Informasi Lengkap Mengenai Elang Bondol | Drh. Fira Sovica

Elang bondong (Brahminy kite) adalah jenis elang berukuran sedang yang berpenampilan 'sangat maskulin'. Kakak tertua saya bahkan pernah mengatakan, 'lu jangan ngaku laki kalau belum pelihara BK (brahminy kite, alias elang bondol)', hihihihi. Cara memelihara elang bondol sebagai hewan peliharaan memang kerap ditanyakan kepada saya, termasuk seluk beluk pemeliharaan dan informasi dasar mengenai elang bondol itu sendiri. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman anggota keluarga saya yang memang penghobi burung pemburu (BOP). Sayangnya, saya sendiri (Drh. Fira) tidak begitu minat merawat elang dan BOP jenis lain. Entah kenapa, saya lebih suka hewan nocturnal (hewan yang aktif pada malam hari) sebagai binatang peliharaan, itulah sebabnya saya lebih cenderung ke owlry (pemeliharaan burung hantu). Artikel ini terkait dengan artikel istilah dalam memelihara BOP.


Informasi Lengkap Mengenai Elang Bondol
Image taken from birdwatch.ph
Artikel berikut akan mengupas lebih lanjut mengenai info dasar mengenai elang bondol, serta cara merawat elang bondol.
  • Nama populer di indonesia: elang bondol.
  • Nama ilmiah elang bondol: Haliastur indus.
  • Wilayah hidup atau wilayah penyebaran: bagian tropis benua asia, serta di wilayah barat Australia hingga bagian utara New South Wales. Australia sendiri melarang sebagai bentuk perburuan burung elang bondol. Selain itu, elang bondol juga ditemukan di India dan bagian selatan China. Di Indonesia sendiri, elang bondol banyak ditemukan di Kalimantan, sebagian Sumatera, Bali, Jawa, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku.
  • Ciri fisik elang bondol: bulu berwarna putih di bagian kepala, dada, hingga perut, sementara sisanya berwarna coklat tua. Warna mata elang bondol berwarna hitam pada bagian pupil, dan kuning pada bagian lainnya. Kaki elang bondol sangat pendek, menandakan bahwa jenis elang ini dapat dengan kuat mencengkram mangsa dan dahan tempatnya mendarat setelah terbang. Elang bondol bisa mencapai tinggi 45 hingga 60cm, adakalanya lebih.
  • Habitat elang bondol: elang bondol banyak ditemukan di bagian pesisir pantai, hutan mangrove, rawa hingga muara dekat pantai, bahkan terkadang terlihat di sepanjang aliran sungai hingga hutan belantara.
  • Status konservasi elang bondol menurut IUCN: keberadaan elang bondol sendiri masih melimpah di wilayah Indonesia, dan status konservasi elang bondol menurut IUCN masih tergolong aman (LC, least concern). Meski demikian, sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup BOP jenis ini. Biarkan mereka hidup dan berkembang biak dengan nyaman di habitat aslinya.
  • Kebiasaan berpindah elang bondol: elang bondol hampir sepenuhnya menetap pada habitat aslinya, meski sesekali berpindah tempat secara lokal (tidak terlalu jauh dari habitat aslinya) untuk mendapatkan mangsa.
  • BOP yang mirip dengan elang bondol: elang bondol dewasa (adult/mature) sangat identik, artinya hampir tidak ada jenis BOP lain yang sama secara fisik dan visual dengan elang bondol dewasa. Namun, elang bondol juvenile kerap diidentikan dengan jenis elang siul (haliastur sphenurus), meski sebenarnya ada perbedaan mencolok antara elang bondol dengan elang siul. Perbedaannya terletak pada ekor yang lebih panjang dan pola bulu bagian bawah sayap yang sangat berbeda elang bondol. Orang juga sering keliru mengenali elang laut (ospreys) dengan elang bondol yang baru menginjak usia juvenile. Bedanya elang bondol yang menginjak usia juvenile dengan elang laut terletak pada warna bulu bagian dada yang tidak seputih elang bondol.
  • Usia elang bondol: elang bondol mulai belajar terbang pada usia 45 hingga 57 hari setelah menetas. Elang bondol memasuki usia siap kawin pada umur 2 tahun.
  • Cara memelihara elang bondol:
    1. Makanan elang bondol: di habitat aslinya, bisa dikatakan elang bondol adalah pemakan bangkai, meski mereka menyukai bangkai hewan yang masih 'fresh' (masih belum berbau), terutama ikan. Selain itu, mereka juga memakan serangga dan mamalia seperti kelelawar dan anakan kelinci sebagai makanan tambahan. Mereka terbang di ketinggian antara 20 meter hingga 55 meter diatas tanah. Di habitat aslinya juga, elang bondol kerap 'nyolong' hasil buruan burung lain dengan mengambilnya secara paksa dari burung pemangsa ikan seperti camar dan elang laut sambil terbang. Kemampuan mencuri ikan hasil buruan burung lain ini tentu didukung dengan kaki yang sangat kuat. Anda bisa memberikan bayi tikus putih yang masih merah (pingkies) sebagai makanan elang bondol, hamster, dan bayi kelinci berukuran kecil. Untuk makanan tambahan, anda bisa memberikan jangkrik. Makanan harus diberikan secara rutin. Banyak kasus kematian elang bondol yang terjadi akibat telat memberi makan.
    2. Sarang elang bondol: di habitat aslinya, elang bondol membuat sarang di pinggir pantai, namun kerap kali ditemukan di hutan mangrove. Sarang elang bondol sangat besar, biasanya terdiri dari dahan-dahan pohon, rumput dan rumput laut kering, serta bahan-bahan lain seperti tulang, bulu, bahkan jaring dan kertas-kertas kecil, dengan bentuk yang unik. Untuk memelihara elang bondol, saya sarankan agar anda menyediakan ruangan khusus yang minim suara. Elang bondol kerap kaget dengan suara keras, yang bisa berakibat pada stress burung elang bondol anda. Seperti halnya burung pemburu lain, mereka tidak suka berada dibawah. Maka, sediakan box dari kayu atau semacamnya sebagai sarang elang bondol anda, dan tempatkan di bagian atas ruangan agar si elang bondol merasa dialah yang mendominasi di ruangan pemeliharaan itu. Perch (tangkringan) bisa digunakan, namun sebaiknya tetap gunakan box sarang meski sudah ada perch di dalam kamar tersebut.
Demikian adalah info lengkap mengenai cara memelihara elang bondol dan info dasar mengenai elang bondol. Saya berharap dengan artikel mengenai cara memelihara elang bondol di atas bisa menambah kesadaran kita atas kelestarian elang bondol. Terima kasih. (FS)

