Cara Memelihara Coatimundi | Drh. Fira Sovica

Memelihara coatimundi

memang belum menjadi tren di Indonesia. Hewan dari bangsa rakun ini berpenampilan agak mirip musang rase dengan rambut lebih panjang dari musang, moncong lebih panjang dari moncong musang, dan ekornya juga lebih panjang dari musang. Harga coatimundi sendiri masih mahal karena saat ini, belum ada breeder coatimundi di indonesia. Artinya, jika anda ingin membeli coatimundi, anda bisa mencari owner coatimundi di grup musang dan rakun di facebook, atau bisa juga membelinya dari peternak coatimundi di luar negeri, tentu dengan ongkos dan biaya adopsi coatimundi yang agak mahal. Artikel ini sedikit banyak berkaitan tentang cara memelihara musang.


Cara Memelihara Coatimundi
Image taken from sandiegozoo.org
  • Dok, sebenernya apa sih coatimundi itu?
  • Ada beberapa poin yang bisa menjelaskan apa itu coatimundi, diantaranya
    1. Seperti saya tulis di atas, coatimundi adalah hewan dari keluarga rakun.
    2. Tidak seperti musang yang nocturnal (aktif pada malam hari), coatimundi adalah hewan diurnal (aktif pada siang hari). Itulah bedanya coatimundi dan musang yang pertama.
    3. Sama seperti kebanyakan jenis musang, coatimundi adalah hewan omnivora, artinya mereka pemakan segala (baik daging maupun tumbuhan).
    4. Berat coatimundi dewasa berkisar antara 2 hingga 8 kilo, dengan panjang tubuh 80 hingga 120 cm (termasuk ekornya, yang biasanya mencapai setengah dari panjang tubuhnya).
    5. Wilayah penyebaran habitat coatimundi adalah di wilayah tropis dan subtropis amerika selatan, mencakup wilayah kaki bukit sebelah selatan pegunungan Andes di wilayah Columbia, Uruguay, dan sebelah utara Argentina.
    6. Coatimundi betina adalah hewan yang hidup berkelompok (koloni), sedangkan coatimundi jantan lebih sering hidup sendiri (soliter). Keduanya memiliki wilayah teritorial masing-masing.
    7. Meski bisa memanjat, namun coatimundi lebih sering ditemukan mencari makan di atas tanah, meski terkadang mereka memakan telur atau anakan burung di atas pohon. Coatimundi kebanyakan mencari makan di atas tanah pada siang hari, memanjat pohon pada sore, dan tidur di atas pohon pada malam harinya.
    8. Umur maksimal coatimundi yang hidup di alam biasanya mencapai 7 hingga 8 tahun. Coatimundi yang dipelihara manusia bisa hidup lebih dari 14 tahun.
  • Bagaimana cara memelihara coatimundi?
    • Secara singkat, memelihara coatimundi agak mirip dengan memelihara musang. Cara merawat coatimundi sebagai hewan peliharaan, cukup sediakan kandang kucing berukuran sedang, disesuaikan dengan ukuran tubuh coatimundi yang dipelihara. Makanan coatimundi bisa berupa buah-buahan seperti pisang dan pepaya, telur rebus, dan daging ayam rebus yang dicincang. Berikan makanan 3 atau 4 kali sehari pada siang hari.
    • Anda bisa mengajak coatimundi peliharaan anda bermain, karena hewan ini cenderung aktif dan bisa diajak bermain. Coatimundi juga bisa bonding kepada pemiliknya, terutama jika anda memelihara coatimundi sejak berusia anakan. Mereka mudah mengenali kita sebagai ownernya.
    • Coatimundi sangat aktif. Maka, jauhkan benda pecah belah dari jangkauan coatimundi. Jangan menempatkan barang mudah pecah di tempat yang mudah dijangkau coatimundi peliharaan anda.
    • Bagi pemula, disarankan memelihara coatimundi yang masih anakan namun sudah bisa makan sendiri. Jangan membeli coatimundi yang masih baby kecuali anda siap dengan kerepotan memeliharanya. Sering-sering ajak main coatimundi peliharaan anda. Luangkan waktu anda minimal 15 menit perhari.
    • Jika anda pemula, sebaiknya jangan memilih coatimundi yang galak. Minimal, belilah coatimundi yang jinak dari tangan owner sebelumnya. Coatimundi dewasa yang galak agak susah dijinakkan.
    • Coatimundi adalah hewan yang punya taring. Artinya, mereka bisa gigit. Bagi anda yang suka 'lebay', pengen pelihara coatimundi tapi gak mau digigit, mending pelihara ikan mas koki, hihihi. Coatimundi pasti gigit, baik becanda maupun serius. Tapi gigitan mereka lebih ke 'ini bisa dimakan nggak ya?' daripada gigitan untuk menyakiti. Saya tidak bisa menjamin bahwa coatimundi tidak gigit samasekali.
Demikian adalah sekelumit tentang

cara memelihara coatimundi

. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam memahami cara merawat coatimundi sebagai hewan peliharaan. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Memelihara Coatimundi"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.