Cara Mengobati Mencret Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Mencret pada musang

biasanya terjadi akibat berbagai sebab. Penyebab mencret pada musang yang paling utama adalah karena bakteri dan kuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan musang. Mencret pada musang lebih sering diderita oleh musang yang masih bayi atau anak musang. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan anakan musang dan bayi musang masih sangat rentan dan rapuh terhadap bakteri. Bagi anda yang ingin musang anda tetap sehat, kuncinya adalah kesehatan pencernaan musang. Cara menjaga kesehatan pencernaan musang bisa anda baca di blog ini.
Cara Mengobati Mencret Pada Musang
    Image taken from facebook.com
  • Penyebab-penyebab mencret pada musang.
  • Ada beberapa penyebab mencret pada musang. Dan berikut adalah beberapa penyebab mencret pada musang:
    1. Kandang yang terlalu dingin dan terlalu lembab.
    2. Kondisi kandang yang terlalu dingin dan terlalu lembab dapat menyebabkan musang kedinginan yang berakibat pada sistem pencernaan yang terganggu.
    3. Makanan musang yang kurang terjaga kebersihannya.
    4. Kebersihan makanan musang yang dimakan oleh musang menjadi faktor kedua penyebab mencret pada musang. Bakteri penyebab mencret pada musang lebih gampang masuk ke dalam tubuh musang lewat makanan yang terkontaminasi atau tidak terjaga kebersihannya.
    5. Susu yang kurang cocok.
    6. Pemberian susu yang kurang cocok dikonsumsi oleh musang menjadi penyebab ketiga mencret pada musang. Sebaiknya, berikan susu non-lactosa kepada bayi dan anakan musang untuk mencegah mencret pada musang.
    7. Memasuki masa birahi.
    8. Musang yang siap kawin biasanya agak kehilangan selera makan. Musang lebih banyak minum hingga menyebabkan kotoran musang menjadi agak cair.
  • Cara mengobati mencret pada musang.
  • Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengobati musang yang mencret. Dan berikut adalah beberapa cara mengobati musang yang mencret:
    1. Identifikasi penyebab mencret pada musang.
    2. Hal pertama dalam langkah mengobati mencret pada musang adalah mengetahui penyebab mencret pada musang. Bagaimana cara mengetahui penyebab mencret pada musang? This is a little trick: lihat bentuk feses dan cium bau fesesnya. Agak menjijikan memang, tapi ini penting. Jika bentuk feses musang cenderung cair, berwarna cerah (kuning atau hitam) dan berbau busuk menyengat, maka bisa dipastikan bahwa di dalam usus atau sistem pencernaan musang tersebut terdapat bakteri. Perlu saya ingatkan bahwa musang yang sehat biasanya memiliki feses yang warnanya sama dengan warna makanan yang dimakannya dan bentuknya pun padat (berbentuk butiran ataupun memanjang).
    3. Perbaiki cara pemberian makanan dan bersihkan kandang secara menyeluruh.
    4. Hal kedua setelah mengetahui penyebab mencret pada musang adalah membersihkan kandang secara menyeluruh dan memperbaiki cara pemberian makanan pada musang. Berikan makanan yang segar, buah yang benar-benar bersih dan matang, serta angkat sisa makanan yang tidak termakan sesegera mungkin setelah musang kenyang. Hal ini agar menhindari dimakannya makanan basi oleh musang.
    5. Berikan air kelapa setiap pagi dan sore.
    6. Untuk membersihkan bakteri di sistem pencernaan musang, sebaiknya gunakan air kelapa untuk musang setiap pagi dan sore. Selain membersihkan setiap 'ekor' bakteri di usus musang, air kelapa juga bisa merehidrasi musang yang kehilangan cairan tubuh selama mennderita mencret. Sebagai dokter hewan, untuk mengobati mencret pada musang, penulis tidak menyarankan pemberian obat-obatan manusia untuk musang seperti pemberian Norit, Oralit, dan lain sebagainya. Akan ada efek samping dari pemberian obat-obatan manusia untuk hewan peliharaan.
    7. Berikan buah salak.
    8. Ini adalah trik lainnya dari saya untuk mengobati mencret pada musang. Pemberian buah salak matang bisa dilakukan sekali seminggu, dan hentikan pemberian buah salak bila feses musang sudah terlihat padat kembali. Selain memperbaiki sistem kekebalan tubuh musang, buah salak juga bisa membuat feses musang kembali padat dan membunuh bakteri penyebab mencret.
Demikian adalah penyebab mencret pada musang dan

cara mengobati mencret pada musang

. Artikel diatas semoga bisa membantu anda para pecinta musang dalam memelihara musang peliharaan anda. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

255 Responses to "Cara Mengobati Mencret Pada Musang"

  1. Dok kemareƱ msang saya mencret pas saya tinggal n dikasih susu coklat sama ibu saya apa itu penyebab mencretnya ya dok n minta solusinya agar cpt sembuh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu penyebab mencretnya. solusinya kasih buah (pepaya matang). kalau belum bisa makan sendiri, di jus dulu.,.. jangan dikasih gula... :)
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  2. dok kalo feses nya padat tapi bau nya ga enak(kaya bau sampah) itu penanganan nya harus gimana dok>??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada bakteri di saluran cernanya...
      coba kasih makan pepaya mas... :)

      Delete
  3. dok musang saya kular kotoran kuning dari anusnya dan baunya tidak enak dok apa yang harus saya lakukan dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saya tahu sebelumnya dikasih makan apa?
      coba mas baca artikel saya cara mengobati musang keracunan secara alami. praktekkan.

      Delete
  4. sebelumnya saya kasik ayam rebus dok paginya terus sorenga langsung gitu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayam rebusnya mas rebus dengan benar gak? maksudnya, benar2 sudah mendidih? karena bisa jadi karena ada bakteri di ayamnya... atau bisa juga daging ayamnya mengandung bahan kimia yang tidak hilang saat proses perebusan..

      Delete
  5. cara memadatkan pup musang yg mencret gimana dokter, selain dikasih salak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara kasih salak yang manis aja dlu... setelah agak padat, kasih pepaya biar sistem pencernaannya normal lagi... :)

      Delete
  6. Dok biasanya kalo mencret itu pengaruh sama nafsu makan gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung.
      kalau hanya mencret biasa karena misalnya kebanyakan minum air (kembung), biasanya dia tetep makan. namun kalau mencret itu dikarenakan penyakit lain, biasanya bisa menyebabkan nafsu makan berkurang...

      Delete
  7. Dok , dari pagi hari sampai siang fesesnya jadi cair dan kuninh cerah. Setelah pagi hari saya beri susu SGM ananda soya 0-6 bulan , dan bubur Sun pisang saya campur madu TJ , air minumnya jg saya campur madu TJ. Gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari fesesnya sih mending mas kasih air kelapa muda....
      kemungkinan keracunan atau ada bakteri... silakan baca artikel cara mengobati musang keracunan

      Delete
  8. Dok ini musang saya knp badan nya gemetar2, fases nya kuning cerah, sebelum nya saya kasih susu sgm 0-6 bulan + gula
    Sehari sebelum nya dia masih lincah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih susu sgm llm dan jangan dikasih gula.
      untuk pencegahan, coba mas beli kelapa muda, minumin air kelapa muda ke musangnya. agar bisa menetralisir..