137 Responses to "Informasi Lengkap Mengenai Elang Bondol"

  1. Assalamu'alaikum dok, saya mau tanyak jenis elang apa saja yang badan dan kepalanya berwarna putih dok? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. elang siul, elang bondol, elang laut... :)
      yang saya tahu sih 3 itu aja... :)

      Delete
  2. dok, kurakura moncong babi saya kok miring gitu ya dok berenangnya..kenapa ya?gimana biar normal lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. silakan baca artikel saya cara mengobati pneumonia pada kura-kura

      Delete
  3. Dok mau tanya donk,klu musang diblecing ekorny bahaya gak ?,soalny tmn ane kena tipu ktny musang ekor putih ternyata bukan,trus apakah bisa normal lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, mengenali musang yang bulunya dibleaching...

      secara umum gak bahaya meski ada beberapa cat bleaching yang membuat iritasi pada kulit musang. coba kasih aja minyak kemiri, baca artikel saya cara memberikan minyak kemiri untuk musang...

      maaf baru bales, mas.

      Delete
  4. Dok klo boleh tanya kenapa gk ada tentang memelihara nuri dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada sih, cuma belum sempet dipublish artikelnya.
      nanti saya suruh adminnya buat publish ya... :)

      Delete
  5. dok minta alamat e mail, line , bbm atau fb, saya baru nangkep arn owl dan bingung cara merawat nya saya takut barn owl nya stres lalu mati, maaf kalau gak sesuai post urgent soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak artikel tentang barn owl dan burung hantu di blog ini. silakan baca2 aja dulu mas.
      terutama artikel cara memelihara burung hantu dan cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  6. Yaudah mau tnya dsini aja,,
    Klo buat nuri lama hidupnya berapa y dok?
    Sma kalo buat nuri, ciri2 klo lgi birahi tu apa ya
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas...
      untuk artikel mengenai burung nuri, nanti sore saya akan publish. lagi saya poles artikelnya dikit2, hehehe... :)

      Delete
    2. Yaudah, saya tetap menunggu,hhe
      Klo mau jd drh tu, harus pinter apa dok pas sma nya?
      Maaf dok agak melenceng,,hhe

