Mengobati Salvator Yang Flu dan Pilek | Drh. Fira Sovica

Cara Mengobati salvator yang flu bisa dilakukan dengan cara tradisional maupun dengan obat-obatan. Artikel kali ini akan membahas cara mengobati salvator yang flu dengan cara tradisional. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara mengobati ular yang flu.
Mengobati Salvator Yang Flu dan Pilek
Image taken from aexpi.com
Cara tradisional

mengobati salvator yang pilek

bisa menggunakan metode penguapan untuk mengeluarkan lendir pilek yang ada di sistem pernafasannya. Berikut adalah cara mengobati salva pilek dengan cara penguapan.
  1. Buat larutan perendaman dari bahan jahe, bawang merah, dan minyak kayu putih dengan perbandingan 2 banding 1 banding 1.
  2. Contohnya: 10 gram jahe, 5 gram bawang putih, dan 5 tetes minyak kayu putih. Keprek ketiga bahan itu hingga hancur, masukkan ke dalam wadah penguapan, lalu masukkan air hangat-hangat kuku secukupnya, dan jangan sampai melebihi tinggi salvatornya (jangan sampai salvatornya tenggelam). Tinggi air cukup seperempat dari tinggi salvator. Pastikan bahwa air hangat yang digunakan tidak terlalu panas agar salvator tidak kesakitan atau kepanasan saat direndam.
  3. Setelah itu, masukkan salvator yang sakit ke dalam wadah peremdaman, dan tutup wadah perendaman dengan penutup yang diberi satu atau dua lubang udara sebesar ujung jari kelingking anda.
  4. Diamkan salvator di dalam wadah perendaman yang tertutup selama 10 hingga 15 menit, setelah itu angkat dari dalam wadah perendaman.
  5. Siapkan tisu, dan tekan secara perlahan bagian leher hingga hidung salvator hingga lendir keluar dari lubang hidungnya. Lap lendir yang keluar menggunakan tisu. Lakukan proses ini secara berulang-ulang hingga lendir sudah tidak keluar lagi. Dan ingat, jangan terlalu keras dalam menekan saluran pernafasan salvator karena bisa menyebabkan salvator anda kesulitan bernafas.
  6. Setelah lendir tidak lagi keluar dari lubang hidungnya, jemur salvator dibawah sinar matahari selama 5 menit.
Penguapan bisa dilakukan 2 atau 3 kali selama seminggu hingga salvator benar-benar sembuh. Jika dalam 2 minggu salvator masih belum juga sembuh, saya sarankan anda membawa

salvator yang flu

ke dokter hewan. Terima kasih (FS)

46 Responses to "Mengobati Salvator Yang Flu dan Pilek"

  1. wah daftar hewan antimainstream baru nih hehe

    kunjungi blog saya hewan peliharaan

    ReplyDelete
  2. Selamat pago,,Dokter cantik!!

    Saya punya 2 ekor musang,1 musang pandan usia 1 bulanan/jantan,1 musang buah ( rase ) usia 2 bulan/betina....mau nanya hair lotion untuk musang merek apa ya?? Dan apakah dewasa nanti bisa dikawin silang??info dari penjual dijatinegara bisa dikawin silangkan!!!!...itu aja thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake minyak kemiri khusus musang aja, mas. ada kok artikelnya. bisa juga sih pake hair lotion cusson, cuma lebih aman yang alami aja....:)
      apakah musang rase bisa dikawinsilangkan dengan musang pandan? coba mas baca artikel cara kawin silang musang...

      jujur saya belum pernah denger sih ada musang pandan dikawinkan sama rase. dari sisi genetik juga saya kurang begitu tahu, tapi kalo dari sisi nama family, musang rase dan pandan berasal dari family yang sama... :)

      Delete
  3. Itu beli nya dimana ya dok minyak kemiri khusus musang???
    Apa bisa dikasih minyak ikan campur susu bayi???

