Mengobati Kaki Pincang Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Burung hantu seperti barn owl atau celepuk kerap mengalami pincang kaki atau kaki lumpuh.

Cara merawat burung hantu yang kakinya pincang

wajib diketahui oleh pecinta owlry karena burung rentan terkena penyakit tulang yang menyebabkan kaki burung hantu lumpuh. Cara memelihara burung hantu celepuk bisa anda baca di artikel memelihara burung hantu celepuk.
Struktur tulang burung hantu khususnya dan bangsa burung pada umumnya memang berbeda dengan struktur tulang hewan lainnya. Tulang burung hantu memiliki ruang kosong yang lebih luas dan dinding tulang yang lebih tipis. Hal ini tentu saja membuat tulang burung hantu lebih ringan dari makhluk sejenis sehingga membantu mereka untuk mengangkat tubuh dengan sayap (terbang) namun juga memiliki resiko patah tulang akibat insiden kecelakaan yang lebih tinggi pula. Dengan struktur tulang seperti ini pula banyak jenis penyakit tulang yang menyerang burung hantu.

Mengobati Kaki Pincang Pada Burung Hantu

  • Burung hantu yang lumpuh bisa disebabkan oleh banyak sebab. Kecelakaan dan kekurangan kalsium bisa menjadi 2 penyebab kaki pincang pada burung hantu. Kecelakaan yang menyebabkan burung hantu pincang atau lumpuh biasanya karena terkilir dan patah tulang. Diperlukan perawatan khusus untuk mengobati burung hantu yang pincang atau terkilir.
  • Jika saat ditekan bagian yang pincang si burung hantu terlihat kesakitan, maka kemungkinan burung hantu tersebut mengalami patah tulang atau insiden serupa. Perlu penanganan lebih lanjut dalam mengobati burung hantu yang patah tulang, maka saya sarankan agar anda membawa burung hantu yang mengalami patah tulang tersebut ke dokter hewan terdekat.
  • Namun jika burung hantu tersebut tidak merasa kesakitan saat ditekan bagian yang pincang atau lumpuh, anda bisa mencoba cara berikut dalam mengobati burung hantu yang pincang kaki: oleskan minyak tawon atau minyak gandapura ke bagian kaki burung hantu yang pincang dengan menggunakan kapas. Untuk perawatan dari dalam, anda bisa memberikan bubuk tulang sotong ke burung hantu. Anda bisa membeli tulang ikan sotong di toko makanan burung terdekat. Cukup taburkan bubuk tulang ikan sotong di makanan burung hantu secukupnya lalu berikan makanan tersebut ke burung hantu yang sakit. Lakukan perawatan untuk burung hantu yang pincang tersebut 2x sehari selama 3 hari sambil diobservasi. Jika dalam masa observasi kondisi burung hantu tidak membaik, maka sebaiknya segera bawa ke dokter hewan terdekat.
Demikian adalah

cara mengobati kaki pincang pada burung hantu

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam menyembuhkan burung hantu yang pincang. Saran dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

159 Responses to "Mengobati Kaki Pincang Pada Burung Hantu"

  1. Dok Brown ku kakinya pincang dok, kakinya bengkan. krna aku cek kaki satunya kurus dan yg satu lg gemuk, tp yang di pake nopang malh kaku yg kurus makanya aku simpulkan bengkak, tp kayaknya fungsinya msih aktif krna aku taro d tanya masi bisa mencengram dikit. aku bingung dok, mau bawa ke dokter udh malm, trus nda tau mau cari minyak tawon di mana. mana burhannya nga mau makn lagi. aku minta saran dok itu kira2 knapa trus aku harus gimana dok untuk penanganan awalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oles minyak tawon atau minyak gandapura aja dlu, lalu oleskan ke kakinya.... observasi selama 3 hingga 5 hari sambil dikasih makan... :)

      Delete
    2. Klo dikasih minyak kayu putih gimna dok

      Delete
  2. Dok, burung hantu saya jalannya agak pincang gitu terus jadinya sering duduk dengan posisi agak miring, itu gara-gara terkilir bukan ya? terus kalau dikasi balsem biasa boleh gak dok? Makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agak ditekan. kalau kesakitan, mungkin ada fracture (patah) pada tulang. kalau tidak, mas bisa coba cara di atas..... :)

      patut diperhatikan juga warna fesesnya. apakah ada perubahan dari warna feses dari sebelum dia sakit hingga sekarang? saya tunggu balasannya...

      Delete
    2. Dok burhan celepuk saya kakinya pincang dok saya pegang dia ga begitu merasa kesakitan tp saat saya kasih makan kakinya tdk bisa mencengkram makanannya.. Apa itu terkilir atau patah yaa dok... Saya udh kasih minyak tawon dok selama 3 hari... Tp belom membaik. Gmn yaa dok ga tega saya melihatnya bgtu

      Delete
  3. dok buffy saya usia brancher awal..kaki kanan nya seperti terkilir ter rotasi keluar dari paha nya,klo berdiri kaki kanan nya kebelakang, g sejajar sm kaki kiri nya yang normal,,,gmn cra penanganan nya ya dok,,trma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah dia keliatan kesakitan? nafsu makannya gimana?
      takutnya disposisi engsel, lebih baik bawa ke dokter hewan aja mas. bilang aja mau konsultasi dulu gitu. lalu sekalian tanya kalau kasusnya begitu, kira2 pengobatannya berapa. biasanya sih gak mahal... :)

      Delete
    2. nafsu makan masih lahap..klo lagi berdiri kaki kanan nya kebelakang g kesakitan,,tapi jadi g bs jalan2..mungkin sakit klo wat jalan,cb wat nangkring di tangkringan lom kuat kakinya,,lemes bgt di kaki kanan nya,,,niat nya mw ke dokter hewan,,tpi saya bingung mesti ke dokter hewan mn,,kbnyakan dsni cm bs nanganin kucing sm anjing saja,,mksih saran nya dok

      Delete
    3. saya pernah bikin artikel daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan terdekat dengan daerah mas. mas bisa telepon dulu ke sana... :)
      good luck... :)

      Delete
    4. iya sdh ktmu artikel nya..mksih ya dok,sehat selalu,,

      Delete
  4. Halo dok
    Dok maaf ganggu

    Owel celepuk saya pagi ini tiba2 ga bs jalan...klopun jalan sperti jinjit jinjit akhirnya jatuh telentang kadang .ke samping kanan kadang kiri dg sayap terbuka ..tp dia masi bisa berdiri diam dg stabil ...bertengger stabil pun masi bisa klo saya yg tenggerin ..Dia ga bs nengger sendiri ...nafsu makan bagus ..bumblefoot ga ada ..klo liat jangkrik atau disodorin masi mau makan , hanya saja klo jangkriknya gede dia ga bs krn dia ga bs angkat kaki nya untuk cengkram jangkrik ...fesesnya ga hijau ..biasa aja putih item ...saya teken teken Dr paha smpai ankle keliatannya dia biasa aja , ga kesakitan ...

    Kirakira kenapa y dok ?
    2 hari belakang owel memang aneh , disuruh fttf sperti biasa ga mau ..Kemarin malam dia masi bs terbang terbang tp sering missed pdh mau nengger ke perch ...jd selalu ga tepat terbangnya, seringnha tll tinggi dr perch ...