      Delete
    3. umur maksimal burung nuri sebenernya tergantung jenis, makin besar ukuran tubuh jenis nuri (parrot), maka makin panjang umurnya. namun biasanya untuk jenis nuri ukuran sedang, usianya 15 hingga 20 tahun kalau di alam. kalau dipelihara manusia, bisa lebih. :)

      mengenai ciri burung nuri siap kawin atau sedang birahi, biasanya mereka lebih berisik. kadang juga gigit. intinya sih lebih aktif.

      maaf belum sempet publish, hihihi. masih sibuk di kantor... :D

      sebenernya sih kalau mau belajar, pasti bisa kok. emang sih ada beberapa persyaratan buat masuk FKH (fakultas kedokteran hewan), diantaranya tentu harus dari IPA.... :D

      Delete
  7. Oo yaudah mksih tanggapannya
    Ni ane jga ipa, tpi ane bkan cewek tpi cowok, cmn pakek g+ ny mamahku, hhe

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, keren! gak ngeri mas pelihara bondol? hihihi.
      malah bagus kalo pake perch (tangkringan) aja. daripada pake hawkbox, mending pake perch....

      cek fesesnya. normal nggak? :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaah, elang bondol kan? mas nggak tahu kalau elang bondol dilindungi? :D
      diem2 aja. hehehe. jangan bilang2 orang. :D

      bukan saya ngajarin nggak bener loh ya, hahahaha.

      iya, feces normalnya sama kayak owl. 3 elemen. :D

      Delete
  10. Walah, soalnya saya liat di wiki least concern jadi oke oke aja ngambil, kalo gitu saya balikin lagi aja deh ngga mau bkin masalah,
    Kalo eagle yang ngga di lindungi jenis apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, menurut status IUCN masih least concern, tapi menurut UUD kita kan nggak tahu, hihihi. makanya, diem2 aja :D

      jenis eagle yang nggak dilindungi? agak susah sebenernya, karena rata2 dilindungi. mungkin mas mau coba alternatif lain? alap2 misalnya?

      bondolnya sekarang gimana? sehat? :)

      Delete
  11. Kemaren tau dari dokter gitu, langsung saya kembalikan lagi aja hahaha rugi uang doang tapi resiko kan ilang haha
    Ngga ah balik owl aja kalo gitu, lebih aman~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi. emang, lebih aman sih maen owl aja. hihihi.

      owlnya gimana? fesesnya? :)

      Delete
  12. Iya saya ambil buffy aja jadinya, kalo buffy harus disuplemen sama selain ikan, atau ikan aja sehari hari cukup dok?
    Nah ini dia nih si aldo sekarang kan nginjek brancher pertengahan, lagi bandel"nya banget dok, makannya itu saya ngga nyangka,
    Kalo owl umur segitu dia bisa tau kapan kenyang atau bakal laper terus ya dok? Soalnya akhir" ini makannya bisa 2 kali dari waktu chick dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cukup ikan aja cukup kok. :)
      emang kalo buffy gitu sih mas. nafsu makannya turun naik. yang pasti, berpatokan sama fesesnya aja... :)
      kalau fesesnya masih 3 elemen dan parameter kesehatan burung hantunya oke semua, dia sehat... :)

      buat jaga staminanya, mas bisa kasih super-n setetes setiap hari...

      Delete
  13. Oh bukan dok kalo aldo kan BO, kalo buffy belum dinamain...
    BO saya kan saya pelihara dari chick sampe sekarang sekitaran brancher perrtengahan...

    ReplyDelete
  14. Dok sya punya anakan elang laut umur 2 mingguan, gimana cara perawatanya soalnya baru pertama kali melihara elang

    ReplyDelete
  15. Dok, kalo elang BK umur branch akhir udah bisa mandiin blm? Trus kalo dikasi telur rebus bisa gak ya? Thanks

    ReplyDelete
  16. Dok, kalo elang BK umur branch akhir udah bisa mandiin blm? Trus kalo dikasi telur rebus bisa gak ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. elang BK gak bisa dikasih telur rebus mas.
      jangan dimandiin dulu kalau masih branch...