      Delete
  9. Dok lokasi praktek dimana dok? Urgent anget dok. Musang saya sudah 2 hari 1 malam mencret dok. Terkhr saya cek di fesesnya ada gumplan darah dok. Urgent dok! :'( minta kontaknya dok

    ReplyDelete
  10. Dok musang pandan baby sya feses nya kekuningan tidk cair sekali , warnanya kuning cerah tdk berbau . Td mlm blm mencret tp skrg pas sya cek agak sedikit sprti bbur fesesnya . Penangannya gmn ? Sya ksih susu dancow dan bursun pisang , apa berpengarug juga kalau kasig mkan nya sekaligus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jangan dikasih dancow mas. laktosa di dalam susu dancow bisa menyebabkan mencret. kalau untuk baby musang mending kasih bubur bayi aja, saya rekomendasiin promina. sesekali bisa dikasih pisang juga (pisang lampung atau sunpride, yang aromanya kuat). pemberian pisang dan susu juga sebaiknya gak disatuin. selang 2 jam aja... :)

      Delete
  11. Nih sya udh cek lg udh gk mencret lgi dokk , sya kasih susu dancow 3+ preschool utk anak usia 3-5 thn rasa madu . Bebelac kira2 cocok ga ya dok ? Sya blm coba sih , dan terkadang sya campur susu bubuk dgn bubur sun llu sya aduk dan saya suapi mngunakan spet apa gpapa dok mncampur sprti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih lebih menyarankan susu yang non laktosa. :)
      campur ke bubur sun gak apa2, asalkan susunya non laktosa. lebih aman sih pakai alternatif susu kayak sari kurma atau madu asli (jangan madu rasa). :)

      Delete
    2. Dok perbandingan untuk susu sm air gmana ya dok, buat musang umur 3blnan.

      Delete
    3. samain aja kayak buat manusia, mas. pastikan susunya non laktosa ya mas. kalau mengandung laktosa, bisa bikin mencret. bisa mas kasih sgm LLM.

      bagusnya sih kasih sari kurma aja. campur air. :)

      Delete
  12. Merk susu apa dok yg non laktosaa , musang saya hampir 1 bln terkadang suka nyedotin apa ajh gitu kyk udh mau mkn sndri , tp setiap saya taruh mknan di jari saya eh cmn di acak2 . Kira2 umur brp bln ya dokk normalnya musNg bisa mkn sndri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgm llm non laktosa, mas.
      musang biasanya mulai umur 3 bulan dah bisa makan sendiri. iya, itu dia udah belajar makan. selama ini mas pipet ya? coba aja taruh makanan di kandangnya. bubur bayi promina aja... :)

      Delete
  13. Dok saya membeli anak musang pandan tp kotoran nya kuning kehitam"an dan cair bnget mna berbau,itu penanganan nya gimana dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa?
      bubur bayi?

      coba kasih pepaya matang yang diblender...

      Delete
  14. Dok musang saya umur 2 bulan. Kotoran nya mencret, tp tidak bau, warna nya pun sama kaya bursun beras merah. Saya ngasi makan nya cair dok. Kalo kntal dia g mau. Air klapa sudah saya kasi. Dia juga lari" n bcanda, aktif... biar pup nya padat gimana y dok. Tolong info nya. Mkn nya juga dikit. Takut sakit dok... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sehat itu mas. :)
      tapi buat jaga2, bisa kasih pepaya yang dijus tanpa air buat tambahan makanannya... 2x seminggu aja...

      Delete
    2. Dok musang saya mencret nih.dia lemes sekali...pantat nya merah..tolong dong pencerahan nya...

      Delete
    3. hentikan pemberian susu kental. jangan kasih susu kental. ganti pake sari kurma aja. lebih menyehatkan.

      sementara ini, pakan kasih pepaya aja. jangan dikasih selain pepaya. biar sistem pencernaannya bagus.

      Delete
  15. Ohw gt. Tp makan nya dikit bngt dok. Kalo saya paksa brontak. Mau nya makan pk pipet d jilat" sambil saya pncet plan". Badan ny sekarang agak kurus dok. Scoot ud saya kasi seminggu skali. Air klapa tiap malam. RAKus kalo air klapa. Tiap kasih buah g perah d makan. Cuma d jilat, udah d tinggal. Sama bursun juga bgt dok kalo kntal... tolong dok. Biar nafsu nya kuat lagi. N gemuk kaya sblum nya... saya mau lakuin apapun buat musang saya normal lagi... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih sari kurma.
      scott emulsion juga sebaiknya jangan banyak2, mas. silakan cek artikel saya dosis scott emulsion untuk musang...

      Delete
  16. Ia saya ngasi nya ud ikutin saran dokter, yg d artikel doktr pernah kasih k saya.. masa saya selalu kasih air klapa aja. Sari kurma d campur air klapa boleh dok...??? Mkn nya harus d paksa. Abis takut parah prut nya g masuk apa". Kasian saya jd nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sari kurma campur air kelapa, namun baiknya sih pisah aja mas. selang 3 jam... :)
      mending mas pipet aja, namun sesekali coba kasih makan sendiri.... :)

      saya sih masih yakin dia masih sehat. makanya saya menyarankan mas coba ajarin dia makan sendiri. kasih kabar saya soal fesesnya ya mas... saya tunggu.. :)

      Delete
  17. Ia dok alhamdulillah dia sehat... g bsa diem. Apa lagi kalo malam dok. Tp pup nya dikit, g encer sih dok. Agak padat, tp berair. Tp g padat ky sblom nya. Pup nya g bau dok. Warna nya masi sama am makanan nya. Sunbras merah. Td saya kasi air klapa g mau, sari kurma g mau. Kaya lemes dok... apa harus saya paksa lagi....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paksa aja gak apa2.
      sesekali kasih jus pepaya mas (airnya dikit aja). nah abis dikasih jus pepaya, tunggu sampai dia pup, lalu liat pupnya. kalau warnanya masih sama kayak warna pepayanya, berarti masih sehat.....

      tapi saya sih yakin masih sehat... soalnya pupnya gak bau.. :)

      Delete
    2. Alhamdulillah dok luna ud mau makan, stlah d kasih air klapa, trus slang 3 jam saya kaih bursun campur sari kurma. 2 suntikan abis. Tp g mau makan sendri... dari kmarin dia blom pup dok. Smnjak sya kasi mkn d atas. Saya ajak main dia tiap malam. Bgadangn. Abis kalo d kandang. Dia triak" g mau brnti. Mau nya tdur d sblah saya mulu. Kna kipas apa gpp dok. Kalo d kandangn dia triak" kncng g brnti. Saya kasian.