    Knp ya dok ?sementra saya kasikan calk sedikt , trus siang mau saya bubukin tulang sotong ...
    Mohon petunjuknya dok ..
    Oya klo bubuj sotong dikasikan nya bgmn dok ?dilarutkan lalu spake pipet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubuk sotong bisa langsung diberikan dengan cara ditaburkan ke jangkriknya atau dilarutkan.
      agak membingunkan karena saya tidak bisa melihat burung hantunya langsung. kalau saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat. suspect saya sih kekurangan kalsium (hind leg paralysis), tapi who knows? :)

      Delete
    2. Iya dok ..sbntr sy cari Dr hewan Di bandung ....ditaburkan d jngkrik mksdnya bgmn y dok ? Selama ini dia makan sll jttf atau fttf ...klo ditaburkan Di jangkrik ..jangkriknya harus dimatiin dulu kah dok trus ditaruh di tmp makan ? Klo ga lari2 trus .....Bubuk sotong .td saya larutkan .ke air tp Susah buka mulut owelnya ...gmn y dok pemberiannya ...mksh dok

      Delete
    3. Dok fira pagi td saya sdh bawa owel ke klinik hewan milik pemkot bandung ...Maaf dok , dokter Di sana jg kurang tahu owel kenapa....bahkan dokternya tidak tahu owel itu burung jenis apa ...:( akhirnya saya hanya diberikan infavit oral solution , yg Di botolnya sbnrnya ga ada tulisan utk burung ...tulisannnya u kuda sapi kelinci kucing anjjng ...bingung saya jdnya ...trus tanya tanya teman , kbykn dok hewan Di bandung katanya lbh khusus utk nanganin anjing Dan kucing ...saya sempet telf salah 1 drh Di bandung Dan ternyata tdk menerima unggas ....Bingung saya jdnya dok ........

      Oya dok sya sempet googling saya sempet lihat soal obat anti saraf drh edi boedi santosa katanya u lumpuh medadak..kira2 kandungan atau komposisi obatnya apa ya dok ...Di tk burung ga ada ...

      Oya sy jg menemukan entah feses atau muntahan ...bntuknya padat agak padat dan tampak utuh kakikaki jangjrik , ini sejak 2 hari terkahir ....

      Makasih dok

      Delete
    4. aneh. kok dokter hewan gak tau owl ya? hmm, bisa jadi karena dia terlalu sering menghadapi mamalia.... mas bisa kasih obat anti saraf, namun sebaiknya sih jangan. soalnya kita tidak tau owel sakit apa. mas bisa search telepon dokter hewan, list nomor telepon dokter hewan bandung raya ada di blog ini....

      oh itu gak apa2. paling juga pellets/muntahan. selama ini makannya gimana mas?

      Delete
  5. Baik dok ntr coba sy cari yg lain ....Belliau bahkan ga tahu owel makan jangkrik dikira tikus ..

    Selama ini sy gak pernah menemukan pellet muntahan owel dok , kecuali 3 hari terkahir ini sejak owl sakit ...sementara saya rawat Di dus supermi tanpa saya tutup dusnya ..dan saya tinggal seharian dia Di dus ga keluar ...

    Sejak sakit nafsu makan owel tetep biasa ...cm makanan harus disodorin .ke paruhnya ....

    Selama ini ( sebbelum sakit ), owel makan sehari 2x..pagi hari jam 7 atau 8 dan malam jam 9 atau 10....sekali makan sekitar 15 ampe 20 jangkrik (kebanykan ga ya dok ?) Lebih dari 20 juga klo disodorin masi mau tp klo utk fttf atau jttf biasa dia uda ga mau di jangkrik ke 10 smp 15......
    Minyak ikan uda saya kasi 3 minggu lalu ....
    Cukupkah tiap hari hy jangkrik tanpa daging ?

    Dok sy pernah baca di salah satu dialog dr fira ktnya burhan ga bs mjnum sendiri jd harus dibantu pake sedotan , betulkah dok ? Klo d taruh tmp minum di ujung perch percuma ya dok ?

    Makssih y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk celepuk, jangkrik juga gak apa2.
      iya, kalau si burung hantu sudah 100% percaya kepada mas, dia akan minum sendiri. sayangnya, burung hantu memiliki sifat dasar tidak percaya kepada manusia. :)

      kasih makan terus. kalau bisa, jangan dikasih minyak ikan dulu mas. stop minyak ikan dulu. mas bisa kasih bayi tikus putih seminggu sekali. tinggal aja di dekat dia, nanti dia akan makan sendiri....

      sehat terus owel... :D

      Delete
    2. Dok fira ...owel sudah sehat .....
      Semalam sy tinggal Di dus terbuka ..tahu2 pagi hari sdh hilang ...uda diatas lemari .....
      Jalan Udah normal lg juga ....
      Makasih yah dok fira ...=)

      Tp saya masi bingung apa sebabnya ?spy antisipasi ga kejadian lg ...
      Apa Dr jangkrik saja owel ga dpt nutrisi cukup dok ? Apa di jangkrik ga da kalsiumnya ?

      Trus apa harus saya jemur setgh jam tiap hari .?kena matahari langsung ...mgkn selamA ini ditaruh Di dus kulkas tp tertutup ....
      Kena matahri lgs bahya ga dok u matanya ?


      Makasih yah dok utk bantuannya ..seneng bgt owel uda lincah sperti biassa =) =)=)

      Delete
    3. alhamdulillah. kayaknya sih karena minyak ikan. hanya tebakan saya aja...
      jadi sebaiknya hindari minyak ikan. kasih makan jangkrik aja, sesekali bisa kasih bayi tiput....

      dijemur juga jangan lama2, hanya 10 hingga 15 menit dibawah sinar matahari dibawah jam 9 pagi..... dan jangan kena sinar matahari langsung, artinya dilapisi kain tipis agar tidak langsung kena matanya.... :)

      iya sama2. jangan lupa latih ya mas... :D

      sehat terus owel... :D

      Delete
  6. Dok saya mau tanya cara mengobati burung hantu yg kaki nya kayak miring gituu gimana yaa dokk???
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak miring2 gimana ya mas?
      intinya sih kalau dia mau makan dan matanya gak sering merem serta tidak ada gejala-gejala sakit lainnya, dia masih sehat..... mungkin mas bisa jelaskan lagi miring-miring kayak gimana... :)

      Delete
  7. Jadinya tuh kaki si owl ini yang sebelah kiri bisa digerakan namun tidak bisa menapakan kakinya ketanah.posisi jari kaki owl ini tidak bisa menapakan tanah.kondisi owl ini kaki yang sebelah kiri apakah patah atau mungkin keseleo dok? Tolong saran ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi jari2nya gak bisa kebuka gitu?
      kalau mas sentuh atau tarik perlahan jarinya, di owl keliatan kesakitan gak??
      kalau kesakitan, ada kemungkinan memang patah. amannya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas. bilang aja mau checkup....

      gak bisa napak/mencengkram perch/tangkringannya sama sekali?? kalau tidak bisa, saya sih khawatir memang patah. namun coba aja trik di atas. kalau kesakitan, mungkin memang iya...

