Menstruasi Pada Musang Betina | Drh. Fira Sovica

Banyak pecinta musang yang masih belum tahu kalau

musang betina mengalami mens

atau menstruasi. Hal ini normal terjadi pada musang betina yang memasuki usia kawin (diatas 6 bulan). Sekilas mengenai mens pada musang betina juga pernah saya singgung sebentar di artikel ciri musang siap kawin.
Menstruasi Pada Musang Betina
Image taken from zooniversity.org


  • Ciri Musang Betina Yang Sedang Menstruasi.
  • Sebenarnya, ciri musang yang sedang mens bisa dikatakan mirip manusia yang sedang mens: pendarahan di bagian kemaluan selama beberapa hari, kram perut, kembung perut dan bahkan perubahan perilaku musang menjadi agresif (galak). Kadangkala, musang yang sedang mens juga mengalami demam, badannya terasa lebih hangat dari normal. Ada kalanya, muncul lendir berwarna keruh atau kekuningan di bagian genital musang betina yang sedang mens. Tanda-tanda musang yang sedang menstruasi tersebut biasanya akan berlangsung selama beberapa hari hingga maksimal 12 hari. 
    Dan siklus menstruasi pada musang akan terjadi tiap bulannya.
  • Menangani Musang Betina Yang Sedang Menstruasi.
  • Pembatasan interaksi perlu dilakukan untuk menghandle musang yang sedang mens. Anda masih boleh berinteraksi dengan musang di dalam kandang dengan cara mengelus punggungnya, handsfeed, dan lainnya, namun hindari memegang bagian perut musang betina yang sedang mens. Asupan makanan makanan untuk musang betina yang sedang mens juga sebaiknya dijaga. Berikan asupan makanan yang seimbang dari segi gizi dan seratnya. 
    Anda bisa memberikan sari kurma sebagai makanan tambahan untuk musang betina yang sedang menstruasi. Buah-buahan seperti pepaya matang dan pisang bisa tetap anda berikan. Saran lain, anda bisa memberikan hati ayam rebus untuk musang yang sedang menstruasi.
Demikian adalah

cara menangani musang yang sedang menstruasi

. Semoga artikel singkat di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

60 Responses to "Menstruasi Pada Musang Betina"

  1. Dok mw tnya nich..
    Klo musang di ksih daging gpp kan gk harus palyam?
    Klo musang lgi birahi ap suka ngeluarin suara y dok?
    Pencerahn na donk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gak apa2 dikasih daging. sebaiknya dagingnya dicacah dlu agar si musang tidak kesulitan makannya.

      musang yang birahi emang lebih aktif dari biasanya. termasuk sering mengeluarkan suara.. :)

      silakan baca artikel saya ciri musang birahi

      Delete
  2. Sama alat kelamin na jga kluar gtu dok...klo gak di kawinin gmna dok efek na

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal dikawinin atau nggak, balik lagi ke kemauan ownernya. gak juga gak apa2. tunggu aja sampe masa mens-nya selesai. nanti normal lagi... :)

      Delete
    2. Pnya sya jantan dok....krain sya kya org stres berkepanjangan klo gak di kawinin..

      Delete
    3. Pnya sya jantan dok....krain sya kya org stres berkepanjangan klo gak di kawinin..

      Delete
    4. nggak kok :D
      kalau jantan, silakan cek artikel saya ciri musang birahi...

      Delete
  3. Dok saya mau tanya bayi muspan saya sekitar umur 2 bln pertama2 menunduk dan gemetar setelah itu saya cba kasih vit b1 ipi, cefixime, prednison dan dijemur 10 menit setiap pagi hari gejalanya sudha ada sekita 2 mingguan sudah di bawa ke drh juga sudah disuntik vit. Cma dri kmrn muspan saya ngeringkuk saja sepertinya kaki depan sudah tdk bisa digerak2an dok dan mulai pagi ini sudah susah makan tapi tetp dipaksa pakai sepet. Blm ada kearah membaik padahal makan juga sudah teratur kandang bersih.Mohon bantuannya dok hrs diberi apalagi biar muspan saya balik normal seperti biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah buatkan artikelnya. silakan search di bagian search: cara mengobati musang yang berjalan mundur

      kalau emang udah disuntik vitamin ama dokter, hmm, observasi aja selama 3 hari ke depan. diperiksa juga gak ama dokternya? dia gak bilang apa2?

