Mengobati Burung Yang Sempoyongan | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati burung sempoyongan sudah sering ditanyakan kepada saya lewat blog ini. Ya, burung sempoyongan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya gejala awal tetelo (newcastle disease). Artikel kali ini akan sedikit membahas mengenai cara mudah mengobati burung yang sempoyongan.


Mengobati Burung Yang Sempoyongan
  • Seperti yang saya tulis di awal tadi, salahsatu penyebab burung sempoyongan atau tidak bisa berdiri adalah disebabkan oleh penyakit tetelo.
  • Namun, biasanya tetelo pada burung disertai dengan gejala burung susah bernafas. Apabila burung peliharaan anda sempoyongan disertai dengan gejala susah bernafas, segera bawa burung yang sakit ke dokter hewan terdekat agar dapat ditangani lebih lanjut.
  • Untuk burung yang sempoyongan tanpa disertai adanya gejala susah nafas, sebaiknya cek fesesnya.
  • Seperti yang saya tulis di artikel parameter kesehatan burung hantu, yang bisa juga diaplikasikan ke semua jenis burung, feses burung yang sehat biasanya terdiri dari 3 elemen: bagian bening seperti air yang merupakan urine, bagian kehitaman atau kecoklatan berupa feses, dan bagian putih seperti susu yang merupakan akumulasi zat kapur. Bila feses burung tidak terdiri dari 3 elemen, maka lebih baik perbaiki asupan makanan burung peliharaan anda (beri makan secara rutin), dan berikan suplemen untuk burung merk Super-n atau Ebod Vit. Teteskan ke paruh burung dua kali sehari, pagi dan sore.
Demikian adalah cara mengobati burung sempoyongan. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pencerahan bagi anda. Masih ada yang mau ditanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. (FS)

2 Responses to "Mengobati Burung Yang Sempoyongan"

  1. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete
  2. Dokter tolong dong ini Burung Hantu saya Shiro kenapa yaa 😭 fesesnya sih normal tp dia ga mau makan dan ga mau minum 😭 dia ga mau nangkring dokter huhuhuu

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.