Cara Memelihara Kukuk Beluk | Drh. Fira Sovica

Memelihara kukuk beluk

memang sudah jadi hobi bagi sebagian hewan. Burung hantu kukuk beluk (Brown Wood Owl, Strix Leptogrammica) adalah jenis burung hantu berukuran sedang. Layaknya barn owl yang sudah saya bahas di artikel cara memelihara barn owl, kukuk beluk memiliki bentuk kepala bulat dan tanpa kuping. Bedanya kukuk beluk dengan barn owl yang paling jelas adalah dari warnanya. Burung hantu barn owl memiliki warna putih, sedangkan burung hantu kukuk beluk memiliki warna coklat.
Cara Memelihara Kukuk Beluk
Image taken from tumblr.com
Cara memelihara kukuk beluk relatif sama dengan memelihara barn owl, begitu juga tingkat kesulitannya. Berikut adalah cara memelihara burung hantu kukuk beluk:



  • Makanan burung hantu brown wood owl adalah mamalia kecil seperti anakan tikus putih, hamster. Anda juga bisa memberikan anakan puyuh dan emprit yang sudah disiangi. Juga, kadal, cicak, dan kodok berukuran kecil bisa menjadi makanan kukuk beluk. Ikan kecil juga bisa diberikan sebagai makanan tambahan. Makanan diberikan 2 atau 3 kali sehari.
  • Agak berbeda dengan barn owl yang relatif lebih menerima kehadiran manusia, kukuk beluk agak pemalu. Sifat kukuk beluk yang pemalu ini membuatnya rentan stress jika berada di tengah keramaian manusia. Maka tempatkan burung hantu kukuk anda di dalam ruangan yang minim suara atau jangan banyak suara mengagetkan. Anda juga sebaiknya tidak membawa brown wood owl anda ke tempat yang terlalu bising untuk menghindari stress.
  • Cara menjaga kesehatan kukuk beluk bisa anda baca di artikel saya, cara menjaga kesehatan burung hantu.
  • Cara membedakan jenis kelamin kukuk beluk bisa anda ketahui dengan metode sexing with pendulum. Ukuran tubuh kukuk beluk betina juga lebih besar dibandingkan kukuk beluk jantan.
  • Bagaimana cara mengetahui kesehatan burung hantu? Anda bisa membaca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
  • Karena sifatnya yang lebih pemalu, dibutuhkan kesabaran ekstra dalam melatih burung hantu kukuk beluk. Anda bisa membaca artikel saya, cara melatih burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara burung hantu brown wood owl atau kukuk beluk

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi acuan bagi anda dalam merawat kukuk beluk. Terima kasih. (FS)

12 Responses to "Cara Memelihara Kukuk Beluk"

  1. dok celepuk itu bisa dikasih puyuh doq apa nggak
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi disiangi dulu. dipotong, kasih dagingnya doang.
      pake jangkrik lebih praktis, mas. emang makanan utamanya jangkrik.

      Delete
  2. Dok saya punya Barn owl uno namanha di badannya ada gelembung berisi angin saya tanya2 sama teman yg katanya terkena air sac rupture. Cara pengobatannya bagaimana dok? Sblmnya trrima kasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditusuk aja pake jarum yang steril, mas.
      cari jarum yang bersih, kemudian disterilkan dengan cara dicuci pakai dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh). bisa juga dicuci/disiram pakai air mendidih, diamkan di air mendidih selama 2 menit, angkat, taruh di lembaran tisu dan diamkan sampe dia gak panas lagi, kemudian tusukkan ke gelembungnya secara perlahan. buat beberapa tusukan agar anginnya keluar semua...

      Delete
  3. Adu dok skrng buruhan aku yg pas itu nabrak kaca kan bengkak skrng ad kyk putih putih gitu dok diapain ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mau makan gak owlnya?
      udah dioles minyak urut di bagian bengkaknya?

      sebenernya kalau mau lebih pasti, mending bawa ke dokter hewan aja mbak. kalau emang gak sampe ngaruh ke tulang, bisa aja dioles pake minyak urut. tapi kalo sampe tulangnya retak atau patah, kayaknya sih mau gak mau harus dibawa ke klinik hewan terdekat....

      Delete
  4. Sudah saya tusuk pakai jarum dok dan hasilnya kempes tapi setiap barn owl sy bersuara. Bergelembung lagi yg tadinya sudah kempes dok. Bagaimana untuk penanggulangan selanjutnya dik biar tidak menggelembung lagi. Thx dok atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buatkan artikelnya. coba cek artikel terbaru saya. cara mengobati burung yang bengkak angin.

      Delete
  5. Dok Apakah BO Bisa dicampur Dlm Satu ruangan dngn Celepuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, saya pernah coba dulu.
      tapi untuk 2 hari pertama, mending awasi aja dulu... :)

      Delete
  6. Pagi dok maaf mau tanya soal barn owl skrang,karena celepuk saya di minta saudara yg ada di desa waktu saya pulang kampung :(

    Kan sekarang sudah punya BO usia brancher awal masih bulu kapas gtu untuk makannya saya kasih puyuh DOQ utuh untuk porsi tiap kali makannya brp ya dok? Klo usia segitu?
    Terimakasih dok Oh ya nama BO saya Bopan hehe makasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      kasih antara 2, 3 atau 5 aja mas... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.