Kutu Burung Bisa Menyebar Ke Manusia? | Drh. Fira Sovica

Saya mendapatkan pertanyaan

apakah kutu pada burung bisa menyebar ke manusia

atau menyebabkan penyakit pada manusia dari salahsatu pengunjung blog ini. Maka artikel apakah kutu burung bisa menyebabkan sakit pada kulit manusia ini saya susun untuk menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini berkaitan dengan artikel mengenai burung lainnya, antara lain cara mengobati pilek pada burung.
Kutu Burung Bisa Menyebar Ke Manusia?
Image taken from ca.audubon.org


Sebenarnya, pertanyaan tentang apakah kutu burung bisa menyebabkan penyakit pada manusia telah lama menjadi pertanyaan bagi mereka yang memelihara burung hantu. Memang, ada kemungkinan kutu pada burung bisa jatuh dan 'bercokol' di kulit manusia selama beberapa lama. Kasus penyakit kulit pada manusia yang disebabkan karena kutu burung juga pernah terjadi di Long Island, Amerika Serikat, pada tahun 2008.

Namun sebenarnya, belum diketahui secara pasti apakah kutu burung bisa membawa efek yang sama seperti kutu scabies pada manusia, namun dari contoh kasus yang saya berikan, kemungkinan penyakit yang ditimbulkan kutu burung pada manusia bisa saja terjadi.

Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh burung, peralatan, serta perawatan yang tepat untuk mencegah timbulnya kutu pada burung. Dengan cara itu, akibat dari penyakit

kutu burung yang menyebar ke pemiliknya

bisa diminimalisir. Terima kasih. (FS)

45 Responses to "Kutu Burung Bisa Menyebar Ke Manusia?"

  1. dok, ada cara tertentu ga supaya bisa tau umur burung hantu itu berapa bulanan, soalnya saya pribadi hanya tau klasifikasi burung (mature/juve/brancher/chick) seperti itu aja, padahal kan mungkin aja misalnya ketika adopt, dikatakan penjual itu 4 bulan, padahal lebih dari 4 bulan umurnya. jadi supaya kita juga bisa tepat waktu kasih vaksin ke burung hantunya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas foto owlnya, dan ganti foto profil mas pakai foto owl itu. nanti saya perkirakan umurnya...

      kalau caranya sendiri, sudah saya share caranya di artikel istilah dalam memelihara burung hantu

      Delete
    2. ohhh begitu ya dok, oke makasih dok, ini fotonya dok :)

      itu foto Momon, dan Mini kemungkinan sama seperti itu secara kasat mata dok..

      Delete
    3. itu mah kayaknya udah tua mas. juve tengah mendekati akhir, kalo menurut tebakan saya. hampir mature.

      ini hanya perkiraan saya aja loh ya. :D

      Delete
    4. oohh udah hampir mature ya.. kira kira harus divaksin ga dok? kapan waktunya?

      Delete
    5. konsul aja ke dokter hewan terdekat sekalian check up kesehatannya, mas. kalau umur segitu, bisa divaksin kok... namun minta rekomendasi dari dokternya aja baiknya gimana, soalnya saya juga kan gak tau kondisi owlnya langsung... :)

      Delete
    6. Oohh oke dok nanti coba cari dokter hewan trdekat :) dan konsultasi, makasih dok :)

      Mau tanya lagi dok, owl saya momon sama mini kan terpisah, mini di dalem kandang, dan momon di luarnya, nah dari kemarin itu, mereka kaya saling panggil dok, dan saling nyamperin gtu kaya kangen kangenan gtu tapi kepisah sama jeruji kandangnya.. Mereka kenapa ya? Apa mereka mau bareng bareng atau gimana? Mohon pencerahannya dok.. :)

      Delete
    7. coba aja satuin. :)
      biasanya kalau udah kayak gitu, bisa jinak 22nya kok...

      maaf baru bales, mas. saya baru pulang dinas dari pontianak..

      Delete
    8. Oohh oke dok udah saya satuin :)

      Iya gapapa dok, maaf ya dok kalau saya terus nanya, karna pingin tau lebih banyak lagi dari dokter tntang owl..

      Mau tanya lagi dok, kenapa ya mini itu jarang terbuka penuh alias melotot matanya, lebih sering sipit gitu dok matanya, ga kaya momon..

