Berapa Lama Proses Menjinakkan Burung Hantu? | Drh. Fira Sovica

Pertanyaan mengenai

berapa lama proses penjinakkan burung hantu

kerap ditanyakan oleh owner burung hantu pemula yang berniat menjinakkan burung hantu. Proses menjinakkan burung hantu sendiri dari galak ke jinak sebenarnya kembali lagi ke karakter burung hantu itu sendiri. Ada burung hantu yang memang mudah menerima manusia, ada juga yang memang antipati terhadap manusia.
Berapa Lama Proses Menjinakkan Burung Hantu?
Image taken from birddigiscoper.com
Adakalanya, burung hantu liar yang berkarakter lembut bisa sangat mudah dijinakkan, bahkan lebih cepat dari menjinakkan burung hantu anakan sekalipun. Lain halnya dengan burung hantu berkarakter keras kepala. Perlu waktu lebih lama untuk menjinakkan burung hantu dengan karakter kuat. Tidak hanya sebulan dua bulan, anda bahkan memerlukan waktu tahunan untuk menjinakkan burung hantu dewasa berwatak keras.


Sebagai contoh, burung hantu saya, si errol.
Tidak mudah untuk menjinakkan burung hantu liar yang berwatak sangat keras seperti errol. Total dengan masa trainingnya, saya membutuhkan waktu 3 tahun untuk menjinakkan dan melatih errol. Tidak usah bertanya luka akibat cakaran dan serangan burung hantu seperti apa yang pernah saya terima dari burung hantu barn owl saya itu. Kelopak mata saya bahkan pernah dijahit karena sobek akibat diserang si errol. Namun alih-alih putus asa, saya tidak menghentikan semua proses yang sudah dijalani. Karena semuanya toh resiko memelihara burung hantu, dan semua orang yang memelihara burung hantu harus siap dengan resiko ini.

Menjinakkan burung hantu juga erat kaitannya dengan berpikiran positif. Semua hewan bisa membaca pikiran kita, manusia, pun begitu dengan burung hantu. Burung hantu akan selalu tahu jika ownernya takut, ragu-ragu, berani, dan lain sebagainya. Jika anda takut atau ragu-ragu, biasanya burung hantu akan makin susah dijinakkan. Jika anda terlalu berani, maka si burung hantu akan menjadi galak kepada anda. Tujuannya untuk mengetes. Bersikaplah biasa saja. Anggaplah diri anda sebagai "burung hantu besar" saat berhadapan dengan burung hantu yang akan dijinakkan. Anggaplah diri anda dan burung hantu adalah setara. Sesekali, ajaklah mengobrol sambil menatap matanya dan eluslah punggungnya.

Sekali lagi, pendekatan (manning) yang tepat dan dilakukan terus menerus tanpa putus asa menjadi kunci keberhasilan menjinakkan burung hantu. Lama proses penjinakkan burung hantu bisa lebih singkat dengan memahami karakter burung hantu yang dijinakkan serta manning dan proses penjinakkan yang tepat.
Ada banyak artikel mengenai burung hantu di blog ini. Anda bisa membaca artikel-artikel tersebut sebagai bahan referensi dalam

proses penjinakkan burung hantu

. Terima kasih. (FS)

87 Responses to "Berapa Lama Proses Menjinakkan Burung Hantu? "

  1. dok,saya punya celepuk namanya gendon...saya mau tanya....si gendon koq jarang tidur ya...siang dan malam...apa ini juga termasuk gejala penyakit...klo fesesnya berwarna putih trus ada hitam2 nya dan ada cair nya...kira2 normal gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara si gendon? kalau baru, wajar kok kayak gitu... bahkan, si errol aja yang udah bonding sama saya, kadang suka gigit2 kuping dan jari saya. wajar kok.... fesesnya gimana mas? silakan baca artikel saya mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya

      Delete
  2. Dok , thanks udah berbagi ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. mas bisa datang kemari kalau ada yang mau ditanyakan...

