Cara Memelihara Musang Akar | Drh. Fira Sovica

Cara merawat musang akar

relatif sama dengan memelihara musang pandan maupun memelihara musang bulan yang sudah pernah penulis bahas sebelumnya. Hanya ada beberapa poin yang membedakan. Artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang jenis musang akar. Bagi anda yang berminat memelihara musang rase, anda bisa membaca artikel saya cara memelihara rase. Bagi anda yang ingin tahu harga pasaran musang akar, anda bisa membaca daftar harga pasaran musang.


Cara Memelihara Musang Akar
Image taken from pecintahewan.com
Musang akar sangat mudah dipelihara. Dan berikut adalah cara memelihara musang akar:
  1. Musang akar yang dipelihara biasanya diberi makan ceker ayam rebus dan kepala ayam rebus.
  2. Untuk pemberian makanan hendaknya diselang seling untuk menghindari kebosanan. Pemberian buah-buahan seperti pisang dan pepaya wajib dilakukan minimal seminggu sekali agar pencernaan musang tetap terjaga.
  3. Musang sebaiknya dimandikan minimal seminggu sekali dan kandangnya harus dibersihkan minimal 2 hari sekali. Jangan membiarkan kandang musang kotor karena bisa menyebabkan bulu musang rontok, musang menjadi sakit, dan menimbulkan penyakit kulit. Cara memandikan musang akar bisa dibaca di artikel cara memandikan musang.
  4. Jika sudah panjang, kuku musang akar juga hendaknya dipotong. Anda bisa membaca tentang cara memotong kuku musang di artikel cara memotong kuku musang.
  5. Musang hendaknya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Tidak jarang, musang yang mengalami obesitas akan mengalami sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagal jantung. Jika musang anda terlalu kurus, anda bisa membaca artikel tentang cara menggemukkan musang.
Demikian adalah sekelumit tentang

cara memelihara musang akar

yang penulis tulis berdasarkan pengetahuan sendiri. Semoga artikel ini bisa menjadi kontribusi bagi anda yang ingin memelihara musang akar. Terima kasih. (FS)

53 Responses to "Cara Memelihara Musang Akar"

  1. Dok karakter musang akar apakah sama dengan musang pandan/ musang bulan yg karakternya lebih kuat yg jika sudah dewasa bisa menjadi galak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bilang kalau musang akar itu sedikit lebih agresif dibandingkan musang bulan dan musang pandan. namun sebenernya kembali ke karakter musangnya masing2. karena setiap musang punya karakter unik masing2..... ada musang akar yang emang lebih kalem daripada musang bulan dan musang pandan, ada juga yang keras kepala dan agresif dari musang bulan dan musang akar.... :)

      Delete
  2. Dok sy punya muskar, gigi taring bagian kanan atas yg didepan patah, entah karna apa, mgkn terbentur dikandang, sampai bibir bawah agak bengkak mungkin karna patahan giginya itu, jd sy harus bgmn dok? Apakah giginya akan tumbuh lagi? Thks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gigi yang patah tidak akan menjadi tajam lagi. gigi akan tetap tumbuh, tapi bukan 'melanjutkan' gigi yang patah hingga jadi utuh lagi. bukan kayak gitu. gigi yang patah akan tumbuh lagi tapi dari bawah.... jadi bagian atas yang atah akan tetap tumpul....

      sekarang keadaannya gimana??

      Delete
    2. Dok bagaimana menjinakkan musang akar yg berumur jalan 5 bulan ?

      Delete
    3. silakan baca artikel saya cara menjinakkan musang pandan. secara prinsip sama saja... :)

      Delete
  3. dok musang akar saya poop.a bau amis terus mogok makan sudah 4 hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan pepaya matang dan air minum air kelapa muda. lakukan selama seminggu. jangan dikasih makanan lain selain saya sebutkan tadi. :)

      Delete
  4. Replies
    1. saya ikut sedih.,... :(
      kalau mas berniat pelihara lagi, coba baca2 dlu artikel saya di blog ini. dan nanti, jangan pilih yang bayi banget. pilih yang anakan. yang udah bisa makan sendiri. usia 2 atau 3 bulan. :)

      Delete
  5. supaya musang tidak kagetan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya tulis artikelnya cara agar musang anteng. :)

      Delete
  6. musang saya jumpy trs jitotnya cuma ke saya aja, apa masih bisa jitot ke orang lain trs jumpynya ilang sdh umur 5 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng...

