Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa | Drh. Fira Sovica

Saya digigit ular berbisa! Apa yang harus saya lakukan? Demikian pertanyaan yang kadang datang terhadap saya. Digigit ular berbisa seperti ular kobra, ular derik, dan jenis ular berbisa lainnya memang bisa saja terjadi, terutama jika anda gemar memelihara ular berbisa seperti ular cobra dan lainnya.

Pertolongan pertama saat tergigit ular berbisa

wajib diketahui para pecinta ular berbisa demi mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, yaitu tergigit ular berbisa. Ular berbisa sendiri punya ciri spesifik. Tanda fisik ular berbisa bisa dibaca di artikel saya ciri ular berbisa.
Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa
Image taken from lifeandscience.org
Bagi anda yang memelihara ular berbisa hendaknya mengetahui jenis dan kelas bisa yang dikandung oleh ular tersebut. Menurut resikonya, jenis bisa atau racun yang dikandung oleh seekor ular dapat dikategorikan menjadi 3 kelas. Berikut adalah pertolongan pertama saat digigit ular berbisa menurut kelas bisa masing-masing.
  1. Ular berbisa dengan racun kelas mild.
  2. Ular dengan bisa jenis mild (ringan) biasanya tidak menimbulkan efek tertentu jika kita tergigit ular yang memiliki racun mild. Dalam beberapa kasus yang kadang terjadi pada orang yang alergi pada bisa ular jenis mild, racun mild pada ular bisa saja menimbulkan alergi seperti gatal-gatal, ruam-ruam pada kulit, demam, dan lain sebagainya. Pertolongan pertama saat digigit ular dengan bisa mild adalah dengan meminum obat-obatan penghilang rasa nyeri seperti paracetamol 500gr. Jilka anda memiliki alergi terhadap bisa ular, lebih baik jika anda menghubungi dokter terdekat agar mendapat perawatan lebih lanjut.
  3. Ular berbisa dengan bisa medium.
  4. Ular berbisa dengan racun kelas medium (sedang) sedikit lebih berbahaya dari bisa jenis mild (ringan). Pada tingkatan parah, orang yang tergigit ular dengan racun kelas medium akan merasa mual, muntah, demam tinggi, dan kehilangan kesadaran. Kasus kematian akibat digigit ular dengan bisa medium bisa saja terjadi jika orang yang digigit memiliki alergi tinggi terhadap bisa ular tersebut. Pertolongan pertama jika digigit ular dengan racun kelas medium adalah dengan memeriksakan diri ke dokter terdekat sesegera mungkin, terutama jika anda memiliki riwayat alergi terhadap ular yang menggigit anda. Dalam beberapa kasus, dokter akan memberikan serum untuk menetralisir bisa.
  5. Ular dengan jenis bisa high.
  6. Ular dengan racun jenis high (tinggi, berbahaya) hendaknya tidak dipelihara oleh orang yang baru pertama kali memelihara ular berbisa. Hal ini dikarenakan ular dengan jenis racun high memiliki efek yang lebih buruk dibandingkan ular dengan bisa medium atau mild. Efek terburuk akibat digigit ular dengan racun kelas high adalah kematian. Efek kematian akibat digigit ular berbisa high seperti king cobra dan lain sebagainya bisa diminimalisir dengan mencegah racun mencapai jantung. Hal pertama yang bisa anda lakukan saat digigit ular berbisa jenis high adalah dengan mengikat dengan amat kencang bagian tubuh yang digigit ular. Anda bisa mengikat kencang bagian tubuh yang terkena racun dengan tali atau sabuk untuk mencegah mengalirnya racun ular ke jantung, dan hubungi dokter atau rumah sakit terdekat sesegera mungkin untuk mendapatkan langkah pengobatan lebih lanjut. Dokter biasanya akan menyuntikkan serum untuk membersihkan racun dari dalam darah serta menghentikan penyebaran bisa di dalam darah korban.
Demikian adalah

pertolongan pertama saat digigit ular berbisa

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda saat digigit ular berbisa. Saran, komentar dan kritik bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.