      Delete
  3. mbak kl burhan bs mkan anakan ayam potong?? ato anakan ayam lain??
    bs d mandiin ga kyak burung alap22 biar cpt jinak.. kl bs jamnya jam brp??

    ReplyDelete
    Replies
    1. memandikan BOp tidak membuat BOP cepat jinak... :)
      kasih ayam sebenernya gak kenapa2, namun lebih bagus kalau kasih bayi tikus.. :)

      Delete
  4. Dok lihat fotonya si erol dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di salahsatu post saya mengenai burung hantu. hihihi. pokoknya yang beda sendiri. cari aja. :p

      Delete
  5. Dok butuh berapa lama kalo mau karantina burhan yg baru beli ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lamanya proses karantina burung hantu bisa mas baca di artikel cara karantina burung hantu.

      tangan mas digigit pas mau kasih makan? wajar. biasanya owl yang baru dibeli akan berusaha 'menakut-nakuti' master barunya. kalau mas takut, dia malah berani dan malah 'ngelunjak'.... saya udah jelaskan di artikel hal yang salah dalam menjinakkan burung hantu

      Delete
  6. Dok burhan saya mau kasih makan pake tangan tapi yg di gigit kok tangan saya ya ?

    ReplyDelete
  7. Dok mau tanya nih si hagrig(celepuk) ane kakinya kemasukan semut cara bersihnya gimana ya ? Kasihan nih hagrig

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa kaki kemasukan semut?? gimana caranya??
      maksudnya semut masuk ke bulunya gitu mas?

      harap diperjelas lagi... :D

      Delete
  8. Pas lagi taro di teras fasesnya di kerubungin semut,semutnya makin lama naik ke perchnya trus masuk ke bulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik goreskan kapur semut di sekitar kandang/perchnya, mas.

      kenapa banyak semut di situ? karena jangkrik ya? :)

      Delete
  9. Dok ngehandel owl butuh berapa hari ? Trus kalo baru beli owl kapan bisa di latih JTTF

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk berapa harinya, silakan mas baca artikel di atas...

      kalau baru beli owl, langkah pertama saat owlnya sampe ke rumah adalah karantina. silakan baca dlu artikel saya cara karantina burung hantu

      Delete
  10. dok burhan celepuk bisa tahan makan berapa lama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak pernah itung. dulu temen saya pernah ngebiarin owlnya gak makan seharian, pas diliat besoknya owlnya almarhum.... :(
      yang pasti, owl adalah hewan yang gak tahan lapar. kasih aja 3 atau 4x makan dalam sehari. pagi, siang, sore, dan malam. kalau siang gak bisa, usahakan sore jangan sampe gak dikasih makan.... :)

      Delete
    2. dok kalo ngasih makan secara otomatis gimana ya ? Jang kriknya di lepas gitu biar owlnya makan sendiri. soalnya mau di tinggal pergi sebentar 1 hari

      Delete
    3. kalau owlnya tidak terbiasa makan sendiri, agak susah mas. kecuali kalau emang owlnya dah bisa makan sendiri seperti itu, mungkin bisa...

      1 harinya betul2 1 hari (maksudnya 24 jam) atau hanya dari pagi sampe sore aja? atau pagi sampe malem?

      agak riskan sebenernya mas. kalau mas bawa aja gimana?

      opsi lain, suruh orang kasih makan atau titip orang yang bisa kasih makan....

      bisa sih ditinggal kalo hanya dari pagi sampe sore aja. asalkan sebelumnya dikasih makan dlu....

