Cara Mengobati Sayap Patah Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Burung hantu seperti barn owl atau celepuk kerap kadang mengalami patah sayap yang menyebabkan burung hantu barn owl atau burung hantu celepuk tidak bisa terbang.

Cara merawat burung hantu yang patah sayap

sebaiknya diketahui oleh ownernya agar dapat penanganan yang tepat dan cepat.
Cara Mengobati Sayap Patah Pada Burung Hantu
Image taken from boards.ie
Seperti yang sudah saya tulis di artikel cara mengobati kaki burung hantu yang pincang, struktur tulang burung hantu khususnya dan bangsa burung pada umumnya memang berbeda dengan struktur tulang hewan lainnya. Tulang burung hantu memiliki ruang kosong yang lebih luas dan dinding tulang yang lebih tipis. Hal ini tentu saja membuat tulang burung hantu lebih ringan dari makhluk sejenis sehingga membantu mereka untuk mengangkat tubuh dengan sayap (terbang) namun juga memiliki resiko patah tulang atau patah sayap akibat insiden kecelakaan yang lebih tinggi pula.
  • Penyebab Patah Sayap Pada Burung Hantu.
  • Penyebab patah sayap pada burung hantu umumnya disebabkan oleh insiden kecelakaan serta rapuhnya tulang burung akibat kekurangan kalsium. Jadi, jika tulang burung hantu kuat, maka resiko patah sayap pada burung hantu bisa diminimalisir.
  • Mencegah Patah Sayap Pada Burung Hantu.
  • Cara mencegah patah sayap pada burung hantu adalah dengan memberikan asupan kalsium yang cukup kepada burung hantu anda. Cukup taburkan bubuk tulang ikan sotong di makanan burung hantu secukupnya lalu berikan makanan tersebut ke burung hantu yang sakit. Lakukan setiap minggu sekali sebagai pencegahan. Anda bisa membeli tulang ikan sotong di toko makanan burung terdekat.
  • Mengobati Patah Sayap Pada Burung Hantu.
  • Nah, untuk mengobati sayap patah pada burung hantu barn owl atau cara mengobati burung hantu celepuk yang sayapnya patah yang paling baik adalah dengan membawanya langsung ke dokter hewan. Hal ini ditujukkan agar kita tahu pasti seberapa parah kondisi patah tulang pada burung hantu tersebut. Namun, jika anda tahu pasti bahwa kondisi burung hantu tersebut belum terlalu parah patah tulangnya, anda bisa mengoleskan minyak urut atau minyak gandapura ke bagian sayap yang patah dengan catatan: harap segera bawa burung hantu tersebut ke dokter hewan jika kondisi burung hantu tidak membaik selama 24 jam kemudian setelah dioleskan minyak tersebut.
Nah, demikian adalah penyebab patah sayap pada burung hantu, mencegah patah sayap pada burung hantu, dan

cara mengobati patah sayap pada burung hantu

. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda dalam merawat burung hantu yang sayapnya patah. Komentar dan konsultasi bisa dilakukan dengan mensubscribe akun facebook anda dan memberikan komentar dibawah ini dengan mencantumkan akun facebook anda. Terima kasih. (FS)

101 Responses to "Cara Mengobati Sayap Patah Pada Burung Hantu"

  1. bang kalo burhannya masih kecil ada kemungkinan dimakan tikus gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan saja tempatnya aman dari tikus... :)
      taruh di perch saja... cara membuat perch bisa dibaca di cara membuat perch sendiri.

