Cara Memelihara Guinea Pig | Drh. Fira Sovica

Guinea pig atau sering disebut tikus belanda biasa dipelihara oleh para pecinta hewan karena eksotis.

Memelihara tikus belanda

atau merawat guinea pig sebenarnya sama dengan memelihara hewan pengerat lain seperti hamster dan semacamnya: hal terpenting dalam memelihara guinea pig adalah kebersihan kandang karena guinea pig, seperti halnya hewan pengerat lain, memiliki bau urin dan feses yang lebih menyengat daripada hewan yang bukan pengerat. Hal tersebut pernah saya tulis di hewan yang paling mudah dipelihara.
Cara Memelihara Guinea Pig
Image taken from vetwest.com.au

Banyak orang indonesia yang menyebut guinea pig atau tikus belanda sebagai marmut. Sebenarnya, marmut dan guinea pig amatlah berbeda. Perbedaan marmut dan guinea pig bisa dibaca di artikel bedanya marmut dan tikus belanda.
Cara memelihara guinea pig atau cara memelihara tikus belanda hampir sama dengan memelihara kelinci. Berikut adalah cara merawat dan memelihara guinea pig yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman praktek sebagai dokter hewan:
  1. Pilih guinea pig berumur 2 bulan keatas.
  2. Kandang guinea pig sebaiknya tidak beralas jeruji. Seperti halnya kandang landak mini, kandang tikus belanda hendaknya diberikan bidder (alas kandang) berupa serutan kayu yang biasa dijual sebagai alas kandang hamster yang bisa dibeli di toko pakan hewan atau toko perlengkapan hewan.
  3. Karakter dan sifat guinea pig cenderung lebih berani kepada manusia dibandingkan kelinci atau hamster. Guinea pig amat jarang menggigit jika tersudut atau takut. Mereka lebih banyak diam sehingga terlihat sangat lucu dan polos.
  4. Makanan guinea pig adalah pellet kelinci, dan air minum untuk guinea pig bisa diberikan dengan menggunakan botol minum kelinci. Ada banyak merk makanan guinea pig berupa pellet yang bisa diberikan, namun sebagai dokter hewan, saya menyarankan makanan guinea pig bermerk Oxbow Pellets yang bisa dibeli di toko perlengkapan hewan peliharaan terdekat.
  5. Ganti bidder atau alas kandang guinea pig setiap 3 hari sekali atau jika kandang sudah terlihat kotor dan berbau.
  6. Untuk menjaga keindahan bulu guinea pig, mandikan guinea pig setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan shampo bayi. Saat dimandikan, mata guinea pig sebaiknya tidak sampai terkena air. Setelah dimandikan, keringkan bulu guinea pig dengan handuk bersih hingga setengah kering lalu angin-anginkan guinea pig hingga bulu guinea pig benar-benar kering.
Demikian adalah

cara memelihara guinea pig

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu para pecinta guinea pig dan orang yang ingin memelihara guinea pig. Saran, komentar, dan kritik bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

34 Responses to "Cara Memelihara Guinea Pig"

  1. artikelnya keren nih...

    salam kenal dari alfian.. saya punya blog artikel dan jual marmut hias.. cek www.marmutsayafarm.blogspot.com / www.marmutsaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Malam dok, saya mau tanya kalo marmut selalu kita ajak main atau kita pegang terus bisa buat dia cepet mati atau stress ga dok? Terus makanan nya yg baik dan sehat selain pellet kelinci ada ga? Terima kasih bu dokter sebelumnya, mohon di jawab hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal2 mungkin biarkan dia adaptasi sama lingkungan barunya.
      mungkin seminggu atau 2 minggu, biarkan dia di kandang dulu. mungkin bisa diawali dengan sentuhan2 dan elusan2 pada punggungnya...

      setelah masa adaptasi, bisa coba ajak main. jangan langsung diangkat pakai tangan, keluarkan aja dari kandang, taruh di lantai atau carpet, lalu elus2... lakukan selama seminggu sampai ia tenang... kalau udah tenang, bisa coba diangkat pakai 2 tangan dengan cara menyekopnya, dan jangan mencomotnya.... kadang kalau megangnya dengan cara dicomot, ada organ dalam yang ketekan, dan itu kadang menjadi penyebab kematian, mas....

      sukses buat petnya. namain mas. dan sering panggil dengan namanya.. :)

      saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. Terima kasih bu dokter atas saran nya, Terus makanan nya yg baik dan sehat selain pellet kelinci ada ga untuk marmut?

      Delete
    3. sehari hari bisa mas kasih pellet kelinci, namun 2 kali seminggu bisa mas kasih rumput hay, alfafa, wortel, mentimun, atau pisang. bagusnya sih wortel dan rumput hay...

      coba kasih info mengenai fesesnya, mas... :)

      saya tunggu. :)

      Delete
  3. Oh iya satu lagi dok, lebih baik memelihara marmut harus berpasangan atau satu saja? Apakah bila hanya memelihara satu marmut nya bisa stress? Terima kasih lagi dok, ditunggu jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih berpasangan. karena sama seperti sugar glider, marmut itu hewan sosial. mereka senang bersama teman2 sebangsa dan setanah airnya, huehehehe...

      satu juga gak apa2, namun akan lebih baik kalau pelihara lebih dari satu. :)

      Delete
    2. Kalo masih awal2 saya beli berpasangan, terus biar nikah dan punya anak gimana cara nya dok?