      Delete
  11. kalo saya masukin dus trus di dalem dust ada jangkrik sama pinkis banyak, bisa gak pake cara kaya gitu gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja. tapi sebaiknya disekitar dus goreskan kapur semut. takutnya nanti malah ngundang semut. sedangkan owl adalah musuh bebuyutan semut, mas... maaf baru balas, saya lagi otewe pulang kampung... :D

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Dok bo saya kadang2 waktu di elus (punggung/kpla) ngerang kaya risih ga mau di elus itu knp yah? Tpi kadang si pilo diem smpe merem2 juga.
    Waktu di perch pilo sering Benerin bulunya itu normalkah? Atau ngrasa gatal ya dok?
    Thanks dok.. Slm buat errol&padma ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo pilo.. :) udah berapa lama mas pelihara si pilo? kayaknya sih emang karakternya begitu mas, moody. kadang baik, kadang juga kayak sebel ama masnya, hihihi. wajar kok. pdkt aja terus ama si pilo, terutama kalo mas baru pelihara si pilo... :) salam balik dari errol dan padma... maaf baru balas, saya lagi mudik ke kampung halaman, hihihi :)

      Delete
    2. -+ sebulan dok..Hehe iya kali ya dok moody an si pilo.
      Udah pdkt trs nih smpe gemes kadang :D.
      Patokan umur juve itu brp bln/tahun dok? Untuk dbilang mature itu kira2 brp tahun umurnya?
      Wah happy holiday dok heheh ikut pulkam jg errol&padma?

      Delete
    3. iya, mereka ikutan pulang. sekarang lagi ngambek karena gak saya bolehin keluar rumah. maklum, lingkungan baru mas... :) kalau baru sebulan peliharanya, wajar kok begitu. soal umur bop dan owl, mas bisa baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu.... :) kasih saya kabar lagi ya mas... :)

      Delete
  14. Ini pilo sering garuk2in muka pake kakinya dok sama benerin bulu dbadan pake paruhnya apa mau gnti bulu kah?
    Soalnya ada bulu yg lepas dskitar
    perchnya? Napsu makan msh normal sih
    Apa cuma gatal yah? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya cuma gatal. kalau mas libur, misalnya sabtu atau minggu, lebih baik jemur aja kalau pagi.

      makannya masih normal? cuaca lagi gak bagus buat owl. mending pindahkan owlnya ke ruangan yang lebih hangat...

      Delete
    2. Msh normal dok makannya td sblm maghrib abis 4ekor doq buat jttf,fttf trs nangkring doang di perch mgkn mlman ntr mau makan lg.
      Sehari 15-20 ekor doq wajar ga sih dok? Apa kbykan?

      Klo djemur baiknya smgu brp kali dok? Btw errol&padma lg ngapain ini? :D hehhe

      Delete
    3. lagi di jalan, mas. pulang balik abis liburan. :)

      kalau 15 hingga 20 doq wajar kok. 15 sebenernya cukup.

      jemur owlnya minimal seminggu sekali atau 2x...

      kasih saya kabar terus...

      Delete
  15. Siap dok..
    Air cucian beras gpp dok buat mandiin owl? Apa ad opsi lain..
    Klo mandiinnya sore ggp?
    Perlu pake peluit ga dok buat nglatihnya?
    Makasih byk dok maap kalo byk tnya trs.. Hehe;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa pakai air cucian beras? mitos bahwa mandiin owl pake air bekas cucian beras bisa menghilangkan kutu? itu gak benar, mas... :)

      mandiin owl sebaiknya pagi dan dilakukan kalau ada matahari. jadi abis dimandiin bisa sekalian dijemur. jemurnya pun gak sembarangan, cukup 10 hingga 15 menit aja....

      Delete
    2. Oh mitos ya dok.. Kalo air rebusan dkasih daun sirih itu gmn? Ato cukup pake air biasa dok.. Baca dforum sih makanya dtanyain dsini dok :)
      Opsi mandi sore soalnya kandang pagi dpt mendung dok.. Jadi mending tunggu bsknya aja yah mandiinnya pas pagi cerah yah dok?

      Btw boleh liat pict errol&padma dok hehe penasaran :D

      Delete
    3. kalau pakai air rebusan daun sirih, masih bisa, mas... :)

      iya, yang penting cuacanya aja. yg penting gak dingin dan ada matahari. bagus2 kalau pagi hari... :)

      fotonya errol ada di salahsatu post saya mengenai burung hantu. ubek2 aja, hehehehe. :D

      Delete
  16. Ok dok..next mandiinnya pas pagi yg cerah..

