Penyebab Musang Rase Mati Mendadak | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa sebab

kenapa musang rase mati secara mendadak

, terutama musang rase yang masih anakan. Artikel berikut akan membahas lebih lanjut mengenai penyebab kenapa musang rase mati secara tiba-tiba. Bagi anda yang mau merawat musang rase sebagai hewan peliharaan, Anda bisa membaca artikel saya cara memelihara musang rase.


Penyebab Musang Rase Mati Mendadak
Image taken from imgrum.net
Seperti yang sudah saya tulis di artikel cara memelihara rase, merawat musang rase memang agak sulit bagi pemula. Musang rase amat sangat rentan mati, terutama musang rase anakan.
  • Ada beberapa faktor yang menyebabkan anakan musang rase mati secara tiba-tiba. Salahsatu penyebab utamanya adalah faktor stress.
  • Musang rase yang tadinya aktif dan sehat bisa mendadak mati karena stress. Penyebab stress pada musang rase bermacam-macam, diantaranya adalah suara keras dan  perubahan suhu yang mendadak. Suara keras adalah faktor utama stress pada musang rase.
  • Sebenernya bukan hanya musang rase saja yang bisa stress lalu mati mendadak karena suara keras. Hampir semua hewan lain juga bisa mengalami hal serupa.
Jadi, bagi anda yang ingin memelihara hewan, khususnya musang rase, sebaiknya pastikan bahwa ada memiliki lingkungan yang tenang, bebas dari suara-suara yang terlalu keras yang bisa menyebabkan musang rase mati mendadak akibat stress. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda para pecinta musang rase. Terima kasih. (FS)

23 Responses to "Penyebab Musang Rase Mati Mendadak"

  1. saya punya beby musrase, baru dapet. kira2 umur 2mgg.an
    sy kash susu hewan..
    mau tanya. kira2 kalo blm tumbuh gigi dksh makan pisang atau pepaya dicmpur susu baik atau tdk ya?
    mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah tahu kalau rase itu jenis musang yang rentan banget mati? apalagi yang masih bayi... :)

      jangan dikasih susu, cukup kasih bubur bayi aja mas... promina... :)
      pisang atau pepaya boleh, tapi hancurin dulu ya. bagusnya sih bubur bayi aja. :)

      kabari terus. oh ya, infoin saya mengenai fesesnya ya, mencret atau nggak. dan sekali lagi, jangan dikasih susu

      Delete
  2. Dooooook. Pawpaw kenapa yah tiba" menegang badannya ? Tapi masih bernafas. Saya takut mati dok:'(
    Padahal tadi subuh masih bobok bareng dok :(

    ReplyDelete
  3. Dok, saya punya anakan musang rase. Tiap saat pasti ngoceh terus bikin berisik, itu kenapa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru mas harus khawatir kalau dia gak berisik. kalau musang rase berisik, itu artinya dia sehat. karena musang rase yang sakit gak bakalan berisik gitu (diem aja).

      wajar kok, namanya juga anak2.... paling juga ngajak main... :)

      Delete
  4. mbk.dokter saya punya musang rase 2 ekor.
    usia sekitar 3-4 bln.
    fasesnya ada cacingnya warna putih panjang sekitar 8cm.
    bagemana cara mengatasinya mbk?
    makanannya pisang, warna fasesnya kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      mas bisa kasih obat cacing drontal yang buat kucing. mas bisa beli di petshop terdekat

      Delete
  5. tadinya masih mau mbk.
    hari ini ngg.
    kadang-kadang muntah.
    apa itu bisa nular ke rase saya satunya mbk?
    apa perlu di karantina,biar gk nular?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending segera karantina aja. pisahkan kandangnya.
      sekarang gimana keadaannya? maaf karena baru balas... :(

      Delete
  6. alhamdulillah sudah sehat mbak...
    cuman berat badannya masih blum pulih..
    apa obat cacingnya harus di berikan terus secara berkala mbak?
    bisa nular juga ke ownernya nggak mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas fotoin fesesnya/tahinya ke saya. foto, upload ke postimage.org, terus taro linknya di sini.

      kecil kemungkinan bisa menular. tapi mending mas cuci tangan pake sabun aja kalo abis main sama dia. buat jaga2 aja. :)

      saya tunggu fotonya ya mas..

