Menggunakan Oats Sebagai Makanan Musang | Drh. Fira Sovica

Dok, apakah quaker oats bisa dijadikan makanan musang?

Kalau bisa, bagaimana cara menggunakan oats sebagai makanan musang? Demikian adalah pertanyaan yang diajukan salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Maka saya terinspirasi untuk membuat artikel mengenai makanan musang menggunakan oats. Artikel ini terkait dengan artikel makanan musang.


Menggunakan Oats Sebagai Makanan Musang
Image taken from edgeofexistence.org
  • Secara prinsip, anda bisa menggunakan oats sebagai makanan musang, baik itu untuk musang dewasa maupun musang anakan, baik sebagai makanan sehari-hari maupun makanan mingguan. Kandungan serat yang tinggi pada oat bisa membantu kesehatan sistem pencernaan musang.
  • Saya kerap menyarankan agar musang diberi makanan selingan berupa buah minimal seminggu sekali. Bagi anda yang tidak sempat menyiapkan buah sebagai makanan mingguan musang, anda bisa memberikan oat sebagai makanan mingguan pengganti buah.
  • Namun saya tekankan bahwa sebaiknya anda menghindari susu dan gula sebagai campuran oats. Saya lebih menyarankan menggunakan sari kurma dan air sebagai bahan campuran oats sebagai makanan musang.
  • Seberapa banyak takaran oats, air, dan sari kurma? Kekentalan oats yang akan dijadikan makanan musang tergantung kepada si musang itu sendiri. Bagi musang anakan, anda bisa memberikan oats yang tidak terlalu kental, sekira mudah dimakan oleh si musang. Bagi anda yang akan memberikan oats untuk musang dewasa, anda bisa memberikan oat yang semi padat (sangat kental).
  • Campurkan oats dengan air, aduk hingga merata, kemudian beri beberapa sendok makan sari kurma. Aduk lagi hingga merata. Oats siap disajikan sebagai makanan musang peliharaan anda.
Demikian adalah

cara menggunakan oats sebagai makanan musang

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan musang anda. Terima kasih. (FS)

11 Responses to "Menggunakan Oats Sebagai Makanan Musang"

  1. malam dok, mau nanya ni, maaf kalo keluar dari benang merah, sebenernya bukan pertanyaan, tapi lebih mengarah ke bingung dok.
    Waktu itu saya ada ngobrol sama owner musang, sambil ngebawa si Panpan (nama musang saya krna jenisnya musang pandan), dia juga ngebawa musangnya dok, kata dia umur musangnya 6bln, musangnya anteng banget, gak pecicilan, terus dia liat musang saya gigit2 tangan saya, dia bilang jangan dibiasain gigit mas, nanti malah kebiasaan, nah sementara di blog bu dokter, musang gigit itu hal wajar, jadi saya agak bingung dok mana yg benar, musang saya gigit msh kategori wajar biarpun kadang2 gigitnya emang sakit, tp saya bener2 sama sekali gak mempermasalahkan, cuma takutnya omongan owner tadi itu bisa beneran kalo musangnya bakal kebiasaan gigit sampe nanti2, skrg umur musang saya 4 bln dok, saya rawat dr umur 1bln, hukuman yg saya kasih buat musang saya kalo dia gigit udah kelewatan, saya kasih peringatan dgn suara 'hssss', kalo masih jg, saya masukin kandang dan biarin 5 menit dia disana terus diajak main lagi, msh blm terlalu berhasil sih dok krna masih baru ngelakuinnya, itu juga didapat dr blog luar, sebenernya saya gak masalahin musang saya gigit dok, krna saya kasih keyakinan ke dia kalo dia gak bakal bikin tangan saya sobek, dan sejauh ini paling kuat dia gigit cuma sampe terasa sakit aja, dan saya gak masalahin itu sampe si owner tadi bilang sama saya jgn dibiasain gigit.
    Jadi saya mau minta pendapat dokter tentang hal diatas, bagusnya gmna dok?
    dan masalah metode hukuman yg saya lakuin, menurut dokter gmna efektifitasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mas udah bener, justru pendapat temennya mas yang salah. musangnya dia mungkin sekarang masih jinak, karena umurnya 'baru' 6 bulan. tapi sekalinya dia galak, dia akan susah jinak kayak awalnya...

      secara ringkas, musang yang keliatan jinak sebenernya cuma menyembunyikan kebuasannya untuk sementara. sementara musang yang dibiasakan aktif dan insting isengnya gak dikekang dengan disuruh jinak, malah dia akan makin tenang di owner barunya. dulu musang saya si bruno juga gitu, sama kayak cara mas memperlakukan si panpan, dan akhirnya bisa bonding sama saya. awalnya semua orang bilang mustahil si bruno bisa jinak karena waktu saya dapet si bruno itu, dia udah diatas 1,5 tahun usianya, dan dia tangkapan liar. tapi saya selalu percaya si bruno bisa nurut dan bonding sama saya... :)

      masing2 owner punya cara sendiri dalam memperlakukan musangnya, jadi yah masing2 aja. tapi saya yakin, musang jangan dikekang insting isengnya. biar mereka nyaman sama kita, dengan begitu dia akan menganggap kita orangtuanya. itulah kunci agar musang bonding. :)

      Delete
  2. oh gitu ya dok, saya juga ngerasa ganjal kalo nahan instingnya, soalnya hewan hidup berdasarkan insting, musang jg gigit dgn banyak alasan, bukan utk sekedar nyerang.
    makasih buat pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. kabari terus ya mas... baca2 aja artikel saya tentang musang.. :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mau nanya lagi ni dok, barusan kemaren saya kasih scott ke musang saya, dosis udah sesuai, dan emang rutin seminggu sekali, abis saya kasih, dia saya ajak main sekitar 1 jam-an, terus dia nangkap kodok yg biasa ada di pemukiman, tapi gak dapat dok, gak lama setelahnya, sekitar 1 menit, musang saya mulutnya berbusa dok, tp alhamdulillah udah sembuh.
    sbg tindakan antisipasi, kira2 menurut bu dokter penyebabnya apa dok?
    apa krna scott emulsion? pdhl setiap minggu saya kasih, atau krna kodok yg mau ditangkapnya? krn salah satu perlindungan kodok kan kencingnya, spekulasi saya si musangnya dikencingin dan kemungkinan masuk mulutnya dok, tp untuk saat ini kemungkinan saya jg blm berani make minyak ikan lagi dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulunya berbusa gimana ya? apa sampe kayak muntah gitu atau cuma berbusa kecil2 aja (gak sampe menetes ke bawah)?
      kalau gak sampe menetes, kayaknya bukan masalah. coba mas kasih ramuan kesehatan musang aja. ada kok artikelnya...

      kabari lagi ya mas

      Delete
  5. gak netes dok, krna tiap busa nya keluar dia geleng2in kepalanya nyampe busanya kemana mana, busanya kyk busa sabun cuci piring gitu dok dan terus keluar dr dalam mulutnya.
    iya dok saya jg udah baca artikel ttg ramuannya, skrg lagi nyari sari kurma dok, soalnya agak susah nyari didaerah saya, kebanyakan owner musang disini ngasih minyak ikan ke musangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan juga bahaya kalo kebanyakan. bisa bikin sistem pencernaan musang terganggu.... :)

      kabari lagi ya mas. nanti siang saya online chatting jam 1 siang... :)

      Delete
  6. gak terlalu ada waktu buat online siang dok, hehe.
    tapi bakal selalu kabari dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sip... saya tunggu terus via komentar kalo gitu, hihihi... :D

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.