      Delete
  8. Dok..
    saya memiliki anakan celepuk masih bulu jarum dok.
    3 hari yang lalu dia baru bisa jalan dan bisa melangkah sekitar 10cm tapi kemaren malem saat ia jalan langkah pertama, seperti oleng sambil mengepakan kedua sayapnya dan langsung tersungkur, oh iya dok celepuk saya hobi sekali tidur tengkurep.
    Pas saya perhatikan ternyata kaki kirinya agak sedikit bengkok,
    Saya sudah tekan pada bagian kaki kiri yang bengkok, tapi dia hanya berbunyi, oh iya dok celepuk saya ini memang cerewet :) jadi saya tidak bisa membedakan bunyi sakit atau apa.
    menurut dokter celepuk saya patah tulang atau gimana?
    Apa perlu saya bawa ke dokter hewan?
    atau cukup saya oleskan minyak tawon?
    Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  9. Halo dok, punteun mau tanya. Celepuk saya udah umur 3 taunan, nah 2 hari lalu sempet nabrak baling2 kipas atas trus kakinya kirinya di tekuk terus. Saya pencet kakinya dia kesakitan trus kelingkingnya oglek2 gitu dok trus juga ga mau makan. Ahirnya saya kasih baluran jahe dan sereh yg di haluskan trus saya bengket ke kakinya dengan kain, saya beri juga minyak ikan supaya mau makan. Alhamdulilah dia jadi lahap makannya, tapi sekarang kakinya bengkak dan membiru dok. Cara penanganannya gimana dok? Kebetulan di daerah saya tidak ada dokter hewan eksotis, adanya dokter hewan anjing kucing gitu dok. Oia dia juga udh saya bawa langsung ke tukang urut, kata tukang urutnya kakinya retak sama kelingkingnya patah.
    Mohon pencerahannya dok, terimaakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Ibu dokter tolong di balas ya, saya punya burung hantu celepuk masih brancher, 2 hari ini kakinya bengkak sudah saya kasih minyak tawon tapi keliatannya dia kesakitan dan sampe sekarang masih bengkak dok, saya harus gimana dok biar kaki burung hantu saya bisa sembuh? terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia memang kesakitan, kayaknya ada fracture atau disposisi di tulangnya. tebakan saya sih ada retakan (Fracture) atau bahkan patah. mending dibawa ke dokter hewan terdekat aja mas biar lebih tepat penanganannya. gak mahal kok. bilang aja mau konsul soal burung hantu...... atau mas bisa tunggu 1 minggu ke depan sambil kasih asupan kalsium. mas beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus (kayak bedak), lalu taburkan sedikit ke makanan celepuknya (jangkriknya dibasahi dulu dengan air lalu ditaburi bubuk tulang sotong). lakukan hingga seminggu penuh.... jika memang belum seminggu tapi keadaan owlnya sudah memburuk, kayaknya lebih baik langsung dibawa ke drh terdekat aja mas.... :) semoga owlnya baik2 saja... saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
    2. iya bu dokter saya juga maunya bawa ke dokter hewan tapi belum ada uang jadi tiga hari ini di olesin minyak tawon dari saran ibu tp owl saya masih belum sembuh, kasihan kalo lagi diobatin suka kesakitan sampe pup. Biasanya kalo kedokter hewan biayanya berapa bu?

      Delete
    3. bilang aja mau konsul. sekalian bawa owlnya. murah kok biasanya, gak sampe 200rbu.
      atau kasih aja tulang sotong dulu selama seminggu sambil terus diobservasi. :)

      semoga sembuh... :)

      Delete
    4. Dok alhamdulilah owl saya sudah sembuh dikasih bubuk tulang ikan sotong. Oiya gimana ya dok cara ngelatih owl? Apakah owl saya sudah bisa dilatih? Sekarang bulu di kepalanya masih bulu kapas

      Delete
    5. oh syukurlah. saya ikut senang.
      silakan baca cara melatih burung hantu, cari dibagian cari artikel.... :)

      Delete
    6. Dok saya mau nanya lagi, kan owl saya di kasih daging sapi mentah terus kenapa ya tingkah lakunya berubah gitu, kayak takut gitu sama saya. Terus suka gores" paruhnya ke lantai
      Biasanya juga tiap pagi mau diajak mandi, udah 2 hari ini gak mau mandi. Terimakasih bu dokter

      Delete
    7. kebetulan sedang saya susun artikelnya. nanti malam mungkin saya post. :)

      Delete
  12. Dok bwk saya kakinya pincang, mkn ttp lahap dan msi kuat di perchnya, barusan saya coba2 angkat kaki yg pincang dan tdk ada tanda2 patah atau keseleo cmn terasa ringan pada saat saya angkat... kira2 knp yah dok.? Penangananya gmn.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu mas angkat kakinya dia gak kesakitan?
      kayaknya kekurangan kalsium. selama ini dikasih makan apa? pernah dikasih pakan hidup gak? coba kasih bayi tikus, mas. cari aja di loteng bayi tikus rumah... :)

      Delete
  13. dok, Chicco (barn owl saya) usia brancher menengah. tidak bisa berdiri, padahal sebelumnya dia masih jalan2 di ruangannya. ketika saya pegang, sepertinya kakinya normal dan dia tidak kesakitan. nafsu makannya bagus, namun fesesnya keruh dan berbau menyengat serta paruhnya agak berlendir.
    yang ingin saya tanyakan :

    1. apakah terjadi gangguan pada pencernaan sehingga berakibat kakinya tidak bisa untuk berdiri?
    selama ini saya beri makan anakan puyuh yang saya potong2 (jeroan, ceker, dan kepala puyuh tersebut tidak saya sertakan)

    2. tadi saya coba olesi kedua kakinya dengan minyak kayu putih, apakah langkah ini aman? adakah kemungkinan menyebabkan iritasi kulit?

    3. baru saja saya buatkan latutan dari setengah butir amoxillin 500mg sebanyak 200ml air matang, dan saya berikan ke dia 3ml dengan spet yang saya pasangi selang karet lembut. apakah ini sudah benar? (sesuai dengan yang saya baca dari artikel dokter)

    4. bagaimana cara merawat dan memposisikannya yang aman dalam kondisi tidak bisa berdiri tersebut? (hanya bisa tengkurap, dan kakinya menekuk) saya belum berani membawanya ke dokter, karena dokter hewan disini belum tentu semuanya paham dengan B.O.P

    mohon dijawab ya dok, seluruh keluarga saya khawatir dengan keadaan dia. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya...
      1. bisa jadi karena gangguan pencernaan karena bakteri. kenapa mbak kasih jeroan? kalau untuk owl, sebaiknya dikasih dagingnya saja, jangan ama jeroannya.
      2. bisa juga dikasih minyak kayu putih, gak berbahaya kok.
      3. saya seneng mbak berinisiatif meminumkan larutan amoxicillin. namun...
      4. sebaiknya bawa aja ke dokter hewan terdekat. mbak domisili di mana? saya tunggu kabarnya... :)
      saya sih punya dugaan, namun semoga aja salah. makanya saya lebih menyarankan agar membawa owlnya ke dokter hewan terdekat. atau coba mbak perhatikan apakah nafas owlnya terlihat terengah-engah (susah nafas)? saya tunggu... :)

      Delete
    2. Chicco tidak pernah saya kasih jeroan kok, kalau pas motong puyuh aja ceker dan jeroannya saya buang dok.
      saya domisili di Karanganyar, Solo dok.
      kalau saya amati nafasnya cukup halus dan lancar. sama sekali tidak memperlihatkan tanda tanda dia susah nafas.
      baru nyari2 info mengenai dokter hewan yang paham owl di daerah sini dok.

