Dosis Minyak Ikan Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Pertanyaan mengenai

berapa dosis minyak ikan untuk musang

memang beberapa kali ditanyakan oleh pengunjung blog ini, baik melalui chatting dengan saya atau via komentar di blog. Maka dari itu, artikel ini akan membahas sedikit tentang dosis minyak ikan untuk musang. Artikel ini terkait dengan artikel efek samping minyak ikan untuk musang dan artikel manfaat minyak ikan pada musang.


Dosis Minyak Ikan Untuk Musang
Image taken from reptileforums.co.uk
  • Dosis minyak ikan untuk musang dibawah umur 7 bulan cukup 1 kapsul setiap minggu. Sebaiknya, campur minyak ikan ke makanan yang akan diberikan kepada musang.
  • Dosis minyak ikan untuk musang diatas umur 8 bulan, anda bisa memberikan 2 kapsul setiap minggu.
  • Sebaiknya jangan melebihi dosis yang saya berikan kecuali atas petunjuk dokter hewan.
  • Segera hentikan pemberian minyak ikan kepada musang bila musang terlihat sakit setelah diberi minyak ikan. Berikan ramuan kesehatan musang, dan berikan makanan berupa buah-buahan selama seminggu setelahnya. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter hewan terdekat.
  • Dosis tersebut sengaja saya buat dibawah dosis minyak ikan musang. Hal itu tentu saja untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Diperlukan info mengenai berat badan musang untuk mengetahui secara pasti berapa dosis minyak ikan yang tepat untuk musang peliharaan anda. Maka dari itu, saya lebih menyarankan agar anda membawa musang anda ke dokter hewan agar mengetahui secara pasti berapa dosis minyak ikan yang dibutuhkan untuk musang anda.
Demikian adalah sekelumit mengenai

dosis minyak ikan untuk musang

anda. Semoga artikel tersebut bisa membantu para owner musang untuk menentukan dosis minyak ikan. Saran, pertanyaan, dan konsultasi bisa anda ajukan baik via chatting (jika saya sedang online) atau via komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

45 Responses to "Dosis Minyak Ikan Untuk Musang"

  1. Kalo buat kucing persia dewasa dosis nya brp kapel sebulan??
    ,Trus kalo minyak ikan merk tunghai fish liver oil ini bagus g buat kucing persia dewasa?? Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung usia kucingnya, mas...
      mungkin nanti saya publish artikelnya...

      sebelumnya maaf karena baru balas ya mas...

      Delete
    2. Ditunggu Dokter ulasan untuk pemberian minyak ikan pada kucing, terimakasih sebelumnya.

      Delete
    3. oke, nanti saya publish artikelnya. Terima kasih sarannya... :)

      Delete
  2. Dokter umur musang pandan saya 4.5 bulan, tapi kondisi berat dan ukuran badannya masih terlihat seperti musang 2 bulan, apakah itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama nafsu makannya bagus dan fesesnya oke (baca artikel: cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya), normal kok. karena emang ada musang yang 'cebol'. :)

      Delete
  3. Malem ibu dokter.
    Sebelumnya terimakasih buat artikel nya.Musang saya usia 1thn lebih, udah 5 hari saya kasih minyak ikan tiap hari 2 butir.
    Karena di keterangan bungkus minyak ikan 2x sehari.
    Akhir2 oni musang saya jd agak lemes tidur melulu. Apakah efek dari minyak ikan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan itu, mas. dosisnya kan udah saya tulis di atas. :D

      iya, itu sistem pencernaannya gak bagus. coba dosisnya diperbaiki.

      Delete
  4. Malem ibu dokter.
    Sebelumnya terimakasih buat artikel nya.Musang saya usia 1thn lebih, udah 5 hari saya kasih minyak ikan tiap hari 2 butir.
    Karena di keterangan bungkus minyak ikan 2x sehari.
    Akhir2 oni musang saya jd agak lemes tidur melulu. Apakah efek dari minyak ikan.?

    ReplyDelete
  5. dok kalau musang usia -2 bulan boleh dikasih minyak ikan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh asalkan jangan terlalu sering. 2 minggu sekali boleh.

      Delete
  6. dok sy stiap minggu kasi makan kepala ayam ke musang sy.. dgn 3kapsul minyak ikan.. apa itu baik?
    dah kira kira musang sy umur 3 bulanan dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 kapsul setiap hari? kebanyakan, mas...
      coba baca artikel saya di atas...

      Delete
  7. Dok mau tanya ni musang saya hais saya kasih minyak ikan kok keluar kayak cairan gitu ya dok terima kasih

    ReplyDelete
  8. Dok mau tanya ni musang saya hais saya kasih minyak ikan kok keluar kayak cairan gitu ya dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari hidungnya, mas? berapa banyak mas kasih minyak ikannya?

      jangan kebanyakan, ada dosisnya.

      cairannya kayak gimana? apakah kayak air biasa aja atau kayak minyak?

