Cara Menjaga Kesehatan Kura-kura Darat | Drh. Fira Sovica

Akhir-akhir ini, banyak sekali hewan yang sakit, terutama reptil, terkhusus kura-kura. Faktor cuaca yang tidak menentu menjadi penyebab banyaknya hewan yang sakit. Rata-rata hewan yang sakit adalah reptil seperti ular dan kura-kura. Artikel cara menjaga kesehatan ular sudah saya bahas di artikel cara agar ular peliharaan tetap sehat.


Cara Menjaga Kesehatan Kura-kura Darat
Image taken from kaskus.co.id
Nah, bagaimana

cara menjaga kesehatan kura-kura darat?

Berikut adalah beberapa poin cara agar kura-kura darat seperti sulcata, emys, forsteni dan lain sebagainya agar tetap sehat.
  1. Jaga agar suhu kandang tetap stabil.
  2. Faktor utama penyebab kura-kura darat sakit adalah faktor suhu yang turun naik. Sebagai hewan berdarah dingin, artinya hewan yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri atau hewan yang suhu tubuhnya tergantung lingkungan di sekitarnya, suhu tubuh kura-kura darat tergantung kepada suhu udara di sekelilingnya. Nah, sekarang bayangkan jika suhu udara di sekelilingnya tidak stabil? Berubah-ubah dari panas ke dingin, lalu kembali lagi ke panas, dan balik lagi ke dingin. Begitu terus. Kira-kira apa yang terjadi pada kura-kura darat anda? Ya, suhu tubuhnya akan terus berubah mengikuti berubahnya udara di sekelilingnya. Akibatnya, daya tahan tubuh kura-kura darat akan melemah, lalu virus dan bakteri akan mudah masuk dan menyebabkan penyakit. Maka dari itu, penting untuk menjaga kestabilan suhu agar kura-kura darat peliharaan anda tetap sehat.
  3. Menjaga pola makan.
  4. Menjaga asupan makanan agar kura-kura darat peliharaan anda tetap sehat adalah faktor kedua dalam menjaga agar kura-kura darat peliharaan anda tetap sehat. Karena menjaga pola makan tentu erat kaitannya dengan menjaga daya tahan tubuh itu sendiri. Jika pola makan terjaga dengan baik, maka daya tahan tubuh kura-kura juga akan kuat. Dengan cara tersebut, bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh kura-kura tidak akan menimbulkan efek kesehatan yang besar karena tertangkal oleh daya tahan tubuh kura-kura yang baik.
  5. Menjaga kebersihan kandang dan makanan.
  6. Poin terakhir yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kura-kura darat peliharaan anda adalah menjaga kebersihan kandang dan pakan. Poin ketiga ini juga tidak bisa dianggap remeh dalam hal menjaga kesehatan kura-kura peliharaan anda, karena kandang dan makanan yang kotor, tentu bisa menjadi penyebab penyakit pada kura-kura. Pastikan anda memilih bedding (alas kandang) dari bahan yang mudah dibersihkan, misalnya menggunakan bedding koran bekas yang mudah diganti jika sudah kotor. Pastikan juga makanan dan minuman yang diberikan untuk kura-kura peliharaan anda bersih.
Demikian adalah tentang

cara menjaga kesehatan kura-kura darat

. Semoga artikel ini bisa membantu anda para turtoise lover di seluruh indonesia. Terima kasih. (FS)

16 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Kura-kura Darat"

  1. hai dok....mau tanya ni...klo kura kura darat ada bercak putih di karapas/plaston nya itu knapa ya dok...tapi waktu di siram air bercaknya hilang...ntar besok2 bercaknya ada lg tp di lain tempat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura2nya apa, mas?
      ada kemungkinan cuma waterspot nggak? bercak air?

      kalau jenis kura2nya kura-kura darat, coba aja dilap pakai kapas yang dibasahi sedikit pake minyak zaitun.

      tebakan saya sih itu cuma waterspot doang. :)

      Delete
  2. hai dok,, kura2 semi akuatik ( kura2 ambon) itu makanya apa ya? dan di beri berapa kali sehari? lalu adakah vitamin untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pertumbuhannya? ... ty be4 dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kura-kura ambon bisa dikasih pellet. atau kalau kura-kura ambon nya udah agak gede, bisa kasih ikan mas kecil.... paling jaga kebersihan air dan kestabilan suhu air aja. kalo kura-kura ambonnya masih kecil, biasanya lebih mudah sakit. makanya suhu airnya dijaga, jangan kedinginan. taro di dalam rumah aja. :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. dok mau tanya, kemarin saya baru beli sulcata uk 5-6cm pas di petshopnya gesit, kenapa pas dirumah dia lemes bgt ya, makan aja jarang dan tidur mulu, matanya saya liat sedikit berair, dan untuk pakan sejauh ini saya kasih sawi ijo, gimana dok, trims.

    ReplyDelete
  5. dok mau tanya, kemarin saya baru beli sulcata uk 5-6cm pas di petshopnya gesit, kenapa pas dirumah dia lemes bgt ya, makan aja jarang dan tidur mulu, matanya saya liat sedikit berair, dan untuk pakan sejauh ini saya kasih sawi ijo, gimana dok, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya. dia masih mau makan, apa nggak mau makan samasekali? kalau masih mau makan (meski jarang2), cek fesesnya, apakah mencret atau nggak....

      selebihnya, mas baca artikel saya di atas... :)

      Delete
  6. masih dok, masih mau makan cuma dia hanya mau makan okra saja. kalo kotoranya mencret cuma gk terlalu cair, dan dia kalo didalem ruanganya kerjaanya tidur aja, tapi kalo diluar dan terkena sinar matahari dia gesit dan makan dok. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas foto fesesnya terus kirim kemari? upload aja di postimage.org, terus linknya taro kemari. saya tunggu ya. :)

      Delete
  7. http://postimg.org/image/ulykfd567/be70790b/ ini dok foto feses tebsrunya tadi pada pukul 4 sore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah kasih minum ya mas? coba kasih minum..
      dan coba kasih super-n. cek artikel cara menjaga kesehatan burung hantu

      Delete
  8. dok... kalo kura2 darat istar itu kasih makan brp kali sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 3 kali, mas. kalau makannya dikit, bisa ditambah jadi 4 kali.. :)

      Delete
  9. Dok, apa kura kura bisa cepat mati kalau sering dipegang ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas.
      tentu cara pegangnya juga hati-hati, jangan kasar dan jangan sampe jatuh...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.