      Delete
    3. satuin aja. biasanya kalau 22nya udah mulai birahi, nantinya mereka akan kawin sendiri... :)

      Delete
  4. Dok gimana agar badan guinea pig saya cepat gemuk,soalnya badan guinea pig punya saya kalo di angkat kerasa banget tulang nya berarti kurus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah asupan protein, bisa juga kasih pellet kelinci karena dah banyak proteinnya.
      namun biasanya, makin banyak protein yang diberikan, makin bau juga urine dan fesesnya.

      mang selama ini dikasih makan apa?

      Delete
  5. dok kok guinea pig saya nggak mau makan yaa ? saya baru beli dari jati negara dan nggak mau makan sama minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. feses(tahi)nya mencret ya mas? bener?
      kasih air madu aja sementara. tau kan cara kasih minumnya? bisa pakai botol hamster.... atau bisa mas tetesin ke mulutnya...

      kalau dalam waktu 4 hari belum mendingan, mending bawa aja ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  6. dok,saya mau tannya,
    1.saya liat dari beberapa sumber katannya GP ini harus sedia rumput terus ya? nanti ngaruh ga dok ke nafsu makan dia ,saat waktunya makan siang/malam??

    2. terus GP ini katannya butuh vit C , vit C tetes boleh? berapa kali seminggu??

    makasih ya dokter ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. setau saya sih gak juga, gak harus sedia rumput. :)
      2. kan udah ada suplemen khusus GP, mas. silakan cari di toko makanan hewan peliharaan yang lengkap... :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kotornya, mas.
      tapi biasanya seminggu sekali, atau bisa juga seminggu dua kali kalau emang udah kotor banget. :)

      bagusnya kandangnya ada 2, jadi bisa digunakan bergantian tiap minggu

      Delete
    2. ok mba,
      oh iya kenpa marmut saya yg betina lebih sering bersuara dibanding yang jantan mba?


      kalau saya dateng ngasih makan pasti rame suara nya..

      Delete
    3. kalau soal bersuara atau nggak, gak kenapa2 kok.
      yang penting adalah nafsu makan dan aktifitasnya/aktif atau nggaknya.

      Delete
  8. dok mau nanya nih, adikku beli marmot 2 hari lalu, marmutnya gak tau umurnya berapa soalnya dia asal beli 1 pasang nah pas malem di hari kedua itu marmot yang cowok itu mati dok, apa karena saya sempet ngasi makan jeruk pas malam sebelum mati nya ya?, tapi dok pas yang cowo mati, saya lihat di bagian kelamin yang cewek itu ada darahnya, di bagian kelamin yang cowok itu ada cairan seperti sperma agak krem warna cariannya, itu kira kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih makan jeruk, mas? :(
      gak cocok buat marmut. apalagi kalo asem.

      Delete
  9. Salam kenal,saya tadi baru saja beli guinea pig,ternyata dia berkutu kecil2 sekali berwarna putih. Mohon bantuannya bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut sampai tuntas? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli antitick spray di toko perlengkapan kucing, mas.
      guinea pig-nya umur berapa?

      bisa juga dengan cara dimandikan pake shampo khusus kucing yang buat kutu...

      Delete
    2. Saya kurang tau umurnya dok..karena baru pernah pelihara jadi masih awam hehe tapi kayanya sih masih kecil
      Oh jadi boleh ya pakai obat dan shampoo kutu untuk kucing?

      Terus kandang guinea pig itu perlu ngga sih pake serbuk kayu?
      Saat ini masih tinggal dikardus dialasin koran karena baru beli 2 hari lalu hehe..

      Delete
    3. boleh kok mas. mandiinnya pake air hangat ya.

      nggak usah pake serbuk kayu kok. pake kandang yang ada penampung kotorannya di bawahnya.

      Delete
  10. dok mau tanya ..

    saya punya marmut yang saya jaga kebersihan nya..

    saya memandikan nya seminggu 1x (weekend).

    tapi kadang suka garuk2 yang bikin bulu nya rontok dok
    yang sering di garuk itu di samping leher atas dok..

    saya cek bulu nya bersih g ada kutu atau ketombe atau pu kerak (bersih)

    marmut saya betina dok tekstur bulu nya halus tipis.

    nah itu knpa ya dok suka garuk gtu?

    ada rekomend vitamin tau apa gtu dok biar ga rontok dan garuk2

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari cuaca juga bisa. pastikan kandangnya gak dingin.
      saya sarankan mending mas beli antitick spray di toko perlengkapan kucing.

      kalau emang mas yakin gak ada kutu atau ketombe, mas bisa kasih minyak kemiri di bulunya.... minyak kemirinya ditetesin dulu ke tangan mas, mas usap2 biar rata, setelah itu baru diusap pake jari ke bulu marmutnya... :)

      Delete
  11. Halo dok, saya punya genuea pig dan tidak tahu umurnya berapa, mungkin sekitar 6 bulan dok, tapi saya hanya pelihara 1 dan dia jantan dan saya tidak ingin tambah genuea pig lagi karena saya tidak ingin tambah banyak dok dan saya jarang kasih main dia karena saya juga sibuk kuliah, dan saya letakkan di kandang jeruji dok, tapi saya beri dia alas koran tipis dan handuk kalau2 dia tiduran dok, setiap hari 2x sehari saya beri makan rumput alfa+ pelet dok, saya juga taruh dia di tempat yang terbuka namun tetap di kandang dan banyak cahaya mataharinya juga. Apakah saya sudah merawat genuea pig saya dengan baik dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah bagus, kok.
      selama ini fesesnya gimana? mencret? bagus?

      selama kebersihannya dijaga, baik badan, kandang, maupun makanannya, dan kandangnya cukup untuk besar, saya kira cukup... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.