      Delete
    3. luna masih anakan ya? :)
      kalau masih anakan, normal aja kayak gitu. bagus itu mas, bisa bonding nanti sama mas. coba mas baca artikel saya imprint pada musang.

      cek juga artikel saya cara agar musang mau makan sendiri. jangan terlalu dimanjain, mas. nanti dia jadi kolokan... :)

      Delete
  18. Oke dok. Ia masi kcil. Ekput... pup nya ud normal dok. Makasih banyak info nya y dok. Skarang ud sehat lagi... bcanda mulu am saya... salam dari luna dok. Tiap saya mau ngasi makan saya ajak ngbtol, "kata fokter fira harus makan biar cpt gde, kalo g ntr d suntik. Hehe. Dia langsung mau makan dok. Skli lg mksi konsultasi nya dok... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut seneng. :)
      kabari saya kalau ada apa2 ya mas... :)

      Delete
  19. Maaf dok saya mau tanya Musang saya pup Ny mencret warna kuning cerah abis saya kasih pala ayam. Di pup nya kaya ada biji jambu cuma di liat kaya jell. Trus saya kasih Hydrococo mau bahkan abis 1 setelah itu pup nya normal cuma itu nafsu makan nya berkurang.tolong pencerahan nya Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ada bahan kimia di kepala ayamnya. mas yakin kepala ayamnya gak diformalin/borax? cukup pastikan kepala ayam yang diberikan bebas bahan kimia ya mas...

      sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa. saya tunggu kabarnya. dan soal stimuno, itu buat manusia, mas. jangan buat musang. lebih baik kasih sari kurma buat daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan musangnya.... :)

      saya tunggu kabarnya.

      Delete
    2. Saya punya 2 dok yg Musang akar usia nya 4 bulan yg pandan hampir 5 bulan dok ke 2 nya sama tidak mau makan dari td MLM

      Delete
    3. coba mas baca dlu artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. :)

      Delete
    4. Terima kasih dok ke 2 Musang saya sudah kembali normal n bisa ceria seperti biasa nya Kemaren saya kasih air kelapa sama salak. Alhamdullilah semua nya sudah normal kembali. Oh ya dok mau tanya lg kalo madu Sari kurma itu di campur sama air minum atau sama makan nya?

      Delete
    5. kabar baik. :D
      campur ke makanannya bisa, campur ke air juga oke, mas.. :)

      kabari saya terus ya mas..

      Delete
  20. Trus boleh gk di kasih Stimuno untuk kekebalan tubuh?

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Dok, musang saya knp ya kok tiba" jadi penakut (kagetan)kyk takut sm smua hal trmsuk bunyi suara atau klo mau dipegang pakai tangan aja udh ketakutan kyk lihat apaan, nafsu makan nya jg berkurang, trus kluar darah jg di fesesnya tp bentuk fesesnya msih padet gk lembek.. Pdhl smula gk ada apa" .. Kndisi musang saya aktif gk ketakutan, makannya jg banyak .. Itu knp ya dok ? Mohon pencerahan dan solusinya ya dok .. Terima kasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa dan biasa dikasih makan apa?

      coba untuk seminggu ini jangan dikasih makanan lain selain pepaya. kalau belum bisa makan sendiri, bisa dijus dlu tanpa air pepayanya. tambah sari kurma sedikit biar daya tahan tubuhnya bagus.

      Delete
  23. Dok, musang saya knp ya kok tiba" jadi penakut (kagetan)kyk takut sm smua hal trmsuk bunyi suara atau klo mau dipegang pakai tangan aja udh ketakutan kyk lihat apaan, nafsu makan nya jg berkurang, trus kluar darah jg di fesesnya tp bentuk fesesnya msih padet gk lembek.. Pdhl smula gk ada apa" .. Kndisi musang saya aktif gk ketakutan, makannya jg banyak .. Itu knp ya dok ? Mohon pencerahan dan solusinya ya dok .. Terima kasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa dan biasa dikasih makan apa?

      coba untuk seminggu ini jangan dikasih makanan lain selain pepaya. kalau belum bisa makan sendiri, bisa dijus dlu tanpa air pepayanya. tambah sari kurma sedikit biar daya tahan tubuhnya bagus.

      Delete
    2. oh iya. soal dia jadi penakut, tebakan saya sih ada hubungannya ama penyakitnya. emang kadang kayak gitu, apalagi kalau berhubungan ama pencernaan...

      lakukan aja apa yang saya intruksikan ya mas..

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  24. Dok musang akar sy umur 3 bln kmrn mencret, fesesnya coklat cair dan berlendir,udah dkasi minum air kelapa dan makan pepaya..makannya dikit bgt dok..lemas dia kasihan..mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih susu ya sama mas? hentikan pemberian susu.
      gantinya, kasih sari kurma aja, campur air. agar dia agak segeran dikit.

      makan kasih pepaya aja sementara...

      kasih saya kabar lagi ya mas. maaf baru balas..

      Delete
  25. dok musang saya umur nya 4 bln semalam saya kasih nasi kecap sama telur ayam, tapi setengah matang, pagi nya saya lihat pup nya mencret, dan muntah2 dok, tolong pencerahn nya dok
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih setengah matang mas?
      kadang emang gitu, ada beberapa jenis musang yang emang gak kuat dengan kuning telur mentah atau bahkan setengah matang.... sama kayak kita, manusia....

      kalau udah gitu, pastikan telurnya matang sempurna atau bagusnya jangan dikasih telur at all.. :)

      Delete
  26. Dok musang saya mencret nih.warna nya kuning ke coklatan bau nya ga enk.umur nya 2,5 bln pantat nya merah dok....
    Gimna nih cara nyembuhin nya...
    Saya bru bli hari senin nih musang
    Pkan nya
    Kpla aya+nasi / ceker+nasi
    Susu nya pke susu kntal/air gula aren..
    Pepaya...

    Apa ada yg salah dok....
    Tolong nih musang nya kesakitan banget saya ga tega liat na

    ReplyDelete
    Replies
    1. hentikan pemberian susu kental. jangan kasih susu kental. ganti pake sari kurma aja. lebih menyehatkan.

      sementara ini, pakan kasih pepaya aja. jangan dikasih selain pepaya. biar sistem pencernaannya bagus.

      Delete
  27. Dok musang saya mencret nih.warna nya kuning ke coklatan bau nya ga enk.umur nya 2,5 bln pantat nya merah dok....
    Gimna nih cara nyembuhin nya...
    Saya bru bli hari senin nih musang
    Pkan nya
    Kpla aya+nasi / ceker+nasi
    Susu nya pke susu kntal/air gula aren..
    Pepaya...

    Apa ada yg salah dok....
    Tolong nih musang nya kesakitan banget saya ga tega liat na

    ReplyDelete
  28. dok mau nanya untuk penanganan masalah mencret si musang
    itu cara kasih air kelapanya gimana dok, soalnya dia ga mau di kasih makan, di kasih pepaya, telor rebus, sama pisang cuman di cium2 aja
    dia di kasih makan cuman susu aja, itu juga di paksa minumnya pake dot sama ayah saya, katanya biar ga sakit/lemes
    apa saya paksa gitu biar air kelapanya bisa masuk?
    makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. campur air kelapa dengan sari kurma, lalu taruh di kandangnya. tinggalkan aja. taruh juga pepaya matang di kandang. nanti dia akan makan sendiri kok.. :)

      Delete
    2. ini lagi kurangin konsumsi susunya dulu dok, mau liat perkembangannya :D
      tapi kalo masih mencret gitu baru mau kasih air kelapa muda sama sari kurmanya
      makasih atas sarannya ya dok :)

      Delete
  29. Dok, saya punya muspan umur 2 bulan. Sekarang dia gak mau makan, saya kasih bubur juga gak mau. Kemaren saya kasih susu kental dok. Abis itu dia mencret. Sekarang kasian banget dok. Dianya gak mau tenang di kandang, mutar2 kayak stres gitu, trus kadang dia berantem dok. Itu gimana ya solusinya dok?? Tolong kabar secepatnya dok. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak tahu kalau susu kental manis bikin mencret pada musang, atau mas tau tapi tetep dikasih?
      jangan dikasih susu kental manis. coba kasih jus pepaya, lalu kasih minum air kelapa muda. jangan dikasih makan atau minum lain selain yang saya sarankan. mengerti?

