Go Home, Visitor, You're Drunk! | Drh. Fira Sovica

Dalam beberapa kesempatan, saya kerap melihat atau membaca komentar yang--menurut saya--lucu. Contohnya, beberapa waktu yang lalu ada pertanyaan yang ditulis salahsatu pengunjung blog ini kepada saya, "Dok, gimana cara memelihara musang pandan?".
Pertanyaan itu di post di post saya yang judulnya cara memelihara musang pandan.
Go Home, Visitor, You're Drunk!
Image taken from pinterest.com


Kasus yang sama terjadi di komentar pada post Cara Memelihara Kucing Hutan. Ada pengujung blog yang memposting pertanyaan, "dok, gimana sih cara memelihara kucing hutan?". Jujur saya bingung jawabnya, soalnya sangat jelas sekali bahwa jawaban dari pertanyaan tersebut terpampang jelas di atasnya.

Wajar sih kalau ada yang memposting pertanyaan seperti itu di blog. Mungkin mereka menginginkan 'direct answer' tanpa mau membaca artikel dari saya. Its fine, karena beberapa waktu juga saya mengalami pengunjung yang ingin dijawab langsung (direct answer) via komentar.

Lewat artikel ini saya tekankan bahwa anda tidak akan pernah mendapatkan direct answer dari saya kalau pertanyaan yang anda tanyakan sudah pernah saya buat artikelnya. Kalau jawaban dari pertanyaan anda sudah pernah saya buatkan artikelnya, maka saya akan menyuruh anda untuk men-search judul artikel tersebut dan membacanya sendiri.

Jadi, jangan manja, hehehehe. Kecuali jika memang pertanyaan yang anda tanyakan belum pernah saya bahas di artikel sebelumnya, mungkin anda bisa mendapatkan direct answer. Itupun tidak secara langsung karena sayapun sangat sibuk di 'real life'.

Jadwal jawab pertanyaan blog

biasanya terjadi pagi hari, sekitar pukul 08:00 hingga 09:30 sebelum memulai aktifitas, dan sore hari saat saya akan pulang dari tempat saya bertugas sekitar pukul 17:30 hingga 19:00. Itupun jika saya sedang tidak sibuk. Jika saya sedang sibuk, biasanya hanya 1 kali sehari, entah pagi atau sore. Jika sangat sibuk sekali, misalnya sedang berada diluar kota atau bahkan keluar negeri untuk tugas, biasanya saya akan mempending semua pertanyaan hingga saya benar-benar bebas dari kesibukan. Makanya saya menyarankan anda untuk mengklik notify me atau ingatkan saya agar semua jawaban yang saya berikan bisa langsung masuk ke inbox anda. Terima kasih. (FS)

17 Responses to "Go Home, Visitor, You're Drunk!"

  1. Numpang tanya dok, musang pandan saya usia 5 bulan. 2 hari yang lalu fesesnya tidak normal, bentuknya padat dan warnanya hijau. Kemarin malam fesesnya encer dan berbau amis.
    Saya biasa kasih makan dogfood (pagi jam 6) dan pisang (malam jam 6) tiap hari.
    Sekarang musang saya bawaannya lemas terus dan gamau makan. Kandangnya habis saya bersihkan juga selalu dikerubungi lalat, padahal dulu tidak seperti itu.
    Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dikasih dog food, mas. soalnya beberapa musang ada yang emang gak cocok dikasih dogfood. minimal catfood, itupun sebenernya harus hati2. dan perlu saya ingatkan, dogfood dan catfood bisa menyebabkan kanker pada hewan...

      mending mas baca artikel saya makanan terbaik untuk musang. :)

      Delete
    2. Oh gitu ya dok DF malah bikin kanker.
      tolong jawab pertanyaan saya dok:
      1. Musang saya masih lemes dan gamau makan, maunya minum dan itu cuma sedikit, ngobatinnya gimana
      2. Jadwal kasih makan saya bener ga tuh, jam 6 pagi dan 6 malem
      3. Biar kandangnya ga banyak semut dan lalat gimana ya, baru 3 hari ini jadi banyak serangga di kandang musang saya

      Delete
    3. gak hanya DF yang bikin cancer, CF juga....
      1. coba kasih sari kurma biar dia agak bertenaga.
      coba mas infokan juga fesesnya ke saya...
      2. kalau hanya 2x kasih makan sehari, kayaknya kurang, mas. minimal 3 atau 4 kali kasih makan.
      3. sekitar kandangnya goreskan kapur semut biar gak banyak semut. jangan sampai kena musangnya. jadi agak dibuat jarak dari kaki kandang ke goresan kapur semutnya....