      Delete
  2. saya punya barn owl usia juve , sayapnya turun sebeah , tetapi masih bisa terbang . Apakah sayanya patah atau hanya terkilir ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya terkilir kayaknya. biasanya akan kembali lagi ke semula. kalau dalam 3 minggu tidak naik lagi, sebaiknya bawa ke klinik hewan terdekat mas...
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  3. Dok apakah CELEPUK boleh langsung dikasih tulang ikan sotong secara langsung. soalna kalo ang bubuk dikasih jangkrik malah tumpah2 gak nempel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih langsung,
      jangkriknya boleh dibasahin dulu pakai air mineral atau bubuk tulang sotongnya yang dikasih air dikit agar bisa dioles ke jangkriknya... :)

      Delete
    2. Dok saya punya celepuk usia BC,waktu mau dilatih terbang,pas lihat owl saya,sayap yang kanan tegak sayap kiri kebwah lemes kayanya patah yah dok,gimana cara mengobatinya dok?

      Delete
    3. coba mas baca artikel di atas... :D

      Delete
  4. Mbak tadi malem saya di kasih bo sama tmn katanya pas terbang jatuh trus saya lihat sayapnya kayaknya patah dan agak parah karena udah kayak gak nyambung tulangnya apa bisa sembuh.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan... semoga aja masih bisa diobati alias disposisi ringan...

      Delete
  5. dok saya punya barn usia msh chick ,makan sih lahap , tapi kenapa ya sekarang kedua sayapnya turun kebawah dan agak kurang semangat , tapi lahap makan nya.....
    pengen di bawa ke dokter hewan tapi di kota saya tidak ada , harus kekota besar dulu , maklum kota kecil dok , menurut dokter apa yg trjadi pd barn owl saya ...???
    maaf sebelumnya
    terima kasih.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas tekan atau sentuh sayapnya, dia keliatan kesakitan gak?
      kalau kesakitan, kayaknya mau gak mau harus dibawa ke dokter hewan. kalau tidak, silakan kasih asupan kalsium dari tulang sotong. beli aja tulang sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus, kasih air sedikit, lalu oleskan ke makanannya dan berikan ke owlnya.... lakukan saja 2x seminggu.... lalu observasi selama 2 minggu ke depan... :)

      Delete
    2. oww... apa mungkin bukan patah dok...??? tapi kaya kena penyakit gitu spt tetelo atau apa gitu mungkin...???
      soalnya kedua sayapnya ketika saya sentuh respon nya biasa aja tuh dok...???
      menurut dokter itu kenapa....????

      thank's.....

      Delete
    3. tetelo gak menyebabkan lumpuh seperti itu, mas. silakan baca cara mencegah penyakit tetelo pada burung hantu. cek juga fesesnya, samakan dengan gambar feses pada artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...
      hmm, kalau tebakan saya, kurang kalsium aja kayaknya, dan semoga emang bener.

      Delete
    4. moga-moga tebakan dokter bener , jadi ngga tenang sayanya , makasih dok pengertiannya . maaf jadi ngerepotin dok...

      Delete
    5. saya malah seneng kalau ada yang nanya... bsa kembali kemari jika ada yang ditanyakan...

      Delete
    6. BO saya sembuh dok tapi karna saya takut skit lg , akhirnya saya kasih sama sodara saya yg sudah pro tntng owl , tpi saya di beri celepuk yg brancher , makan nya lahap bgt sudah jinak dok tpi kadang ya msih galak , yg mau saya tanyakan sii celepuk saya ini boleh ngga saya taruh di pearch tapi di dalam kamar tidur saya dan kamar tidur saya memakai kipas angin , boleh gak kalau seperti itu...??? dan bentar lg kan mudik boleh ngga saya bawa mudik soalnya dirumah jd gk ada orang , gemana menurut dokter...???

      Delete
    7. kalau hanya kipas angin, boleh aja mas... :)
      kalau memang mau dibawa mudik, itu lebih bagus. pakai box kardus yang agak besar dan dikasih dua lubang di dindingnya. taruh tangkringan di dalam kardus itu... jangan lupa kasih makan... :)

      kalau mau mas titipkan ke sodara mas itu juga oke.. :)

      Delete
    8. saya bawa aja dok lucu soalnya , saya di pinjami sodara kandang kucing dok kbetulan sodara saya yg pro itu nyarin seperti itu apa ngga papa dok kalau bukan kardus tapi kandang kucing , saya bingung kata di blog sebelah owl ngga boleh di kandang... gimana menurut dokter...??? maaf bnyak nanya bgt.... :(

      Delete
    9. gak apa2 banyak nanya....
      saya sependapat sebenernya dengan blog sebelah. jangan pakai kandang berjeruji, tapi kandang yang dindingnya tertutup aja. makanya saya menyarankan pakai kardus. tujuannya agar si owl lebih nyaman di dalam. owl gak nyaman dan rentan stress kalau ditaruh di dalam kandang jeruji.....