      Delete
  30. Dok, saya punya muspan umur 2 bulan. Sekarang dia gak mau makan, saya kasih bubur juga gak mau. Kemaren saya kasih susu kental dok. Abis itu dia mencret. Sekarang kasian banget dok. Dianya gak mau tenang di kandang, mutar2 kayak stres gitu, trus kadang dia berantem dok. Itu gimana ya solusinya dok?? Tolong kabar secepatnya dok. Makasih dok

    ReplyDelete
  31. Dok, musang saya udah gak mencret lagi. Nafsu makannya udah bagus. Saya kasih pepaya tadi di lahap bener makannya. Tapi kalau di kandang dia masih mutar2 gitu. Trus kadang dia saling gigit2. Gak tau sih gigit becanda atau gimana. Tapi dia gak tenang dikandang. Itu kenapa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum terbiasa aja sama lingkungan barunya dan sama kandangnya. seiring dengan berjalannya waktu, biasanya dia akan tenang sendiri. coba aja sering2 diajak main, sama taruh kaus bekas pakai mas di kandangnya biar dia kenal bau tubuh mas. itu juga kalau mas gak merokok. kalau merokok, jangan. bahaya kalau residu rokok yang nempel di kaus kehirup sama musangnya...

      Delete
  32. iya dok, dikasih dancow ga mau pas di kasih susu bear brand baru mau dia, tau aja barang mahal ya si musang hihihi
    makasih info nya ya ka, semoga sukses (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih saya kabar kalau ada apa2.. :)

      Delete
    2. oh ya tambahan, kalau saya sarankan mending jangan kasih susu. kasih aja sari kurma. ini saran saya aja loh ya.. :D

      Delete
    3. iya ka saran kaka udah saya lakuin hehe bab nya jadi lancar lagi :D saya cuman kasih pisang sama pepaya doang, makasih banget ka heheh seneng banget liat musang saya sehat lagi :D

      Delete
    4. kabar baik lagi untuk hari ini.. :)

      Delete
  33. Dok muspan saya dri awal ngerawat smpe skrg slalu saya kasih pisang,nah pas saya baca satu artikel disini,saya coba ksih nasi campur kecap tpi knpa muspan saya cuma dicium cium aja nasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum terbiasa. emang perlu dibiasakan.
      kalau menurut saya malah bagusan dikasih pisang, mas. silakan mas baca artikel saya makanan terbaik untuk musang... :)

      Delete
    2. bagus emang sih dok,tpi kantong kgk bgus klo buat anak skolah kaya saya.Saya udh baca artikel dokter yg "cara agar musang tidak monofeed" dstu katanya sruh puasain musang,tpi saya kagak tega buat bkin dia puasa,klo dia kgk dksih makan,dia ska gelisah sndri mondar mandir kan jdi kgk tega

      Delete
    3. emang biasa dikasih pisang apa mas?
      jangan yang mahal2. kasih aja pisang lampung. kalau di daerah saya sih murah. beli aja yang bekas, yang gak utuh satu sisir lagi, yang udah lepas-lepasan gitu. klo di saya, 1 kantong pisang lampung lepas-lepasan gitu cuma 5rbu sekantung besar....

      atau cari aja di tengkulak pisang kalau di daerah mas ada tengkulak pisang. dulu waktu masih kuliah, saya juga pelihara musang juga selain burung hantu, dan tiap hari saya main ke tengkulakan pisang, cari pisang2 bekas, hehehe... maklum anak kos....

      opsi lain, kasih pepaya aja. kasih pepaya yang udah dipotong dan dikupas, beli aja di tukang buah potong (abang2).... :)

      Delete
    4. Tpi dok klo di ksih air gula dia mau,nasi kecap harus saya suapin itu jga harus lari larian nyuapinnya,apa prlu nasi cmpur gula?

      Delete
    5. kalo nasi campur sari kurma dia mau? coba aja.

      jangan gula. kurang bagus buat sistem pencernaannya, mas... :)

      Delete
    6. Terima Kasih Dok atas sarannya,lama kelamaan muspan saya mau nasi kecap,tpi skrg dia nafsu makannya agak menurun,dia skrg lbh suka tidur,apakah itu buruk dok?

      Delete
    7. Saya mau konsul jga dok masalah ini
      Muspan saya sudah jinak mau di elus elus dan dia tidak gigit,tpi dia spertinya sangat phobia air,tiap kli saya mandiin dia mnjdi sangat agresif apakah itu wajar dok?

      Delete
    8. soal nafsu makannya, fesesnya gimana? biasanya kalau musang sakit, bisa dilihat dari fesesnya....

      menurut saya sih wajar. biasanya kalau lagi peralihan makan, emang agak menurun. udah coba kasih sari kurma biar nafsu makannya bagus?

      soal phobia air, masih bisa dikatakan wajar. emang beberapa musang ada yang sangat takut ama air. dan kasus seperti ini emang harus dibiasakan... :)

      kasih saya kabar lagi ya mas...

      Delete
    9. klo phobia air gitu gpp kan?
      dok saya mau cbain air gulanya dbkin teh manis bagus kgk dok?klo buat kita kan bagus


      saya tiap ksih makan dia kandang slalu ksih 2 variasi pisang sma nasi kecap kadang kadang dia jga ska makan nasi kecapnya klo dicampur gtu bagus kgk dok?

      Delete
    10. jangan dikasih teh manis, mas. hihihi. apalagi yang ada gulanya. mending kasih air madu atau air sari kurma aja (sari kurma dikasih air, diaduk. atau madu dikasih air, diaduk. terus berikan ke musangnya).

      dia bukan phobia, mungkin belum terbiasa aja...

      nasi sama kecap buat menu makan musang bisa dikatakan bagus. meski sebenernya yang paling bagus buat musang adalah buah2. nggak apa2, buah2an minimal kasih seminggu sekali atau dua kali aja... :)

      Delete
    11. tpi klo air gula gpp kan?



      trus dok saya mau nanya nih,tdi saya baru kluarin muspan saya yg skian lama dikandangin,saya bawa ke kamar saya,saya lepas tuh,dia lari lari gitu tpi msih kliatan takut ktika saya mau gendong.
      apakah kalo dibiasakan begitu bakal jdi jinak total?



      Saya kalo ksih air gula psti bnyk semut merah yg pada msuk ke kandang dia,saya takut dia kegigit,saya kasih kapur semut aja diskitar kandang dia,klo bgtu apakah bakal ada efek sampingnya dok?

      Delete
    12. meski boleh, namun sebaiknya jangan, mas...

      masnya jangan ragu2 atau takut. kalau masnya ragu2 atau takut, dia malah makin susah nanti jinaknya...

      daripada kasih air gula, coba kasih air sari kurma aja...

