Kenapa Musang Sering Garuk-garuk? | Drh. Fira Sovica

"Dok, kenapa ya musang saya sering garuk-garuk? Pertanda apa musang sering garuk-garuk?" demikian pertanyaan yang masuk via chat sore kemarin.

Musang sering garuk-garuk

biasanya disebabkan oleh beberapa sebab. Nah, penyebab kenapa musang garuk-garuk badannya akan kita bahas di artikel berikut ini. Artikel ini terkait dengan artikel cara mengobati musang scabies.
Kenapa Musang Sering Garuk-garuk?
Image taken from pinterest.com


Ada beberapa sebab kenapa musang sering menggaruk badannya, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Kemungkinan pertama yang bisa menjadi sebab musang sering garuk-garuk adalah poenyakit kulit, diantaranya scabies dan sebagainya. Untuk cara mengobati scabies, linknya sudah saya tulis di atas.
  • Maka dari itu, penting untuk mengecek permukaan kulit musang secara berkala untuk melihat ada atau tidaknya gejala scabies pada musang.
  • Sebab kedua yang bisa saja menjadi biang kerok musang suka garuk-garuk adalah kutu dan kotoran.
  • Kutu dan kotorak berupa kerak biasanya muncul karena kebersihan kandang dan musang yang kurang terjaga. Maka dari itu, penting untuk selalu memandikan musang peliharaan anda. Harap dicatat bahwa memandikan musang tidak boleh sembarangan, cara memandikan musang yang tepat sudah saya tulis di artikel cara memandikan musang.
  • Penyebab ketiga dari alasan kenapa musang garuk-garuk badannya adalah faktor suhu dan lainnya.
  • Udara yang terlalu panas atau terlalu dingin kerap membuat musang tidak nyaman. Hal itu kadang membuat musang suka menggaruk badannya, entah ke jeruji kandang atau dengan kakinya.
Itulah alasan

kenapa musang sering menggaruk badannya

. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengobati dan mengetahui penyebab kenapa musang sering garuk-garuk. Terima kasih. (FS)

22 Responses to "Kenapa Musang Sering Garuk-garuk?"

  1. Selamat malam, eh dini hari mbak. Saya barusan beli baby musang pandan punya kawan yang masih ompong dua ekor, kayaknya dehidrasi, suhu tubuh dingin. Sebetulnya ragu sih bisa survive atau tidak, tapi saya khawatir kesehatan mereka kalau tetap di kawan saya tsb.
    Begitu sampai rumah saya kasih KMR pakai dot kucing, yang ingin saya tanyakan adalah, apakah betul langkah saya tersebut? Apakah harus langsung diberi bubur bayi? kebetulan selalu ada stock karena saya juga memelihara sugar glider. Mulai kapan bisa dimandikan? karena di badannya saya lihat banyak gurem sebab disimpan di dekat kandang ayam di rumah kawan saya tersebut. Sementara sekian mbak, dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca lagi gak bagus buat musang, sementara taruh di dalam rumah dulu. di ruangan nggak ber-ac. apalagi buat baby musang yang rentan banget suhu dingin. banyak bayi musang mati akibat hipotermia akhir2 ini....

      dan karena itulah, jangan dimandikan. bahaya. fatal akibatnya. mending lap aja pakai lap yang dibasahi air hangat.

      untuk makan, bisa kasih bubur bayi. promina bagusnya.

      sekali lagi jangan dimandikan... :)

      Delete
  2. Dok saya mo tanya...umur musang saya 3 bln...fesesnya normal...tapi makannya itu dok susah...klo mkn ayam sih d mau..tapi saya batasin setiap minggu sekali...krna kata dokter asupan buah"an yg pnting...tpi mkn buah"an pepaya n pisang, nasi kecap, sm bubur bayi promina mkanny selalu dkit...pdhal saya dah kasih curcuma plus, minyak ikan, sari kurma jg...tpi mknnya ga trlalu bnyak..gmn ya dok biar dy lahap mknnya...krna dy klo mkn cuma mlm aja dok..itupun ga bnyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari menunya udah bagus, cuma saran saya: minyak ikan cukup seminggu sekali aja. curcuma juga bisa distop, ganti sama sari kurma. :)

      kandangnya jangan ditaruh di luar rumah dulu, cuaca lagi gak bagus buat musang. pindahin ke dalam rumah aja dlu. :)

      kabari lagi...