      Delete
    10. ok dok aku ikutin saran dokter aja yg pakai kardus , oh yaa skalian kalau owl di taruh di kamar tidur saya teeeerrrrus keluar kluar paling cuma di jemur abis gitu di masukin kamar tidur lagi gak papa dok...???

      Delete
    11. soalnya ngga saya kasih anklet atau pengaman apapun , setiapa aku pake'in sllalu berusaha di lepas , otomatis aku gk tega , makanya ngga aku pske'in tak taruh di kamar tidur teerruuss keluar ya waktu dijemur aja abis gitu aku masukin lg kamar tidur...

      Delete
    12. dusnya agak besar ya mas. bekas kulkas atau bekas tv. gak apa2 di kamar juga. asalkan mas sering bersih2 kamar aja... :)

      jangan lupa dikasih tangkringan di dalamnya...

      Delete
  6. Dok, bwk saya kok sayapnya turun dua"nya, bukan patah krn masih bisa dikipaskan di gerakkan cuma turun ja tu kenapa ya apa krn stress ya? Trs gmn cara atasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kemungkinan. tebakan saya sih kurang kalsium.
      biasa mas kasih makan apa? kalau boleh saya sarankan, bawa aja ke dokter hewan sesegera mungkin biar dicek.. :)

      Delete
  7. Bu Dokter,, BO saya sayap bagian engselnya kok benjol besar yah,,dan sayapnya jadi turun ke bawah sampai ke injak injak sendiri,,kasian padahal masih umur 4 bulanan,,kalo dikasih makan maunya terbang tapi mungkin karna sakit jd ga kuat. Gimana ya bu ,, trims. Purwokerto

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? apa ada perubahan?
      lalu apakah benjolannya kalau di tekan si burung hantu akan terasa kesakitan?

      saran saya mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin agar dicek. takutnya tumor atau kekurangan kalsium... selama ini dikasih makan apa, mas?

      Delete
  8. Dok saya baru beli burhan celepuk, waktu saya beli saya gak liat disayap kayak ada luka(gatau itu luka atau bukan) gitu, trus sayapnya juga yang sebelah kiri gak mau nutup.. jadi sebelah duang yang ketutup itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending cek aja bagian ketiaknya atau bagian sayap dalamnya, ada benjolan atau tidak. biasanya sih karena ada benjolan...

      kalau tidak ada benjolan, coba tekan bagian sayap. dia kesakitan atau tidak. kalau tidak, tebakan lainnya kurang kalsium... :)

      kalau kesakitan, mungkin ada insiden (jatuh, dll)....

      gampangnya sih mas bawa ke dokter hewan terdekat aja mas... :)

      Delete
  9. Bu apa bener klo barn owl itu tidak berpopulasi di daerah jawa barat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. barn owl tidak ditemukan di jawabarat. tapi daerah jawa tengah dan timur banyak.... :) maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang... :)

      Delete
  10. Dok..saya baru beli bubo sumatranus..usia juve awal..dan kedua sayapnya turun..namun msh aktif dan sering bunyi..saya raba tulang sayapnya jg tdk ada yg memar/patah..apa ada kemungkinan kembalu normal ya dok..utk skr sich terbang msh normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang kalsium kayaknya, mas. ini cuma tebakan saya aja loh ya...

      coba kasih asupan kalsium. makanannya kasih bubuk tulang ikan sotong sedikit sebelum diberikan ke owlnya. beli aja tulang ikan sotong, lalu tumbuk hingga benar2 bubuk....