      Delete
    13. tpi dok klo misalnya saya sering kluarin,saya ajak maen,dibawa ke apa bisa jinak dok?

      Delete
    14. sering keluarin dari kandang? diajak main di luar kandang gitu? itu malah bagus.

      namun mas juga harus menghilangkan rasa takut mas juga ke dia... :)

      Delete
  34. Pagi dok,muspan saya mencret tapi warna fesesnya masih sama kaya yg dia makan dan juga tidak bau,apakah itu masih sehat?
    Umur muspan saya 6 bulanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya dikasih makan apa hingga dia mencret?
      kayaknya sih masih sehat kalau fesesnya masih berwarna sama dengan makanannya.

      atau mungkin mas bisa kasih pepaya matang agar sistem pencernaannya bagus... :)

      Delete
  35. Sama 1 lagi dok,musang saya kalo dikasih makan pisang gamau dok tapi kalo dikasih bursun yg rasa pisang baru mau. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena dia belum terbiasa aja dengan pisang.
      silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  36. Udah saya baca,udh saya ikutin semua saran dokter tapi tetep gamau. Dulunya mau pas saya baru melihara tapi lama kelamaan jadi gamau makan pisang,percuma dong saya beli pisang banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. harusnya beli aja 1 pisang sunpride. jangan langsung beli banyak.. :)

      sejak kapan dia nggak mau makan pisang?

      ada banyak alasan sih kenapa musang menolak pisang yang kita berikan, diantaranya karena pisangnya mengandung zat kimia (karbit).... biasanya ada kan pisang yang dikarbit agar cepat matang... nah musang biasanya nggak mau....

      makanan lain gimana? dia masih mau makan?

      saya kira kalau dia masih mau makan, masih sehat. mungkin perlu pembiasaan lagi aja buat dia mau makan pisang lagi.... atau coba jenis pisang lain yang ada aromanya kayak pisang sunpride, dan pastikan pisangnya bukan yang hasil karbitan.... :)

      kasih saya kabar lagi....

      Delete
  37. Hehe soalnya biasanya mau dok...
    Dari hari senin dok,saya udah coba ganti" pisang tapi tetep gamau..
    Kalo makanan yg lain dia masih doyan. Kaya nasi sama kecap,apalagi kepala sama ceker ayam dia doyan banget...
    Cuma pisang doang dia gamau,masa saya kasih nasi kecap sama kepala ayam mulu dok,kan harusnya yg utama buah"an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah lain gimana? pepaya misalnya? :)
      coba aja kasih pepaya. bisa kasih langsung atau dijus tanpa air terus tambahin sari kurma biar terasa manis... :)

      iya, bagusnya sih buah2an. minimal seminggu sekali atau dua kali kasih buah2an...

      maaf baru balas... pusing saya banyak pasien 2 hari ini, hihihihi.... saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  38. Si roger mau dok makan pepaya tapi cuma dikit banget,kalo dicampur sari kurma cuma sari kurmanya doang dijilatin pepayanya ga dimakan..
    Kalo makan yg lain dia mau makan banyak dok..
    Solusi dokter gimana biar mau banyak makan buah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo wktu itu si chiko saya puasain
      misalnya biasa diksih pagi,siang,malam
      siangnya cba kmu puasain,pagi ksih makanan ksukaan dia
      pas malem ksih makan pepaya psti dimakan deh krna dia siang klaperan,tpi klo udh mau yaa rutin lgi ksih 3x shri

      Delete
    2. bisa mas ikuti saran dari mas Killua. :)
      atau nggak apa2 sih sedikit, mungkin dia belum terbiasa aja. yang pasti harus dibiasakan dulu meski sedikit2 nggak apa2... :)

      Delete
  39. dokter , musang saya umur satu tahun , kmrin sya tgl smnggu dan saya ttipkan dia di pnitipan kmunitas musang .. stlah sya ambil dlm kondisi bulu stngh kring krna bru slse dimndikan.. stlah smpai rumah tdk npsu makan dan fases bau nyengat bwrna hijau lumut cair brlndir ..dan muntah sekali ..trkhr dia makan kepala ayam ... ini suda masuk dua hari dia gk ada makan dan mnum ,,sya spet buah air dia nolak trus ,suda sya kasi air kelapa dan air gula juga tdk mau... saya hrus apa lagi dok ? :( itu musang saya stres krna dipenitipan atau ada vrus dmknan trkhr yaitu kpala ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebakan saya juga begitu. makanannya kurang higienis. atau, kepala ayamnya mengandung bahan kimia (formalin). kayaknya sih itu...

      kasih air kelapa muda campur sari kurma. kasih pakai suntikan kalau emang dia gak mau. pelan2n aja, jangan sampai tersedak.... untuk makanan, sementara kasih bubur bayi promina aja dlu....

      air kelapa kasih sehari 2 kali...

      kalau dalam 3 hingga 4 hari belum mendingan, mending bawa ke dokter hewan terdekat....

      maaf baru balas. saya sibuk banget 2 hari ini... :(

      Delete
  40. Dok musang saya keluar cairan puti banyak i itu termasuk mencret ngak ya

    Kalau mencret penanganan utama pakai apa dok

    Terimakasih dok. ,.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cairan putih gimana? baunya busuk gak? biasanya kalau busuk, berarti mencret... kalau nggak terlalu busuk, hmm, mending observasi aja dlu selama 2 hari ke depan sambil diperbaiki kebersihan pakannya...

      penanganan mencret pada musang bisa dibaca di artikel di atas... :D

      Delete
  41. mlm dok.sy mau tanya apa susu untuk musang tdk boleh dksih gula

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih jangan gula, campur sari kurma aja.
      dan untuk susu, dia udah terbiasa dikasih susu atau nggak mas? kalau gak terbiasa, atau belum terbiasa, kasihnya dikit2 dlu. minggu ini misalnya kasih 3 sendok aja, minggu depan tambah jadi 5 sendok. gitu terus. biar sistem pencernannya gak kaget.

      lalu jenis susunya juga jangan yang mengandung laktosa. sgm llm yang non laktosa boleh. jangan dancow atau susu kental manis..... :)

      Delete
  42. soalnya biasanya pupnya gk bau,tp tdi agak sdikit bau.fesesnya tdk encer sih tp ad ijo2nya dikit.makanan sy ksih pisang,putih telor sm susu non laktosa tp tk kasih gula itupun dminum dikit dok.

    ReplyDelete
  43. Dok saya tanya pup musang marteen saya kok warnanya hijau dan cair klo blh tau penyebabnya apa ya dok? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. sebelumnya dikasih makan apa mas?

      Delete
    2. Makanannya seperti biasanya klo pagi pisang sore pepaya malem ayam. Kemaren itu hujan deras apa itu penyebabnya ya dok?