    ReplyDelete
  4. Iya udah sy baca dok..nama musang sy panggilannya si tisson,,knp bulunya jarang ya dok,apa karna usianya baru 1 bulan lebih???
    Klo untuk bonding cara melatihnya gmna?? Si tisson agak susah makan sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      gimana kabar tison, mas? sehat?
      kalau umur sebulan emang waktunya ganti bulu sih, coba aja kasih minyak kemiri khusus musang. ada kok artikelnya.... :)

      Delete
  5. Ya gpp dok...masih lemot dok,,kalo dikasih makan suka berontak2 ga karuan.!! Dia typikal bandel dan susah diatur sama kyak sifat saya dok hehehe..!! Belum lama ini dia fesesnya cair bgt :( klo dikasih air gula..!!btw klo saya oplos bubur bayi + pepaya + madu gpp kan???
    Mank bisa dok musang dilatih sedari dini agar bisa cerdas kyk anjing???
    Cz saya baca diartikel dokter fira,,musang biul yg paling cerdas diantara jenis musang lainnya..!! Salam dari tisson :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biul termasuk cerdas dibanding keluarga musang lainnya... dan semua musang bisa dilatih kok... :)

      Delete
  6. Dok saya mau tanya tentang seputar musang
    saya kan pelihara musang udah beberapa bulan ini dok nah beberapa minggu ini dia sering gigit in kuku kaki depan sama dia jilatin gitu jilatnya ampe basah banged lagi dok pas saya liat di tepalak kaki depan ya 2 2 ya kek kekelupas gitu dok warna merah tapi baru setengah tapi keknya dia kegatalan itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bersihin aja pake air hangat campur betadine cair, mas.

      seberapa sering dimandikan musangnya? kabari lagi ya mas..

      Delete
    2. kalo misalnya pake dettol aja gmn mbak ?

      dlu sih 2x seminggu sekarsng hujan mulu mbak jadi klo cuaca bagus baru di mandiin , tpi untuk kebersihan kandang tiap hari di bersihkan

      Delete
    3. oh iya, maksud saya dettol cair. :D
      bukan betadine. maaf ya mas, hehehe. lagi gak focus kemaren. banyak banget yang komen, jadi suka kurang focus. :D


      cek deh kakinya, terutama kulitnya. ada bintik2 merah atau tanda kutuan lain??

      Delete
    4. gk ada mbak tapi ini kan baru ketauuan ada di tepalak kaki depan ya 2 2 ya kek kekelupas gitu nah jadi bulu nya itu kan kena gigitan ya dok jadi bulu ya udah rontok banged jadi keliatan warna tulang ya putih gitu di deket kuku ya itu bisa tumbuh lagi gk dok ?

      Delete
    5. sementara ini, cukup kasih dettol cair aja.
      tebakan saya sih dia cuma maen2 doang. alias iseng.
      itu tebakan mentah saya aja loh ya... :D

      maksudnya mas 'tumbuh lagi' bulunya? saya yakin bisa...

      sekarang gimana keadaan musangnya, mas?

      Delete
    6. alhamdulillah sehat sih dok , klo boleh tanya lagi dok akhir akhir ini pernah saya kasih telur biasanya sehat aja abis di kasih telur rebus eh skrng skrng ini klo di kasih telur rebut itu dia malah muntah muntah + lesu knp ya dok

      Delete
    7. kalau emang begitu, mending stop aja kasih telurnya, mas. mungkin emang sistem pencernaannya lagi kurang bagus, makanya coba mas cek fesesnya. udah baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya?

      kalau dia muntah2 abis makan, mending stop memberikan makanan tersebut, lalu ganti makanannya pake buah aja. pisang atau pepaya. kalau muntah2nya masih lanjut, cek fesesnya. mencret atau nggak. lalu kasih ramuan kesehatan musang bikinan saya, ada kok artikelnya. judulnya: ramuan kesehatan musang...

      kabari terus...

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. dok ini hari ya kan di daerah saya hujan terus selama berapa minggu ini jadi gk sempet di mandiin musang ya jadi di semprot semprot pake spray aja gpp dok ?

      oh iya dok yng kata mbak dokter di suruh kasih dettol antiseptic itu kan waktu dia di pegang kaki ya dia malah gigit terus waktu dia cium bau dettol itu dia langsung lari dok ngacir jadi gmn ya?

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Halo dokter fira..saya udah beliin minyak kemiri untuk si tisson,itu makenya tiap hari ya dok???secara bulunya tambah jarang aja,,!!
    Kalo bekicot mang ad yg jual di pasaran??saya nyari dikebon orang gak ada dok,yang ada memedi doang ma dedemit hehehe ( kidding ) mohon sarannya ya dok..kasian si tisson dibilang ma orang orang kayak tikus got :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh minta gambarnya si tisson, mas? coba upload di postimage.org, terus linknya taro di sini.

      ada kemungkinan kutuan nggak?

      jangan tiap hari, maksimal 2 kali seminggu. biar gak berkerak. :)

      saya tunggu ya.