      Delete
  11. Baik dok saya coba dlu..oia dok..utk pemberian bubuk tulang sotong porsinya bagaimana dok..dan diberikan brp kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. basahi aja makannya, lalu guling2kan di bubuk tulang sotongnya, baru berikan... :)

      Delete
  12. dok, bagaimana mengatasi bekas luka ikatan burung hantu yang hampir menembus tulang... awal kejadiannya di ikat dengan tali prusit hanya sekedar simpul, tapikelamaan dia berusha melepas dan ikatannya makin kencang. dan akhirnya ikatannya sy lepaskan dan membentuk bekas yang dalam. kondisinya masih normal, mencengkram dan terbang juga tidak pengaruh.

    dan apakah tidak apa2 makanan celepuk selalu daging segar. selama ini nafsu makannya cukup bagus dengan daging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus kalau owlnya selalu diberi daging segar. yang masih berdarah ya mas. dan jangan daging kambing.

      dia gak keliatan kesakitan? maksudnya 'menembus tulang' gimana ya mas? apakah sampe berdarah?

      bagusnya coba mas kirim gambar via chatting. saya tunggu ya...

      Delete
  13. Replies
    1. silakan baca artikel saya chatting dengan drh fira sovica

      Delete
  14. siang dok,saya mau tanya,,kmren syap barn owl saya trun sblah,,pdhal gak prnh jatuh,,krna masih chick,,trus pagi ini syap sblah nya trun lagi,,gimana solusi nya dok,,ksihan soalnya,tpi makan masih rakus dok

    ReplyDelete
  15. maaf admin
    Burung saya sayap.na turun sbelah karena kesleo gimana cara ngatasi.na
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditekan, dia kesakitan gak?
      ada kemungkinan kurang kalsium sih. mas jenis burungnya apa? dan biasa dikasih makan apa?

      Delete
  16. Dok.. Burung hntu celepuk saya terkena kipas siling atas. Sayap nya pusing melawan arus patah.. Sevelah kiri... Bisa sembuh gak klau d bawa ke kliniknya.. Tq.. Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih baik dibawa ke klinik hewan secepatnya. agar ditangani secara tepat...

      owlnya masih mau makan? beri makan secara teratur... :)

      kabari lagi...

      Delete
  17. Makan mnum masih bgus.. Sekrng d spu ubat dan d balut.. Balutannya tidak kemas. D malaysia burung hantu burng larangn. Pasar burung bilang... Takut di tangkap kerna memeliharanya kalau d hantar kecklinik

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, agak sulit jika tidak dihantar ke klinik.
      ada luka di sayapnya?
      jika ada luka, beri obat luka tetes. di indonesia, kami menggunakan Betadine Iodine. beri di kapas, lalu sentuh kapas ke luka di owlnya.... jaga agar lukanya tetap bersih....

      sementara itu dulu. beri pakan. dan coba cek fesesnya, silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.... feses burung hantu sehat ada 3 part: putih seperti susu, bening like clear water, dan bagian kehitaman. apakah sama seperti itu?

      nanti saya beri obat untuk lukanya, namun saya butuh info mengenai fesesnya dahulu... :)

      kabari saya...

      Delete
  18. Urateny banyk fecalnya skit.. Dan kehijaun muda sedikit aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemungkinan stressing. coba dikarantina saja. :)

      sekarang bagaimana keadaannya?

      Delete
  19. Sudah tiaaadaaaaa.. :-(

    Kelmarin sempat dibawa ke klinik yg mau rawat burung hantu... Diberi vitamin dan pelbagainy...

    Tapi mungkin ajal harini sudah pergi selamnya 😭😭:-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut bersedih.... :(
      untuk pelajaran saja agar kedepannya bisa merawat burung hantu lebih baik lagi....

      Delete
  20. Dok mau tanya nih. Kalo bulu sayap barn owl patah, itu bisa tumbuh lagi ga ya?