      Delete
    3. saya ada artikel alamat dan nomor telepon dokter hewan daerah solo. silakan mas search aja di bagian cari artikel...
      saya sih masih optimis chico bisa sehat lagi... asalkan mas merawatnya dengan baik.. :)

      Delete
    4. oke dok, terimakasih. saya merawatnya dengan sebaik mungkin dok. doakan ya semoga chicco bisa segera sehat kembali. kalau nanti ada perkembangan akan saya kabari dok. terimakasih :)

      Delete
    5. dokter, karena belum ada perkembangan positif. maka tadi sore saya bawa Chicco ke dokter hewan yang direkomendasikan teman saya yang punya pengalaman soal owl.
      alhasil tadi di dokter hewan, Chicco diberi injeksi, dan diberi resep obat jalan.
      semoga dengan langkah ini Chicco bisa cepat pulih

      Delete
    6. dokter, karena belum ada perkembangan positif. maka tadi sore saya bawa Chicco ke dokter hewan yang direkomendasikan teman saya yang punya pengalaman soal owl.
      alhasil tadi di dokter hewan, Chicco diberi injeksi, dan diberi resep obat jalan.
      semoga dengan langkah ini Chicco bisa cepat pulih

      Delete
  14. dok bwk saya ga kuat jalan padahal sebelumnya enak" aja, apa it kekurangan kalsium ? atau sakit lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umurnya? coba cek nafasnya, dia kelihatan terengah2 gak??
      lebih baik sih mas bawa ke dokter hewan terdekat aja... saya juga kurang yakin kalau gak liat sendiri...

      Delete
    2. brancher akhir to juve awal, iya nafasnya terengah2, fasesnya putih ad kuningnya, makannya tetep lahap
      susah cari dokter hewan d pulau,

      Delete
    3. coba kasih bayi tikus, mas. dan tetep kasih makan seperti biasa. tetep rawat dia.
      mas bisa kasih amoxicillin juga, bisa beli di apotik. 1 tablet dipotong jadi 5 bagian sama besar, 1 bagian ditumbuk hingga halus, lalu campur dengan 5 sendok makan air mineral. minumkan ke bwk-nya.... :)

      Delete
    4. it sakit ap namanya ya dok ? baru pertama ngalamin bop gini soalnya
      makasi dok :)

      Delete
    5. ou iya brp kali sehari pemberian amoxicillin ?

      Delete
    6. pemberian larutan amoxicillin 2x sehari, pagi dan sore.
      kalau nafasnya terengah2, kemungkinan sih NSD (newcastle disease alias tetelo). itu dugaan saya aja loh ya, soalnya saya juga gak bisa lihat langsung bwknya...

      sekarang gimana keadaannya, mas?

      Delete
    7. ok dok, kalo emang terkena tatelo bisa d obatin masi kn dok ?

      keadaan jari kaki kiri lumpuh, kaki kanan masi kuat nyengkremnya, makan lancar, nafas terengah" kadang, ap mungkin karna kepanasan ya dok terengah" it ?

      Delete
  15. Dok mau tanya cara ngobatin burung hantu patah tulang gmn ya?maklum daerah desa ngk ada dokter hewan

    ReplyDelete
  16. Dok mau tanya cara ngobatin burung hantu patah tulang gmn ya?maklum daerah desa ngk ada dokter hewan

    ReplyDelete
  17. Dok mau tanya cara ngobatin burung hantu patah tulang gmn ya?maklum daerah desa ngk ada dokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu penanganan dokter hewan mas kalau emang bener dia patah tulang... :(

      kenapa bisa patah?

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Dok maaf aq mau tanya, ini aq punya burhan namany nico, ceritanya td pagi nico tak kasih rantai ring di kaki, tp krn kependekan rantainya, aq coba" tak tambah tali dikit biar agak panjang. Tp sore.ny pas aq pulang, aq syok krn liat nico ber.uhu-uhu panik sambil terbang" kecekik rantai leher.ny trus kaki.ny luka krn kelilit tali dok, tp untung.ny masih hidup dok.
    Langsung tak putus tali.ny sama tak lepas rantai.ny. tp aq panik krn liat kaki kanan.ny nico yg luka dok, itu gimana ngobati.ny ya dok? Soal.ny di tpt q, mau nyari dokter hewan susah.ny minta ampun dok, aq tinggal di klaten dok. Trus gara" insiden ini kyk.ny nico jg stres trus kyk.ny jd marah sama aq dok, yg biasa.ny tak elus" sama tak kasih makan dia mau, skarang jd gak mau deket" sama aq dok, ini solusiny gimana ya dok? Aq sampai stres plus kasihan sama nico.ny ini dok....
    Kalo kaki.ny td tak liat masih bisa buat bertengger di tengkrengan.ny dgn stabil dok, td cuma tak kasih betadine doang, aq gak berani nekan kaki.ny buat ngecek tulang.ny nico, takut dia tambah sakit. Jd ini aq malah bingung sendiri dok, mau tak kasih ke sangkar dia malah terbang" kyk stres gitu, tp kalo gak di sangkar q blm berani masang rantai ring di kaki.ny nico lg dok.
    Mohon jawabanya.ny banget dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng nico dikasih betadine di lukanya. :)
      mas bener kok udah ngasih betadine di lukanya. sementara ini, rawat aja baik2. terutama kebersihannya. sekarang dia ditempatkan di mana? kemungkinan nico agak stress, jadi pindahkan ke tempat yang tenang aja kayak kamar kosong atau gudang. tetep kasih minum ama dia, dan wajar kalau nico agak marah sama masnya. dulu juga si errol sempet diterkam anjing tetangga, marahnya malah sama saya, hehehe....

      kasih betadine aja biar lukanya mengering dlu. tetep kasih makan. jaga kebersihan. itu aja. kasih saya kabar ya mas... :)

      Delete
  20. Iya dok, ini nico tak kasih di sangkar, dan alhamdulillah dia uda mau makan td pagi walopun dikit dok, tp ini dia kok malah jadi sering tidur ya dok? Biasa.ny pagi jam 5 tak kasih makan dia semngat matuk" gitu dok, tp tak perhatiin dia sekarng jd sering tidur plus kyk sering panik ngepak"in sayap.ny, itu normal, ato mungkin dia trauma ato gimana ya dok? Trus sebaik.ny nico di kandang sampe sembuh ato di kasih rantai ring ya dok? Trus kalo di kasih rantai ring sebaik.ny yg gimana ya dok biar aman? Maklum sy baru 6bln ini ketemu nico jd blum terlalu pengalaman...
    Makasih dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok ini nico tak taruh di sangkar kok malah jd gak mau makan ya? Jangkrik yg dr td pagi tak kasih masih utuh, pdahal kalo di perch dia tanpa di sodorin udah makan dgn rakus, tp ini boro" mau makan tak sodorin ke paruh.ny nico ttep gak mau makan ni dok....
      Trus ni fases.ny jadi lebih cair gitu dok, ap gara" sering tak kasih minum ya dok?

      Delete
    2. saya sih khawatir dia sakit. hmm, kalau bisa, bawa ke dokter hewan aja mas. murah kok kalau gejala2nya kayak tadi mas sebutkan.

      kalau misalnya tidak bisa bawa ke dokter, tetep kasih makan kayak biasa. saya tidak tahu gimana caranya, namun benar2 usahakan kasih makan. jangan sampai dia nggak makan. bagusnya sih kasih bayi tikus putih. taruh di dekat kakinya dan tinggalkan saja. 30 menit kemudian cek...