      Delete
  17. Assalamualaikhum bu dokter mau nanya kalo elang Bondol masuk Brancher Akhir bagusx dikasi pakan apa ??? Kalo misal ikan ikan jenis apa yg bagus buat pertumbuhanx ???
    Selama in saya kasi pakan dominan puyuh tp kayax dah bosen dy makan puyuh krn nafsu makanx berkurang mohon pencerhanx bu dokter

    Trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih emprit atau anak ayam, mas. ikan bisa kasih ikan mas kecil. :)

      Delete
  18. Replies
    1. hmm, sebenernya gak masalah. cuma sebaiknya dicacah dulu kecil2... :)

      Delete
    2. Iya udah dok qu coba jg kasi DOC dmakan sih tp tdk hbis nafsu makanx kaya menurun emng gtu ea dok klo elang masuk usia Brancher akhir nafsu makanx mnurun ?? Dn cara antisipasix gmana bu dokter ??

      Delete
    3. udah mas kasih super-n? :)
      kalau belum kasih aja...

      fesesnya gimana? masih 3 elemen? saya tunggu kabarnya lagi

      Delete
  19. Dok gak ada artikel tentang burung elang paria ya? Atau black kites hehehe
    Saya pengen lebih tau lebih dalam tentang elang tersebut

    ReplyDelete
  20. Kebetulan saya baru handle burung elang black kites usia brancher tengah dok, baru sekitar 4 hari.
    Penanganan pertama yang saya lakukan di saat black kite sampai rmh, saya langsung kasih makan full crop (pakan ikan lele dan nila di tidbits) lalu saya masukan ke ruangan yang tenang selama 2 hari dan pakan selalu saya jaga sehari 3x dengan menu ikan lele di cincang, ikan nila dan ikan martin dan ga lupa jg saya taburi bubuk ikan sotong, alhamdulillah sampai saat ini makan lahap dan kalo liat saya langsung respon (kaya pengen di gendong hehehe), handsfeed di glove jg alhamdulillah lancar sampe respon kejar pakan masih mau banget, pertanyaannya apa cara saya sdh benar dok?
    Soalnya ga banyak artikel tentang burung black kites, jadi saya hanya sharing dgn falconery yg sdh advance handle black kites, ditunggu jawabannya ya dok trima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya baru pulang dari 3 negara dalam 2 hari ini, hehehe...
      elang paria itu BWK ya? black winged kite? bener?
      nanti mungkin saya susun artikelnya.
      BTW, cara yang mas lakukan udah benar, bahkan bagus. pertahankan. untuk tambahan dari saya, mungkin mas bisa kasih super-n setetes tiap hari.... :)

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. BWK sama Bk beda dok, hehehe
    Kalo black kites nama di indonesianya elang paria, di tunggu artikelnya dok

    ReplyDelete
  23. umur elang yang siap kawin itu 2 tahun semua atau elang tertentu saja

    ReplyDelete
  24. selamat malam dokter Fira, mohon artikel untuk elang bido dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel elang bido masih saya riset, mas. :)
      tunggu aja nanti saya publish... :)

      Delete
  25. Bk saya turun kedua sayapnya dok. Usia brancher. Apa maknanya ya dok? Gimana penanganannya dan apa yg perlu diperhatikan. Aktifitas lainnya sih normal. Makan ok. Feses normal. Cuma kalo lagi nyantai di perch suka teturun sayapnya. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa?
      bisa jadi kurang kalsium sih. makanannya mas powdering nggak? makanannya tabur bubuk kalsium.
      buat bubuk kalsiumnya, mas bisa bikin dari tulang ikan sotong. tumbuk sampe bener2 halus kayak bedak...

      Delete
    2. Saya biasa kasih ikan ikan laut. Ya saya powdering jg pakain nya pake tulang sotong yg sya kerik halus. Cuma gak rutin. Misal hari ini kasih powdering besok enggak. Besok nya kasih lagi. Gitu. Saya observasi hari ini sih gak gitu turun lgi sayapnya kog dok.. kmaren mungkin krna habis saya mandiin disemprot jd mungkin berat krn basah. Tpi belakangan sering duduk aja dri pada diri di perch. Kalo ada saya kasi rangsangan interaksi aja baru dia bangkit ngerespon. Umumnya ri siang hari gitu. Kalo malam dia tidur sih ttp di perch dgn postur posisi yg normal.apakah hal seperti ini lazim? Atau bisa da kemungkinan ada masalah di fisiknya. Usia mmg msh brnch. Dan masih dalam kondisi pertuhmbuhan bulu. Bgmn buat ngecek kondisi fisik pd umumnya ya dok. Super n itu buat apa ya dok. N biasa bosa kita beli dimna. Untuk suplemen stamina bagusnya pakai apa ya dok? Vitahawk bisa kah? Makasih dok.