      Delete
    9. iya, gak apa2, mas. saya malah seneng kalau ada yang nanya. :)

      selama mini masih nafsu makan (makannya bagus), bisa dibilang masih sehat. namun mas cek fesesnya, buka artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
    10. hehehe makasih banyak dok :)

      ooohh alhamdulillah berarti mini masih sehat dok, dari fesesnya normal :)

      mau tanya lagi dok, kalo owl yang udah mature kaya momon kalo mengalami kerontokan bulu, kira-kira masih bisa tumbuh lagi ga bulunya? soalnya momon bulu-bulu bagian kakinya itu rontok dok karna waktu sebelumnya saya pakein angklett trus dia gigit2in mungkin.. :(

      Delete
    11. oh, bisa kok tumbuh lagi, mas.
      cek terus kesehatan momon dan mini ya mas. jangan lengah. :)

      sehat terus.

      Delete
    12. Syukurlah.. :) siap bu dokter, terima kaih untuk ilmunya, :)

      Makasih dok, sehat terus juga untuk Errol dan Padma nya :)

      Delete
    13. saya tunggu kabar selanjutnya.. :)

      Delete
    14. This comment has been removed by the author.

      Delete
    15. Dok, ada kemungkinan ga mini atau momon makan koran? Soalnya tadi siang pas saya pulang ke kosan, kertas koran alas mereka sobek2 dok, saya takut mereka kenapa2 ..

      Delete
    16. mereka emang suka iseng nyobek2 koran. dulu juga errol gitu.

      coba cek fesesnya. saya tunggu kabarnya ya mas.. :)

      Delete
    17. oooh gitu ya dok.. saya takutnya mereka makan dok.. dari fesesnya sih normal dok .. trus makan juga masih lahap..
      :)

      oiya dok, kayanya mereka tuh kurang suka kalo makan di suapin, soalnya tiap disuapin pasti lamaaa banget diambilnya, tapi kalo disimpen di lantai jangkriknya mereka cepet responnya..

      Delete
    18. oh itu malah bagus. artinya instingnya masih tajam. asah terus instingnya dengan cara melatihnya terus ya mas. sila baca artikel saya cara melatih burung hantu....

      Delete
    19. ohh oke dok siap hehehe
      saya udah baca artikel dokter, jadi tinggal pelan-pelan melatih mereka..

      oiya dok, kemarin kan saya masukin mereka ke dalem kandang, karena temen2 saya main ke kosan, trus pas tadi pagi saya liat di bawah kandang nya banyak bulu mereka yang rontok, apa mereka stress?

      Delete
    20. masih mau makan? kalau iya, berarti bukan stress.
      namun sebaiknya mas observasi aja dulu ya. kalau ada apa2 (semoga aja nggak ada), kabari saya.. :)

      Delete
    21. masih dok, makannya masih tetep lahap..
      observasinya, dilepasin (dikeluarin) dari kandang aja kan dok??

      salam untuk Errol dan Padma dok :)

      Delete
    22. 22nya. ya dikandang, ya kalau lagi mas ajak main juga, tetep perhatikan... :)

      kalau ada perubahan apapun, kabari saya.

      errol masih tidur, tadi siang ngerusuh di kantor (lagi saya bawa ke kantor), tapi padma udah bangun dan lagi makan.. :)

      Delete
    23. oohhh oke dok siaaap... momon sama mini masih belum bisa diajak main nih dok.. masih defense bangeeeett :(

      waah, errol ternyata suka ngerusuh juga dok haha :D

      Delete
    24. saya tunggu kabarnya.. :)
      sehat terus momon dan mini

      Delete
    25. dok, mini mati kemarin dok, :'( kenapa ya dok? padahal kemarin sehat kok, cuma keliatan memang agak lebih murung dari biasanya setelah saya kasih makan..

      trus saya takut momon stress dan agak hilang kepercayaan sama saya karna liat mini mati di depannya..
      saya juga takut kalo momon makin stress, dia menyusul mini :(
      kandang dan segala perlengkapannya harus di cuci bersih ya dok?

      Delete
    26. :(
      mas gak bisa nebak kenapa? cuaca juga ngaruh sih mas, sekarang kan lagi pancaroba. banyak hewan2 sakit...

      saya ikut sedih. iya peralatan sebaiknya sering dibersihkan.....

