Perkiraan Biaya Memelihara Musang | Drh. Fira Sovica

Pertanyaan tentang berapa

biaya memelihara musang

adalah pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh beberapa pengunjung blog ini kepada saya, terutama oleh mereka yang ingin memelihara musang. Sebagai orang yang pernah memelihara musang, maka artikel tentang biaya harian atau mingguan dalam merawat musang ini saya susun. Artikel singkat ini saya tulis berkaitan dengan artikel saya yang lain yaitu cara memelihara musang bulan.


Perkiraan Biaya Memelihara Musang
Image taken from hewanindonesia.com
Berapa duit biaya yang dibutuhkan untuk memelihara musang? Berikut adalah perkiraan biaya harian dan mingguan dalam memelihara musang. Oh ya, biaya memelihara musang berikut diluar dari biaya pembelian musang dan kandang.
  • Biaya memelihara musang yang pertama tentu biaya pakan.
  • Besaran biaya pakan bervariasi, tergantung umur musang. Biaya makanan musang untuk musang yang masih anakan dan masih memakan bubur bayi dan pisang, tentu berbeda dengan musang dewasa yang makan kepala ayam rebus dan ceker ayam rebus. Biaya pakan anakan musang sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 seminggu, sedangkan biaya makan musang dewasa sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 80.000 seminggu.
  • Biaya kedua yang harus dipersiapkan dalam memelihara musang adalah biaya vaksin.
  • Besaran biaya vaksin pada musang bervariasi, tergantung jenis vaksin apa yang akan diberikan kepada musang. Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa membaca artikel saya, vaksin pada musang.
  • Biaya terakhir dalam merawat musang adalah biaya tak terduga.
  • Biaya selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah biaya tak terduga. Biaya yang saya maksud adalah biaya berobat ke dokter hewan terdekat jika musang anda sakit, biaya pembelian obat dan suplemen jika musim sedang tidak bagus, dan lain sebagainya. Besaran biaya tak terduga dalam memelihara musang kadang lebih besar daripada biaya pemeliharaan musang itu sendiri, berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000;
Demikian adalah perkiraan biaya memelihara musang. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara musang. Terima kasih. (FS)

19 Responses to "Perkiraan Biaya Memelihara Musang"

  1. Dok muspan saya sekarang malah botak dibagian pantat nya sekarang klo bagian buntut nya sudah g?padahal mandi nya udh pake sampho khusus jamur.dan obat jamur nya jg udah kok masih ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan karena kotoran yang menempel di bulu di bagian pantatnya? sering2 dibersihkan bagian pantatnya, terutama kalo ada kotorannya....

      Delete
  2. Dok musang saya patah atau picang dok soal nya gk bisa cara bedain nya dok dan berapa biaya nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kakinya patah, biasanya kalau disentuh kakinya, dia kayak kesakitan gitu. kalau dia nggak kesakitan, kemungkinan dia cuma kurang kalsium. jangan nunggu parah dulu.

      coba mas kasih bubur bayi promina. bisa campur sama bubuk tulang sotong. beli di toko makanan burung tulang sotongnya, tumbuk sampe bener2 halus, terus campur ke bubur bayi promina sebanyak satu sendok teh....

      Delete
  3. Boleh tanya dok saya punya musang rase umur 2 Bulan saya Kasih makan pisang lahap dok makannya ga lama kemudian musang saya langsung tiduran di selimut badannya lemes dan saya Kasih makan lagii ga mau dok kira" musang saya kenapa dok tolong di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih pisang. cukup kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  4. Dok saya mau nanya. Kalau mau digunting giginya sama kukunya bisa dibawa kedokter hewan kan?

    ReplyDelete
  5. Dok . Saya boleh dong minta WA nya . Butuh pertolongan

    ReplyDelete
  6. Dok kaki musang saya pincang kira" biaya pengobatan nya kisaran berapa iya ??? Saya ga tega liat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa mas?
      penyebabnya kenapa? jatoh? kalau jatuh,. emang lebih baik bawa ke dokter hewan. periksa aja dulu.

      kalau tiba-tiba (nggak ada insiden kayak jatuh dll), coba perbaiki dulu makannya. biasa dikasih makan apa? dan udah sejak kapan?

      Delete
  7. Dok, saya mau tanya saya punya musang bulan baru berumur 1,5 bulan musang saya ini memiliki mata biru itu kelainan genetik atau katarak karena kalau di tempat gelap dia berwarna biru keputih putihan klw tempat terang warna matanya hilang normal kaya musang lain,,apa itu penyakit atau bukan dok

    ReplyDelete
  8. Dok musang saya bisa di vaksin gak klo dia sama orng masih galak takut gitu

    ReplyDelete
  9. Dok supaya musang saya nafsu makan harus dikasih apa ya dok saya pengen musang saya gemuk alami dan padat tapi tidak obesitas

    ReplyDelete
  10. Dok, saya punya musang rase bayi mata belum bisa melek. Ketika saya kasih minum lewat spet kandang bisa kadang dimuntahin lagi dok, trus pupnya berdarah, tidurnya melingkar. Itu kenapa yaa dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.