    Waduh udah hal 1-15 dok hehe bingung yg mana :(
    Kalo boleh Via mail gpp dok hehe.. Kikitai13@gmail.com

    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin mas pasti pernah liat, hehehehe. :D

      Delete
    2. Cluenya apa dok :D

      Pgn liat bulu ekor sama dada si errol (jantan) soalnya dok :(

      Post di G+ gpp deh dok.. Pliss

      Delete
  17. Ok dok saya tunggu pictnya:D

    Dok ini kehabisan puyuh saya kasih anak ayam kok ga dmkan yah mlh dumpetin dtmpt gelap trs dtgl.. Knp ya dok? Apa perlu dpotong2 dulu doc nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin emang belum terbiasa kali mas. sediakan aja puyuh dlu, anak ayam cukup dikasih seminggu sekali aja... itung2 latihan... :)

      staff saya belum kirimin? saya masih di luar kota... :)

      Delete
    2. Iya tdi sempet bingung liatin ayamnya dlantai ga mau nyamber.. Baru mau nyamber pas saya taruh dtangan pilonya.

      Kebetulan pada abis dok yg jual puyuh.. Udah crewet si pilo kalo dlewatin kiyek2 mulu.. Hehhe

      Blm dok fotonya :D thanks alot dok ;)

      Delete
    3. iya, emang kadang ada yang kayak gitu, mas... wajar kok... perlu pembiasaan... sediakan aja puyuhnya, sambil terus dilatih kasih anak ayam... ingat, anak ayamnya jangan yang diwarnain ya mas... :D

      Delete
  18. Udah mulai biasa dok.. Tdi subuh udah saya kasih 1anak ayam langsung nyamber si pilo dri perchnya.. Jeda 10mntan smbl dperchnya lgsg dmakan abis itu anteng sama bersihin paruh.. :*

    Kbetulan lg pd kosong dok puyuhnya.. Tiput jg susah ini..(blm pernah saya ksh jg tipus slama handle)

    2 hari an ini pilo sering turun dari perch trs jln kaya mau cari tmpt knp ya dok??
    Sama byk bulu yg lepas apa mau mabung? Mnuruk dok fira gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bayi tikus , mas. biar instingnya makin tajam.

      iya, kayaknya sih mendekati masa mabung. dia agak galak? coba mas baca artikel saya cara merawat burung hantu mabung.... :)

      Delete
    2. Galak/ga kurang paham sih dok.. Cuman kadang kalo pas dgodain kaya jengkel aj.. Makan masih normal ga ad kenyangnya :D
      Akhir2 ini pilo suka nyoba terbang dbawah tangga dok padahal leash msh dperch jdi ga smpe trs balik kperch.. Smpe sempet juga lepas leashnya dri perch pagi2 kirain kabur taunya nangkring drak spatu dbwh tangga.. Knp ya dok?

      Btw pict errol & padma blm ya dok? Pgn tau nih dok buat bedain male/fem biar ad gmbaran.. Plisss

      Delete
    3. soal membedakan jenis kelamin owl ada kok artikelnya. kayaknya sih pillo sama keras kepalanya kayak errol dlu, pelan2 aja pendekatan, pasti nanti bisa jinak. ingat, cuaca lagi gak bagus buat owl, jaga pola makan, dan jangan sampe owlnya kedinginan.... :)

      kasih saya kabar terus ya mas.... :)

      Delete
  19. Dokter..sy baru adopt chick celepuk dan sy kasih nama " hanna reitch " biar sehat selalu dan fit untuk kedepannya sy kasih mulvitamin merek apa ya dok??? Sy juga kasih 1x minyak ikan per 2 minggu!!! Mohon pencerahannya ya dok..salam dari hanna reitch buat errol dan padma