      Delete
    3. fiuh, syukurlah. :)
      saya kira kurang kalsium...

      info mengenai super-n, mas bisa baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

      saya kira, kalau fesesnya tetep normal (3 elemen), dan nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat...

      Delete
  26. Dok sy punya elang BK (black kite) ada bengkak d wjahnya dpn mata, matanya berair dok, itu penyebabnya apa dok trus cr menanganinya gmn?

    ReplyDelete
  27. Dok saya bru beli elang bondol tpi sayapx sdh di gunting bgmna carax agar sayapx bisa cpt tumbuh lgi dok dngn cpt???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu. gak ada cara lain lagi. mungkin bisa mas kasih minyak ikan seminggu sekali.
      selebihnya, mas bisa pastikan asupan makanan yang diberikan bagus. :)

      Delete
  28. Ciri2 anak elang bondol sperti apa ya dok

    ReplyDelete
  29. dok mau tanya, apa kah anak elang/alap atau aves lainnya boleh diberikan susu sapi atau sejenisnya ? karena di habitat aslinya dia tidak minum susu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. bop atau jenis burung lain jangan dikasih susu sapi, mas...

      Delete
    2. baik, terimakasih dok. karna beberapa owner owl menyarankan diberi susu beruang untuk mencegah dehidrasi.. makanya saya bingung

      terimakasih ya dok sekali lagi.

      Delete
    3. jangan, mas.
      kalo air kelapa, masih bisa. tapi kalo susu, jangan. :)

      Delete
  30. Dok mau artikel soal che lm dong...

    ReplyDelete
  31. malam dok, di atap rumah saya ada sarang burung yg semalam terkena angin lalu tergelincir di genteng. lalu saya amankan dok karna takut jatuh. ada 2 anak dok, saya belum tau jenis apa namun kata orang ini jenis bondol perut putih..

    sekarang saya lagi bikin sarang baru nya dok buat ditaro diatas, tapi kok anaknya ini yg satu tiduran gitu ya dok sambil sayap nya agak di lebarkan, dan satu lagi nyender di dinding stereofom dengan mulut terbuka seperti anjing dok. itu kenapa ya dok? dan suaranya lebih pelan dibanding saat bersarang diatas.

    mohon bantuannya dok mereka kenapa dan tindakan apa yg saya harus lakukan?
    apakah semua klinik hewan menerima hewan appendix? terimakasih dr. Fira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenisnya BOP? burung pemakan daging?
      mas bisa kasih super-n, setetes setiap hari.
      untuk makanannya, mas bisa kasih cacahan daging emprit kecil2. sekira dia mudah makannya.

      bisa kirim gambar fesesnya disini?

      Delete
    2. kata tetangga sih elang bondol perut putih dok.. kemarin habis dikasih makan ikan mas kecil sementara.

      gambar feses : http://i.imgur.com/DJ9FKRY.jpg

      Delete
  32. nb: anaknya yg tiduran masih banyak bulu putih, yg satu lagi bulu putih nya sedikit banyakan bulu coklat nya.

    ReplyDelete
  33. kata tetangga sih elang bondol perut putih dok, seandainya saya kembalikan ke atas atap lagi induknya akan datang ga ya dok?.. kemarin dikasih ikan mas kecil kecil dok..

    gambar: http://i.imgur.com/DJ9FKRY.jpg,

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba taro ke atas atap dulu. kalau nanti sama induknya tetep gak diasuh juga, mas bisa ambil lagi. meski saya ragu orangtuanya mau ngurus dia lagi, tapi nggak salahnya dicoba...

      oke. bagus kok pake ikan kecil. dari fesesnya, bagus. normal. cuma dikasih ikan kecil aja?

      rutin kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
    2. oke dok,

      iya, yg paling gampang di cari disini cuma ikan mas kecil
      sama ayam fillet dok. untuk cari anak tikus/burung agak sulit disini.

      oke dok, nanti saya cari super-n deh seandainya induknya nda ngurus lagi..terimakasih ya dok atas bantuannya :) semoga sukses terus

      Delete
  34. Dok, kalau kotoran elang bondol saya seperti ini bagaimana dok? Masih 3 elemen, tapi yg hitam bukan bentuk solid melainkan agak cair..

