Cara Memelihara Soa Payung | Drh. Fira Sovica

Memelihara soa payung

adalah alternatif lain memelihara reptil. Soa payung (chlamydosaurus kingii, atau Frill-necked lizard) adalah sejenis kadal unik yang memiliki membran kulit di bagian lehernya. Para pecinta reptil menyebut hewan yang mirip dilophosaurus ini dengan sebutan soa payung karena reptil asal papua ini bisa melebarkan membran kulit di lehernya hingga menyerupai payung saat sedang terancam atau ketakutan. Selain di papua, soa payung juga berasal dari australia.
Memelihara Soa Payung
Image taken from wikimedia.org
Cara memelihara soa payung tidaklah susah. Seperti halnya memelihara reptil seperti iguana dan bearded dragon, memelihara soa payung memiliki perlengkapan yang kurang lebih mirip dengan memelihara reptil sejenis. Dan berikut adalah cara memelihara soa payung yang baik dan benar:
  1. kandang terbaik untuk soa payung adalah akuarium, gex berukuran besar, atau terrarium. Ukuran kandang soa payung hendaknya disesuaikan dengan besar soa payung yang dipelihara. Panjang dan lebar kandang soa payung adalah dua kali panjang tubuh soa payung yang dipelihara di dalamnya.
  2. tempatkan hiding box atau tempat bersembunyi untuk soa payung di dalam kandang. Hiding box untuk soa payung minimal bisa menampung seluruh bagian tubuh soa payung yang dipelihara.
  3. soa payung amat rentan terkena penyakit metabolic bone disease, penyakit yang menyebabkan tempurung kura-kura menjadi lunak akibat kekurangan kalsium dan fospor. Untuk asupan kalsium soa payung, tempatkan lampu uvb bisa anda taruh di atas kandang. Anda juga bisa melakukan powdering atau penaburan bubuk suplemen kalsium kepada pakan soa payung sebelum diberikan ke soa payung.
  4. makanan soa payung adalah jangkrik dan ulat hongkong. Seperti yang telah saya sebutkan di poin sebelumnya, ulat hongkong atau jangkrik yang akan diberikan sebagai makanan soa payung lebih baik ditaburi bubuk kalsium khusus reptil terlebih dahulu. Istilah penaburan bubuk kalsium kepada makanan yang akan diberikan kepada reptil disebut powdering. Siapkan wadah kecil tertutup, masukkan jangkrik atau ulat hongkong, taburkan suplemen kalsium bubuk khusus reptil, tutup wadah tersebut, dan kocok hingga seluruh tubuh jangkrik atau ulat hongkong tersebut terlumuri dengan sempurna dengan bubuk kalsium, baru setelah itu berikan kepada soa payung anda.
Demikian adalah tata

cara memelihara soa payung

. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu anda dalam memelihara soa payung. Saran, komentar, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

11 Responses to "Cara Memelihara Soa Payung"

  1. hallo dok. mau nanya dong. soa payung boleh dikasih makan pisang ga ya? tolong dijawab ya dok. makasih

    ReplyDelete
  2. Dok mau tanya, kalo melihara soa payung wajib banget pake lampu? Atau cukup dijemur aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup dijemur aja. kecuali kalau emang udara lagi dingin banget, boleh dikasih lampu, tapi jangan deket2 juga,,, :)

      Delete
  3. Dok soa payung sy mogok makan udah 3 hari, trus pas di cek ada benjolan di (maaf) deket anusnya, pup nya jd encer & ada sedikit darahnya...mohon saran untuk mengobatinya dok, trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mas kasih makan apa?
      coba ganti makanannya pake buah atau sayuran...

      Delete
    2. Biasanya dikasih makan jangkrik dok, sudah di coba pakai pisang tp cuman dijilatin aja dok, boleh nanti dicoba dikasih sayuran, trims infonya dok

      Delete
  4. cara bikin spike iguana jadi rata tingginya gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. hmm, ada sih caranya, tapi beresiko. yaitu dengan memotong spike yang lebih tinggi agar sejajar....
      INI BERESIKO, karena bisa membuat iguana jadi stress. nanti saya akan buatkan artikelnya... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.