    ReplyDelete
  21. Dok , inj saya yang yang waktu itu nanya soal muntan burung
    Sekarang udah ga muntah lagi ,tapi sayapnya turun sebelah dok
    Saya sih udah baca diatas itu antara kurang kalsium ato engga patah
    But , saya cuma mau berterima kasih sudah mau menjawab pertanyaan saya , wish the best for ya !

    ReplyDelete
  22. Dok saya punya tyto dia jatuh dari tenggeran trus sayap kiri turun sama gak bsa di kepak kaki kanannya tengkat gmana ya dok cara menanganinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sayapnya ditekan, dia keliatan kesakitan nggak?

      kalau kesakitan, mending cek ke dokter hewan terdekat...

      sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      Delete
    2. Di bagian sayapnya balu gtu dok biru itu knapa ya dok

      Delete
    3. kesakitan nggak kalau ditekan? :)

      Delete
  23. dok answer saya punya bubu sayapnya dua - duanya turun bgaimana cara mengatasinya? apa langsung harus di bawah ke drh?

    ReplyDelete
  24. Dok, sayap burhan saya turun sebelah akibat luka tembak oleh orang.
    apakah bisa pulih dengan cara memberikan pertolongan berupa perban seperti gambar berikut ?

    https://postimg.org/image/fkiv13psf/

    Thank's

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Dok saya punya burhan umur 3 bulan sayap yg satunya turun kyknya kesakitan nih,hbis saya ltih terbang tp kaki si burhan blom kuat untuk nahan jatuhnya ,trus dia jatuh nhan dg sayapnya,kelihtannya si ngg patah,trus bgmana solusinya dok?
    Makasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang keliatannya gak patah, cuma kesakitan doang, sementara observasi aja selama 3 hari ke depan. bisa diolesin minyak urut di bagian sayapnya yang sakit...

      kabari terus

      Delete
  27. Dok sayap buffy saya keseleo 2 bulan lalu tapi memarnya udah berkurang wlaupun belum sepenuhnya sembuh cuma sayapnya masih agak turun kalo sayapnya diperban dikembalikan kesemula boleh dok ?
    Kata dokter hewan dsini cuma memar biasa dikasih salap juga sembuh
    Sempat ragu juga sama dokternya karna kucing aja yg sering diobatinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokter hewannya gak bilang dikasih salep apa.
      kalau cara tradisionalnya sih, iya, dioles minyak urut atau semacamnya (minyak gandapura dan semacamnya).

      diperban boleh aja, tapi lebih baik sama dokter hewannya aja... :)

      Delete
  28. Dok sayap patah bisa sembuh sendiri hanya dengan diperban atau memang harus dibedah ?

    ReplyDelete
  29. Dok saya barusan beli bop jenis whe, karna saat saya mampir dikios burung saya ngeliat kondisinya buat miris dok karna saya juga pecinta bop makanya saya ngotot aja mau bayarinnya dok kondisinya kutuan, sayap sebelah kanan turun, kaki sebelah bengkak karna diikat pke nilon kecil, saya mau bawa ke dokter hewan padahal dana saya udah habis dok karna saya habisin buat bayar bop itu, mohon pencerahannya dok saya harus bagaimana supaya bop yang saya selamatkan ink tadi bisa kembali ke kondisi normal, saya yakin kalo saya gk beli bop tersebut tadi saya pastikan 2 bulan setelahnya pasti mati karna mereka gk tau cara meliharanya dok, saya mohon dok pencerahannya apa yang hrus saya lakukan karna saya tidak bisa bawa dia ke doktsr hewan

    ReplyDelete
  30. Dok sya mau tnya, buffy sya baru beli..e g tau sya truh d pearch dr kayu, trus jatuh & syap kanan kejatuhan trus skg sengkleh syapnya(turun) duh dok gmn cra nanganinya dong..apa d perban atau gmn..?trma

    ReplyDelete
  31. Dok saya punya buffy sayapnya di tembak org sekarang udah sembuh tapi malah sayap yg bekas di tembak turun terus. Apakah bisa di sembuhkan seperti semula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya boleh saran, mending bawa ke dokter hewan aja.
      cek tulangnya. kalau emang ada kerusakan di tulangnya, bisa minta di gips....

      terbangnya gimana mas? masih bisa terbang?