      Delete
  9. https://postimg.org/image/d45a9yfuv/
    https://postimg.org/image/7zo26sorn/

    Masih kagetan juga klo ma sy kenapa ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya khawatirnya sih itu kena jamur atau kutu, mas.
      untung mas kasih gambarnya.
      coba mandikan dengan cara dispray pake semprotan burung, airnya pake air hangat campur dettol cair (yang cairannya kayak teh). takarannya dettol cairnya dikira2 aja, kalau airnya udah mulai keruh, berarti cukup. cara mandikannya spray 3-6 kali,disisir, dispray lagi 3 kali, terus dilap pakai handuk kering. biarkan di luar kandang sampe bulunya kering dengan sendirinya.... jangan dijemur ya mas, cukup taro aja di luar kandangnya. bisa juga sambil diajak main.

      dengan cara begitu juga dia bisa makin kenal sama mas, jadi gak kagetan lagi...

      Delete
  10. Makasih ya dok ilmunya...sangat bermanfaat,,!! Rencana saya juga mau beli musang bulan sama biul tolong dikasih ilmunya buat saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. udah banyak kok mengenai musang di blog ini, silakan baca2 aja dulu. :D

      kalau ada yang ingin ditanyakan, saya siap jawab. :)

      Delete
  11. Tisson kayaknya hairloss dok dibawah perut yang saya kirim fotonya,,apa masih bisa numbuh bulu????

    Saya juga udah nemu bekicot klo diblender trus dimasukin ke kulkas buat stok aman kan ya dok ga basi???


    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      coba aja kasih minyak kemiri. seminggu sekali.

      ini tison yang mana ya? soalnya banyak yang musangnya namanya tisson... :)

      Delete
  12. Waduhh dokter kurang piknik nih hehe coba scroll keatas,,itu tisson sy yg awal chat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, banyak soalnya yang namanya tisson, hehehe...

      sekarang gimana keadaan tisson, mas? sehat? :)

      Delete
  13. cara menggemukan salva gmna bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ibu... :D

      kasih makan aja lebih sering. dikit-dikit gak apa2, asalkan lebih sering.

      Delete
  14. Dok salva saya kog merem terus ya dok dan juga lemes biasanya melek sama lincah cara pengobatanya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak sebabnya, mas.... perlu dicek langsung sama dokter hewan... :(

      sebelumnya kenapa? pernah salah kasih makan? mas kasih makan apa? fesesnya/tahinya gimana? mencret?

      Delete
  15. Assalammualikum Dok... kok baby salva saya suka merem yaa,apa semua baby rata" merem atau lincah??terus klo mau liat sehat dari fesesnya seperti apa??
    Mksh dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. biasanya kalo diem aja atau merem terus, agak mengkhawatirkan. fesesnya mencret nggak? kalo mencret, biasanya sakit....

      dikasih makan apa sama masnya? kasih daging emprit yang dicacah halus. daging emprit atau daging puyuh.... bagusnya yang masih fresh...

      Delete
  16. salva kalau luka dikasih obat apa ya dok ?

    ReplyDelete
  17. Dok tanya,salva saya matanya merem terus kadang kalo di bangunin di buka tapi matanya ada putih nya dan kadang mengeluarkan air nah salva saya terkena penyakit apa?penyembuanya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya dia kena infeksi mata.
      ada obatnya. namanya reptile eye drop (obat tetes mata reptil). atau gini aja: mas coba buka artikel "CARA AGAR REPTILE TETAP SEHAT". mas whatsapp aja ke dia, tanya obat tetes mata reptil apa yang bagus.

      sementara barangnya dateng, mas bisa tetesin air rebusan daun sirih...

      Delete
  18. Dr boleh tanya ???kok baby salva ku lemes sama gk mau makan ya ??sma cara ngobati nya gmn ya dog ?

    ReplyDelete
  19. Dok mau tanya ni Salva ku kok ngk mau makan knpa y dok n selalu menutup mata nya kayak tidur dok dan kondisi badannya juga lemes dok dan puf nya juga mencret dok bge mna solusinya dok tolong kasi solusi nya dok

    ReplyDelete
  20. Selamat siang dok,ujung ekor varanus saya awalnya kering trs lama2 berubah menghitam seperti busuk (maaf),apakah perlu dipotong?

    ReplyDelete
  21. Dok baby Salva saya pilek terus saya kasih tetra chlor . dan saya letakkan di luar apa boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi pilek, mending taro di dalam ruangan, mas... sekira suhunya gak fluktuatif...

      udah berapa lama? makan lancar?

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.