisa dicoba sih pelihara sg, meski bising. kemungkinan berhasilnya tergantung mental sgnya sebenernya. ada sg yang emang mudah stress karena suara bising, ada juga yang tahan. :)

      semoga membantu.

      Delete
  4. dok,agar mempercepat ikatan dengan SG tahapannya bagaimana,yang saya lakukan dengan memberi makan dengan tangan pagi atau malam saja, tapi jarang di ajak main karena kesibukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar sugar glider bonding...

      kalau jarang ajak main, agak susah buat bonding mas.

      Delete
  5. Dok aku mau nanya,
    Kalo kandang sg aku taro di luar (di teras gitu)boleh ngga ya? Apa hrs di dalem aja? Kalo di kamar ber ac gimana dok? Makasih dokk ditunggu responannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di terasnya panas gak? kena sinar matahari langsung? asalkan terasnya gak terlalu panas, gak kena sinar matahari langsung, dan adem, nggak masalah. meski begitu, kondisi cuaca harap diperhatikan. kalau sekiranya cuaca lagi dingin banget, ya mending kedalemin aja buat sementara... :)

      saya sendiri dulu ngekos waktu masih pelihara sg. kalo pagi, saya taro di beranda kandang sgnya, kalau sore, pulang kuliah, saya kedalemin... :)

      ruangan ber ac gak masalah, cuma ya jangan terlalu dingin...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. dok knpa ya sg saya gamau makan bubur sun

      Delete
    4. tetap gamau dok, kalo buah semangka boleh ga dok di kasih untuk sg

      Delete
    5. semangka boleh.
      mas peliharanya cuma satu ekor, ya? bener?

      Delete
    6. sepasang dok tapi masih joey umur kurang lebih 3 bulanan, kalo di kasih bubur bayi serelac boleh ga dok, sama saya juga suka di kasih susu dancow,

      Delete
    7. cerelac boleh, tapi jangan dikasih susu dancow.
      fesesnya jadi mencret kan setelah dikasih susu dancow?

      kalo masih joey emang kebanyakan masih suka tidur... :)

      Delete
  6. Dok cara milih sugar glider yang sehat di pasar burung Jatinegara gimana ya?

    ReplyDelete
  7. Maksud saya bagaimana cara memilih sugar glider yang bagus di pasar burung Jatinegara, misalnya seperti apa dan harus bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. sama prinsipnya seperti saya tulis di atas.
      maaf karena baru balas...

      Delete
  8. Dok saya mau tanya, saya pelihara 1 SG Saja dan umurnya skg udh 1 thn an , saya pengen beli lagi gmn caranya menyatukan dok ?Saya mau beli yg Joey

    ReplyDelete
  9. Dok. Sg saya masih umur 1 bulan lebih, terus waktu saya beli lagi hujan gitu. Terus pagi nya saya liat dikandangnya ada cairan wrna coklat kemerahan gitu, tapi pup nya normal dok. Itu kirakira kenpa ya dok? Apa sg saya sakit? Saya baru rawat soalnya dok. Jadi belum terlalu paham. Tolong bantuannya dok

    ReplyDelete
  10. Dok. Sg saya masih umur 1 bulan lebih, terus waktu saya beli lagi hujan gitu. Terus pagi nya saya liat dikandangnya ada cairan wrna coklat kemerahan gitu, tapi pup nya normal dok. Itu kirakira kenpa ya dok? Apa sg saya sakit? Saya baru rawat soalnya dok. Jadi belum terlalu paham. Tolong bantuannya dok

    ReplyDelete
  11. Fb:reky gamon
    Ig:reky_senior
    Plis follow/ajak pertemanan saya ad perlu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak membuka konsultasi via medsos apapun, mas... langsung di sini aja... :)

      Delete
  12. Dok mau nanya
    Sg saya udah usia 1 thun jantan ma betina tp sampek sekarang belum hamil dok truz yg jantan belum botak kan biasanya umur 5 bulan biasanya udah botak apa
    Apa karena kurang cocok dok pasangannya sehingga sg nya gk mau kawin?
    Trimakasih sebelumnya dok?

    ReplyDelete
  13. Dok mau nanya
    Sg saya udah usia 1 thun jantan ma betina tp sampek sekarang belum hamil dok truz yg jantan belum botak kan biasanya umur 5 bulan biasanya udah botak apa
    Apa karena kurang cocok dok pasangannya sehingga sg nya gk mau kawin?
    Trimakasih sebelumnya dok?

    ReplyDelete
  14. Dok mau nanya
    Sg saya udah usia 1 thun jantan ma betina tp sampek sekarang belum hamil dok truz yg jantan belum botak kan biasanya umur 5 bulan biasanya udah botak apa
    Apa karena kurang cocok dok pasangannya sehingga sg nya gk mau kawin?
    Trimakasih sebelumnya dok?

    ReplyDelete
  15. Dok mau nanya
    Sg saya udah usia 1 thun jantan ma betina tp sampek sekarang belum hamil dok truz yg jantan belum botak kan biasanya umur 5 bulan biasanya udah botak apa
    Apa karena kurang cocok dok pasangannya sehingga sg nya gk mau kawin?
    Trimakasih sebelumnya dok?

    ReplyDelete
  16. Dok mau nanya
    Sg saya udah usia 1 thun jantan ma betina tp sampek sekarang belum hamil dok truz yg jantan belum botak kan biasanya umur 5 bulan biasanya udah botak apa
    Apa karena kurang cocok dok pasangannya sehingga sg nya gk mau kawin?
    Trimakasih sebelumnya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgnya yang jantan dan betina umur berapa?
      ada banyak penyebab kenapa sg gak kunjung hamil. pertama, lingkungan. cek kandangnya, apakah nyaman atau nggak. bersih atau nggak. banyak suara2 mengagetkan atau nggak. makanannya banyak (cukup atau nggak).

      terus, inget juga: mereka lagi birahi atau nggak.

      kalaupun semua parameter itu ada semua, termasuk birahi, kandang berada di lingkungan tenang, dll, ada faktor lain yang sebenernya cuma si sg yang tahu. saya sering menyebut faktor ini sebagai faktor x.

      coba cek dulu semua parameter itu tadi... :)

      Delete
  17. Dok mau tanya, di kantong sg betina saya ada kayak benjolannya terus saya liat gerak2. Itu hamil ato memang kayak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kayaknya lagi IP. in pouch. artinya ada anaknya di dalam. biarkan aja. jangan disentuh2, dan jangan diajak main dulu. kalau sering disentuh dan diajak main, nanti anaknya direject (dibuang, induknya nggak mau ngurus)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. oh iyaa siaap dok, trimakasih banyak untuk infonya

    ReplyDelete
  20. Dok mau nanya, kan aku punya sepasang sg yg masih joey tpj selisih umur. Yg jantan umur 2bulan n beti a umuf 3bulan. Nah masalahnya yg jantan itu bbrpa hari ini suka muntah2 tpi tetap lincah. Apakah sg saya sakit ? Terus cara merawatnya atau menyembuhkannya bagaimana? Styap kali saya kasih makan selalu di muntahkan

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.