      Delete
  32. Dok, saya punya celepuk masih chick, skr kondisi nya kaya lumpuh gitu gabisa berdiri, kondisi kaki nya kaku, tpi masih bisa gerak, tapi kalo di pegang kaki nya dingin. Kenapa yah dok?

    kronologi nya gini, adik saya ngasih pakan daging ayam dari syur sop, terus efek nya mencret sama lemes, terus feses nya acak2 ke kaki sama bulu, terus saya cuci dikeringin pake hairdryer. Itu efek salah pakan, atau karena di cuci tadi yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      padahal udah ada artikelnya, mbak. cara mengobati burung hantu lumpuh.

      kemungkinan gejala tetelo.... sebelum kaku gitu, biasanya keliatan kok dari fesesnya tanda2nya... antisipasinya bisa ditetesin super-n setetes setiap hari...

      Delete
  33. Siang dok. Mw tanya.. td pagi saya dikasih sama tetangga tytoalba dewasa. Sayangnya dalam keadaan luka tembak di kaki ma sayapnya. Sebagai pertolongan pertama saya beri parutan kunir di sekitar luka dan saya perban.. apalagi yang harus dilakukan dok biar bisa cepat sembuh dan bisa terbang lagi tentunya? Trims dok. Salam dari magelang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam.. :)
      buat lukanya, sementara itu aja dulu. buat daya tahan tubuhnya, kasih super-n aja mas. tetesin ke mulutnya tiap hari setetes setiap hari.

      Delete
  34. Kalo seperti itu masih bisa sembuh gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sayapnya patah, mas?
      tergangung seberapa parah sayap patahnya. :)

      Delete
  35. Salam dok, saya mau tanya, burung hantu peliharaan saya di ujung sayapnya berdarah, saya tidak mengerti penyebabnya apa, dan bagaimana cara mengobatinya.
    Burung ini masih liar, sering panik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas samasekali gak tahu?
      coba cek, ada lukanya nggak. kalau ada, kasih betadine...

      Delete
    2. Setiap saya mau pegang, dia selalu panik, sayapnya di kepak2an, darahnya kemana2 saya takut nantinya malah makin parah. Dari yang saya lihat, darahnya keluar dari sayap yang paling ujung, bulunya seperti ada yang patah.

      Delete
    3. agak susah sebenernya kalo udah kayak gini...

      kalo bisa saya saran, mending bawa ke dokter hewan aja mas. biar diperban.

      Delete
  36. gan , bop saya sayapnya turun, bisa balik seperti semula ga? n cara ngobatinnya gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek asupan kalsiumnya, mas. selama ini dikasih suplemen kalsium apa? coba taburin bubuk tulang ikan sotong di makanannya sebelum diberikan....

      kalo mas angkat sayapnya, dia keliatan kesakitan?

      mending mas baca artikel cara mengobati sayap turun pada burung hantu... secara prinsip sama...

      Delete
  37. Dok, saya baru adop obay, trus dari kemarin saya dapet matanya nutup terus, makan susah dilepehin, tapi feses normal, gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n. setetes setiap hari. udah saya bahas sebenernya di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  38. Dok buffy saya umur bc sayapnya turun bisa sembuh tidak dok dan gmn cara ngobatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas angkat sayapnya, dia kayak kesakitan nggak?

      cek asupan kalsiumnya dia. bagusnya kasih bayi tikus putih yang masih merah buat asupan kalsiumnya dia. :)

      Delete
  39. Dok saya baru beli tyto Alba,pas saya cek sampai rumah sayapnya patah/ luka dan bulunya sedikit agak rontok.dan memar cara mengobati nya gimana ya dok.
    Dan andaikan ke dokter hewan kira2 biayanya kisaran berapa ya dok .
    Terima kasih banyak dok