      Delete
  2. Dok saya baru saya mengadopsi obay dan saya berinama jhon..sebelum saya adopsi dia memakai rantai kaki dan kaki nya luka..gmn cara mengatasi nya apa saya copot rantai kaki dan saya taro d kandang..dan untuk mengobati luka di kakinya apakah bisa pakai betadin..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai betadine dan sering2 dibersihkan bagian lukanya....
      cara mengobati luka pada kaki burung hantu dengan menggunakan betadine yaitu dengan cara pakai kapas yang dibasahi betadine dan ditotol2 ke lukanya. sebelumnya, lukanya dibersihkan dulu...

      Delete
  3. Dok mau tanya,saya punya musang umur sekitar 4bln up. Setiap saya jemur di pagi hari suka gigit* badannya sampe basah gitu kenapa ya ? Tolong jawabannya ya dok.. Terima kasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dijemur aja?

      kalau gak lagi dijemur (badannya lagi kering), dia suka garuk2 badannya gak?

      mas jemurnya abis musangnya dimandikan? kalau boleh tau, jenis shampoonya apa? :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Iya dok
      Kalo pas didalem rumah dia jarang garuk2 badannya, kadang suka gigit2 badannya sampe basah gitu.
      Gak juga dok.. Kadang kalo ga sibuk saya jemur pagi hari. tapi setiap habis dimandiin pasti saya jemur dok.
      Pake shampoo pantene. Emang boleh ya dok ?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. nah itu dia. samponya salah. jangan pake sampo pantene, mas. coba pake sampo bayi yang nggak pedih di mata aja. kalo pantene, terlalu keras.....

      Delete
  4. Oh gitu.. Saya coba dulu ya dok.. Nanti kalo ada perubahan saya konfirmasi lagi.. Hehe

    ReplyDelete
  5. Dok saya mau nanya, saya baru adopt KH dan gigi depannya belom tumbuh baru taring saja saya tidak tau KH saya umur berapa. Baru baru ini dia tidak mau makan. Lalu muntah bening berbusa. Bagaimana cara membuat nafsu makannya balik lagi? KH saya kasi imboost kid dan hufalysynn masing masing 0,1 ml . Tolong bantu saya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa? mas kasih susu ya?
      stop susunya, dia muntah karena ngerasa 'gak enak' perutnya.
      dan udah berapa lama dikasih imboost dan hufalysin?

      sistem pencernaan anakan kucing hutan emang rapuh banget, kalo toh mau dikasih vitamin atau suplemen, lebih baik konsul dulu ke dokter hewan. kucing hutan mas hasil tangkapan liar atau emang hasil breeder? :)

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  6. Vitamin yg saya berikan vitamin yg di sarankan dokter hewan disini dok.
    Kucing hutan saya hasil tangkapan liar, dikasi sama teman.
    Dia muntah terus dan tidak mau makan saya berikan domperidone 0,1 ml barusan untuk meredakan muntah dan mualnya. Lalu saya berikan 0,5 ml VCO juga.
    Tapi masih belom mau makan, saya sudah sajikan daging segar masih berdarah juga dia ga mau dok.
    Biasanya saya kasi makan hati ayam rebus, ikan rebus.
    Tolong saya dok, bagaimana agar dia mau makan lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. VCO maksudnya virgin coconut oil alias minyak kelapa?

      coba kasih cacahan daging ayam, karena di alam dia biasa makan daging segar kayak gitu. bisa juga kasih cacahan daging emprit.....

      emang agak riskan kalau pelihara kucing hutan yang masih anakan, apalagi yang tangkapan liar.... dokternya betul kasih resep itu, mbak? dia gak ngasih obat lain lagi selain itu?

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.