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo hanna.
      untuk multivitamin, mas bisa kasih vitahawk. untuk minyak ikan, udah cukup segitu. jangan kebanyakan.

      jaga agar ruangan tempat memelihara hanna tetap hangat ya mas. jangan sampe kedinginan. banyak owl yang sakit akhir2 ini. jaga pola makanan dan kebersihannya. silakan baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog ini.... :)

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  20. Misi dok saya punya barn owl masi chick.sekitar 1,5 bulan umurnya.bulu nya masi kapas semua dan tipis banget.selama ane handle ane kasi potongan daging sapi kecil2.apa itu gapapa dok? Dan pernah kasi tiput baru sekali makan.itu pun ane bunuh ulu dan dibuang kepalanya. Dan hari ini lagi ane kasi daging ayam kecil2. Apa itu boleh dok? Terima kasih atas sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. selama daging ayam dan daging sapinya bebas bahan kimia dan bersih serta bukan bekuan, aman2 aja... :)

      untuk tikusnya, mending pilih bayi tikus putih yang masih merah mas. taro aja deket owlnya, terus tinggal... biar dia bunuh sendiri... :) tapi pake cara mas juga oke sih... :)

      Delete
  21. Nah itu dia saya pun gatau gimana bedain daging bebas bahan kimia dan mana yang engga.tapi selama ini kalo dilihat dari feses nya putih dan coklat kehitaman dok. Dan makan nya pun rakus banget.

    Dan saya mau tanya lagi.selama saya handle ini saya taro di dalem kardus.dan 3 hari sekali saya bersihkan alasnya.dan seminggu sekali saya ganti kardus nya. Si "barnie" stress kah jika hanya saya taro di dalam kardus?karna dari yang pernah saya baca di beberapa artikel katanya sebelum barnie belajar lompat atau coba2 buat terbang biarin aja di dalem kardus.itu sebaiknya gimana ya dok?
    Terimakasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo saya sarankan sih jangan ditaro 24 jam di dalam dus mas... coba taro di atas dus... bagus kalau mas bikin perch (tangkringan). bikin aja dari tempat parcel, mas... gampang kok... tinggal kasih pemberat di tempat parcelnya, lapisi pegangannya pake besi yang dibengkokkan, terus dililit pake tambang kecil di pegangannya... jadi dah... :)

      cara membedakan daging yang diberi bahan kimia dan nggak? gampangnya, mas beli sate mentah aja di tukang sate, jangan dibakar, mentah aja. sampe rumah, mas potong lagi kecil2, kasih ke owlnya... praktis.. :)

      Delete
  22. Terima kasih saran nya dok sangat membantu.
    Saya ada niat untuk buatkan perch namun dari pvc.tapi apakah memungkinkan jika si barnie yang belon bisa lancar jalan nya sudah saya suruh nangkring?saya pernah coba lepas dia di kamar.dia nyari sudut mulu kayak kelabang wkwkwk.

    Dan tadi barusan setelah saya berikan makan malam saya coba keluarkan lagi si barnie dari kardus nya. Namun pas saya maskin lagi ga sengaja ke lepas sama saya jadi rada kebanting gitu jarak jatohnya sekitar 10cm dok.saya ngerasa bersalah banger karna setelah kebanting gitu dia masi bel bisa bediri sendiri da akhirnya saya bantu.
    Dan itu alasannya belom saya lepas di perch dan saya pasangkan anklet.karna belum bisa berdiri normal dok.
    Sekali lagi mohon sarannya.
    Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas tangkringkan di pergelangan tangan, dia bisa nangkring? kalau udah bisa, bikinin aja perch. harap perhatikan kalau perchnya jangan tinggi2 ya mas. kalo buat anakan owl, cukup 15 atau 20 cm saja, maksimal 30 cm tingginya... :)

      dan coba sering2 diajak main... :)

      Delete
  23. Selamat malam dok.
    Terima kasih untuk saran sebelumnya.
    Saya sudah praktekan untuk ditangkringkan ditangan namun masi belum kuat berdirinya.dan akhirnya saya belikan kandang kucing yang lumayan besar agar si barnie leluasa untuk mondar-mandir nya.