    Pic : http://I.imgur.com/v5zw3xx.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambarnya gak bisa dibuka, mas...
      kalo yang bagian hitamnya agak cair, cek baunya. apakah normal atau lebih busuk dari biasanya?
      biasa mas kasih makan apa?

      coba kasih super-n, setetes setiap hari. beli di toko makanan burung.

      Delete
  35. oalah eror ya gambarnya. baunya sih kayak yg lain aja dok, masih normal.. cuma bentuk nya aja ga padet

    biasanya ikan kecil ama ayam potong (tapi dikasih darahnya dikit), sama dulu sempet kasih tikus putih kecil tapi dia ga abis makannya.. oke dok, kemarin saya kasihnya minyak ikan. super n ya? nanti saya beli deh siang ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. potongan ayamnya jangan kegedan. cacah dulu. bagusnya sih kasih daging puyuh, mas... kasih minyak ikan gak usah terlalu banyak. seminggu sekali aja. ditetesin langsung ke paruhnya...

      Delete
    2. oalaah, beda ya dok nutrisi puyuh sama ayam? daging puyuhnya di fillet dulu atau hidup2 tanpa bulu?

      Delete
    3. kasih dagingnya aja. jadi siangi dulu.
      kalo saya, biasanya saya nyetok di freezer. nanti kalau mau kasih makan, saya ambil sedikit. rendem di air sampe gak beku dan gak dingin lagi. cacah. baru kasih ke burungnya...

      Delete
  36. Induknya nda dateng lagi dok ternyata.. Sudah saya kasih super n tapi..

    Dok kalau kekurangan kalsium ngatasinnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya kasih bubuk tulang ikan sotong, mas...
      sekarang gimana keadaan burungnya? sehat?

      cek juga mulutnya, takutnya kena frounce...

      Delete
  37. bubuk ikan sotong? itu beli sotong nya aja trus diambil tulangnya atau gimana dok?

    alhamdulillah sehat dok burungnya, cuma dari kemarin dia tidak mau makan dok. padahal sebelumnya lahap banget.. 3 hari lalu saya kasih minyak ikan dok.

    mengecek frounce nya agak sulit dok..

    ReplyDelete
  38. Dok,baru beberapa menit lalu kok bondolnya muntah ya? dan feses nya agak aneh.. berikut saya sertakan foto muntah dan feses nya ya dok

    gambar 1 : Http://i.imgur.com/KMDSQj7.jpg (vomit)
    gambar 2 : Http://i.imgur.com/XVDDzdx.jpg (feses)

    terimakasih dok, saya kaget mendadak muntah, terakhir saya kasih makan daging sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      mas kasih makannya terlalu gede? coba daging sapinya cacah dulu. dan kasih yang fresh.

      kasih super-n setetes setiap hari mas....

      Delete
  39. dok, kalau BOP saya feses nya ada darahnya kenapa ya dok? terakhir dikasih makan burung emprit namun masih ada bulunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering atau cuma sekali dua kali aja mas?
      kalau sering, mending bawa ke dokter hewan terdekat.

      Delete
    2. maaf karna baru balas dok, hanya sesekali aja.. apa semua dokter hewan bisa menangani owl dok ? karna yg praktek disini hanya bisa mamalia dok..terimakasih

      Delete
    3. secara prinsip sebenernya semua dokter hewan bisa menangani semua jenis hewan. mungkin perlu waktu aja biar terbiasa, mas.... karena mereka tahu prinsip dasarnya, apa yang harus dilakukan dan dicek jika ada hewan yang sakit...

      kalau hanya sesekali saja, saya kira nggak masalah. coba masih kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  40. Dok, makanan pokok bondol apa ya? Artikel selalu bilang ikan, semua jenis ikan?
    Apa boleh pakan utamanya ikan laut?
    Apa harus air tawar.. terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan mas kecil aja mas. yang biasa dijual di toko ikan emas.
      bisa juga kasih daging puyuh atau daging emprit.

      Delete
  41. Dokter, saya mau tanya, ini kan saya punya elang bondol masih chick, kok akhir" ini dia sering terguling, seperti keberatan badan, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takut gejala tetelo sih. mending mas bawa aja ke dokter hewan, sesegera mungkin.

      buat tindakan pertama, mas bisa kasih super-n pagi dan sore hari...