      Delete
    3. Baik dok besok tak coba bawa ke dokter hewan, tp nico ini tipe celepuk merah tu dok. Bisa ya dikasih makan bayi tikus?

      Delete
    4. bisa. selagi jenisnya masih burung hantu, dia bisa dikasih bayi tikus... :)

      Delete
    5. Dok, ini td nico habis tak priksain, td yg nanganin namanya dr.irfan, alhamdulillah kata dr irfan kaki.ny ga papa, kata.ny nico cuma stres ringan. Td cuma di kasih obat merah di kaki sama di kasih vitamin. Trima kasih saran.ny ya dok, jgn bosen" buat ngasih informasi ya dok? Sy banyak belajar dr coretan" di blog dr.fira,
      Salam dr nico bwt errol, sehat terus errol! Km beruntung dpt partner dr.fira, doa.in nico cpt sembuh...

      Delete
    6. saya seneng! :)
      mas bisa terus nanya2 kemari kalau ada yang mau ditanyakan.

      sehat selalu buat nico. salam dari errol dan padma.. :)

      Delete
  21. Dok soren jenis barn owl, kakinya pincang kalo jalan kalo nangkring kakinya ngangkat satu, dari feses kadangg normal kadang juga kecoklatan. Trus mesti gimana yah dok? Kasian soale liatnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kurang kalsium.
      soren dikasih makan apa sehari2nya mas? coba makanannya powdering dlu dengan bubuk kalsium.

      silakan baca artikel cara memberi asupan kalsium pada burung

      Delete
  22. Dok saya punya owl celepuk . terus jln pincang . umurnya masih ada bulu kapasnya sih . tapi kalo di kasih makan biasa . itu karena apa ya dok mohon bantuannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tau penyebab kenapa owlnya pincang, mas?
      apakah karena jatuh or something?

      kalau emang karena jatuh dan dia keliatan kesakitan kalau disentuh bagian yang jatuh, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja biar sekalian dicek. kalau dia gak keliatan kesakitan, hmm, kasih asupan kalsium aja buat kakinya. mas bisa kasih tulang ikan sotong yang ditumbuk halus benar2 halus lalu taburkan ke makanannya, baru dikasihkan...

      Delete
  23. Dokter, kalau boleh saya minta nomer kontak yang bisa dihubungi. Biar saya bisa konsultasi langsung mengenai CG saya. :)

    ReplyDelete
  24. dok celepuk saya kaki patah. di bagian pahanya bagaimana tratmentnya...??? mohon bantuan dan bimbingannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, untuk kasus kaki patah pada burung hantu, mending mas baca dlu artikel saya cara mengobati sayap patah pada burung hantu... :)

      Delete
  25. celepuk saya kaki nya bisa di gerakin tapi pincang, itu patah apa keseleo ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi keseleo sih, bisa juga kurang kalsium. kesakitan nggak owlnya kalau mbak tekan kakinya? :)

      Delete
  26. Hallo dokter saya mau tanya ini owl saya baru 1 hari ini kakinya pincang tapi ngga bengkak kalo tiap saya pegang dikit dia langsung bunyi gitu dan coba gigit tangan saya, apa dia patah tulang ? tolong dibantu :( makan jangkrik tp dlu saya pernah kasih makan tahu soalnya beli jangkrik jauh tp fasesnya jd coklat muda tp saya kasih jangkrik lg sampe skrg fasesnya seperti biasa item putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang dia kesakitan pas ditekan kakinya, mending mas bawa ke drh terdekat aja. takutnya fracture atau mungkin lebih serius lagi.... :)

      jenis owlnya apa mas?

      Delete
  27. Tapi saya pencet lagi dianya diem aja dok hehe

    ReplyDelete
  28. Tapi dok tadi saya pencet lagi dia diem aja berarti dia kurang kalsium yah ? Trus dia harus makan apa biar ga kekurangan kalsium ? Tolong dobantu yah dok makasih :)

    ReplyDelete
  29. Dok dia suka kaya terkulai lemas gitu tidur dan gaberdiri jd gatega liatnya :(

    ReplyDelete
  30. Dok, saya punya barn owl chick akhir namanya kevin.. Setiap hari saya kasih makan daging sapi.
    Semalam masih sehat wal afiat, jalan jalan normal sambil kepakin sayap, tidak pernah jatuh..
    Istri saya pernah liat beberapa hari yg lalu kevin kyk ngga bisa bediri, tp klo sama saya bisa berdiri..
    tadi shubuh tiba" tergeletak, setelah saya cek kaki kirinya gak bisa gerak (tidak ada bengkak), terus feses berwarna putih kekuningan, daging yg semalem saya kasih di muntahin semua..
    Tadi pagi kaki kevin uda saya olesin minyak kayu putih sambil saya pijit ringan..
    Kira kira kenapa ya dok? Apa yg harus saya lakukan? Mohon saran.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mas terlewati.
      nafasnya ngosngosan nggak?
      kalau emang barn owlnya masih bertahan sampe sekarang, kemungkinan kena tetelo itu mas. NSD. coba baca artikel saya cara mengobati tetelo pada burung hantu...

      Delete
  31. dok saya mau tanya kok kaki bwah burhan celepuk saya merah yaaa tapi yg satu lgi gk merah ?? apakah karena saya ikat pke angklet

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi. usia burung hantunya berapa mas? coba longgarkan aja angklettnya....
      atau bagusnya, kalau emang usia burung hantunya masih anakan, gak usah dipakein angklett dulu...

      Delete
  32. Dok kemarin saya baru beli baby barn owl pas saya beli kakinya biasa aja tapi pas saya sampe dirumah kaki kirinya bengkok,jalan pun pincang buat nyekrem juga ga bisa . Saya udah coba tekan2 bagian yang bengkok dia ga ngerespon apa2 cuma diem2 aja . Terus saya coba olesin minyak tawon. Buat nafsu makannya juga kurang.buat makan sebelumnya saya kasih ikan tuna apa itu bagus dok . Kalo saya perhatiin juga fesesnya cair itu juga berwarna putih .mohon solusinya dok

    ReplyDelete
  33. oh ya, inget-inget. :)
    mending observasi dulu selama beberapa hari sampe seminggu, mas. tetep kasih makan, dan coba powdering makanannya (taburi makanannya dengan bubuk kalsium). bubuk kalsium bisa didapat dari tulang ikan sotong yang ditumbuk hingga benar2 halus....

    bagusnya sih kasih bayi tikus putih yang masih merah, biar dia dapet asupan kalsium dari situ.... :)

    cukup bebat aja kakinya pake kain kasa, seminggu kemudian lepas dan liat kemajuannya.... gak usah dikasih kayu apa2... cukup bebat aja... :)

    kabari saya terus ya mas

    ReplyDelete
  34. sip, malah saya yang seneng bisa bantu2... :)

    kabari lagi ya mas...

    ReplyDelete
  35. Dok,mengenai problem kaki,kan dksih amox,dibagi 5,2xsehari.Yg sy tau klo amox ada 250 dan 500,jd agak bngung.Sy taunya utk kucing 22mg/kg BB,2xsehari 7hari (antibiotik 5-7hr ontime) spy ga resistens. Jd tuk owl,tepatnya bgmn pemberian amoxnya?tq.