    Dan saya ada pertanyaan lagi dok.
    Dari pagi ini si barnie sayapnya lemas terkulai.apakah si barnie sakit atau proses ganti bulu? Kalo dilihat dari fesesnya saya pikir normal dok.karna masi warna putih dan hitam.dan mata nya pun seger.tapi untuk pertumbuhan bulu si barnie beberapa hari ini sangat cepat.setiap hari nya selalu ada perubahan bentuk bulu si barnie.

    Mohon saran dan masukan nya dok.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih emang sedang mabung (moulting) alias ganti bulu... silakan mas baca artikel saya cara merawat burung mabung... :)

      sehat terus buat barnie... jangan lupa kasih makan ya mas... dan jangan lupa baca artikelnya... :)

      saya tunggu kabar barnie selanjutnya...

      Delete
  24. iya dok. apakah ada perawatan khusus untuk burhan yang sedang moulting?

    kalo kasih makan selalu dok :)
    dan rakus banget.sehari itu bisa 4 mencit. 2 pagi dan 2 malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara merawat burung mabung... :)

      Delete
  25. dok saya punya burhan celepuk, saya dapatkan dari depan rumah saya, terus saya tangkap, dari liaran burungnya, masih kecil tapi udah bisa terbang, dia saya taruh perch dan saya kasih angkle, nah kenapa ya dok dia sering mengigiti angkle nya? sama pas saya elus2 kepalanya dia malah mau ngigit, kenapa ya dok?
    salam buat errol dok

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. dok saya punya burhan celepuk, saya dapatkan dari depan rumah saya, terus saya tangkap, dari liaran burungnya, masih kecil tapi udah bisa terbang, dia saya taruh perch dan saya kasih angkle, nah kenapa ya dok dia sering mengigiti angkle nya? sama pas saya elus2 kepalanya dia malah mau ngigit, kenapa ya dok?
    salam buat errol dok

    ReplyDelete
  28. dok saya baru nemu burung hantu diatas pohon kakinya terjerat, lemas kaki satunya terus tidak mau makan dok gimana cara merawatnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba karantina dulu, silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu. dan kasih makan, cukup fokus ke kasih makan aja dulu.... kalau udah mau makan, baru kita fokus ke kakinya... :)

      Delete
  29. Doq cara ngerapiin bulu owl saya gimana ya dok & salam kenal buat errol dok dari dodo owl saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya burung hantu akan merapikan bulunya sendiri kok mas. sama aja kayak ayam yang suka nyuir-nyuirin bulunya kalau dia merasa gak nyaman, hihihi...

      Delete
  30. Asalamu'alaikum dok,
    Saya memiliki burung hantu berumur kira2 3 bulan (kata sang penjual)
    Saya baru saja membelinya. Saya memperhatikan sang penjual nampaknya sangat mudah untuk mengeluarkan si burung dari kandang sebelumnya ke kandang baru, namun tidak sebaliknya, ketika sesampainya saya di kamar kost, si burung nanpak agresif, setelah berapa kali percobaan menangkapnya dari kandang (proses butuh beberapa kali percobaan, dan di setiap percobaan, tak luput dari cakaran, gigitan, dan berputar2nya si burung di dalam kandang,,
    Sekarang si burung tidak berada di kandang, melainkan di dalam kamar saya, saya takut membuat dia stress, dan sebagainya)
    Bagaimana penjelasannya, saya mohon dengan sangat, untuk memberikan jawaban dari kekeliruan saya, saya memang baru kali pertamanya memelihara burung hantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini aja. untuk sementara jangan pake kandang dulu. kita bikin owlbox sederhana dari kardus besar. coba cari kardus bekas akua botol yang besar (akua botol ukuran seliter), terus kasih tangkringan dari kayu di dalamnya.