      Delete
  42. Dok sayamau tanya saya punya elang bondol chick pada saat saya kasi pakan ikan mentah dia aktiv tpistlah sya beri pakan daging sapi dia jdi mlas dan saya perhatikan kayak susah untuk berjalan, mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak apa2 dikasih makan ikan, apalagi kalo dia udah biasa.
      daging sapinya jangan terlalu besar. cacah dulu sampe kecil2. bagusnya sih pake emprit, mas...

      coba mas kasih super-n, setetes setiap hari....

      fesesnya gimana? bisa mas fotoin feses/tahinya, terus kirim kemari?

      Delete
  43. Malam dok.
    Saya mau tanya sedikit masalah elang bondol chick kemrin kemarin sblum saya kasi makan daging sapi dia aktiv tpi setelah makan daging sapi kok jadi agak malas dok.
    Mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
  44. Kalau sya perhatikan sih agak kntal dok fesenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending mas segera beli super-n di toko makanan burung.
      kasih ke burungnya pagi 2x tetes, sore 2x tetes.

      dan kalo boleh saran, mending ganti pake daging emprit atau daging puyuh cacah...

      Delete
  45. Super-n fungsinya apa dok. ?
    Sekarang saya liat dia susah untuk berdiri dok, kalau persoalan makan dia lahap, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menambah daya tahan tubuh burung.

      saya sebenernya agak khawatir dia kena tetelo. dan saya menduga ini terjadi sebelum dia dikasih makan daging sapi kemaren.
      nafasnya keliatan susah? kayak engap gitu?

      udah dikasih super-n kan?

      Delete
  46. Kemarin nafasnya begotu dok tpi stlah saya ganti makanannya dengan ikan dia sudah mulai normal pernafasannya

    Belum dok karna susah dapat begitu di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sip. super-n biasanya dijual di toko makanan burung. kalo gak ada, pake ebodvit juga bisa...

      fesesnya gimana mas?

      sebenernya saya gemes sih pengen liat burungnya langsung. ada banyak hal yang pengen saya cek, diantaranya mulutnya. apa ada kerak atau semacamnya atau nggak.... sayangnya gak bisa liat burungnya langsung... :(

      Delete
  47. Ada akun pribadi yang bisa saya kirimkan videonya nda dok

    Dok sekarang saya perhatikan dia susah untuk berdiri

    Fesesnya gak ada perubahan dari yang kemarin

    ReplyDelete
  48. Ia dok dsni jauh ke kota baru bisa dapat


    Dok saya mau tanya kalau fesesnya berada di tmpat dia tidur, tidak terlempar jauh itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah ntar aja belinya kalo gitu. nggak ada yang jual makanan burung samasekali di situ, mas?

      sekarang gimana keadaan burungnya?

      Delete
  49. Burngnya gak bisa jalan dok, kalau makan dia lahap, kira kira apa masalahnya itu dok

    ReplyDelete
  50. Gak ada dok paling dekat itu 50 km jauhnya barua ada penjual mkanan burung,

    Apa gal cocok dok kalau di kasi makan tetra color

    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan burungnya mas?
      jauh ya daerah mas. saya sebenernya bisa aja kasih air jahe campur air ke burungnya, tapi saya gak jamin sembuh....

      tetraclor saya belum pernah coba....

      emang elangnya patah tulang paha dan sayap, mas?

      Delete
  51. Dok bagaimana caranya ngatasi anak elang yang patah tulang paha dan sayapnya

    ReplyDelete
  52. Ia dok kemaren dia jatuh dri tmpat dduk sktar 70 cm ktinggiannya

    Dok knpa ya setelah saya kasi abodvit kok ada gelembung di tbuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikel mengenai cara mengobati kulit burung yang menggelembung.

      kayaknya nggak ada hubungannya sama ebodvit, mas... :)

      Delete
  53. Dok kenapa muncul gelembung pada badannya setelah saya kasi minum abodvit

    ReplyDelete
  54. Saya kira itu bisa di pke untuk gantikan super-n
    Dokter sndri yg bilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, maksudnya kulit yang menggelembung itu loh mas, gak ada hubungannya sama ebodvit, mas. hehehehe... kalo super-n, emang bisa diganti sama ebodvit... :D

      Delete
  55. Mslah gelembung pada tubuhnya saya sudah atasi, tpi patah tulangnya yang bikin aku patah semangat dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak susah sih kalo soal patah tulang, mas. mau gak mau harus bawa ke dokter aja, mas....