      Delete
    27. iya dok, saya bingung kenapa bisa tiba-tiba mini mati..

      terima kasih dok.. semoga momon sehat terus.. biar bisa kaya Errol yang pinter :)

      Delete
    28. oke. :)
      latih terus ya mas. dan hati2 karena dah mulai pancaroba. biasanya banyak owl sakit. tapi semoga owlnya mas sehat2 aja. yang penting jaga pola makannya. :)

      kasih saya kabar.. :)

      Delete
    29. iya dok pasti saya latih :)

      iya nih dok, mulai pancaroba, owl temen juga ada yang sakit..
      aamiin, semoga momon sehat selalu dok, sehat terus juga buat Errol dan Padma :)

      Delete
    30. sama-sama. salam juga buat momon. :)

      Delete
  2. Dok cse saya yg wc itu bulunya pada patah. Nah apakah boleh d cbuti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. biarin aja sampe terganti sendiri. kalau toh mau mas cabut, jangan dicabut sendiri karena rentan stress. atleast, bawa ke dokter hewan biar dia yang cabutin....

      Delete
  3. Dok, saya mau tanya dong, saya baru pertama pelihara burung hantu celepuk saya kasih nama lerry, saya beli hari minggu kemarin, si lerry umurnya masih chick, sampe rumah feses nya warna hijau ke hitaman gitu & cair pula tapi setelah saya kasih makan fesesnya warna putih & hitam + urine.
    Nah tadi pagi sebelum dikasih makan feses nyanya balik lagi ke warna hijau kehitam"an & cair, abis saya kasih makan fesesnya putih & hitam lagi, yg saya tanyain feses yg warna hijau itu kenapa ya dok sehat gak ya lerry saya,??
    Maaf dok kalo pertanyaannya panjang, makasih...
    Oya errol ada salam dari lerry :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih bisa dikatakan sehat. :)
      namun sebaiknya diobservasi aja dlu mas. perhatian betul perubahan pada fesesnya ya... :)

      sehat selalu larry :)

      Delete
    2. Alhamdulillah kalo masih sehat,:D
      makannya juga masih rakus sih dok cuma feses nya itu yg bikin takut kena penyakit lerry nya, tp masih aktif sih lompat²an terus lerry nya seneng banget di gendong, dari pertama sampe kost saya lepas gitu aja abis saya taro di kardus mau saya karantina si lerry lompat² terus kaya mau keluar, di tangan malah diem, hehehe... Gak apa² kan dok,??
      Oke deh dokter Fira makasih jawaban & sarannya, artikel nya juga membantu banget buat saya, sukses terus buat dokter, errol & padma... :)

      Delete
    3. seneng larry bisa bonding ama ownernya.
      jaga terus kesehatannya ya mas. kuncinya cuma di pakan yang bersih, jangan telat kasih makan, dan jangan lupa latih. :)

      saya tunggu kabar selanjutnya dari larry. errol sama padma ikut ke kantor, mereka lagi tidur di pojok ruangan saya...

      Delete
    4. mau tanya dok, aku pnya BO seumuran chick
      apa boleh sering dbwa bpergian jauh soal na klo di tinggalin dirmh takut gak ada yg ksh mkn soal na mau kkn
      tgus itu gmn dok

      Delete
    5. lebih baik jangan, mas. jangan dibawa jauh.

      Delete
  4. Eki Dewi Melinda's profile photo
    Eki Dewi Melinda 10 mins ago
    Dok saya baru adop celepuk kurang lebih 3minggu,dia Suda jinak...
    Tapi kenapa ya kok kepalanya nunduk-nunduk ga bisa normal trs ga bisa. Terbang kyk biasanya.....?nafsu makanya juga berkurang dok...
    Mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumpuh juga gak badannya?
      mending bawa ke vet sesegera mungkin. takutnya tetelo. coba cek artikel saya cara mencegah tetelo pada burung hantu

      Delete
  5. siang dok..cara ngilangin kutu pada. burung hantu gimana ya.. soalnya burung hantu saya banyak kutunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandikan. baca artikel saya cara memandikan burung hantu.

      air mandinya mas campur dengan dettol cair sedikit. ingat ya mas, SEDIKIT. cukup satu sendok teh atau dua sendok teh... :)

      Delete
  6. Dok mai tanya dong
    . Bagaimana cara mengobati scabies pada manusia

    ReplyDelete
  7. Dok mai tanya dong
    . Bagaimana cara mengobati scabies pada manusia

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.