      Delete
  7. dok musang sy berlendir mulutnya. ktika sy pulng krrja,,biasanya c dikasih umpanya pisang,,sy adopsi blum lama dok,,tolng bntu sy dok,,cara penanganya,,biar musang sy v knp np,,sy cuma takut knp np dok,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya berlendir itu gimana? apa sampe ngiler netes2 keluar mulut?

      untuk feses/tahinya gimana? mencret? dan kalau saya boleh tahu, selain pisang dikasih makan apa lagi?

      coba masnya cek artikel saya dulu: cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya....

      untuk langkah pencegahan, mas bisa kasih sari kurma campur air....

      saya tunggu kabar selanjutnya..

      Delete
  8. alhmdulillah dok dah sehat muskar ku,,mkasih dok,,maaf baru on lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh syukurlah. senang bisa denger kabar mengenai muskarnya mas...

      kasih saya kabar kalau ada apa2 ya mas...

      Delete
  9. dok muskar saya usianya 6bln. baru adopsi 3minggu yg lalu.. sampai sekarang belom jinak jinak dok, saya sudah coba cara yg di artikel tapi yg ada setiap saya deketin menjerit kencang dan gigit saya sekuat tenaganya. tolong masukanya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya takut, betul?
      kalau masnya takut, dia malah makin berani. hewan itu bisa tahu pikiran kita loh mas. :)

      asal mas tahu aja, dulu musang bulan saya si bruno, dia itu hasil nangkep di alam. kebetulan ada tetangga saya yang dulu tangkap dia. daripada dimakan, akhirnya saya beli dan saya pelihara. musang umur 1 tahun lebih, dan yang namanya musang tangkapan liar pasti galak banget. tapi toh akhirnya bisa jinak juga. :)

      kayaknya mas cuma kurang sabar, itu aja. kalau cuma 3 minggu, masih kurang mas. coba jinakkan terus, dan yang paling penting, jangan nyerah dan jangan takut. itu aja sebenernya... :)

      selebihnya, silakan baca2 lagi artikel saya yang lain..

      Delete
  10. Dok muskar saya umur 8 bulan tapi dari kecil gak pernah mau di kasih makan palyam atau ceker rebus...kl di kasih palyam cuma di endus terus ngiler2 gitu muskar saya dok..selama ini muskar saya cuma makan buah..apa tudak apa2 untuk perkembanganya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagusan dikasih buah aja mas. makanan terbaik buat musang emang buah kok. :)

      Delete
    2. kalo emang masnya mau membiasakan makanan lain, silakan baca artikel cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  11. Dok saya mau tanya ,
    Masih lemot"an mana
    Muskar borneo apa muskar sumatra

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan sulit. :D
      karena tergantung karakter musangnya, dan cara mas menjinakkannya.

      karena musang rase pun yang terkenal sangat pecicilan dan gak bisa diem, ada juga rase yang karakternya kalem dan cara menjinakkannya juga bagus...

      Delete
  12. Permisi dok saya mau nanya, muskar saya masih berumur 1,5 bulan, tiba2 dia muntah, mencret dan g mau makan, tp dia masih aktif, kemudian td siang saya bawa ke dokter hewan dan di ukur suhu badannya 34 derajat, berat 0.2 kg.. diberikan obat anti mencret, dan vitamin dngn di suntik.. kondisi muskar saya dr td siang sampai malam ini msh lemas dan tidak mau makan, seperti org mabuk, badannya pun masih dingin .. apakah hal tsb wajar stelah pengobatan ke dokter hewan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaaaaaf banget karena baru balas.
      karena udah dibawa ke dokter, ya just wait and see aja. harusnya mas kasih dulu ramuan kesehatan musang racikan saya aja mas..... udah ada artikelnya...

      sekarang gimana keadaan musangnya?

      jangan dikasih susu. itu kayaknya kemungkinan besar karena mas ngasih susu yang gak cocok.

      Delete
  13. Dok mau tanya muskar saya dr bbrpa hari kok gmw makan trus hidung nya keluar darah kyk mimisan itu knp ya dok..
    Badan nya juga lemes ..
    Slma bbrpa hari ini saya paksa makan pakek bubut d spet..
    Udah d bawa dokter cuma d beri antibiotik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret gak?
      mas taro dimana musangnya? maksud saya, apakah ruangan tempat musangnya ditaro terlalu panas?

      dan seberapa sering mimisannya?

      coba mas cek artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang. kasih obat yang saya tulis di artikel itu secara rutin.