      Delete
  56. Masalahnya di tempatku gak tau dokter hewannya dmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tinggal di daerah mana?
      agak susah soalnya klo ditangani sendiri, mas...

      Delete
  57. Dok help me....
    Elang bondol saya juga malas berdiri dan kalo pub cuma nungging gak mau berdiri, padahal respon makan lahap,
    Mohon pencerahanbya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya khawatir dia kena tetelo mas.
      nafasnya keliatan susah? warna tahinya gimana? putih?

      segera beli super-n di toko makanan burung. kasih tiap pagi dan sore, setetes.

      makanannya kasih kayak biasa, tapi dicacah dulu. mas kasih makan apa?

      Delete
    2. Saya mengikuti jawaban bu dokter dari awal, jadi setiap hari udah selama 1 minggu ini saya beri super n, alhamdulilah bu dokter tadi bagi si elang dah belajar berdiri.
      Untuk makan saya beri lele filet segar selama 3 hari ini saya taburi bubuk tulang sotong..

      Oya bu dokter, knp berdirinya agak terpincang2 ya....

      Trimakasih bu dokter atas jawabannya...

      Salam hormat saya

      Ivan

      Delete
    3. saya seneng banget... :D
      nggak apa2. mungkin emang belum sembuh betul. :D

      kabari terus ya mas. dan lanjutkan perawatannya.

      Delete
    4. Oiyya dok saya punya anak Elang Bondol tapi dia susah makannya jadi saya selalu buka mulutnya klo kasih makan, saya kasih dia makan daging ayam sama ikan

      Delete
  58. Replies
    1. fesesnya gimana? cek artikel saya: parameter keseahatan burung hantu. secara prinsip sama kok.

      coba kasih cacahan daging puyuh, mas.

      buat suplemen, mas bisa kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
  59. dok elang bondol sy kagak mau makan ini sdh mau dua hari sebelum nya makan trus sii ikan bolu aku kasiin. Aku kasiin daging ayam tdk mau di makan juga, padahal makanan aku udah potong kecil2

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya. cek fesesnya.
      selengkapnya, mas bisa baca dulu artikel saya parameter kesehatan burung hantu. secara prinsip sama kok...

      kasih super-n , setetes setiap hari. langsung tetesin ke mulutnya...

      Delete
  60. mohon maaf dok, elang bondol sendiri apakah legal untuk dipelihara?

    ReplyDelete
  61. kalo boleh tahu elang jenis apa aja yg boleh dipelihara dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua elang boleh dipelihara. serius.
      cuma ada yang boleh dipelihara tanpa izin, ada yang perlu izin dulu ke bksda. nah, yang perlu izin, adalah elang yang biasanya dilindungi menurut UU di indonesia. :)

      Delete
    2. nah itu dia dok yg boleh dipelihara tanpa ijin. kalo boleh berkenan mau dong disebutin dok :)

      Delete
    3. kaya elang bondol misak. itu boleh dipelihara tanpa ijin.

      tks

      Delete
    4. wah, saya nggak berani euy, hehehehe. takut salah. mending mas tanya/telepon bksda aja. ada artikelnya.

      elang bondol nggak boleh, mas. harus izin. :)

      Delete
  62. Dok bop juve akhir itu masih bisa di manning ngga ya ?

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu dapet si errol saat dia udah berusia lebih dari 1 tahun, mas. udah mature. dan dia masih bisa bonding sama saya.

      jadi, bisa kok. BOP juve akhir masih bisa dimanning dan bisa bonding sama kita. tergantung segimana sabar kita aja....

      NB: saya dulu diserang sama si errol sampe kelopak mata saya sobek, hehehehe.... tapi saya sabar, namanya juga pelihara owl. tapi akhirnya dia percaya sama saya. :)

      Delete
  63. Sama dok saya jg habis diserang 2 hari yg lalu saya manning mlm diatas glove eh saya nya ketiduran lngsung deh bibir saya sobek di hajar
    Partner saya Bondol bonding nama marko

    Makasih dok atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. sabar-sabar aja ya mas. :D
      oh bondol ya.... hmm, nggak takut ditangkep BKSDA mas?

      Delete
  64. Ulas mengenai elang brontok dong dok.

    ReplyDelete
  65. mau tanya dok
    sya dapet bondol sdh mature pas pengiriman pake box kardus
    sdh 2hari gak mau makan kaya stress gtu gak tenang
    gmn ya biar mau makan

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.