Cara Memelihara Kura-kura Stinkpot | Drh. Fira Sovica

Kura-kura stinkpot adalah kura-kura paling kecil di dunia.

Cara memelihara kura-kura stinkpot

relatif mudah, meski ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam merawat stinkpot sebagai hewan peliharaan. Artikel ini berkenaan dengan artikel tentang cara memelihara kura-kura akuatik lain, seperti artikel cara memelihara kura-kura leher panjang.
Cara Memelihara Kura-kura Stinkpot
Image taken from exotic-pets.co.uk
Fakta unik mengenai kura-kura stinkpot selain sebagai kura-kura terkecil di dunia adalah nama 'stinkpot' itu sendiri. Dalam bahasa inggris, 'stinkpot' berasal dari 2 kata, yaitu stink (bau) dan pot (guci, pot). Saat menjelang dewasa, kura-kura stinkpot bisa mengeluarkan bau yang tidak enak untuk mengusir pemangsa. Itulah kenapa kura-kura terkecil di dunia ini dinamai stinkpot, yaitu karena mereka bisa mengeluarkan bau untuk mengusir predator.
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara stinkpot:


  • Kura-kura stinkpot adalah kura-kura akuatik, yaitu jenis kura-kura yang menghabiskan hampir setiap waktu di dalam air.
  • Anda bisa menggunakan akuarium kecil sebagai tempat memelihara kura-kura stinkpot. Pastikan air dalam akuarium ini selalu bersih dan suhunya terjaga.
  • Makanan kura-kura stinkpot adalah pelet, ikan, jangkrik ukuran kecil, dan sayuran. Anda bisa memberi makan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, dan pastikan jumlahnya tepat. Agar air tetap bersih, anda bisa mengangkat sisa makanan yang tidak dimakan dari dalam akuarium dengan menggunakan saringan kecil.
  • Seperti halnya memelihara reptil lain, memelihara stinkpot memerlukan kestabilan suhu air dan suhu udara. Jangan sesekali menaruh akuarium tempat memelihara stinkpot di luar rumah pada malam hari atau saat cuaca tidak menentu.
  • Kebersihan air masih merupakan hal penting dalam memelihara kura-kura stinkpot. Jaga agar air tetap bersih. Anda bisa menambahkan filter air di akuarium tempat memelihara kura-kura anda.
  • Untuk asupan kalsiumnya, anda bisa menjemur kura-kura stinkpot selama 10 menit di pagi hari (sebelum jam 9 pagi).
Demikian adalah artikel tentang

cara merawat kura-kura stinkpot

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara kura-kura. Komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

1 Response to "Cara Memelihara Kura-kura Stinkpot"

  1. Kura2 stinkpot ini bisa tumbuh maksimal sampai berapa cm di aquarium ...dan butuh waktu berapa lama untuk bisa mencapai besar maksimal

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.