Cara Memelihara Kuda Laut | Drh. Fira Sovica

Merawat kuda laut dalam akuarium

sebagai hewan peliharaan memang belum menjadi tren yang umum. Memelihara ikan air laut memang sudah menjadi hobi yang populer di Indonesia, namun tidak demikian halnya dengan memelihara kuda laut di akuarium. Artikel berikut akan membahas mengenai cara memelihara kuda laut. Anda bisa membaca artikel terkait tentang cara merawat ikan nemo.
Cara Memelihara Kuda Laut
Image taken from mulpix.com


  • Memelihara dan merawat kuda laut sebagai hewan peliharaan sama halnya dengan memelihara ikan laut pada umumnya. Hal terpenting dalam memelihara kuda laut di akuarium tentu air laut, yang merupakan media peliharanya.
  • Makanan kuda laut yang dipelihara dalam akuarium adalah cacing darah dan larva udang hidup.
  • Kebersihan air adalah hal utama dalam memelihara kuda laut. Kuda laut sangat peka terhadap polusi dan kotoran. Anda bisa memakai filter air di akuarium tempat memelihara kuda laut.
  • Kuda laut sangat rentan stress. Adakalanya, orang yang sudah berpengalaman memelihara ikan laut akan tetap 'kelimpungan' saat memelihara kuda laut. Banyak sekali faktor stress pada kuda laut peliharaan, diantaranya faktor suhu air, ph, kebersihan, dan pakan.
Demikian adalah

cara memelihara kuda laut

dalam akuarium. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki kuda sebagai hewan peliharaan. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

14 Responses to "Cara Memelihara Kuda Laut"

  1. Dok maaf melenceng dari isi artikel ini
    Musang saya punya kaya koreng gitu di telapak kaki belakang ya suka di gesek gesek gitu itu knapa ya ? apa jamur ?
    terus bulu di ekor ya mulai rontok berapa bulan ini padahal sering di mandiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru bales...

      untuk kakinya, coba sering dibersihkan pake antibiotik dettol. mas tahu kan, itu loh dettol yang bentuknya cair, warna cairannya kayak teh. abis dibersihkan pake itu, jemur sekitar 5 menit biar kering. dan makanannya cukup kasih buah2an aja. jangan kasih daging2an, bubur bayi, dan jenis makanan lain yang mengandung protein. cukup kasih buah aja.

      jaga kebersihan kandang. dan kabari lagi. sekali lagi maaf karena baru balas... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Makasih dok
    oh iya dok buat bulu yng udah rontok itu bisa tumbuh lagi gk dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, bisa tumbuh lagi.
      oh ya patut saya peringatkan: cuaca lagi gak bagus buat owl. banyak hewan terutama burung dan reptil yang mati karena perubahan cuaca ini, termasuk rontoknya bulu burung. jadi kalau owlnya mas ditaro diluar rumah, mending pindahkan dulu ke dalam ruangan. dan jangan sampe kedinginan...

      untuk staminanya, coba mas beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari. makannya dijaga. :)

      Delete
    2. dok kmren kan sempat saya kasih detol itu nah pas di semprot pake spray di kaki ya itu dia langsung loncat dari kasur langusng ke lantai gitu dong nah tiba tiba kaki kiri ya kek pincang gitu dok di pegang sakit itu cara obatin ya gimana ya dok ?

      Delete
    3. dia kaget itu. kasih dettol cairnya jangan langsung disemprot gitu ke kakinya, mas. pake kain atau kapas aja, dibasahi kapasnya dikit2, terus ditotol2 ke kakinya...

      Delete
  3. Dok maaf melenceng.saya mau tanya tentang kukang kemarin kan saya udah kirim komentar.dan saya mau tambahin komentar nya lgi.kan saya mau cek feses ama lobang hidungnya basah atau tidak tapi karena dia suka bersin/batuk gitu dok dan kukang saya belum terlalu jinak.gimana dok.makananya pisang ama jangrik.....dan kepalanya ada kyk botak gitu dok.itu pas saya beli udah botak tapi cuma dikit.trims atas bantuannya.mohon di jawab.

    ReplyDelete
  4. Dok maaf melenceng.saya mau tanya tentang kukang kemarin kan saya udah kirim komentar.dan saya mau tambahin komentar nya lgi.kan saya mau cek feses ama lobang hidungnya basah atau tidak tapi karena dia suka bersin/batuk gitu dok dan kukang saya belum terlalu jinak.gimana dok.makananya pisang ama jangrik.....dan kepalanya ada kyk botak gitu dok.itu pas saya beli udah botak tapi cuma dikit.trims atas bantuannya.mohon di jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. sebelumnya maaf karena baru balas, saya abis sakit kemarin....

      sekarang giimana keadaan kukangnya, mas?
      mas naro kandangnya di dalam atau di luar ruangan? mending pindahkan aja kandangnya ke dalam ruangan, biar kukangnya gak kedinginan. makanannya dijaga, jangan sampe dia telat makan. minumannya bisa dikasih madu biar daya tahan tubuh kukangnya bagus....

      kabari lagi ya mas...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.