      Delete
    2. Minyak ikan emank saya ksih seminggu sekali dok...curcuma plus kebetulan udah abis dok...utk sari kurma d campur air apa sari kurmanya aja dok..??krna saya campur air...mnumny jg jrg"....klo kandang emank klo siank saya taro luar tapi klo malam saya masukin...

      Trus gmn dok...krna dy mkn mnum cuma mlm doank...saya tkut dy sakit...klo siang dy kebnyakan tdur...

      Delete
    3. fesesnya gimana? coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      untuk sari kurma, bisa campur air, bisa juga diminumkan langsung (1 sendok teh) ke mulutnya...

      kalo untuk kebanyakan tidur, kan musang emang hewan nocturnal, mas. dia aktif di malam hari. selama dia mau makan dan fesesnya normal, saya kira dia masih sehat...

      kabari lagi...

      Delete
  3. Selamat siang mbak, lanjut lagi ngerpotinnya, kabar duka, salah satu baby musang mati tadi pagi, setelah sebrlumnya poop berbau busuk, berwarna hijau. Di owner lamanya dikasih SKM aja. Yang satu lagi, poop tadi pagi normal, lembek berwarna hijau, sekarang sudah mau minum sendiri jilat-jilat KMR di tangan, tapi barusan setelah minum KMR +/- 10 ml, dia muntah dan mencret. Perlakuan selanjutnya gimana ya mbak? Mohon bimbingannya, maaf kalo banyak tanya, masih Nubi buat ngurus musang. Sekian dan terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ini mbak, warna fecesnya hijau kekuningan danada sedikit lendir, muntahnya susu. Untuk cuaca sekitar rumah sedang dingin lembab. Saya punya Carnitine sama ATP yang biasa saya kasih ke kitten atau pupy, boleh nggak saya kasih ke baby musang? Terima kasih.

      Delete
    2. SKM itu susu ya? bener?
      harusnya jangan dikasih susu sembarangan. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu non laktosa. bagusnya sih nggak usah dikasih susu karena kayaknya dia mati karena nggak cocok sama susunya.

      coba pake sari kurma aja. sari kurma tambah air dikit.

      jangan sampe musangnya kedinginan, jadi lebih baik pindahkan ke dalam rumah dulu. kasih kain di dalamnya...

      Delete
  4. malam dok. maaf nih malam malam komen nya. cuma mau tanya dok, knapa musang saya gamau makan pisang sama pepaya? kira kira ada solusinya ga dok? makasih dok.

    ReplyDelete
  5. malam dok. maaf nih malam malam komen nya. cuma mau tanya dok, knapa musang saya gamau makan pisang sama pepaya? kira kira ada solusinya ga dok? makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara agar musang mau makan apa saja. dan baca juga artikel monofeed dan polifeed pada musang. :)

      kabari lagi

      Delete
  6. dok klo boleh tanya musang saya ini kek ada luka di sekitar mulut kanan ya jadi berliuran berlebihan terus nafsu makan ya ilang mungkin susah nelen tapi masih lincah udah 2 hari gini dok gimana ya biar dia mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di lukanya ada putih2nya? kayak sariawan gitu?
      jangan dikasih makanan yang keras2 dulu. coba kasih bubur bayi aja. buah boleh dikasih, tapi yang diblender. misalnya kasih jus pepaya, aernya dikit aja. kasih madu nggak apa2 jus pepayanya....
      jangan dikasih apa2 selain yang saya sarankan... :)

      untuk perawatan lukanya, observasi aja dulu mas selama 5 hari ke depan sambil lakukan apa yang saya sarankan. kalau dalam 5 hari belum baikkan juga, nanti saya kasih obatnya... :)

      Delete
    2. sudah saya coba duk saya halusin bener pepaya ya tapi iya dia gk mau makan dok itu aja saya paksa , pertama dia cicipin dikiit terus gk mau makan lg jadi saya paksain

      Delete
    3. musangnya umur berapa mas?
      coba baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja.

      maaf karena baru dibales. kabari lagi ya mas

      Delete
    4. udah mau makan dok tapi skrng malam aja mkan ya siang jarang

      Delete
    5. nggak apa2, pelan2 aja. :D
      yang penting dia mau makan dulu. :)

      coba mas cek artikel saya, cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  7. Assalamu'alaikum Bu dokter mw nanya kalu Musang pandan umur kurleb 3 bln up sakit flu obat nye ape ?
    Apakah pengaruh ke muspan nye soalnye sya lagi sakit flu..makasih Bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih sari kurma, biar daya tahan tubuhnya bagus. selain itu, bisa jemur 5 menit tiap pagi (sebelum jam 9 pagi)...

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.