    Post

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya, mas nanya mengenai hewan apa dan kasusnya gimana? :)
      saya sendiri sebenernya menghindari pemberian obat berbahan kimia kecuali saya yakin aman dan bisa diterapkan oleh orang awam. makanya saya biasanya menetapkan ambang batas rendah, sekira-kira si burung bisa sembuh.
      lebih bagus emang sama dokter hewan sih mas. kalau toh si owner hewan gak bisa ke dokter hewan, biasanya saya kasih obat alternatif non chemical yang kira-kira aman digunakan... :)

      Delete
  36. Barn owl dok,sy baca dr atas mengenai luka,patah,terkilir.Kbtulan pas owl sy yg sdh jago FTTF,accident,tenggeran ambruk,dia terbelit berusaha lepas kali,kaki patah.24jam lebih napak pake patahan kaki(kasian sp stress sy),sdh sy verban tp napaknya masih pake patahan(verban kurang keras).Kmrin ga mau makan,eh tadi pagi doyan banget,daging sapi sepotong gede dan siang pipit 2 sama sepotong daging sapi sm bubuk sotong. Pagi sore amox,tp std pemakaian drh utk kucing,krn tuk burung sy ga paham,makanya sy tanya dr,tp blm dijawab pastinya. OH ya share aja klo teman2 ada kejadian patah,terkilir,stlh oles minyak sp basah,lalu bungkus tipis kasa dan balut pake isolative kertas yg lebar,selebar kaki yg disangga.Hasilnya bner2 kakinya keras,tdk lunglai spt pake kasa aja.Jgn pake penyangga,bahaya klo meleset malah jd patah.Sblum di plester,rapikan posisi tulang agar sambungnya bagus.Info ini baru sy dpt dr tukanh burung dan internet.Awalnya,sy hanya bebat pake kasa sp tebal,tp saat napak ttp posisi patah(ya Allah sakitnya kaya apa itu).Sy sarankan,tmn2 ga usah miara hewan liar,kasian mkin byk pedagang yg nangkap.Sy miara krn rescue,anakan jatuh awalnya.Ternyata,sy rawat totalitas,malah accident saat sy tdur.Teguran dr Allah mungkin.Smg sharing sy manfaat.Sy pun cari klinik yg paham aves susah,tmn2 drh langganan kucing sy,jg ga paham.Jd sy rawat,obatin dan bebat pake plester kertas baru saja,lalu sy tulis ini,krn membantu bgtt,klo ada yg kejadian serupa.

    ReplyDelete
  37. Oh ya dok,klo utk burung 1 tablet bagi 5,brarti 100mg apa ga kebanyakan ya.Krn kucing maks 22mg/kgBB.Sedangkan burung palinh 500gr klo brancher(sy baca tanya jawab diatas sekali).Tapi diatas nggak dijelaskan tiap hari atau selama brp hari(krn antibiotik harus 5-7hari).Bisa dijelaskan detil dosisnya dok,krn sy lagi obatin pake amox,tp 250mg dibagi 12,jd jatuhnya 20mg/kg BB,sementara owlnya ga sampe 1kg BB,apakah itu cukup atau kurang?Dan sehari 2x apakah aman?krn kondisi luka rawan infeksi,klo ga pake antibiotik bahaya,sy hanya kasian sm owlnya. Pls advise dok sesuai pertanyaan,jd berbagi tuk semua biar ga bngung krn dosis dan burung kan sensitive. Tq,smg ilmunya manfaat dan pahalanya berlimpah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang sudah saya bahas di pertanyaan mas di post yang lain, saya menerapkan batas aman yang sekira bisa gampang dipraktekkan oleh masyarakat umum. dengan dosage yang disebutkan, saya kira masih aman, kan masih dicampur air, dan gak semuanya keminum. menurut riset saya, cenderung aman...

      ya kalo emang mau strik pake resep dokter, ya lebih bagus... :)

      Delete
  38. Utk yg ksih kalsium spt tulang sotong dll,jgn bersamaan dgn amox/antibiotik lain.Krn mengganggu oenyerapan antibiotik.Jeda waktu skitar 2 jam lebih aman.Ilmu yg manfaat bila berguna buat org lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya utk tmn2 yg burungnya sakit krn infeksi bakteri,gunakan baytril dr bayer,ampuh dan ga mahal,dr diare,kolera(pub ijo),jg infeksi atau potensi infeksi krn luka,dosis jelas dan aman.5 hari pemakaian,di botol jelas,klo amox utk aves sy ga paham utk kucing bRu sy bs pastikan.Dan sy sarankan sblm miara pet,pastikan ada uang bulanan yg pasti utk mrk,jd jgn iseng2an,nyawa dosa klo iseng.Krn makanan dll,pasti dan hrus ada. Smg bs membantu.

      Delete
    2. Dok,klo amox yg dimix air itu ga diminumkan lgsg ya?padahal konteksnya kan owl yg jarang minum,dan kepastian minum antibiotik kan wajib dgn jumlah yg tepat.Klo sy baca dr atas sekali,1 tablet bagi 5,jadi 100 mix air 5 sendok,minumkan. Artinya semua ya,klo hanya diletakkan,pasti ga diminum,dan amox dah kena air ga lgsg diminum,terpapar udara jadi racun/ga efektive. Makanya amoxan hnya 7 hari masuk kulkas,sisa buang.Kayanya remaja yg miara burung bisa bahaya klo ga detil,sy ksian liat miara pada asal ky merpati,burhan dibawa CFD pdhl panas,stress mikirnya.

      Delete
    3. sebenernya untuk bawa owl ke CFD boleh2 aja asalkan syaratnya tentu owl tersebut sudah sangat mengenal masternya. itu pun gak bisa dipaksakan. kalau memang kondisi burung hantunya memang tidak memungkinkan, ya jangan... :)

      nah, soal obat tadi, emang lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat. atau pake opsi saya, yaitu pake obat alami (non chemical)... :)
      itulah alasannya kenapa saya lebih menyarankan pake obat alami saja. :)

      Delete
  39. Klinik hewan Bdg yg gede2,yg ada rontgen jg ga bs handle burung,tp stlh sy cari di internet ktmu,jd klo patah,pake kertas karton digulung,coba bikin dlu ke ballpoint,stlh berupa gulungan spt sedotan,lalu ukur sepanjanh kaki(lutut ke telapak/lutut ke paha)mana yg patah/terkilir/bengkak.Lapisin kasa tipis dan plester kertas ujungnya.Selain melindungi kaki dr ujunh kertas karton,jg biar kasa nempel,mudah bebatnya dan lepasnya.Balurin serutan jahe garam dikit/myk tawon(jahe lebih efektive kata pelaku burung yg puluhan kali pengalaman),tp sy pake m tawon.Pernah sekali GPU atau hot in cream tuk jemarinya krn awalnya ga tau,liat dr kandungannya sih ok. Dgn bebatan kertas berkasa diplester kertas,burung nyaman dan kita mudah kontrolnya.Cek min seminggu dan amati.Makanan bergizi tinggi,sehari 4x,olesin sotong secukupnya,krn kalsium gmnpun perlu tp jg bs ganggu metabolisme.Dari daging jg ada kalsium.Jg vit khusus burung dan antibiptiknya,di toko burung lengkap.Segera tangani apbl patah,krn bs menghitam,kerinb dan copot kakinya klo tdk terkena aliran darah.Yg bahaya klo infeksi,jd jgn lupa berikan antibiotik khusu burung/klo yg sy lakukan serbux amox 22mg sehari 2x,tempelkan ke dagng sapi/ayam.Selama 5-7hRi on time.Sbetulnya yg aman ya 15-22mg tiap kg BB. Smg membantu utk yg susah ke drh,krn sepertinya burhan sy membaik,sdh 5hari.Usahakan dia dikandang yg ckup besar,hindarkan byk gerak.Kesembuhan tergantunh dr perawatan harian dan gerakan brg sdiri.Lepas angklet dll selama perawatan,beresiko klo terpasang di kaki satunya. Smg aharinh ini bs membantu,dan jangan dibuang burungnya krn cacat,dosa besar.Hikmahnya dia makin lengket abis,toh nantinya dia bs terbang jg klopun sembuh tp bentuk kaki ga sempurna.Prrhatikan saat bebat,cukup ketat tp tdk ganggu peredaran darah dan posisi tulang yg pas,spy sambungnya bagus nantinya.Sng sukses,aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, makasih banyak atas sharing knowledge-nya mas. (y)