      Delete
  44. Kemaren malem itu hujan sampai tadi pagi
    Setelah reda marteennya saya mandiin setelah saya mandiin saya kasih makan tapi dia tidur sampai sekarang di tidur, bangun pun dia nggak makan dia malah muntah kadang BAB gitu dok

    ReplyDelete
  45. Saya khawatir dok apa perlu saya bawa kedokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu dia. kalau istilah manusianya, 'masuk angin'. kenapa mas mandiin musang saat udara lagi dingin? musang, apalagi marteen, sangat rentan dengan udara dingin. kasih aja sari kurma buat daya tahan tubuhnya dia. kalau dalam waktu 3 hari ke depan setelah dikasih sari kurma belum mendingan juga, mending bawa ke dokter.... oh ya, sari kurma diberikan 3x sehari, bisa campur ke makanannya atau ke air minumnya.... :)

      Delete
  46. Dia nggak mau makan 3 hari ini tapi dia minum aja. Mulai kemaren makannya saya spet

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah mendingan. tetep spet aja makanannya dan kasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya up lagi. kalau pagi ada matahari, jemur aja.... :)

      Delete
  47. Selamat mlm dok saya mau tanya mengatasi air liur yg brlbihan n karna faktor penyebab tidak tau..kira" dikasih obay apa?? / solusi lainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewannya musang ya mas?
      banyak sebab sih musang ngiler. tapi biasanya karena dia ngerasa 'gak enak perut', bisa jadi mual, atau sakit perut. cek fesesnya. tahinya. mencret nggak? warna fesesnya apa?

      coba kasih aja air kelapa muda campur sari kurma.... kabari saya lagi ya mas... maafkan saya baru balas...

      Delete
  48. Dok,musang saya entah sembelit atau diare...dia ngedan2 trs sprti org konstipasi..jd bgung it diare atau konstipasi.gmn ya dok...dia g mau makan n lemes bget..gmn sebaiknya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang selama ini dikasih makan apa?
      kasih jus pepaya campur sari kurma....

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Selamat pagi dok , kok musang saya semalam fases nya ada yang keras dan ada yang mencret yaa dok ? Warna nya kuning dok , sedangkan yang mencret warna nya agak coklat gitu , dan dia juga masih kagetan dok , apa karna faktor umur yg masih beby yaa ? Maka nya dia agak kaget2 gitu . oiyaa umur nya masih 2bln dok .
    Saya biasa kasih dia makan nasi + kecap , kalo di kasih pepaya suka gamau dia , dan buat selingan nya saya kasih bubur sun dok .

    Terima kasih dok sebelum nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih kecapnya kebanyakan kali mas... :)
      coba kecapnya sedikit aja. asal ada rasanya aja. hmm, kalau kecapnya ganti sari kurma aja, dia mau nggak? lebih menyehatkan. nasi + sari kurma...

      untuk memperbaiki saluran cernanya, silakan mas kasih ramuan kesehatan musang. ada kok resepnya di artikel saya ramuan kesehatan musang...

      saya tunggu kabar selanjutnya..

      Delete
  51. Selamat pagi dok , kok musang saya semalam fases nya ada yang keras dan ada yang mencret yaa dok ? Warna nya kuning dok , sedangkan yang mencret warna nya agak coklat gitu , dan dia juga masih kagetan dok , apa karna faktor umur yg masih beby yaa ? Maka nya dia agak kaget2 gitu . oiyaa umur nya masih 2bln dok .
    Saya biasa kasih dia makan nasi + kecap , kalo di kasih pepaya suka gamau dia , dan buat selingan nya saya kasih bubur sun dok .

    Terima kasih dok sebelum nya ..

    ReplyDelete
  52. Udah mulai agak keras dok , tapi masih agak sedikit berair fases nya dok , saya ikutin anjuran dokter , kasih air kelapa . kalo si susan saya kasih daging buah kelapa boleh gak dok ? Soal nya dia doyan bgt dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kelapa muda boleh mas. yang masih lembek2 gitu. jangan yang keras.
      bagusnya sih aernya aja dlu...

      bagus. saya tunggu kabarnya terus ya mas...

      Delete
  53. Alhamdulillah dok si susan udah normal lagi fases nya . kita dok si susan kan umur 2bln , klo saya kasih telur rebus udah blh blm dok ? Terima kasih sebelum nya dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah, saya ikut senang. :)
      boleh aja. kasih putih telurnya aja mas. telur puyuh rebus yang diberikan putihnya aja... :)

      saya tunggu kabar susan selanjutnya...

      Delete
  54. Kalo telur ayam dok ? Dia pernah saya coba kasih telur ayam , dia doyan bgt , tapi putih nya aja yg saya ksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja telur ayam. asal putihnya aja ya mas.
      kalau ama kuningnya, kayaknya terlalu banyak lemak... :)

      Delete
  55. Dok , musang saya mencret dan lemes kaya gak ada tenaga gitu , ngangkat kpalanya aja kaya gak kuat gitu dok , musang saya usia +-2blnan gitu , gak mau makan juga dok , saya kasih pake pipet dia gak mau di telen dan brontak" , saya harus gimna dok? Saya takut dia kenapanapa dok

    ReplyDelete
  56. Do musang saya gemeteran , fases nya bau, tp masih mau makan pisang ,tp kalau saya kasih pisang ngunyah nya susah, saya kasih pepaya gak doyan, ini cara supay musang nya mau makan pepaya gimana ya? Pada hal udah saya puasa in, minta saran nya makasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih ramuan kesehatan musang ciptaan saya dlu. resepnya ada di artikel ramuan kesehatan untuk musang....

      musangnya umur berapa, mas? saya tunggu kabarnya...

      Delete
  57. Sudah saya kasi air kelapa dok, tp belum saya coba campur dgn sari kurma, saya campur dengan jus pepaya, tp kalu saya campur dengan jus pepaya minum ya kurang lahap, lebih doyan kalau gak di campur jus,kadang kalu abis minum kaya mabuk dok jalan nya sempoyongan, he
    Ow iya dok ini musang saya umur 3 bln an, kok matanya kadang merem sebelah, keluar belek, kayak nya gejala katarak, ini bisa sembuh total apa enggak ya dok,
    Minta saran nya dok ,, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal matanya, mending jaga pola makan. bagusnya, kasih buah aja, jangan yang lain. pepaya atau pisang bagus. juga jaga kebersihannya.

      coba aja kasih ramuan kesehatan musang, mas....

      Delete
  58. Dok , musang saya mencret warna merah terus lemes itu obat nya apa ya dok?..

    ReplyDelete
  59. Selamat pagi dok, saya baru adopt baby musang (1,5) kemarin, keadaan pup musangnya kemarin kuning krim. Lalu saya beri makan malam dengan sun pisang saat saya sahur saya beri makan lagi dengan susu SGM Ananda 0-6 (tanpa sunpisang) paginya muspan saya pupnya encer sekali seperti air. Pagi tadi saya baru kasih makan lg sgm ananda + sunpisang. Dan muspannya suka tidur setelah di beri makan

    Apakah boleh saya beri air kelapa dok ? atau ada penangan lain agar pupnya kembali normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, itu yang menyebabkan musangnya mencret. coba mas kasih aja ramuan kesehatan musang, udah ada artikelnya.... kasih itu aja...

      soal bubur bayinya, saya sarankan kasih promina aja...

      dan minimal seminggu sekali kasih buah, pepaya atau pisang. biar sistem cernanya bagus...