      Delete
    2. Dok klo musang yg ufh brmur 1th di ksih ssu dancow bkln mencret gak dok?

      Delete
    3. Semalem saya sudah ke dokter hewan lagi dok diberi suntikan syaraf dan morfin biar ga kejang2 .. 1 jam kemudian bisa berdiri tapi kemudian tidur lagi dok cma kejangnya sudha berkurang hanya di resepkan air infus untuk minumannya. Dokternya blgnya bukan tremor tapi kemungkinan kalo ga distemper, cacingan atau kena virus. Dokternya cma blg sakitnya sudah menyerang syaraf. Cma hrs diperiksa pup nya dulu hari senin depan dok. Bru ketauan penyakitnya apa. Atau ada masukan lain selain obat2 an di atas untuk musang saya. Dokter nya hanya menyarankan vit b1 ipi nya kalau bisa diganti dengan becombion dan diberikan air gula ku untuk menggantikan ion nya atau ada masukan lain dri dokter?

      Delete
    4. dugaan saya sih kena distemper, namun semoga aja nggak. kalau toh kena, jangan nyerah mas. dulu musang saya juga pernah kena distemper...

      dan saya seneng punya pembaca seperti mas yang responnya cepet bisa tanggap langsung ke dokter hewan. kabari saya terus kondisi musangnya ya mas.. :)

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Malem ini kondisinya sudah lumayan ad aperkembangan walaupun blm memuaskan dok cma sudah ga kejang2 lagi cuma di dinding mulut ada bintik hitam itu sariawan atau apa ya dok karna dia udh ga mau dikunyah harus dicekokin bru mau telan bubur sun nya

      Delete
    7. di lap pakai tisu yang dibasahi air matang aja mas... :)
      iya emang harus dipipet dulu selama beberapa hari sampe dia benar2 pulih... :)

      bagusnya sih kasih promina aja mas, jangan sun. :)

      Delete
  4. Dok mw tanya lagi nich
    1,kalo musang di kasih makan kaya ikan bolwh gk?
    2.musang saya hairlos na nmbah parah cara efektip gmna?
    3.kalo ngasih minyak ikan brpa butir kira" dok sama brpa x dlm 1 mnggu ngsih minyak ikan na?
    Maaf dok bnyak tanya nich soal na pemula mklum lah hehe
    O iya 1 lagi musang di kasih susu kental gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mending jangan.
      2. silakan baca artikel saya cara melebatkan bulu musang. cek juga sebab hairlossnya karena apa.
      3, minyak ikan cukup seminggu sekali. jangan kebanyakan.
      4. jangan dikasih susu kental manis. bisa mencret.

      maaf baru bales ya mas. saya baru pulang dari luar kota..

      Delete
    2. Aduh dok musang ane c kupet kaya na kena scabies.cara penanganan pertama gimna dok?saya udh bca artikel nya tpi msih aj bgtu dok

      Delete
    3. udah baca artikel saya cara mengobati scabies pada musang?

      kalau udah dipraktekkin, bawa aja ke dokter hewan terdekat biar lebih tepat penanganannya mas.. :)

      Delete
    4. Saya olesn betadine di luka nya malah mau gigit mulu..terus ngajar kya mw gigit gtu dok..
      Sya jga bngung dok soal na dokter hewan di tmpat sya gak tau dmna...

      Delete
    5. mending baca dulu artikel saya cara mengobati scabies pada musang.

      Delete
  5. Selamat pagi dok!!!
    Mau tnya lagi nich.
    Kalo musang pandan locality jawabarat di kawinin sama musang pandan locality sumatra itu gpp dok?
    Pengaruh juga gak dok buat keturunan nya?kaya cacat atw gmna.
    Ap smua musang pandan bisa di kawinin meski beda locality?