      Delete
  7. kirim fotonya mending via chatt aja mbk.
    tp musang saya satunya kok perutnya kaya kembung gitu ya mbk?
    tp makannya rakus...
    apa ada masalah dg perutnya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret nggak?
      jangan dikasih susu, itu aja sih advice-nya... :)

      kabari lagi ya mas... :)

      Delete
  8. Dok saya bingung bukan main, td sore baby musang pandan sya jerit2 lalu sya samperin saya elus dia diem ngak lama dia tdr saya taro di kandangnya dia bangun lgi sya mbil dia diem, ngak lama sya taro ribut lagi sya ambil saya elus2 dia diem ngak lama dia lemes lalu keluar cairan putih dr hidung dan mulut, mulutnya kebuka lebar lalu keluar cairan putih dari mulut dan hidung ngak lama makin lemas dan skrang mati, penyebabnya apa ya dok kok tiba2 banget padahal sebelumnya sehat2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak sebab, mas. dan maaf karena saya baru balas.
      saya kira dia sakit sudah sejak lama. coba cek fesesnya, terutama sejak 3 hari sebelum dia mati. pasti fesesnya/tahinya berubah. dari situ biasanya tahu dia sakit apa....

      saya tebak, dia kena distemper.....

      sabar ya mas.... :(

      Delete
  9. dok saya mau tanya...musrase saya tadi mlem masih sehat,msih tdur bareng,trus pagi2 saya bangun biasanya sudah main dket saya,tpi saya lihat gak ada,saya cari ternyata ada di bawah kolong tmpat tidur sudah tergeletak dri mulutnya mengeluarkan cairan putih ,tpi dia masih bernafas tinggal satu2 nafasnya,setelah itu mati,,kenapa ya dok,padahal dia tdk mnunjukkan sakit sbelumnya,fasenya pun normal sperti biasanya..musrase sya umur 2 stengah bulanan,,

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. dok saya mau tanya...musrase saya tadi mlem masih sehat,msih tdur bareng,trus pagi2 saya bangun biasanya sudah main dket saya,tpi saya lihat gak ada,saya cari ternyata ada di bawah kolong tmpat tidur sudah tergeletak dri mulutnya mengeluarkan cairan putih ,tpi dia masih bernafas tinggal satu2 nafasnya,setelah itu mati,,kenapa ya dok,padahal dia tdk mnunjukkan sakit sbelumnya,fasenya pun normal sperti biasanya..musrase sya umur 2 stengah bulanan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks.... kalo musang rase anakan emang rentan mati...

      kayaknya sistem pencernaannya itu mas. sebelum mas tidur, sempet mas kasih makan dulu nggak?

      bisa juga karena salah makan. mungkin ada sesuatu yang dia makan.

      Delete
  12. Dok mau nanya nih.kenapa yah musang rase saya yg biasanya berisik loncat - loncat tiba tiba diem nggak mau bangun nggak mau makan trs kakinya aneh agak pincang padahal dia engga pernah kebentur atau yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak kasih susu? kalau iya, coba stop susunya...kasih makan bubur bayi promina...

      rasenya umur berapa?

      untuk pengobatannya, mbak bisa kasih sari kurma. kalo rasenya masih anakan, kasih dikit aja. 10ml, 2x sehari.

      Delete
  13. dok mau tanya. knp musang rase ga boleh dikasih susu . bayu musang rase saya ud 2 mggu ini sy ksih susu sgm 0-12 bulan dicampur dengan bubur sun pisang. td pagi dia berisik bgt . abis sy ksih makan smpai sore dia diam saja . saya lihat dia aneh . geraknya selalu mendangah ke atas. saya kura dia kekenyangan. tp sy khawatir .

    ReplyDelete
  14. Maaf bu dok saya baru melihara musang rase makanan yg bagus itu yg kaya daging2 atau buah2an ya sebaiknya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.