      Delete
  60. sudah 3 kali makan tidak saya berikan susu dok, hanya bubur saja(masih merk sun). untuk promina mungkin nanti siang saya coba promina rasa pisang.

    sudah dua kali saya membuat pisang campur air madu dok biar ga terlalu kental, karna muspan saya masih harus dipipet blm bisa makan sendiri. Tapi setiap makan jus pisang pupnya bener2 jus pisangnya yg keluar.

    ohya dok, jika saya memberikan air kelapa apakah harus di waktu pagi dan sore secara 3 hari berturut2 ?

    tp alhamdullilah muspan saya aktif dan lahap kalau makan, cuma saya khawatir mengenai pupnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau warna feses sama seperti warna makanannya, itu udah bagus. pertahankan. :)
      air kelapa + sari kurma? pagi dan sore aja, mbak.. :)

      soal pupnya, saya kira udah agak mendingan kalau warna fesesnya sama seperti yang dimakannya...

      kabari terus... :)

      Delete
  61. Dok, musang pandan saya umur 2 bulan trus 2 hr lalu mencret ee' nya bau. Saya kasih air kelapa sama madu. Siangnya udh normal gak mencret. Tp malemnya mencret lagi tp ee' nya gak bau. Itu knp dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu? hentikan pemberian susu.
      bagusnya coba mas kasih ramuan kesehatan musang ciptaan saya. silakan cari artikel ramuan kesehatan musang.... :)

      Delete
  62. dok saya mau nanya musang saya ko ga mengeluarkan feses nya setiap hari cuman pipis aja,padahal umurnya udah hampir 2 bulan nan,dikasih makan susu + bubur bayi kadang kadang dikasih pepaya, itu gapapa dok kalau ga mpup mpup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir pup kana, mbak?

      coba perbanyak kasih pepaya.... jangan dikasih makanan lain selain pepaya... biar sistem cernanya lancar... :)

      Delete
  63. Doc musang bayi belum melek dan lg mencret dr pagi ampe mlm ni fesesx kuning dan cair bgt...apa susux hrus sya stop dlu dan gnti yg lain??emg gpp lo bayix dikasi sari kurma dan susux dstop gtu??oia apa uda bole dikasi bursun??thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop susu. ganti bursun atau bubur bayi promina (lebih bagus) campur sari kurma.... :)

      dan coba kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya. :)

      Delete
  64. assalamualykum wr wb

    Dear Drh.fira

    saya mohon saran dan arahannya dok,begini dok saya punya musang betina umur 1 thn namanya Mbeb,sudah 2 hari yg lalu pencernaan nya kurang baik,karna sempet kotorannya bening dan berbau (mencret),saya ikuti saran dari artikel yg mirip penyakitnya dg musang saya,alhamdulillah mendingan sekarang.
    yg saya bingung musang saya sering mengerang sperti kesakitan dok,saya masih kasih air kelapa dan makanannya pepaya terus,tapi sampai saat ini belum ada kotorannya,pada anusnya juga kemaren merah sekarang sudah normal dok,makannya juga sudah mendingan walaupun di suapin terkadang.
    yg saya mau tanyakan:
    1.kenapa sering mengerang ya dok
    2.kenapa jadi lumpuh kaki belakangnya,tdk bisa berdiri jadi kalau bergerak hanya ngesot aja di kandang
    saya mohon tanggapan dari dokter dan arahannya....
    atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terimakasih

    wassalam.

    Regards
    Hery

    ReplyDelete
  65. Dok kemarin musang saya dikasih susu SGM 0-6bulan kemudian tiba2 musang saya mencret padahal di label kotak susu itu susu non lactosa, menurut dokter bagaimana saya mengatasi musang saya yang mencret dan jadi tidak selera makan kemudian susu apa yang sesuai dengan musang saya agar tidak mencret lagi dan nafsu makannya meningkat dok

    ReplyDelete
  66. dok mau tanya musang saya fesesnya kental berwarna kuning tidak bau gmn cara ngobatinnya dan dia lemes pengen tdr terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih ramuan kesehatan musang. udah ada artikelnya.
      kasih bubur bayi aja sementara ini.

      kabari lagi ya mas. maaf baru balas...

      Delete
  67. Malam dok,
    Saya mau tanya musang saya saat ini sedang tidak mau makan sma skli dok, poopnya jga hitam dok dan sekarang badannya lemas dok kira2 langkah untuk mengembalikan kesehatannya kembali di kasih apa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang...


      biasa dikasih makan apa?
      kabari lagi

      Delete
  68. Dok musang saya mencret..fesesnya berwarna kuning..saya kasih makan nasi kecap..gmna agar tidak mencret lagi dok..kasihan dy šŸ˜„šŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      gak mau makan apa2 lagi?
      coba baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      kasih juga ramuan kesehatan musang, udah ada artikelnya. judulnya ramuan kesehatan musang.

      Delete
    2. Dok, musang saya 1 bulan namanya thao,dia lg mencret dok. Sebelumnya saya kasih bubur sun pisang campur susu sgm 0-6 bulan. Fases nya tadi nya kuning cair cerah, berair, dan sedikit ada darahnya.
      Terus saya kasih pepaya penyet campur air baru fasesnya berubah warna kaya warna makanannya. Dok apa yg saya udh lakukan sudah benar? Langkah selanjutnya itu apa ya? Lalu kalo musang teriak2 nangis sewaktu ditinggal saya, apakah gpp atau akan ada dampaknya? Saya tinggal lama dok sekitar 4 jam

      Delete
    3. Dok, musang saya 1 bulan namanya thao,dia lg mencret dok. Sebelumnya saya kasih bubur sun pisang campur susu sgm 0-6 bulan. Fases nya tadi nya kuning cair cerah, berair, dan sedikit ada darahnya.
      Terus saya kasih pepaya penyet campur air baru fasesnya berubah warna kaya warna makanannya. Dok apa yg saya udh lakukan sudah benar? Langkah selanjutnya itu apa ya? Lalu kalo musang teriak2 nangis sewaktu ditinggal saya, apakah gpp atau akan ada dampaknya? Saya tinggal lama dok sekitar 4 jam

      Delete
    4. jangan dikasih susu. stop susunya. ganti pake bubur bayi aja, mas.

      kalau musang kayak nangis2 pas ditinggal, itu wajar. emang secara naluriah mereka kan masih butuh induknya.

      inget ya mas kata saya, jangan dikasih susu. dan hati2 kalo pelihara musang yang baby banget. lebih mudah sakit soalnya...

      Delete
    5. Lalu penanganan kalo baby sudah terlanjur mencret apakah dikasih bubur bayi aja dok?
      Sun pisang termasuk bubur bayi bukan dok?

      Delete
    6. pertama yang harus dilakukan ya stop susunya, abis itu ganti pake bubur bayi.
      biasanya kalau udah kayak gitu, mencretnya akan sembuh dengan sendirinya.

      untuk fungsi bubur bayinya sendiri sebenernya sebagai pengganti aja... :)

      Delete
  69. Jika sudah sembuh makanan utama nya apakah tetap bubur bayi aja, dok?
    Bubur bayi yg rasa apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, susu stop untuk selamanya. ganti pake bubur bayi promina atau sun. promina lebih bagus.
      rasanya terserah. :)

      Delete
  70. Dok maubtanya musang saya hairlos parah banget terus kurus tapi perut dia buncit umur nya 3 bulan jenis musang bulan dok kalau nafas juga sering ngangguk ngangguk tp feses nya padet

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab kenapa musang hairloss, mungkin mas bisa baca artikel saya cara mengobati hairloss pada musang.
      cek hidungnya juga mas, apakah basah (kayak ingusan gitu)? jaga agar musangnya gak kedinginan karena cuaca lagi gak bagus buat musang.

      kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang... :)

      Delete
    2. Oke makasih dok, umur berapa ya dok musang yg sudah tidak perlu di dot?