      Delete
  40. Dok mau tanya... Burhan saya jenis tyto alba mengalami kebusukan (daging copot) di bagian tepat bawah kuku..
    Pas copot terlihat ada nanah dan daging kaya hancur busuk gitu.. penyebab dan pengobatanya gma ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok mau tanya... Burhan saya jenis tyto alba mengalami kebusukan (daging copot) di bagian tepat bawah kuku..
      Pas copot terlihat ada nanah dan daging kaya hancur busuk gitu.. penyebab dan pengobatanya gma ya?

      Delete
    2. parah gak mas?
      kalau emang udah parah banget, segera bawa ke dokter hewan biar dapet antibiotik. udah berapa lama? kenapa gak dari awal ditangani? :(

      Delete
  41. Dok Owie Jatuh Dari Ket ±1M kaki nya patah/Tulang pindah. Cara Ngobatin nya gmn ya, di daerah sini engga ada dokter hewan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kok bisa mas? :(
      agak susah juga, soalnya saya gak tahu separah apa disposisinya. mending saya sarankan bawa aja ke dokter hewan.
      kalo disposisinya gak parah mungkin bisa balik lagi, tapi saya takutnya parah.... kalo misal gak parah, cukup dirawat aja. kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus. rutin kasih makan.

      Delete
  42. Dok saya mau tanya. Saya punya buffy fish owl.udah alm. Pas di tengger 1 meteran dia jatuh trus kaki gk bisa cengkram tpi bisa berdiri tegak tpi gk lama. Trus mulutnya keluar putih2 busuk. Ini knp dok? Tiap siang malem makanannya daging ayam mentah. Matinya karna makanan atau kaki patah?. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks... saya ikut sedih, mas...

      kayaknya lebih ke makanannya deh. kemungkinan daging ayamnya yang ada bahan kimia... mungkin ada formalinnya...

      lebih aman sebenernya pake daging puyuh yang mas potong sendiri, mas ambil dagingnya doang, terus mas taro di freezer. tiap kali mau kasih makan, mas ambil sedikit, mas rendem di air sampe gak beku dan gak dingin lagi, cacah2 sampe kecil2, baru kasihin ke buffy-nya...

      Delete
  43. Misi dok, mau nanya dokter punya external fixation yg buat ukuran elabg berontok? Atau dokter tau drh yg bisa meminjamkan atau tempat belinya di mn. Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tinggal di kota mana?
      ke rumah sakit hewan terdekat aja mas. bawa sekalian bawa elang brontoknya sekalian, biar dipasangin...

      Delete
  44. dok, burhan saya jari kaki kanan nya ga mau gerak (mencengkram) padahal udh di tenggeran, akhirnya saya kasih minyak tawon karna saat saya sentuh tidak kesakitan dia. pas saya kasih makan, dia pegang makanannya pake kaki kanannya yang sudah saya oleskan minyak tawon sedikit trus langsung dimakan. apa itu tidak apa apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kakinya dia gak kenapa2. mungkin pas nyengkram itu emang dia lagi gaj mau gerak aja, sebenernya sih kakinya gak kenapa2.....

      Delete
    2. sampe sekarang masih nekuk dok.. tolong diliat fotonya ada di google+ saya dok

      Delete
    3. kirim kemari aja mas gambarnya.... G+ dipegang sama admin saya...

      dia masih bisa berdiri?

      buat jaga kesehatannya, mas bisa kasih super-n, setetes setiap hari... :)

      Delete
    4. cara kirim nya gimana dok?

      bisa jalan kok cuma jari jempolnya nekuk gitu dok

      Delete
    5. cara kirim gambar ada di bagian PERHATIAN, di atas kolom komentar ini. di atas bagian yang mas ketik. :)

      maaf banget karena baru balas...

      Delete
  45. Dok, mau tanya'. Kaki celepuk saya luka karena tali tanhkringannya terlalu kuat. Tali itu dari tali sepatu. Bahayakah? Sekarang kakinya bengkak, bahkan saya liat ada darahnya.
    Saya buat tangkringan itu agak tinggi dan talinya panjang, tapi sayang sering ngegantung. Saya juga pelihara kucing, dan musang malam berkeliaran di rumah saya mungkinkah mereka membunuh celepuk saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      mending jangan dipaksain diikat, mas. lepas aja talinya. terus mas bikin owlbox dari kardus. udah ada artikelnya. CARA MEMBUAT OWLBOX SEDERHANA DARI KARDUS.
      kakinya yang luka mas kasih betadine...

      kecil kemungkinan si kucing bunuh owl. tapi untuk jaga2, mending jauhkan....

      Delete
  46. Malam dok. BO saya namanya bana. Dia skrng kakinya pincang. Karena seminggu kemaren saya pakein angklet. Jadi skrng kaki kanannya bener bener lemes. Makan masih mau walau dikit dikit tp rutin. Skrng jadi agak pendiam. Saya udah ikutin saran dokter. Dipijit sama pake tepung sotong. Tp masih gitu dok��. Gimana ya dok huhh. Umurnya bc tengah dok sepertinya. Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas... :(
      sekarang gimana keadaannya?

      kalau masih sama, mending bawa ke dokter hewan aja....

      Delete
  47. Malam dok. BO saya namanya bana. Dia skrng kakinya pincang. Karena seminggu kemaren saya pakein angklet. Jadi skrng kaki kanannya bener bener lemes. Makan masih mau walau dikit dikit tp rutin. Skrng jadi agak pendiam. Saya udah ikutin saran dokter. Dipijit sama pake tepung sotong. Tp masih gitu dok��. Gimana ya dok huhh. Umurnya bc tengah dok sepertinya. Terima kasih dok

    ReplyDelete
  48. http://i.imgur.com/nmoT7Zz.jpg,
    ini kondisi kaki bido sy yng terkilir/kesleo dok..
    parah gk dok..?
    penanganan lanjutan apa..?
    moho jawabnya..

    ReplyDelete
  49. mohon dijawab secepatnya ya dok
    terimakasih sekali....

    ReplyDelete
  50. Dok minta cp or biasa dokter praktek dmna.jd kemarin liat ke jatinegara ad burung hantu picang sengaja ane beli kasian kandang sempit pula..ud cba ke dokter d tebet d tolak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja bawa ke rumah sakit hewan di daerah ragunan, mas.
      maaf saya gak membuka konsultasi via japri... :(

      Delete
  51. Dok saya mau nanya kaki burung hantu saya kenapa gini ya kaya bengkak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih mas.
      bengkaknya kayak gimana? kalau mas tekan, dia kayak kesakitan apa nggak?

      ada lukanya?
      kalau nggak ada lukanya, coba olesin aja minyak urut...