      Delete
    2. Feses nya warna hitam dok..
      Klau tempat nya biasa nya d taruh d situ gak knp"..
      Hidung yg mimisan cuma hidung sblh kiri saja..
      Skrng saya sped sari kurma sama curcuma biar mw makan..
      Krn musang nya mogok makan bbrpa hari jd agak d paksa klau makan..

      Delete
    3. coba kasih pepaya matang.
      sama cukup kasih sari kurma aja, curcuma gak usah.
      cek terus fesesnya ya mas. dan kalo mimisan lagi, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat...

      mungkin nanti artikel mengenai mimisan pada musang akan saya publish..

      Delete
  14. Skrng msh blm mw makan sedikit" klau makan..
    Sari kurma d campur air atau air kelapa..
    Oiya dok feses yg normal itu spti apa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya yang normal itu gak mencret. bagusnya, kalo mas kasih makan pepaya, biasanya fesesnya juga berwarna kayak pepaya. artinya, sesuai dengan apa yang dia makan. kalo warna feses sama dengan warna yang dia makan, itu artinya musangnya sehat...

      sekarang gimana musangnya? mendingan?

      kabari terus

      Delete
  15. Sekarang musang nya udah mulai mw makan pisang dan agak aktif..
    Tiap hari masih saya sped sari kurma ...
    Klau d kasih jangkrik boleh nggak dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya seneng dengernya.... :)
      hmm, mending jangan dulu mas. nanti aja setelah musangnya sehat 100%. :)

      Delete
  16. Tp klau sehat boleh kah dok..
    Oiya dok boleh mnta menu buat makan musang nggak..
    Makan nya d kasih apa aja..
    Musang ku gmw makan nasi kecap..
    Umur setaun lebih masih makan bubur sama pisang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah sehat, boleh aja kasih jangkrik.
      coba mas baca artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja..

      Delete
  17. Dok maap melenceng dari topik..
    Cara mengobati lovebird kena snot gmna ya dok..
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya CARA MENGOBATI BURUNG PERKUTUT YANG NGOROK.

      Secara prinsip sama kok mas... :)

      Delete
  18. Dok muskar saya umur 2.5 bln barusan dapet gk mau makan padahal hari pertama mau makan sekarang mogok makan pup nya mencret gmna solusinya apakah masih stres perjalanan

    ReplyDelete
  19. dok,, musang akar boleh dikasih makan nasi kecap gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. :)
      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  20. Dok saya bru adopsi musang akar umur 3 bulan itu menu makanan yg cocok buat dia apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan bubur bayi promina aja mas...
      seminggu sekali kasih buah, pepaya atau pisang...

      dan jangan dikasih susu ya mas...

      Delete
  21. Dok saya mau minta saran nih, gigi musang saya patah dan di bagian gusi nya menghitam, kira2 harus gimana ya dok,kasian liatnya kalau lagi makan 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia kayak kesulitan gitu kalo makan? kayak kesakitan? atau biasa aja, cuma gusinya aja yang menhitam?

      kasih minum air kelapa, terus sementara kasih makan yang lembut aja kayak bubur bayi promina. harus yang promina.

      lakukan selama seminggu full ya mas. kabari terus dan maaf karena baru balas...

      Delete
  22. Assalamualaikum dok ,saya mau tanya musang akar borneo saya masih baby sekitar umur 2 bulan up ,saya baru beli, kenapa musang nya hissing terus setiap mau di ambil ke kandang akan tetapi musang nya tidak strek bagai mana cara menghilangkan hissing nya itu, apa mungkin belum tau majikan nya ? Tetapi musang nya bomding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus muskar saya juga yang satu lagi umur8 bulan , dia makan nya lahap tapi tetep kurus ga kaya umum nya biasa nya kalo makan dia lahap terus langsung pup, cara mengatasi nya gimana dok ?

      Delete
    2. iya, dia belum kenal mas sebagai tuannya. lebih sering diajak main.
      buat muskar yang umur 8 bulan, fesesnya gimana? bisa mas kirim foto fesesnya kemari? upload gambarnya di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah linknya taro di komentar....
      selama ini yang umur 8 bulan dikasih makan apa? mas kasih minum susu ya?

      Delete
  23. dok knp ya kalo musang akar saya Ngga mau makan kepala ayam di cincang ? mau nya cuma buah buahan aja dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek artikel saya cara agar musang mau makan apa saja

      Delete
  24. Dok apakah musang akar itu dilindungi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut update yang terbaru, setau saya sih nggak mas... CMIIW...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.