      Delete
  9. Dok.muspan saya mulai umur 3 bulan saya kasih minyak ikan 1 hari 1X saya campur pisang+susu bubuk. Untuk feses nya gak mencret normal saja.Sekarang udah berjalan umur 4 bulan. Tetapi gak ada efek apapun hanya makan nya rakus hehe.. kalo kesehatan nya bagus2 saja. Apakah boleh pemberian minyak ikan tiap hari 1X?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan, mending jangan, mas. tapi terserah sih. saya cuma kasih saran... :D

      kalau mas yakin dia sehat2 aja, silakan kasih aja...

      Delete
  10. iya dok, terimakasih sarannya. Saya mau tanya lagi dok. MUSANG saya kalo saya kasih kepala & ceker ayam rebus dimakan. tapi kalo hati, trus paha ayam kok gk mau makan ya? apa mungkin insting musang hanya senang dengan kepala ayam dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya mas musang hasil tangkapan liar?
      kalau paha ayamnya mas cacah dulu dagingnya gimana? dia mau makan?

      kalo di alam sih emang iya, musang lebih ngincer kepala sama kaki ayam. menurut musang, itu lebih mudah dimakan dibandingkan paha atau dada yang banyak dagingnya...

      Delete
  11. Waduh kurang tau dok liar atau gak. Gak nanya juga saya. Beli umur 3 bulan udah makan sendiri.
    Iya dok saya cacah kecil2, sama kayak ceker & kepala ayam juga saya cacah seperti itu.
    Apakah musang takut dengan ketinggian dok? Soal nya kalo saya taruh meja gk berani loncat muter trus d atas meja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara alami, musang gak takut sama ketinggian kalau ada dahan/cabang tempat dia bisa manjat/turun. kalo di meja kan gak kayak di pohon. tempatnya datar aja. makanya mungkin dia takut... :)

      sekarang gimana? ada keluhan kesehatan lain? :)

      Delete
  12. Siang dok,,saya mau tanya,,saya punya bayi muspan umur sktr -+ 1 bulan dan baru seminggu ini melek tapi matanya agak keruh,,mohon bantuanya sebaiknya tetap di kasih susu SGM LLM+ atau di kasih pepaya sama pisang saja, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. malah sakit nanti dianya, mas.
      terus untuk makanannya, mas bisa kasih pepaya yang dijus, airnya dikit aja. jadi jus pepaya kental. jangan dikasih gula..... bisa juga kasih wortel dikit, biar matanya bagus dan sembuh...

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  13. Terimakasih dok sarannya,,perkembangan selanjutnya saya kabari lagi,

    ReplyDelete
  14. Dok klo di selingi pisang sunpride gmn??

    ReplyDelete
  15. Saya juga punya anak musang umur 1 bulanan tapi saya kasih minyak ikan untuk manusia nya tiga kali sehari mba??apa bagus atau jelek klo gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kebanyakan mas.
      jangan, malah bikin sakit nantinya...

      Delete
  16. Dok kalo minyak ikan di campur susu boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis susunya apa, dan musangnya terbiasa minum susu atau nggak. karena ada musang yang kalo dikasih susu malah mencret...

      amannya mending jangan dikasih susu. alias langsung aja kasih minyak ikannya, sesuai dosis di artikel di atas...

      Delete
    2. dok mw tnya dong ?dia suka bgt sama susu kalengan tp kotorannya mencrett,,bagusnya gmn ya dokk ??

      Delete
    3. jangan dikasih susu.
      stop susunya.

      ganti pake bubur bayi promina aja.

      Delete
  17. kira kira muspan saya umur 5 bulanan dok

    ReplyDelete
  18. Kapsul itu utk ukuran kapsul yg seberapa? Jika dapat kapsul yang kecil kecil, apa ya disisnya disamakan?

    ReplyDelete
  19. Kapsul itu utk ukuran kapsul yg seberapa? Jika dapat kapsul yang kecil kecil, apa ya disisnya disamakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dihitung perkapsul aja mas.
      samakan aja dosisnya.

      Delete
  20. Mau tanya dok, kalo musang dikasih kepala ayam bikin insting liarnya muncul apa engga?

    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya: apakah daging membuat musang jadi galak

      Delete
  21. Dok saya kan memelihara musang umur 2 keatas ... Tapi setelah mau 3 musang sakit kaya badan lemes dan jalan nya nyeret badan kaki nya gak kuat buat jalan setelah sakit kulit ngelupas ... Itu kenapa yaa dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret? mbak kasih minum susu ya? jangan dikasih susu. stop susunya. kasih makan bubur bayi promina aja. jangan dikasih makanan lain selain bubur bayi promina rasa beras merah atau rasa kacang hijau. untuk suplemen kesehatannya, tiap pagi dan sore kasih air kelapa muda campur sari kurma. lakukan selama seminggu ya mbak. dan kabari terus. :)

      Delete
  22. Itu airnya dok.Kalau dikasih bubur rasa pisang boleh dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.