      Delete
  52. Klo ditekan nggak sakit kaki nya nggak bisa nyengkram

    ReplyDelete
  53. Dok mau tanya cara ngobati kaki celepuk chick patah gimana ya? Dsni ga ada dokter hewan

    ReplyDelete
  54. dok, saya dpt CSE chick tpi blum bs berdiri. cara penanganannya gmn??

    ReplyDelete
  55. dok, saya dpt CSE chick tpi blum bs berdiri. cara penanganannya gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur burungnya berapa mas?
      bisa fotoin CSE-nya?

      mas biasa kasih makan apa?
      pastikan asupan makanannya, terutama kalsiumnya.... bisa mas kasih bubuk ikan sotong. ditumbuk sampe bener2 halus, ditabur ke makanannya, baru dikasih ke burungnya...

      Delete
  56. umur brpa hari/bulan CSE bs berdiri??

    ReplyDelete
  57. Replies
    1. upload gambarnya, udah dapet link gambarnya, terus copas link gambarnya ke komentar, mas... :D

      biasanya sekitar usia sebulan atau dua bulan, mas...

      Delete
  58. https://i.imgur.com/xnPpr9l.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harusnya udah bisa berdiri.
      dia suka berdiri pake lutut kakinya, mas?

      bisa mas fotoin fesesnya? tahinya?

      biasa mas kasih makan apa? nanti coba beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, terus tumbuk sampe benar2 halus, tabur sedikit ke atas makanannya, baru kasih ke burungnya.... cukup 2 hari sekali aja kasih bubuk tulang sotongnya...

      Delete
  59. Dok untuk kaki yang tidak bisa mencengkram/sama persis saat chick itu bisa sembuh gak , tapi yang gitu cumak sebelah, kata yang punya itu salah ngrawat dari chicknya ,sebelahnya masih bisa mencengkram seperti biasa . Usia juvwal

    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakinya kayak itu tapi cuma sebelah yang sebelahnya nangring normal

      Delete
    2. bener2 lemes gitu? nggak bisa nyengkram>
      sejujurnya saya kurang tau karena saya nggak liat langsung burungnya....

      ada kemungkinan kurang kalsium?

      mungkin perbaiki asupan kalsium aja mas.... kasih taburi bubuk tulang sotong ke makanannya... lakukan seminggu sekali aja...

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Dok.. Burung hantu saya kaki nya kaku sebelah.. Masih bisa sembuh ga ya..

    ReplyDelete
  62. Dok.. Burung hantu saya kaki nya kaku sebelah.. Masih bisa sembuh ga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek asupan kalsiumnya. mas biasa kasih makan apa? coba di powdering dulu makanannya. ditaburin bubuk kalsium aja sebelum dikasih ke burung hantunya.


      terus coba mas kasih super-n, setetes setiap hari. langsung tetes ke mulutnya

      Delete
  63. Dok tolong dok, burung saya si Layl jalannya pincang, sepertinya krna saya latih tinggal di perch, dn saya ikat dgn angklet hanya di satu kaki, pada awal2 smpat mau kabur tp ketahan sma angkletnya, saya harus bgmn ya? Apa harus saya lepas angkletnya untuk dikasih minyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini lepas aja dulu, mas. jangan dipaksain. takutnya malah stress ntar....

      bikin aja owlbox sederhana dari kardus. udah ada artikelnya. tinggal kardus agak besar kasih tangkringan di dalamnya. gitu doang kok. :)

      Delete
  64. Ok thanks dok, burhan sdah kmbali sehat alhamdulillah.

    Mau tanya lgi dok, untuk pakan burhan celepuk selain jangkrik apa ya? Yang lbih simpel untuk trkdang klo lg sbuk, krna kalau pake jangkrik skali makan kurang lbih 15 buah, dn saya ada 2 burhan, jd trkadang cukup mmkan waktu klo pas lg sbuk, gmn dok ya?
    Thnks ya maaf byk tanya nihh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. saya seneng banget!
      kalau yang simple agak susah. ya jangkrik aja sih mas yang paling simple. atau kasih bayi tikus putih. yang masih merah dan belum berbulu. taro dan tinggal aja kalau pake bayi tikus putih.

      jangan lupa super-n kasih setetes setiap hari

      Delete
  65. Ok dok nnti dicoba dh pke tikus,
    Iya super n dikasih koq tiap hari, walaupun rada ribet netesinnya buang muka mulu.
    Thanks dok yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. kabari terus ya mas.
      fesesnya normal, kan? :)

      Delete
  66. Dok ko owl saya kaki nya pincang kenapaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab, diantaranya kurang kalsium. udah berapa lama? dan biasa dikasih makan apa?

      coba beli tulang ikan sotong di tukang makanan burung, tumbuk sampe bener2 halus kayak bedak bayi, kemudian tabur di makanannya, baru kasih makan ke owlnya...

      dan kasih super-n juga. setetes setiap hari. selengkapnya, baca di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  67. Dok burung hantu saya kakinya patah, sudah saya bawa ke dokter hewan tapi sekarang masih nggak mau makan, solusinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokter hewannya gimana mas?
      coba kasih super-n aja biar daya tahannya bagus. usahakan tetep kasih makan. diloloh aja... makanannya cacah dulu kecil2, baru masukkin ke mulutnya.... awas, jangan sampe kegedean kasih makannya...

      Delete
    2. Kemarin saya sudah ketemu dokternya lagi, sama dok katanya dipotong kecil-kecil, sekarang burung hantu saya udah mau makan, tapi saya hawatirnya dia nggak mau diem dok, takutnya kakinya tambah parah

      Delete
    3. nggak apa2. biarin aja. kalau dia ngerasa kakinya sakit, biasanya dia akan diem sendiri nantinya. dia gerak2 karena emang gak ngerasa sakit. dan saya rasa itu bagus... :)

      super-n, jangan lupa.. :)
      dan kabari terus

      Delete
  68. Dok, saya ketemu Burhan jenis tyto alba, diliat dari fisiknya masih branch. Pas saya liat ternyata ankle kakinya patah dok, sudah saya bawa ke dokter katanya diperban aja sm dikasih obat tpi lama2 jadi perbannya lepas, lukanya nambah patah sampai tulang ankle nya keluar dok. Jadi gmna itu dok, gak tega ngeliatnya, apakah perlu amputasi? Kalo diamputasi Burhan msh bisa hidup gak?

    ReplyDelete
  69. Dokter saya melihari bufy fish owl gak tahu kenapa gak mau makan dan minum ini hari ke 5 skr gak bisa bangun lagi kenpa ya dok

    ReplyDelete
  70. Mohon maaf dok, kalo celepuk saya tiba tiba mencengkramnya hanya kaki kanan aja kaki kirinya ngga buat mencengkram jadi hanya mencengkram 1 kaki kalo bertengger. Kira kira ada apa ya dok? makasih

    ReplyDelete
  71. Dok barn owl saya kakinya patah nah saya mau bawa ke dokter hewan cuman saya gatau dokter hewan di daerah cimanggis,klo dokter tau tolong kasih tau saya dok.
    Makasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.