    ReplyDelete
  40. Dok burung saya sayapnya berlubang seperti kena tembak atau apalah, berlubang,memar sebagian bulu rontok.dan susah untuk makan.
    Maklum baru beli ketipu saling percaya aja ma penjual yg pinter bicara,
    Solusinya dong dok,
    Untuk tidak mogok makam dan minum serta mongobatm sayap yg berlubang.
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
  41. Dok, saya punya BO namanya preda, tylang sayap dia patah karena keriban kandang besi, saya udah telpon beberapa dokter hewan daerah jakarta dan bekasi tapi kbanyakan pada bilang ngga bisa dan belum ada alatnya. Katanya harus d pen tapi nyari pen yang kecil susah buat burung. Ada info ngga dok dokter yang bisa? Soalnya udah 2 hari. Dia masih doyan makan cuman kalo saya tinggal pas dateng dia murung kaya kesakitan gitu. Yapi kalo d deketin atau di elus dia biasa aja. Takunya kalo kelamaan takut ngga bisa d tolong lagi sayapnya. Mohon infonya dok. ��

    ReplyDelete
  42. Dok sy punya tyto chik, sayapnya patah, apakah bila besar bisa terbang?

    ReplyDelete
  43. Klu disapu minya urut adakah akan pulih?

    ReplyDelete
  44. kira2 klo obatin sayap patah di klinik hewan kosaran hrga berapa doc tolong infonya

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum Bu Dokter, saya baru adopt buffy fish owl, beli Online, pas nyampe rumah saya cek, ternyata sayapnya kanan kiri seperti Patah gitu dok, kepakan sayapnya pendek, sama cuman bisa loncat-loncat gitu dok.... gimana saran dari dokter? Apa bisa sembuh lagi? Tumbuh normal kembali? Keknya yg dipatahin itu tulangnya gitu tapi dok, saya kasihan banget pas nyampe..T,T.. mohon saran dan masukkannya.

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum Bu Dokter, saya baru adopt buffy fish owl, beli Online, pas nyampe rumah saya cek, ternyata sayapnya kanan kiri seperti Patah gitu dok, kepakan sayapnya pendek, sama cuman bisa loncat-loncat gitu dok.... gimana saran dari dokter? Apa bisa sembuh lagi? Tumbuh normal kembali? Keknya yg dipatahin itu tulangnya gitu tapi dok, saya kasihan banget pas nyampe..T,T.. mohon saran dan masukkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya nggak bisa lihat langsung buffynya kayak gimana, jadi gak bisa tau kondisi sebenarnya kayak gimana.
      kalau saran saya, bawa ke dokter hewan terdekat aja mas. nanti dokter liat langsung kondisinya. kalau patahnya gak terlalu parah, gak sampe tulangnya yang patah, bisa aja sembuh.

      gak nanya sama yang jual, mas?

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  47. Dok sayap burung hantu saya sayapnya pada patah cara mengatasinya gmna ya dok,apakah di cabut?

    Saya tunggu kabarnya secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya nggak bisa lihat langsung burung hantunya kayak gimana, jadi gak bisa tau kondisi sebenarnya kayak gimana.kalau saran saya, bawa ke dokter hewan terdekat aja mas. nanti dokter liat langsung kondisinya. kalau patahnya gak terlalu parah, gak sampe tulangnya yang patah, bisa aja sembuh....

      maksudnya dicabut gimana mas? sayapnya dicabut?

      Delete
  48. Bang mau tanya,bobo saya sayapnya bagian dalamnya berdarah ,cara mengobatinya gimana ya

    ReplyDelete
  49. Dong sayap burung hantu saya berdarah,gimana cara mengobatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdarahnya seberapa parah? kalo emang ampe berdarah dan sayapnya sampe patah, mending bawa ke dokter hewan aja mas....
      selebihnya, udah ada caranya di atas

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.