      Delete
  71. assalamualaikum dok,saya mau tanya,musang saya umur 1 bulan awalnya fesesnya normal tapi sekarang jd mencret dok saya biasanya kasih makan sun yg beras merah sm dancow tp kayakny susu nya kurang cocok. jadi sekarang cuma makan sun aja dok. saya udah coba kasih air kelapa tp pas pagi nya fesesny malah jadi seperti air. saya hrs gimana dok? apa hrs dikasih pepaya atau pisang? tp blm bisa makan sendiri dan belum ada giginya :' saya bingung hrs gimana :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mbak stop susunya.
      coba mbak kasih makanannya pake bubur bayi promina aja.
      terus pagi dan sore kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang....

      cukup lakukan 2 hal itu... maaf katena baru balas... kabari terus...

      Delete
    2. saya seneng mbak stop susunya.
      lanjut terus.
      dan coba kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang...

      cukup kasih bubur bayi aja sebagai makanannya... :)

      Delete
  72. Dok musang saya 1,5 bulan udah makan sedri kyanya mencret fasesnya agak cair dia agak lmes juga g kya biasanya. Semalam sya kasih promina pisang susu krn paginya blm habis sya biarkan. Lalu sy kerja dan plng jam 2 tak cium agk basi sisanya. saya kasi makan pisang dihalusin masih mau. Tapi msh lemes. Gimana dok biar ga jadi smakin parah. Sblmnya Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  73. Malam dok. Saya baru beli musang umur 2 bulan dr pertama beli dia ga bsa diam bolak balik aja dikandang.trs skrg tiba" dia tidur terus perut nya juga ngecil itu kenapa ya dok. Apa dia sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan? fesesnya mencret nggak?
      kalau dia masih mau makan dan fesesnya nggak mencret, saya kira dia masih sehat.

      kemungkinan dia cuma stress aja. cek ruangannya, lebih baik jangan terlalu berisik atau jangan ada suara2 mengagetkan. suara boleh aja, asal jangan ngegetin.

      kabari lagi

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Selamat malam dok
    Muspan saya umur 2 bulan,sudah 4 hari ini saya kasih susu non laktosa merk laktomax,4 hari itu musang saya baik2 saja,tapi sekarang kenapa kok pup nya cair berwarna hijau ya dok,apakah musang saya sakit dok,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      mending segera stop susunya. karena meski non laktosa, kadang ada musang yang sistem pencernaannya terlalu lemah, hingga susu non laktosa pun bisa buat sistem pencernaannya terganggu....

      untuk pengobatan musang mas, mas bisa kasih larutan air kelapa + sari kurma....

      Delete
  76. Dok saya mau tanya kalau feses musang saya encer tapi bau busuk knapa yaaa?
    Sama ga nafsu makan dok
    Minta pencerahannya
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa? jangan dikasih minum susu.

      untuk pengobatan musang mas, mas bisa kasih larutan air kelapa + sari kurma....

      kabari lagi

      Delete
  77. Dok saya mau tanya untuk menyembuhkan Baby musang terkena penyakit mencreet apakah sama seperti bacaan di atas atau berbeda ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama mas. terutama soal pemberian susu. stop aja susunya. :)

      mas bisa kirim foto fesesnya? caranya cek bagian PERHATIAN.

      Kabari lagi

      Delete
  78. Dok saya mau tanya lagi nih
    Kalu untuk baby musang penyebab terjadi nya mencreet di karnakan penyebab apa ya dok???? Musang baby saya, tadi saya beri makan Sun dengan susu Batita apaakah itu penyebabnya???? Dan untuk mengobati nya dengan memberikan apa dok ????
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stop susunya. biasanya baby musang mencret karena susu.
      Jangan dikasih susu, cukup kasih bubur bayi promina atau sun aja.

      Delete
  79. Saya mempunyai musang pandan usia 1 thn, akhir akhir ini setelh dikasi makan pisang tiba tiba ada suara dr dalam perut nya? Apakah ada gangguan pencernaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret nggak?
      coba kirim foto fesesnya kemari. caranya cek bagian PERHATIAN.

      dan coba buahnya ganti pake pepaya aja. :)

      kabari lagi.. :)

      Delete
  80. Gak mencret dok,feses nya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG. Juga, jaga agar musangnya gak kedinginan.

      buahnya ganti aja pake pepaya matang, mas... :)

      Delete
  81. Feses nya bagus
    Kelitannya agak kurang gairah,

    ReplyDelete
  82. Dok musang saya lemes banget nih habis saya kasih makan kepala ayam, gimana ini dok.. sempoyongan kalau jalan...
    Tadi siang kan saya ksih 1 kpla ayam yg sdah sya rebus trus sore harinya ini tdi, lngsung lemas dok muspan saya dan mencret tdi.. gmna cra mngobatinya.. mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak kasih tau umur musangnya.
      mending stop kepala ayamnya, dan kasih makan makanan yang lembut aja. kayak bubur bayi campur sari kurma. biar daya tahan tubuhnya bagus...

      sehari 2x bisa minumkan air kelapa + sari kurma...

      Delete
  83. Alhamdulillah udah sehat lagi musang nya malah aktip mungkin memasuki masa birahi.jd agresip malah gigit jari saya. Apakah musang peliharaan gak nularin penyakit ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... :D

      yang penting, mas jaga kebersihan musang dan kandangnya. kalau bersih, pasti aman. saya juga dulu pelihara si bruno saya freeroom di rumah, aman2 aja... yang penting ya itu, bersih... :)

      Delete
  84. Dok musang saya umur 3bulanan. kok sehari ini gak mau makan ya.? padahal tiap hari makan nasi kecap lahap banget. tapi sehari ini gak mau makan. fesesnya juga kuning encer gitu. itu kenapa ya dok?

    trus penanganannya gimana?.

    fast respon dok. plis..

    ReplyDelete
  85. Dok musang saya umur 3bulanan. kok sehari ini gak mau makan ya.? padahal tiap hari makan nasi kecap lahap banget. tapi sehari ini gak mau makan. fesesnya juga kuning encer gitu. itu kenapa ya dok?

    trus penanganannya gimana?.

    fast respon dok. plis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop nasi + kecapnya. ganti pake bubur bayi aja buat sementara.
      terus coba kasih larutan air kelapa + sari kurma.

      lakukan selama 3 hari. kalau gak ada perubahan, lapor lagi kemari ya mas...

      Delete
  86. Dok muspan saya umur kurleb 2bln, ga mau makan sama sekali, saya udah coba kasih air kelapa tapi tetep ga mau makan
    Fases nya encer warna kuning
    Cara ngatasin nya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan cukup buah aja. pepaya diblender, airnya dikit.
      selama seminggu ini kasih makan itu aja.
      tetep kasih air kelapa 2x sehari...

      suka ngiler juga gak?

      lakukan..

      Delete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.