      nah mas ngambil burung hantunya jangan dari atas, tapi dari sisi: jadi bagian atas kardusnya (yang ada buka-tutupnya, mas jadiin disisi, kardusnya 'digulingkan').... mas bisa taro owlbox-nya ditempat yang agak tinggi, jangan ditaro di lantai. sediakan aja bangku/kursi tempat naro owlbox dari kardus itu.... :)

      opsi lain, bikin perch/tangkringan dari tempat parcel. kasih adukan semen di bagian bawah tempat percelnya, dan jadikan pegangan parcelnya sebagai tempat bertengger owlnya... dan sama, jangan ditaro di lantai. taro di tempat agak tinggi. owl gak suka kalau ada manusia yang naro dia di lantai.. :)

      Delete
  31. Dok, kl mslny sy pelihara Buffy boleh di sediain pakan ikan hidup atau enggak dok?soalnya sy pernah baca ktnya kan nggk boleh telat makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. kalo buffy jangan sampe telat makan.
      bagusnya sih pakan hidup. mas sediakan aja ikan hidup. kalau dia mau makan, tinggal ambil dari akuarium... :)

      Delete
    2. Klo dri ember boleh dok? Btw air ikannya boleh buat minum owl dok? (Buat celepuk & buffy) , klo masih bulu kapas/sendok belum bsa makan sendiri ya dok?

      Delete
    3. boleh. peliharanya di ember gak apa2.
      kenapa mas kasih air bekas ikan ke burung hantu? lebih baik jangan...

      kalau mau bisa makan sendiri, coba aja latih instingnya... caranya mas bisa baca artikel CARA AGAR BURUNG HANTU MAU MAKAN...

      Delete
    4. Untuk minum cadangan dok, jdi klo minum di cepuk habis, mrk masih ada cadangan

      Klo misalkan celepuk di kasih uhong aja dok? & Buffy kasih anak ikan?

      Delete
    5. iya beda, mas. celepuk ama buffy makanannya beda.
      coba aja mas baca artikel saya MAKANAN BURUNG HANTU

      hmm, untuk cara memberi minum burung hantu udah ada artikelnya juga...

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas.

      Delete
  32. Dok sayang baru adopt strix usia satu tahunan,dia mantan Ff dok,cuman karna ownernya yg dulu sibuk jadi ilang skill ff nya,ada saran dong untuk mengembalikam skillnya?untuk karakter owlnya sangat jinak dok..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas harus latih lagi... :)
      silakan baca artikel cara melatih burung hantu

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Dok klo burhan masih chick dan gk punya kandang ditaruh di perch apa gk jatuh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih chick, ditaro di box kardus aja mas. kasih kain-kain dikit...

      Delete
  35. dok, bubo saya, Boki piaraan dari brancher. Dulu sudah mantap jttf dan imprint, ribut kalo liat saya. Dari semenjak saya adopsi ada temannya, bubo juga usia juve tapi agak galak. Yang juve sejak saya lepas adopt, sifat Boki langsung berubah jadi batting, agak galak, tidak pernah ribut lagi, kagetan dan kadang suka gigit keras. Kalau saya mau dekati harus saya sapa dan gerak pelan-pelan supaya dia tidak kaget.

    Saya bingung apakah itu pengaruh si Boki beralih ke usia juve (kebetulan lagi masa transisi) ataukah jangan-jangan mereka sudah imprint dan Boki jadi berubah sifatnya karena ditinggal temannya? Saya ada baca komen ternyata owl itu bisa imprint dengan owl lainnya bukan hanya dengan tuannya

    ReplyDelete
  36. dok mau tanya owl bisa di taro di tangkringan usia berapa ya , barn owl saya namanya mega usianya bc awal mau ke tengah , dan sayapya juga kaya turun doc , mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
  37. doc mau tanya owl di taro ditangkringan usia bc apa ya , owl saya barn owl namanya mega usia bc awal mau ke bc tengah , dan sayapnya kaya turun doc mohon pencerahannya makasih doc

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.