    ReplyDelete
  6. Dok saya mau tanya , saya punya musang pandan , dia sangat jitot , suka saya ajak freroom , tapi anehnya , setiap saya berdiri , dia selalu menyerang kaki saya dengan sangat serius , sampai dia genggam pake kaki dia , tapi setelah saya duduk , ia kembali tenang lagi , dan juga kadang2 dia suka seperti takut semacam apa itu , seperti kaget lari kesana kemari , apakah itu aman dok ? Saya takutnya itu gejala2 rabies dok , thnkss~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, mirip si bruno, musang bulan saya.
      itu ngajak becanda aja, mas. gak serius. dan musang emang gitu, suka sama bagian tubuh kita yang punya bau khas kayak kaki atau kuping.

      kakinya mas bau kali? hehehehehe. becanda.

      yang penting jaga kebersihan kandang dan musangnya...

      Delete
  7. Dok,apa perbedaan merawat musang jantan dan betina?
    Trs apakah musang betina itu lemah jika dipelihara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas. sama aja.
      soal daya tahan tubuh juga sama aja. jenis kelamin gak mempengaruhi daya tahan tubuh musang.

      Delete
  8. Dok numpang tanya. Muspan sya umur 3-4 bulanan tiba" jadi agresif,terus dibagian genitalnya kaya berlendir gitu. Apakah sedang mens? Tapi kata dokter kalo musang mens terjadi saat umur diatas 6 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yakin dia betina?
      terus, yakin dia umur segitu?
      warna lendirnya apa? merah?

      ya, saya juga lebih nebak dia udah mulai menstruasi sih...

      kabari lagi

      Delete
  9. Yakin banget dok,soalnya saya pelihara dari baby
    Waduh kalo warna lendir saya kurang tau,org saya pas gendong tiba" kesentuh bagian genitalnya kaya berlendir gitu
    Tapi sekarang sih udah engga dok,cuma masih galak doang

    Tpi emang umur segitu bisa menstruasi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kita lihat aja ke depannya. kita observasi aja dulu sampe seminggu ke depan...

      nafsu makannya masih bagus?

      agak susah sih kalo gak liat langsung. bisa jadi penyakit, bisa jadi juga emang menstruasi awal...

      coba mas kasih kurma tahniq, cek artikel saya SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

      Delete
  10. Dokter saya mau nanya. Musang pandan saya umur 3 bulanan betina. Di alat kelaminnya suka keluar cairan kental warna putih gitu dan bau. Itu knapa ya dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak udah kirimin gambarnya. :)
      untuk makannya gimana? dia masih mau makan?
      dia suka menjilati alat kelaminnya?
      ada perubahan nggak dari perilakunya? misalnya: jadi aktif, jadi agak galak, jadi pecicilan?
      dia pup dan pee secara normal? gak ada kesulitan saat pee atau pup?

      sementara, sering2 bersihkan aja bagian kelaminnya. saya tunggu jawaban dari pertanyaan2 di atas. :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. https://postimg.org/gallery/11p486eh6/f6e5f418/

    ReplyDelete
  13. Makasih dokter sudah mau balas😊
    Dy makan seperti biasa, makan sun dokter, makan pisang juga tapi dlam 1 hari cuma setengah pisang. Kalo putih telur suka dy, tapi jarang saya kasi. Untuk BAB nya 1 sekali sehari aja dokter keras.
    Iya dokter dy suka jilatin klaminnya.
    Perulakunya jadi agresif. Suka gigit2 apalagi subuh. Gigitnya sakit banget dokter.
    Saking bau nya, jadi saya mandiin tiap hari. Soalnya lindy nya freeroom dokter. Tidurnya juga sama saya.

    Oh iya dokter, dy suka ngelapin alat klaminnya ke lantai atau kesaya gitu. Kayak diseret gitu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas... :(
      kayaknya sih itu perubahan hormon. kemungkinan mau menstruasi. mbak yakin dia umurnya segitu?

      sekali lagi, maafkan saya karena baru balas...

      Delete
  14. kalo musang sya dok klo birahi galak....
    tpi kita ga pernah ajak main...cman di kandang doang kita mainin'y...apa bisa bonding lg dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mas lagi kawinin dia atau nggak.
      kalau mas lagi kawinin dia, mending jangan diajak main dulu. biarin aja dia sama pasangannya di kandang.

      kalau musangnya gak mas kawinin, gak apa2 ajak main aja. nanti setelah masa birahinya lewat, dia bisa jinak lagi kok...

      Delete
  15. Mau tanya dok relatif musang betina susah untk makan yah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. jenis kelamin musang nggak menentukan nafsu makannya. umur musang mas berapa? dan biasa dikasih makan apa? jangan dikasih susu...

      Delete
  16. Dok Muspan saya sekitar 3 bln lebih.kok udah mens.apakah normal?
    Ciri² seperti artikel diatas dok.

    ReplyDelete
  17. Bu dokter, musang betina saya sudah hampir 2 minggu keluar darah dari kemaluannya. Saya lihat di kemaluannya ada darah membeku di kemaluannya, tapi kok selalu keluar darah karena membekas di lantai, walaupun sedikit.
    Kondisinya semakin lemas, akhirnya saya kasih bubur SUN Beras Merah untuk menambah zat besi.
    Gimana yah cara hentikan pendarahannya?
    Apakah boleh saya kasih Sangobion?
    Trims bu Dokter. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa, mas?
      udah masuk usia menstruasi?

      kasih air kelapa campur sari kurma aja. pagi dan sore.
      jangan dikasih obat manusia, mas... :(

      Delete
    2. Udah 3,5 tahun dok.
      Biasanya kasih ikan Nila.
      Apakah harus distop dulu konsumsi daging?
      Siap bu dokter, bakal saya kasih air kelapa + kurma. 😀
      Apakan bubur SUN nya boleh?

      Delete
    3. boleh kasih bubur sun. atau promina.

      sementara dagingnya stop aja dulu. kasih bubur bayi dulu, dan buah.

      Delete
  18. Dok saya mau nanya
    1.kalau musang mens itu keluarnya banyak banget gak darahnya?
    2.apakah ada cara supaya darahnya gak kemana mana apa mungkin dipakein kain gitu dok?

    Makasih ya dok sebelumnya

    Oh iya dok satu lagi, musang betina kalo udah besar gak dikawinin gak bakal stress kan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. tergantung. ada yang banyak, ada juga yang sedikit. tapi sebanyak-banyaknya, nggak sampe banyak banget sih. :D

      2. nggak usah. biarin aja. toh darahnya juga gak sampe ngocor gitu kok. :)

      3. nggak. meski lebih baik, dikawinin aja. namun nggak dikawinkan juga gak apa2. kenapa nggak coba disteril aja mas?

      Delete
  19. Dok musang Pandang q betina umr kurg lebi 2thn,an habis saya kawinin kg di area kemaluan nya basah trs berlendir putih,gt bertanda apa z dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dua kemungkinan: itu spermanya si pejantan atau keputihan. kalau keputihan biasanya agak bau amis. kalau sperma, beda.

      Delete
  20. Maksudt nya uda saya kawin kan dan udah saya pisah sejak 1bln yg lalu dokdok, sekarang klk mlm suka mondar mandir sambil bunyi"gtu dok, trs nafsu mkn berkurang bahkan perna g mkn 3hr,cmn minum doang kdang cmn mkn telor rebus 1bji doang sda gk mau mkn lgi ,kadang klamin nya suka di jilatin .

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, gitu.
      sejujurnya saya sih takut dia keguguran, mas. tapi semoga aja nggak.

      gak ada tanda2 perutnya membesar?
      coba aja mas kasih madu asli atau sari kurma.

      Delete
  21. dok muspan saya baru umur 3-4bulan, kok udah keluar darah ya dari kemaluannya? padahal saya baca artikel dokter diatas normalnya menstruasi diumur 6 bulanan. fast respon ya dok. saya kebingungan nih -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yakin itu darah menstruasi? emang kadang ada sih yang dibawah 6 bulan udah menstruasi, jadi tergantung hormonnya... wajar kok

      Delete
  22. Suhu knaoa ya musang saya kok belum mens slama 2bulan

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum doc, saya punya muspan betina usia kira2 1thn, knp tiba2 dia mengeluarkan suara, seperti melolong ya..?

    terimakasih sebelumnya doc

    ReplyDelete
  24. Dok musang saya punya ciri" persis sedang menstruasi tpi dia msih umur 3 bulan dok itu knp ya, dia juga kluar darah sma lendir keruh kuning, dan agresif juga, sya minta saran nya dok trimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.